Emang bagus sih ! Tapi berarti juga lebih extra perawatan
Kalo Torsion beam hampir zero maintenance kecuali soal shock absorb. Since di kelas ini konsumen yg peduli harga maintenance jauh lebih banyak daripada yg peduli "bagus" atau nggak, maka yg paling laku yg paling minim perawatannya alias Toyota punya barang
Btw, dikit banyak ini memberi gambaran tipikal produsen mobil. Setidaknya untuk model2 tertentu (low to medium).
Honda/Mitsubishi/Mazda dan most Europe/USA bilang "Mobil yg bagus itu seperti ini. Mau beli atau nggak terserah konsumen ".
Toyota bilang " Mobil yg laku itu seperti ini. Mau bagus atau nggak terserah konsumen"
Walaupun belakangan produsen seperti VW, GM, Nissan dan merek2 lain udah mulai niru Toyota. Yg penting barangnya laku dan disukai konsumen.
Ada contoh lain tuh untuk pasar Indonesia. Mitsu/Honda dan Europe produsen misalnya, sibuk2 ngitung dan ngikuti suhu paling optimal buat pembakaran BBM. Dan rata2 suhu kerja mesin mereka lebih panas. Salah satu model Mitsu misalnya thermostart nya bekerja di 85-97 derajat. Sedikit dibawah rata2 mobil europe yg mencapai 105 derajat.
Kalo Toyota mikir " Ngapain mikirin itu, wong mayoritas konsumen jg nggak nuntut itu ". Maka didesign mesin yg suhu operasi nya rendah sekitar 75 derajat. Cocok fan mekanik muter terus karena range min-maks nya paling sekitar 5 derajat. Tidak bakal pernah overheat walaupun radiator nya relatif kecil dan single layer. Kecuali user nya teledor banget.
Yg ketiban sial di pasar tentu saja mobil yg suhu tinggi. Dicap mudah overheat, tidak reliable dll.
Sedikit tau soal thermostat karena baik thermostat Toyota maupun Mitsubishi dua2nya sudah pernah di instal di tunggangan yg sekarang. Pake punya Toyota, suhu mesin adem manteng dibawah 80 derajat, tapi fan hampir nyala terus menerus. Interval nya paling berhenti 15 detik doang. Suhu mesin emang dingin tapi bbm lebih boros. Terpaksa ganti pake punya mitsu sampe sekarang. Cuman nggak tau model yg mana tuh. Dulu pernah saya tanya, mekaniknya diam aja. Rahasia perusahaan eh..bengkel kayaknya...
Sory jadi OOT ke thermostat. Lanjut soal suspensi.