
seperti si John Deere

Terutama mobil listrik sih ini

![Yes / No [emo-yesno]](./images/smilies/2017-yesno.gif)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
iya, dari dulu juga sudah dilock kok. ngebukanya ya bayar. alesan kenapa remap itu bayarnya mahal, krn ada biaya lisensi itu.silentIm2 wrote: ↑04 Feb 2025, 09:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
kalo john derre parah om mau diapain juga gak bisa kalo gak autorizedsilentIm2 wrote: ↑04 Feb 2025, 09:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
nah kalo di video itu sampai software untuk ngelocknya pun tidak dilisensi dan tidak ada orang diluar atpm yang punya software untuk scan ecu tsb karena berkaitan dengan hak ciptaChZ wrote: ↑04 Feb 2025, 10:18iya, dari dulu juga sudah dilock kok. ngebukanya ya bayar. alesan kenapa remap itu bayarnya mahal, krn ada biaya lisensi itu.silentIm2 wrote: ↑04 Feb 2025, 09:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.
buat yang gak asing dgn dunia remap remapan,
innova / fortuner 2GD keluaran 2018-2019 pernah sampe dilock software khusus. ngebukanya lagi nambah berapa juta entahlah. zaman itu remap innova 2GD lebih mahal 1jt daripada yang keluaran sebelumnya.
mgkn karena atpmnya capek juga itu urusin klaim2 yang nggak dikit ternyata ada sebagian yang bekas oprekan.
satu sisi, gak bisa nyalahin juga namanya pabrikan mau menjaga kualitas produknya. gimana2 third party itu variabel tak terkontrol. soalnya kalo misal nanti kenapa-napa, yang bakal kena namanya juga pabrikan, padahal belum tentu selalu salah pabrikan.fansdiesel wrote: ↑04 Feb 2025, 12:44
nah kalo di video itu sampai software untuk ngelocknya pun tidak dilisensi dan tidak ada orang diluar atpm yang punya software untuk scan ecu tsb karena berkaitan dengan hak cipta![]()
tenang mbah, selama di USA masih berjalan namanya right to repair / DIY. masih aman. paling unlock bayar tipis2. Apple aja akhirnya nyerah, jual2in part walaupun di lock dan reseller wajib terdaftar biar bisa akses tool buat register to part.fansdiesel wrote: ↑03 Feb 2025, 20:23 Dengan semakin banyak electronic control di mobil bahkan lcgc sekalipun apakah pabrikan otomotif akan melakukan lock software di masa depan agar bengkel resminya bisa tetep idup Dan jadi recurring income yang gurih![]()
seperti si John Deere![]()
Terutama mobil listrik sih ini![]()
![]()
Untung di sini mentok dongfeng.. Kubota saja sudah mewah buat kita wkwkwk.b0ku wrote: ↑04 Feb 2025, 11:27kalo john derre parah om mau diapain juga gak bisa kalo gak autorizedsilentIm2 wrote: ↑04 Feb 2025, 09:54 Sejak kapan firmware ecu mobil dibuka? Mengapa scanner universal professional yg bisa program immobilizer, program injektor itu harganya jutaan bahkan di atas 15 juta karena pembuat scan tool harus bayar lisensi akses ke pabrikan. Belum subcription tahunannya. Kalau subscription 1 pabrikan saja katakanlah 500 -1000 usd per tahun, kalo mau beberapa merek berapa yg harus dibayar bengkel?
Ya itu karena mesin modern perlu kontrol yg presisi maka komputer ga bisa dihindari. Kalo ga mau ya balik lagi pake mesin karburator dan diesel bospom.![]()
sedangkan mobil jepang mau check engine nyala gitu yang trouble di ganti juga lsg beres, john derre mah gak bisa kayak gitu![]()
sedangkan petani kalo ada apa2x mereka musti bisa benerin on the spot