Mobil EV di China

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Mobil EV di China

Post by laksanice »

Saya baru balik dari China untuk pekerjaan dinas.Selamat seminggu gw di shanghai.Jarang sekali gw lihat mobil Jepang disana.
Rata2 merek mobil yang di jalan : Porche,Mercedes, and all sorts China EV car Maker.Merek Jepang yg sering dilihat hanya 1 iaitu Lexus.

Saya lihat emang kesenjangan sosial antara Penduduk disana dengan disini sangat jauh sekali.Purchasing power disana bener2 sangat tinggi.

Since this is a car Forum ada 1 mobil yang saya duduk yang menurut saya paling menarik :

LI AUTO
This car is amazing for the price.Saya tanya kolega saya dia beli sekitar 25.000 Yuan kalau dirupiahkan sekitar 560jt.Its no brainer untuk mobil merek2 EV di china.Suspension yang super nyaman untuk jalan yang tidak rata.Powerful Motor.Thrilling accelaration.Huge and spacius and the best part is AUTO PARKING.Ini fitur mobil EV yang menurut gw paling berguna.Mobilnya akan auto deteksi Tempat Parkir Kosong.
Shift Gigi ke R dan di layar langsung muncul Slot2 tempat parkir.Tinggal sentuh di Layar tempat parkir yang mau langsung dan boom.Mobil gerak sendiri parkir.

Car Detection,pedestrian Detection,Motor cycle detection systemnya hampir persis seperti tesla 99%.Lidarnya bener2 akurat.

Its no wonder people are shifting to Chinese EV.The Japanese need to really buckle up their pants and put on their thinking CAP.My CIVIC FE feel so outdated setelah duduk mobil EV disana.

photo diambil dari website mereka sebagai pemanis.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1065
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mobil EV di China

Post by zonepublic »

Disana spare part mudah atau disusah2in biar beli mobil baru lagi kaya disini?
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: Mobil EV di China

Post by laksanice »

zonepublic wrote: Tue Jul 22, 2025 3:11 Disana spare part mudah atau disusah2in biar beli mobil baru lagi kaya disini?
welp..itu lupa tanya haha.kondisi disini apakah begitu untuk mobcin?Spareparts sengaja disusahin?
kayukayuthe5th
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1066
Joined: Wed May 03, 2017 10:30
Daily Vehicle: L15ZF MT+1KRVET MT

Re: Mobil EV di China

Post by kayukayuthe5th »

laksanice wrote: Tue Jul 22, 2025 1:38 Saya baru balik dari China untuk pekerjaan dinas.Selamat seminggu gw di shanghai.Jarang sekali gw lihat mobil Jepang disana.
Rata2 merek mobil yang di jalan : Porche,Mercedes, and all sorts China EV car Maker.Merek Jepang yg sering dilihat hanya 1 iaitu Lexus.

Saya lihat emang kesenjangan sosial antara Penduduk disana dengan disini sangat jauh sekali.Purchasing power disana bener2 sangat tinggi.

Since this is a car Forum ada 1 mobil yang saya duduk yang menurut saya paling menarik :

LI AUTO
This car is amazing for the price.Saya tanya kolega saya dia beli sekitar 25.000 Yuan kalau dirupiahkan sekitar 560jt.Its no brainer untuk mobil merek2 EV di china.Suspension yang super nyaman untuk jalan yang tidak rata.Powerful Motor.Thrilling accelaration.Huge and spacius and the best part is AUTO PARKING.Ini fitur mobil EV yang menurut gw paling berguna.Mobilnya akan auto deteksi Tempat Parkir Kosong.
Shift Gigi ke R dan di layar langsung muncul Slot2 tempat parkir.Tinggal sentuh di Layar tempat parkir yang mau langsung dan boom.Mobil gerak sendiri parkir.

Car Detection,pedestrian Detection,Motor cycle detection systemnya hampir persis seperti tesla 99%.Lidarnya bener2 akurat.

Its no wonder people are shifting to Chinese EV.The Japanese need to really buckle up their pants and put on their thinking CAP.My CIVIC FE feel so outdated setelah duduk mobil EV disana.

photo diambil dari website mereka sebagai pemanis.
kaianya iya semenjak pabrikan jepang pada kabur n nissan lagi ancur2an tinggal si changan mazda, dongfeng honda, ama GAC toyota CMIIW yang moncer.

kalo belt utara macam shanghangi, chongin, guangzhou, shenzen, dsb mbah kaianya emang ready EV kalo yang belt selatan masih belum deh.

soal subsidi NEVs yang katanya mau di half per 2027 ato updates soal tax exemption gimana mbah?
KielConstantine
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3061
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Mobil EV di China

Post by KielConstantine »

Di singapore banyak seh EV BYD. Macem Sealion & Atto3

Banyaknya bener2 banyak yg pake itu warga disana buat daily drive.

Keknya seh UU perlindungan konsumen di singapore beneran jalan. Misal ada trouble ya di urusin, trus regulasi pemerintah sana juga ketat. Kaga bisa macem2 itu pabrikan cina mainland, harus full layanin customer kalo kg, bisa di sue / class action lawsuit

Kalo indonesia ya syusah.. Itu ada sealion 7 jogrok 3 bulan di showroom gegara apes kena tabrakan. Sparepart kg dateng2. Sementara cicilan bulanan potong terus tanpa kompensasi

As always pola kerja negara third world.
Urusan duit doang mau nomor 1, tapi pelayanan 0 besar
Former:
2007 Mercedes (W211) E200k
2010 BMW (E90) 325i LCI
2010 Pajero Sport Exceed
2011 Honda Jazz GE8 RS

Current:
2013 Innova 2.5V A/T Stage 3+
2017 Audi A4 (B9) 2.0 TFSI Quattro S-Tronic
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: Mobil EV di China

Post by laksanice »

justru BYD seal & Sealion ga terlalu sering keliatan disana.Kebanyak BYD itu mobil taksi.Kurang tau tipe apa BYD nya but overall nyamalah better than avanza.
zonepublic
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1065
Joined: Thu Feb 20, 2014 19:08

Re: Mobil EV di China

Post by zonepublic »

laksanice wrote: Tue Jul 22, 2025 4:29
welp..itu lupa tanya haha.kondisi disini apakah begitu untuk mobcin?Spareparts sengaja disusahin?
Ya kalau yang saya lihat fenomena mobcin di indo sih gitu,banyak montir2 pada kesulitan cari sparepart mobil cina macam wuling2 gitu kesannya kaya sengaja disuruh beli baru kalau rusak
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 425
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Mobil EV di China

Post by Andhyka »

Betul, kondisi Indonesia setelah covid19 terpuruk terutama mikroekonomi. Purchasing power lemah sekali. Saya baru balik dari negara tetangga Malaysia dan pusat belanja mal ramai sekali bukan cuma weekend, hari biasa pun juga. Stand di mall terisi semua tidak ada yg kosong.

Mobil Grab selalu bersih dan rapi serta kondisi kendaraan prima. Berbincang2 sebentar nyetir Grab dari pagi sampai malam bisa terima bersih 1 juta/hari. Silakan dikali berapa hari kerja dalam sebulan.

Sepertinya ekonomi terbantu oleh orang Indonesia dari pulau Sumatra dan Kalimantan. Jika mereka berlibur tinggal naik pesawat ke Malaysia yg harga tiketnya lebih murah drpd ke pulau Jawa. Kemudian, harga layanan kesehatan jauh lebih murah drpd di Indonesia. Saya ikutan cek fibroscan di salah satu RS cuma keluar 550rb termasuk dokter, padahal harganya mencapai 2+ juta di Indo.
black2345
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Wed Sep 30, 2015 9:29

Re: Mobil EV di China

Post by black2345 »

Andhyka wrote: Tue Jul 22, 2025 21:06 Betul, kondisi Indonesia setelah covid19 terpuruk terutama mikroekonomi. Purchasing power lemah sekali. Saya baru balik dari negara tetangga Malaysia dan pusat belanja mal ramai sekali bukan cuma weekend, hari biasa pun juga. Stand di mall terisi semua tidak ada yg kosong.

Mobil Grab selalu bersih dan rapi serta kondisi kendaraan prima. Berbincang2 sebentar nyetir Grab dari pagi sampai malam bisa terima bersih 1 juta/hari. Silakan dikali berapa hari kerja dalam sebulan.

Sepertinya ekonomi terbantu oleh orang Indonesia dari pulau Sumatra dan Kalimantan. Jika mereka berlibur tinggal naik pesawat ke Malaysia yg harga tiketnya lebih murah drpd ke pulau Jawa. Kemudian, harga layanan kesehatan jauh lebih murah drpd di Indonesia. Saya ikutan cek fibroscan di salah satu RS cuma keluar 550rb termasuk dokter, padahal harganya mencapai 2+ juta di Indo.
Sampe skrg buying power kelas menengah ke bawah masih ancur, ditambah pemerintah demen kasih shortcut doang melalui bansos tp lupa fundamental tidak dibikin kuat. Plus efisiensi mulai bikin pengusaha yg punya banyak masa mulai angkat tangan. Bbrp temen yg punya usaha catering skala rumahan hingga besar yg supply ke hotel/pemerintah sudah mulai menyerah
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6433
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Mobil EV di China

Post by b0ku »

black2345 wrote: Tue Jul 22, 2025 23:18
Sampe skrg buying power kelas menengah ke bawah masih ancur, ditambah pemerintah demen kasih shortcut doang melalui bansos tp lupa fundamental tidak dibikin kuat. Plus efisiensi mulai bikin pengusaha yg punya banyak masa mulai angkat tangan. Bbrp temen yg punya usaha catering skala rumahan hingga besar yg supply ke hotel/pemerintah sudah mulai menyerah
POKOKnya negara dungu adalah negara yang peras orang kaya buat orang miskin jd besok2x inget aja kalo ada politikus pro orang miskin koar2x mau naekin pajak orang kaya lah mempersulit orang buat di pecat atau janji naekin UMP mendingan coret aja............ :ngacir:
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: Mobil EV di China

Post by laksanice »

Kebijakan di negara indonesia sering bikin geleng2 kepala.Kampanye selalu mengenai rakyat miskin.Padahal yang mendorong ekonomi itu adalah kelas menengah dan pengusaha.Hampir tidak ada kebijikan yang membantu golongan tersebut dari segi pajak,incentive dll.

Anyway saya kerja di industri automobile 4 wheels and 2 wheels.Kerasa bgt bahwa penjualan untuk 4 wheels berturun significant.Yang masih membantu itu industri 2 wheels.Pabrik2 yang membuat 2 wheels masih ada investasi di tahun ini.

But almost everybody in my peers yang umur 30++ yang tinggal di daerah JKT lebih prefer beli mobil Listrik.Lower running cost and lower Tax.Kecuali untuk perushaan Operational rata2 masih beli Toyota for reliability and serviceability.

SAya perhatiin rata2 MOBCIN yang di indo ADAS nya tidak selengkap di china.rata2 hampir tidak ada LIDAR yang mirip tesla gitu.Contoh Hyptec AION.Yang di website global ada lidar di atas windshield.Tapi yang di indo disunat kah?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Mobil EV di China

Post by alvinlesmana »

Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 452
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Mobil EV di China

Post by forzanetti »

laksanice wrote: Tue Jul 22, 2025 1:38 Saya baru balik dari China untuk pekerjaan dinas.Selamat seminggu gw di shanghai.Jarang sekali gw lihat mobil Jepang disana.
Rata2 merek mobil yang di jalan : Porche,Mercedes, and all sorts China EV car Maker.Merek Jepang yg sering dilihat hanya 1 iaitu Lexus.

Saya lihat emang kesenjangan sosial antara Penduduk disana dengan disini sangat jauh sekali.Purchasing power disana bener2 sangat tinggi.

Since this is a car Forum ada 1 mobil yang saya duduk yang menurut saya paling menarik :

LI AUTO
This car is amazing for the price.Saya tanya kolega saya dia beli sekitar 25.000 Yuan kalau dirupiahkan sekitar 560jt.Its no brainer untuk mobil merek2 EV di china.Suspension yang super nyaman untuk jalan yang tidak rata.Powerful Motor.Thrilling accelaration.Huge and spacius and the best part is AUTO PARKING.Ini fitur mobil EV yang menurut gw paling berguna.Mobilnya akan auto deteksi Tempat Parkir Kosong.
Shift Gigi ke R dan di layar langsung muncul Slot2 tempat parkir.Tinggal sentuh di Layar tempat parkir yang mau langsung dan boom.Mobil gerak sendiri parkir.

Car Detection,pedestrian Detection,Motor cycle detection systemnya hampir persis seperti tesla 99%.Lidarnya bener2 akurat.

Its no wonder people are shifting to Chinese EV.The Japanese need to really buckle up their pants and put on their thinking CAP.My CIVIC FE feel so outdated setelah duduk mobil EV disana.

photo diambil dari website mereka sebagai pemanis.
saya juga kagum sama Li waktu ke China bulan April kemarin. pertama liat di jalan langsung wow, trus sampe iseng liat2 ke showroomnya. secara bentuk udah beda jauh sama "template" Chinese EV car lain. terasa elegan dan berkelas. sayang blom ada kesempatan naik waktu di sana.

btw waktu itu saya tanya beberapa kolega di sana soal EV, semua langsung nyebut Xiaomi SU7 Ultra sebagai EV yang paling keren.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12962
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil EV di China

Post by Suryaputra »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 1:44 Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
Truly appreciate for sharing mbah
Agar jd pembelajaran bersama.

Semoga diganti, dan lancar finansial ke depannya mbah ๐Ÿ™
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Mobil EV di China

Post by alvinlesmana »

Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 2:04
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 1:44 Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
Truly appreciate for sharing mbah
Agar jd pembelajaran bersama.

Semoga diganti, dan lancar finansial ke depannya mbah ๐Ÿ™
betul mbah ini jadi pembelajaran hidup sy mbah jgn asal ambil mbl krn napsu dan iming2 oprasional murah dsb apalagi merk baru dan yg jelas terkadang skema dagang org china mainland memang agak licik smoga bsa jadi pembelajaran teman2 disini jg. sy bknnya mau ngejelekin produknya tp ya krg lebih itu yg saya alami selama pemakaian ev china ini. lbh baik lcgc jepang deh minim fitur, krg nyaman tp after sales terbukti dan byk sparepart mau dr ori sampe kw grade berapapun ada, harga jual kembalipun di saat BU masih bisa ada kembalian yah namanya hidup kadang gatau kapan tiba-tiba BU
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12962
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil EV di China

Post by Suryaputra »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 2:08
Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 2:04
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 1:44 Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
Truly appreciate for sharing mbah
Agar jd pembelajaran bersama.

Semoga diganti, dan lancar finansial ke depannya mbah ๐Ÿ™
betul mbah ini jadi pembelajaran hidup sy mbah jgn asal ambil mbl krn napsu dan iming2 oprasional murah dsb apalagi merk baru dan yg jelas terkadang skema dagang org china mainland memang agak licik smoga bsa jadi pembelajaran teman2 disini jg. sy bknnya mau ngejelekin produknya tp ya krg lebih itu yg saya alami selama pemakaian ev china ini. lbh baik lcgc jepang deh minim fitur, krg nyaman tp after sales terbukti dan byk sparepart mau dr ori sampe kw grade berapapun ada, harga jual kembalipun di saat BU masih bisa ada kembalian yah namanya hidup kadang gatau kapan tiba-tiba BU
Emg bosen ya ujung2nya toyodaihondamitsuzuki

Tp yah gmn lagi :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Aswajr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 181
Joined: Wed Dec 07, 2022 7:47
Location: Jakarta

Re: Mobil EV di China

Post by Aswajr »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 1:44 Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
sebelum beli udah riset kejelasan merk dll lom om? Neta ini kan product baru yah, selalu ada resiko untuk pengambilan merk seperti ini, rekam jejaknya juga belum jelas, bukan bermaksud menambah beban om yah, tapi kalo om membandingkan waktu beli fokusnya di mana? Apakah hanya di harga saja tidak melihat kejelasan merk? mungkin bisa disharing kenapa dlu memilih mengambil Neta terlebih dahulu om? supaya jadi pembelajaran kawan2 juga, kenapa tidak melirik MG, BYD dan Wuling malah ambil Neta?
alvinlesmana
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 32
Joined: Mon Jun 26, 2023 1:57
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Harrier

Re: Mobil EV di China

Post by alvinlesmana »

Aswajr wrote: Wed Jul 23, 2025 2:31
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 1:44 Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
sebelum beli udah riset kejelasan merk dll lom om? Neta ini kan product baru yah, selalu ada resiko untuk pengambilan merk seperti ini, rekam jejaknya juga belum jelas, bukan bermaksud menambah beban om yah, tapi kalo om membandingkan waktu beli fokusnya di mana? Apakah hanya di harga saja tidak melihat kejelasan merk? mungkin bisa disharing kenapa dlu memilih mengambil Neta terlebih dahulu om? supaya jadi pembelajaran kawan2 juga, kenapa tidak melirik MG, BYD dan Wuling malah ambil Neta?
jelas udah om klo dr byd jujur diluar kemampuan krn hrga mblnya start from 360 apa 370 jutaan saat itu dan skg pun mereka terbutkti di chinannya lg ada kasus berjalan, klo MG sendiri skg ada beberapa dealer tutup salah satunya di jaksel, dan mereka juga lg gencar banget promo mirip lah sama wuling dengan binguo mereka yg nik 24 masih banyak sampe skg pun walopun udh ada model baru yg lite dan rata2 merk2 tsb masih nebeng produksi di PT.HIM kcuali byd

pertimbangan ngambil neta krn ada service center dkt rumah dan dari segi spek paling oke, dan memang cari yg kcil namun ground clearance hrs agak tinggi dikit krn akses ke rumah lewat gang
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 878
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Mobil EV di China

Post by mobilover »

alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 2:08
Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 2:04
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 1:44 Sharing aja sbg pemakai EV China merk Neta, driving impression kaya bawa mbl maenan gaenak walopun semuanya serba enteng gas enteng steer enteng dsb, namun di indo blm cocok apalagi UU perlindungan konsumen disini belum jelas, sy salah satu korbannya merknya bangkrut dan skg dari atpm tidak ada solusi apa2 lalu dari sisi leasing jg ga ada yg bsa over kredit ato take over mblnya alasannya karena setiap keluar model baru ev china selalu kasih harga lebih murah, jadi ya kejebak sama merk yg emg lagi buang mbl ke negara2 berkembang kaya indo. Di thailand setau saya untuk merk neta ini sudah gabisa claim garansi baterainya, sepertinya indonesia soon, buat temen-temen disini yang ingin ambil mobcin mohon di pertimbangkan lagi terutama ev yang klo rusak agak susah dan sparepart tidak tersedia atau hrs indent dsb dsb
Truly appreciate for sharing mbah
Agar jd pembelajaran bersama.

Semoga diganti, dan lancar finansial ke depannya mbah ๐Ÿ™
betul mbah ini jadi pembelajaran hidup sy mbah jgn asal ambil mbl krn napsu dan iming2 oprasional murah dsb apalagi merk baru dan yg jelas terkadang skema dagang org china mainland memang agak licik smoga bsa jadi pembelajaran teman2 disini jg. sy bknnya mau ngejelekin produknya tp ya krg lebih itu yg saya alami selama pemakaian ev china ini. lbh baik lcgc jepang deh minim fitur, krg nyaman tp after sales terbukti dan byk sparepart mau dr ori sampe kw grade berapapun ada, harga jual kembalipun di saat BU masih bisa ada kembalian yah namanya hidup kadang gatau kapan tiba-tiba BU
Gak bisa ketok semua merek china begitu sih. Sebenarnya neta itu kan perusahaan start up ev. Sama kayak start up di indonesia, ada yang sukses ada yg bangkrut. Itu resiko beli mobil dari perusahaan start up yg gak punya backingan kuat. Pentingnya research sebelum membeli yah.

Contoh kl misalkan BYD itu sudah lama eksis. Perusahaan lama dan dibacking Chinese government jg. Geely dan SAIC (wuling,MG) group jg pemain otomotif lama di china. Xpeng dibacking sama Volkswagen group. Chery dan GAC group jg pemain lama di china. Mnrt saya pengalaman agan jadi pembelajaran utk lbh hati2 cari info ATPM yg baru masuk indo. Apakah pemain lama atau start up baru ? Apakah backingannya kuat ? Apakah punya rencana jangka panjang di indo ?

Dulu jg subaru kabur dari indo mendadak karena masalah pajak AWD. Mazda jg pernah keluar indo dulu krn penjualan seret. Peugeot jg baru kabur dr indo kan. Nissan jg ada indikasi mengarah ke situ lihat kondisi globalnya yg kacau balau. Pabrikan jepang dan eropa jg bs kabur mendadak, intinya mau dari negara manapun penting utk research soal perusahaan merek tersebut.
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 318
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Mobil EV di China

Post by yaseinotulip »

Sama baru balik jg dari China awal bulan ini..
Klo di Shanghai dan Hangzhou si gw liat skrg di jalanan udah mayoritas EV dan kebanyakan yg ada ya buatan SAIC. Mobil ICE cuma europe aja.. jepangan dikit banget.. malah byk an tesla
Taksi disana semua pake Roewe..
Utk Didi, ya sama antara Roewe atau BYD

Klo utk model sih yg mnrt gw keliatan bagus di jalan tuh Nio beberapa zeekr n xpeng dan tentunya xiaomi yg ternyata lmyn byk jg liat dijalan

Klo si Guangzhou GAC raja nya wkwk
Aion cukup byk liat disono..
laksanice
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon May 20, 2024 2:43

Re: Mobil EV di China

Post by laksanice »

forzanetti wrote: Wed Jul 23, 2025 2:03
laksanice wrote: Tue Jul 22, 2025 1:38 Saya baru balik dari China untuk pekerjaan dinas.Selamat seminggu gw di shanghai.Jarang sekali gw lihat mobil Jepang disana.
Rata2 merek mobil yang di jalan : Porche,Mercedes, and all sorts China EV car Maker.Merek Jepang yg sering dilihat hanya 1 iaitu Lexus.

Saya lihat emang kesenjangan sosial antara Penduduk disana dengan disini sangat jauh sekali.Purchasing power disana bener2 sangat tinggi.

Since this is a car Forum ada 1 mobil yang saya duduk yang menurut saya paling menarik :

LI AUTO
This car is amazing for the price.Saya tanya kolega saya dia beli sekitar 25.000 Yuan kalau dirupiahkan sekitar 560jt.Its no brainer untuk mobil merek2 EV di china.Suspension yang super nyaman untuk jalan yang tidak rata.Powerful Motor.Thrilling accelaration.Huge and spacius and the best part is AUTO PARKING.Ini fitur mobil EV yang menurut gw paling berguna.Mobilnya akan auto deteksi Tempat Parkir Kosong.
Shift Gigi ke R dan di layar langsung muncul Slot2 tempat parkir.Tinggal sentuh di Layar tempat parkir yang mau langsung dan boom.Mobil gerak sendiri parkir.

Car Detection,pedestrian Detection,Motor cycle detection systemnya hampir persis seperti tesla 99%.Lidarnya bener2 akurat.

Its no wonder people are shifting to Chinese EV.The Japanese need to really buckle up their pants and put on their thinking CAP.My CIVIC FE feel so outdated setelah duduk mobil EV disana.

photo diambil dari website mereka sebagai pemanis.
saya juga kagum sama Li waktu ke China bulan April kemarin. pertama liat di jalan langsung wow, trus sampe iseng liat2 ke showroomnya. secara bentuk udah beda jauh sama "template" Chinese EV car lain. terasa elegan dan berkelas. sayang blom ada kesempatan naik waktu di sana.

btw waktu itu saya tanya beberapa kolega di sana soal EV, semua langsung nyebut Xiaomi SU7 Ultra sebagai EV yang paling keren.

kalau ada kesempatan boleh cuba bro.warna interiornya unik.Oren ke coklat gitu.finishingnya juga bagus.Saya request untuk minta injak poll gas mantap bgt.Badan langsung nempel di kursi.Paling bikin wow si ya LIDAR nya.sangat accurate deteksinya.

Kolega saya juga ada yg indent SU7Ultra dia bilang indent 1 tahun.Di indo keknya ga ada deh yang mau indent mobil setahun lol kecuali fanatik bgt ama brandnya atau mobil langka.
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12962
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil EV di China

Post by Suryaputra »

mobilover wrote: Wed Jul 23, 2025 2:52
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 2:08
Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 2:04

Truly appreciate for sharing mbah
Agar jd pembelajaran bersama.

Semoga diganti, dan lancar finansial ke depannya mbah ๐Ÿ™
betul mbah ini jadi pembelajaran hidup sy mbah jgn asal ambil mbl krn napsu dan iming2 oprasional murah dsb apalagi merk baru dan yg jelas terkadang skema dagang org china mainland memang agak licik smoga bsa jadi pembelajaran teman2 disini jg. sy bknnya mau ngejelekin produknya tp ya krg lebih itu yg saya alami selama pemakaian ev china ini. lbh baik lcgc jepang deh minim fitur, krg nyaman tp after sales terbukti dan byk sparepart mau dr ori sampe kw grade berapapun ada, harga jual kembalipun di saat BU masih bisa ada kembalian yah namanya hidup kadang gatau kapan tiba-tiba BU
Gak bisa ketok semua merek china begitu sih. Sebenarnya neta itu kan perusahaan start up ev. Sama kayak start up di indonesia, ada yang sukses ada yg bangkrut. Itu resiko beli mobil dari perusahaan start up yg gak punya backingan kuat. Pentingnya research sebelum membeli yah.

Contoh kl misalkan BYD itu sudah lama eksis. Perusahaan lama dan dibacking Chinese government jg. Geely dan SAIC (wuling,MG) group jg pemain otomotif lama di china. Xpeng dibacking sama Volkswagen group. Chery dan GAC group jg pemain lama di china. Mnrt saya pengalaman agan jadi pembelajaran utk lbh hati2 cari info ATPM yg baru masuk indo. Apakah pemain lama atau start up baru ? Apakah backingannya kuat ? Apakah punya rencana jangka panjang di indo ?

Dulu jg subaru kabur dari indo mendadak karena masalah pajak AWD. Mazda jg pernah keluar indo dulu krn penjualan seret. Peugeot jg baru kabur dr indo kan. Nissan jg ada indikasi mengarah ke situ lihat kondisi globalnya yg kacau balau. Pabrikan jepang dan eropa jg bs kabur mendadak, intinya mau dari negara manapun penting utk research soal perusahaan merek tersebut.
Jika melihat perspektif orang yg beli EV china sbg mobil satu2nya / mobil pertama, jelas ini sgt beresiko.
Kecuali klo memang EV china akan jadi mobil ke-2 3 4 dst, lain cerita :big_smile]

krn aman nya... in this economy,
jika mobil satu2nya (apalagi klo kredit), baiknya beli mobil sesuai kebutuhan dan merek nya jelas dan bukan startup,
jadi klopun ATPM kabur, tetap ada komunitas nya, dan ketersediaan parts yg dijual di toko2 onderdil.

tapi balik lg, ini disklemer, pilihan ada di tangan calon pembeli :big_okay:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
mobilover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 878
Joined: Mon Jul 15, 2013 2:40

Re: Mobil EV di China

Post by mobilover »

Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 4:58
mobilover wrote: Wed Jul 23, 2025 2:52
alvinlesmana wrote: Wed Jul 23, 2025 2:08

betul mbah ini jadi pembelajaran hidup sy mbah jgn asal ambil mbl krn napsu dan iming2 oprasional murah dsb apalagi merk baru dan yg jelas terkadang skema dagang org china mainland memang agak licik smoga bsa jadi pembelajaran teman2 disini jg. sy bknnya mau ngejelekin produknya tp ya krg lebih itu yg saya alami selama pemakaian ev china ini. lbh baik lcgc jepang deh minim fitur, krg nyaman tp after sales terbukti dan byk sparepart mau dr ori sampe kw grade berapapun ada, harga jual kembalipun di saat BU masih bisa ada kembalian yah namanya hidup kadang gatau kapan tiba-tiba BU
Gak bisa ketok semua merek china begitu sih. Sebenarnya neta itu kan perusahaan start up ev. Sama kayak start up di indonesia, ada yang sukses ada yg bangkrut. Itu resiko beli mobil dari perusahaan start up yg gak punya backingan kuat. Pentingnya research sebelum membeli yah.

Contoh kl misalkan BYD itu sudah lama eksis. Perusahaan lama dan dibacking Chinese government jg. Geely dan SAIC (wuling,MG) group jg pemain otomotif lama di china. Xpeng dibacking sama Volkswagen group. Chery dan GAC group jg pemain lama di china. Mnrt saya pengalaman agan jadi pembelajaran utk lbh hati2 cari info ATPM yg baru masuk indo. Apakah pemain lama atau start up baru ? Apakah backingannya kuat ? Apakah punya rencana jangka panjang di indo ?

Dulu jg subaru kabur dari indo mendadak karena masalah pajak AWD. Mazda jg pernah keluar indo dulu krn penjualan seret. Peugeot jg baru kabur dr indo kan. Nissan jg ada indikasi mengarah ke situ lihat kondisi globalnya yg kacau balau. Pabrikan jepang dan eropa jg bs kabur mendadak, intinya mau dari negara manapun penting utk research soal perusahaan merek tersebut.
Jika melihat perspektif orang yg beli EV china sbg mobil satu2nya / mobil pertama, jelas ini sgt beresiko.
Kecuali klo memang EV china akan jadi mobil ke-2 3 4 dst, lain cerita :big_smile]

krn aman nya... in this economy,
jika mobil satu2nya (apalagi klo kredit), baiknya beli mobil sesuai kebutuhan dan merek nya jelas dan bukan startup,
jadi klopun ATPM kabur, tetap ada komunitas nya, dan ketersediaan parts yg dijual di toko2 onderdil.

tapi balik lg, ini disklemer, pilihan ada di tangan calon pembeli :big_okay:
Setuju om. Nyari duit skrg lg susah. Daya beli rendah, omset penjualan turun di berbagai industri. Kalau mobil pertama beli mobil yg aman saja sesuai kebutuhan. Kl masih mikir harga jual second yah merek jepang mainstream udah paling aman. Kl merek china non mainstream baiknya buat yg ngerti dan mau nerima resiko sparepart belum tersedia lengkap, dijual harga turun dalam dll. Resiko merek baru pasti masih proses bangun fondasi after sales service.

Overall merek china ini bagus produknya, tapi krn masih baru merintis di indo jadi pasti kekurangan pasti ada itu ketersediaan sparepart dan resale value ya. Merek jepang yah produknya biasa aja tapi krn brand lama sparepart sdh ready di mana2 dan resale value kejaga karena merek mainstream. Tinggal mau ditimbang2 sesuai kebutuhan masing2 nyari apa dari mobil yg mau dibeli
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12962
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Mobil EV di China

Post by Suryaputra »

mobilover wrote: Wed Jul 23, 2025 5:12
Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 4:58
mobilover wrote: Wed Jul 23, 2025 2:52

Gak bisa ketok semua merek china begitu sih. Sebenarnya neta itu kan perusahaan start up ev. Sama kayak start up di indonesia, ada yang sukses ada yg bangkrut. Itu resiko beli mobil dari perusahaan start up yg gak punya backingan kuat. Pentingnya research sebelum membeli yah.

Contoh kl misalkan BYD itu sudah lama eksis. Perusahaan lama dan dibacking Chinese government jg. Geely dan SAIC (wuling,MG) group jg pemain otomotif lama di china. Xpeng dibacking sama Volkswagen group. Chery dan GAC group jg pemain lama di china. Mnrt saya pengalaman agan jadi pembelajaran utk lbh hati2 cari info ATPM yg baru masuk indo. Apakah pemain lama atau start up baru ? Apakah backingannya kuat ? Apakah punya rencana jangka panjang di indo ?

Dulu jg subaru kabur dari indo mendadak karena masalah pajak AWD. Mazda jg pernah keluar indo dulu krn penjualan seret. Peugeot jg baru kabur dr indo kan. Nissan jg ada indikasi mengarah ke situ lihat kondisi globalnya yg kacau balau. Pabrikan jepang dan eropa jg bs kabur mendadak, intinya mau dari negara manapun penting utk research soal perusahaan merek tersebut.
Jika melihat perspektif orang yg beli EV china sbg mobil satu2nya / mobil pertama, jelas ini sgt beresiko.
Kecuali klo memang EV china akan jadi mobil ke-2 3 4 dst, lain cerita :big_smile]

krn aman nya... in this economy,
jika mobil satu2nya (apalagi klo kredit), baiknya beli mobil sesuai kebutuhan dan merek nya jelas dan bukan startup,
jadi klopun ATPM kabur, tetap ada komunitas nya, dan ketersediaan parts yg dijual di toko2 onderdil.

tapi balik lg, ini disklemer, pilihan ada di tangan calon pembeli :big_okay:
Setuju om. Nyari duit skrg lg susah. Daya beli rendah, omset penjualan turun di berbagai industri. Kalau mobil pertama beli mobil yg aman saja sesuai kebutuhan. Kl masih mikir harga jual second yah merek jepang mainstream udah paling aman. Kl merek china non mainstream baiknya buat yg ngerti dan mau nerima resiko sparepart belum tersedia lengkap, dijual harga turun dalam dll. Resiko merek baru pasti masih proses bangun fondasi after sales service.

Overall merek china ini bagus produknya, tapi krn masih baru merintis di indo jadi pasti kekurangan pasti ada itu ketersediaan sparepart dan resale value ya. Merek jepang yah produknya biasa aja tapi krn brand lama sparepart sdh ready di mana2 dan resale value kejaga karena merek mainstream. Tinggal mau ditimbang2 sesuai kebutuhan masing2 nyari apa dari mobil yg mau dibeli
Iya mobil jepang gtu2 aja ngebosenin di rentang harga sub 400 mio

Tp yah gmn lagi.

Tp makin ke sini udh ada gebrakan, gegara china jg yaa :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4374
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Mobil EV di China

Post by kunaskun »

Suryaputra wrote: Wed Jul 23, 2025 5:30
Iya mobil jepang gtu2 aja ngebosenin di rentang harga sub 400 mio

Tp yah gmn lagi.

Tp makin ke sini udh ada gebrakan, gegara china jg yaa :big_biglaugh:
yes, realitanya kehebohan soal meerek cina itu hanya di sosmed doang.
realitanya? di daerah ya tetep aja TRD dan Brio yang laku, sisanya tentu saja zenix, dua gerobak sayur :mky_03:
penjualan boleh turun, tapi ASII tetep jaya :big_biglaugh: