kayaknya sih gitu
masalahnya jg ini nissan-honda ud mulai kelipet di china, mitsu ud cabut
masa mau harakiri bareng"

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
kayaknya sih gitu
yah itu karena foxconn emang expertise dibidang electronic, sharp saaat itu butuh akhirnya jos gandos. bukan hanya lumayan skrg sharp di toko elektronik mulai gede promonya ga melulu produk cina hehe
ga kelipet lagi mbah, malah ketiganya dah keluar semua hehe
iya makanya di 2000s doi sosok savior.ChZ wrote: ↑24 Dec 2024, 10:05ghosn itu seksi di mata investors, itu nissan survive akibat PHK massal dan nutup2in pabrik. net profit ya naik orang cut cost dimana-mana. angka penjualan naik krn kreditnya paling murah dan kendaraan nya paling murah juga pada masanya.kayukayuthe5th wrote: ↑21 Dec 2024, 17:54
agak "kompor" sih bloomberg.
ghosn itu juru selamat di 2000s nissan tapi jadi benalu di 2010s udah dimulai dari mobil2nya yang ga inovatif, terlalu milking desain tapi nol di inovasi, *andai nissan saat itu kembangin leaf mungkin udah jadi japan tesla
suruh balek ke jepun dulu noh kalo emang ga salah. lah wong doi aja ampe kaia mission impossible gitu kaburnya wkwkwk![]()
soal renault ini sempat tegang juga loh ama nissan. salah satunya soal birokrasi eropa yang agak "ruwet"
yes salah nissan sendiri jatco ampas , malah diakusisi aneh kok emang
kalo soal masalah teknis lainnnya banyak lah itu apalagi perusaahn gede. so gwa ga masalahin itunya
kalosoal engine sebenrnya patennya keren2 loh kaia DIG-T, VCR, VViEL, terakhir STARC....eh malah ngemabngin e-power doi pake mesin2 yang lama![]()
tapi gonjang-ganjing internalnya kenceng akibat banyak execs nippon yang gak suka sama cara kerja nih orang. maaf kata emang bukan salah 100% ghosn, tapi bukan berarti ghosn bebas dakwaan makanya doi kabur. koar-koar dimana-mana, ini orang kan tipikal con man, pinter ngejual dirinya biar dapet support publik.
e-power itu nurut saya tehnologi maksa sih. krn gagal ngembangin EV jadi bikin EV + genset. lha EV murninya cuma sanggup 250-an kilometer. bikin serial hybrid kayak gitu terkesan mau inovatif tapi sebenernya lebih kepake paralell hybrid. jualan "sensasi mobil listrik" doang.
btw berita nissan rugi kan udah dari lama sebelum skandal ghosn sebenernya, jadi gak kaget akhirnya gini.
kalau mitsubishi ya udahlah emang pada gak nangkep gitu mobil2 mitsu 10 thn ke belakang ini ampas betul. orang beli mitsubishi 10-15 tahun belakangan itu karena sensible reasons atau harganya murah, bukan karena punya mitsubishi itu membanggakan kek zaman dulu krn identik dengan sport / rally heritage. mau jualan pajero ralliart terus juga gak mempan orang ud liat evo dibunuh dan sisain mobil2 kroco . ud banyak dibahas downfall nya mitsu.
reli aja rifato pake xpander mesin evo.
karena mereka punya masalah senasib (cman honda doang yang agak mending)darrelund wrote: ↑24 Dec 2024, 12:29owe prediksi ga lama honda minta cabut nihkayukayuthe5th wrote: ↑23 Dec 2024, 13:51 dah gaes kaianya case closed. honda nissan mitsu merger.
holding company akan dipimpin CEO bakal dipilih dari pihak honda *aduh moga2 kaia hachigo CEO sebelum mibe yang agak visioner
![]()
ini merger isinya klo ga kere, mismanagement, ya ud kepentok di market sana sini
toyota-subaru-mazda-suzuki = partnership
nissan-honda-mitsubishi = merger
harusnya ud ketebak knp mrk milih merger![]()
Honda punya hondajet yg kekinian, dan supplier mesin efwan yg performanya gak kaleng2Bibieight wrote: ↑24 Dec 2024, 22:00 Yang udah2 kalo merger bangke ama bener, yg. bener ketularan bangke. Liat aja tu Daimler-Chrysler, bukannya Chrysler-nya yg. bener, Daimler-nya yg. ketularan busuk.
Di merger ini yg. secara pedigree paling rendah si Honda. Nissan dah bikin mobil sejak sebelum perang, dari Tokyo pula. Si Tiga Berlian ndak usah ditanya sejarahnya apa, mulai dari kapal perang Yamato, motor tank sama jet tempur ada logo-nya. Si Honda ?, pendirinya cuma supplier ring seher Toyota, dari Hamamatsu pulak, bikin mobil juga baru taun 60-an.
Belun backing-an bank, si batumakam ada Marubeni, tiga berlian bisa colek MUFJ, lha Honda mau colek sapa coba![]()
![]()
![]()
Jadi di negara yg. pegang tradisi macam gini, yg. rada mengkuatirkan malah nasib Honda-nya. Jelas2 bule, jelas2 yg. punya modal macam Mr. Bean aja kena gap, apalagi orang macam Toshihiro Mibe![]()
![]()
![]()
Merger jadi pabrikan kapasitas terbesar ketiga malah beban, itu fixed cost kalo produknya kagak kejual juga lama2 ngabisin duit...![]()
TypeR AWD V6 twin turbo.vanosz wrote: ↑25 Dec 2024, 05:17 apa yang mau di contek dr 2 merk itu,
mitsu dan nisan,
mitsu buat anak muda gak kena,
banggain cuma evo yang sudah jadul di goreng trs sama yutuber kompor meleduk,
buat dewasa gak kena,
mitsu bikin kipas angin bagus,dirumah ada pake ,suaranya hening dan awet,
nisan gak tau yang bagus apanya,GTR itu juga mirip evo,
jualan gorengan aja,
mknya bangkrut
kalo pedigree sejarah yes honda pleng rendah. cman skrg hondajet, EVTOL, Robotic, motor, power generator , marine , supplier in majorities racingBibieight wrote: ↑24 Dec 2024, 22:00 Yang udah2 kalo merger bangke ama bener, yg. bener ketularan bangke. Liat aja tu Daimler-Chrysler, bukannya Chrysler-nya yg. bener, Daimler-nya yg. ketularan busuk.
Di merger ini yg. secara pedigree paling rendah si Honda. Nissan dah bikin mobil sejak sebelum perang, dari Tokyo pula. Si Tiga Berlian ndak usah ditanya sejarahnya apa, mulai dari kapal perang Yamato, motor tank sama jet tempur ada logo-nya. Si Honda ?, pendirinya cuma supplier ring seher Toyota, dari Hamamatsu pulak, bikin mobil juga baru taun 60-an.
Belun backing-an bank, si batumakam ada Marubeni, tiga berlian bisa colek MUFJ, lha Honda mau colek sapa coba![]()
![]()
![]()
Jadi di negara yg. pegang tradisi macam gini, yg. rada mengkuatirkan malah nasib Honda-nya. Jelas2 bule, jelas2 yg. punya modal macam Mr. Bean aja kena gap, apalagi orang macam Toshihiro Mibe![]()
![]()
![]()
Merger jadi pabrikan kapasitas terbesar ketiga malah beban, itu fixed cost kalo produknya kagak kejual juga lama2 ngabisin duit...![]()
*dont give me hope please.Suryaputra wrote: ↑25 Dec 2024, 05:30TypeR AWD V6 twin turbo.vanosz wrote: ↑25 Dec 2024, 05:17 apa yang mau di contek dr 2 merk itu,
mitsu dan nisan,
mitsu buat anak muda gak kena,
banggain cuma evo yang sudah jadul di goreng trs sama yutuber kompor meleduk,
buat dewasa gak kena,
mitsu bikin kipas angin bagus,dirumah ada pake ,suaranya hening dan awet,
nisan gak tau yang bagus apanya,GTR itu juga mirip evo,
jualan gorengan aja,
mknya bangkrut
Sasisnya type R kan istimewa, dikawinin drivetrain reli dan powahnya gtr.
Atau bs jg develop kompetitornya gr86.
Krn subaru ada kemiripan sm mitsu.
Musuh bebuyutan di reli.
Tp subaru kan dah dipinang toyota
Bs jd megang rekor fastest awd (factory stock) in nurburgring
Di efwan udh juara
Itu cuma impian petrolhead, tau2 ujungnya moblis dan hibrit![]()
lagian model CMF asia kayaknya banyakan dsiini cuma ganti baju aja mbahkayukayuthe5th wrote: ↑25 Dec 2024, 10:21 terlalu mahal dev.nya + modelnya krg selera ama orang asia.
ya itu masalahnya, kan karena ga masuk di bodi mobil asia jadinya cman ganti "baju". belum lagi kurang flexibel gak kaia GMP hyundai ato TNGA toyota yang bisa dimelarin ampe large ( baru nyadar honda kemaren yang hbrid baru platformnya cman small ma medium gada large apa kedepan kerjasama nissan-mitsu nelorin baru biar bisa ampe large:big_think: )darrelund wrote: ↑25 Dec 2024, 15:57lagian model CMF asia kayaknya banyakan dsiini cuma ganti baju aja mbahkayukayuthe5th wrote: ↑25 Dec 2024, 10:21 terlalu mahal dev.nya + modelnya krg selera ama orang asia.
gak ada yg mrk bener" utak atik
yg lebih mengkhawatirkan itu honda ikutan pattern nissan jaman now yg serba maleskayukayuthe5th wrote: ↑24 Dec 2024, 20:49 karena mereka punya masalah senasib (cman honda doang yang agak mending)
honda musti piliha figur strong sih , jangan kaia jajaran skrg plinplan bin ragu2
moga2 berhasil sih holding company ini, gak kebayang JMS 2025 nanti pake nama merger merak hehe kuncinnya kalo kata gwa
cepet bikin platform global untuk hybrid dan/atau engine , EV OS ma boarddesign segera finalisasi, bikin products halo dah itu aja untuk short-mid term seengaknya. honda akhirnya bikin preludes kan, moga2 pake aja platform hybridnya bikin saudara kembar silvia , sx, figaro, fairlady, ato apalah? lmayan ngangkat brand image sih. nissan juga telat dev. core products mereka juga kaia note udah aging banget (yah karena harus ikutin CMF platform renault agak susah juga dipake di jepun)
nah itu yang masalah juga kan di ASPAC region, pada males milking mesin l12a ma l15z (skg cman ganti aja DOHC aja wkwkwk)darrelund wrote: ↑25 Dec 2024, 16:11yg lebih mengkhawatirkan itu honda ikutan pattern nissan jaman now yg serba maleskayukayuthe5th wrote: ↑24 Dec 2024, 20:49 karena mereka punya masalah senasib (cman honda doang yang agak mending)
honda musti piliha figur strong sih , jangan kaia jajaran skrg plinplan bin ragu2
moga2 berhasil sih holding company ini, gak kebayang JMS 2025 nanti pake nama merger merak hehe kuncinnya kalo kata gwa
cepet bikin platform global untuk hybrid dan/atau engine , EV OS ma boarddesign segera finalisasi, bikin products halo dah itu aja untuk short-mid term seengaknya. honda akhirnya bikin preludes kan, moga2 pake aja platform hybridnya bikin saudara kembar silvia , sx, figaro, fairlady, ato apalah? lmayan ngangkat brand image sih. nissan juga telat dev. core products mereka juga kaia note udah aging banget (yah karena harus ikutin CMF platform renault agak susah juga dipake di jepun)
ini nissin aja ud entah itu platform di recycle berapa kali, cuma bajunya aja yg baru
lebih serem lagi liat mitsu dibawah nissan gak bisa ngapa"in![]()
menurut owe sebagai masyarakat jelata, ini grup merger harus pikirin gimana caranya bisa punya platform mobil yg fleksibel, supaya porto mobil mrk banyak kayak toyota
krn selama ini, upperhand toyota disini, porto banyak, bisa cater ke market tertenu dgn price point nya
makanya klo dipikir pikir, ghosn ga gurem" amat, krn fairlady & GTR masih eksis atau bahkan dibangkitin lagi
ga cuma honda mbah, semua butuh figur kuat yg bisa gerakin ni perusahaan & yg bisa ngerti heritage + fans maunya apa
https://global.honda/en/heritage/episod ... otegi.html
https://global.honda/en/heritage/episod ... uzuka.html
https://global.honda/en/about/facilities/
stelah baca artikel ini, owe ngerasa "honda jaman dulu keren juga ya"
Bibieight wrote: ↑25 Dec 2024, 17:46 Hyundai laba TTM 2024 USD 9.4 milyar, cash flow 2023 minus USD 7.8 milyar, kena di operating sama capex (https://finance.yahoo.com/quote/HYMTF/financials/).
Honda laba TTM 2024 USD 6.2 milyar, cash flow 2023 USD 883 juta (https://finance.yahoo.com/quote/HMC/cash-flow/)
Highlight : capex Hyundai USD 6.8 milyar, capex Honda USD 3.8 milyar. Capex ini biasanya antara buat pabrik baru atau development produk baru yak Capex Hyundai buat 4W, capex Honda 4W+2W (asimo ama honda jet anggep rounding error). Naah, profil gini ini si Honda belun ngegendong Nissan+Mitsu yak...
Ini orang pincang suru ngegendong orang lumpuh dua kayaknya, bingung ama MITI kenapa ndak TMC yg suru paksa ngegendong dua orang lumpuh ini......
bukan keren lagi inpiratif apalagi jaman soichiro combo sennadarrelund wrote: ↑25 Dec 2024, 16:11
yg lebih mengkhawatirkan itu honda ikutan pattern nissan jaman now yg serba males
ini nissin aja ud entah itu platform di recycle berapa kali, cuma bajunya aja yg baru
lebih serem lagi liat mitsu dibawah nissan gak bisa ngapa"in![]()
menurut owe sebagai masyarakat jelata, ini grup merger harus pikirin gimana caranya bisa punya platform mobil yg fleksibel, supaya porto mobil mrk banyak kayak toyota
krn selama ini, upperhand toyota disini, porto banyak, bisa cater ke market tertenu dgn price point nya
makanya klo dipikir pikir, ghosn ga gurem" amat, krn fairlady & GTR masih eksis atau bahkan dibangkitin lagi
ga cuma honda mbah, semua butuh figur kuat yg bisa gerakin ni perusahaan & yg bisa ngerti heritage + fans maunya apa
https://global.honda/en/heritage/episod ... otegi.html
https://global.honda/en/heritage/episod ... uzuka.html
https://global.honda/en/about/facilities/
stelah baca artikel ini, owe ngerasa "honda jaman dulu keren juga ya"
Ngos2an juga hyundai buat go to market global yaaBibieight wrote: ↑25 Dec 2024, 17:46 Hyundai laba TTM 2024 USD 9.4 milyar, cash flow 2023 minus USD 7.8 milyar, kena di operating sama capex (https://finance.yahoo.com/quote/HYMTF/financials/).
Honda laba TTM 2024 USD 6.2 milyar, cash flow 2023 USD 883 juta (https://finance.yahoo.com/quote/HMC/cash-flow/)
Highlight : capex Hyundai USD 6.8 milyar, capex Honda USD 3.8 milyar. Capex ini biasanya antara buat pabrik baru atau development produk baru yak Capex Hyundai buat 4W, capex Honda 4W+2W (asimo ama honda jet anggep rounding error). Naah, profil gini ini si Honda belun ngegendong Nissan+Mitsu yak...
Ini orang pincang suru ngegendong orang lumpuh dua kayaknya, bingung ama MITI kenapa ndak TMC yg suru paksa ngegendong dua orang lumpuh ini......
waduh... saya masih ada 1 nissan Grand Livina A/T 2013 di rumah om.. ada saran kalau seandainya brand ini beneran mati? mobil sudah 11 tahun, tapi insurance masi aktif (all risk). di nilai tunai di polis asuransi tertulis Rp 95juta (heran jg ini mobil pasaran sering di bawah itu)newrubble wrote: ↑23 Dec 2024, 23:10 3 hari lalu org ini bilang ....
sy sendiri lbh suka brand ini mati krn brand apapun yg mati akan terliat indah di kmudian hari
trabant / wartburg skalipun
(pasti aryowira - yg dulu sukses usir nissan dari manufacturing di indo - akan stuju bahkan dia akan senang)
gak mati, service bisa dialihkan ke be-res hondasm4 wrote: ↑25 Dec 2024, 20:40waduh... saya masih ada 1 nissan Grand Livina A/T 2013 di rumah om.. ada saran kalau seandainya brand ini beneran mati? mobil sudah 11 tahun, tapi insurance masi aktif (all risk). di nilai tunai di polis asuransi tertulis Rp 95juta (heran jg ini mobil pasaran sering di bawah itu)newrubble wrote: ↑23 Dec 2024, 23:10 3 hari lalu org ini bilang ....
sy sendiri lbh suka brand ini mati krn brand apapun yg mati akan terliat indah di kmudian hari
trabant / wartburg skalipun
(pasti aryowira - yg dulu sukses usir nissan dari manufacturing di indo - akan stuju bahkan dia akan senang)
Klo di area barat bs mampir ke bengkel mbah marmut.
jauh om.. masi 600an km ke barat nya...nanti lah saya coba kontak2 mekanik senior di be-res yg sekarang 1/2 nya dah ganti jadi be-res Citroen (dan si mekanik berseragam Citroen waktu saya minta ke rumah)Suryaputra wrote: ↑25 Dec 2024, 21:39 Klo di area barat bs mampir ke bengkel mbah marmut.
Parts available di marketplace![]()
dan mekanik beres aHond pun meringis, nambah beban kerja ajaSuryaputra wrote: ↑25 Dec 2024, 21:05gak mati, service bisa dialihkan ke be-res hondasm4 wrote: ↑25 Dec 2024, 20:40waduh... saya masih ada 1 nissan Grand Livina A/T 2013 di rumah om.. ada saran kalau seandainya brand ini beneran mati? mobil sudah 11 tahun, tapi insurance masi aktif (all risk). di nilai tunai di polis asuransi tertulis Rp 95juta (heran jg ini mobil pasaran sering di bawah itu)newrubble wrote: ↑23 Dec 2024, 23:10 3 hari lalu org ini bilang ....
sy sendiri lbh suka brand ini mati krn brand apapun yg mati akan terliat indah di kmudian hari
trabant / wartburg skalipun
(pasti aryowira - yg dulu sukses usir nissan dari manufacturing di indo - akan stuju bahkan dia akan senang)![]()