Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Dear suhu-suhu SM,
Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.
Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.
Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.
Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.
Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt
Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.
Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.
Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.
Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.
Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt
Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1792
- Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
- Location: Indonesia
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
IMHO
terusin aja ampe lunas, setidaknya anda punya mobil.
daripada mobil ga punya, terus bobol tabungan 34jt buat bayar sisa hutang (204jt-170jt).
terusin aja ampe lunas, setidaknya anda punya mobil.
daripada mobil ga punya, terus bobol tabungan 34jt buat bayar sisa hutang (204jt-170jt).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 751
- Joined: Mon Jul 04, 2016 16:27
- Daily Vehicle: Ga Kencang Tapi Menggetarkan
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
jgn pernah take over non resmi, kayanya ada ayat perjanjiannya bisa dibawah ke ranah hukum oleh pihak leasing
kalo saya sih , saya coba cari tau untuk goodwill dari ATPMnya , apakah masih bisa claim garansi atau servis masih bisa dan dimana . Kalau bener bener kabur ATPM + after salesnya hilang dan gatau mau servis dimana lebih baik dijual .
tp kembali lg, kalau msh ada spare uang bisa nombokin + DP mobil lainnya lagi yg lebih normal secara branding , tp kalau mepet uangnya ya lebih baik dipertahanin sampe nunggu setidaknya ga nombok biar bs dijual .
saya pernah lakuin ke merk batman dengan unit almaxnya, beli 360 , pake 1,5 tahun harganya gelap, ga semua showroom mau nampung, ada yg nawar 160 sampe akhirnya dijual di 200 , tp mayan balik beberapa juta untuk ambil yg baru lg klo di inget inget sih miris jg
kalo saya sih , saya coba cari tau untuk goodwill dari ATPMnya , apakah masih bisa claim garansi atau servis masih bisa dan dimana . Kalau bener bener kabur ATPM + after salesnya hilang dan gatau mau servis dimana lebih baik dijual .
tp kembali lg, kalau msh ada spare uang bisa nombokin + DP mobil lainnya lagi yg lebih normal secara branding , tp kalau mepet uangnya ya lebih baik dipertahanin sampe nunggu setidaknya ga nombok biar bs dijual .
saya pernah lakuin ke merk batman dengan unit almaxnya, beli 360 , pake 1,5 tahun harganya gelap, ga semua showroom mau nampung, ada yg nawar 160 sampe akhirnya dijual di 200 , tp mayan balik beberapa juta untuk ambil yg baru lg klo di inget inget sih miris jg

- yang kenceng kalah sama yang wet look
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Tue Nov 19, 2024 7:43
- Location: Jakarta
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Kalau saya jadi om mending saya pake sampe rusak itu mobil sambil itung2 bebas gage dan duit lebih di tabung buat beli mobil lain. Toh masih relative baru juga kan mobil nya. Kalau masalh service kayaknya bengkel skrg populasi nya udh lumayan banyak kaya bengkel nya si “doktor”
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 630
- Joined: Fri Aug 22, 2014 9:41
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Opsi lain, Jual 170 juta, duitnya diinvestasi trus lanjutin byar cicilannya.alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,
Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.
Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.
Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.
Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.
Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt
Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Or, duitnya dipake buat beli avanza second robust utk harian, sisa utang Netanya lanjut dicicil.
Otherwise, nyimpen moblis yg gaada pabrikannya kok rasanya kaya ticking time bomb ya. Once rusak, mati total, itu 170 juta jg jadi 0 gaada yg mau lagi. Ya tapi gamble sih, bsa aja aman2 aja, jd masi bsa dipakai.
tinggal pilih, mau take risk, lanjut. Mau play safe, cut loss jual skrg mumpung masi ad harganya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Thank You om buat sarannya artinya skg sy urungkan niat jual/over kreditAbdulHakim wrote: Tue Jul 22, 2025 8:27 IMHO
terusin aja ampe lunas, setidaknya anda punya mobil.
daripada mobil ga punya, terus bobol tabungan 34jt buat bayar sisa hutang (204jt-170jt).
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya mngkin ada baiknya tahan lg sampe klo di jual ga nombok ya omcarlzeiss wrote: Tue Jul 22, 2025 8:30 jgn pernah take over non resmi, kayanya ada ayat perjanjiannya bisa dibawah ke ranah hukum oleh pihak leasing
kalo saya sih , saya coba cari tau untuk goodwill dari ATPMnya , apakah masih bisa claim garansi atau servis masih bisa dan dimana . Kalau bener bener kabur ATPM + after salesnya hilang dan gatau mau servis dimana lebih baik dijual .
tp kembali lg, kalau msh ada spare uang bisa nombokin + DP mobil lainnya lagi yg lebih normal secara branding , tp kalau mepet uangnya ya lebih baik dipertahanin sampe nunggu setidaknya ga nombok biar bs dijual .
saya pernah lakuin ke merk batman dengan unit almaxnya, beli 360 , pake 1,5 tahun harganya gelap, ga semua showroom mau nampung, ada yg nawar 160 sampe akhirnya dijual di 200 , tp mayan balik beberapa juta untuk ambil yg baru lg klo di inget inget sih miris jg![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
bengkel si doktor sy perna pny pengalaman krg menyenangkan om disana heheRhayHan wrote: Tue Jul 22, 2025 8:51 Kalau saya jadi om mending saya pake sampe rusak itu mobil sambil itung2 bebas gage dan duit lebih di tabung buat beli mobil lain. Toh masih relative baru juga kan mobil nya. Kalau masalh service kayaknya bengkel skrg populasi nya udh lumayan banyak kaya bengkel nya si “doktor”
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya si om klo ada spare dana lumayan baiknya cut loss yaa, cuma posisinya spare dana jg ga bgtu byk dan kemungkinan blm bsa dp mbl lg utk mobilitas harianJenson wrote: Tue Jul 22, 2025 9:06Opsi lain, Jual 170 juta, duitnya diinvestasi trus lanjutin byar cicilannya.alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,
Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.
Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.
Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.
Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.
Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt
Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Or, duitnya dipake buat beli avanza second robust utk harian, sisa utang Netanya lanjut dicicil.
Otherwise, nyimpen moblis yg gaada pabrikannya kok rasanya kaya ticking time bomb ya. Once rusak, mati total, itu 170 juta jg jadi 0 gaada yg mau lagi. Ya tapi gamble sih, bsa aja aman2 aja, jd masi bsa dipakai.
tinggal pilih, mau take risk, lanjut. Mau play safe, cut loss jual skrg mumpung masi ad harganya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 454
- Joined: Thu Jul 19, 2018 5:30
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Pakai sampe rusak ajaaa
Atau gak perlu bayar cicilan balikin leasing
Atau gak perlu bayar cicilan balikin leasing
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3061
- Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
- Location: Indonesia
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Selama masih tinggal di Indonesia yg UU perlindungan konsumennya ga jelas. Better pake brand mobil yg pasti-pasti aja. Alias ud established
Pabrikan cina mainland kata gw seh pola bisnissnya kampret2. Asal dapet duit udah, konsumen di anggap sampah. Dikombo birokrasi ga jelas negara third world yg isinya kebanyakan londo ireng tukang korup.
Kalo kata netijen: “Hidup cuman sekali, tapi kenapa lahir di indon, langsung very hard mode”
Yaudah jalanin aja dulu apa ada nya. Pake mobilnya se maksimal mungkin, sampe beneran kg bisa jalan sembari lunasin cicilan pelan2
Anggap aja pembelajaran kehidupan
Pabrikan cina mainland kata gw seh pola bisnissnya kampret2. Asal dapet duit udah, konsumen di anggap sampah. Dikombo birokrasi ga jelas negara third world yg isinya kebanyakan londo ireng tukang korup.
Kalo kata netijen: “Hidup cuman sekali, tapi kenapa lahir di indon, langsung very hard mode”

Yaudah jalanin aja dulu apa ada nya. Pake mobilnya se maksimal mungkin, sampe beneran kg bisa jalan sembari lunasin cicilan pelan2
Anggap aja pembelajaran kehidupan
Former:
2007 Mercedes (W211) E200k
2010 BMW (E90) 325i LCI
2010 Pajero Sport Exceed
2011 Honda Jazz GE8 RS
Current:
2013 Innova 2.5V A/T Stage 3+
2017 Audi A4 (B9) 2.0 TFSI Quattro S-Tronic
2007 Mercedes (W211) E200k
2010 BMW (E90) 325i LCI
2010 Pajero Sport Exceed
2011 Honda Jazz GE8 RS
Current:
2013 Innova 2.5V A/T Stage 3+
2017 Audi A4 (B9) 2.0 TFSI Quattro S-Tronic
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 814
- Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
ini salah satu alesan knp byk org pilihnya merk itu itu mulu
Ini mksd ngelunasin+penalty di 204jt sblm jual mobil? Berarti nombok 34jt klo mobilnya kejual? Ya lmyn sih; cmn drpd ga tenang samsek
Klo nomboknya yg 204jt ya mampus jg ya
Ini mksd ngelunasin+penalty di 204jt sblm jual mobil? Berarti nombok 34jt klo mobilnya kejual? Ya lmyn sih; cmn drpd ga tenang samsek
Klo nomboknya yg 204jt ya mampus jg ya

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 12962
- Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,
Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.
Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.
Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.
Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.
Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt
Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Klo saya jadi mbah TS, sy akan jual aja, lebih baik cut loss di awal, cari pinjeman sama saudara, atau bobol tabungan, atau cari solusi lowest risk untuk nambal 34jt.... drpd berlomba dengan time bomb dan cicilan sampai selesai... Bisa makin deeper berdarahnya.
Jadi lbh baik meringankan beban yg ada dulu.
Again ini klo saya jadi mbah TS yaa.
*Disclaimer
Ambil hikmah dan pelajaran aja ke depannya.
Ngutip kt mbah Fitra..
- Mobil pertama atau satu2nya: Harus sesuai kebutuhan (bukan fomo dan keinginan)
- Mobil kedua atau lainnya: baru boleh coba2 dan experimen sesuai kemampuan financial
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1065
- Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Kalau saya sih simple,anda butuh mobil ga? Kalau ga butuh coba ke lembaga pembiayaanya nanya kalau tidak mampu nyicil dan rela mobil ditarik leasing,dapat kembalian berapa?
Kalau anda bisa dapat kembalian dan cocok dengan hitungannya ya lepas aja mobilnya daripada diterusin jadi beban,resikonya paling cuma hilang mobil dan cal slik turun nilai aja,ga masalah
Tapi kalau anda butuh mobil ya mau ga mau pertahankan,nanti servis dan ganti batere di bengkel lain
Kalau anda bisa dapat kembalian dan cocok dengan hitungannya ya lepas aja mobilnya daripada diterusin jadi beban,resikonya paling cuma hilang mobil dan cal slik turun nilai aja,ga masalah
Tapi kalau anda butuh mobil ya mau ga mau pertahankan,nanti servis dan ganti batere di bengkel lain
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1088
- Joined: Mon Dec 05, 2016 20:50
- Location: Makassar
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Tahan aja mobilnya, toh masih bisa dipake tanpa kendala kan. Jaman gini bakar duit 34 jt gak masuk akal sih buat ane
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 425
- Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Ini perhitungan perbandingan biaya antara Neta dengan mobil bensin setara yaitu Avanza jika pakai 10 tahun dari pembelian baru, bensin, servis, pajak sampai dijual lagi. Anggap Neta tidak laku, dan Avanza laku 130jt 10 tahun kemudian:
Dalam 10 tahun, pengeluaran mobil bensin lebih besar daripada mobil listrik. Itupun sudah dikurangi harga jual bekas 10 tahun lagi.
Ini hitungan jika isi bensin pertamax:
Dalam 10 tahun, pengeluaran mobil bensin lebih besar daripada mobil listrik. Itupun sudah dikurangi harga jual bekas 10 tahun lagi.
Ini hitungan jika isi bensin pertamax:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya om masalanya klo balikin leasing data BI Checking jadi jelek ya omfansdiesel wrote: Tue Jul 22, 2025 11:55 Pakai sampe rusak ajaaa
Atau gak perlu bayar cicilan balikin leasing
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya om ane jg kapok bgt dah ambil mobcin apapun itu merknya kemungkinan besar akan trs dipake sih sampe rusak ato lunas sambil sisihin uang kali bsa dpt mbl ICE lg yg murah murahKielConstantine wrote: Tue Jul 22, 2025 12:57 Selama masih tinggal di Indonesia yg UU perlindungan konsumennya ga jelas. Better pake brand mobil yg pasti-pasti aja. Alias ud established
Pabrikan cina mainland kata gw seh pola bisnissnya kampret2. Asal dapet duit udah, konsumen di anggap sampah. Dikombo birokrasi ga jelas negara third world yg isinya kebanyakan londo ireng tukang korup.
Kalo kata netijen: “Hidup cuman sekali, tapi kenapa lahir di indon, langsung very hard mode”![]()
Yaudah jalanin aja dulu apa ada nya. Pake mobilnya se maksimal mungkin, sampe beneran kg bisa jalan sembari lunasin cicilan pelan2
Anggap aja pembelajaran kehidupan
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya om nombok 34jt kalo cut loss, sementara masih nunggu si kedepannya mngkin nomboknya bsa makin kecil mengingat tiap bln kan di bayar cicilannyadoge wrote: Tue Jul 22, 2025 15:05 ini salah satu alesan knp byk org pilihnya merk itu itu mulu
Ini mksd ngelunasin+penalty di 204jt sblm jual mobil? Berarti nombok 34jt klo mobilnya kejual? Ya lmyn sih; cmn drpd ga tenang samsek
Klo nomboknya yg 204jt ya mampus jg ya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya om terima kasih masukannya next spertinya ga akan ambil mbl aneh2 lg krn ngara irit oprasionalnya lemes sy jg pas tau dr leasing gabisa over kredit secara resmiSuryaputra wrote: Tue Jul 22, 2025 15:17alvinlesmana wrote: Tue Jul 22, 2025 8:16 Dear suhu-suhu SM,
Saya ingin membagikan cerita saya krg lebih 10 bulan lalu saya membeli EV brand Neta tipe V-II dengan peruntukan penggunaan harian dan hanya mobil satu-satunya dengan skema kredit DP 100JT dan cicilan 4,3jt di tenor 5thn, dan sudah berjalan 10 bln, sisa kurang lebih 50 bulan.
Sebenarnya mobil oke-oke saja dan tidak ada problem sama skali selama pemakaian.
Namun karena Netanya sudah bangkrut dan dari Neta Indo juga sudah merilis press release mengenai isu ini saya memutuskan untuk di coba tawarkan over kredit dan sudah ada penawaran yang ckup mendekati angka yang saya inginkan.
Namun setelah saya konfirmasi ke pihak leasing MUF ternyata tidak bisa over kredit.
Lalu dari Neta pun sudah saya tanya tidak dapat membantu dan solusi.
Menurut suhu-suhu disini apakah saya tetap tahan Neta saya atau saya over kredit saja dengan jalur non-resmi? atau mungkin ada solusi yang lain yang bsa disarankan ke saya.
Note: sebelumnya saya juga sudah menawarkan untuk jual putus dan hanya di terima max 170jt dimana dengan nominal tsb saya harus menombok sisa pokok hutang + penalty di total 204jt
Mohon maaf sebelumnya apabila ada salah-salah kata, dan terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca dan memberikan komentar solusi maupun saran di postingan ini.
Klo saya jadi mbah TS, sy akan jual aja, lebih baik cut loss di awal, cari pinjeman sama saudara, atau bobol tabungan, atau cari solusi lowest risk untuk nambal 34jt.... drpd berlomba dengan time bomb dan cicilan sampai selesai... Bisa makin deeper berdarahnya.
Jadi lbh baik meringankan beban yg ada dulu.
Again ini klo saya jadi mbah TS yaa.
*Disclaimer
Ambil hikmah dan pelajaran aja ke depannya.
Ngutip kt mbah Fitra..
- Mobil pertama atau satu2nya: Harus sesuai kebutuhan (bukan fomo dan keinginan)
- Mobil kedua atau lainnya: baru boleh coba2 dan experimen sesuai kemampuan financial
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
sudah om sy tanya ke leasing utk pengembalian unit itu ga akan balik apa2 om, jadi sprtinya sementara sy pake dlu entah sampe kapan sukur2 bsa laku di harga sy gausa nombok antara nunggu lg sampe pokok hutang dan penalty sesuai hrga jual ato ya mblnya rusak dluan, karena klo data bi checking jelek sy mau beli mbl ice lg jg susah dan ibu negara dirumah makin marah2 wkwkzonepublic wrote: Tue Jul 22, 2025 19:27 Kalau saya sih simple,anda butuh mobil ga? Kalau ga butuh coba ke lembaga pembiayaanya nanya kalau tidak mampu nyicil dan rela mobil ditarik leasing,dapat kembalian berapa?
Kalau anda bisa dapat kembalian dan cocok dengan hitungannya ya lepas aja mobilnya daripada diterusin jadi beban,resikonya paling cuma hilang mobil dan cal slik turun nilai aja,ga masalah
Tapi kalau anda butuh mobil ya mau ga mau pertahankan,nanti servis dan ganti batere di bengkel lain
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
iya om sementara di tahan dlu paling nunggu sampe sisa pokok hutang dan penalty mngkin bsa balance dengan harga jual saat nantiqushay20019 wrote: Tue Jul 22, 2025 19:31 Tahan aja mobilnya, toh masih bisa dipake tanpa kendala kan. Jaman gini bakar duit 34 jt gak masuk akal sih buat ane
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
wah terima kasih om sampe di bkinin estimasi perbandingan biayanya, memang secara cost murahan moblis, yg di kawatirkan klo hrs gnti batre sblm 10 thn dan atpm sudah tidak ada yg dimana gabisa claim garansi psti akan lebih mahal dr avanza om, apalagi klo atpm cabut sy gabisa cari part lain misalkan kaki2 dsbAndhyka wrote: Tue Jul 22, 2025 22:56 Ini perhitungan perbandingan biaya antara Neta dengan mobil bensin setara yaitu Avanza jika pakai 10 tahun dari pembelian baru, bensin, servis, pajak sampai dijual lagi. Anggap Neta tidak laku, dan Avanza laku 130jt 10 tahun kemudian:
Capture5.JPG
Dalam 10 tahun, pengeluaran mobil bensin lebih besar daripada mobil listrik. Itupun sudah dikurangi harga jual bekas 10 tahun lagi.
Ini hitungan jika isi bensin pertamax:
Capture4.JPG
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 835
- Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
Kalau ga usah bayar cicilan n biarin mobilnya ditarik leasing gmn? Harusnya ga keluar biaya lagi kan, daripada nombokin 34jt?

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Harrier
Re: Sharing & Need Advice Neta V-II 2024 Lepas atau Tahan
klo opsi ini saya jadi ga ada kendaraan harian, ya bisa beli motor seken sih, tapi masala terbesarnya data BI Checking jadi jelek dan tktnya akan ada masalah kedepannya semisalkan mau ambil mbl lg atau mngkin mau cicil properti mbaahh mengingat sdh berkeluarga. walopun sebenernya jg sy mau banget balikin nih mbl. mngkin kalo masih single sy nekat balikin nih mobil mbah.pradit_d wrote: Wed Jul 23, 2025 1:42 Kalau ga usah bayar cicilan n biarin mobilnya ditarik leasing gmn? Harusnya ga keluar biaya lagi kan, daripada nombokin 34jt?