Page 12 of 18

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sun Jun 02, 2013 23:32
by bapakne_satya
JESKONENG wrote:Pug 5008 sebenernya gpp pake premium, tapi ditetesi dng Norival Titanium, sehingga menjadi bbm setara oktan 97-98
What? Naikin oktan sampe 9-10 point? Kalo ketahuan oil company bisa diborong itu.....safe nggak ya kira2?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sun Jun 02, 2013 23:35
by bapakne_satya
QnetiC wrote:Iya om ZombiEE, RON berlaku internasional.
Sy yg ga tau istilah octane number yang digunakan di US
* edit : br baca link bro ilhami, di US pakai AKI
87 AKI -> 91 RON, 91 AKI -> 95 RON
AKI=anti knocking index ya?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Mon Jun 03, 2013 6:38
by JESKONENG
ya bener, AKI = anti knocking index. Cara ngitung AKI adalah angka RON + angka MON lalu dibagi dua

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Mon Jun 03, 2013 6:51
by JESKONENG
bapakne_satya wrote:
JESKONENG wrote:Pug 5008 sebenernya gpp pake premium, tapi ditetesi dng Norival Titanium, sehingga menjadi bbm setara oktan 97-98
What? Naikin oktan sampe 9-10 point? Kalo ketahuan oil company bisa diborong itu.....safe nggak ya kira2?
saat ini lagi ada beberapa perusahaan armada transport (fleet) dan alat berat pertambangan yg lagi ngetes produk Norival, sambil nego2 ...

utk lebih jelasnya silakan aja ke thread Norival om :

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 53#p612953

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Tue Jun 04, 2013 14:26
by ssetea
@ JESKONENG : Sy ada pertanyaan, ini mobil sy kan di tangki tertulis Min Ron 98, waktu beli pun disarankan isi pertamax plus. kemarin karena isi premium, indikator mobil tertulis engine fault, dan ternyata pas udah nginap beberapa hari dib bengkel, banyak kotoran nyangkut di klep di cylinder 1, begitu kata service advisornya, dan mereka wanti2 jgn isi premium lagi. Apakah kalau pakai produk km ( norival fuel enhancer ), kejadian serupa bisa terulang ? tolong diperjelas dgn detail, thanks.

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Tue Jun 04, 2013 15:15
by JESKONENG
ssetea wrote:@ JESKONENG : Sy ada pertanyaan, ini mobil sy kan di tangki tertulis Min Ron 98, waktu beli pun disarankan isi pertamax plus. kemarin karena isi premium, indikator mobil tertulis engine fault, dan ternyata pas udah nginap beberapa hari dib bengkel, banyak kotoran nyangkut di klep di cylinder 1, begitu kata service advisornya, dan mereka wanti2 jgn isi premium lagi. Apakah kalau pakai produk km ( norival fuel enhancer ), kejadian serupa bisa terulang ? tolong diperjelas dgn detail, thanks.
- Pertamax Plus = RON 95, jadi masih di bawah minimum recquirement (RON 98).

- Premium + Norival Titanium = RON 97-98. Soal kotoran, yg berupa partikel2 lumpur dsb seharusnya tersaring oleh Fuel Filter. Jadi selama pake Premium, walaupun dicampuri Norival, mending sering2 check kondisi fuel filter, kalok bisa dibersihkan setiap 5000 km, atau kalok terlalu kotor, mending diganti baru...

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Thu Sep 12, 2013 10:46
by ecco
trid mantabs

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Sep 13, 2013 16:07
by JESKONENG
bapakne_satya wrote:
JESKONENG wrote:Pug 5008 sebenernya gpp pake premium, tapi ditetesi dng Norival Titanium, sehingga menjadi bbm setara oktan 97-98
What? Naikin oktan sampe 9-10 point? Kalo ketahuan oil company bisa diborong itu.....safe nggak ya kira2?
utk info lebih lengkap, silakan kunjungi web Norival :

www.mynorival.com

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Oct 30, 2013 12:16
by jekael
mending isi bensin sesuai saran di buku manual aja. ya kalau kepepet duitnya gapapalah sesekali campur premium.

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Jan 11, 2014 4:15
by alexdonovan
Saya telat nemu thread ini. Tapi thread ini (terutama tentang RON vs. MON) ternyata yang paling menjelaskan fenomena yang terjadi di mobil saya. Saya pake Nissan GL 1.5 M/T, hobby bawa RPM tinggi kalo jalan sepi. Selama ini saya selalu minta setting di bengkel resmi untuk disesuaikan dengan oktan 95.

Masalahnya, setiap pake (maaf, nyebut merk) oktan 95 merah putih maupun perancis tetap muncul knocking kalau hard acceleration. Baru bebas knocking setelah pakai oktan 95 si kerang. Kondisi terakhir habis tune up menurut bengkel sih ga ada kerak. Bener-gak-nya ga tahu karena ga bongkar kepala silinder.

Kalau melirik posting Om Penyu Turbo didepan dimana yang tahu angka MON di Indonesia ini cuma orang blending plant, apakah ini berarti MON (dan juga AKI) dari si kerang lebih bagus daripada plat merah dan perancis punya?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Jan 11, 2014 13:49
by POS VETT
Plat merah & Perancis apa ya ?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Jan 11, 2014 15:10
by ilhami
Plat merah= Pertamax Plus pertamina
Perancis = Total Performance 95
Kerang = Shell V Power 95

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 22, 2014 15:27
by Takumi
alexdonovan wrote:Saya telat nemu thread ini. Tapi thread ini (terutama tentang RON vs. MON) ternyata yang paling menjelaskan fenomena yang terjadi di mobil saya. Saya pake Nissan GL 1.5 M/T, hobby bawa RPM tinggi kalo jalan sepi. Selama ini saya selalu minta setting di bengkel resmi untuk disesuaikan dengan oktan 95.

Masalahnya, setiap pake (maaf, nyebut merk) oktan 95 merah putih maupun perancis tetap muncul knocking kalau hard acceleration. Baru bebas knocking setelah pakai oktan 95 si kerang. Kondisi terakhir habis tune up menurut bengkel sih ga ada kerak. Bener-gak-nya ga tahu karena ga bongkar kepala silinder.

Kalau melirik posting Om Penyu Turbo didepan dimana yang tahu angka MON di Indonesia ini cuma orang blending plant, apakah ini berarti MON (dan juga AKI) dari si kerang lebih bagus daripada plat merah dan perancis punya?

ya ane jug ada livina gl a/t 1.5 , pake oktan 95 pun terkadang ngelitik..
telusur2 ternyata base nya livina 1.5 kompresinya lebih tinggi dari pada livina 1.8 , maka dari itu 1.5 tenaganya lebih mending di banding mobil mpv 1.5 lain nya.., minus nya sangat sensitif dengan oktan , walapun udah ada auto retrad dari knocking sensor..
oh ya kalo soal kerak ga mungkin bisa keliatan kecuali di buka head nya lah.., mungkin dia patokan ngomong bersihnya dari kotoran di Throttle body aja..

sepengalaman ane soal oktan itu tergantung dari spbu juga sih, yang perlu di ingat oktan yang di jual di atas 88 itu lebih cepat prosses "basi" nya , nah makanya dari itu biasanya spbu nya menyetok bensin non subsidi tidak terlalu banyak sesuai dengan kapasitas yg laku.., dan ane kalo beli bensin pun lebih cenderung ke tempat yang orang lebih "sering" beli ke spbu tersebut karena kalau stocknya cepet habisnya biasanya di reffil dengan yg baru jadi masih "seger" oktan nya..
soal kerang , dia pinter penjualan dengan mendambah kan campuran pembersih bahan bakar , kenaikan tenaga sih gak , pas di dyno hp sama aja cuman sisa buang nya lebih halus alias lebih bersih.. tapi soal harga makanya lebih mahal..* berasa waktu kemaren nembus 13rb..
sekian yg sekedar ane tau sih ....

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri May 02, 2014 16:11
by kompresorz
klo mobilnya pake premium ngelitik n biasa coba2 pake aditif..kenapa gak coba beli pertamak racing 35 ribu/liter..pas isi bensin ful tuang dah 1 liter..
pertamak racing klo gak salah oktan 98/100..beli pergalon/20 liter..ya tar takarin sendiri aja literan dirumah..
mobil saya sudah jarang dibawa..lgan kebetulan udah gak sempat coba2..

posisi jakarta ada..entah daerah lain...

imo...

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Tue May 06, 2014 4:54
by j4niS
kompresorz wrote:klo mobilnya pake premium ngelitik n biasa coba2 pake aditif..kenapa gak coba beli pertamak racing 35 ribu/liter..pas isi bensin ful tuang dah 1 liter..
pertamak racing klo gak salah oktan 98/100..beli pergalon/20 liter..ya tar takarin sendiri aja literan dirumah..
mobil saya sudah jarang dibawa..lgan kebetulan udah gak sempat coba2..

posisi jakarta ada..entah daerah lain...

imo...


bukannya sekarang udah 50rb per liter ya?terakhir kalo gak salah liat deket pondok indah situ.

tapi sepertinya masih mahal ya buat jadi campuran...50rb buat campuran misal buat 40-50liter premium seh jatohnya kecil juga kenaikan oktannya.

imho, cmiiw,

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed May 07, 2014 1:19
by ecco
j4niS wrote:
kompresorz wrote:klo mobilnya pake premium ngelitik n biasa coba2 pake aditif..kenapa gak coba beli pertamak racing 35 ribu/liter..pas isi bensin ful tuang dah 1 liter..
pertamak racing klo gak salah oktan 98/100..beli pergalon/20 liter..ya tar takarin sendiri aja literan dirumah..
mobil saya sudah jarang dibawa..lgan kebetulan udah gak sempat coba2..

posisi jakarta ada..entah daerah lain...

imo...


bukannya sekarang udah 50rb per liter ya?terakhir kalo gak salah liat deket pondok indah situ.

tapi sepertinya masih mahal ya buat jadi campuran...50rb buat campuran misal buat 40-50liter premium seh jatohnya kecil juga kenaikan oktannya.

imho, cmiiw,
Dah coba pakai Norival?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed May 07, 2014 7:01
by j4niS
ecco wrote: Dah coba pakai Norival?
ane seh pake vpower kdang campur pea buat maintenance.

anyway, norival pernah coba...(platinum,titanium,drag), tapi imho, gak gitu guna :big_peace:

belum lagi dari msds nya pun tidak ada...


*bukan sales aditif or fuel manapun....end user saja*

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed May 07, 2014 10:43
by JESKONENG
j4niS wrote:
ecco wrote: Dah coba pakai Norival?
ane seh pake vpower kdang campur pea buat maintenance.

anyway, norival pernah coba...(platinum,titanium,drag), tapi imho, gak gitu guna :big_peace:

belum lagi dari msds nya pun tidak ada...


*bukan sales aditif or fuel manapun....end user saja*
ya memang beberapa GL dari sononya mungkin settingan ECU terlalu tinggi timing pengapiannya, sehingga mengalami gejala mesin ngelitik, walaupun menggunakan Pertamaxplus95 ... kalok sudah gitu, Norival pun tidak ada efeknya

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Thu May 08, 2014 6:17
by ecco
j4niS wrote:
ecco wrote: Dah coba pakai Norival?
ane seh pake vpower kdang campur pea buat maintenance.

anyway, norival pernah coba...(platinum,titanium,drag), tapi imho, gak gitu guna :big_peace:

belum lagi dari msds nya pun tidak ada...


*bukan sales aditif or fuel manapun....end user saja*
Kalo udah kayak gitu mirip sama Yaris saya Om, vpower kalo rpm tinggi (di atas 3000) nglitik. Mungkin perlu dioprek itu mesin :mky_01: ...sekarang yaris saya udah sehat, mau bejek 6000rpm juga gak pakai nglitik lagi.

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri May 09, 2014 9:09
by j4niS
JESKONENG wrote:
ya memang beberapa GL dari sononya mungkin settingan ECU terlalu tinggi timing pengapiannya, sehingga mengalami gejala mesin ngelitik, walaupun menggunakan Pertamaxplus95 ... kalok sudah gitu, Norival pun tidak ada efeknya
pertamax plus 95 or vpower gak ngelitik kalau di livina seh ya (asal jangan dapet yang basi aja :frm_bang_head: )
timing disebut tinggi sekali pun tidak juga.....5 btdc saja, cuma emang rada cerewet ja si nissan ini. :(
ecco wrote: Kalo udah kayak gitu mirip sama Yaris saya Om, vpower kalo rpm tinggi (di atas 3000) nglitik. Mungkin perlu dioprek itu mesin :mky_01: ...sekarang yaris saya udah sehat, mau bejek 6000rpm juga gak pakai nglitik lagi.
oow, kalo di livina ane seh ngelitik tu bukan di rpm segitu, tapi biasa kalo lagi rpm bawah, 2500 an gitu.
begitu udah lewat zone segitu seh langsung ilang ngelitiknya.....

saya juga sekarang udah gak ngelitik lagi, so far seh vpower puas...cuma harga doank yang gak puas :frm_bang_head: thanks to Indonesia gov :mky_05:

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri May 09, 2014 13:47
by kompresorz
j4niS wrote:


bukannya sekarang udah 50rb per liter ya?terakhir kalo gak salah liat deket pondok indah situ.

tapi sepertinya masih mahal ya buat jadi campuran...50rb buat campuran misal buat 40-50liter premium seh jatohnya kecil juga kenaikan oktannya.

imho, cmiiw,
trims penjelasannya bro..ya emang mahal sih..tp kan di tuang 1 liter..coba bandingkan dgn kemasan isi aditif..hehehe

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Mon Jun 02, 2014 1:16
by giovaldo
mau nanya sesepuh disini ada pernah make SPARK buat naikin RON BBM .
tolong kasih ane review dong plus minus make ini octan spark dari yg pernah nyoba.

mobil ane minta RON 95 dan di tempat ane SPBU masih sediaan RON 88 doang :big_grin:
ada yg RON 92 tapi sering kosong,kalau mau beli di kota lain cukup jauh.

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jul 02, 2014 12:52
by beta adrener
solusinya tanya petugas spbu yg didalam :big_smoking:
pesen pertamax plus kalengan
http://finance.detik.com/read/2013/07/0 ... -500-liter

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Sep 12, 2014 16:43
by ryanmagma
Wah mantep infonya..., kapan nih bahas CETANE ?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sun Oct 05, 2014 12:21
by Rausya
Infonya keren....:D, baru tau kalo oktan ada basi2nya
:D