SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, F 272, ChZ, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
hendardoni
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: 19 Jun 2017, 09:45
Location: Jkt
Daily Vehicle: nmaxchevroletcaptivaavanza

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by hendardoni » 19 Jun 2017, 10:10

Mantap! Klo saya, yg masih jd pemahaman pribadi pakai ron tinggi ngefeknya itu jadi alus

Sonzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 02 Dec 2017, 18:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz3SZ-VE

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Sonzz » 24 Feb 2018, 10:04

Veloz 3SZ klo pake Pertamax Turbo gmna yah? Kondisi mobil sih standard aja,,pemakaian dalkot dan jarang highrev...saat ini pke Pertalite kok rasanya boyo klo lgi bawa penumpang....mau coba Pertamax 92,,eh dsni kaga ada...adanya Pertamax Turbo...nasib bukan tinggal di ibukota

User avatar
lonely1999
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 125
Joined: 18 Jun 2014, 10:07

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by lonely1999 » 24 Feb 2018, 10:36

permisi gan
ane ninggalain jejak dulu

buat baca nanti malem :mky_01:

User avatar
Herman7103
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 604
Joined: 03 Oct 2016, 06:17
Location: SOUTH SUMATRA

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Herman7103 » 24 Feb 2018, 17:21

Mau ikut nyimak jg
:glodak:
HR15DE 2014

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by josomba » 26 Feb 2018, 09:56

Sonzz wrote:
24 Feb 2018, 10:04
Veloz 3SZ klo pake Pertamax Turbo gmna yah? Kondisi mobil sih standard aja,,pemakaian dalkot dan jarang highrev...saat ini pke Pertalite kok rasanya boyo klo lgi bawa penumpang....mau coba Pertamax 92,,eh dsni kaga ada...adanya Pertamax Turbo...nasib bukan tinggal di ibukota
3SZ-VE kompresinya 10:1 kan ya? Masih bisa sih menurut salah satu chart buatan orang

Image

Sebagai perbandingan, pakai di mobilio dan nissan T32, secara irit bensin ga ada bedanya tapi kalau akselerasi rasanya meningkat (ga berat). Sekarang oplos selang seling isi bensinnya tiap setengah tangki, minggu ini pertamax mingdep pertabo.
Image
Image

User avatar
Hanggar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: 16 Aug 2005, 11:38

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Hanggar » 26 Feb 2018, 10:10

Pertabo enak di rpm tinggi . . .respon mesin lebih berisi gituuh . . . terutama yg mesinnya memang bawaan karakter tenaganya di rpm atas

vinchazz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: 11 Aug 2016, 21:27

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by vinchazz » 26 Feb 2018, 11:08

Hanggar wrote:
26 Feb 2018, 10:10
Pertabo enak di rpm tinggi . . .respon mesin lebih berisi gituuh . . . terutama yg mesinnya memang bawaan karakter tenaganya di rpm atas
Setuju crv re 2.4 kerasa bedanya pas ngebut
Pas rpm bawah sih gk ada beda ama pertamax biasa

Sonzz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: 02 Dec 2017, 18:37
Location: BTH-CGK
Daily Vehicle: Veloz3SZ-VE

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by Sonzz » 26 Feb 2018, 21:28

Bensin high octan memang cenderung untuk high rpm baru kerasa...

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 732
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by lemonadelovers » 27 Feb 2018, 06:51

Klo mau terus2an pakai PxTurbo better timing pengapian dimajuin 1 atau 2 derajat lebih berasa nariknya yg penting mesin ga ngelitik krna pengapian terlalu maju

qushay20019
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: 06 Dec 2016, 03:50
Location: Makassar

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by qushay20019 » 27 Feb 2018, 07:03

Sonzz wrote:
24 Feb 2018, 10:04
Veloz 3SZ klo pake Pertamax Turbo gmna yah? Kondisi mobil sih standard aja,,pemakaian dalkot dan jarang highrev...saat ini pke Pertalite kok rasanya boyo klo lgi bawa penumpang....mau coba Pertamax 92,,eh dsni kaga ada...adanya Pertamax Turbo...nasib bukan tinggal di ibukota
Oplos aja 20% pertabo sisanya pertalite, dapetlah pertamax. Misalnya tangki 40 liter, pake sampe hampir kosong, trus isi pertabo dulu 8 liter, habis itu baru pertalite sampe full

gadjahalphien
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 25 Oct 2016, 07:53
Daily Vehicle: Gojek_Transjak_Angkot_A3

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by gadjahalphien » 27 Feb 2018, 08:31

Pernah coba pertabo di altis vvt (2003)
Mesin lebih responsif dan rpm tinggi ngisi terus.

RM3 (2015) low rpm torque lebih berasa tapi high rpm dan normal speed, g begitu beda ma total/super/pertamax 92
Transjak - GoJeck - Angkot

osbertc0ol
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: 22 Apr 2008, 21:51

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by osbertc0ol » 19 Apr 2018, 21:47

Ada yang pernah coba Shell Regular?
Enak mana sama pertalite yang sekarang katanya memburuk?

User avatar
speedy208
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: 09 Jun 2005, 11:17

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by speedy208 » 20 Apr 2018, 07:28

osbertc0ol wrote:Ada yang pernah coba Shell Regular?
Enak mana sama pertalite yang sekarang katanya memburuk?
emang memburuknya kenapa yah, om?
selama ini ane pake pertalite sih fine2 aja

User avatar
kenop
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 519
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by kenop » 20 Apr 2018, 12:12

osbertc0ol wrote:
19 Apr 2018, 21:47
Ada yang pernah coba Shell Regular?
Enak mana sama pertalite yang sekarang katanya memburuk?
Nanggung ga sih om? Nambah 400 perak dpt pertamax, oktan lebih tinggi hehehe..
Sy waktu itu pas awal kluar mau beli pikir mayan nih, super kan uda 9350, eh dipikir2 kok beda dikit sm pertamax :mky_01:
Optima Auto Store
Smart Market Daan Mogot L-11
Jl. Daan Mogot Km.19 - Tangerang
0819 3289 9091
www.optimaautostore.com

briskautoindo
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 13 Jun 2018, 21:47
Location: Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Lexus RX330

Re: SELUK BELUK OCTANE DAN MESIN NGELITIK

Post by briskautoindo » 06 Sep 2018, 22:53

Selain oktan tinggi, ada baiknya juga upgrade bagian mesin yang bisa mendukung pembakaran seperti busi mobil. Sudah keluar tipe busi copper atau silver yang mempunyai konduktor listrik lebih tinggi dari iridium, sehingga bisa menambah performa mesin.

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”