Page 10 of 18

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 10:04
by ZombiEE
Oom Q...maaf kalau ane salah kaprah...seingat saya RON itu berlaku internasional..cmiiw

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 10:10
by QnetiC
Iya om ZombiEE, RON berlaku internasional.
Sy yg ga tau istilah octane number yang digunakan di US
* edit : br baca link bro ilhami, di US pakai AKI
87 AKI -> 91 RON, 91 AKI -> 95 RON

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 10:12
by ZombiEE
Saya rasa sama saja...cmiiw

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 10:17
by QnetiC
scorpio wrote:rasanya hampir semua mesin klo dimodif pake turbo pasti selalu (atau hampir selalu) disuru ganti ke piston low compression, walaupun compression mengecil tapi ron bbm harus naek dari yg tadinya ron 88 jadi ron 92 atau lebih..

klo begitu kasusnya gimana?
Hmm, untuk mesin turbo ada tabel atau rumusnya ngga' ya?
Paling aman memang ngikut rekomendasi pabrik sih.

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 14:36
by DOHC
kalo sepengatahuan nubie ane yg dapet dari comot sana sini....

turbo itu itungan nya low compression karena blom diitung kalo waktu turbo nya aktif.... makanya mesin2 yg dipakein turbo pasti kompresi nya diturunin, scara kalo turbo nya aktif, ntuh tekanan kompresi nya jg otomatis akan naek drastis... nahh kalo ntuh kompresi asli mesin nya kaga diturunin, ntar waktu dihajar tekanan dari turbo nya, yahh bisa jebol tuh mesin... CMIIW....

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 14:56
by evolution21
Pantesan mesin turbo kompresi rendah tp menuntut bensin oktan tinggi ya

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 15:34
by DOHC
betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Sat Aug 27, 2011 16:51
by evolution21
Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Sep 07, 2011 14:11
by imsus2c
evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
sembari menunggu pencerahan dari pak turboman, tak coba-coba beri analisa awam deh :ungg:

sulphur mungkin kaitannya bukan di kompresi-nya, tapi di tekanan atau sistem injeksinya... kandungan sulphur yang tinggi berpotensi menyumbat injektor/common rail karena diesel modern injektornya lebih halus/kecil dan tekanannya semakin tinggi

kalau cetane diesel, sepengetauan saya (yg mungkin salah), sedikita banyak kasusnya kebalikan dengan oktan di gasoline

semakin tinggi oktan gasoline/bensin, menandakan bensin lebih sulit terbakar yang artinya lebih tahan kompresi

bbm diesel, pada dasarnya mempunyai kandungan energi yg lebih tinggi dan lebih tahan kompresi dan lebih sulit terbakar (dibanding gasoline/bensin)

semakin tinggi angka cetane bbm diesel, artinya bbm lebih cepat terbakar, istilahnya, sumbunya/timer-nya terbakar lebih pendek/singkat
dengan cetane yg tinggi (lebih cepat terbakar) hal ini memungkinkan mesin untuk siklus/langkah pembakaran lebih cepat dan efisien, yang akhirnya kecepatan (rpm) mesin diesel bisa ditingkatkan...


mongggo dikoreksi :D

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Sep 07, 2011 21:20
by JESKONENG
skedar masukan, ada fuel enhancer (ada jenis utk premium, ada utk solar) yg namanya Tora2..
Bisa diliat di sini : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=15657

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Jan 04, 2013 0:27
by Penikmat_Kopi
evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
Kalau di manual handbooknya fortuner vn turbo, cetane number min. 48
Jadi dengan biosolar udah bisa tuh.

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Jan 04, 2013 0:58
by evolution21
kayanya tu buku salah cetak d um
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Jan 04, 2013 1:08
by Penikmat_Kopi
evolution21 wrote:kayanya tu buku salah cetak d um
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an
Gue yg salah ketik Om , maksudnya cetane number 48 hehehehehe. Skr udah diedit kok Om :big_peace:

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Jan 04, 2013 1:28
by ilhami
Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Jan 04, 2013 2:07
by Jambangan
ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
ada om
ini dia :mky_02:
Image
Proton Exora Bold 1.6 CFE CVT

Engine
Engine capacity 1,561 cc
Engine type 4-cylinders 16-valve DOHC Turbo
Compression ratio 8.9
Bore x Stroke unknown

Performance
Power 138 bhp
Torque 205 Nm
Acceleration 11.3s (0-100 kmh)
Top speed 185 kmh
Fuel consumption 12.8 km\L

harga Rp 250 jtaan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Fri Jan 04, 2013 2:21
by Turboman
ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
VW Golf TSI / GTI ?
Mercedes CGI engine ? (200 / 250 CGI)
BMW Twin Power Turbo ? (seri 3 dan seri 5 baru)
Peugeot 3008 ?
Mini Cooper ?
Audi TFSI engine ? (A4 / Q5, dll.)
Mazda CX-7 ?

Dah buanyaaakkkkkkk oom :mrgreen:

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 09, 2013 3:01
by Penikmat_Kopi
Pak Turbo, mohon info, kalau yg buat naikin cetane number pakai apaan yg mantap? Kalau redline, diesel power, CRC semuanya kalo gak salah ada tulisan cetane boosternya kan ya, bagus mana Pak? Kalau CRC sih susah nyarinya di ace, jadi tinggal diesel power dan redline yg banyak di ace. Beneran bisa naik cetane numbernya Pak?
Gue selama ini pake biosolar terus, baru pernah sekali aja pake sh*ll, tapi kok perasaan sama aja ya performa tuh mobil. Atau gue aja yg kurang sessitif ngrerasainnya hehehehe. Makanya gue balik lagi pake biosolar

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 09, 2013 3:08
by ilhami
Turboman wrote:
ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
VW Golf TSI / GTI ?
Mercedes CGI engine ? (200 / 250 CGI)
BMW Twin Power Turbo ? (seri 3 dan seri 5 baru)
Peugeot 3008 ?
Mini Cooper ?
Audi TFSI engine ? (A4 / Q5, dll.)
Mazda CX-7 ?

Dah buanyaaakkkkkkk oom :mrgreen:
Waah nggak ada yang kebeli.
Om turbo bisa bikin turbo sendiri untuk mesin bensin nggak?

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 09, 2013 3:21
by Turboman
ilhami wrote: Waah nggak ada yang kebeli.
Om turbo bisa bikin turbo sendiri untuk mesin bensin nggak?
Mau buat mobil apa ?

Kit plug n play dari Speedworks :
http://www.speedworks.com.my/turbo_kits.html

Bisa order lewat distro HotBits di MGK

Kit Supercharger Sprintex utk Honda L 15 A ada di REV.

Pakai kit plug n play yg udah di develop khusus biar gak sakit kepala.

*Bukan seles Turbo kit*

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 09, 2013 9:11
by dani123
DOHC wrote:betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
Berarti sesuai analogi di atas, mobil yang sudah dipasang tambahan air intake seperti CAI, power torque, SAG kompresinya jadi tambah tinggi ya, yang berarti butuh bensin dengan oktan lebih tinggi? Pantesan mobil Freed ane biasanya pakai premium gak ngelitik, tapi setelah dipasang power torque Simota pake premium jadi ngelitik... Walaupun bukan turbo beneran tapi setidaknya dengan pemasangan alat tsb menambah tekanan udara ke mesin? Apakah pengaruhnya demikian? CMIIW...

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 09, 2013 14:44
by JESKONENG
dani123 wrote:
DOHC wrote:betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
Berarti sesuai analogi di atas, mobil yang sudah dipasang tambahan air intake seperti CAI, power torque, SAG kompresinya jadi tambah tinggi ya, yang berarti butuh bensin dengan oktan lebih tinggi? Pantesan mobil Freed ane biasanya pakai premium gak ngelitik, tapi setelah dipasang power torque Simota pake premium jadi ngelitik... Walaupun bukan turbo beneran tapi setidaknya dengan pemasangan alat tsb menambah tekanan udara ke mesin? Apakah pengaruhnya demikian? CMIIW...
mesin Freed / Jazz / City pada dasarnya sama, kompresinya 10.5 : 1 artinya paling bagus pake bbm oktan 95 om ... memang ada knocking sensor yg mencegah gejala ngelitik jika pake bbm oktan di bawah 95, tapi trade-off nya : performa jadi turun (akselerasi jadi lebih lemot)

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Tue Jan 29, 2013 12:47
by j4niS
om Turboman, menyambung dari thread sebelah.....

mungkin punya saran octane booster atau fuel reformulator atau hybrid keduanya yg ckup baik dan efisien....

untuk yg mmt...gak terlalu prefer seh.....cari yg aman bt catalytic jg...

ethanol jg saya gk trlalu prefer...was was karet getas blm lg bs ampe beraer di tangki...

klo premium+pertamax racing plus gmn?dosis pling minimal dpt hasil maximal gmn ya?(soalnya per liternya sadis harganya :big_slap: )

thanks :)

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Tue Jan 29, 2013 13:04
by kompresorz
ada yang bahas pertamak racing jg toh...
emang drpd ob yg harganya mahal lebih baik pake racing yang jauh lebih murah n pasti tokcer mesinnya....
saya juga berminat buat e36 saya cuma belum sempat beli krn mobil jarang jalan..
cuma kepikiran itu pertamak racing putarannya lama apa gak berubah kualitasnya..dengar2 sih waktunya 6 bulan

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Tue Jan 29, 2013 13:11
by Unta_item
imsus2c wrote:
evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
sembari menunggu pencerahan dari pak turboman, tak coba-coba beri analisa awam deh :ungg:

sulphur mungkin kaitannya bukan di kompresi-nya, tapi di tekanan atau sistem injeksinya... kandungan sulphur yang tinggi berpotensi menyumbat injektor/common rail karena diesel modern injektornya lebih halus/kecil dan tekanannya semakin tinggi

kalau cetane diesel, sepengetauan saya (yg mungkin salah), sedikita banyak kasusnya kebalikan dengan oktan di gasoline

semakin tinggi oktan gasoline/bensin, menandakan bensin lebih sulit terbakar yang artinya lebih tahan kompresi

bbm diesel, pada dasarnya mempunyai kandungan energi yg lebih tinggi dan lebih tahan kompresi dan lebih sulit terbakar (dibanding gasoline/bensin)

semakin tinggi angka cetane bbm diesel, artinya bbm lebih cepat terbakar, istilahnya, sumbunya/timer-nya terbakar lebih pendek/singkat
dengan cetane yg tinggi (lebih cepat terbakar) hal ini memungkinkan mesin untuk siklus/langkah pembakaran lebih cepat dan efisien, yang akhirnya kecepatan (rpm) mesin diesel bisa ditingkatkan...


mongggo dikoreksi :D
Nambahin Dikit yaks, Kalau di diesel itu Udara dikompresi dulu baru setelah hampir mencapai TMA baru solar disemprotkan ke ruang bakar, maka relatif lebih aman, walau solar disemprotkan hampir TMA tapi tetep bisa diatur waktu pengabutannya (timing Pengabutan) oleh Injection Pump secara manual (diajukan/digeser) / atau rail (commonrail dari Icu)
jadi kalau solarnya cetane tinggi maka dia bisa disetel waktu pengabutan nya di majuin agar performa lebih bagus ....

Maaf Newbie banyak omong mohon koreksi bila salah ... :mky_05:

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Posted: Wed Jan 30, 2013 8:48
by fur10usx
emg nya ad yg jyal yah pertamax racing? dmna yah?