Page 1 of 1

Bagaimana cara pindah gigi yg benar?

Posted: 05 Jul 2007, 14:16
by christiantosetiawan
hi guys, gua mau tanya nih, gimana sih pindah gigi yg benar supaya mobil kita lebih irit BBM. Kalo gua gigi 1 s/d 20km/h, gigi 2 s/d 40 km/h, gigi 3 s/d 60 km/h, gigi 4 s/d 80 atau 90 km/h, langsung pindah gigi 5

Posted: 05 Jul 2007, 14:39
by r1210g
Ke dokter aja, nanti giginya pasti dipindahin.. wakakaka...

Kalo gw tergantung RPM atau suara mesinnya..
Kalo naik mobil :
Sekitar 3-4 rb kalo mau sedikit aggresive
Kalo mau nyantai 2-3 rb

kalo naik motor (gw punya 2tak)
Sekitar 5rban...

Posted: 05 Jul 2007, 14:43
by christiantosetiawan
kalo dokternya cuma terima bongkar gak terima pasang ogah ah, he..he

Posted: 05 Jul 2007, 15:54
by flexiblebil
Menurut saya sih selain pindah gigi di rpm yang tepat, injakan gas mesti diurut halus. Maksudnya injakan pedal gasnya ngikutin naiknya rpm mesin, jangan diinjak dalem2.. Karena begitu kita injak pedal gas dalam2, ECU (untuk mesin bensin) akan ngliat ini sebagai akselerasi & dia akan nyemprotkan bensin banyak2..

Lumayan efektif kok, Kijang saya bisa 1:13-14 (diesel tapinya), padahal dipake macet2an tiap hari di Jakarta hehe..

Posted: 05 Jul 2007, 18:43
by StRaDe_Jazz
kalo mau hemat akselerasi nya dikurangin bro, bener tuh kata bro flexiblebil, juga dengan posisi pergantian gigi yg lebih lambat, contoh
gear 1 20kph, gear 2 30kph, gear 3 50kph, gear 4 65/70kph, gw kemaren kek ginian bisa lebih hemat 1-2 kilo buat 1 liter bensin

Posted: 05 Jul 2007, 23:11
by piterr
r1210g wrote:Ke dokter aja, nanti giginya pasti dipindahin.. wakakaka...

Kalo gw tergantung RPM atau suara mesinnya..
Kalo naik mobil :
Sekitar 3-4 rb kalo mau sedikit aggresive
Kalo mau nyantai 2-3 rb

kalo naik motor (gw punya 2tak)
Sekitar 5rban...
berarti kalo super agresive pindah gigi di 6500 sampai 7800 RPM ya boss? hehehe

Posted: 05 Jul 2007, 23:31
by leadingedge
Hi Guys,

Menurut saya ganti gigi yg paling tepat itu pada saat mesin dalam keadaan mencapai torsi maksimum yaitu sekitar 4000 rpm krn pada saat ini mesin telah mencapai moment of inertia tertinggi dan fly wheel akan membantu untuk mendorong body mobil dan perputaran mesin itu sendiri dengan maksimum. Sedangkan utk pemakaian bbm yg optimal yaitu apabila kita cruise dengan menggunakan gigi yg tepat utk mendapatkan rpm antara 2000-4000. Pada saat rpm 2000-4000 biasanya mesin standard yg belum diganti camshaft dan headernya akan memiliki volumetric efficiency yg maksimal sehingga menghasilkan torsi dan moment of inertia yg optimum sehingga kita hanya perlu menginjak pedal gas sedikit untuk mempertahankan kecepatan dan untuk melakukan percepatan. Pada mesin dengan EFI tentunya air mass sensor akan membaca air intake yg sedikit dan memerintahkan ECU utk menyemprotkan bbm seminimal mungkin.

Posted: 06 Jul 2007, 07:28
by flexiblebil
wah kalo ganti gigi di 6000-7000 sih bensinnya ngucur hehe.. setau saya nggak ada patokan ganti gigi mesti kecepatan berapa, karena tiap mobil kan punya perbandingan transmisi yang beda2. tapi banyak yang menyarankan ganti gigi di rpm yang torsinya maksimum, seperti dibilang bro leadingedge.

kalau saya sih, kalau gigi berikutnya udah kerasa kuat, ganti gigi aja biar rpm-nya rendah. makanya mobil diesel saya gigi 1 nggak pernah dipake, abis gigi 2 udah kuat :).

Posted: 06 Jul 2007, 10:17
by mansetha
:roll: ... pindah gigi atau ganti gigi nih, kalo kata dokter gigi mah kudu atu-atu kalo mo ganti gigi, emang sedikit sakit pas di suntik, tapi setelah 10 menit nanti ada rasa kebal dan siap di ganti tuh gigi alias dicabut dulu.. :lol:

Kalo saya sih gigi nggak perlu diganti, dipindah saja dari gigi rendah ke tinggi atau sebaliknya, sesuai dengan RPM mesinnnya, pake felling, kalo suara mesin dan tarikan mesin terasa udah maks atau rendah, pindahi deh gigi-nya, dengan catatan tekan pedal kopling dengan benar. sip dah.... :wink:

Posted: 06 Jul 2007, 19:55
by r1210g
piterr wrote:
r1210g wrote:Ke dokter aja, nanti giginya pasti dipindahin.. wakakaka...

Kalo gw tergantung RPM atau suara mesinnya..
Kalo naik mobil :
Sekitar 3-4 rb kalo mau sedikit aggresive
Kalo mau nyantai 2-3 rb

kalo naik motor (gw punya 2tak)
Sekitar 5rban...
berarti kalo super agresive pindah gigi di 6500 sampai 7800 RPM ya boss? hehehe
Wakakaka... Ini mah aggresive gila samoe pengen ngancurin mobil sendiri...

Posted: 06 Jul 2007, 20:06
by avansa
Kalau masalah ganti gigi yang keliru dan bikin nggak hemat bbm..
alternatif yang bagus ganti aja ke mobil matik.
Nggak perlu repot repot ganti gigi dan kuatir salah dan bikin boros bebeem :e-dance:

Posted: 06 Jul 2007, 22:08
by Cloud
Emang ganti gigi paling tepat pada torsi maksimum, dan torsi maksimum berbeda-beda tiap jenis mesin.makanya harus jeli mencermati spesifikasi mesin, misalnya Toyo Avanza, torsi maksimal 120 NM (12,2 kg-m) / 3.200 Rpm, jadi pindah gigi berada sedikit diatas 3200 rpm, biar pas masuk berada di sekitar 3200 rpm, itu untuk mendapat torsi maksimal. kalo buat irit-iritan, tergantung jalannya. kalau jalan datar, silakan ganti gigi pada rpm serendah-rendahnya asal tidak ngelitik dan pedal gas tidak terasa dalam. Saya pernah, bahkan sering pake Avanza pada 40-50 km/h pake gigi 5, n hasilnya irit bgt tuh, tapi ingat, jangan dipaksa kalo mau berakselerasi, jadi itu hanya berlaku saat jalan datar ato turun, dan jalan dengan kecepatan konstan.

Posted: 10 Jul 2007, 16:23
by JonesModerate
Cloud wrote:Emang ganti gigi paling tepat pada torsi maksimum, dan torsi maksimum berbeda-beda tiap jenis mesin.makanya harus jeli mencermati spesifikasi mesin, misalnya Toyo Avanza, torsi maksimal 120 NM (12,2 kg-m) / 3.200 Rpm, jadi pindah gigi berada sedikit diatas 3200 rpm, biar pas masuk berada di sekitar 3200 rpm, itu untuk mendapat torsi maksimal..
bro cloud, jadi kalo mau boil berakselerasi dengan maksimal, pindahin gigi transmisinya pada saat putaran mesin dengan torsi maksimum ya?
kalo di atas itu, namanya overdrive bukan?

Posted: 11 Jul 2007, 13:24
by christiantosetiawan
guys, saya mau tanya lagi nih, apa benar kalo kita pindah gigi di rpm rendah, bisa bikin mesin jadi manja, boyo, and gak bertenaga?

Posted: 11 Jul 2007, 18:43
by arinme
^ bisa jadi bos, karena putaran mesin blom optimal tapi diberi beban yang lebih berat (perseneling tinggi = rasio lebih berat), ya akibatnya jadi boyo, bukan manja, tapi emang keberatan