Bensin lagi bensin lagiiiii....... :(
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Bensin lagi bensin lagiiiii....... :(
Teman saya punya Eterna 1993 standard, kondisi MUANTAPPPH...kilometer baru 14 ribu tangan pertama. Eterna di tutup tanki bensin mintanya kan Premix 94, nah selama ini dia make Perta-min 91 tapi mobilnya malah ngelitik.. Mo make Perta-min 95 gantian uangnya yang ga cukup...
Nah kemarin dia dan saya nyoba nyampur Perta-min dan premium dengan perbandingan 1:1, mo nyoba nyoba gitu. EH!! KEJUTAN!! Malah hilang nglitiknya!!! Kenapa ya rekan-rekan? Ada yang tau sebabnya?
Apakah base stock octane (bukan Research Octane Number lo...) premium dan Perta-min sama? Berarti mereka cuma beda additif TEL buat premium, dan MTBE buat Pertamin? Saya jadi bingung, ada orang kimia ato orang pertamina yang bisa bantu ga disini? Ato rekan-rekan ada yang punya jawabnya? Awas lo kalo ada yang bilang "tanyakan pada rumput yang bergoyang..."
Terima kasih sebelumnya atas respon dan komentarnya....
NB:tuh mobil kondisi mesin sempurna, bersih dan bagus/baru. Jadi nglitiknya bukan dari kelalaian perawatan mobil...
Nah kemarin dia dan saya nyoba nyampur Perta-min dan premium dengan perbandingan 1:1, mo nyoba nyoba gitu. EH!! KEJUTAN!! Malah hilang nglitiknya!!! Kenapa ya rekan-rekan? Ada yang tau sebabnya?
Apakah base stock octane (bukan Research Octane Number lo...) premium dan Perta-min sama? Berarti mereka cuma beda additif TEL buat premium, dan MTBE buat Pertamin? Saya jadi bingung, ada orang kimia ato orang pertamina yang bisa bantu ga disini? Ato rekan-rekan ada yang punya jawabnya? Awas lo kalo ada yang bilang "tanyakan pada rumput yang bergoyang..."
Terima kasih sebelumnya atas respon dan komentarnya....
NB:tuh mobil kondisi mesin sempurna, bersih dan bagus/baru. Jadi nglitiknya bukan dari kelalaian perawatan mobil...
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Re: Bensin lagi bensin lagiiiii....... :(
Pertama2 gue mo nanya Perta-min itu apaan sih..?? pertamax di campur gitu??, gue koq baru denger adanya dimana?? ?baronfh wrote:Teman saya punya Eterna 1993 standard, kondisi MUANTAPPPH...kilometer baru 14 ribu tangan pertama. Eterna di tutup tanki bensin mintanya kan Premix 94, nah selama ini dia make Perta-min 91 tapi mobilnya malah ngelitik.. Mo make Perta-min 95 gantian uangnya yang ga cukup...
Nah kemarin dia dan saya nyoba nyampur Perta-min dan premium dengan perbandingan 1:1, mo nyoba nyoba gitu. EH!! KEJUTAN!! Malah hilang nglitiknya!!! Kenapa ya rekan-rekan? Ada yang tau sebabnya?
Apakah base stock octane (bukan Research Octane Number lo...) premium dan Perta-min sama? Berarti mereka cuma beda additif TEL buat premium, dan MTBE buat Pertamin? Saya jadi bingung, ada orang kimia ato orang pertamina yang bisa bantu ga disini? Ato rekan-rekan ada yang punya jawabnya? Awas lo kalo ada yang bilang "tanyakan pada rumput yang bergoyang..."
Terima kasih sebelumnya atas respon dan komentarnya....
NB:tuh mobil kondisi mesin sempurna, bersih dan bagus/baru. Jadi nglitiknya bukan dari kelalaian perawatan mobil...
trus , gini semestinya tu mobil bisa pake pertamax ajah gak perlu plus.. , tetapi kalo misal nya tu mobil pake pertamax , udah ngelitik.. saran gue yah Elo udah Wajib hukumnya untuk turun 1/2 mesin dan skir klep.. , lalu tune-up ulang... , kemungkinan ke 2 mobil yang lu beli kondisi mesinya udah gak standar, alias pernah kena "sentuhan tangan" hehe Head lu dah di papas , dimana mobil lu tuh kompresinya Eterna GTI 9,8:1, kalo udah di papas otomatis kompresi lu lebih dari itu dan butuh bensin yang beroktan tinggi kalo gak bakal alamat ngelitik..
misal kalo temen lu bilang mobil lu standar , kayanya gak mungkin , kalo gak temen lu itu beli mobil tsb seken , dan udah di apa2in sama orang sebelumnya..
kemungkinan terkecil terakhir bisa dari pombensinya yang jual itu jelek alias bisa ajah di campur minyak tanah ada banyak kejadian.. , kalo pilih pombensin gue saranin cari yang kalo misal nya malem banyak taksi / angkot yang ngantri ngisi bensin.. biasanya itu yang bener..
amat sangat gue saranin lu buruan ke bengkel untuk benerin semua.. mungkin ajah lu masukin premium itu karena uda parah jadi gak bener huehue
sekedar info ajah yah..
setelah gue ketahuin namanya Premium itu oktan cuman 85, pretamax cuman 92, dan Plus cuman 94 ... , kalo ada yang bilang lebih.. jgn percaya.. , sejarahnya tuh Bensin Premix dulu Oktan 94, Premium 89trus SUPER98 tuh oktan masih 98 bagus bgt taun 90an ,trus berubah jadi Super TT oktan turun jadi 95 sekarang berubahnamanya Pertamax jadi makin busuk premium ikut2an busuk , mereka cuman di tambah2 campuran ajah dan pula pertamina naekin bbm dan nurunin mutu buat nabung siap2 bersaing taun depan masuk bensin impor...
nah gue harap bensin2 impor yang masuk kaya Petronas ,Shell Union 76 sama mobil mereka bakal ngeluarin oktan 97-98 tetapi dengan harga yang lebih bersaing dan sebanding ga kaya pertamina yang busuk itu dimana memonopoli BBM di Indonesia ini..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Kapan nyampe sini yaa...?? Dah mbayangin pom bensin swasta nih. Apalagi kalo yang jaga juga cantik-cantik he...he...he.....
Bung Takumi kalo dicampur bensol trus dipake harian bagaimana efeknya? Trus kalo head pengen diturunin kompresinya gimana? Apa cuman nambah paking aja to harus ganti head? Susah kalo gini terus.......mobil gw lama-lama jadi busuk....SUK!!
Bung Takumi kalo dicampur bensol trus dipake harian bagaimana efeknya? Trus kalo head pengen diturunin kompresinya gimana? Apa cuman nambah paking aja to harus ganti head? Susah kalo gini terus.......mobil gw lama-lama jadi busuk....SUK!!
akhir tahun ini ato tahun depan mungkin dah pada masuk deh yg bensin luar...
perhatiin petronas dan byk tuh kantor perwakilannya dan dah mulai buat mobil2 tanki buat bw bensin yg 8000 literan
nurunin kompresi sih satu2 nya di double paking kali ya, coba ke takumi langsung...gimana tanggapan nya oom takumi ?
perhatiin petronas dan byk tuh kantor perwakilannya dan dah mulai buat mobil2 tanki buat bw bensin yg 8000 literan
yg pasti efeknya enakkkkkkkalo dicampur bensol trus dipake harian bagaimana efeknya?
nurunin kompresi sih satu2 nya di double paking kali ya, coba ke takumi langsung...gimana tanggapan nya oom takumi ?
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
efeknya...indy wrote: Kapan nyampe sini yaa...?? Dah mbayangin pom bensin swasta nih. Apalagi kalo yang jaga juga cantik-cantik he...he...he.....
Bung Takumi kalo dicampur bensol trus dipake harian bagaimana efeknya? Trus kalo head pengen diturunin kompresinya gimana? Apa cuman nambah paking aja to harus ganti head? Susah kalo gini terus.......mobil gw lama-lama jadi busuk....SUK!!
yah enakkkkk...
cuman gak enakk bagi dompet....
siapin ajah Rp 4000 / liter...
huehuehe...
wah makanya gue gak pernah mao beli mobil kalo yang udah gak perawan gitu.. , kalo nambah paking doang mah sama ajah.. ya pilihan nya Nambah daging (tau diri reskonya) ato cari head baru .. (selamet yee..) .. pokoknya jgn putus asa dulu.. coba dulu ke bengkel , trus lu skir klep .. sekalian di cekin kompresinya.. , stel ulang.. okay..
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
Bung Takumi.
Ga mungkin dah digarap. Itu mobil beli taon 93, bokapnya temen saya yang punya. Dari baru tuh mobil di Jogja, sempet MATI tanpa nyala 2 TAHUN! Makanya kilometer pas diserah-terimakan ke anaknya...baru mencapai 5400 km... (sekarang dah 14000). Sadis ga sih...bener-bener orang berlebih duit. Nah..bokapnya pusing ngurus, dikasih ke anaknya. Nah, dipake 2 minggu, eh tiba-tiba ganti ECU, lah wong ECUne MATI....2 tahun ga nyala jek!Mampushhhh tuh ECU...
Jadilah tuh mobil dibersihin semua gitu...dari tanki injector demua filter oli coolant semua yang bisa dipikir lah... kecuali turun head ato mesin.... tapi yah jadi penyakitan gitu...sebelum ganti ECU yah sama aja. Tuh dia tadi itu. Penyakitan nglitik terus.... Emang harus turun mesin kali yak? Hehehhe...
Kalo bensin jelek, ya emang nasib...mo bilang apa. Tunggu Exxon Shell BP Caltex Petronas buka disini aja kali ya?Hedop bensin impor. Mo nasionalis saya ditipu terus.... kasiaaaannn deh saya. Impor aja deh...
FYI ertamin adalah istilah saya untuk kasih nama Pertamax (Pertamina Maximum) yang malah ga maximum sama sekali. Jadilah Pertamin (Pertamina Minimum). Jadi Pertamax adalah....Pertamina Minimum quality, Maximum price.
Anyhow...makasi enlightment nya buat semua rekan-rekan... keep the posting going....
Ga mungkin dah digarap. Itu mobil beli taon 93, bokapnya temen saya yang punya. Dari baru tuh mobil di Jogja, sempet MATI tanpa nyala 2 TAHUN! Makanya kilometer pas diserah-terimakan ke anaknya...baru mencapai 5400 km... (sekarang dah 14000). Sadis ga sih...bener-bener orang berlebih duit. Nah..bokapnya pusing ngurus, dikasih ke anaknya. Nah, dipake 2 minggu, eh tiba-tiba ganti ECU, lah wong ECUne MATI....2 tahun ga nyala jek!Mampushhhh tuh ECU...
Jadilah tuh mobil dibersihin semua gitu...dari tanki injector demua filter oli coolant semua yang bisa dipikir lah... kecuali turun head ato mesin.... tapi yah jadi penyakitan gitu...sebelum ganti ECU yah sama aja. Tuh dia tadi itu. Penyakitan nglitik terus.... Emang harus turun mesin kali yak? Hehehhe...
Kalo bensin jelek, ya emang nasib...mo bilang apa. Tunggu Exxon Shell BP Caltex Petronas buka disini aja kali ya?Hedop bensin impor. Mo nasionalis saya ditipu terus.... kasiaaaannn deh saya. Impor aja deh...
FYI ertamin adalah istilah saya untuk kasih nama Pertamax (Pertamina Maximum) yang malah ga maximum sama sekali. Jadilah Pertamin (Pertamina Minimum). Jadi Pertamax adalah....Pertamina Minimum quality, Maximum price.
Anyhow...makasi enlightment nya buat semua rekan-rekan... keep the posting going....
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
baronfh : wah , ecu nya dapet dari mana.. sapa tau beda jadi setelan timing bisa beda loh.. , coba turun mesin (sekalian bersih2 udah 140.000 km) , trus kalo emang masih belon bener lebih baik remap ecu nya deh.. gpp koq itu emang penyakit mobil2 seken...
demonium: iya gue juga baru survei tadi,
gue di kasih tau Bensol uda 3500 perliter.. juga koq.. heuheuhe thx ok .. tar kapan2 gue contact elo deh.. kalo ada boleh tuh.. brp liter isinya?
demonium: iya gue juga baru survei tadi,
gue di kasih tau Bensol uda 3500 perliter.. juga koq.. heuheuhe thx ok .. tar kapan2 gue contact elo deh.. kalo ada boleh tuh.. brp liter isinya?
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 286
- Joined: Mon Jan 26, 2004 14:46
- Location: 1 minute before you..
- Daily Vehicle: Mitsubishi Man
Pertamak plus lahh kalo bisa.. , soalnya Vios udah pake Catalyic convecter ..
sebisa mungkin pake BBM yang timbel nya Paling dikit , soalnya namanya catalyic convecter tuh kalo kena timbel lama2 ibarat filter yang kena kotoran dikit dan lama2 mobil lu mampet kira yaa 2-3 taun lah paling cepet.. dan benda itu Gak murah loh.. , justru lebih hemat pake Plus kali dari pada CC nya kena.. huehue
sebisa mungkin pake BBM yang timbel nya Paling dikit , soalnya namanya catalyic convecter tuh kalo kena timbel lama2 ibarat filter yang kena kotoran dikit dan lama2 mobil lu mampet kira yaa 2-3 taun lah paling cepet.. dan benda itu Gak murah loh.. , justru lebih hemat pake Plus kali dari pada CC nya kena.. huehue
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Thu Jan 29, 2004 17:24
- Location: CGK
SETUJU ama bung bung Takumi dan pak Iskandar...
Sebaiknya kita mengikuti petunjuk dari owner isntruction book nya lah. Buku itu dibuat untuk dibaca, bukan untuk disimpan di laci buat pajangan. Mesin minta oktan berapa, yah kasih aja. Ga mau beli bensin yang mobil itu minta, yah ga usah beli mobil. Kok repot (kata presiden kita dulu....)
Pengaruh bensol ada di halaman lain di forum general ini, sekedar berbagi saja
bung Takumi.
tuh Eterna dari baru punya dia, saya kurang jelas bilangnya ya? Hehehhe... maaf. kilometer 14.000 (empat belas ribu rupiah, eh...kilometer)...
Sebaiknya kita mengikuti petunjuk dari owner isntruction book nya lah. Buku itu dibuat untuk dibaca, bukan untuk disimpan di laci buat pajangan. Mesin minta oktan berapa, yah kasih aja. Ga mau beli bensin yang mobil itu minta, yah ga usah beli mobil. Kok repot (kata presiden kita dulu....)
Pengaruh bensol ada di halaman lain di forum general ini, sekedar berbagi saja
bung Takumi.
tuh Eterna dari baru punya dia, saya kurang jelas bilangnya ya? Hehehhe... maaf. kilometer 14.000 (empat belas ribu rupiah, eh...kilometer)...
Baron F. Hussein
Righty is tighty, lefty is loosey....
Righty is tighty, lefty is loosey....
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 153
- Joined: Wed Mar 17, 2004 3:03
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16