Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, FRD, billyd1773dz, ChZ

kevin w
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: 29 Sep 2007, 22:38

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by kevin w » 23 Aug 2008, 21:57

um,.... lumayan mahal yah.....

Merk / Type : Toyota Landcruiser
Jenis / Model : Minibus
Tahun : 1996
Bahan Bakar : Solar
Lokasi : Medan
Pajak : Rp 2.5 jt

User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 925
Joined: 31 Dec 2004, 02:23

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by liat2aja » 24 Aug 2008, 01:12

nescafe wrote:
nescafe wrote:gw ikut share yah.. :D

merk/type : Honda Accord
jenis/ model : sedan
isi silinder : 2354 cc
Bahan bakar : pertamax atau premium+OB (present)
tahun : 2003 (tapi sampai di gw februari 2004)
pajak : Rp 3,598,000
lokasi : kota bekasi
up lg yah.. :D

mer/type: Honda Jazz
jenis/ model : minibus / i-dsi A/T
isi silinder : 1497 cc
Bahan bakar : Premium
tahun pembuatan / perakitan : 2006
pajak : 1,760,500
lokasi : kota Bekasi
eh kok selisih ya, kmrn saya bayar buat Jazz idsi 2005 kena 1,808,000 lokasi di Jakbar, bayar di Samsat Mal Artha Gading

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14152
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by nescafe » 24 Aug 2008, 06:24

rambokampung wrote:Merk / Type : Honda Odyssey
Jenis / Model : Minibus
Tahun : 2007
Isi silinder / CC :2354
Bahan Bakar : Pertamax
Lokasi : Jakarta
Pajak : Rp 5,7 jt
waduh mahal amat yak.. umm.. oddy-nya yg IU atau lewat atpm pak?
Washing > Paint Preparation > Polishing > Protecting > Maintaining

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14152
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by nescafe » 24 Aug 2008, 06:26

liat2aja wrote:
nescafe wrote:
nescafe wrote:gw ikut share yah.. :D

merk/type : Honda Accord
jenis/ model : sedan
isi silinder : 2354 cc
Bahan bakar : pertamax atau premium+OB (present)
tahun : 2003 (tapi sampai di gw februari 2004)
pajak : Rp 3,598,000
lokasi : kota bekasi
up lg yah.. :D

mer/type: Honda Jazz
jenis/ model : minibus / i-dsi A/T
isi silinder : 1497 cc
Bahan bakar : Premium
tahun pembuatan / perakitan : 2006
pajak : 1,760,500
lokasi : kota Bekasi
eh kok selisih ya, kmrn saya bayar buat Jazz idsi 2005 kena 1,808,000 lokasi di Jakbar, bayar di Samsat Mal Artha Gading
umm.. say cm ngikutin apa yg tertera di stnk pak.. :D
apa mungkin karena lokasi berbeda? :e-think:
Washing > Paint Preparation > Polishing > Protecting > Maintaining

diendy
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 22 Aug 2008, 15:33

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by diendy » 24 Aug 2008, 10:30

Merk / Type : Great Corolla
Jenis / Model : sedan
Tahun : 1992
Isi silinder / CC : 1600 cc
Bahan Bakar : Premium
Lokasi : Jakarta Timur
Pajak : Rp.963.000

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by avansa » 24 Aug 2008, 13:24

liat2aja wrote:
nescafe wrote:
nescafe wrote:gw ikut share yah.. :D

merk/type : Honda Accord
jenis/ model : sedan
isi silinder : 2354 cc
Bahan bakar : pertamax atau premium+OB (present)
tahun : 2003 (tapi sampai di gw februari 2004)
pajak : Rp 3,598,000
lokasi : kota bekasi
up lg yah.. :D

mer/type: Honda Jazz
jenis/ model : minibus / i-dsi A/T
isi silinder : 1497 cc
Bahan bakar : Premium
tahun pembuatan / perakitan : 2006
pajak : 1,760,500
lokasi : kota Bekasi
eh kok selisih ya, kmrn saya bayar buat Jazz idsi 2005 kena 1,808,000 lokasi di Jakbar, bayar di Samsat Mal Artha Gading
Cuman selisih 48 rebon..itung itung amal buat negara..he..he..he pa mungkin karena tahun yang beda..?
Image

User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14152
Joined: 11 Apr 2008, 10:18
Location: jakarta

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by nescafe » 24 Aug 2008, 13:30

tp koq, lebih muda tahunnya malah lebih murah yah?
hehehe.. iya deh oom avansa, buat amal ajah,, :D
Washing > Paint Preparation > Polishing > Protecting > Maintaining

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by andy1800 » 24 Aug 2008, 14:26

avansa wrote:
liat2aja wrote:
nescafe wrote: mer/type: Honda Jazz
jenis/ model : minibus / i-dsi A/T
isi silinder : 1497 cc
Bahan bakar : Premium
tahun pembuatan / perakitan : 2006
pajak : 1,760,500
lokasi : kota Bekasi
eh kok selisih ya, kmrn saya bayar buat Jazz idsi 2005 kena 1,808,000 lokasi di Jakbar, bayar di Samsat Mal Artha Gading
Cuman selisih 48 rebon..itung itung amal buat negara..he..he..he pa mungkin karena tahun yang beda..?
pajak, adalah wewenang Dispenda Propinsi.... bukan Kepolisian.
Kepolisian Bekasi, memang masuk dlm strtuktur Polda Metro Jaya

pajak Jakarta, berdasar Peraturan Gubernur DKI Jakarta.
pajak Bekasi, berdasar Peraturan Gubernur Jawa Barat.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
satyr
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3711
Joined: 06 Feb 2007, 15:17
Location: Bdg
Contact:

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by satyr » 24 Aug 2008, 14:30

pantes seenak perut..

masa BMW temen gw 4 jt.. corolla 2,8 jg

ga fair bgt. harganya aja beda nyaris 2x lipat barunya

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by avansa » 25 Aug 2008, 18:33

Ho jadi itu masuk ke Perda bukan Perpu atau PP ...Om Andy apa aja tahu neh..hebat tuenan.
Image

User avatar
€lj€p€
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2610
Joined: 14 Apr 2007, 22:01
Location: Kemanggisan, Jakarta Barat

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by €lj€p€ » 25 Sep 2008, 20:55

Sebetulnya lebih tepat tanggal 27 Oktober, tetapi takut suasana hiruk pikuk Hari Raya, jadinya hari Senin kemarin STNK nya diperpanjang.
Karena XL_7 sudah mencapai 5th Anniversary, maka ada sedikit tambahan biaya.
Kabar baik : Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun lalu Rp.2.295.000, sekarang Rp.2.235.000,- Jadi ada penurunan sebesar Rp.60.000,-
Tapi sebaliknya ada kabar buruk juga, Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) yang tahun lalu Rp.73.000,- sekarang menjadi Rp.143.000,-. Jadi ada kenaikan sebesar Rp.70.000,-

Sedangkan tambahan biaya 5th Anniv, untuk biaya admin STNK (gosok sasis dan mesin) Rp.50.000 dan TNKB (ganti plat nomer) Rp.20.000,-
Dari Solo ke Oslo
Image

giel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: 19 Dec 2007, 10:50

Re: Berapa Pajak Kendaraan Anda ?

Post by giel » 26 Sep 2008, 04:36

Merk / Type : Toyoya Kijang
Jenis / Model : micro/minibus
Tahun : 1978
Isi silinder / CC : 1166 cc
Bahan Bakar : Bensin
Pajak : 228.300
Lokasi : Jakarta Timur

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: 31 Jul 2007, 21:11
Location: almost there...

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by imsus2c » 30 Oct 2008, 18:23

wah...blom ada yg update lagi yah...?

Iseng-iseng search di: http://www.dipendajatim.go.id/njkb.php milik dipenda jatim, untuk PKB mobil dengan nopol L

coba deh, para SMer lihat2 disitu...asyik juga....


woooowww....banyak orang tajir yg pake nopol L :e-snooty:

contohnya:

Ferrari 575 Maranello F1 tahun 2007, pajaknya setahun....Rp. 65.565.000,- (betulll..lebih dari 65 juta) :e-whistle:
Porsche GT2 tahun 2006, pajaknya setahun....Rp 63.000.000,- (63 juta....) :e-whistle:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking

User avatar
gmx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1865
Joined: 24 Jun 2008, 20:48
Location: EternaGTi'91&Pajero'97

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by gmx » 30 Oct 2008, 21:38

nambahin deh om

Pajero V6 3.0L '97 bensin 4x4 Rp. 3.518.000
Eterna GTi DOHC 2.0L '91 Rp 868.000

Blazer bisa lebih murah karena masuk kategori minibus ya om

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by avansa » 02 Nov 2008, 19:35

Bro selain jatim untuk jakarta ada linknya enggak ? aku dah coba nyari kok ngak nemu yah,plz dung.
Image

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by andy1800 » 04 Nov 2008, 07:25

imsus2c wrote:woooowww....banyak orang tajir yg pake nopol L :e-snooty:
contohnya:
Ferrari 575 Maranello F1 tahun 2007, pajaknya setahun....Rp. 65.565.000,- (betulll..lebih dari 65 juta) :e-whistle:
Porsche GT2 tahun 2006, pajaknya setahun....Rp 63.000.000,- (63 juta....) :e-whistle:
omong2... kalau mobil2 ginian, pas petugasnya nentuin HPU.... metoda survey pasarnya gimana ya?
survey pasar benaran nggak ya?
yg disurvey siapa?
atau, negosiasi aja dg pemilik yg cuma one-two itu, lalu munculin angka nya, segitu... ?

:e-dance:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8399
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by maxx » 04 Nov 2008, 07:45

Honda all new civic 1.8 2006 2.3jt pertahun

Hmmm... aneh nih pajak mobil ferio gw.. plat B thn 2000.. masa pajaknya 2,8jt!!!.. padahal cuma 1600cc, ga bener neh perhitungan pajaknya!!

sebenernya perhitungan pajak thnan itu gimana sih?
Kalo dikutip dari http://www.jakarta.go.id/pkb.htm, jelas tertera

--------------------------------------
2. POKOK - POKOK PENGERTIAN

* Kendaraan Bermotor : Adalah semua kendaraan beroda dua atau lebih yang digunakan didarat untuk mengangkut orang dan atau barang, yang digerakkan oleh motor, dengan minyak lain, atau bahan bakar lainnya, serta berada dalam lalu-lintas bebas di Wilayah DKI Jakarta.
* Penyerahan : Adalah penyerahan kendaraan bermotor dalam hak milik sebagai akibat perjanjian antara dua fihak atau perbuatan satu fihak atau karena keadaan, termasuk juga hibah danwarisan.
* B.B.N. I. : Adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang dikenakan terhadap kendaraan Bermotor yang bersangkutan untuk pertama kalinya.
* B.B.N.II. Adalah Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor yang bersangkutan untuk yang kedua kalinya dan seterusnya.
-----------------------------------------

Dan juga tertera disitu;

------------------------------------------
Besarnya Bea balik Nama Kendaraan Bermotor adalah :

* BBN. I = 10% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor.
* BBN.II = 5% dari nilai Jual Kendaraan Bermotor.
* Badan Amal yang menerima penyerahan Kendaraan Bermotor tetap tunduk kepada ketentuan yang diatur oleh Menteri Keuangan.
------------------------------------------

Ferio thn 2000 m/t pasarannya plg juga 100jt-110jt (max) .. kok pajak Ferio thn 2000 m/t bisa jadi 2.8jt!!!!
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by andy1800 » 04 Nov 2008, 08:11

halah!... itu yg ditulis ttg BBN... tp yg diprotes adalah ttg Pajak Tahunan....
itu kan 2 hal yg berbeda coooooyy.....
:big_slap:
kekekekkeee

anyway,
pernah ada petugas samsat SM yg ngejelasin ttg hal ini: :mrgreen:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 73#p193473
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p194589
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 08#p194608

wah, tp kalau di quote disini terlalu panjaaang... kesono aja ndiri deh....kekekekee
perkiraan gw, pajak tahunan utk mobil penumpang di jkt adalh skitar 1.8% dari HPU (harga pasaran umum).
nah, di buku HPU itu, nampaknya Ferio 2000 bukan 110 jt deh.... tp sekitar 150 jtan
jadi intisari untuk hal-ihwal besaran pajak tahunan ini: interface yg diberikan kepada kita, adalah (hanyalah) HPU tersebut..titik
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8764
Joined: 12 Jun 2007, 15:46
Location: La-3°33'27.17"N /Lo-98°37'18.96"E

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by Abu2 » 04 Nov 2008, 08:18

grand vitara april 2007, , april 2008 kemarin perpanjang pajaknya RP. 2.1jt-an
Image

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by andy1800 » 04 Nov 2008, 08:32

ntar pasti ada yg protes tuh.... 2007 segitu, tp yg th 2000 kok segini..
apalagi kalau pajak di daerah mana nya, nggak dibilangin.. : yg ini jakarta, yg itu palembang, yg inu denpasar....:P

pokoknya, gini aja,..hayoh, masing2, cari besaran angkanya di HPU lbh dulu..
nah, dr situ akan bisa dipahami ttg munculnya angka pajak tahunan buat kendaraannya.
selama nggak tau HPU nya, akan potensial membuat "keributan"...
kekekkekee
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8399
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by maxx » 04 Nov 2008, 08:57

andy1800 wrote:halah!... itu yg ditulis ttg BBN... tp yg diprotes adalah ttg Pajak Tahunan....
itu kan 2 hal yg berbeda coooooyy.....
:big_slap:
kekekekkeee

anyway,
pernah ada petugas samsat SM yg ngejelasin ttg hal ini: :mrgreen:
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 73#p193473
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 89#p194589
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 08#p194608

wah, tp kalau di quote disini terlalu panjaaang... kesono aja ndiri deh....kekekekee
perkiraan gw, pajak tahunan utk mobil penumpang di jkt adalh skitar 1.8% dari HPU (harga pasaran umum).
nah, di buku HPU itu, nampaknya Ferio 2000 bukan 110 jt deh.... tp sekitar 150 jtan
jadi intisari untuk hal-ihwal besaran pajak tahunan ini: interface yg diberikan kepada kita, adalah (hanyalah) HPU tersebut..titik
Hua duh bos.. jangan galak2 dong... gw cuma tanya daong.. cara itungnya gimana :big_peace: . .btw thx linknya dan gw baca semua

Masa seh HPU Ferio thn 2000 150jt??... krn gw lihat Ferio AT th 2000 aja showroom jual di koran 105jt, Apakah penetapan HPU di samsat selalu melebihi harga pasaran mobil tsb? Trus PKB u/ sedan kira2 brp % ya?

Berarti GL 1.8 M/T secara harga pasarannya 165jtan dan pkb GL gw cuma 1.8jt, berarti pkb GL (minibus) = 1%

Ada data % PKB sedan, minibus, jeep?.. bisa lihat dimana ya?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8287
Joined: 25 Mar 2008, 02:52
Location: djakarta

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by andy1800 » 04 Nov 2008, 09:06

galak tu membawa nikmat coy....
:big_smoking:
wakakakaa...
:big_weee:

iya, HPU dan pasar sebenarnya bisa (byk yg) beda.
nah, itu diee, gw jg belum dpt data brp prosen2nya.... utk minibus, sedan, jeep, memang beda prosen2nya..

apalagi, bulan2 terakhir ini, gw denger prosentasenya jg naik lagi deh...
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8648
Joined: 14 Feb 2003, 16:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by y_anjasrana » 04 Nov 2008, 17:29

Avanza S 2007 kemarin kena 1.5jt
Atoz 2004 blum pernah bayar pajak...

Hehehe...
Ferrari 575 Maranello F1 tahun 2007, pajaknya setahun....Rp. 65.565.000,- (betulll..lebih dari 65 juta)
Porsche GT2 tahun 2006, pajaknya setahun....Rp 63.000.000,- (63 juta....)
Wah... pajaknya sama dgn atoz gw yak....

:ungg:
Accurate V5 Accounting System Consultant

User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2132
Joined: 27 Nov 2005, 06:47
Location: Purwokerto

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by avansa » 04 Nov 2008, 21:41

itungan HPU kata bro Andi Samsat punya kamusnya, Nah kebetulan neh saya baru aja nutup asuransi All risk di Jasindo, dan menghitungya kata jasindo juga berdasarkan HPU dan saya di kasih kopian daftarnya untuk Jabodetabek,lah kira kira ini sama enggak yah dengan HPU listnya orang samsat?
Image

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8399
Joined: 23 Apr 2007, 20:45
Location: 08129215600 083866888918 www.monza-autosport.com
Contact:

Re: Berapa sih PKB/pajak tahunan Mobil SMers?

Post by maxx » 04 Nov 2008, 22:02

@avansa: tolong dilihat dong Ferio thn 2000 berapa HPUnya??
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600|083866888918
LINE: monza.autosport
BBM: 7A1BC755 | BBM Channel:C002C4798
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”

Who is online

Users browsing this forum: kevinfaster and 13 guests