SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ZombiEE » 27 Aug 2011, 17:04

Oom Q...maaf kalau ane salah kaprah...seingat saya RON itu berlaku internasional..cmiiw

QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 448
Joined: 07 Apr 2008, 15:35

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by QnetiC » 27 Aug 2011, 17:10

Iya om ZombiEE, RON berlaku internasional.
Sy yg ga tau istilah octane number yang digunakan di US
* edit : br baca link bro ilhami, di US pakai AKI
87 AKI -> 91 RON, 91 AKI -> 95 RON
Last edited by QnetiC on 27 Aug 2011, 17:13, edited 1 time in total.

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11506
Joined: 17 Mar 2007, 14:20

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ZombiEE » 27 Aug 2011, 17:12

Saya rasa sama saja...cmiiw

QnetiC
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 448
Joined: 07 Apr 2008, 15:35

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by QnetiC » 27 Aug 2011, 17:17

scorpio wrote:rasanya hampir semua mesin klo dimodif pake turbo pasti selalu (atau hampir selalu) disuru ganti ke piston low compression, walaupun compression mengecil tapi ron bbm harus naek dari yg tadinya ron 88 jadi ron 92 atau lebih..

klo begitu kasusnya gimana?
Hmm, untuk mesin turbo ada tabel atau rumusnya ngga' ya?
Paling aman memang ngikut rekomendasi pabrik sih.

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16548
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC » 27 Aug 2011, 21:36

kalo sepengatahuan nubie ane yg dapet dari comot sana sini....

turbo itu itungan nya low compression karena blom diitung kalo waktu turbo nya aktif.... makanya mesin2 yg dipakein turbo pasti kompresi nya diturunin, scara kalo turbo nya aktif, ntuh tekanan kompresi nya jg otomatis akan naek drastis... nahh kalo ntuh kompresi asli mesin nya kaga diturunin, ntar waktu dihajar tekanan dari turbo nya, yahh bisa jebol tuh mesin... CMIIW....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5383
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by evolution21 » 27 Aug 2011, 21:56

Pantesan mesin turbo kompresi rendah tp menuntut bensin oktan tinggi ya

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16548
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by DOHC » 27 Aug 2011, 22:34

betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5383
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by evolution21 » 27 Aug 2011, 23:51

Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by imsus2c » 07 Sep 2011, 21:11

evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
sembari menunggu pencerahan dari pak turboman, tak coba-coba beri analisa awam deh :ungg:

sulphur mungkin kaitannya bukan di kompresi-nya, tapi di tekanan atau sistem injeksinya... kandungan sulphur yang tinggi berpotensi menyumbat injektor/common rail karena diesel modern injektornya lebih halus/kecil dan tekanannya semakin tinggi

kalau cetane diesel, sepengetauan saya (yg mungkin salah), sedikita banyak kasusnya kebalikan dengan oktan di gasoline

semakin tinggi oktan gasoline/bensin, menandakan bensin lebih sulit terbakar yang artinya lebih tahan kompresi

bbm diesel, pada dasarnya mempunyai kandungan energi yg lebih tinggi dan lebih tahan kompresi dan lebih sulit terbakar (dibanding gasoline/bensin)

semakin tinggi angka cetane bbm diesel, artinya bbm lebih cepat terbakar, istilahnya, sumbunya/timer-nya terbakar lebih pendek/singkat
dengan cetane yg tinggi (lebih cepat terbakar) hal ini memungkinkan mesin untuk siklus/langkah pembakaran lebih cepat dan efisien, yang akhirnya kecepatan (rpm) mesin diesel bisa ditingkatkan...


mongggo dikoreksi :D
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by JESKONENG » 08 Sep 2011, 04:20

skedar masukan, ada fuel enhancer (ada jenis utk premium, ada utk solar) yg namanya Tora2..
Bisa diliat di sini : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=15657
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1199
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Penikmat_Kopi » 04 Jan 2013, 07:27

evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
Kalau di manual handbooknya fortuner vn turbo, cetane number min. 48
Jadi dengan biosolar udah bisa tuh.
Last edited by Penikmat_Kopi on 04 Jan 2013, 08:09, edited 1 time in total.

User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5383
Joined: 28 Aug 2008, 17:32

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by evolution21 » 04 Jan 2013, 07:58

kayanya tu buku salah cetak d um
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1199
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Penikmat_Kopi » 04 Jan 2013, 08:08

evolution21 wrote:kayanya tu buku salah cetak d um
kalo oktan biasa bermain di angka 88 - 90an
cetan di angka 40-50an
Gue yg salah ketik Om , maksudnya cetane number 48 hehehehehe. Skr udah diedit kok Om :big_peace:

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ilhami » 04 Jan 2013, 08:28

Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?

User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2368
Joined: 08 Feb 2012, 18:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2016 Toyota Sienta V MT

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Jambangan » 04 Jan 2013, 09:07

ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
ada om
ini dia :mky_02:
Image
Proton Exora Bold 1.6 CFE CVT

Engine
Engine capacity 1,561 cc
Engine type 4-cylinders 16-valve DOHC Turbo
Compression ratio 8.9
Bore x Stroke unknown

Performance
Power 138 bhp
Torque 205 Nm
Acceleration 11.3s (0-100 kmh)
Top speed 185 kmh
Fuel consumption 12.8 km\L

harga Rp 250 jtaan

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17406
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Turboman » 04 Jan 2013, 09:21

ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
VW Golf TSI / GTI ?
Mercedes CGI engine ? (200 / 250 CGI)
BMW Twin Power Turbo ? (seri 3 dan seri 5 baru)
Peugeot 3008 ?
Mini Cooper ?
Audi TFSI engine ? (A4 / Q5, dll.)
Mazda CX-7 ?

Dah buanyaaakkkkkkk oom :mrgreen:

Penikmat_Kopi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1199
Joined: 09 Nov 2012, 07:39

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Penikmat_Kopi » 09 Jan 2013, 10:01

Pak Turbo, mohon info, kalau yg buat naikin cetane number pakai apaan yg mantap? Kalau redline, diesel power, CRC semuanya kalo gak salah ada tulisan cetane boosternya kan ya, bagus mana Pak? Kalau CRC sih susah nyarinya di ace, jadi tinggal diesel power dan redline yg banyak di ace. Beneran bisa naik cetane numbernya Pak?
Gue selama ini pake biosolar terus, baru pernah sekali aja pake sh*ll, tapi kok perasaan sama aja ya performa tuh mobil. Atau gue aja yg kurang sessitif ngrerasainnya hehehehe. Makanya gue balik lagi pake biosolar

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by ilhami » 09 Jan 2013, 10:08

Turboman wrote:
ilhami wrote:Apa sudah ada mesin bensin pakai turbo di mobil yang dijual di indonesia?
VW Golf TSI / GTI ?
Mercedes CGI engine ? (200 / 250 CGI)
BMW Twin Power Turbo ? (seri 3 dan seri 5 baru)
Peugeot 3008 ?
Mini Cooper ?
Audi TFSI engine ? (A4 / Q5, dll.)
Mazda CX-7 ?

Dah buanyaaakkkkkkk oom :mrgreen:
Waah nggak ada yang kebeli.
Om turbo bisa bikin turbo sendiri untuk mesin bensin nggak?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 17406
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Turboman » 09 Jan 2013, 10:21

ilhami wrote: Waah nggak ada yang kebeli.
Om turbo bisa bikin turbo sendiri untuk mesin bensin nggak?
Mau buat mobil apa ?

Kit plug n play dari Speedworks :
http://www.speedworks.com.my/turbo_kits.html

Bisa order lewat distro HotBits di MGK

Kit Supercharger Sprintex utk Honda L 15 A ada di REV.

Pakai kit plug n play yg udah di develop khusus biar gak sakit kepala.

*Bukan seles Turbo kit*

dani123
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 153
Joined: 22 Oct 2012, 13:28

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by dani123 » 09 Jan 2013, 16:11

DOHC wrote:betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
Berarti sesuai analogi di atas, mobil yang sudah dipasang tambahan air intake seperti CAI, power torque, SAG kompresinya jadi tambah tinggi ya, yang berarti butuh bensin dengan oktan lebih tinggi? Pantesan mobil Freed ane biasanya pakai premium gak ngelitik, tapi setelah dipasang power torque Simota pake premium jadi ngelitik... Walaupun bukan turbo beneran tapi setidaknya dengan pemasangan alat tsb menambah tekanan udara ke mesin? Apakah pengaruhnya demikian? CMIIW...

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: 21 Apr 2007, 19:40

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by JESKONENG » 09 Jan 2013, 21:44

dani123 wrote:
DOHC wrote:betul om... soalnya waktu mesin nyala dan tuh turbo aktif.... otomatis kompresi mesin nya jg akan naek... malah sejauh pengetahuan nubie ane.... mesin2 turbo bagusan pake yg RON agak tinggi macam pertaplus atau shell super extra dkk...
Berarti sesuai analogi di atas, mobil yang sudah dipasang tambahan air intake seperti CAI, power torque, SAG kompresinya jadi tambah tinggi ya, yang berarti butuh bensin dengan oktan lebih tinggi? Pantesan mobil Freed ane biasanya pakai premium gak ngelitik, tapi setelah dipasang power torque Simota pake premium jadi ngelitik... Walaupun bukan turbo beneran tapi setidaknya dengan pemasangan alat tsb menambah tekanan udara ke mesin? Apakah pengaruhnya demikian? CMIIW...
mesin Freed / Jazz / City pada dasarnya sama, kompresinya 10.5 : 1 artinya paling bagus pake bbm oktan 95 om ... memang ada knocking sensor yg mencegah gejala ngelitik jika pake bbm oktan di bawah 95, tapi trade-off nya : performa jadi turun (akselerasi jadi lebih lemot)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999

j4niS
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 86
Joined: 01 May 2012, 10:55

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by j4niS » 29 Jan 2013, 19:47

om Turboman, menyambung dari thread sebelah.....

mungkin punya saran octane booster atau fuel reformulator atau hybrid keduanya yg ckup baik dan efisien....

untuk yg mmt...gak terlalu prefer seh.....cari yg aman bt catalytic jg...

ethanol jg saya gk trlalu prefer...was was karet getas blm lg bs ampe beraer di tangki...

klo premium+pertamax racing plus gmn?dosis pling minimal dpt hasil maximal gmn ya?(soalnya per liternya sadis harganya :big_slap: )

thanks :)

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3671
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by kompresorz » 29 Jan 2013, 20:04

ada yang bahas pertamak racing jg toh...
emang drpd ob yg harganya mahal lebih baik pake racing yang jauh lebih murah n pasti tokcer mesinnya....
saya juga berminat buat e36 saya cuma belum sempat beli krn mobil jarang jalan..
cuma kepikiran itu pertamak racing putarannya lama apa gak berubah kualitasnya..dengar2 sih waktunya 6 bulan

User avatar
Unta_item
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1054
Joined: 11 Oct 2012, 19:16
Contact:

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Unta_item » 29 Jan 2013, 20:11

imsus2c wrote:
evolution21 wrote:Kalo diesel turbo
Kompresinya biasa 1:14 - 1:16,5
secara teori, kebutuhan spek soolarnya gimana ya
kadar sulphur & cetane numbernya?
sembari menunggu pencerahan dari pak turboman, tak coba-coba beri analisa awam deh :ungg:

sulphur mungkin kaitannya bukan di kompresi-nya, tapi di tekanan atau sistem injeksinya... kandungan sulphur yang tinggi berpotensi menyumbat injektor/common rail karena diesel modern injektornya lebih halus/kecil dan tekanannya semakin tinggi

kalau cetane diesel, sepengetauan saya (yg mungkin salah), sedikita banyak kasusnya kebalikan dengan oktan di gasoline

semakin tinggi oktan gasoline/bensin, menandakan bensin lebih sulit terbakar yang artinya lebih tahan kompresi

bbm diesel, pada dasarnya mempunyai kandungan energi yg lebih tinggi dan lebih tahan kompresi dan lebih sulit terbakar (dibanding gasoline/bensin)

semakin tinggi angka cetane bbm diesel, artinya bbm lebih cepat terbakar, istilahnya, sumbunya/timer-nya terbakar lebih pendek/singkat
dengan cetane yg tinggi (lebih cepat terbakar) hal ini memungkinkan mesin untuk siklus/langkah pembakaran lebih cepat dan efisien, yang akhirnya kecepatan (rpm) mesin diesel bisa ditingkatkan...


mongggo dikoreksi :D
Nambahin Dikit yaks, Kalau di diesel itu Udara dikompresi dulu baru setelah hampir mencapai TMA baru solar disemprotkan ke ruang bakar, maka relatif lebih aman, walau solar disemprotkan hampir TMA tapi tetep bisa diatur waktu pengabutannya (timing Pengabutan) oleh Injection Pump secara manual (diajukan/digeser) / atau rail (commonrail dari Icu)
jadi kalau solarnya cetane tinggi maka dia bisa disetel waktu pengabutan nya di majuin agar performa lebih bagus ....

Maaf Newbie banyak omong mohon koreksi bila salah ... :mky_05:
http://yamatoikwan.blogspot.com/
https://www.facebook.com/pages/Pojok-Un ... 0505942274
Kalau Bisa diperbaiki ya jangan diganti, Kalau bisa bikin sendiri mengapa harus beli ?

fur10usx
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 177
Joined: 07 Sep 2012, 18:01

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by fur10usx » 30 Jan 2013, 15:48

emg nya ad yg jyal yah pertamax racing? dmna yah?

Post Reply