Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by boplang »

daripada FORUM sepi ........... ayoh ....... gw tantang neh ! ..... ada yg berani argue topik dibawah ini ? :

"UNTUNG RUGI MENCOPOT TERMOSTAT pada SALURAN AIR PENDINGIN MOBIL"
User avatar
a121es
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Sep 27, 2003 3:36
Location: MBOK EM - CHILLE DUCK 69

Post by a121es »

pendapat saya sich banyak ruginya
mesin jadi cepet panas karena sistem pendinginannya
tdk sempurna.lama 2x mesin bisa jebol
kalau untungnya saya tdk ada komentar
dsfhsndfmgmn,mnb,mnxcv,mbnmndjkyuiydfpahjkxczjkhzxcjkbvmbxczjkvjkcxbvmnirsytuoyklafaewwjklej687089w2klnmndsmvnm2iod,mnvdsnfm,nsdmngmsdfngmfdy7uiojkdnmbmncbnvmb
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Termostat itu bagian yg mana sih? Fungsinya apa?
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Thermostat sendiri letaknya di pangkal slang radiator atas yg nyambung ke mesin. apakah alat tsb ada atau tidak, berfungsi baik atau tidak.

Kalau alat tsb tidak ada, maka hrs pasang. Alat tsb fungsinya utk sbg kran air radiator, memisahkan air yg panas dan yg dingin.

Fungsinya untuk menstabilkan temperatur mobil
Cara kerjanya : Pada saat mesin dalam kondisi dingin (baru dihidupkan) thermostat akan menutup, sehingga air radiator tisak akan bersirkulasi melalui kisi-kisi radiator, tetapi langsung melalui slang bypass, sehingga mesin dengan cepat mencapai suhu kerja yg ideal, kurang lebih 80-90 derajat celcius.

Ketika mesin mencapai suhu tsb, thermostat akan mulai membuka, air bersirkulasi melalui kisi-kisi radiator secara normal. ketika mobil jalan dan berkecepatan cukup tinggi (80km/jam) maka hembusan angin dari depan cukup kencang, mesin mjd dingin, maka thermostat akan menutup 1/2 untuk menjaga suhu kerja tadi. Pada saat macet, thermostat akan memisahkan air panas dan air yg sudah didinginkan di radiator, air panas masuk ke radiator utk didinginkan, air dingin masuk ke mesin, jadi engga campur aduk air panas dan air dingin.

ini sudah terbukti pada katana saya, sejak pakai termostat, suhu mesin stabil di 1/4, mau mobilnya digeber, macet, sampai kemarin saat hujan gede, yg biasanya suhu mobil turun mendekati C, yg punya saya masih stabil di 1/4. Ini jelas sangat menguntungkan, biasanya kalo suhu mendekati C mobil akan mjd bergetar karena putaran mesin (langsam) menjadi turun dan mobil pun mjd boros BBM, tetapi dgn pake thermostat, suhu mobil stabil, tidak akan turun dari 1/4 (jadi mobil engga akan bergetar kalo cuaca di luar dingin/hujan) mobil juga engga akan overheat kalo jalanan macet. Kalo macet + pake AC suhu akan naik, tapi paling tinggi samapi 1/2, dan itu masih normal. Kalo engga pake AC suhunya tetep stabil di 1/4.

Udah panjang .. udah cukup :)
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

wah, kalo gitu sih mencopot thermostat sangat merugikan.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

Tergantung tujuannya juga sih...

Kalu utk mobil drag race mungkin ya sebaiknya dicopot aja. Soalnya cuma sebentar doank dipake khan?

:lol: :lol: :lol:
Accurate V5 Accounting System Consultant
Landie
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 353
Joined: Wed Jul 16, 2003 16:38

Post by Landie »

Lha, memangnya kalo dicopot bisa nambah kecepatan atau ada untungnya buat mobil drag? Gimana kalo jarak rumah jauh dari arena drag? Kan dipakenya lumayan lama :D :D :lol:
User avatar
a121es
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Sat Sep 27, 2003 3:36
Location: MBOK EM - CHILLE DUCK 69

Post by a121es »

untungnya sih nggak perlu ngeluarin duit buat beli termostat. :lol: :lol: kalau mau buat balapan mobilnya diangkut pakai truk, biar mesinnya nggak panas.
dsfhsndfmgmn,mnb,mnxcv,mbnmndjkyuiydfpahjkxczjkhzxcjkbvmbxczjkvjkcxbvmnirsytuoyklafaewwjklej687089w2klnmndsmvnm2iod,mnvdsnfm,nsdmngmsdfngmfdy7uiojkdnmbmncbnvmb
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Landie wrote:Lha, memangnya kalo dicopot bisa nambah kecepatan atau ada untungnya buat mobil drag? Gimana kalo jarak rumah jauh dari arena drag? Kan dipakenya lumayan lama :D :D :lol:
Kalo dicepot mungkin bisa mengurangi beban berat mobil, so mobil bisa lebih cepat melaju...
Kalo soal jauh dari arena, mungkin bisa diangkut dulu kali ya dengan mobil lain sampek arena.. :e-dance:
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

whitewolf wrote:Kalo dicepot mungkin bisa mengurangi beban berat mobil, so mobil bisa lebih cepat melaju...
Cuman segenggam, beratnya nggak lebih dari 100 gram ( 0,1 kg ) ......... kayaknya nggak ngepek .
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

pengalaman saya persis seperti pak kuali lebih baik dipakai, lebih banyak untungnya, kalo thermostatnya macet dan overheat ya diganti saja,jangan trus dibuang toh harganya gak mahal2 amat................
deanz
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
Location: Jakarta/Bandung

Post by deanz »

Untuk mobil eropa kaya fiat banyak yg bilang supaya dicopot karena thermostatnya ga cocok ama iklim tropis.
Untuk mobil drag karena mesinnya modif mungkin panas yg dihasilkan lebih banyak daripada yg dilepas radiator, so its not useful to use thermostat. Selain itu setingan mesin berubah dan suhu optimal kerja mesin pun berubah sehingga spek thermostat standard pun gak cocok lagi.
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

boplang wrote:
whitewolf wrote:Kalo dicepot mungkin bisa mengurangi beban berat mobil, so mobil bisa lebih cepat melaju...
Cuman segenggam, beratnya nggak lebih dari 100 gram ( 0,1 kg ) ......... kayaknya nggak ngepek .
Ups... sorry kagak tau.. :oops: :lol: :oops:
User avatar
hery_jul
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 309
Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
Location: Anywhere in front of you

Post by hery_jul »

my opinion,
thermostat sebenarnya berfungsi bukan untuk memisahkan air panas atau air dingin dalam sirkulasi air di mobil, fungsinya adalah menutup atau membuka saluran air untuk didinginkan dari mesin ke arah radiator, jadi pada saat mesin dingin (dibawah 70-80 deajat C) thermostat akan tertutup, shingga sirkulasi air juga tidak akan berputar dan mesin akan menjadi panas sesuai dengan temperatur idealnya, pada saat suhu mencapai diatas 80 tsb, termostat akan mulai membuka dan air mulai bersirkulasi di radiator untuk didinginkan.
jadi menjawab pertanyaannya untung /rugi dicopot, tergantung kondisi kendaraannya sendiri, apabila memang suhu kendaraannya cenderung tinggi (setengah pada bacaan temperatur gauge) lebih baik dilepas, karena flow dari ari ke radiator tdk mengalami hambatan (kondisi thermostat terbuka penuh ari yg lewat masih tertahan 50%-70%), sehingga kalo dilepas air akan bersirkulasi ke radiator utk didinginkan lebih cepat.
Ruginya adalah apabila deielpas kita sedang dalam perjalanan keluar kota, let say ke puncak, karena tdk ada air yg tertahan dan terus didinginkan dimana suhu udara di puncak/daerah dingin rendah maka air diradiator akan cepat menjadi dingin shg suhu mesin akan otomatis menjadi dingin yg membuat mesin bekerja dibawah suhu optimalnya, jadi mesin akan sedikit tdk bertenaga.
That's my opinion
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

semuanya bener kok.....malah kang deanz mengingatkan hal lama yg saya udah lupa dahulu........thx
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Post by y_anjasrana »

boplang wrote:
whitewolf wrote:Kalo dicepot mungkin bisa mengurangi beban berat mobil, so mobil bisa lebih cepat melaju...
Cuman segenggam, beratnya nggak lebih dari 100 gram ( 0,1 kg ) ......... kayaknya nggak ngepek .
Kalu utk balapan, biar cuman 1 gram pun kalu bisa diilangin pasti dibuang. Apalagi sampe 100 gram.

Mungkin kalu perlu pembalapnya mandi yg bersih, biar daki-dakinya bisa dihilangin. Berat-beratin ajah.... :lol: :lol: :lol:

- oot dikit bolee dunk.... -
Accurate V5 Accounting System Consultant
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

huakakakakaka ......... tul sir, pegimane klo pembalapnya nggak usah pake baju ... bisa ngentengin 10 kg, pan jaraknya pendek ( drag ) kagak bakalan masuk angin, cukup pake CD & Helm ajah ............ ntar klo ada balapan drag ada yg nggak pake baju pasti bung anjas .......... hehehehehe
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
afiqafif
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Jan 19, 2011 21:43
Location: Samarinda - Kaltim

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by afiqafif »

ngikut yang standar aja Oom....
bisa awet sampe kaki nini ( lho .. )
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by asudarsono »

Kalau Lotus Elise yang pakai mesin Rover seri K, ada kesalahan design di posisi termostat, yang mana bila termostat itu tidak dicopot, bisa menyebabkan head gasketnya rusak.
Ready to Race
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by m4rio »

kalo menurut ane sih gk terlalu signifikan perbedaan pake thermostst atu kgk ya.
di panther ane gk pake thermostat, mau macet kyk apapun juga temp stabil only, gk pernah naik dari setengah
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
rpatrayudha
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Nov 28, 2006 8:20

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by rpatrayudha »

Rugi doang bro, gak ada untung.
Kerasa banget pas panas2 ngebut di toll cikampek - pondok labu, pake visco fan lagi, karena kenceng terus, collant muter terus, nggak ada yang ditahan di radiator untuk didinginin dulu, visco fan juga nggak mau muter maksimal karena hembusan angin dari depan ngedinginin oli di visco. Hasilnya? Hampir overheat di depan citos, hahaha....
Besoknya langsung pasang lagi tuh termostat dan sekarang indikator tempetarur stabil di posisis normal, plus lebih irit
begonk
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 35
Joined: Thu Feb 03, 2011 7:01

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by begonk »

Thermostat dicopot artinya sirkulasi air yg mendinginkan mesin sdh tdk ada yg membendung lg.krn thermostat akan buka tutup secara mekanis saat pasokan air dibutuhkan. Efek jangka pendek adalah penumpukan kerak air/sedimen yg terbentuk akibat (uap)air(panas)menempel pd dinding media penyalur(alumunium).karena sifat alumunium yg tahan korosi maka saat sedimen itu masuk dlm partikel alumunium akan menyebabkan bagian yang terhambat menjadi PATAH/hancur a.l waterpump ataupun leher radiator. Penjelasan ini berlaku untuk pemakaian kend di daerah tropis dan iklim kontinental
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by esh »

Mohon maaf sebelumnya bila ada yang tersinggung, IMO orang yang mencopot thermostat itu merasa lebih pandai daripada insinyur yang merancang mesin itu sendiri.

:big_peace:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by ZombiEE »

Menurut opini nubie...lbh banyak rugi dibanding untung....palagi mesin diesel jadul mcm contoh nya
toyota 2L....cmiiw
sarosansaro
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Mar 26, 2013 4:56

Re: Untung Rugi mencopot Termostat - what's u'r opinion ?

Post by sarosansaro »

rpatrayudha wrote: Tue Feb 01, 2011 14:27 Rugi doang bro, gak ada untung.
Kerasa banget pas panas2 ngebut di toll cikampek - pondok labu, pake visco fan lagi, karena kenceng terus, collant muter terus, nggak ada yang ditahan di radiator untuk didinginin dulu, visco fan juga nggak mau muter maksimal karena hembusan angin dari depan ngedinginin oli di visco. Hasilnya? Hampir overheat di depan citos, hahaha....
Besoknya langsung pasang lagi tuh termostat dan sekarang indikator tempetarur stabil di posisis normal, plus lebih irit
Setuju kalo thermostat itu penting, tapi menambahkan keterangan bro patra>

Dari:
https://otomotrip.com/akibat-melepas-th ... mobil.html

Intinya:
"..... jika thermo dilepas, air panas dari silinder head_yg lewat jalur by pass, yang akan lebih banyak diputar oleh water pump ketimbang air dari radiator yang sudah dingin (karena saluran bypass lebih dekat ke water pump) ... "

Ini terjadi di mobil kijang kapsul saya,
kalo rpm rendah dan jalan pelan, suhu mobil memang lebih dingin (drop), tidak mencapai suhu setengah pada indikator (suhu idealnya),
tapi kalo lagi ngebut di toll, suhu malah lebih panas,
walau tidak overheat dan masih di bawah suhu idealnya.