Page 6 of 27

Posted: Fri Oct 19, 2007 7:03
by y_anjasrana
Puyeng euy baca penjelasan Pakde Penyu. Lebih detail daripada sales oli nih. Ga begitu nyambung bahasa kimia oli.

Kalu gw sih nyari oli simpel aja. Utk merk, liat dulu di F1 atau MotoGP. Liat brand oli yg nempel di kendaraan juara dunia. Ga mungkin perusahaan asal-asalan bisa nempel stiker disitu. Juga ga mungkin perusahaan yg bisa nempel stiker disitu trus punya produk asal-asalan.

Trus spek olinya ya ngikutin spek standar pabrikan. Itu kalau hanya utk pemakaian harian. Kalau ganti oli yang penting rajin-rajin intip label penggantian oli dan odometer aja.

Kalau sampe sludge, ya tinggal bawa ke bengkel. Trus siap-siap jual deh... Hehehe....

Gimana kalau begitu Pakde Penyu. Bener gak?

Posted: Fri Oct 19, 2007 7:40
by PenyuTurbo
y_anjasrana wrote:Puyeng euy baca penjelasan Pakde Penyu. Lebih detail daripada sales oli nih. Ga begitu nyambung bahasa kimia oli.

Kalu gw sih nyari oli simpel aja. Utk merk, liat dulu di F1 atau MotoGP. Liat brand oli yg nempel di kendaraan juara dunia. Ga mungkin perusahaan asal-asalan bisa nempel stiker disitu. Juga ga mungkin perusahaan yg bisa nempel stiker disitu trus punya produk asal-asalan.

Trus spek olinya ya ngikutin spek standar pabrikan. Itu kalau hanya utk pemakaian harian. Kalau ganti oli yang penting rajin-rajin intip label penggantian oli dan odometer aja.

Kalau sampe sludge, ya tinggal bawa ke bengkel. Trus siap-siap jual deh... Hehehe....

Gimana kalau begitu Pakde Penyu. Bener gak?
Huahahahahah ... OK juga gitu ...

Gw lebih simple lagi ... setelah ngebandingin semua jenis oli ... standard pengujiannya sama ... so sekarang tinggal lihat kocek ... ada minim ... ya beli yang murahan ... kocek agak tebal dikit ... cari yang pertengahan ... kocek tebel ... ya ngerasain synthetic ... tapi ya tetep aja ... selalu diganti pada 5000 km ... biar nggak ngebebanin yang beli sekiranya boil dijual .... Betapapun akhirnya balik juga ke mineral oil ... karena sampai 5000 km gak perlu TOP UP ... kalau makai synthetic selalunya pada 3000 km TOP UP setidaknya 1/2 liter.

Posted: Fri Oct 19, 2007 9:58
by PenyuTurbo
Kalau mo nyampur dengan metal conditionner bisa juga ... supaya logam gak mudah aus ... karena permukaan logam jadi keras banget ... makai MILITEC-1 ... bisa check di :

P.T. MULTI SARANA TARUNA KRIDA
J1. Raya Taman Asri D-192
Pondok Tjandra Indah
Surabaya 61256, Indonesia
Attn: Mr. Julianto Limopranoto
Tel: 6231 - 866 - 4502
Fax: 6231 - 731 - 7276
E-mail: [email protected]

Makai oli 20W50 serasa 0W30 ... hahahahaha.

Posted: Fri Oct 19, 2007 10:00
by pemula2
pak penyu, saya kan nu bie, daritadi saya baca thread ini makin dibaca makin gak ngerti >_<
jadi saya mau minta tolong summary.. kalo misalnya buat mobil jaguar thn 2000 s type
mendingan langkah2 ganti olinya gemana yah?? thanks banget ^^

Posted: Fri Oct 19, 2007 14:39
by Risol1
pemula2 wrote:pak penyu, saya kan nu bie, daritadi saya baca thread ini makin dibaca makin gak ngerti >_<
jadi saya mau minta tolong summary.. kalo misalnya buat mobil jaguar thn 2000 s type
mendingan langkah2 ganti olinya gemana yah?? thanks banget ^^
langkah2 ganti oli? ya sama saja dengan ganti oli mobil lain bro.....cuma perlu diliat spek olinya aja (sesuain sama manual).....dan menurut petunjuk PPT, ganti olinya minimum 5000km sekali. :D

Posted: Fri Oct 19, 2007 15:39
by r1210g
ya kalo dah bisa beli jaguar, masa ga bisa beli shell helix ultra yang botol abu2..
Yang standard buat ferrari katanya...
Ato Mobil 1 yang 0w... Yang gambarnya abu2 ama emas...
He3.. Peace... :e-dance: :e-dance: :lol:

Posted: Fri Oct 19, 2007 17:44
by pemula2
huhauahuaha. justru itu kira2 yang bagus olinya gemana >_<, pas baca amsoil itu bagus banget sepertinya mobil 1 extended performance juga.. kira2 kalo mau beli oli begitu dimana yah kk2?
maaf kalo pertanyaannya salah T_T masih nubi

Posted: Sat Oct 20, 2007 16:20
by alim ulama
PPT, saya pake oli full sintetis ganti bulan April 2007. sampe hari ini kilometer baru nambah 1000.. hehe,

sebaiknya ganti oli nya bulan apa yah?

makasih,

Posted: Sat Oct 20, 2007 17:05
by PenyuTurbo
alim ulama wrote:PPT, saya pake oli full sintetis ganti bulan April 2007. sampe hari ini kilometer baru nambah 1000.. hehe,

sebaiknya ganti oli nya bulan apa yah?

makasih,
Dari segi OILSPAN ... untuk sintetis cukup panjang ... dan kalau cuman dipakai jarak pendek aja dan jarang ... ya ... kalau gak keberatan nunggu ampe 3000 km dulu .... Kalau 1000 km aja perlu 6 bulan ... kalau nunggu 3000 km ... bakalan setahun lagi ... emangnya boil simpanan ya ?

Posted: Sat Oct 20, 2007 17:33
by y_anjasrana
Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..

Posted: Sat Oct 20, 2007 18:22
by alim ulama
PenyuTurbo wrote:
alim ulama wrote:PPT, saya pake oli full sintetis ganti bulan April 2007. sampe hari ini kilometer baru nambah 1000.. hehe,

sebaiknya ganti oli nya bulan apa yah?

makasih,
Dari segi OILSPAN ... untuk sintetis cukup panjang ... dan kalau cuman dipakai jarak pendek aja dan jarang ... ya ... kalau gak keberatan nunggu ampe 3000 km dulu .... Kalau 1000 km aja perlu 6 bulan ... kalau nunggu 3000 km ... bakalan setahun lagi ... emangnya boil simpanan ya ?
iya, mestinya sih week-end car. cuman kok lama2 jadi monthly-car. huhuhuhu,
oO.. oli sintetis lama jg yah bisa dipake nya? kirain 6 bulan sekali mesti ganti oli. abis si Jay Leno tiap 6 bulan mobil2 simpenannya pada ganti oli tuh. hehehehe,
btw, mesin Merc M112 boleh pake engine flush gak yah? mau ganti viskositas nih.. biasa pake 5W-50, skrg mo nyoba 10W-30 aja.

Posted: Sat Oct 20, 2007 19:27
by PenyuTurbo
y_anjasrana wrote:Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..
Kalau ada uang dan mo diganti tiap 6 bulan ya lebih baik ... karena kalau cuman manasin doang (tanggung) ... malah olinya jadi cepet kotor dengan BBM dan kondensasi air.

Tentang Militec, waktu itu dapet gratisan 1 botol dari thailand ... sekarang udah habis. Mo beli lagi kantong gak nyukupin ... semua udah lari untuk bayar sekolah anak-anak ... hehehehehehe. Alamat yang di Jakarta pun udah lupa ... ntar aku cari lagi (kalau ketemu).

Griffon kagak pernah nyoba dan gak akan nyoba ...

tanya oli terbaik utk mobil

Posted: Sat Oct 20, 2007 23:09
by ryanzaul
salam kenal bagi semua teman2

mohon sarannya Om Penyu & jg teman2 yg lain, mobil saya adalah Honda Civic LX A/T thn 1988:

1. apa oli terbaik utk mobil ini yg paling optimal dlm melindungi mesin & menekan konsumsi BBM?
2. apakah saya sebaiknya menggunakan dino oil atau semi-synthetic?
3. utk mobil dgn yg udah berumur spt ini, jika memakai dino oil atau semi-synthetic sebaiknya diganti tiap berapa km sekali? note: saya setiap hari melakukan perjalanan 25-50 km dgn kondisi jln seringkali macet

terimakasih atas saran teman2 sekalian

Re: tanya oli terbaik utk mobil

Posted: Sat Oct 20, 2007 23:40
by PenyuTurbo
ryanzaul wrote:salam kenal bagi semua teman2

mohon sarannya Om Penyu & jg teman2 yg lain, mobil saya adalah Honda Civic LX A/T thn 1988:

1. apa oli terbaik utk mobil ini yg paling optimal dlm melindungi mesin & menekan konsumsi BBM?
2. apakah saya sebaiknya menggunakan dino oil atau semi-synthetic?
3. utk mobil dgn yg udah berumur spt ini, jika memakai dino oil atau semi-synthetic sebaiknya diganti tiap berapa km sekali? note: saya setiap hari melakukan perjalanan 25-50 km dgn kondisi jln seringkali macet

terimakasih atas saran teman2 sekalian
Mengingat umur boilnya udah cukup lumayan berumur ... maka toleransi atau suaian gerak antara satu komponen dengan komponen yang saling bergesekan sudah cukup longgar ... ini berarti perlu menggunakan oli yang molekulnya besar dalam arti kata rantai molekul ikatan atom carbonnya panjang. Ini diterjemahkan dengan Index Viskositas yang tinggi ...

1. Gunakan Oli dengan Grade 20W50 atau xxW60.
2. Dino oli sudah mencukupi.
3. Mengingat perjalanan per harinya cuman antara 25-50 km ... adalah bijaksana sekiranya pergantian dino oli dilakukan pada interval 3000 km.

Posted: Sun Oct 21, 2007 0:25
by ryanzaul
wah, tengkyu banget buat jawaban Om Penyu yg cepat & mantap :)

dino oil apa ya yg paling bagus utk melindungi mesin, menekan konsumsi BBM, & ramah di kantong (byk maunya ya, hehehe)

Posted: Sun Oct 21, 2007 0:39
by PenyuTurbo
ryanzaul wrote:wah, tengkyu banget buat jawaban Om Penyu yg cepat & mantap :)

dino oil apa ya yg paling bagus utk melindungi mesin, menekan konsumsi BBM, & ramah di kantong (byk maunya ya, hehehe)
Hampir hampir sama mutunya asal yang udah dapet standard API SJ atau SL atau yang terbaru SM. Untuk boil diatas kalau bisa dapet API SJ ... ok kalau gak dapet ya API SL.

Posted: Sun Oct 21, 2007 1:17
by ryanzaul
Om, barusan obok2 website para pembuat oli, ada bbrp yg menarik nih:

1. Petronas Mach 5 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A3-98/B3-98, DaimlerChrysler MB 229.1, Volkswagen VW 501/505; VI=124, Flash Point=228 C)
2. Total Quartz 5000 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A2-96 issue 3/B2-98 issue 2, VI=114, Flash Point=220 C)
3. Castrol GTX (20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya)
4. Esso Superflo 20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya, Flash Point = 242 C)

klo sekilas ngeliat siapa yg plg byk dpt sertifikasi, maka pilihannya Petronas, apa bener begini? Atau perlu liat jg data lainnya?
Apa ada pengaruh Flash Point & VI index dlm penentuan pemilihan oli?

sori nih klo kebanyakan nanya :) ilmu gw disini masih cetek banget

Posted: Sun Oct 21, 2007 3:55
by alim ulama
PenyuTurbo wrote:
y_anjasrana wrote:Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..
Kalau ada uang dan mo diganti tiap 6 bulan ya lebih baik ... karena kalau cuman manasin doang (tanggung) ... malah olinya jadi cepet kotor dengan BBM dan kondensasi air.
ehm.. gak cuman dipanasin sih, malah ini mobil yg paling digeber2. biasa kalo lg kalap di rmh ngabur ke jagorawi ngetes keuber apa enggak sm PJR. hohohoho,
tapi daluwarsa oli yg sudah dituang ke mesin brp lama ya PPT? nanya mbah Google blm dijawab nih.

makasih,

(maaf ya saya kerjaannya nanyaaa.. mulu, blm ada ilmu yg layak diposting nih :p)

Posted: Sun Oct 21, 2007 7:35
by PenyuTurbo
ryanzaul wrote:Om, barusan obok2 website para pembuat oli, ada bbrp yg menarik nih:

1. Petronas Mach 5 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A3-98/B3-98, DaimlerChrysler MB 229.1, Volkswagen VW 501/505; VI=124, Flash Point=228 C)
2. Total Quartz 5000 SM (20W-50; API SM/CF, ACEA A2-96 issue 3/B2-98 issue 2, VI=114, Flash Point=220 C)
3. Castrol GTX (20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya)
4. Esso Superflo 20W-50; API SM/CF, gak ada data sertifikasi lainnya, Flash Point = 242 C)

klo sekilas ngeliat siapa yg plg byk dpt sertifikasi, maka pilihannya Petronas, apa bener begini? Atau perlu liat jg data lainnya?

Dengan API aja udah cukup ... yang lain-nya itu cuman bumbu-bumbu marketing.


Apa ada pengaruh Flash Point & VI index dlm penentuan pemilihan oli?

Sebenarnya dengan Flash Point lebih tinggi lebih baik ... cuman ini bukan menjadi sesuatu yang kritis ... yang penting adalah API dan xxWyy ... Flash Point itu hanya salah satu dari hasil beberapa jenis testing yang dilakukan ... standar testingnya adalah ASTM.

sori nih klo kebanyakan nanya :) ilmu gw disini masih cetek banget

Posted: Sun Oct 21, 2007 7:50
by PenyuTurbo
alim ulama wrote:
PenyuTurbo wrote:
y_anjasrana wrote:Lama bener bro... Ga salah tuh? Jgn lupa sering dipanasin tuh, ntar accu-nya soak. Btw kalu jarang pake gitu, bukannya tetep lebih baik diganti berkala juga walaupun blum sampe kilo-annya Om Penyu?

Btw Om Penyu dah pernah pake Militec blum? Kalu udah jadi pingin nyoba Militec nih. Dulu waktu baru keluar pernah ditawarin pak Robert jadi distributor. Cuma waktu pingin nyoba batal mlulu karena kerjaan. Toko yg jual dimana ya waktu itu. Lupa nih, daerah Buncit kalu ga salah. Om Penyu tau tempat belinya ga ya?

Btw metal conditioner punyanya Griffon pernah nyoba juga ga? Dulu pernah liat di Ace Hardware, cuma sekarang dah ga ada lagi..
Kalau ada uang dan mo diganti tiap 6 bulan ya lebih baik ... karena kalau cuman manasin doang (tanggung) ... malah olinya jadi cepet kotor dengan BBM dan kondensasi air.
ehm.. gak cuman dipanasin sih, malah ini mobil yg paling digeber2. biasa kalo lg kalap di rmh ngabur ke jagorawi ngetes keuber apa enggak sm PJR. hohohoho,
tapi daluwarsa oli yg sudah dituang ke mesin brp lama ya PPT? nanya mbah Google blm dijawab nih.

makasih,

(maaf ya saya kerjaannya nanyaaa.. mulu, blm ada ilmu yg layak diposting nih :p)
Oli itu akan berumur panjang dalam mesin jika penggunaannya pada normal Driving Condition ... yang menurut standar definisinya adalah boil berjalan pada 45 MPH (70 km/jam) ... secara kontinu dan testingnya selama 220 jam.

Kalau digeber-geber itu termasuk dalam penggunaan yang sifatnya SEVERE DRIVING CONDITION ... termasuk didalamnya ... stop & go Driving, dipanasin dan dimatiin ... Short daily travel distance (kurang dari 60 km).

Kalau udah dituang dalam mesin, Oli itu sebenarnya gak rusak ... yang rusak itu adalah additivenya ... jadi gak ada yang bisa nentuin kadaluwarsanya ... mengingat gak diketahui laju/kecepatan kontaminasi BBM dan additivenya dalam oli.
Buktinya banyak oli dipasaran yang diambil dari campuran oli bekas ... kemudian disaring lagi kotorannya ... lalu di BLEACHING lagi supaya warnanya jadi kuning/coklat jernih ... masukin dalam kaleng atau jerigen ... tempel sticker dan dijual lagi ....

Posted: Sun Oct 21, 2007 9:54
by tigor
Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass

Posted: Sun Oct 21, 2007 10:20
by PenyuTurbo
tigor wrote:Pak Penyu,
Setelah baca penjelasan anda yg luarbiasa gamblangnya (thx atas nice sharingnya), saya mo nanya suppose ada pilihan anrata 5w-30 n 10w-30, unt kondisi Jkt, pilih mana? Lepas dari banyak tidaknya kandungan Polimer antara keduanya. Tks, wass
Pilih yang 10W30.

Re: tanya oli terbaik utk mobil

Posted: Sun Oct 21, 2007 10:46
by r1210g
ryanzaul wrote:salam kenal bagi semua teman2

mohon sarannya Om Penyu & jg teman2 yg lain, mobil saya adalah Honda Civic LX A/T thn 1988:

1. apa oli terbaik utk mobil ini yg paling optimal dlm melindungi mesin & menekan konsumsi BBM?
2. apakah saya sebaiknya menggunakan dino oil atau semi-synthetic?
3. utk mobil dgn yg udah berumur spt ini, jika memakai dino oil atau semi-synthetic sebaiknya diganti tiap berapa km sekali? note: saya setiap hari melakukan perjalanan 25-50 km dgn kondisi jln seringkali macet

terimakasih atas saran teman2 sekalian
Hmmm.. saya juga punya grand civic LX taun 89...
saya sekarang memberanikan diri pake shell helix 15W50...
Hasilnya baik... Tarikan enteng...
Memang sih kayaknya komponen masih pada baik, soalny baru sekitar 60rb KM He3... :oops: :oops:

Posted: Sun Oct 21, 2007 10:49
by PenyuTurbo
Tahun 89 ... baru 60rb km ... asyiik juga tuh.

Posted: Sun Oct 21, 2007 10:50
by r1210g
Hue3... Mobil "pajangan"... wekekeke...