help : toyota soluna
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13
help : toyota soluna
sebelumnya salam kenal ya, saya baru join di forum ini.
mobil saya soluna, kalo dibawa jalan pelan2 aja trus gasnya tiba2 dilepas kok mobilnya jadi ndut2an ya?..
atau kalo masuk gigi 1 trus jln dgn mesin idle juga gitu, nariknya ndut2an.
tapi kalo udah kenceng sih gpp.
gue pikir saringan bensinnya kotor, tapi kemarin udah diganti juga masih aja gitu.
sory nih kalo tanyanya basic bgt, abis gue ga ngerti2 bgt soal mesin mobil sih.
trims..
mobil saya soluna, kalo dibawa jalan pelan2 aja trus gasnya tiba2 dilepas kok mobilnya jadi ndut2an ya?..
atau kalo masuk gigi 1 trus jln dgn mesin idle juga gitu, nariknya ndut2an.
tapi kalo udah kenceng sih gpp.
gue pikir saringan bensinnya kotor, tapi kemarin udah diganti juga masih aja gitu.
sory nih kalo tanyanya basic bgt, abis gue ga ngerti2 bgt soal mesin mobil sih.
trims..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 132
- Joined: Fri May 02, 2003 7:01
- Location: pangkalan taxi
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 211
- Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
- Location: Surabaya
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31
Saya sarankan enginne flush dulu dan coba dengan oli yang lebih encer. Mesin Soluna itu didesain untuk memakai pelumas 10w-40 max. Mungkin Adik pakai oli 20w-50? tapi pengalaman saya ganti ke pelumas encer di mobil Stream menghilangkan gejala getar di mobil saya. Pada saat itu saya ganti ke oli 5w-40 fully synthetic API SL (Banyak Detergen), suara agak kasar pada hari pertama, hari kedua mesin langsung ngacir dan tenaga bertambah. Mungkin bisa dicoba untuk memperbaiki?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
biasanya untuk mobil pakai ecu yang suka dibawa kencang cenderung ndut2an pas rpm rendah karena ecunya mengikuti pola bawa mobilnya.
Atau bisa juga itu karakter mobilnya, untuk soluna saya gak tau. Tapi yg jelas honda city lama dan baleno punya karakter seperti ini dan cara penyelesaiannya adalah dengan remapping atau program ulang ECU agar didapat power band yg tidak bikin ndut2an tapi efek sampingnya membuat power hilang beberapa persen
So nikmatilah goyang inulnyaa
Atau bisa juga itu karakter mobilnya, untuk soluna saya gak tau. Tapi yg jelas honda city lama dan baleno punya karakter seperti ini dan cara penyelesaiannya adalah dengan remapping atau program ulang ECU agar didapat power band yg tidak bikin ndut2an tapi efek sampingnya membuat power hilang beberapa persen
So nikmatilah goyang inulnyaa
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13
jiao:
iya memang sejak beli saya pakenya oli 20w-50, selama ini sih menurut saya getarannya alus aja. belum pernah coba yg lebih encer jadi ga tau perbandingan kehalusannya. mungkin servis berikutnya saya ganti biar lebih narik.
deanz:
kalo reprogram ecu soluna mesti di bengkel toyota ya pak? ga bisa kalo di bengkel biasa aja?
kebetulan tiap wiken saya ke bandung lewat puncak, dan selalu bawa soluna dgn pertimbangan mobil ini yg tarikannya lumayan dan bensin lebih irit dibanding mobil saya yg lain. memang biasanya saya bawanya ngebut sih.
ongkos (bensin+tol) 65rb jkt-bdg pp, lebih murah dibandingkan dgn tiket parahyangan kelas eksekutif yg 65rb cuma sekali jalan.
iya memang sejak beli saya pakenya oli 20w-50, selama ini sih menurut saya getarannya alus aja. belum pernah coba yg lebih encer jadi ga tau perbandingan kehalusannya. mungkin servis berikutnya saya ganti biar lebih narik.
deanz:
kalo reprogram ecu soluna mesti di bengkel toyota ya pak? ga bisa kalo di bengkel biasa aja?
kebetulan tiap wiken saya ke bandung lewat puncak, dan selalu bawa soluna dgn pertimbangan mobil ini yg tarikannya lumayan dan bensin lebih irit dibanding mobil saya yg lain. memang biasanya saya bawanya ngebut sih.
ongkos (bensin+tol) 65rb jkt-bdg pp, lebih murah dibandingkan dgn tiket parahyangan kelas eksekutif yg 65rb cuma sekali jalan.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31
Jetcar, maksud saya dengan oli yang lebih encer yang tertera di buku petunjuk, paling tidak kinerja mesin waktu di gigi satu nggak begitu berat. Saya pernah ada teman yg mesinnya getar dan akselerasi tersendat sendat (Mobil Ferio 97), setelah ganti full synthetic yang API SL sae 5w-40, langsung getarnya berkurang dan setelah dua hari, tenaga balik dan akselerasi nggak jrut jrutan. Saran saya sih boleh dicoba. kalau bisa ganti oil filter sekalian. Begitu ganti agar mobil di rev supaya kotoran di mesin tercuci semua. Mungkin bisa menbantu. Sekedar feeeling saya, penggunaan oli yang lebih kental dari rekomendasi buku petunjuk in the long run biasanya lebih cenderung meningggalkan kerak mesin.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 27
- Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31
mengenai soluna saya kurang tahu. Tapi untuk Honda City rekomendasinya sae 10w-30, 10w-40, 5w-40. kayaknya makin hari trendnya oli encer untuk ke depan. Untuk sekedar informasi, oli yang direkomendasi Honda of North America adalah 5w-20 untuk Summer, 0w-20 untuk winter. Encer yah. kalau mau tahu banyak mengenai pelumas, boleh coba website ini :
http://theoildrop.server101.com/ubb/ultimatebb.php
http://theoildrop.server101.com/ubb/ultimatebb.php
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03
di evo-ku pernah gitu setelah dicek katanya pengapiannya (?) dibuat maksimal jd tenaganya maunya ngebut aja..teknisinya setting alat dibelakang aki tempatnya..hehe gak tau tuh aku apa namanya..yg pastinya letaknya disitu...
waktu diset turun baru lancar gak dut-dut tapi ya itu tarikan awalnya gak segarang sebelumnya...
Tx.
waktu diset turun baru lancar gak dut-dut tapi ya itu tarikan awalnya gak segarang sebelumnya...
Tx.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13
waktu tune terakhir saringan udara, bensin & oli semua sudah gue ganti tapi masih ndut2an.Takumi wrote:koq jadi oli sih?...
endut2 gitu yah.. kalo gue boleh saranin cek semua saringan bensin,udara, fuel pump trus bersiin saluran bensin ..
bisa ajah kotor jadi ndut2 an kan bukan geter2 dari mesin kan..
mungkin tune up berikutnya gue coba ganti dulu olinya.
kata orang toyota sih yg bagus utk soluna sae 5w-30.
dari semua alternatif menurut gue yg paling mudah & murah dilakukan ya ganti oli, jd coba aja dulu yg ini.
kalo tyt masih ndut2an jg baru dah cek sistem bahan bakar atau ecunya.
kalo oli yg termasuk api service sl itu sae brp aja ya?