Tips Perawatan Radiator Mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Tips Perawatan Radiator Mobil

Post by boplang »

Udah ada yang pernah posting topik di atas nggak ya ? ..... maklum gw baru join dalam itungan hari, artikel di bawah gw tulis sendiri ... so .... mudah-mudahan ada manfaat :

Tips Perawatan Radiator Mobil

Jangan mengisi Radiator Mobil dengan air sembarangan, bahkan air Mineral dalam kemasan pun tidak dianjurkan untuk dituangkan ke dalam Radiator, ini disebabkan mineral-mineral yang terkandung didalam air tanah maupun air mineral kemasan tersebut akan bereaksi dengan Logam Radiator, dan lambat laun akan mengakibatkan pengikisan pada dinding radiator hingga terjadi kebocoran, disisi lain hasil reaksi yang berupa kerak, sedimen dan zat kapur yang terkandung di air tanah akan menempel di dinding-dinding radiator dan silinder blok sehingga akan mengurangi kemampuan keduanya dalam melepas panas, yang lebih parah lagi adalah sedimen dan zat kapur menempel pada "TERMOSTAT" hingga mempengaruhi mekanisme buka tutupnya alias macet sehingga air panas tidak bisa mengalir ke Radiator dan hanya berputar-putar di silinder blok lewat selang bypass yang relative kecil, dan ujung-ujungnya ....... "OVER HEAT !".

Yang terbaik adalah : gunakan air murni ( murni H2O ), kita bisa mendapatkannya di pasaran ( bengkel dan toko otomotif part & accessories ) dalam bentuk kemasan botol plastik 1 liter yang biasanya digunakan untuk mengisi aki ( air aki tambahan ) dengan ciri-ciri "BER-TUTUP BOTOL BIRU". Merek branded yang umum beredar dipasaran adalah YUASA, Cap SINGA, dll, dimana pada kemasannya tertulis dengan jelas "BISA DIGUNAKAN UNTUK AIR RADIATOR" dengan harga berkisar antara Rp. 2.000,- ~ 3.000,- , tidak lebih mahal dibanding sebotor air mineral kemasan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi, anda bisa menambahkan Radiator Coolant dalam kemasan satu literan yang banyak beredar di pasaran ( merek branded : STP Radiator Coolant, Prestone Radiator Coolant, atau merk lain jika anda confident), tambahkanlah pada air Radiator sesuai petunjuk pada kemasan. Fungsi Coolant ini secara umum melindungi Logam Radiator dan Mesin dari korosi dan proses kimia lainnya, disamping itu juga menaikkan titik didih air Radiator, sehingga tidak gampang menguap. Atau jika ingin lebih praktis, dari ke dua merek di atas anda bisa mendapatkan air Radiator siap pakai ( tanpa perlu mencampur dengan air lagi, air murni dan Coolant sudah dicampur dalam takaran yang proporsional ) dalam kemasan 1 gallon ( ~ 3.785 liter ) dan tinggal tuang ke dalam Radiator.

Jika anda melakukan treatment di atas pada mobil anda, dan Radiator mobil anda dalam keadaan sehat ( tidak ada bocor dan rembesan pada sambungan-sambungan ke slang karet ), bisa dipastikan bahwa dalam pamakaian normal setahun ( 30~50 km / hari ), anda hanya perlu menambahkan air Radiator sebanyak tak lebih dari 2 botol air aki "TUTUP BOTOL BIRU". Disamping itu juga meminimalisir resiko kebocoran Radiator. Bindingkan dengan jika harus mengalami kebocoran Radiator akibat isi air sembarangan. Biaya minimal untuk repair Rp. 200.000,-. Dan jika beli Radiator baru berkisar antara Rp. 400.000,- ~ 800.000,- tergantung merk, belum termasuk ongkos pasang. Belum lagi biaya derek mobil jika anda mengalami kebocoran di jalan.

Ingat !, air aki ber "TUTUP BOTOL BIRU", jangan sampai anda membeli yang ber"TUTUP BOTOL MERAH", karena ini air aki jenis Zuur yang bermuatan elektronik yang digunakan untuk pengisian aki baru. Sifat air ini sangat reaktif terhadap Logam. Jika sampai tertuang ke dalam Radiator dijamin Radiator anda akan langsung melepuh dan bolong-bolong !

Cekap semanten sederek-sedulur, mugi-mugi bermanfaat.

[email protected]
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Sempat disinggung topik ini di

http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?t=391

Tapi ini lebih lengkap bung Boplang... :-)
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Thanx mas Boplang atas tips-nya....

:e-clap: 8) :) :wink:
BlacK CorLift
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Nanya nih...

Tapi sebelum pengisian radiator dengan air murni, apa perlu radiator dikosongkan dulu atau tidak???

:) 8) :)
BlacK CorLift
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

Okeh .... sebenarnya tulisan sebelumnya gw penggal takut kepanjangan, berhubung ada yang respond ... sekalian gw lanjutin langkah-langkahnya :

Langkah-langkah Perawatan Radiator Mobil.

Jumlah air pendingin yang bersirkulasi didalam Radiator dan ruang mesin berkisar antara 4 ~ 8 liter tergantung jenis dan kapasitas mobil anda. Semakin besar CC-nya, semakin banyak pula jumlah air pendinginnya. Jika sebelumnya anda mengisi Radiator mobil anda dengan air tanah/ mineral, maka segera kuras dan bilas seluruh air yang ada di ruang radiator dan mesin, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Langkah 1.
Buka petutup lubang pengisian Radiator bagian atas, selanjutnya buka drainage plug Radiator ( terbuat dari plastik berulir dengan handle berbentuk kupu-kupu/ kupingan ), terletak di bagian kanan/kiri bawah Radiator dan sisi bagian dalamnya. Tidak perlu alat khusus untuk membukanya, cukup dengan tangan. Atau kalau susah bisa pakai bantuan tang jepit. Air Radiator akan terkuras lewat lubang ini.

Langkah 2.
Setelah air terkuras semua, sebenarnya masih ada sisa air yang masih terjebak di ruang mesin ( 1 ~ 2 liter ), anda harus membilasnya. Tutup drainage plug Radiator, isi Radiator dengan air aki “TUTUP BIRU” hingga penuh ( lubang pengisian Radiator jangan ditutup, untuk mengetahui jika ada kekurangan air akibat udara yang terjebak di dalam mesin dan baru keluar saat mesin dijalankan, tambahkan air jika berkurang), nyalakan mesin anda hingga mencapai suhu ideal, pada suhu ini TERMOSTAT baru akan terbuka dan air bisa bersirkulasi sempurna dari ruang mesin ke Radiator, biarkan mesin menyala hingga +/- 15 menit, matikan mesin dan biarkan agak dingin, kuras air seperti langkah no.#1, anda bisa mengulangi langkah no. #2 sebanyak sekali atau 2 kali lagi jika perlu.

Langkah 3.
Setelah yakin bahwa ruang mesin, Radiator dan jalur sirkulasinya cukup bersih dari air mineral/tanah, tutup drainage plug dengan kekencangan secukupnya, lebih baik lagi jika drainage plug dililit seal tape dulu sebelumnya untuk menghindari rembesan pada plug tersebut. Isi Radiator dengan air aki “TUTUP BIRU” plus Radiator Coolant, atau isi dengan Radiator Coolant siap pakai ( tanpa mencampur dengan air lagi), nyalakan mesin anda, tambahkan air jika berkurang. Tutup lubang pengisian Radiator .

SAMPUN DAH .......
User avatar
awunk
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 80
Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
Location: Jakarta

Post by awunk »

Wuehheheheheh..... lengkaaapp... siiip deh..

Maturnuwun... mas Boplang...

:D :lol: 8) :e-clap: :wink:
BlacK CorLift
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

Info tambahan aja kalo mau pake radiator coolant, sebainya yg langsung pakai (ready to use), yg engga usah ditambah air lagi.

Kalo pake yg konsentrat (yg hrs dicampur air), ini agak repot, airnya hrs air non mineral (distilled water) biar engga ada endapan mineral di radiator (airnya menguap mineralnya engga ikutan menguap).

Kedua, campurannya harus tepat, tidak boleh konsentrasinya terlalu tinggi, kalo terlalu tinggi, dinding saluran air yg di dalam mesin akan jebol, terkikis larutan tadi. Air radiator mencadi bercampur dgn oli mesin dan mesin pun akan kemasukan air (busi mjd basah krn air) yg akibatnya bisa mjd "water hammer" (knocking) krn air kan engga bisa dibakar, yg ujung-ujungnya hrs TURUN MESIN !!!
User avatar
whitewolf
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 211
Joined: Wed Oct 09, 2002 4:22
Location: Surabaya

Post by whitewolf »

Sedikit cerita nih...
Radiator mobil saya, saya isi dengan air biasa... Trus setelah sekian lama, saya hanya melakukan pengisian tanpa ngecek kondisi airnya.

Suatu saat, saya coba cek kondisi air'nya di tempat cadangan air radiatornya... WAHHH ternyata airnya jadi warna kuning.. !!! Saya cepet2 cuci tempat cadangan airnya.. GILE .... warnanya kuning pekat... Ada yang tau gak kok bisa jadi kuning ya? Apa mungkin besinya karatan trus campur dengan air?

Btw, harga air radiator tuh berapaan ya?
Jadi takut nih, ntar lama kelamaan bisa turun mesin kalo gak pakek air radiator...
User avatar
Yongis_CD
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 746
Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
Location: Jakarta Indonesia

Post by Yongis_CD »

sama kayak masak air lama2 dasar panci berkerakdan kuning
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

coba disimak lagi artikel saya .... kayaknya komplit sekali gw nulisnya, harga air radiator kalo di karfur malah lebih murah ... cap singa cuman 1950 perak.

endapan kuning di tabung cadangan tuh hasil dari reaksi antara mineral ama logam, saat temperatur air meningkat akan mengalami pemuaian sehingga volume air bertambah banyak, selanjutnya air akan menekan katup di tutup radiator dan ber-expansi ke tabung cadangan, trus .... sedimen akan mengendap disana

jika anda melakukan treatment spt yg saya tulis, sampai km berapapun air radiator akan berwarna bening kehijau-hijauan ( warna coolant ) tanpa ada endapan kuning ..... kecuali sisa-sisa yang masih melekat pada dinding radiator dan ruang mesin, dan baru nongol kemudian, tapi ini nggak masalah .... yang penting airnya udah diganti air murni ( air aki tutup botol biru )..... plus coolant tentunya.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
Equalizer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 570
Joined: Mon Aug 19, 2002 6:44
Location: 600km away

Post by Equalizer »

whitewolf wrote:Suatu saat, saya coba cek kondisi air'nya di tempat cadangan air radiatornya... WAHHH ternyata airnya jadi warna kuning.. !!! Saya cepet2 cuci tempat cadangan airnya.. GILE .... warnanya kuning pekat... Ada yang tau gak kok bisa jadi kuning ya? Apa mungkin besinya karatan trus campur dengan air?
Kalau kondisinya begitu sebelum menggunakan radiator coolant atau air radiator lebih baik diservice dahulu radiatornya atau gunakan radiator flush sampai bersih
:)
boplang
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 138
Joined: Thu Aug 28, 2003 7:51
Location: Depan Karfur MT

Post by boplang »

Radiator Flush memang bisa mengangkat kerak dan endapan di sirkulasi air radiator, tapi mesti hati-hati memakainya ..... kalo kelamaan malah bisa mengikis dinding logam radiator. Gw pernah pake sekali ..... tapi bilasnya lama banget ... busanya nggak hilang-hilang.

Radiator Coolant ( konsentrat ) sebenarnya nggak akan mengikis logam .... meskipun nyampurnya kebanyakan, ini barusan di ulas di tabloid OTOMOTIF edisi minggu lalu ( bukan artikel iklan lho .... ) .... hanya mungkin jadi kental dan kurang bagus sebagai media penghantar panas. Fungsi dari unsur-unsur yang ada didalamnya adalah menaikkan titik didih, mencegah korosi dan pelapisinya .... dan juga menetralisir mineral lain yang potensi korosi ..... jadi ... bukan mengikis.
kumpul ora kumpul ... seng penting mangan ben ora kaliren
idwi
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 19
Joined: Fri Sep 19, 2003 10:37

ttg Coolant

Post by idwi »

Hallo...

Sorry menghidupkan thread yg udah lama banget... cuma saya kebetulan mau cari info ttg coolant, so saya search ketemunya ini dan ada 1 thread lagi... :)

Artikel disini cukup bagus dan membantu, dan keliatannya cenderung menyarankan utk memakai coolant, seringkali kita dengar 'perdebatan' ttg pemakaian coolant ini, bahkan di thread satunyaada yg kurang setuju dgn pemakaian coolant... memang sering ada yg bilang coolant itu justru menimbulkan karat... apa bener ya? :roll:
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Ngga koq. Mobil gw ada yang udah lebih dari 10 taon dan selama itu selalu menggunakan coolant, tapi tidak menimbulkan karat. Jadi kalo berdasarkan pengalaman gw sih, penggunaan coolant oke2 aja.

Mungkin ada tanggapan dari teman2 yang lain ?
akira
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 42
Joined: Sun Oct 03, 2004 2:19

Post by akira »

Equalizer wrote:Info tambahan aja kalo mau pake radiator coolant, sebainya yg langsung pakai (ready to use), yg engga usah ditambah air lagi.
merk yang bagus apa yah? yg warna air nya hijau ya?
User avatar
gege
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 122
Joined: Fri Dec 12, 2003 11:20
Location: Seraya Motor dot Com

Post by gege »

kalo ga salah warna cairan
cuman sebagai indikator aja.. ga ngaruh sama kinerjanya (bagus2an) maksudnya kalo radiator
bocor, ntar di lantai jadi keliatan dengan jelas gitu..
sorry kalo salah tlg dikoreksi...
.
Aksesoris Mobil Online
http://aksesorismobil.stop.to
YM contact: Honda_Jazz
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

oake yang coolant ready to use aja kayak prestone ngak perlu nambah air lagi.