Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Ziy6
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Mar 02, 2017 5:49
Location: Semarang

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Ziy6 »

zonepublic wrote: Thu Apr 12, 2018 16:06 Oli transmisi automatic buat suzuki splash pakai apa ya?
Karena saya ga tahu ini gearbox maticnya pake pabrikan apa apa pake punya ertiga atau aisin warner seperti innova
Sama bengkel di semarang yang bisa ganti oli matic pake metode gearlong dimana?
Lumayan abis banyak klo kuras pake mesin soalnya
Makasih
Nah Sama nih pertanyaanya nyari dimana yang biasa gerlong di semarang,biasanya sih pake alat,tapi habis baca2 kok langsung tercerahkan :big_grin:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

zonepublic wrote:Oli transmisi automatic buat suzuki splash pakai apa ya?
Karena saya ga tahu ini gearbox maticnya pake pabrikan apa apa pake punya ertiga atau aisin warner seperti innova
Sama bengkel di semarang yang bisa ganti oli matic pake metode gearlong dimana?
Lumayan abis banyak klo kuras pake mesin soalnya
Makasih
kalo 3317 bisa pake AFW+

nge Gerlong DIY aja om......ke bengkel langgan dan om bimbing mekaniknya
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Ziy6 wrote:Om @turboman Mau tanya ,Kemaren oli matik pajero saya kan pake Elfmatik mv enak2 aja sih sebenernya nah karna susah nyarinya di Semarang,Kira2 penggantinya apa ya om yang setara atau malah better?yang harganya Under 100k klo 100 lebih dikit sih ngga papa sih om,kemaren sih naksir sama afw+ kemaren liat di bengkel oli langganan sih kena 85k aja om
Oiya sekalian tanya om,bedanya afw sama afw+ bagus mana sih om?liat di blibli mahalan afw
Makasih om
PJS yg 5 AT ?

AFW+ aja
Ziy6
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Mar 02, 2017 5:49
Location: Semarang

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Ziy6 »

Turboman wrote: Fri Apr 13, 2018 4:26
Ziy6 wrote:Om @turboman Mau tanya ,Kemaren oli matik pajero saya kan pake Elfmatik mv enak2 aja sih sebenernya nah karna susah nyarinya di Semarang,Kira2 penggantinya apa ya om yang setara atau malah better?yang harganya Under 100k klo 100 lebih dikit sih ngga papa sih om,kemaren sih naksir sama afw+ kemaren liat di bengkel oli langganan sih kena 85k aja om
Oiya sekalian tanya om,bedanya afw sama afw+ bagus mana sih om?liat di blibli mahalan afw
Makasih om
PJS yg 5 AT ?

AFW+ aja
Klo kualitas better mana ya om?Tadi sih udah ngebandingin datasheetnya Elf sama afw+ nyaris sama om
Makasih om turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Ziy6 wrote:
Turboman wrote: Fri Apr 13, 2018 4:26
Ziy6 wrote:Om @turboman Mau tanya ,Kemaren oli matik pajero saya kan pake Elfmatik mv enak2 aja sih sebenernya nah karna susah nyarinya di Semarang,Kira2 penggantinya apa ya om yang setara atau malah better?yang harganya Under 100k klo 100 lebih dikit sih ngga papa sih om,kemaren sih naksir sama afw+ kemaren liat di bengkel oli langganan sih kena 85k aja om
Oiya sekalian tanya om,bedanya afw sama afw+ bagus mana sih om?liat di blibli mahalan afw
Makasih om
PJS yg 5 AT ?

AFW+ aja
Klo kualitas better mana ya om?Tadi sih udah ngebandingin datasheetnya Elf sama afw+ nyaris sama om
Makasih om turbo
buat harga ekonomis si AFW+

ga sampe 90 rb

lain2 nya yg harga segitu byk yg selip2 kopling nya
bukanpembalap
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Apr 14, 2018 3:44
Location: Bintaro
Daily Vehicle: Honda HRV Type E

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bukanpembalap »

Pagi masters SM. Ijin bertanya nih, ane baru minang ha-er-pi 1.5E. Tahun perakitan 2016, tp pemakaian 2017. Odo pas dipinang KM 8xxxx. Kira2 oli CVTnya perlu di ganti atau tunggu sekitar KM 15.[cencored]? Trus oli non OEM yang disarankan apa ya? Brp volume oli untuk kuras habis CVTnya? Terima kasih masters 🙏🏻
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

Sharing sedikit Aisin AFW+ di Skyactiv Tranny:


Udah 1 minggu lebih sedikit berjalan memakai aisin afw+ untuk boil yg request spec ATF FZ. Oke, singkat cerita rasanya malah sluggish ya mobilnya setelah pake aisin afw+ setelah 2 hari semenjak penggantian.

Sedikit riset2 literatur di inet, mostly alternatives ATF untuk ATF FZ rata2 tipe Low Viscosity ya sebenernya (Visc @100C <= 6.0), sedangkan Aisin AFW+ memiliki visc @100C 7.4 (CMIIW). Kalau di Indo alternatif yang lebih cocok berarti ya Q8 Auto MV ya berarti.

Kalau web luar yang saya liat ada Ravenol ATF FZ, Castrol Transmax LV. Baik Q8 Auto MV dan Castrol Transmax LV comply ke MERCON LV dan juga Dexron VI. Aisin AFW+ dari pds si Berkat Otopart suitable untuk ATF FZ, tapi di satu sisi not compatible dengan DEXRON VI dan MERCON LV. Apakah perbedaan visco (memakai lebih thick) untuk urusan transmisi pun bisa membuat sluggish kah?
Image
efact
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 520
Joined: Thu Jan 12, 2017 2:11

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by efact »

bukanpembalap wrote: Mon Apr 16, 2018 23:13 Pagi masters SM. Ijin bertanya nih, ane baru minang ha-er-pi 1.5E. Tahun perakitan 2016, tp pemakaian 2017. Odo pas dipinang KM 8xxxx. Kira2 oli CVTnya perlu di ganti atau tunggu sekitar KM 15.[cencored]? Trus oli non OEM yang disarankan apa ya? Brp volume oli untuk kuras habis CVTnya? Terima kasih masters 🙏🏻
kayaknya ga perlu dikuras total deh om kalo cvt.. rajin2 ganti aja misal tiap 10k atau bahkan 5k (lebay) km.. nah utk penggantian berkala gitu oli oem sudah lebih dari cukup sih imho..
2011 Hyundai ix35
2001 BMW E39 530i
Dimasdepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Jul 04, 2017 10:52
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Dimasdepe »

bukanpembalap wrote: Mon Apr 16, 2018 23:13 Pagi masters SM. Ijin bertanya nih, ane baru minang ha-er-pi 1.5E. Tahun perakitan 2016, tp pemakaian 2017. Odo pas dipinang KM 8xxxx. Kira2 oli CVTnya perlu di ganti atau tunggu sekitar KM 15.[cencored]? Trus oli non OEM yang disarankan apa ya? Brp volume oli untuk kuras habis CVTnya? Terima kasih masters 🙏🏻
Setaun udah 80k km om?
- Honda Accord CM5 Vti-L A/T K24
- Kia Sportage SL Option A/T Theta II
aipiesblue
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 298
Joined: Mon Aug 10, 2009 3:01

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by aipiesblue »

Dimasdepe wrote: Tue Apr 17, 2018 2:42
bukanpembalap wrote: Mon Apr 16, 2018 23:13 Pagi masters SM. Ijin bertanya nih, ane baru minang ha-er-pi 1.5E. Tahun perakitan 2016, tp pemakaian 2017. Odo pas dipinang KM 8xxxx. Kira2 oli CVTnya perlu di ganti atau tunggu sekitar KM 15.[cencored]? Trus oli non OEM yang disarankan apa ya? Brp volume oli untuk kuras habis CVTnya? Terima kasih masters 🙏🏻
Setaun udah 80k km om?
typo kali yah, 25-35ribu pertahun aja udah terhitung mobil cape.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

bukanpembalap wrote:Pagi masters SM. Ijin bertanya nih, ane baru minang ha-er-pi 1.5E. Tahun perakitan 2016, tp pemakaian 2017. Odo pas dipinang KM 8xxxx. Kira2 oli CVTnya perlu di ganti atau tunggu sekitar KM 15.[cencored]? Trus oli non OEM yang disarankan apa ya? Brp volume oli untuk kuras habis CVTnya? Terima kasih masters [emoji1317]
Oli CVT OEM ?

Ganti tiap 15.000 km or max 20.000 km (dah paling maksimum)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

josomba wrote:Sharing sedikit Aisin AFW+ di Skyactiv Tranny:


Udah 1 minggu lebih sedikit berjalan memakai aisin afw+ untuk boil yg request spec ATF FZ. Oke, singkat cerita rasanya malah sluggish ya mobilnya setelah pake aisin afw+ setelah 2 hari semenjak penggantian.

Sedikit riset2 literatur di inet, mostly alternatives ATF untuk ATF FZ rata2 tipe Low Viscosity ya sebenernya (Visc @100C <= 6.0), sedangkan Aisin AFW+ memiliki visc @100C 7.4 (CMIIW). Kalau di Indo alternatif yang lebih cocok berarti ya Q8 Auto MV ya berarti.

Kalau web luar yang saya liat ada Ravenol ATF FZ, Castrol Transmax LV. Baik Q8 Auto MV dan Castrol Transmax LV comply ke MERCON LV dan juga Dexron VI. Aisin AFW+ dari pds si Berkat Otopart suitable untuk ATF FZ, tapi di satu sisi not compatible dengan DEXRON VI dan MERCON LV. Apakah perbedaan visco (memakai lebih thick) untuk urusan transmisi pun bisa membuat sluggish kah?
ATF FZ kan low visc

pakai Q8 Auto MV aja
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by josomba »

Turboman wrote: Tue Apr 17, 2018 9:13 ATF FZ kan low visc

pakai Q8 Auto MV aja
Thanks om Turbo, kemarin siang akhirnya cepet2 deh ke tod* deket kantor, pake q8 auto mv. Pas balik kantor belum berasa beda, pas malem di tol baru deh terasa enteng tarikannya.
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ak4ng »

Setaun jalan 80rb km bekas taxol emg om?
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by evanbngdor »

ak4ng wrote: Wed Apr 18, 2018 0:51 Setaun jalan 80rb km bekas taxol emg om?
taxol jg kayaknya ngga sampe 80rb km setahun sih rata-rata, kecuali mobil nonstop dipakai full 365 hari dan per hari minimal 220km.

:mky_01: :mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
bukanpembalap
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Sat Apr 14, 2018 3:44
Location: Bintaro
Daily Vehicle: Honda HRV Type E

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bukanpembalap »

Waduh maaf oms sekalian, ane typo. Mksdnya KM 8000an. Oke terima kasih petunjuknya. Jadi ga perlu kuras ya, cukup ganti oli biasa tiap 15.000 KM dan cukup pake oli OEM.
nurwidyanto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Mar 26, 2018 3:07
Location: depok
Daily Vehicle: pajero sport

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by nurwidyanto »

oli gardan pajero 2013 apa yg agak miring harganya ya om turbo?terakhir pakai fk pulse 75w-90 harganya semakin tinggi hiks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

nurwidyanto wrote:oli gardan pajero 2013 apa yg agak miring harganya ya om turbo?terakhir pakai fk pulse 75w-90 harganya semakin tinggi hiks
Gak minta oli LSD kan ?

Eneos 75W90 GL-5

nurwidyanto
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Mon Mar 26, 2018 3:07
Location: depok
Daily Vehicle: pajero sport

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by nurwidyanto »

Turboman wrote: Mon Apr 23, 2018 4:40
nurwidyanto wrote:oli gardan pajero 2013 apa yg agak miring harganya ya om turbo?terakhir pakai fk pulse 75w-90 harganya semakin tinggi hiks
Gak minta oli LSD kan ?

Eneos 75W90 GL-5
yg LSD kayanya diatas 100k semua sekali kali coba yang non LSD apakah berpengaruh banyak,kalo sistem LSD tetep berjalan sih semestinya meskipun mneggunakan oli non LSD ya om
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

nurwidyanto wrote:
Turboman wrote: Mon Apr 23, 2018 4:40
nurwidyanto wrote:oli gardan pajero 2013 apa yg agak miring harganya ya om turbo?terakhir pakai fk pulse 75w-90 harganya semakin tinggi hiks
Gak minta oli LSD kan ?

Eneos 75W90 GL-5
yg LSD kayanya diatas 100k semua sekali kali coba yang non LSD apakah berpengaruh banyak,kalo sistem LSD tetep berjalan sih semestinya meskipun mneggunakan oli non LSD ya om
kalo harus LSD

Kendall 80W90 sih yg paling murah
budidiesel85
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Wed Apr 11, 2018 4:16
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Isuzu Panther

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by budidiesel85 »

Salken om Turboman,

Budidiesel85
saya pake Isuzu panther LV Turbo : kalo pake additive Oil treatment additive (STP / militec) di campur ama oli mesin (spek panther: transmisi oli mesin Sae 40 di bukunya.) apa bagus buat transmisi . atau additive Oil treatment (STP / militec) di campur dengan oli gardan :D. mohon infonya mengingat efek oil treatment banyak bagusnya. bagaimana pendapat
om turboman.

Salam Serayamotor.
User avatar
Fookyoo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 330
Joined: Sun Sep 24, 2017 0:21
Location: Jakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Fookyoo »

Om Turboman,

Mau ganti oli transmisi Mark X Ane (terlewat saat service besar karena SA bilang nanti saja pas kilometer 80K padahal ini baru beli masih 30K :big_slap: ) Dan mobil ini gak pernah ganti oli transmisi sejak 2013 ternyata.

Telepon ke Auto2000, katanya pakai Toyota ATF WS saja sesuai buku manual dan mungkin perlu flush. Kalau bawa oli sendiri, gak dapat garansi 1 bulan/1,000 km dan juga disuruh bawa lebih banyak untuk flush.

Pertanyaan saya:
1. Apa perlu flush? Apa besar impact nya kalau tidak flush? Jika flush, berapa banyak oli lebih yang harus kita bawa? Di buku Manual tertulis kapasitas oli transmisi 7,5 L.
2. Apakah sebaiknya pakai Toyota ATF WS itu saja sesuai buku manual? Well, mobilnya udah gak garansi juga sih. Tapi kalo pakai ATF WS mereka, dapat garabsi yg saya sebut di atas.
3. Kalo gak rekomen pakai ATF WS, ada rekomen yang lain gak, Om?

Makasih, Om! :big_peace:
liemivan86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1074
Joined: Sat Jun 24, 2017 15:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by liemivan86 »

Fookyoo wrote:Om Turboman,

Mau ganti oli transmisi Mark X Ane (terlewat saat service besar karena SA bilang nanti saja pas kilometer 80K padahal ini baru beli masih 30K :big_slap: ) Dan mobil ini gak pernah ganti oli transmisi sejak 2013 ternyata.

Telepon ke Auto2000, katanya pakai Toyota ATF WS saja sesuai buku manual dan mungkin perlu flush. Kalau bawa oli sendiri, gak dapat garansi 1 bulan/1,000 km dan juga disuruh bawa lebih banyak untuk flush.

Pertanyaan saya:
1. Apa perlu flush? Apa besar impact nya kalau tidak flush? Jika flush, berapa banyak oli lebih yang harus kita bawa? Di buku Manual tertulis kapasitas oli transmisi 7,5 L.
2. Apakah sebaiknya pakai Toyota ATF WS itu saja sesuai buku manual? Well, mobilnya udah gak garansi juga sih. Tapi kalo pakai ATF WS mereka, dapat garabsi yg saya sebut di atas.
3. Kalo gak rekomen pakai ATF WS, ada rekomen yang lain gak, Om?

Makasih, Om! :big_peace:
Bukan om turbo, tapi boleh bantu jawab kan? [emoji16]

Soal flush, kenapa perlu dilakukan flush, karena desain torque converter dan transmisi menyebabkan ada sebagian oli (1-2 liter) yang tidak bisa keluar waktu di tap, karena itu akhirnya di dorong dengan oli yang di semprot kan, supaya semua keluar sampai bersih. Biasanya flush ini perlu oli 2x dari kapasitas, jadi kalo kasus om ya 15 liter perlu nya. Biasanya ya..

Menurut saya, mobil om masih 35rb km, tidak perlu di flush sih. Daripada oli nya dibuang untuk flush, lebih baik sekarang ganti, lalu 20rb km ganti lagi, toh habis nya juga sama-sama 15 liter. Dan pakai oli yang lebih bagus.

Soal garansi, lupakan. Waste of money.. Oli Toyota itu mahal dan kualitas nya di bawah oli yang harga sama di luar. Jadi daripada buang uang untuk garansi nonsense itu, lebih baik uang nya untuk beli oli yang lebih bagus.

Soal tipe dan merk oli, ini saya nda bisa bantu.. Itu area nya om turbo..

*kasih mic ke Om turbo*
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

budidiesel85 wrote:Salken om Turboman,

Budidiesel85
saya pake Isuzu panther LV Turbo : kalo pake additive Oil treatment additive (STP / militec) di campur ama oli mesin (spek panther: transmisi oli mesin Sae 40 di bukunya.) apa bagus buat transmisi . atau additive Oil treatment (STP / militec) di campur dengan oli gardan :D. mohon infonya mengingat efek oil treatment banyak bagusnya. bagaimana pendapat
om turboman.

Salam Serayamotor.
Panther

Transmisi pakai saja Honda MTF

Oli gardan kasi either 80W90 / 85W90 / 90 GL-5

pilih oli yg bagus

no need additive at all
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Fookyoo wrote:Om Turboman,

Mau ganti oli transmisi Mark X Ane (terlewat saat service besar karena SA bilang nanti saja pas kilometer 80K padahal ini baru beli masih 30K :big_slap: ) Dan mobil ini gak pernah ganti oli transmisi sejak 2013 ternyata.

Telepon ke Auto2000, katanya pakai Toyota ATF WS saja sesuai buku manual dan mungkin perlu flush. Kalau bawa oli sendiri, gak dapat garansi 1 bulan/1,000 km dan juga disuruh bawa lebih banyak untuk flush.

Pertanyaan saya:
1. Apa perlu flush? Apa besar impact nya kalau tidak flush? Jika flush, berapa banyak oli lebih yang harus kita bawa? Di buku Manual tertulis kapasitas oli transmisi 7,5 L.
2. Apakah sebaiknya pakai Toyota ATF WS itu saja sesuai buku manual? Well, mobilnya udah gak garansi juga sih. Tapi kalo pakai ATF WS mereka, dapat garabsi yg saya sebut di atas.
3. Kalo gak rekomen pakai ATF WS, ada rekomen yang lain gak, Om?

Makasih, Om! :big_peace:
wah ATF udah 5 tahun sih kuras total aja

Bisa pakai Aisin AFW+

Kalo mau bagus bisa pakai Q8 Auto MV

Kuras ala Gerlong aja di ACT.....mrk bisa kuras Gerlong utk AT tanpa Dipstick

ACT +62816580843