Bengkel scam/nakal?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

fansdiesel
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 384
Joined: 19 Jul 2018, 12:30

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by fansdiesel »

Homo homini Lupus pokoknya hidup di third world country
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 29 Nov 2024, 14:37 kenapa user sering merasa ditipu atau discam? kembali lagi kadang komunikasi SA itu nggak lengkap. barang masih lumayan panjang umurnya dia masukin estimasi, ya iya bengkak.

gak semua SA itu mau berbaik hati bilang pak ini barang sebenernya masih panjang umurnya, kebanyakan udah silau sama iming-iming komisi penjualan.
sebenernya bukan mau jualan juga, tapi mencegah komplain, terutama komplain garansi karena akan kena penalti KPI dari internal cabang, belum lagi kalau cabang itu langsung dari merek pabrikan tersebut. dan sekali kena akan merembet sampe ke level teknisi, karena perusahaan segede gitu tentu ogah rugi. nah SA karena posisi paling "tinggi" di bagian pelayanan di cabang tentu akan cari cara aman daripada kena omel atas bawah.
SA mendingan upselling aja sekalian. terutama untuk perbaikan bukan service rutin. daripada tar balik lagi. dan tentu sekalian dapet tembus target :mky_02:

kalau service rutin berkala biasanya paling nambah2in item perawatan misal brake cleaner, throttle cleaner, engine flush, ac evap cleaner dan sejenisnya, nah ini bisa ditolak tapi ga ditolak pun sebetulnya bagus kan preventif biar tetep bersih dan awet terutama pabrikan akan menganggap konsumen itu semuanya "perlu edukasi" kalau penghuni Seraya Mbah2 yang ada ditutor balik tuh SA :mky_02: :mky_02: :mky_02:

nah disinilah betul komunikasi itu penting, apalagi konsumen indo kan ajaib, maunya gratis tapi bagus dan awet :mky_02:
giliran bawa2 itu item perbaikan atau service rutin ke bengkel umum pinggir jalan, pasti akan di ketawain dibilang namanya bengkel resmi maunya profit, dan tentu bengkel umum ga akan lah jualan item preventif gitu, karena ngarepnya kan rusak biar konsumen service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11669
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by Omnibus »

kunaskun wrote: 29 Nov 2024, 20:44
ChZ wrote: 29 Nov 2024, 14:37 kenapa user sering merasa ditipu atau discam? kembali lagi kadang komunikasi SA itu nggak lengkap. barang masih lumayan panjang umurnya dia masukin estimasi, ya iya bengkak.

gak semua SA itu mau berbaik hati bilang pak ini barang sebenernya masih panjang umurnya, kebanyakan udah silau sama iming-iming komisi penjualan.
sebenernya bukan mau jualan juga, tapi mencegah komplain, terutama komplain garansi karena akan kena penalti KPI dari internal cabang, belum lagi kalau cabang itu langsung dari merek pabrikan tersebut. dan sekali kena akan merembet sampe ke level teknisi, karena perusahaan segede gitu tentu ogah rugi. nah SA karena posisi paling "tinggi" di bagian pelayanan di cabang tentu akan cari cara aman daripada kena omel atas bawah.
SA mendingan upselling aja sekalian. terutama untuk perbaikan bukan service rutin. daripada tar balik lagi. dan tentu sekalian dapet tembus target :mky_02:

kalau service rutin berkala biasanya paling nambah2in item perawatan misal brake cleaner, throttle cleaner, engine flush, ac evap cleaner dan sejenisnya, nah ini bisa ditolak tapi ga ditolak pun sebetulnya bagus kan preventif biar tetep bersih dan awet terutama pabrikan akan menganggap konsumen itu semuanya "perlu edukasi" kalau penghuni Seraya Mbah2 yang ada ditutor balik tuh SA :mky_02: :mky_02: :mky_02:

nah disinilah betul komunikasi itu penting, apalagi konsumen indo kan ajaib, maunya gratis tapi bagus dan awet :mky_02:
giliran bawa2 itu item perbaikan atau service rutin ke bengkel umum pinggir jalan, pasti akan di ketawain dibilang namanya bengkel resmi maunya profit, dan tentu bengkel umum ga akan lah jualan item preventif gitu, karena ngarepnya kan rusak biar konsumen service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11552
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by marmut »

Omnibus wrote: 29 Nov 2024, 21:25

brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:



pulang² ngebungkus kopi ama kacang.

bohuat lah..... :big_dunno:
User avatar
NovaCammy
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 25
Joined: 20 Jul 2023, 19:31
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mobil

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by NovaCammy »

ChZ wrote: 29 Nov 2024, 14:37
NovaCammy wrote: 29 Nov 2024, 14:04 Kalau bengkel scam atau nakal jangankan bengkel terkenal, bengkel resmi juga kadang markupnya gede hehe. Kemarin tanya ke bengkel resmi ganti-ganti kaki-kaki total 50 jutaan. Pas cari spesalis kaki-kaki total cuma 10 jutaan + part ori dari hondanya (dikasih bon kalau nggak salah dari Honda imora gitu).
dulu ngebenerin H miring santa fe 2013 dikasih estimasi 25 juta. konsultasi ke bengkel onderstel dapet 8 juta dgn udah dikurang-kurangin. nggak bisa nyalahin bengkel resminya markup atau mengada-ada, krn bagian dari SOP bengkel resmi. kalau kata bengkel onderstel ada item2 yang sebenernya blom perlu ganti tapi dy masukin.

- part yang walaupun masih bisa dipake, dia masukkan ke estimasi. kenapa? ya perintahnya begitu.
- bengkel resmi ngga kenal repair (baca = ngakal). mau rusak cuma 10% ya akan dimasukin ke estimasi.
- bengkel resmi ada warranty pemasangan, downtime di bengkel, ongkos jasa relatif lebih tinggi buat kerjaan bongkar/pasang. di bengkel resmi stall sebisa mungkin jangan kelamaan mobil mangkrak.

kenapa user sering merasa ditipu atau discam? kembali lagi kadang komunikasi SA itu nggak lengkap. barang masih lumayan panjang umurnya dia masukin estimasi, ya iya bengkak.

gak semua SA itu mau berbaik hati bilang pak ini barang sebenernya masih panjang umurnya, kebanyakan udah silau sama iming-iming komisi penjualan.
Yep sebenarnya untuk ini learning the hard way juga. Soalnya kebiasaan mbok di rumah sudah percaya beres. Pas kebetulan budget untuk ngebenerin mobilnya nggak bisa sebesar yang beres minta. Alhasil setelah research dan tanya-tanya forum disini, akhirnya mencoba cari spesialis kaki-kaki deh hehe. Meskipun sebagai user yang biasa terima beres di bengkel resmi khawatir hasil kerjanya, tapi syukurnya mobil aman sentosa.

Karena mungkin sebagai prespektif orang awam mungkin agak malas yah harus cari bengkel spesialis + pas didatangi tempatnya juga agak “shady” dibanding beres (mungkin yang biasa ke beres anggapannya lebih “kumuh”) jadi kurang menyakinkan. Tapi yang saya salut ke bengkel spesialis orangnya lebih apa adanya, kalau di beres kadang ada yang terbuka tapi sangat langka hehe. Soalnya kemarin sa honda kenal baik malah keluar, jadinya digetok sama beres.
Zaxis
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1176
Joined: 07 Dec 2016, 16:34

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by Zaxis »

Bengkel resmi kalo yg jebol bushing doang tapi disuruh ganti sekalian assy
Gimana ga bengkak estimasi nya
Kalo bengkel sp kaki kalo cuma bushing yah ganti bushing aja
Belon lagi fasilitas ruang tunggu AC ada Snack dan kopi sepuasnya
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by ChZ »

kunaskun wrote: 29 Nov 2024, 20:44
ChZ wrote: 29 Nov 2024, 14:37 kenapa user sering merasa ditipu atau discam? kembali lagi kadang komunikasi SA itu nggak lengkap. barang masih lumayan panjang umurnya dia masukin estimasi, ya iya bengkak.

gak semua SA itu mau berbaik hati bilang pak ini barang sebenernya masih panjang umurnya, kebanyakan udah silau sama iming-iming komisi penjualan.
sebenernya bukan mau jualan juga, tapi mencegah komplain, terutama komplain garansi karena akan kena penalti KPI dari internal cabang, belum lagi kalau cabang itu langsung dari merek pabrikan tersebut. dan sekali kena akan merembet sampe ke level teknisi, karena perusahaan segede gitu tentu ogah rugi. nah SA karena posisi paling "tinggi" di bagian pelayanan di cabang tentu akan cari cara aman daripada kena omel atas bawah.
SA mendingan upselling aja sekalian. terutama untuk perbaikan bukan service rutin. daripada tar balik lagi. dan tentu sekalian dapet tembus target :mky_02:

kalau service rutin berkala biasanya paling nambah2in item perawatan misal brake cleaner, throttle cleaner, engine flush, ac evap cleaner dan sejenisnya, nah ini bisa ditolak tapi ga ditolak pun sebetulnya bagus kan preventif biar tetep bersih dan awet terutama pabrikan akan menganggap konsumen itu semuanya "perlu edukasi" kalau penghuni Seraya Mbah2 yang ada ditutor balik tuh SA :mky_02: :mky_02: :mky_02:

nah disinilah betul komunikasi itu penting, apalagi konsumen indo kan ajaib, maunya gratis tapi bagus dan awet :mky_02:
giliran bawa2 itu item perbaikan atau service rutin ke bengkel umum pinggir jalan, pasti akan di ketawain dibilang namanya bengkel resmi maunya profit, dan tentu bengkel umum ga akan lah jualan item preventif gitu, karena ngarepnya kan rusak biar konsumen service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
kalo bengkel luar mah ngecuannya lebih seru lagi

gak ngomong apa apa tau tau udah kepasang / kepake, atau main di repair. gak tau deh repair model asemreges pulak.

keluar di bill. lebih shady lagi :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11669
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by Omnibus »

yg jd pertimbangan di part katalog memang ga ada jual bushing nya aja. adanya ya assy. jd bushing2 yg beredar diluaran termasuk di bengkel spesialis itu kemungkinan kw nya sangat besar. pdhl kl ada ori bushing only enak bgt.

nah kl ball joint nya aja toyota vrz/reborn ada di part katalog.malah di beres stok ready kemaren. honda jazz tetep ga ada.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by ChZ »

NovaCammy wrote: 30 Nov 2024, 06:31
Yep sebenarnya untuk ini learning the hard way juga. Soalnya kebiasaan mbok di rumah sudah percaya beres. Pas kebetulan budget untuk ngebenerin mobilnya nggak bisa sebesar yang beres minta. Alhasil setelah research dan tanya-tanya forum disini, akhirnya mencoba cari spesialis kaki-kaki deh hehe. Meskipun sebagai user yang biasa terima beres di bengkel resmi khawatir hasil kerjanya, tapi syukurnya mobil aman sentosa.

Karena mungkin sebagai prespektif orang awam mungkin agak malas yah harus cari bengkel spesialis + pas didatangi tempatnya juga agak “shady” dibanding beres (mungkin yang biasa ke beres anggapannya lebih “kumuh”) jadi kurang menyakinkan. Tapi yang saya salut ke bengkel spesialis orangnya lebih apa adanya, kalau di beres kadang ada yang terbuka tapi sangat langka hehe. Soalnya kemarin sa honda kenal baik malah keluar, jadinya digetok sama beres.
krn kalo di bengkel spesialis / non resmi itu paling ya owner langsung ke mekanik, ada admin juga cuma tugasnya kasir sama bikin WO doang.

kalo SA bengkel resmi itu alur kerjanya lebih banyak dan emang kerja berdasarkan SOP saja. bahkan kepala bengkel itu juga bukan owner khan :upss:

emang secara psikologis lebih enak lihat tempat kayak bengkel resmi, staffnya rapi-rapi mekanik pada bersih gak belepotan oli (ya iyalah 80% kerjaan cuma ganti oli atau general check), nunggu ruang ber-AC ada snack wifi dll. klo di bengkel umum, yang punya aja kadang ketemu kita mukanya belepotan oli krn ikut ngolong dan ubek2 mobil. nunggu ya cuma dikasih kursi plastik seadanya paling sama jajan warung di sebelahnya :big_biglaugh:

bengkel bmw spesialis saya aja lokasinya cuma di halaman rumah pemilik bengkelnya, klo saya nungguin ya di ruang tamunya, paling sama jajan es teh di warung sebelah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 790
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by Asfur »

Kalo mnrt saya bengkel resmi itu do nothing atau do it all :mky_01: :mky_01: (yg boncos konsumenini :mky_01: ) soalnya sy punya pengalaman dulu kijang sblm model innova, shock udah mati dibawa ke beres, minta ganti baru shock nya aja, sama beres shock nya msh bagus (filing ane males bongkar cuman minta ganti shock). Terus bawa ke bengkel kaki2 terbukti emang shocknya udah mati, di teken ngk membal lagi. Terus sekelas bengkel resmi ahond aja itu yg namanya engine mounting kagak tersedia partnya di bengkelnya, mesti order dulu estimasi bbrp hari, geblek kan yg namanya bengkel resmi barang gituan ngk berani nyetok, jadi asumsi saya emang bengkel2 resmi males ngerjain yg susah2 krn lama pengerjaannya rugi di labour cost, mending ngerjain yg kerjaan cepet aja (pengalaman di ahond accord cr2).
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1280
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by kenop »

Asfur wrote: 30 Nov 2024, 10:57 Kalo mnrt saya bengkel resmi itu do nothing atau do it all :mky_01: :mky_01: (yg boncos konsumenini :mky_01: ) soalnya sy punya pengalaman dulu kijang sblm model innova, shock udah mati dibawa ke beres, minta ganti baru shock nya aja, sama beres shock nya msh bagus (filing ane males bongkar cuman minta ganti shock). Terus bawa ke bengkel kaki2 terbukti emang shocknya udah mati, di teken ngk membal lagi. Terus sekelas bengkel resmi ahond aja itu yg namanya engine mounting kagak tersedia partnya di bengkelnya, mesti order dulu estimasi bbrp hari, geblek kan yg namanya bengkel resmi barang gituan ngk berani nyetok, jadi asumsi saya emang bengkel2 resmi males ngerjain yg susah2 krn lama pengerjaannya rugi di labour cost, mending ngerjain yg kerjaan cepet aja (pengalaman di ahond accord cr2).
Blm lama jg kejadian di xpander saya, bantingan mobil berasa beda jd keras tp mentul2, kayaknya shock berulah nih

Bawa ke bengkel resmi, di tes jalan mekanik, dia blg normal, sy minta bongkar buat cek mereka ngga mau, trs dikasih bon 275rb jasa cek :mky_04:
Pdhl cm tes jalan muter2 doang :big_slap:

Bbrp hr kemudian krn makin yakin ini shock nya, sy beli aja deh shock nya di beres, bawa ke bengkel kaki2 buat ganti

Bener aja pas dibongkar uda pd modar shocknya
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by rakyatwkwkland »

Mungkin emg nasib2an kali ya kalo sama beres ini.

Kebetulan kl ane sama beres susuki yg biasa ane datengin cukup puas sih. Yang rusak ya disuruh ganti, kalo masih bagus dia akan bilang gausah. Harga part transparan terang benderang krn bisa dicek di website dan sama persis dgn harga di beres. Jasa juga yaa at least gak mahal2 amat lahhh... Terakhir kali ane ganti engine mounting malah sempet nanya harga di bengkel deket rumah, kena getok sejokut untuk sebijinya. Cek di eparts di beres cuma kena gopek... yauda ane ke beres, kena sama ongkos cmn 600 rb, part dapat disc 10% pulak krn booking dulu.

Paling yg rada geblek, masa support shock depan udah satu bulanan nih ane tungguin barangnya kosong terus. Katanya kosong dari pusat scr nasional. Ane iseng coba chat tokoijo yg direkomen dari SM juga katanya spesialis jualan part susuki, sama kosong juga :big_slap: Yg jadi masalah ini shock depan berasa udah letoy nih, kalo hajar poldur/lubang berasa yg belakang masih main yg depan gubrakkk... yaudah akhirnya ditahan2 dulu deh daripada ganti shock dulu baru nanti ganti supportnya, jadi 2 kali kerja. Oh ya, mobil odometer 100rban jd emg udh mulai masuk masa2nya jajan kaki2 si.

Oh ya, krn harus ganti shockbreaker sama bushing arm, ane sempet cari second opinion ke 2 bengkel spesialis kaki2 dari trit rekomendasi bengkel. Hasilnya, kalau sama2 full pakai part ori harganya podo wae atau beda dikit banget sama beres. Terbukti beres cap S ini no getok2 :big_exellent:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16443
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by ChZ »

rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2024, 12:01 Mungkin emg nasib2an kali ya kalo sama beres ini.

Kebetulan kl ane sama beres susuki yg biasa ane datengin cukup puas sih. Yang rusak ya disuruh ganti, kalo masih bagus dia akan bilang gausah. Harga part transparan terang benderang krn bisa dicek di website dan sama persis dgn harga di beres. Jasa juga yaa at least gak mahal2 amat lahhh... Terakhir kali ane ganti engine mounting malah sempet nanya harga di bengkel deket rumah, kena getok sejokut untuk sebijinya. Cek di eparts di beres cuma kena gopek... yauda ane ke beres, kena sama ongkos cmn 600 rb, part dapat disc 10% pulak krn booking dulu.

Paling yg rada geblek, masa support shock depan udah satu bulanan nih ane tungguin barangnya kosong terus. Katanya kosong dari pusat scr nasional. Ane iseng coba chat tokoijo yg direkomen dari SM juga katanya spesialis jualan part susuki, sama kosong juga :big_slap: Yg jadi masalah ini shock depan berasa udah letoy nih, kalo hajar poldur/lubang berasa yg belakang masih main yg depan gubrakkk... yaudah akhirnya ditahan2 dulu deh daripada ganti shock dulu baru nanti ganti supportnya, jadi 2 kali kerja. Oh ya, mobil odometer 100rban jd emg udh mulai masuk masa2nya jajan kaki2 si.

Oh ya, krn harus ganti shockbreaker sama bushing arm, ane sempet cari second opinion ke 2 bengkel spesialis kaki2 dari trit rekomendasi bengkel. Hasilnya, kalau sama2 full pakai part ori harganya podo wae atau beda dikit banget sama beres. Terbukti beres cap S ini no getok2 :big_exellent:
cap S ini emang menangnya parts catalog tersedia onlen. dulu benerin SX4 tabrakan juga saya bisa cek itu part 100% sama persis dgn harga di katalog. emang harganya part SX4 lumayan ngehek banyak japan nya :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1658
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by lemonadelovers »

Bengres rapi2 krna kebanyakan kerjakan servis rutin aja. Bengkel spesialis malah kebanyakan ngerjain kerjaan berat.
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT

Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by kunaskun »

ChZ wrote: 30 Nov 2024, 10:06 kalo bengkel luar mah ngecuannya lebih seru lagi

gak ngomong apa apa tau tau udah kepasang / kepake, atau main di repair. gak tau deh repair model asemreges pulak.

keluar di bill. lebih shady lagi :upss:
nah kan jadi sama saja. apalagi dah modelan bengkel spesialis merek A dan B, kadang karena label spesialis jadi udah pede kasih jasa dan part sekian, giliran di cross check ke bengkel resmi lah beda ga jauh, ya bengkel resmi lah ada jaminan garansi pengerjaan :big_biglaugh:
Omnibus wrote: 30 Nov 2024, 10:12 yg jd pertimbangan di part katalog memang ga ada jual bushing nya aja. adanya ya assy. jd bushing2 yg beredar diluaran termasuk di bengkel spesialis itu kemungkinan kw nya sangat besar. pdhl kl ada ori bushing only enak bgt.

nah kl ball joint nya aja toyota vrz/reborn ada di part katalog.malah di beres stok ready kemaren. honda jazz tetep ga ada.
kalau ada bushing only, pabrikan ga cuan mbah, karena harga karet sebiji gitu doang mau berapa mahal sih :big_biglaugh:
tapi soal ini pernah ngobrol dengan kepala teknisi di salah satu merek, kenapa bushing swing arm atas atau bawah atau luar dalem itu jarang banget dijual terpisah, alasannya gini:
1. masangnya susah karena pabrikan asumsikan bengkel resmi yg akan pasang jadi kemampuan sumber daya di pertimbangan, tapi ya masa iya engineer kaga bisa design canggihan dikit.
2. keamanan dan kenyamanan, karena konsumen indo itu kreatif kan, kaya ganti sokbreker dan ban idealnya kan satu poros bersamaan, nah katakan ada 3 bushing di satu swing arm, satu doang kelihatan rusak, nah tar diganti itu doang, padahal 2 lagi mestinya performa juga menurun, pas dipasang hasil ga maksimal dan ga berapa lama bushing lain jebol, nah bengkel resmi lagi yg kena, soal cara komunikasi sulit juga salah ngomong dikit tar kemana2.

btw, ini misteri juga sama dengan headlamp assy, itu rata2 merek jepang pasti 2 part jadi satu, lensa dan covernya saja dan masing2 ada part number, tapi ga bisa diorder terpisah, kalau mau cover saja pasti out of stock atau ga bisa diorder :big_biglaugh:
Omnibus wrote: 29 Nov 2024, 21:25 brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:
kalau saya karena sudah kenal dengan beberapa merek SA, mereka sudah auto coret tu item2 preventif :mky_02:
kadang ada yang nawarin, pak ini udah sekian ribu km loh, ditambahin aja ya, sambil kasih kode2 minta "dibantu" penjualan, ya sudahlah hitung2 kalau ada apa2 juga kali2 tar dibantu :mky_03:
Last edited by kunaskun on 30 Nov 2024, 20:17, edited 1 time in total.
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4235
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by kunaskun »

Asfur wrote: 30 Nov 2024, 10:57 Kalo mnrt saya bengkel resmi itu do nothing atau do it all :mky_01: :mky_01: (yg boncos konsumenini :mky_01: ) soalnya sy punya pengalaman dulu kijang sblm model innova, shock udah mati dibawa ke beres, minta ganti baru shock nya aja, sama beres shock nya msh bagus (filing ane males bongkar cuman minta ganti shock). Terus bawa ke bengkel kaki2 terbukti emang shocknya udah mati, di teken ngk membal lagi. Terus sekelas bengkel resmi ahond aja itu yg namanya engine mounting kagak tersedia partnya di bengkelnya, mesti order dulu estimasi bbrp hari, geblek kan yg namanya bengkel resmi barang gituan ngk berani nyetok, jadi asumsi saya emang bengkel2 resmi males ngerjain yg susah2 krn lama pengerjaannya rugi di labour cost, mending ngerjain yg kerjaan cepet aja (pengalaman di ahond accord cr2).
kalau ga salah bagian spare part pun ada KPI-nya. jadi stock man ga berani order yg aneh2, mereka juga tanggung jawab urusan perputaran spare part.
soal rugi labor cost menurut saya ngga, karena sudah ada hitungan dari pabrikan di komputer mereka, ketika diinput part A maka otomatis keluar biaya jasa pemasangan sekian, walau kadang suka ajaib, misal pernah lihat di salah satu merek kalau ganti v-belt/fan belt biayanya hanya 0.5x dari biaya ganti oli ATF, padahal itu V-belt posisinya mesti dari bawah, bongkar cover roda kanan dulu, terus sempit banget ruangannya sampe lepas separuh kaki2, sedangkan ganti oli atf ga sampe sejam karena pake mesin dan cuma buka cover bawah terus bautnya udah kelihatan. :big_biglaugh:
rakyatwkwkland
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 876
Joined: 01 Sep 2019, 16:45
Location: Jekardah
Daily Vehicle: K15B-4AT

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by rakyatwkwkland »

ChZ wrote: 30 Nov 2024, 12:20
rakyatwkwkland wrote: 30 Nov 2024, 12:01 Mungkin emg nasib2an kali ya kalo sama beres ini.

Kebetulan kl ane sama beres susuki yg biasa ane datengin cukup puas sih. Yang rusak ya disuruh ganti, kalo masih bagus dia akan bilang gausah. Harga part transparan terang benderang krn bisa dicek di website dan sama persis dgn harga di beres. Jasa juga yaa at least gak mahal2 amat lahhh... Terakhir kali ane ganti engine mounting malah sempet nanya harga di bengkel deket rumah, kena getok sejokut untuk sebijinya. Cek di eparts di beres cuma kena gopek... yauda ane ke beres, kena sama ongkos cmn 600 rb, part dapat disc 10% pulak krn booking dulu.

Paling yg rada geblek, masa support shock depan udah satu bulanan nih ane tungguin barangnya kosong terus. Katanya kosong dari pusat scr nasional. Ane iseng coba chat tokoijo yg direkomen dari SM juga katanya spesialis jualan part susuki, sama kosong juga :big_slap: Yg jadi masalah ini shock depan berasa udah letoy nih, kalo hajar poldur/lubang berasa yg belakang masih main yg depan gubrakkk... yaudah akhirnya ditahan2 dulu deh daripada ganti shock dulu baru nanti ganti supportnya, jadi 2 kali kerja. Oh ya, mobil odometer 100rban jd emg udh mulai masuk masa2nya jajan kaki2 si.

Oh ya, krn harus ganti shockbreaker sama bushing arm, ane sempet cari second opinion ke 2 bengkel spesialis kaki2 dari trit rekomendasi bengkel. Hasilnya, kalau sama2 full pakai part ori harganya podo wae atau beda dikit banget sama beres. Terbukti beres cap S ini no getok2 :big_exellent:
cap S ini emang menangnya parts catalog tersedia onlen. dulu benerin SX4 tabrakan juga saya bisa cek itu part 100% sama persis dgn harga di katalog. emang harganya part SX4 lumayan ngehek banyak japan nya :ungg:
Bener banget. Merek satu ini harga sparepart sangat tergantung dgn merek.

Kita ambil contoh satu, yg di merek lain kadang harganya bisa fantastis, rack steer assy ori. Kalo model yg made for indihe macam ertiga, baleno HB, SX4 yg S cross itu 2-3 juta juga udah dapet. Begitu geser ke model yg made for jepun and yurop macam Swift, SX4 yg X-over, grand vitara yg msh RWD, wah itu joss gondos harganya, pasti dobel digit. SX4 X-over malah dobel digitnya kepala 2. Jimny yg gen 4 baik 3 doors dan 5 doors untungnya masih single digit, tp single digitnya 9 juta wkwkwk... Yang pernah ane nemu paling mencengangkan malah Jimny gen 3, rack steer assynya 30an juta :big_weee:

Netijen mah paling jago kalo teriak maunya model jepun... kenapa sih yg dimasukin model indihe padahal yg model jepun bagus2... ntar liat harga sparepart model made for jepun nangesss...

Yg paling bener tuh memang kaya misalnya baleno HB terbaru dan grand vitara yg skrg, made for indihe sparepart pasti murah, naikan masih enak, tapi model ttp cantik
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2290
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by darrelund »

Omnibus wrote: 29 Nov 2024, 21:25
brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:
klo tiap serpis ditawarin enjin flush mulu gmn mbah?
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2290
Joined: 04 Jun 2018, 20:35
Location: Jakarta

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by darrelund »

Zaxis wrote: 30 Nov 2024, 09:45 Bengkel resmi kalo yg jebol bushing doang tapi disuruh ganti sekalian assy
Gimana ga bengkak estimasi nya
Kalo bengkel sp kaki kalo cuma bushing yah ganti bushing aja
Belon lagi fasilitas ruang tunggu AC ada Snack dan kopi sepuasnya
selain yg mbah omni bilang

beres jg sebenerna gamau ambil resiko mbah

misal dah bongpas bushing tau" arm nya jebol kan beres lg yang salah :big_biglaugh:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11669
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by Omnibus »

darrelund wrote: 01 Dec 2024, 11:49
Omnibus wrote: 29 Nov 2024, 21:25
brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:
klo tiap serpis ditawarin enjin flush mulu gmn mbah?
jangan servis disitu


.... :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11552
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by marmut »

Omnibus wrote: 01 Dec 2024, 12:19


IMG-20241128-WA0048.jpg
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27253
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 29 Nov 2024, 21:25
kunaskun wrote: 29 Nov 2024, 20:44
ChZ wrote: 29 Nov 2024, 14:37 kenapa user sering merasa ditipu atau discam? kembali lagi kadang komunikasi SA itu nggak lengkap. barang masih lumayan panjang umurnya dia masukin estimasi, ya iya bengkak.

gak semua SA itu mau berbaik hati bilang pak ini barang sebenernya masih panjang umurnya, kebanyakan udah silau sama iming-iming komisi penjualan.
sebenernya bukan mau jualan juga, tapi mencegah komplain, terutama komplain garansi karena akan kena penalti KPI dari internal cabang, belum lagi kalau cabang itu langsung dari merek pabrikan tersebut. dan sekali kena akan merembet sampe ke level teknisi, karena perusahaan segede gitu tentu ogah rugi. nah SA karena posisi paling "tinggi" di bagian pelayanan di cabang tentu akan cari cara aman daripada kena omel atas bawah.
SA mendingan upselling aja sekalian. terutama untuk perbaikan bukan service rutin. daripada tar balik lagi. dan tentu sekalian dapet tembus target :mky_02:

kalau service rutin berkala biasanya paling nambah2in item perawatan misal brake cleaner, throttle cleaner, engine flush, ac evap cleaner dan sejenisnya, nah ini bisa ditolak tapi ga ditolak pun sebetulnya bagus kan preventif biar tetep bersih dan awet terutama pabrikan akan menganggap konsumen itu semuanya "perlu edukasi" kalau penghuni Seraya Mbah2 yang ada ditutor balik tuh SA :mky_02: :mky_02: :mky_02:

nah disinilah betul komunikasi itu penting, apalagi konsumen indo kan ajaib, maunya gratis tapi bagus dan awet :mky_02:
giliran bawa2 itu item perbaikan atau service rutin ke bengkel umum pinggir jalan, pasti akan di ketawain dibilang namanya bengkel resmi maunya profit, dan tentu bengkel umum ga akan lah jualan item preventif gitu, karena ngarepnya kan rusak biar konsumen service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:
itu SA nya pasti golongan milenial

kl SA nya ud sesepuh, palagi lulusan kampus kita orang

ga ad tu namanya bersihin mesin pake brake kliner, trotel kliner sgala

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11669
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 01 Dec 2024, 13:18
itu SA nya pasti golongan milenial

kl SA nya ud sesepuh, palagi lulusan kampus kita orang

ga ad tu namanya bersihin mesin pake brake kliner, trotel kliner sgala

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
kita org juga golongan sesepuh mbah tp ga pake sabun colek/rinso. trus pin kaliper kita org juga ga pake tancho.

:weekk:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 972
Joined: 20 Jun 2012, 01:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2013 Toyota ZRR70R-APXEPD

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by azu »

DOHC wrote: 01 Dec 2024, 13:18
Omnibus wrote: 29 Nov 2024, 21:25
kunaskun wrote: 29 Nov 2024, 20:44

sebenernya bukan mau jualan juga, tapi mencegah komplain, terutama komplain garansi karena akan kena penalti KPI dari internal cabang, belum lagi kalau cabang itu langsung dari merek pabrikan tersebut. dan sekali kena akan merembet sampe ke level teknisi, karena perusahaan segede gitu tentu ogah rugi. nah SA karena posisi paling "tinggi" di bagian pelayanan di cabang tentu akan cari cara aman daripada kena omel atas bawah.
SA mendingan upselling aja sekalian. terutama untuk perbaikan bukan service rutin. daripada tar balik lagi. dan tentu sekalian dapet tembus target :mky_02:

kalau service rutin berkala biasanya paling nambah2in item perawatan misal brake cleaner, throttle cleaner, engine flush, ac evap cleaner dan sejenisnya, nah ini bisa ditolak tapi ga ditolak pun sebetulnya bagus kan preventif biar tetep bersih dan awet terutama pabrikan akan menganggap konsumen itu semuanya "perlu edukasi" kalau penghuni Seraya Mbah2 yang ada ditutor balik tuh SA :mky_02: :mky_02: :mky_02:

nah disinilah betul komunikasi itu penting, apalagi konsumen indo kan ajaib, maunya gratis tapi bagus dan awet :mky_02:
giliran bawa2 itu item perbaikan atau service rutin ke bengkel umum pinggir jalan, pasti akan di ketawain dibilang namanya bengkel resmi maunya profit, dan tentu bengkel umum ga akan lah jualan item preventif gitu, karena ngarepnya kan rusak biar konsumen service :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh:
brake cleaner - - tolak
throttle cleaner - - tolak

dalem ati SA nya, mau dibersihinnya pake apaan. masa pake ludah.

terus
oli - - bawa sendiri
filter - - bawa sendiri

SA nya puyeng bocuan customer kaya gini :mky_01:
itu SA nya pasti golongan milenial

kl SA nya ud sesepuh, palagi lulusan kampus kita orang

ga ad tu namanya bersihin mesin pake brake kliner, trotel kliner sgala

:mky_03: :mky_03: :mky_03:
Bersihinnya pakai bensin, ambilnya dari tanki bensin pelanggan :big_biglaugh:


Eh ini mah Bengkel Sepeda Motor jaman karbu dulu :big_slap:
Past
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Current
2013 Toyota ZRR70R-APXEPD
thestoneroses
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 593
Joined: 22 Jan 2015, 18:45
Location: +62 / +65

Re: Bengkel scam/nakal?

Post by thestoneroses »

Ingin sharing, kisah lama.

Tahun 2018-19 saya pernah punya operasional mobilio 3 buah. Beli semua 2014. Semua matic. Rawatan ngonda resmi, di deket hermina jatinegara.
Yang 2 workhorse, km 150an ribu. Yang 1 memang buat antar sekolah aja. Rutenya hanya tebet rawamangun (sehari 14 km). Km baru 20an ribu.
Yang manja ini, km rendah, justru bermasalah. Mulai 2018 (tahun ke-4) itu check engine suka nyala. Speedometer suka naik-turun sendiri (ada di thread lio kalau ngga salah panjangnya). Suka kalau abis dimatiin ngga mau hidup, ngga bunyi distater. Aki aman.

Vonisnya dulu: ganti fuel pump (ngebengkel pertama), ganti throttle dan teman2 di engine (ngebengkel kedua), saya ikutin aja. Pingin tahu, ini mekanik-mekanik fresh from the oven, verdomme, bersih semua, kerjanya gimana. Sempet 2 minggu nginep, ngga beres. Sampai terakhir diminta ganti ecu (15 juta) dengan catatan SA belum tentu masalahnya selesai. Wkwkwk ya saya tolak yg terakhir, total jenderal udah kena 10an itu di beres.

Singkat cerita, saya diemin aja itu lio teringdruk. 2020 diambil orang daerah, setelah itu ngga tahu lagi kabarnya.

Makanya kalau ngobrol saya selalu bilang ke orang2:
Ngurus W140, 406, S90, V70, outlander, nopopah, bahkan 300GE matic bekas aparatur negara itu jauh lebih gampang daripada ngurus mobilio. Semua kasus mobil bensin. Karena semua masalahnya pasti ketemu dan selesai. Baik di beres atau bukan. (Yang ngga selesai di beres itu kisi2 ac tengah belakang W140, order sama kawan yang keluar; atau tuas klakson 406 d8 yg agak keras lama-lama klakson perlu effort).

Positifnya si lio, 5 tahun dipegang 3-3nya ngga pernah dimakan tikus kabel klaksonnya.
W140 pas pandemi aja 2x saya ganti kabel klakson. Wkwkwkwk

Operasional sejak ganti ertiga gak ada cerita apa2. Oiya, semua mobil saya isi pom yg ngga ngantri. Apapun. Mixed campur.
Pernah beli premium 92 liter dan didokumentasikan sama petugas spbu lenteng agung (2019, sebelum premium diapus).

Yah begitulah wkwkwk
Ron Asheton Forever
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post