Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: ChZ, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok, F 272

Post Reply
adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2018, 00:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adios123 » 27 Jan 2018, 06:27

evanbngdor wrote:
26 Jan 2018, 08:49
adios123 wrote:
25 Jan 2018, 18:25
Image
sesuai arahan suhu turboman. manual pakeknya beginian. smoga gardannya cocok buat saya dan makin nyaman walau di manualbook tulisannya 80w90
Kemaren ane udah hampir beli yg gardan jg tuh, cuma ngeliat volumenya nanggung 1,8 liter/botol jd mengurungkan niat deh. pake eneos lg aja :mky_01: :mky_01:
eneos sae brapa? lha memang membutuhkan brapa liter kok mlah nanggung?
gpp itu klo turah bisa ditutup plastik terus dikaretin lalu ditutup lagi botolnya

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor » 29 Jan 2018, 09:07

adios123 wrote:
27 Jan 2018, 06:27
evanbngdor wrote:
26 Jan 2018, 08:49

Kemaren ane udah hampir beli yg gardan jg tuh, cuma ngeliat volumenya nanggung 1,8 liter/botol jd mengurungkan niat deh. pake eneos lg aja :mky_01: :mky_01:
eneos sae brapa? lha memang membutuhkan brapa liter kok mlah nanggung?
gpp itu klo turah bisa ditutup plastik terus dikaretin lalu ditutup lagi botolnya
Eneos 75w-90 biasa ane pake buat gardan. butuh sekitar 2,7 literan. jd nanggung bgt

:mky_01:

User avatar
arfs
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1008
Joined: 25 Jan 2016, 18:40

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by arfs » 29 Jan 2018, 22:42

Image Image

ImageImage

Image Image

Design botol kemasan nya koq sama yah? :mky_03:
Busted dah siapa rebranding siapa... :2gunfire:
Tapi GS Caltex mah seharusnya dah gk usah diragukan lg kualitas nya....
“We don’t need myths, we need examples to be followed.
Examples of courage, determination, hope.
We need to believe it’s possible to win.
And it is our duty to pursue it” - Ayrton Senna da Silva

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 29 Jan 2018, 23:03

arfs wrote:Image Image

ImageImage

Image Image

Design botol kemasan nya koq sama yah? :mky_03:
Busted dah siapa rebranding siapa... :2gunfire:
Tapi GS Caltex mah seharusnya dah gk usah diragukan lg kualitas nya....
yup

mmg oli Aisin buatan Korea

tapi ya spec nya si Aisin

hoand
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 14 Feb 2018, 18:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by hoand » 14 Feb 2018, 18:25

malam gan.. newbie baru gabung.. mau nanya avanza 2013 dipakein eneos 75w90 GL5 buat gardan sekaligus transmisi apakah bagus? thx

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 14 Feb 2018, 19:30

hoand wrote:malam gan.. newbie baru gabung.. mau nanya avanza 2013 dipakein eneos 75w90 GL5 buat gardan sekaligus transmisi apakah bagus? thx
Transmisi nya kasih Wuling MTF 75W90 aja, krn itu GL-4

masjiw22
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Oct 2017, 16:08
Location: indonesia
Daily Vehicle: innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by masjiw22 » 15 Feb 2018, 07:07

Om turboman, kebetulan saya dalam waktu dekat ini mau ambil ANF VRZ nah kira2 setelah 1000 km oli gardan dan oli transmisi merk dan spek apa yang bagus?

* Untuk Keperluan harian sama sekali2 buat bejek2 dikit hehehe

Makasih om turboman dan om om semua disini salam kenal warga baru ni 😜

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 15 Feb 2018, 08:51

masjiw22 wrote:Om turboman, kebetulan saya dalam waktu dekat ini mau ambil ANF VRZ nah kira2 setelah 1000 km oli gardan dan oli transmisi merk dan spek apa yang bagus?

* Untuk Keperluan harian sama sekali2 buat bejek2 dikit hehehe

Makasih om turboman dan om om semua disini salam kenal warga baru ni Image
ganti oli mesin en gardan aja

oli mesin boleh pake Kendall SDXA 10W30

gardan kasi Eneos 75W90 GL-5 or any kind 75W90 GL-5 (FK pulse / Q8 dll)

ATF sih nanti aja di 15 - 20 rb km kuras nya

masjiw22
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Oct 2017, 16:08
Location: indonesia
Daily Vehicle: innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by masjiw22 » 15 Feb 2018, 09:08

Oli mesin bagusan Q8 atau kendall om turbo? Apa sama aja? Hehehe

Terus kalo buat ANF transmisinya ga masalah om kalo ga diganti juga? Soalnya abis baca2 pembahasan ANF recall jadi agak deg degan om turbo hehe

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16422
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC » 15 Feb 2018, 09:23

oli gardan yg murmer ad sehh buatan sainz, 75-90 GL5.. seinget ane ga tralu mahal.. ane sendiri pake di ipah ane.. kl transmisi, krn kmaren di gerasi masi ada sisa stok oli MTF batu makam ane dl, yahh ane cekokin aj, lmayan shifting nya lebi enak
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

evanbngdor
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 312
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor » 15 Feb 2018, 09:43

DOHC wrote:
15 Feb 2018, 09:23
oli gardan yg murmer ad sehh buatan sainz, 75-90 GL5.. seinget ane ga tralu mahal.. ane sendiri pake di ipah ane.. kl transmisi, krn kmaren di gerasi masi ada sisa stok oli MTF batu makam ane dl, yahh ane cekokin aj, lmayan shifting nya lebi enak
Sainz ane cek di Toda 112rb/liter. Eneos 83rb/liter.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 15 Feb 2018, 10:42

masjiw22 wrote:Oli mesin bagusan Q8 atau kendall om turbo? Apa sama aja? Hehehe

Terus kalo buat ANF transmisinya ga masalah om kalo ga diganti juga? Soalnya abis baca2 pembahasan ANF recall jadi agak deg degan om turbo hehe
buat inreyen pake SDXA 10W30 aja lebih cocok

Matic kalo ga masalah ga perlu ganti ATF

nanti kalp mulai agak jedug cek level ATF, kurang ya tambah

di 15.000 km boleh kuras en ganti dgn Aisin AFW+ atau Q8 ATF MV

masjiw22
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 27 Oct 2017, 16:08
Location: indonesia
Daily Vehicle: innova

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by masjiw22 » 15 Feb 2018, 18:04

Buat inreyen pake SDXA 10W30 sampe kilometer brp om turbo? Apa bisa seterusnya atau ganti SAE nya di kilometer berapa dan SAE apa?

Hehehe maap ni om turbo banyk nanya harap maklum wakakak

hoand
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: 14 Feb 2018, 18:04

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by hoand » 15 Feb 2018, 22:32

Turboman wrote:
14 Feb 2018, 19:30
hoand wrote:malam gan.. newbie baru gabung.. mau nanya avanza 2013 dipakein eneos 75w90 GL5 buat gardan sekaligus transmisi apakah bagus? thx
Transmisi nya kasih Wuling MTF 75W90 aja, krn itu GL-4
Ada alternatif lain om, saya soalnya tgl didaerah sedikit pilihan olinya. Kmrn org bengkel nyaranin eneos semua buat gardan dan transmisi.. Tp akhirnya eneos saya pakai buat gardan aja, transmisi pake toyota 80w90 gl4

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 16 Feb 2018, 11:51

masjiw22 wrote:Buat inreyen pake SDXA 10W30 sampe kilometer brp om turbo? Apa bisa seterusnya atau ganti SAE nya di kilometer berapa dan SAE apa?

Hehehe maap ni om turbo banyk nanya harap maklum wakakak
mau pake utk seterusnya juga bisa

ganti per 7500 km aja

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 16 Feb 2018, 11:52

hoand wrote:
Turboman wrote:
14 Feb 2018, 19:30
hoand wrote:malam gan.. newbie baru gabung.. mau nanya avanza 2013 dipakein eneos 75w90 GL5 buat gardan sekaligus transmisi apakah bagus? thx
Transmisi nya kasih Wuling MTF 75W90 aja, krn itu GL-4
Ada alternatif lain om, saya soalnya tgl didaerah sedikit pilihan olinya. Kmrn org bengkel nyaranin eneos semua buat gardan dan transmisi.. Tp akhirnya eneos saya pakai buat gardan aja, transmisi pake toyota 80w90 gl4
Kalo ada Dealer en BeRes Wuling tinggal beli di BeRes nya

alternatip lain ya Suzuki GO 75W90 GL-4 tapi harus ganti di BeRes Suzi

adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2018, 00:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adios123 » 16 Feb 2018, 23:37

halo om turbo..
stelah beberapa waktu lalu ganti kendall 5w30 ternyata mesin gv sy bunyi tek tek tek nyaring sampai ke kabin klo udah panas, tapi skrg lebih cepat panas. smpe skrg masih bertahan tp juga takut turun mesin kata orang bengkel. enaknya diganti 10w40 atau apa ya yg bagus?

stelah ganti wuling skrg klo lari 5000+ bagian blakang bunyi krrrrrrekk. apa mngkin karena oli gardan wuling lebih encer ya? sbelumnya pakai shell spirak ga bunyi. beban chasis gv terlalu berat mungkin ya

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 17 Feb 2018, 00:41

adios123 wrote:halo om turbo..
stelah beberapa waktu lalu ganti kendall 5w30 ternyata mesin gv sy bunyi tek tek tek nyaring sampai ke kabin klo udah panas, tapi skrg lebih cepat panas. smpe skrg masih bertahan tp juga takut turun mesin kata orang bengkel. enaknya diganti 10w40 atau apa ya yg bagus?

stelah ganti wuling skrg klo lari 5000+ bagian blakang bunyi krrrrrrekk. apa mngkin karena oli gardan wuling lebih encer ya? sbelumnya pakai shell spirak ga bunyi. beban chasis gv terlalu berat mungkin ya
utk mesin :
kapan terakhir setel klep ?

coba cek celah katup apa kelewat renggang gak

Utk oli gardan, SAE 90 / 80W90 / 75W90 saat suhu panas semua ada di zona SAE 90

kalo oli gardan jelek atau gigi gardan mulai aus bukan suara krekk tapi suara dengung atau kalo gardan aus saat mulai di gas ada terasa hentakan

GV nya udah jalan brp ratus ribu km ?


supriyadi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 07 Apr 2015, 19:25

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by supriyadi » 17 Feb 2018, 08:42

permisi Om, mau nanya nih. Saya pake ANGL M/T 2014 km 43k. Kemarin nanya ke SA mau ganti oli tranmisi belum perlu katanya. Rencana mau ganti sendiri wong garansi juga dah habis. Mau nanya oli apa yang bagus buat transmisi manual ANGL saya. Tolong bantu ya Om :big_deal: :big_deal:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 17 Feb 2018, 09:22

supriyadi wrote:permisi Om, mau nanya nih. Saya pake ANGL M/T 2014 km 43k. Kemarin nanya ke SA mau ganti oli tranmisi belum perlu katanya. Rencana mau ganti sendiri wong garansi juga dah habis. Mau nanya oli apa yang bagus buat transmisi manual ANGL saya. Tolong bantu ya Om :big_deal: :big_deal:
pake NGO 75W85 ya kalo ga salah ?

oli gigi OEM ganti aja per 20.000 km

murah ini & pake nya dikit

supriyadi
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 07 Apr 2015, 19:25

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by supriyadi » 17 Feb 2018, 10:00

Turboman wrote:
17 Feb 2018, 09:22
supriyadi wrote:permisi Om, mau nanya nih. Saya pake ANGL M/T 2014 km 43k. Kemarin nanya ke SA mau ganti oli tranmisi belum perlu katanya. Rencana mau ganti sendiri wong garansi juga dah habis. Mau nanya oli apa yang bagus buat transmisi manual ANGL saya. Tolong bantu ya Om :big_deal: :big_deal:
pake NGO 75W85 ya kalo ga salah ?

oli gigi OEM ganti aja per 20.000 km

murah ini & pake nya dikit
iya Om Nissan MTF HQ75W-85. Thank buat sarannya :big_deal: :big_deal:

adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2018, 00:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adios123 » 18 Feb 2018, 21:11

Turboman wrote:
17 Feb 2018, 00:41
adios123 wrote:halo om turbo..
stelah beberapa waktu lalu ganti kendall 5w30 ternyata mesin gv sy bunyi tek tek tek nyaring sampai ke kabin klo udah panas, tapi skrg lebih cepat panas. smpe skrg masih bertahan tp juga takut turun mesin kata orang bengkel. enaknya diganti 10w40 atau apa ya yg bagus?

stelah ganti wuling skrg klo lari 5000+ bagian blakang bunyi krrrrrrekk. apa mngkin karena oli gardan wuling lebih encer ya? sbelumnya pakai shell spirak ga bunyi. beban chasis gv terlalu berat mungkin ya
utk mesin :
kapan terakhir setel klep ?

coba cek celah katup apa kelewat renggang gak

Utk oli gardan, SAE 90 / 80W90 / 75W90 saat suhu panas semua ada di zona SAE 90

kalo oli gardan jelek atau gigi gardan mulai aus bukan suara krekk tapi suara dengung atau kalo gardan aus saat mulai di gas ada terasa hentakan

GV nya udah jalan brp ratus ribu km ?
belom pernah stel klep om. klo stel klep itu brarti sekalian ganti oli ya om? turun stengah m3sin kan?
tapi apakah klep mempengaruhi tenaga mesin ya? mnurut sy skrg digeber naiknya rpm berat tp turunnya cepet dan ga pakai perlambatan antara 2000 atau 1000 jd langsung anjlok 800. pada angkatan awal setengah kopling tanpa gas juga spontan anjloknya rpm getar ga pakai nahan2

di gardan brrti masih bagus ya om, klo transmisi apakah mungkin om? rpm segitu kaki sudah tidak nempel di kopling lho dan kopling klo menurut bbrapa orang yg pernah merasakan ini masih bagus

User avatar
marmut
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2220
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut » 18 Feb 2018, 21:48

adios123 wrote:
18 Feb 2018, 21:11

belom pernah stel klep om. klo stel klep itu brarti sekalian ganti oli ya om? turun stengah m3sin kan?
tapi apakah klep mempengaruhi tenaga mesin ya? mnurut sy skrg digeber naiknya rpm berat tp turunnya cepet dan ga pakai perlambatan antara 2000 atau 1000 jd langsung anjlok 800.

-
stel klep boleh dilakukan kapan saja tanpa perlu mengganti oli mesin, apalagi sampai turun setengah mesin.
apakah klep mempengaruhi tenaga mesin? ya, sangat mempengaruhi. apabila celahnya terlalu rapat atau terlalu renggang, tenaga mesin turun cukup drastis.
[ / ]

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15891
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman » 18 Feb 2018, 22:00

adios123 wrote:
Turboman wrote:
17 Feb 2018, 00:41
adios123 wrote:halo om turbo..
stelah beberapa waktu lalu ganti kendall 5w30 ternyata mesin gv sy bunyi tek tek tek nyaring sampai ke kabin klo udah panas, tapi skrg lebih cepat panas. smpe skrg masih bertahan tp juga takut turun mesin kata orang bengkel. enaknya diganti 10w40 atau apa ya yg bagus?

stelah ganti wuling skrg klo lari 5000+ bagian blakang bunyi krrrrrrekk. apa mngkin karena oli gardan wuling lebih encer ya? sbelumnya pakai shell spirak ga bunyi. beban chasis gv terlalu berat mungkin ya
utk mesin :
kapan terakhir setel klep ?

coba cek celah katup apa kelewat renggang gak

Utk oli gardan, SAE 90 / 80W90 / 75W90 saat suhu panas semua ada di zona SAE 90

kalo oli gardan jelek atau gigi gardan mulai aus bukan suara krekk tapi suara dengung atau kalo gardan aus saat mulai di gas ada terasa hentakan

GV nya udah jalan brp ratus ribu km ?
belom pernah stel klep om. klo stel klep itu brarti sekalian ganti oli ya om? turun stengah m3sin kan?
tapi apakah klep mempengaruhi tenaga mesin ya? mnurut sy skrg digeber naiknya rpm berat tp turunnya cepet dan ga pakai perlambatan antara 2000 atau 1000 jd langsung anjlok 800. pada angkatan awal setengah kopling tanpa gas juga spontan anjloknya rpm getar ga pakai nahan2

di gardan brrti masih bagus ya om, klo transmisi apakah mungkin om? rpm segitu kaki sudah tidak nempel di kopling lho dan kopling klo menurut bbrapa orang yg pernah merasakan ini masih bagus
Mesin nggak HLA kan ?

kalo dr mesin udah terdengar bunyi tek tek tek ya klep boleh di cek celahnya

setel klep cuman buka valve cover aja

sekalian ganti seal O ring valve cover

oli gak perlu ganti saat setel klep


adios123
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: 24 Jan 2018, 00:52
Location: yogyakarta
Daily Vehicle: suzuki

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by adios123 » 19 Feb 2018, 00:44

marmut wrote:
18 Feb 2018, 21:48
adios123 wrote:
18 Feb 2018, 21:11

belom pernah stel klep om. klo stel klep itu brarti sekalian ganti oli ya om? turun stengah m3sin kan?
tapi apakah klep mempengaruhi tenaga mesin ya? mnurut sy skrg digeber naiknya rpm berat tp turunnya cepet dan ga pakai perlambatan antara 2000 atau 1000 jd langsung anjlok 800.

-
stel klep boleh dilakukan kapan saja tanpa perlu mengganti oli mesin, apalagi sampai turun setengah mesin.
apakah klep mempengaruhi tenaga mesin? ya, sangat mempengaruhi. apabila celahnya terlalu rapat atau terlalu renggang, tenaga mesin turun cukup drastis.
trimakasih om marmut atas advicenya. lain wktu sy upayakan. biar nanti dicek tekanan kompresinya skalian krna ada kcurigaan bocor halus.haha..
tanya om, untuk o2 sensor gv bisa disetel ndak ya pake semacem scaner gitu mengingat semua digerakkan ecu. makasih

Post Reply

Return to “Common Topics of Cars or Automotive”