help : toyota soluna

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

help : toyota soluna

Post by jetcar »

sebelumnya salam kenal ya, saya baru join di forum ini.
mobil saya soluna, kalo dibawa jalan pelan2 aja trus gasnya tiba2 dilepas kok mobilnya jadi ndut2an ya?..
atau kalo masuk gigi 1 trus jln dgn mesin idle juga gitu, nariknya ndut2an.
tapi kalo udah kenceng sih gpp.
gue pikir saringan bensinnya kotor, tapi kemarin udah diganti juga masih aja gitu.
sory nih kalo tanyanya basic bgt, abis gue ga ngerti2 bgt soal mesin mobil sih.
trims..
User avatar
mamie
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 132
Joined: Fri May 02, 2003 7:01
Location: pangkalan taxi

Post by mamie »

engine mounting udah dicek ?
kopling ?
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Apa sudah di cek busi'nya? Ama kabel2 businya? Biasa kalo mobil ndut2an gitu, setau saya businya ada yang sudah "sekarat" tuh.. hehehe...
jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

Post by jetcar »

mamie:
gejala engine mounting bukannya kalo getaran mesin terasa bgt?

wolf:
busi saya selalu ganti tiap 10rb km. tapi kabelnya belum dicek sih.
bukannya kalo masalah di busi & kabelnya kan suara mesin ga seimbang, spt mau mati?
soluna saya kalo mesin idle normal suaranya.

thx anyway..
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

Saya sarankan enginne flush dulu dan coba dengan oli yang lebih encer. Mesin Soluna itu didesain untuk memakai pelumas 10w-40 max. Mungkin Adik pakai oli 20w-50? tapi pengalaman saya ganti ke pelumas encer di mobil Stream menghilangkan gejala getar di mobil saya. Pada saat itu saya ganti ke oli 5w-40 fully synthetic API SL (Banyak Detergen), suara agak kasar pada hari pertama, hari kedua mesin langsung ngacir dan tenaga bertambah. Mungkin bisa dicoba untuk memperbaiki?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Di Tune Up dulu. Kalo masih ndut2an bawa ke bengkel untuk di cek lebih lanjut.

Soalnya mobil saya suka ndut2an juga. Terutama di gigi 1 dan pas dibawa pelan2. Jadi bawaannya pengen cepet melulu.

Filter oli dan bensin juga harus bersih.
Demonium

Post by Demonium »

kemungkinan emang filter bensin sih
tapi ga tahu jg deh, kalo pengapian pasti larinya ke pincang, kayanya sih bukan

paling aman cek ke bengkel
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

sistem injeksinya periksa juga dong....
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

biasanya untuk mobil pakai ecu yang suka dibawa kencang cenderung ndut2an pas rpm rendah karena ecunya mengikuti pola bawa mobilnya.

Atau bisa juga itu karakter mobilnya, untuk soluna saya gak tau. Tapi yg jelas honda city lama dan baleno punya karakter seperti ini dan cara penyelesaiannya adalah dengan remapping atau program ulang ECU agar didapat power band yg tidak bikin ndut2an tapi efek sampingnya membuat power hilang beberapa persen

So nikmatilah goyang inulnyaa
Demonium

Post by Demonium »

biasain aja maen RPM tinggi
nanti mobilnya jadi gahar lho
jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

Post by jetcar »

jiao:
iya memang sejak beli saya pakenya oli 20w-50, selama ini sih menurut saya getarannya alus aja. belum pernah coba yg lebih encer jadi ga tau perbandingan kehalusannya. mungkin servis berikutnya saya ganti biar lebih narik.

deanz:
kalo reprogram ecu soluna mesti di bengkel toyota ya pak? ga bisa kalo di bengkel biasa aja?
kebetulan tiap wiken saya ke bandung lewat puncak, dan selalu bawa soluna dgn pertimbangan mobil ini yg tarikannya lumayan dan bensin lebih irit dibanding mobil saya yg lain. memang biasanya saya bawanya ngebut sih.
ongkos (bensin+tol) 65rb jkt-bdg pp, lebih murah dibandingkan dgn tiket parahyangan kelas eksekutif yg 65rb cuma sekali jalan.
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

Jetcar, maksud saya dengan oli yang lebih encer yang tertera di buku petunjuk, paling tidak kinerja mesin waktu di gigi satu nggak begitu berat. Saya pernah ada teman yg mesinnya getar dan akselerasi tersendat sendat (Mobil Ferio 97), setelah ganti full synthetic yang API SL sae 5w-40, langsung getarnya berkurang dan setelah dua hari, tenaga balik dan akselerasi nggak jrut jrutan. Saran saya sih boleh dicoba. kalau bisa ganti oil filter sekalian. Begitu ganti agar mobil di rev supaya kotoran di mesin tercuci semua. Mungkin bisa menbantu. Sekedar feeeling saya, penggunaan oli yang lebih kental dari rekomendasi buku petunjuk in the long run biasanya lebih cenderung meningggalkan kerak mesin.
jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

Post by jetcar »

kalo mau ganti oli mesti engine flush dulu ya?
ngaruh ga sih kalo langsung ganti aja?
oli encer buat mobil soluna yg cocok sae-nya brp pak?

tx a lot..
Jiao
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Sat Apr 10, 2004 14:31

Post by Jiao »

mengenai soluna saya kurang tahu. Tapi untuk Honda City rekomendasinya sae 10w-30, 10w-40, 5w-40. kayaknya makin hari trendnya oli encer untuk ke depan. Untuk sekedar informasi, oli yang direkomendasi Honda of North America adalah 5w-20 untuk Summer, 0w-20 untuk winter. Encer yah. kalau mau tahu banyak mengenai pelumas, boleh coba website ini :

http://theoildrop.server101.com/ubb/ultimatebb.php
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Kayanya apa kata bung Deanz bener juga tuh. Soalnya saya juga pernah denger dari teknisi Mitsubishi, biar mesin ngga ndut2an lebih baik di program ulang ECU nya. atau apanya-lah yang harus disetel lagi biar efek ndut2an berkurang.

Coba deh tanyakan ke teknisi yang handal.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Oiya, tenaga pasti akan berkurang kalo melakukan program ulang ECU. Biasanya akan terasa ditarikan awal, tenaga berkurang sehingga akselerasi mobil menjadi lambat.
Demonium

Post by Demonium »

tergantung juga, di program nya buat apa.
kalo remapping nya dengan target jadi kenceng ya jadi kenceng
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Tul juga.

Kalo untuk kencang, yah efek ndut2an pasti ada.
Kalo untuk santai, efek ndut2an bisa berkurang.
Demonium

Post by Demonium »

ndut ndut an...an ...an
jalan nya delman an an

by : Enno Lerian ( sebelum hamil )
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

koq jadi oli sih?...
endut2 gitu yah.. kalo gue boleh saranin cek semua saringan bensin,udara, fuel pump trus bersiin saluran bensin ..
bisa ajah kotor jadi ndut2 an kan bukan geter2 dari mesin kan..
aldo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03

Post by aldo »

di evo-ku pernah gitu setelah dicek katanya pengapiannya (?) dibuat maksimal jd tenaganya maunya ngebut aja..teknisinya setting alat dibelakang aki tempatnya..hehe gak tau tuh aku apa namanya..yg pastinya letaknya disitu...
waktu diset turun baru lancar gak dut-dut tapi ya itu tarikan awalnya gak segarang sebelumnya...

Tx.
User avatar
Takumi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 286
Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
Location: 1 minute before you..
Daily Vehicle: Mitsubishi Man

Post by Takumi »

evo lu evo brp?
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Betul apa yg dikatakan aldo...

Soalnya Eterna ku juga pernah di set ulang, jadi yang pasti skg ngga segarang pertama kali. Tarikan awal terasa kurang bertenaga, apalagi kalo ditanjakan kerasa banget.

Tapi ... efek ndut2an (terutama di kemacetan) sudah berkurang.
aldo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03

Post by aldo »

skrg evo IV..agak naekan dikit.... :lol:
jetcar
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Tue Apr 13, 2004 0:13

Post by jetcar »

Takumi wrote:koq jadi oli sih?...
endut2 gitu yah.. kalo gue boleh saranin cek semua saringan bensin,udara, fuel pump trus bersiin saluran bensin ..
bisa ajah kotor jadi ndut2 an kan bukan geter2 dari mesin kan..
waktu tune terakhir saringan udara, bensin & oli semua sudah gue ganti tapi masih ndut2an.
mungkin tune up berikutnya gue coba ganti dulu olinya.
kata orang toyota sih yg bagus utk soluna sae 5w-30.
dari semua alternatif menurut gue yg paling mudah & murah dilakukan ya ganti oli, jd coba aja dulu yg ini.
kalo tyt masih ndut2an jg baru dah cek sistem bahan bakar atau ecunya.
kalo oli yg termasuk api service sl itu sae brp aja ya?