Tolong Donk ... Please ...
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Tolong Donk ... Please ...
Gini nih. Saya kan pake mobil sedan, Mitsubishi Eterna. Dan kemaren saya pake lumayan cepet untuk antar barang ke luar kota, dan di depan saya ada bus pariwisata (besar banget) sehingga pandangan saya ke jalan terhalang.
Tiba2 jalan di depan saya ada gelombang2 tinggi (mirip ombak di lautan), dan saya ngga sempet menghindar gelombang2 tinggi tsb., berhubung lagi cepet dan juga pandangan ke depan terhalang bus. Maka tak sempat saya hindarkan dan kenalah gelombang2 jalan yang tinggi itu.
Bus sih terus jalan soalnya tinggi dan bannya juga besar, sedangkan sedan saya melayang sedikit kemudian mendarat dengan lumayan keras (sedan sih ... dan rada ceper juga). Saya sendiri kaget dan juga takut ada apa2 dengan mobil kesayangan saya.
Nah yang ingin saya tanyakan...
1> Apakah kaki2 mobil saya jadi rusak? Bagian mana sajakah? Atau hanya shock breakernya saja? (Tolong donk dijelasin sedetil2nya, soalnya takut di kemudian hari mobil saya rewel).
2> Apa saja yang perlu di cek bila mengalami kejadian tsb?
3> Bagaimana mengetahui shock-breaker sudah tidak layak pakai atau rusak?
4> Biasanya di kolong mobil bagian2 apa saja yang rawan kena gundukan batu/ gelombang / polisi tidur? Dan efeknya apa terhadap mobil?
5> Apakah per mobil bisa rusak ? Apa saja penyebabnya?
Terima Kasih sebelumnya...
Tiba2 jalan di depan saya ada gelombang2 tinggi (mirip ombak di lautan), dan saya ngga sempet menghindar gelombang2 tinggi tsb., berhubung lagi cepet dan juga pandangan ke depan terhalang bus. Maka tak sempat saya hindarkan dan kenalah gelombang2 jalan yang tinggi itu.
Bus sih terus jalan soalnya tinggi dan bannya juga besar, sedangkan sedan saya melayang sedikit kemudian mendarat dengan lumayan keras (sedan sih ... dan rada ceper juga). Saya sendiri kaget dan juga takut ada apa2 dengan mobil kesayangan saya.
Nah yang ingin saya tanyakan...
1> Apakah kaki2 mobil saya jadi rusak? Bagian mana sajakah? Atau hanya shock breakernya saja? (Tolong donk dijelasin sedetil2nya, soalnya takut di kemudian hari mobil saya rewel).
2> Apa saja yang perlu di cek bila mengalami kejadian tsb?
3> Bagaimana mengetahui shock-breaker sudah tidak layak pakai atau rusak?
4> Biasanya di kolong mobil bagian2 apa saja yang rawan kena gundukan batu/ gelombang / polisi tidur? Dan efeknya apa terhadap mobil?
5> Apakah per mobil bisa rusak ? Apa saja penyebabnya?
Terima Kasih sebelumnya...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
1. Belum tentu rusak juga, tergantung seberapa keras anda mendarat dan gimana kondisi kaki2 mobil sebelumnya, saya rasa sih yg mungkin kena pengaruhnya sih cuma shock breaker and per. Memangnya waktu itu kecepatannya berapa?
2. Waktu mendarat, bagian kolong mobil berbenturan dengan tanah ngak? Kalo ngak ya cek per dan shock breaker aja.
3. Cara ngecek shock breaker: anda goyang2kan mobil beberapa kali(tekan di sisi2 samping bagasi dan kap mesin, yg deket ama tempat suspensi), lalu lepas, kalo setelah anda lepas goyangannya lebih dari 2 kali, maka shock breakernya udah gak terlalu bagus.
4. Setau saya di bagian kolong mobil kan cuma ada pipa saluran knalpot, dan muffler, efeknya kalo bagian2 tsb penyok ya saluran buang mobil jadi gak normal dan tenaganya akan berkurang, tapi biasanya sih bagian2 tsb cukup kuat, jadi kalo benturannya gak keras sekali sih gak apa2, yg paling parah sih chasis bisa penyok.
5. Kalo per itu mendapat tekanan yg sangat keras, kemungkinan bisa mengurangi konstanta pegas (tingkat kekerasannya berkurang), tapi per Eterna itu kan tergolong rada keras, jadi saya rasa gak terpengaruh banyak (kecuali dari sebelumnya kondisinya memang sudah ngak bagus). Untuk ngeceknya tekan bagian samping bagasi dan kap mesin dengan rasa keras, kalo mobil jadi turun lebih rendah dari biasanya berarti memang kekerasannya berkurang. Tapi kayaknya rada susah bandinginnya kalo sebelumnya anda gak pernah perhatikan seberapa turunnya mobil. Saran saya sih bawa ke bengkel aja, tapi jangan ke bengkel resmi (bisa2 dari ngak ada apa2 jadi disuruh ganti baru), bawa ke bengkel yg sudah anda kenal (jadi gak diboongin) atau yg special suspensi.
2. Waktu mendarat, bagian kolong mobil berbenturan dengan tanah ngak? Kalo ngak ya cek per dan shock breaker aja.
3. Cara ngecek shock breaker: anda goyang2kan mobil beberapa kali(tekan di sisi2 samping bagasi dan kap mesin, yg deket ama tempat suspensi), lalu lepas, kalo setelah anda lepas goyangannya lebih dari 2 kali, maka shock breakernya udah gak terlalu bagus.
4. Setau saya di bagian kolong mobil kan cuma ada pipa saluran knalpot, dan muffler, efeknya kalo bagian2 tsb penyok ya saluran buang mobil jadi gak normal dan tenaganya akan berkurang, tapi biasanya sih bagian2 tsb cukup kuat, jadi kalo benturannya gak keras sekali sih gak apa2, yg paling parah sih chasis bisa penyok.
5. Kalo per itu mendapat tekanan yg sangat keras, kemungkinan bisa mengurangi konstanta pegas (tingkat kekerasannya berkurang), tapi per Eterna itu kan tergolong rada keras, jadi saya rasa gak terpengaruh banyak (kecuali dari sebelumnya kondisinya memang sudah ngak bagus). Untuk ngeceknya tekan bagian samping bagasi dan kap mesin dengan rasa keras, kalo mobil jadi turun lebih rendah dari biasanya berarti memang kekerasannya berkurang. Tapi kayaknya rada susah bandinginnya kalo sebelumnya anda gak pernah perhatikan seberapa turunnya mobil. Saran saya sih bawa ke bengkel aja, tapi jangan ke bengkel resmi (bisa2 dari ngak ada apa2 jadi disuruh ganti baru), bawa ke bengkel yg sudah anda kenal (jadi gak diboongin) atau yg special suspensi.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
keterangannya mas Landie udah jelas banget cuman mo nambahin aja,
kalo perlu spooring en balancing 4 rodanya .. karena pada saat loncat takutnya ban dalam keadaan kurang angin sehingga bisa kena ke peleknya.
Eniwei saya juga pernah waktu pake DX jamdul, terbangnya malah mayan tinggi .. tapi yaa berhubung waktu itu set-nya sport gpp hehehe
kalo perlu spooring en balancing 4 rodanya .. karena pada saat loncat takutnya ban dalam keadaan kurang angin sehingga bisa kena ke peleknya.
Eniwei saya juga pernah waktu pake DX jamdul, terbangnya malah mayan tinggi .. tapi yaa berhubung waktu itu set-nya sport gpp hehehe
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Thanks Landie...
1> Waktu itu lumayan keras juga (suaranya "gedubrak") entah suara dari kaki2 ato bagian lainnya. Kecepatan waktu itu sekitar 100 km/jam, saya ngga perhatikan dengan jelas berhubung lagi konsen ke jalan.
2> Nah waktu mendarat ada suara lumayan keras, tapi saya ngga tau suaranya muncul dari mana. Mungkin kena sedikit bagian kolong nya, karena gelombang jalan lumayan tinggi. Saya ngga bisa cek kolongnya, ceper sih. Mungkin harus ke bengkel...
3> Thanks untuk tipsnya. Eterna saya sepertinya pake shock-breaker yang keras deh, jadi digoyangkan pada sisi2nya hampir ngga terasa goyangannya. Sedangkan Carnival saya malah bisa diayun2kan kalo digoyang2kan pada sisi2nya (goyang lebih dari 2 kali), manakah yang bagus dan normal?
4> Berarti kalo kolong mobil nge-gesruk ato kena tanah / polisi tidur ngga begitu fatal yah efeknya (kan hanya kena knalpot / muffler aja) . Yang saya takutkan adalah tangki bensin bocor ato apalah yang bocor dan lebih fatal, saya awam sih dalam hal ini.
5> Berarti cara cek shock breaker dan per caranya sama donk. Per Eterna saya keliatannya emang keras, kalo ditekan hampir ngga kedeteksi tingkat penurunannya (walopun udah pake tenaga tekannya). Rasanya sebelum dan sesudah kejadian ini, tingkat kekerasan per sama2 aja deh. Mungkin harus dibawa ke bengkel nih.
1> Waktu itu lumayan keras juga (suaranya "gedubrak") entah suara dari kaki2 ato bagian lainnya. Kecepatan waktu itu sekitar 100 km/jam, saya ngga perhatikan dengan jelas berhubung lagi konsen ke jalan.
2> Nah waktu mendarat ada suara lumayan keras, tapi saya ngga tau suaranya muncul dari mana. Mungkin kena sedikit bagian kolong nya, karena gelombang jalan lumayan tinggi. Saya ngga bisa cek kolongnya, ceper sih. Mungkin harus ke bengkel...
3> Thanks untuk tipsnya. Eterna saya sepertinya pake shock-breaker yang keras deh, jadi digoyangkan pada sisi2nya hampir ngga terasa goyangannya. Sedangkan Carnival saya malah bisa diayun2kan kalo digoyang2kan pada sisi2nya (goyang lebih dari 2 kali), manakah yang bagus dan normal?
4> Berarti kalo kolong mobil nge-gesruk ato kena tanah / polisi tidur ngga begitu fatal yah efeknya (kan hanya kena knalpot / muffler aja) . Yang saya takutkan adalah tangki bensin bocor ato apalah yang bocor dan lebih fatal, saya awam sih dalam hal ini.
5> Berarti cara cek shock breaker dan per caranya sama donk. Per Eterna saya keliatannya emang keras, kalo ditekan hampir ngga kedeteksi tingkat penurunannya (walopun udah pake tenaga tekannya). Rasanya sebelum dan sesudah kejadian ini, tingkat kekerasan per sama2 aja deh. Mungkin harus dibawa ke bengkel nih.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 570
- Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
- Location: 600km away
Yup betul Corolla DX 81, maksudnya sport udah modif sana-sini dimodel emang buat rally jadi lebih tinggi dari mobil biasa.DigitALL wrote:To : Equalizer
Iya nanti saya mau ke bengkel sekalian spooring n balancing terus isi ban pake Nitrogen.
DX itu mobil Toyota Corolla bukan? Maksudnya di set sport apa-an sih? Apakah ganti komponen2 lagi?
Eniwei, ati2 kalo pake Nitrogen .. bukannya apa2 kalo pas kempes kudu isi Nitrogen lagi , boleh2 aja pake angin biasa tapi entar kudu kuras lagi isinya ..
maksudnya lebih repot gitchu hehehehe
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 353
- Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Ya udah beres bung Demonium...
Kerusakannya :
Rumah Shock Breaker jadi nyengsol keluar, roda bagian atas sedikit nonjol keluar sedangkan bagian bawahnya sedikit masuk ke dalam ( diliat dari samping ya ).
Dan waktu itu kan ngga saya ganti dulu, tapi akhirnya saya ganti juga ShockBreakernya dengan yang baru, merek BILSTEIN. ShockBreaker yang baru ini lebih enak, soalnya saya mau yang rada2 empuk. Kalo lewat jalan keriting ngga terlalu ngebanting lagi kaya naek gerobak ... Hehehehe ...
Kerusakannya :
Rumah Shock Breaker jadi nyengsol keluar, roda bagian atas sedikit nonjol keluar sedangkan bagian bawahnya sedikit masuk ke dalam ( diliat dari samping ya ).
Dan waktu itu kan ngga saya ganti dulu, tapi akhirnya saya ganti juga ShockBreakernya dengan yang baru, merek BILSTEIN. ShockBreaker yang baru ini lebih enak, soalnya saya mau yang rada2 empuk. Kalo lewat jalan keriting ngga terlalu ngebanting lagi kaya naek gerobak ... Hehehehe ...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia