Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10996
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon May 06, 2019 12:42
coklatMetalik wrote: Sun May 05, 2019 15:26 halo om om
berhubung perseneling Kijang sy makin lama makin kaku & masuk gigi mundur kadang susah, kyknya udh waktunya kuras MTF....

manual book minta 75W90 GL 4 atau GL 5, browsing2 kok agak langka ya... bahkan MTF TMO pun adanya 80w90. yg pas 75w90 cuma eneos atau top1. untuk volumenya, manual book bilang 2,2 liter tp orang bengkel bilang 2 liter cukup... apa ada dampak negatipnya kalo kurang 200 ml?

om om punya saran kah?
75-90 utk GL4 ud masuk kategori barang langka.. wong 80w-90 GL4 aj ud tinggal rored yg masi banyak, dl ad castrol punya tp ud jarang banget yg jual.. tp kl 75-90 GL5 mahh masi banyak, eneos, sainz..

btw isi oli transmisi kl ane justru pastiin posisi mobil datar dan isi ampe kira2 masukin jari d lobang pengisian ampe ud bsa kesentuh oli nya ga

selain langka, GL-4 harganya lebih tinggi dari GL-5. daripada ribet mending kasih 10w40 atau 20w50 masih buanyak banget.
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by coklatMetalik »

DOHC wrote: Mon May 06, 2019 12:42
coklatMetalik wrote: Sun May 05, 2019 15:26 halo om om
berhubung perseneling Kijang sy makin lama makin kaku & masuk gigi mundur kadang susah, kyknya udh waktunya kuras MTF....

manual book minta 75W90 GL 4 atau GL 5, browsing2 kok agak langka ya... bahkan MTF TMO pun adanya 80w90. yg pas 75w90 cuma eneos atau top1. untuk volumenya, manual book bilang 2,2 liter tp orang bengkel bilang 2 liter cukup... apa ada dampak negatipnya kalo kurang 200 ml?

om om punya saran kah?
75-90 utk GL4 ud masuk kategori barang langka.. wong 80w-90 GL4 aj ud tinggal rored yg masi banyak, dl ad castrol punya tp ud jarang banget yg jual.. tp kl 75-90 GL5 mahh masi banyak, eneos, sainz..

btw isi oli transmisi kl ane justru pastiin posisi mobil datar dan isi ampe kira2 masukin jari d lobang pengisian ampe ud bsa kesentuh oli nya ga
80W90 GL4 sih tjap TMO toyota msh ada...
Nah itu anehnya knp malah bikin yg 80W90 pdhl mobil2 toyota banyak yg minta 75W90 :big_dunno:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26906
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by DOHC »

coklatMetalik wrote: Tue May 07, 2019 3:31
DOHC wrote: Mon May 06, 2019 12:42
coklatMetalik wrote: Sun May 05, 2019 15:26 halo om om
berhubung perseneling Kijang sy makin lama makin kaku & masuk gigi mundur kadang susah, kyknya udh waktunya kuras MTF....

manual book minta 75W90 GL 4 atau GL 5, browsing2 kok agak langka ya... bahkan MTF TMO pun adanya 80w90. yg pas 75w90 cuma eneos atau top1. untuk volumenya, manual book bilang 2,2 liter tp orang bengkel bilang 2 liter cukup... apa ada dampak negatipnya kalo kurang 200 ml?

om om punya saran kah?
75-90 utk GL4 ud masuk kategori barang langka.. wong 80w-90 GL4 aj ud tinggal rored yg masi banyak, dl ad castrol punya tp ud jarang banget yg jual.. tp kl 75-90 GL5 mahh masi banyak, eneos, sainz..

btw isi oli transmisi kl ane justru pastiin posisi mobil datar dan isi ampe kira2 masukin jari d lobang pengisian ampe ud bsa kesentuh oli nya ga
80W90 GL4 sih tjap TMO toyota msh ada...
Nah itu anehnya knp malah bikin yg 80W90 pdhl mobil2 toyota banyak yg minta 75W90 :big_dunno:
Sebenernya kl mobil nya jarang dipake angkat barbel, bole coba ke beres batu makam, krn setau ane oli mtf mreka GL4 dan harusnya 75-85, apalagi kl utk yg 6 speed, lebi encer lg, 75-80
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

Turboman wrote: Sun Feb 24, 2019 5:46
vvti16valve wrote:spek di buku manual 75W-85 GL4 apakah bisa menggunakan 85W-85 GL4 ?
mohon arahannya om, rencana mau ganti oli MTF dah waktunya.
Thanks
mending pake Wuling MTF 75W90 (itu GL-4)
Barusan tanya ke wuling sebotolnya 160 rb, emang sgt om ?
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by coklatMetalik »

bepe wrote: Sat Jun 01, 2019 6:06
Turboman wrote: Sun Feb 24, 2019 5:46
vvti16valve wrote:spek di buku manual 75W-85 GL4 apakah bisa menggunakan 85W-85 GL4 ?
mohon arahannya om, rencana mau ganti oli MTF dah waktunya.
Thanks
mending pake Wuling MTF 75W90 (itu GL-4)
Barusan tanya ke wuling sebotolnya 160 rb, emang sgt om ?
Sy 3 minggu lalu beli di wuling suci bandung 125rb per botol 1,5 liter. Gk tau klo skrg naik lg
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

Turboman wrote: Thu Jan 31, 2019 4:19
adityabp wrote:Kalo ATF alternatif utk Serena C24 apa aja ya om?
Thx.
kalo Nissan ATF D bisa pake Aisin AFW+

Tapi kalo matic gear 4 - 5 AT sih kasih AFW+ sih oke
Kl trans manual perlu dikuras ga om ?
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

coklatMetalik wrote: Sat Jun 01, 2019 6:35
bepe wrote: Sat Jun 01, 2019 6:06
Turboman wrote: Sun Feb 24, 2019 5:46 mending pake Wuling MTF 75W90 (itu GL-4)
Barusan tanya ke wuling sebotolnya 160 rb, emang sgt om ?
Sy 3 minggu lalu beli di wuling suci bandung 125rb per botol 1,5 liter. Gk tau klo skrg naik lg
Wes cari yg lain aja, msh ada eneos & sgo.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

bepe wrote:
Turboman wrote: Sun Feb 24, 2019 5:46
vvti16valve wrote:spek di buku manual 75W-85 GL4 apakah bisa menggunakan 85W-85 GL4 ?
mohon arahannya om, rencana mau ganti oli MTF dah waktunya.
Thanks
mending pake Wuling MTF 75W90 (itu GL-4)
Barusan tanya ke wuling sebotolnya 160 rb, emang sgt om ?
kan botol 1,5 L
rusma
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Thu Oct 21, 2010 16:42

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by rusma »

Ada 2 type Oli transmisi wuling , 1.5 liter produksi Sinopec 125 ribu, 1 liter produksi total harga 99 ribu. Sama2 GL4.
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by akbrn »

Oom turbo, MTF Wuling 75W90 (Sinopec) kira - kira bisa jadi subtitusi MTF Honda?

Untuk subtitusi MTF Honda selain yg genuine ada apa lagi?
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by maastricht889 »

rusma wrote: Sat Jun 01, 2019 12:50 Ada 2 type Oli transmisi wuling , 1.5 liter produksi Sinopec 125 ribu, 1 liter produksi total harga 99 ribu. Sama2 GL4.
Lho, padahal awal th ini lebih murah yg sinopec om. Aneh naik harga nya hahahaha
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 12:32
bepe wrote:
Turboman wrote: Sun Feb 24, 2019 5:46 mending pake Wuling MTF 75W90 (itu GL-4)
Barusan tanya ke wuling sebotolnya 160 rb, emang sgt om ?
kan botol 1,5 L
Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

akbrn wrote:Oom turbo, MTF Wuling 75W90 (Sinopec) kira - kira bisa jadi subtitusi MTF Honda?

Untuk subtitusi MTF Honda selain yg genuine ada apa lagi?
Tidak

Utk std Honda MTF bisa pake Redline MTL qq 75W80 GL-4

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

bepe wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 12:32
bepe wrote: Barusan tanya ke wuling sebotolnya 160 rb, emang sgt om ?
kan botol 1,5 L
Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)

Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Leonhart »

Om turbo substitusi oli cvt, honda hcf-2 apa ya ?

Ada pengalaman om ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Leonhart wrote:Om turbo substitusi oli cvt, honda hcf-2 apa ya ?

Ada pengalaman om ?
Aisin CFEx menurut web exedy bisa

di Bebonk udah nyoba en hasil oke juga
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07
bepe wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 12:32 kan botol 1,5 L
Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Setelah penuh dibuang lg atau dipake jalan om ?

Maksud sy apa ada metode kuras spt gerlong utk manual ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

bepe wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07
bepe wrote: Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Setelah penuh dibuang lg atau dipake jalan om ?

Maksud sy apa ada metode kuras spt gerlong utk manual ?
kayak isi air di botol aja

bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07
bepe wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 12:32 kan botol 1,5 L
Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Kl buang & isi lg sampe penuh berarti oli lama nyampur oli baru dong.

Cara sy, " buang oli lama, isi minyak goreng sesuai kapasitas lalu run 10 - 15 menit, drain, baru isi oli baru.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

bepe wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07
bepe wrote: Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Kl buang & isi lg sampe penuh berarti oli lama nyampur oli baru dong.

Cara sy, " buang oli lama, isi minyak goreng sesuai kapasitas lalu run 10 - 15 menit, drain, baru isi oli baru.
wah pengikut aliran kenthir nih yah

kalo mau perfect gak usah pake MiGor, tuang aja 1 L Rored EP 90 utk dorong sisa oli lama keluar

tapi menurut saya gak guna

Karena oli transmisi tidak terkontaminasi sisa2 pembakaran spt oli mesin

- End of discussion -
akbrn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 396
Joined: Tue Sep 26, 2017 7:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by akbrn »

Thank's oom turbo, untuk performa nya (kemudahan shifting & lama penggunaan hingga drain berikutnya), lebih bagus dibanding oli MTF genuine?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10996
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

bepe wrote: Sun Jun 02, 2019 12:37
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07
bepe wrote:
Yup 1,5.

Trans manual gmn kurasnya om ?
Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Kl buang & isi lg sampe penuh berarti oli lama nyampur oli baru dong.

Cara sy, " buang oli lama, isi minyak goreng sesuai kapasitas lalu run 10 - 15 menit, drain, baru isi oli baru.

tidak ada istilah kuras untuk transmisi manual. sekali anda buka drain plug, 99% oli yang ada di dalam transmisi ya ikut keluar.
kalau anda maunya 100% oli lama terkuras semua, silahkan bongkar itu transmisi dipretelin, dicuci bersih pakai solvent / bensin / deterjen / apapun yang anda mau sampai steril, setelah itu isi dengan oli yang baru.

atau, beli saja transmisi baru setiap kali akan menganti olinya. dijamin tidak ada kontaminasi oli bekas.
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

Turboman wrote: Sun Jun 02, 2019 12:43
bepe wrote:
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07 Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Kl buang & isi lg sampe penuh berarti oli lama nyampur oli baru dong.

Cara sy, " buang oli lama, isi minyak goreng sesuai kapasitas lalu run 10 - 15 menit, drain, baru isi oli baru.
wah pengikut aliran kenthir nih yah

kalo mau perfect gak usah pake MiGor, tuang aja 1 L Rored EP 90 utk dorong sisa oli lama keluar

tapi menurut saya gak guna

Karena oli transmisi tidak terkontaminasi sisa2 pembakaran spt oli mesin

- End of discussion -
Oh kirain kek mesin, ok thx om.
bepe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 77
Joined: Thu Sep 07, 2017 3:56
Location: Jakarta Utara
Daily Vehicle: Hyundai_i20_crdi

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by bepe »

marmut wrote: Sun Jun 02, 2019 14:33
bepe wrote: Sun Jun 02, 2019 12:37
Turboman wrote: Sat Jun 01, 2019 17:07 Buang & isi sampe penuh (sampe keluar dikit dr lubang pengisian)
Kl buang & isi lg sampe penuh berarti oli lama nyampur oli baru dong.

Cara sy, " buang oli lama, isi minyak goreng sesuai kapasitas lalu run 10 - 15 menit, drain, baru isi oli baru.

tidak ada istilah kuras untuk transmisi manual. sekali anda buka drain plug, 99% oli yang ada di dalam transmisi ya ikut keluar.
kalau anda maunya 100% oli lama terkuras semua, silahkan bongkar itu transmisi dipretelin, dicuci bersih pakai solvent / bensin / deterjen / apapun yang anda mau sampai steril, setelah itu isi dengan oli yang baru.

atau, beli saja transmisi baru setiap kali akan menganti olinya. dijamin tidak ada kontaminasi oli bekas.
Jawaban yg bagus om, tp kok tercium aroma emosi ya.. :ngacir:

Maklum msh nubi.. thx a lot.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10996
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

bepe wrote: Sun Jun 02, 2019 14:44
Jawaban yg bagus om, tp kok tercium aroma emosi ya.. :ngacir:

Maklum msh nubi.. thx a lot.

masa....? saya malah nyium aroma kopi mandailing dan tembakau deli.....
:big_grin: