Page 1 of 2

Bengkel Service Resmi Mobil Paling Ok.

Posted: Fri May 04, 2007 2:14
by mansetha
Kita beli Mobil ingin yang terbaik, setidaknya mobil kita enak dibawa, namun terkadang kita menjadi ragu dengan pelayanan service yang diberikan oleh Bengkel Resmi, Baik itu Toyota, Honda, Mitsubishi, Suzuki, Nissan, Ford, BMW, Mercy dll.... nah menurut temen-temen dari berbagai pengalaman, bisa bagi-bagi cerita or opini ttg servis di bengkel resmi, mana yang paling OK dan mana yang paling "ancur".... please ... :e-clap:

Posted: Fri May 04, 2007 5:29
by Turboman
IMHO :

Dari setiap BeRes (bengkel resmi) ATPM harus diakui kinerjanya ga selalu sama, nah mungkin yg lebih baik utk di review adalah BeRes2 tertentu dr setiap merek.

Saya coba sharing dulu BeRes2 yg OK :

Toyota :
BeRes A2K - Kapuk dgn pak Adhi
BeRes A2K - Daan Mogot (so far hingga hari ini OK2 aja)

BMW :
BeRes BMW Sunter


Silahkan ditambahkan sebanyak banyaknya utk tiap merek & lokasi BeRes yg recommended, agar dapat menjadi referensi bagi kita semua.

Posted: Sat May 05, 2007 2:38
by uch
Dulu 2-5 thn lalu saya termasuk user "tau beres", maka nya langganan Beres Daihatsu dan Toyota.

Tapi setelah agak "sadar" permobilan sekarang ini , saya TIDAK ingin merekomendasikan satu pun bengkel resmi. Sorry to say that. Service mungkin ada yg OK, tapi harga nya bikin cemberut (dulu sih nggak terasa, wong nggak sadar).

Saya hitung2, maintenance cost tahunan Daihatsu espass umur 4 thn saya beli (ESPAS githu lho, mobil yg harus murah meriah) dan Kijang Kapsul di BENGKEL RESMI jauh lebih besar daripada maintenance cost tahunan blazer di BENGKEL SWASTA. Pernah jg make Terano sebentar dan bawa sekaliganti oli dan tune up doang di Beres, kena Rp 1.2 jt lebih. Itu cerita 1.5-6 thn lalu, apalagi sekarang.

Kalo ingat itu, saya merasa bodoh dulu. Inti nya sih, kalo uang Rp 500 ribu sampe Rp 1.5 jt masih berasa nilai nya di kantong kita, jauhin bengkel resmi dekatin bengkel swasta terpercaya yg spesialis mobil kita. Udah 1 tahun lebih pake blazer, baru 1 kali nyentuh bengkel resmi. Itu pun karena ada service campaign.

Kalo sekarang garansi mobil baru sampe 3-5 thn dgn syarat ANDA HARUS SERVICE RUTIN DITEMPAT KAMI, itu bukan berarti qualitas mobil sekarang lebih baik dari sekian tahun lalu saat garansi cuman setahun. Ah... kayak nggak tau aja, untung jualan spareparts bisa-bisa lebih lebih gede dari jualan mobil... ha...ha..ha...

Gitu lah (bagi2) cerita nya. Sory kalo terkesan apriori.. habis saya pernah digetok tune up dan ganti shock breaker aja habis Rp 2.5 jt lebih. Kalo shock nya sekelas Bilstein sih masuk akal. Ini khan shock std yg bagi sebagian orang dibuang dan diganti Bilstein... nah koq nambah cerita lagi.

Posted: Sat May 05, 2007 4:23
by StRaDe_Jazz
hahaha, bengkel Honda paling ancur... sebutin aja yg mana yg bagus, paling ada 3 doang dari sekian banyak yg tersebar di seluruh Jakarta :)
selama servis di Honda, sebisa mungkin gw gak mau ngeluarin duit, jadi yg gw pake servis gratis doang, selama 100.000KM nanti.
yg lebih baik sih Toyota punya A2K, servis enak, tapi harga ya...

Posted: Sat May 05, 2007 7:13
by JESKONENG
Gue ke bengkel resmi Honda cuma minta stempel setiap sampai kilometer servis.... memenuhi persyaratan garansi. Tapi semuanya gue serahin pada bengkel tuner yang gue pilih...

Posted: Sat May 05, 2007 8:21
by sukasuka_man
JESKONENG wrote:Gue ke bengkel resmi Honda cuma minta stempel setiap sampai kilometer servis.... memenuhi persyaratan garansi. Tapi semuanya gue serahin pada bengkel tuner yang gue pilih...
Emang boleh...mana tuh yang bisa gini?
Mumpung masih ada CRV

Posted: Sat May 05, 2007 8:28
by JESKONENG
saat di Banjarmasin dan di Jakarta juga di Fatmawati. Tapi jangan ribut2... bisik2 aja sama salah satu mekaniknya, kasih dia uang rokok, minta tolong dia ngatur, kalo perlu minta no. hp nya juga sapatau diperlukan kalo kita ada masalah dan mungkin dia mau datang ke rumah memperbaiki mobil kita....

Posted: Sat May 05, 2007 14:37
by StRaDe_Jazz
wah... beneran bisa tuh? hahaha, boleh neh, kemaren mobil gw dipegang ama mekanik yg lumayan, waktu kasus gw yg dikacangin, hasilnya oke sih tuh orang

Posted: Sat May 05, 2007 15:14
by sukasuka_man
JESKONENG wrote:saat di Banjarmasin dan di Jakarta juga di Fatmawati. Tapi jangan ribut2... bisik2 aja sama salah satu mekaniknya, kasih dia uang rokok, minta tolong dia ngatur, kalo perlu minta no. hp nya juga sapatau diperlukan kalo kita ada masalah dan mungkin dia mau datang ke rumah memperbaiki mobil kita....
Dibuku bisa dikasih stempel..tapi apa data kita ada di komputer mereka?
Soalnya kan stempel juga bisa kita buat sendiri.

Posted: Sat May 05, 2007 17:07
by mpoezz
a2k hr muhamad surabaya,selama ini ok ok aja.cuman gila nya servis bengkel resmi itu biayanya cuman cek2 aja kena nya ratusan ribu

Posted: Sat May 05, 2007 17:48
by blindzero
mpoezz wrote:a2k hr muhamad surabaya,selama ini ok ok aja.cuman gila nya servis bengkel resmi itu biayanya cuman cek2 aja kena nya ratusan ribu
overpriced bro !!! ngecek begitu aja sampe ratusan ribuuu, baisanya gratis

Posted: Sun May 06, 2007 1:42
by Winata
CHEVEROLET SUN MOTOR di Jalan Panjang ok banget. Kualitas servis memuaskan. Servie advisornya sopan. Montirnya mau menjawab semua pertanyaan saya. Ada diskon sparepart dan jasa. Ketersediaan sparepart. Semua keluhan diperbaiki one by one. Pilihan OLI banyak dan bisa kita pilih sendiri. Lalu saya pernah ganti oli diluar bengkel resmi, tapi karena bengkel luar tidak ada filter oli CHEVY asli makanya waktu di bengkel resmi saya suruh kuras semua oli yang baru saya ganti diluar lalu ganti filter oli dan isi kembali semua oli yang dikuras tadi. Ga ada complain dari mereka. Yang paling enak adalah bisa ngobrol2 waktu mereka kerjakan mobil kita. Lalu kadang2 saya suruh kerjakan apa yang tidak ada di form kerja. Supaya bisa hemat harga jasa hehehe
Ruang tunggunya juga nyaman dan banyak majalah2 otomotif yang baru.

Menurut gw karena CHEVY lagi baru mau mengembangi sayapnya di Indo, mereka melalukan pembenahan yang signifikan. Tidak kaya Honda yang sudah besar dan servis advisor mereka sombong2. Sparepart CHEVY juga tidak mahal2 banget pokoknya masih dibawah honda.

Ada sarat politik dari luar yang menjelekkan bengkel resmi CHEVY yang bilang sparepart jarang, harga mahal dan montirnya kualitasnya ga bagus. Malahan gw liat ATPM2 yang besar itu paling jelek kualitas servisnya dan harganya juga mencekek leher tapi tidak dikomplain. Gw tidak menyesal pilih mobil CHEVY dan lagi mennunggu CAPTIVA yang sudah saya indent.



Dari indopos.co.id 1 Mei katanya harganya sekitar 250jt, berikut cuplikan beritanya


Chevrolet Siapkan Captiva

SURABAYA - Chevrolet terus berbenah untuk memacu penjualan tahun ini. Mobil Amerika tersebut menargetkan kenaikan market share menjadi 20 persen di Jatim tahun ini. Target itu diharapkan bisa tercapai melalui peluncuran Captiva, mobil baru SUV (sport utility vehicle) premium, awal Juli mendatang.

"Captiva merupakan SUV pertama Chevrolet setelah Blazer (2004) yang kini sudah diskontinu," ujar Andika Hadis, sales manager PT Sun Motor Surabaya, diler utama Chevrolet di Jatim, kemarin.

Rencananya, mobil 7 seater (tujuh penumpang) dengan kapasitas mesin 2.400 cc itu dijual sekitar Rp 250 jutaan. "Captiva akan coba bersaing, antara lain, dengan Honda All New CR-V," tuturnya.

Menurut dia, Captiva akan menjadi ujung tombak dari PT General Motor AutoWorld Indonesia selaku ATPM (agen tunggal pemegang merek) untuk memacu penjualan Chevrolet. Sebelum kehadiran Captiva, dia menargetkan penjualan Chevrolet sebesar 45 unit per bulan di Jatim. "Dengan hadirnya Captiva, kami targetkan penjualan 50 unit sebulan," katanya.

Dia optimistis Captiva bisa mendongkrak pangsa pasar Chevrolet di Jatim dari 10 persen tahun lalu menjadi 20 persen. Dia akan menggarap pasar di kalangan para pemilik Blazer, baik Opel Blazer maupun Chevrolet Blazer. Dua mobil itu sempat booming pada akhir 1990-an dan pada 2002-2004 lalu. "Kami juga akan gencar memasarkan lewat pameran," lanjutnya.

Dia mengakui antusiasme terhadap mobil non-Jepang masih minim. "Rata-rata mereka termakan stigma bahwa suku cadang mobil Eropa dan Amerika sulit. Atau, layanan aftersales-nya kurang signifikan. Padahal, sebenarnya tidak seperti itu," jelasnya.

Sun Motor, kata dia, berupaya untuk menyebarluaskan informasi dan menyosialisasikan bahwa spareparts mobil merek Chevrolet mudah didapat. Di Jatim Chevrolet punya jaringan di Surabaya, Malang, Kediri, dan Jember.

Tentang penjualan pada triwulan I 2007, dia mengakui belum memenuhi target. "Dari target 45 unit, penjualan kami hanya tercapai 25-30 unit per bulan,"sebutnya. Jenis city car All New Spark memberi kontribusi terbesar, yaitu 15 unit (60 persen). Disusul Estate (sedan hatchback), Kalos, dan mobil mini-MPV (multipurpose vehicle) Aveo masing-masing lima unit. (kia)

Posted: Sun May 06, 2007 4:19
by mpoezz
blindzero wrote:
mpoezz wrote:a2k hr muhamad surabaya,selama ini ok ok aja.cuman gila nya servis bengkel resmi itu biayanya cuman cek2 aja kena nya ratusan ribu
overpriced bro !!! ngecek begitu aja sampe ratusan ribuuu, baisanya gratis
kayak nya sih semua overpriced soalnya kan harganya udah dipajang di papan nya hahahaha

Posted: Mon May 07, 2007 7:58
by mansetha
hem... kayaknya "Beres" di indo kayak gitu yah..hehehe. tapi bengkel mitsu di tmp saya, kalo cuman check gratis kok, ada form-nya,...baru nanti kita conteng mana yg mo diservice / direpaire... ada pengalaman lainnya nih, dari temen-temen, trims dari yg sudah....

Posted: Mon May 07, 2007 8:07
by hunter
Winata wrote:CHEVEROLET SUN MOTOR di Jalan Panjang ok banget. Kualitas servis memuaskan. Servie advisornya sopan. Montirnya mau menjawab semua pertanyaan saya. Ada diskon sparepart dan jasa. Ketersediaan sparepart.
kalo di milis zafira, justru ada yg punya pengalaman buruk di situ. komplainnya untuk pelayanan.

Posted: Mon May 07, 2007 8:13
by Winata
Masa seh dimana. Sun motor jl panjang atau yang laen.

Posted: Mon May 07, 2007 8:16
by Winata
Kalo kalimalang dan matraman gw ga pernah pergi. lagian sun motor yang baru ini baru beroparasi 2 bulan

Posted: Mon May 07, 2007 9:04
by hunter
saya ga ingat. tapi kalo ga salah sih yg jl panjang. saya malah baru tahu ada yg lain..:)

Posted: Mon May 07, 2007 9:16
by plasworld88
uch wrote: Pernah jg make Terano sebentar dan bawa sekaliganti oli dan tune up doang di Beres, kena Rp 1.2 jt lebih. Itu cerita 1.5-6 thn lalu, apalagi sekarang.
.
gak juga kok bro, gue servis terrano rutin tiap 5000 km smp dua bulan lalu, gak selalu segitu kok harganya. tergantung servis buat km brp sih, yg agak mahal udh pasti setiap kelipatan 20000 km, di luar itu gue rasa Nissan harganya cukup reasonable kok (average 300 rb an bua terrano).

Posted: Mon May 07, 2007 9:29
by uch
plasworld88 wrote:
uch wrote: Pernah jg make Terano sebentar dan bawa sekaliganti oli dan tune up doang di Beres, kena Rp 1.2 jt lebih. Itu cerita 1.5-6 thn lalu, apalagi sekarang.
.
gak juga kok bro, gue servis terrano rutin tiap 5000 km smp dua bulan lalu, gak selalu segitu kok harganya. tergantung servis buat km brp sih, yg agak mahal udh pasti setiap kelipatan 20000 km, di luar itu gue rasa Nissan harganya cukup reasonable kok (average 300 rb an bua terrano).
Kalo saya emang nggak service rutin sesuai skedul dari baru bro. Wong km aja udah 120 ribu... :D Biasanya kalo service di Beres mana aja pesan gw ama SA nya " Ganti olie dan tune up karena tarikan agak lemot. Fast moving (kayak busi dan filter2) yg perlu diganti silakan diganti. Di luar itu harus confirm dulu ". Nah seingat gw, selain fast moving, nggak ada yg diganti.

Posted: Mon May 07, 2007 10:19
by Winata
Anda harus datang sendiri ke bengkelnya. Tapi kan anda tidak ada mobil chevy. Tapi menurut gw bengkel resmi itu bagus apabila anda bisa mencuri hati para servis advisornya kaya kasi tips atau ngobrol. Dulu KIA yang dipluit juga dah kenal semua. Kalo gw datang gw pasti disamperin dulu. Kalo anda datang diam dan menunjukkan diri anda sombong karena memiliki boil ya pasti dicuekin dah.

Posted: Mon May 07, 2007 11:02
by Robert89
kalo service di bengkel resmi memang bisa bikin kantong bokek , di ketok habis ..teman gw baru service jazz 40.000 di beres honda ..habis 2.3 jt,
padahal service biasa aja oli , oli filter , filter udara , filter bensin .,busi..
gile..kayaknya sih kalo yg agak murah sih suzuki


uch wrote:Dulu 2-5 thn lalu saya termasuk user "tau beres", maka nya langganan Beres Daihatsu dan Toyota.

Tapi setelah agak "sadar" permobilan sekarang ini , saya TIDAK ingin merekomendasikan satu pun bengkel resmi. Sorry to say that. Service mungkin ada yg OK, tapi harga nya bikin cemberut (dulu sih nggak terasa, wong nggak sadar).

Saya hitung2, maintenance cost tahunan Daihatsu espass umur 4 thn saya beli (ESPAS githu lho, mobil yg harus murah meriah) dan Kijang Kapsul di BENGKEL RESMI jauh lebih besar daripada maintenance cost tahunan blazer di BENGKEL SWASTA. Pernah jg make Terano sebentar dan bawa sekaliganti oli dan tune up doang di Beres, kena Rp 1.2 jt lebih. Itu cerita 1.5-6 thn lalu, apalagi sekarang.

Kalo ingat itu, saya merasa bodoh dulu. Inti nya sih, kalo uang Rp 500 ribu sampe Rp 1.5 jt masih berasa nilai nya di kantong kita, jauhin bengkel resmi dekatin bengkel swasta terpercaya yg spesialis mobil kita. Udah 1 tahun lebih pake blazer, baru 1 kali nyentuh bengkel resmi. Itu pun karena ada service campaign.

Kalo sekarang garansi mobil baru sampe 3-5 thn dgn syarat ANDA HARUS SERVICE RUTIN DITEMPAT KAMI, itu bukan berarti qualitas mobil sekarang lebih baik dari sekian tahun lalu saat garansi cuman setahun. Ah... kayak nggak tau aja, untung jualan spareparts bisa-bisa lebih lebih gede dari jualan mobil... ha...ha..ha...

Gitu lah (bagi2) cerita nya. Sory kalo terkesan apriori.. habis saya pernah digetok tune up dan ganti shock breaker aja habis Rp 2.5 jt lebih. Kalo shock nya sekelas Bilstein sih masuk akal. Ini khan shock std yg bagi sebagian orang dibuang dan diganti Bilstein... nah koq nambah cerita lagi.

Posted: Mon May 07, 2007 11:41
by uch
Rp 2.3 jt...?? Mahal amir tuh.

Kalo ta' pikir2 emang udah terbalik2 nih. Dulu orang menghindar beli mobil bekas karena harus keluar duit buat service lagi. Terus maintenance cost nya ditakutkan akan tinggi.

Sekarang malah boil baru yg perlu upgrade lebih banyak. Ganti knalpot lah, ganti per, ganti shock breaker, harus polish porting, pasang ground cable, tambah peredam. Baru deh boil baru nya 100% optimal. Lumayan sih.. bagi2 rezeki buat sekian ribu orang. Minjem istilah Bung Turboman di threads sebelah "multiplier effect nya " besar banget tuh :D


Terus ada jadwal WAJIB "berkunjung" ke rumah mbah buyut nya. Tiap berkunjung minimal siapin Rp 1 jt - 2 JT buat oleh2. Itu baru boil kelas value car. Kalo medium atau premium car ntah berapa lagi tuh..

Lha koq sekarang ini beli boil baru lebih report dari boil bekas. Gimana nggak bingung ... ??

Posted: Mon May 07, 2007 13:31
by StRaDe_Jazz
Robert89 wrote:kalo service di bengkel resmi memang bisa bikin kantong bokek , di ketok habis ..teman gw baru service jazz 40.000 di beres honda ..habis 2.3 jt,
padahal service biasa aja oli , oli filter , filter udara , filter bensin .,busi..
gile..kayaknya sih kalo yg agak murah sih suzuki
GILA!!! Honda mana tuh? waduh, ini mah uda gak bener loh kerjaannya... busi standarnya paling 15000 satu batang, paling mahal taro aja 100000 satu set, oli 280000, filternya paling 30000, filter udara apalagi, yg performance aja 600000, filter bensin taro aja 50000, gak nyampe satu juta loh, lah ini? digampar ampe 2,3 juta? HAHAHAHA :e-clap: :e-clap: , salut gw nih ama beres honda

Posted: Mon May 07, 2007 13:57
by Mike
Menurut gw kalo Honda, tempat service BeRes-nya rata2 mengecewakan, gw (terpaksa) masuk BeRes kalo pas service besar aja, 20rb, 40rb dst....
Itu pun seringkali gw heran dgn rincian bon yg diberikan.
Misalnya ada Carbureter Cleaner (padahal injection)
trus di beberapa BeRes Honda yg di selatan, acapkali nambah additive "Top1 Power Booster", kecewa saya ditambahin additive gituan.
Yg agak lumayan kayaknya cuman BeRes Honda Mugen Psr Minggu.

Utk Bengkel Resmi, yg paling ok bagi saya tetap Auto2000, walopun ongkos kerja/harga parts mahal, tapi memuaskan, gak ada masalah yg gak selesai.
malah jaman2 doeloe di beberapa Auto2000, sempat ada paket "Performance Tuning".
Gak tau diapain (karena gak bole liat), tapi mobil2 kayak Greco ato Starlet bisa jadi nambah kencang.

Sama satu lagi, Bengkel Resmi BMW, rata2 OK.
Kalo BeRes Suzuki, mekanik-nya suka bingung sendiri, ongkos jasa relative murah
BeRes Krama Yudha(Mitsubishi) - Mekaniknya rata2 kemampuan tinggi, sayang mobil2 (passenger car) Mitsubishi skrg dah gak ada yg asik.