Oli Gardan dan Transmisi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Feb 18, 2017 4:29
dimasapri wrote:Om Turbo & suhu2 di mari, mohon masukannya:
Jumbo Garde ATF D-IIIH Full Synthetic apakah bagus kualitasnya?
Image

Buat matic jadul AW372LE (kalau gak salah), panther matic
wah oli apa tuh yah

mau coba sih cobain aja, tapi kalo buat lebih pastinya bawa test lab aja utk ukur VI nya dll

Waduhhh...kemahalan kalau harus uji lab, Om Turbo :big_blushing:
Siapa tau ada yg pernah pakai & bersedia sharing testimoninya..

Gw mau flushing atf ala gerlong.
Mau pakai atf murah saja, flushing tiap 2 tahun.
Flushing tiap 2 tahun gunakan ATF yg Berkualitas om

kalo mau ekonomis pake Kendall Versa Trans........di toko2 yg jual non PPN murah tuh
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by r1409 »

mau tanya nih, evalia M/T ane pake astra shell spirax 80W-90 GL-4, kalo masuk gigi 1 keras banget apalagi kalo temperatur masih dingin. sudah jalan lama pun terkadang bisa keras. gigi 2 juga keras walaupun ga sekeras gigi 1, dan gigi mundur terkadang agak susah engage, terkadang nyantol setengah tuas gitu. harus balikin ke netral lalu engage ulang.

apa ini memang ciri spirax ya? lalu oli transmisi apa yg kira2 cocok buat evalia? apakah transmisinya sama dengan livina?
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by POS VETT »

r1409 wrote: Tue Feb 21, 2017 15:15 mau tanya nih, evalia M/T ane pake astra shell spirax 80W-90 GL-4, kalo masuk gigi 1 keras banget apalagi kalo temperatur masih dingin. sudah jalan lama pun terkadang bisa keras. gigi 2 juga keras walaupun ga sekeras gigi 1, dan gigi mundur terkadang agak susah engage, terkadang nyantol setengah tuas gitu. harus balikin ke netral lalu engage ulang.

apa ini memang ciri spirax ya? lalu oli transmisi apa yg kira2 cocok buat evalia? apakah transmisinya sama dengan livina?
Sudah cek minyak kopling?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Kuroboy »

Halo om Turbo, ane mo nnya ni seputar Chevy Luv taun 82 ane. Kebetulan persneling uda diservis semua, syncromesh uda ganti, laher jg uda ganti, kopling uda ganti, lengan penekan kopling uda ganti, uda disetel jg jarak main kabelnya tapi kadang pas nurunin gigi dari 3 ke 2 d kecepatan 30 Km/h keatas mesti keras bahkan sampe bunyi TREKKK di persneling situ. Sementara kalo mindahin gigi di kecepatan 20 Km/h kbawah ya normal lembut aja. Itu knapa ya? Oli tranny saat ini pake RORED HD 80 dan gardan RORED HD 90.
:frm_snipper: :snipersmile:
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Kuroboy »

Kuroboy wrote: Tue Feb 21, 2017 23:55 Halo om Turbo, ane mo nnya ni seputar Chevy Luv taun 82 ane. Kebetulan persneling uda diservis semua, syncromesh uda ganti, laher jg uda ganti, kopling uda ganti, lengan penekan kopling uda ganti, uda disetel jg jarak main kabelnya tapi kadang pas nurunin gigi dari 3 ke 2 d kecepatan 30 Km/h keatas mesti keras bahkan sampe bunyi TREKKK di persneling situ. Sementara kalo mindahin gigi di kecepatan 20 Km/h kbawah ya normal lembut aja. Itu knapa ya? Oli tranny saat ini pake RORED HD 80 dan gardan RORED HD 90.
*ralat. Oli gardan RORED HDA 140
:frm_snipper: :snipersmile:
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by r1409 »

POS VETT wrote: Tue Feb 21, 2017 20:42
r1409 wrote: Tue Feb 21, 2017 15:15 mau tanya nih, evalia M/T ane pake astra shell spirax 80W-90 GL-4, kalo masuk gigi 1 keras banget apalagi kalo temperatur masih dingin. sudah jalan lama pun terkadang bisa keras. gigi 2 juga keras walaupun ga sekeras gigi 1, dan gigi mundur terkadang agak susah engage, terkadang nyantol setengah tuas gitu. harus balikin ke netral lalu engage ulang.

apa ini memang ciri spirax ya? lalu oli transmisi apa yg kira2 cocok buat evalia? apakah transmisinya sama dengan livina?
Sudah cek minyak kopling?
minyak kopling evalia jadi satu dengan minyak rem, dan sudah cek ketinggiannya normal. apa oli transmisinya terlalu kental ya? ada artikel yg bilang mesti pake oli punya nissan SAE-70..
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dimasapri »

Turboman wrote: Tue Feb 21, 2017 4:32
dimasapri wrote:
Turboman wrote: Sat Feb 18, 2017 4:29
wah oli apa tuh yah

mau coba sih cobain aja, tapi kalo buat lebih pastinya bawa test lab aja utk ukur VI nya dll

Waduhhh...kemahalan kalau harus uji lab, Om Turbo :big_blushing:
Siapa tau ada yg pernah pakai & bersedia sharing testimoninya..

Gw mau flushing atf ala gerlong.
Mau pakai atf murah saja, flushing tiap 2 tahun.
Flushing tiap 2 tahun gunakan ATF yg Berkualitas om

kalo mau ekonomis pake Kendall Versa Trans........di toko2 yg jual non PPN murah tuh
Sori baru pantau lagi.
Baru main2 lagi ke SM :)

Thanks infonya Om Turbo.
Saya coba cari kendall versa trans :thanks:
dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 308
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by dimasapri »

marmut wrote: Mon Feb 20, 2017 16:47
dimasapri wrote: Sat Feb 18, 2017 5:14
Waduhhh...kemahalan kalau harus uji lab, Om Turbo :big_blushing:
Siapa tau ada yg pernah pakai & bersedia sharing testimoninya..

Gw mau flushing atf ala gerlong.
Mau pakai atf murah saja, flushing tiap 2 tahun.
pake merk yang jelas aja lah oom....
Merk Jumbo, merk gak jelas ya om Marmut?
Perasaan sudah puluhan tahun jualan di Indonesia.
Cuman mmg jarang bgt promo lewat iklan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

Kuroboy wrote:Halo om Turbo, ane mo nnya ni seputar Chevy Luv taun 82 ane. Kebetulan persneling uda diservis semua, syncromesh uda ganti, laher jg uda ganti, kopling uda ganti, lengan penekan kopling uda ganti, uda disetel jg jarak main kabelnya tapi kadang pas nurunin gigi dari 3 ke 2 d kecepatan 30 Km/h keatas mesti keras bahkan sampe bunyi TREKKK di persneling situ. Sementara kalo mindahin gigi di kecepatan 20 Km/h kbawah ya normal lembut aja. Itu knapa ya? Oli tranny saat ini pake RORED HD 80 dan gardan RORED HD 90.
Trans nya coba pake yg GL-4 om

80W90 GL-4 misalnya
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

dimasapri wrote: Mon Mar 13, 2017 12:24
Merk Jumbo, merk gak jelas ya om Marmut?
Perasaan sudah puluhan tahun jualan di Indonesia.
Cuman mmg jarang bgt promo lewat iklan
buat saya sebagai orang awam di dunia otomotif dan nggak ngerti mesin, paling enak pilih merk oli yang memang dipakai di arena kompetisi otomotif. oli yang memang dimasukkan ke dalam mesinnya dan dipakai berpacu di arena, bukan sticker merk oli yang nempel di body kendaraan tersebut.

*sekedar pemikiran orang yang nggak ngerti otomotif.
Kuroboy
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 408
Joined: Fri Jan 27, 2017 14:35

Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Kuroboy »

Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 13:33
Kuroboy wrote:Halo om Turbo, ane mo nnya ni seputar Chevy Luv taun 82 ane. Kebetulan persneling uda diservis semua, syncromesh uda ganti, laher jg uda ganti, kopling uda ganti, lengan penekan kopling uda ganti, uda disetel jg jarak main kabelnya tapi kadang pas nurunin gigi dari 3 ke 2 d kecepatan 30 Km/h keatas mesti keras bahkan sampe bunyi TREKKK di persneling situ. Sementara kalo mindahin gigi di kecepatan 20 Km/h kbawah ya normal lembut aja. Itu knapa ya? Oli tranny saat ini pake RORED HD 80 dan gardan RORED HD 90.
Trans nya coba pake yg GL-4 om

80W90 GL-4 misalnya
:big_exellent: zebbb om laksanaken

Kalo oli gardannya cocok ga?? *ralat, oli trans nya RORED HDA single grade 90 GL-5 oli gardannya RORED SIngle grade 140 HD GL-5
:frm_snipper: :snipersmile:
jdm86
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Wed Jun 06, 2012 14:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by jdm86 »

Dear All
Apakah ada rekomendasi untuk ATF AW-1 ?
beberapa brand yang sudah pernah searching ;
1. Q8 Unitrans JK --> 160 K / liter
2. Idemitsu ATF --> 81 K / liter
3. SGO AW-1 --> 70 -100 K / liter
4. Kendall Versatrans LV --> blm masuk indo.

PS: Idemitsu ATF itu full synthetic atau bukan ?

thanks
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

di Toda promo bbrp merek oli beli 3 bonus 1

survey2 aja
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10993
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by marmut »

om Turbo,
di atf-nya idemitsu tertulis "multi". apa itu artinya bisa menuhin dari dex 2 sampe dex 6? atau bagaimana? mohon petunjuk.
ajax79
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Jun 04, 2017 13:18

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by ajax79 »

Om turbo mo tanya nih mengenai oli transmisi matic ertiga. Mobil sy thn 2014 tapi km bru 10.000, dipakenya masih enak, dari N ke R atau N ke D msh lancar langsung ngeloyor. Nah apa oli atf nya perlu ganti?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

marmut wrote:om Turbo,
di atf-nya idemitsu tertulis "multi". apa itu artinya bisa menuhin dari dex 2 sampe dex 6? atau bagaimana? mohon petunjuk.
multi std di range 7 sekian Cst @100 deg C

jadi T-4 / Z-1 / 3317 / Dexron 3 / SP 3 / Nissan D dll

gugel aja ada penjelasannya
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by coklatMetalik »

Halo om

Td saya servis LGX, skalian ganti oli gardan krn udh lama bgt, ada 5 taun kali...
Diisi 3 liter castrol 80w90, pdhl di manual book disarankan sae 90. Agak encer dikit apakah gpp? Sebaiknya diganti lg setelah brp kilometer?

Awal taun ini oli transmisi manual udh diganti orangtua sy. Tp pas ditanya pk oli apa, dia lupa. Di nota pun gk ditulis. Cm tercantum 1,5 liter oli persneling, harga 60 rb. Tp setelah ganti oli ini jd keras kalo downshift dr 2 ke 1. Ini olinya terlalu kental atau gmn ya?

Thankss
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
carl
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Tue Dec 31, 2013 14:57
Daily Vehicle: transjakarta

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by carl »

malam, oli transmisi manual itu bagusnya diganti berapa km sekali ya? Lalu, apakah ATF boleh dipakai untuk transmisi manual?

kalo menurut buku manualnya setiap 45.000 km sekali

Spec oli menurut manual book: GL-4 SAE 75W-90
Yang diisi terakhir pas 45000: ATF SP3

Kondisi sekarang: km 70.000
Change
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 128
Joined: Sat Oct 29, 2016 22:50

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Change »

Share sedikit properties ATF idemitsu hasil googling sblm ganti atf mobil sendiri. Kebetulan coba merek ini.
Kompatibel dgn :
ATF DEXRON II E / 5D06 / 2384K / 3314 / 3317, ATF Fluid D-II / D-III / WS, ATF JWS 3317,
Alumix Fluid ATF DII / DIII Multi / D3-SP, ATF Type T / T-II / T-III / T-IV, ATF M-III / M-V / FZ,
Besco ATF II / III, Dia-Queen: ATF II / ATF AW / ATF-SPII / ATF SPII M / ATF J-2, DEXRON II-E,
DEXRON III / VI / III-G, Diamond ATF SP-IIM / III, MERCON, Ultra ATF / ATF Z1 / ATF DW-1.
Properties :
Color (Appearance) Red
Density 15 oC g/cmウ D-4052 0.8508
Flash Point (COC) oC D-92 194
Viscosity, cSt @ 100 oC D-445 7.316
BF Viscosity @ -40 oC D-2983 16,800
Pour Point oC D-97 -45
TBN,HCLO4 (mgKOH/g). D-2896 3.36
Foaming @ 93.5oC (ml) D-892 0-0

Note : jika tidak kompatibel jgn dipaksakan, transmisi mahal.
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 629
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by r1409 »

oli manual BM1 bagus ga yah? kok jarang denger mobil pake BM1..

nyari oli 75w-90 GL-4 di surabaya susah, begitu tadi nemu adanya BM1 dan FK, sama2 GL-5. tapi yg FK buat LSD.

75w-90 GL-4 dikasih GL-5 apa ga ada masalah ya?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

r1409 wrote:oli manual BM1 bagus ga yah? kok jarang denger mobil pake BM1..

nyari oli 75w-90 GL-4 di surabaya susah, begitu tadi nemu adanya BM1 dan FK, sama2 GL-5. tapi yg FK buat LSD.

75w-90 GL-4 dikasih GL-5 apa ga ada masalah ya?
Ke BeRes Toyota

ada oli 75W

itu 75W90 GL-4
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by qushay20019 »

Misi semua, mo nanya nih
ane baru ganti semua cairan di Fiesta Trend manual 1.4 di bengkel luaran. Nah buat oli transmisinya ane disaranin pake oli merek Febi Bilstein tapi yg buat DSG.
Image
Ane perhatiin sekilas oli itu memenuhi kriteria BMW DCTF-I. Apakah oli itu bakal bikin masalah di Fiesta manual? Mana harganya gila2an lagi: 1 liter 750 ribu x 2 liter!
Pas ane telpon mantan mekanik Ford kenalan ane, dia bilang oli transmisi Fiesta itu emang khusus & mahal, jadi akhirnya ane setuju dimasukin oli itu.
TAPI, sampe sekarang ane masih kurang yakin sama nih oli. Susah lagi nyari speknya...

Ada pendapat?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

qushay20019 wrote:Misi semua, mo nanya nih
ane baru ganti semua cairan di Fiesta Trend manual 1.4 di bengkel luaran. Nah buat oli transmisinya ane disaranin pake oli merek Febi Bilstein tapi yg buat DSG.
Image
Ane perhatiin sekilas oli itu memenuhi kriteria BMW DCTF-I. Apakah oli itu bakal bikin masalah di Fiesta manual? Mana harganya gila2an lagi: 1 liter 750 ribu x 2 liter!
Pas ane telpon mantan mekanik Ford kenalan ane, dia bilang oli transmisi Fiesta itu emang khusus & mahal, jadi akhirnya ane setuju dimasukin oli itu.
TAPI, sampe sekarang ane masih kurang yakin sama nih oli. Susah lagi nyari speknya...

Ada pendapat?
ikutin petunjuk di manual book aja om

Fiesta 1.4 matic gear kan ? kok dikasi oli DSG ??

emang di manual book disuru begitu ?
qushay20019
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1047
Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
Location: Makassar

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by qushay20019 »

Turboman wrote: Thu Jul 20, 2017 0:50 ikutin petunjuk di manual book aja om
Fiesta 1.4 matic gear kan ? kok dikasi oli DSG ??
emang di manual book disuru begitu ?
bukan om, mobilnya manual transmission, olinya DSG pabrikan Febi Bilstein.

Di buku manual versi Indo ane gak dapet info spek oli transmisi yg diminta, tapi ane search manual book pdf versi US, oli transmisi manual maunya Ford XT-M5-QS / WSD-M2C200-C. Nah ane jg udah googling oli dengan spek ini yg ada di Indo (boro2 di kota ane Makassar), gak dapet2.
BeRes mangkir, konsumen bingung... [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno]
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Oli Gardan dan Transmisi

Post by Turboman »

qushay20019 wrote:
Turboman wrote: Thu Jul 20, 2017 0:50 ikutin petunjuk di manual book aja om
Fiesta 1.4 matic gear kan ? kok dikasi oli DSG ??
emang di manual book disuru begitu ?
bukan om, mobilnya manual transmission, olinya DSG pabrikan Febi Bilstein.

Di buku manual versi Indo ane gak dapet info spek oli transmisi yg diminta, tapi ane search manual book pdf versi US, oli transmisi manual maunya Ford XT-M5-QS / WSD-M2C200-C. Nah ane jg udah googling oli dengan spek ini yg ada di Indo (boro2 di kota ane Makassar), gak dapet2.
BeRes mangkir, konsumen bingung... [emo-yesno] [emo-yesno] [emo-yesno]
sebetulnya oli transmisi manual mobil manapun di dunia ini hanya ada 2 golongan

1. Gear oil golongan buntut 90 (75W90)

2. Trans oil golongan low viscosity (SAE oli mesin)

kelompok no 1 itu yg mainstream

kelompok no 2 ada Honda / Isu / BMW

BMW di manual trans gunakan oli ATF

Nah jadi tinggal diliat aja Fiesta manual oli transmisi nya pake yg angka visc kinematic brp

kalo dia light viscosity (SAE kayak oli mesin) bisa pake Honda MTF atau Redline MTL 90

oli transmisi manual itu basicnya oli dgn additip EP (trans gunakan std GL-4), gak ada yg lain