Serba Serbi Ban Part 5

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
BronKarbunov
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 10 Feb 2018, 09:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CamryXV40

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by BronKarbunov »

farizfsa wrote: 09 Oct 2024, 12:38
BronKarbunov wrote: 09 Oct 2024, 10:41
Suryaputra wrote: 08 Oct 2024, 18:17

Comforttred emg buat comfort dan silence
Buat f10 makin joss nyamannya.

Klo f1 sport ini buat agressive driving sih
Sidewall lbh keras juga :big_grin:

Thanks jawabannya Gan

Kalau Hankook Ventus Prime 3 bagaimana ya Gan? Apa cukup empuk dan senyap?
hankook ventus prime 3 ban udh agak lama om. mendingan beli goodyear f1 sport aja buat f10 standaran karena suspensi udh empuk itu mbl.

ventus prime 4 ada kok itu 245 45 18, di SM tokoijo. saya jg pakai ventus prime 4 ini di 218i f45 ban enak dan murmer
Saya juga kira SM Tokoijo ada Gan karena di etalase nya ada, tapi setelah tanya, bolak balik jawabannya, awalnya bilang ada terus gada, terus ada tp hrs indent terus ud mau bayar dblg gada, sedih di php

Saya tanya sampai ke Hankook Tire Indo, dijwb jg awalnya ada terus dblg ukuran tsb gda, adanya Prime 3, cape ati

Prime 3 saya lihat review di luar maupun di sini plus minus nya byk, kalo prime 4 fix bagus jadi bingung

Jadi pilihan saya paling dari murah ke mahal urutannya begini
- Hankook Ventus Prime 3
- Goodyear F1 Eagle Sport
- Goodyear Assurance ComfortTred
- Michelin Primacy 4

Menurut pengalaman dan ilmu agan2 sekalian paling empuk dan senyap yang mana ya?

Ban bawaan dari owner sebelumnya GT Radial Champiro HPY tahun 2018 dan 2020, ud keras dan byk retak2 juga, dibanding ban tsb semua lebih empuk ya?
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

MSU wrote: 14 Oct 2024, 09:49
Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 07:57 ban dunlop SP turing umur 2 tahun, jalan sktr 5000 km. tiap 2 hari angin habis, dibawa ke tukang tambal ban, sudah di cari dari bibir velg dan ban, pentil ban, tapak ban, dinding samping luar dalam, velg bagian dalam tidak ditemukan kebocoran.
terakhir di pompa 40 psi, di rendem air tidak ketemu kebocoran.
bingung mesti bagaimana lagi, ada saran ?
kalo udh nyerah...pakein ban dalam + jadiin ban serep om
atau pake cairan tambal ban + jadi ban serep jg
om MSU pernah pakai cairan tambal ban itu ?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1795
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by MSU »

Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 11:55
MSU wrote: 14 Oct 2024, 09:49
Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 07:57 ban dunlop SP turing umur 2 tahun, jalan sktr 5000 km. tiap 2 hari angin habis, dibawa ke tukang tambal ban, sudah di cari dari bibir velg dan ban, pentil ban, tapak ban, dinding samping luar dalam, velg bagian dalam tidak ditemukan kebocoran.
terakhir di pompa 40 psi, di rendem air tidak ketemu kebocoran.
bingung mesti bagaimana lagi, ada saran ?
kalo udh nyerah...pakein ban dalam + jadiin ban serep om
atau pake cairan tambal ban + jadi ban serep jg
om MSU pernah pakai cairan tambal ban itu ?
belum om...kalo pake ban dalam sih pernah...tp sy pake jd ban serep
btw dulu pernah pake sp touring jg jaman masih kode T1....angin kayak cepet turun wkwk
pas ganti ke ecopeang aman...
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 232
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Supersedan »

Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 07:57 ban dunlop SP turing umur 2 tahun, jalan sktr 5000 km. tiap 2 hari angin habis, dibawa ke tukang tambal ban, sudah di cari dari bibir velg dan ban, pentil ban, tapak ban, dinding samping luar dalam, velg bagian dalam tidak ditemukan kebocoran.
terakhir di pompa 40 psi, di rendem air tidak ketemu kebocoran.
bingung mesti bagaimana lagi, ada saran ?
Coba pake cairan untuk ban itu om, pengalaman saya pake cairan itu ampuh buat masalah angin suka berkurang padahal di cek semuanya bagus.
Kalo nanti setelah di isi cairan hasilnya bagus. Ban di balancing ulang, karena cairannya kering bikin titik berat ban berubah bikin geter.
vignette wrote: 14 Oct 2024, 08:27 permisi om2 sekalian, gerobak saya AN Ertiga 2021, saat ini masih pake ban enasep bawaan ukuran 185/65 R15.
ada rencana untuk peremajaan ban yang sudah mepet TWI ke ukuran 195/60 R15 atau 195/65 R15.
seandainya upsize, ban serepnya apakah juga harus diganti mengikuti ukuran ban barunya? atau tetep aman2 aja pake ukuran ban lama?

thanks in advance
Saya upsize ukuran ban, untuk ban serep saya upsize jg tapi pake yg murah aja, pake laufenn :big_biglaugh:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

Supersedan wrote: 14 Oct 2024, 12:19
Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 07:57 ban dunlop SP turing umur 2 tahun, jalan sktr 5000 km. tiap 2 hari angin habis, dibawa ke tukang tambal ban, sudah di cari dari bibir velg dan ban, pentil ban, tapak ban, dinding samping luar dalam, velg bagian dalam tidak ditemukan kebocoran.
terakhir di pompa 40 psi, di rendem air tidak ketemu kebocoran.
bingung mesti bagaimana lagi, ada saran ?
Coba pake cairan untuk ban itu om, pengalaman saya pake cairan itu ampuh buat masalah angin suka berkurang padahal di cek semuanya bagus.
Kalo nanti setelah di isi cairan hasilnya bagus. Ban di balancing ulang, karena cairannya kering bikin titik berat ban berubah bikin geter.
vignette wrote: 14 Oct 2024, 08:27 permisi om2 sekalian, gerobak saya AN Ertiga 2021, saat ini masih pake ban enasep bawaan ukuran 185/65 R15.
ada rencana untuk peremajaan ban yang sudah mepet TWI ke ukuran 195/60 R15 atau 195/65 R15.
seandainya upsize, ban serepnya apakah juga harus diganti mengikuti ukuran ban barunya? atau tetep aman2 aja pake ukuran ban lama?

thanks in advance
Saya upsize ukuran ban, untuk ban serep saya upsize jg tapi pake yg murah aja, pake laufenn :big_biglaugh:
om Supersedan pakai cairan merk apa? saya baca ttg cairan itu banyak pro kontra.

yg kontra banyak, katanya membuat ban tidak bisa balance, setir getar dikecepatan tinggi, merusak velg (korosif).
saya cek di opisial store m-oneofficial tokopedia menurut mereka cairannya tidak akan mengering jadi membuat ban tidak bisa balance.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 232
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Supersedan »

Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 13:18
Supersedan wrote: 14 Oct 2024, 12:19
Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 07:57 ban dunlop SP turing umur 2 tahun, jalan sktr 5000 km. tiap 2 hari angin habis, dibawa ke tukang tambal ban, sudah di cari dari bibir velg dan ban, pentil ban, tapak ban, dinding samping luar dalam, velg bagian dalam tidak ditemukan kebocoran.
terakhir di pompa 40 psi, di rendem air tidak ketemu kebocoran.
bingung mesti bagaimana lagi, ada saran ?
Coba pake cairan untuk ban itu om, pengalaman saya pake cairan itu ampuh buat masalah angin suka berkurang padahal di cek semuanya bagus.
Kalo nanti setelah di isi cairan hasilnya bagus. Ban di balancing ulang, karena cairannya kering bikin titik berat ban berubah bikin geter.
vignette wrote: 14 Oct 2024, 08:27 permisi om2 sekalian, gerobak saya AN Ertiga 2021, saat ini masih pake ban enasep bawaan ukuran 185/65 R15.
ada rencana untuk peremajaan ban yang sudah mepet TWI ke ukuran 195/60 R15 atau 195/65 R15.
seandainya upsize, ban serepnya apakah juga harus diganti mengikuti ukuran ban barunya? atau tetep aman2 aja pake ukuran ban lama?

thanks in advance
Saya upsize ukuran ban, untuk ban serep saya upsize jg tapi pake yg murah aja, pake laufenn :big_biglaugh:
om Supersedan pakai cairan merk apa? saya baca ttg cairan itu banyak pro kontra.

yg kontra banyak, katanya membuat ban tidak bisa balance, setir getar dikecepatan tinggi, merusak velg (korosif).
saya cek di opisial store m-oneofficial tokopedia menurut mereka cairannya tidak akan mengering jadi membuat ban tidak bisa balance.
Pake merk aspira om.
Iya bikir stir getar makanya di balancing lg rodanya nanti kalo sudah gak berkurang anginnya.
Waktu saya bongkar ban, cairannya itu mengering kok, menenpel menyerupai mirip agrar-agar texturenya.

Pas pake cairan di ban lama kurang lebih 1 1/2 tahun gak ada masalah di velgnya, pas ganti ban baru jg aman sampai sekarang velgnya.

Pengalaman yg lain pake cairan ban di motor. Pake ban merk aspira pas udah jalan setahun selalu berkuang angin di ban depan & belakang. Seminggu bisa kurang 10 psi.
Akhirnya ban depan belakang dikasih cairan ban. Udah mau 3 bulan cek angin gak berkurang anginnya.
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

Supersedan wrote: 14 Oct 2024, 14:35
Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 13:18
Supersedan wrote: 14 Oct 2024, 12:19
Coba pake cairan untuk ban itu om, pengalaman saya pake cairan itu ampuh buat masalah angin suka berkurang padahal di cek semuanya bagus.
Kalo nanti setelah di isi cairan hasilnya bagus. Ban di balancing ulang, karena cairannya kering bikin titik berat ban berubah bikin geter.

Saya upsize ukuran ban, untuk ban serep saya upsize jg tapi pake yg murah aja, pake laufenn :big_biglaugh:
om Supersedan pakai cairan merk apa? saya baca ttg cairan itu banyak pro kontra.

yg kontra banyak, katanya membuat ban tidak bisa balance, setir getar dikecepatan tinggi, merusak velg (korosif).
saya cek di opisial store m-oneofficial tokopedia menurut mereka cairannya tidak akan mengering jadi membuat ban tidak bisa balance.
Pake merk aspira om.
Iya bikir stir getar makanya di balancing lg rodanya nanti kalo sudah gak berkurang anginnya.
Waktu saya bongkar ban, cairannya itu mengering kok, menenpel menyerupai mirip agrar-agar texturenya.

Pas pake cairan di ban lama kurang lebih 1 1/2 tahun gak ada masalah di velgnya, pas ganti ban baru jg aman sampai sekarang velgnya.

Pengalaman yg lain pake cairan ban di motor. Pake ban merk aspira pas udah jalan setahun selalu berkuang angin di ban depan & belakang. Seminggu bisa kurang 10 psi.
Akhirnya ban depan belakang dikasih cairan ban. Udah mau 3 bulan cek angin gak berkurang anginnya.
Terima kasih sharingnya om supersedan
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

vignette wrote: 14 Oct 2024, 09:42
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 09:31
vignette wrote: 14 Oct 2024, 08:27 permisi om2 sekalian, gerobak saya AN Ertiga 2021, saat ini masih pake ban enasep bawaan ukuran 185/65 R15.
ada rencana untuk peremajaan ban yang sudah mepet TWI ke ukuran 195/60 R15 atau 195/65 R15.
seandainya upsize, ban serepnya apakah juga harus diganti mengikuti ukuran ban barunya? atau tetep aman2 aja pake ukuran ban lama?

thanks in advance
Pakai aja ukuran oem.

Knp mau upsize?
waktu baca2 trit ban part 4, ada juga yang pake ertiga bannya diupsize ke 195/65, biar lebih stabil aja karena mayoritas pemakaian buat ngetol jakarta - jogja.
pertimbangan why not to upsize apa aja ya?
kalo memang ternyata banyak mudharat daripada manfaatnya ya stick to OEM size gapapa kok, yang penting bannya diganti yang better aja :big_smile]
just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
vignette
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 27 Mar 2019, 14:25

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vignette »

Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 17:22
vignette wrote: 14 Oct 2024, 09:42
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 09:31

Pakai aja ukuran oem.

Knp mau upsize?
waktu baca2 trit ban part 4, ada juga yang pake ertiga bannya diupsize ke 195/65, biar lebih stabil aja karena mayoritas pemakaian buat ngetol jakarta - jogja.
pertimbangan why not to upsize apa aja ya?
kalo memang ternyata banyak mudharat daripada manfaatnya ya stick to OEM size gapapa kok, yang penting bannya diganti yang better aja :big_smile]
just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
wah, baru tau kalo ternyata ada efek samping kesana.
oke deh noted om, saya urungkan dulu niat buat upsizenya.
saat ini ban inceran ada falken ze310r, GY maxguard, BS turanza (less preferable karena paling mahal), sama BFG Adv Touring (kalo nemu barangnya). kalo ada inputan mengenai ban2 tersebut, atau kalo ada saran lain juga boleh banget
:big_deal: :big_deal:
Last edited by vignette on 14 Oct 2024, 20:01, edited 1 time in total.
bayp4amd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 11 May 2024, 21:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by bayp4amd »

Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 17:22
vignette wrote: 14 Oct 2024, 09:42
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 09:31

Pakai aja ukuran oem.

Knp mau upsize?
waktu baca2 trit ban part 4, ada juga yang pake ertiga bannya diupsize ke 195/65, biar lebih stabil aja karena mayoritas pemakaian buat ngetol jakarta - jogja.
pertimbangan why not to upsize apa aja ya?
kalo memang ternyata banyak mudharat daripada manfaatnya ya stick to OEM size gapapa kok, yang penting bannya diganti yang better aja :big_smile]
just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
Misalnya untuk case xpander cross om, bawaannya ban enasep ukuran 205/55 r17 kalo gak salah
Kalau ingin ganti ke merk ban atau tipe lain yang lebih bagus, banyakan size 205/60 atau 215/55 untuk size r17
Kalau seperti itu case nya baiknya gimana om? Lebih baik size 205/60 atau 215/55 untuk r17?
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

bayp4amd wrote: 14 Oct 2024, 21:08
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 17:22
vignette wrote: 14 Oct 2024, 09:42

waktu baca2 trit ban part 4, ada juga yang pake ertiga bannya diupsize ke 195/65, biar lebih stabil aja karena mayoritas pemakaian buat ngetol jakarta - jogja.
pertimbangan why not to upsize apa aja ya?
kalo memang ternyata banyak mudharat daripada manfaatnya ya stick to OEM size gapapa kok, yang penting bannya diganti yang better aja :big_smile]
just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
Misalnya untuk case xpander cross om, bawaannya ban enasep ukuran 205/55 r17 kalo gak salah
Kalau ingin ganti ke merk ban atau tipe lain yang lebih bagus, banyakan size 205/60 atau 215/55 untuk size r17
Kalau seperti itu case nya baiknya gimana om? Lebih baik size 205/60 atau 215/55 untuk r17?
Klo spt itu no choice, gpp.

Krn bs diakali aja dgn ban yg sidewallnya lbh strong dr ehnasep.
Klo sy pribadi both ok, cari yg lbh bnyk pilihan.
Last edited by Suryaputra on 14 Oct 2024, 21:26, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

vignette wrote: 14 Oct 2024, 19:59
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 17:22
vignette wrote: 14 Oct 2024, 09:42

waktu baca2 trit ban part 4, ada juga yang pake ertiga bannya diupsize ke 195/65, biar lebih stabil aja karena mayoritas pemakaian buat ngetol jakarta - jogja.
pertimbangan why not to upsize apa aja ya?
kalo memang ternyata banyak mudharat daripada manfaatnya ya stick to OEM size gapapa kok, yang penting bannya diganti yang better aja :big_smile]
just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
wah, baru tau kalo ternyata ada efek samping kesana.
oke deh noted om, saya urungkan dulu niat buat upsizenya.
saat ini ban inceran ada falken ze310r, GY maxguard, BS turanza (less preferable karena paling mahal), sama BFG Adv Touring (kalo nemu barangnya). kalo ada inputan mengenai ban2 tersebut, atau kalo ada saran lain juga boleh banget
:big_deal: :big_deal:
Gy maxguard cocok buat ertiga yg karakternya cenderung empuk yah.
Tp selera sih.

Bfg adv touring jg bisa jd pilihan menarik.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 801
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Greenhunter »

bayp4amd wrote: 14 Oct 2024, 21:08 Misalnya untuk case xpander cross om, bawaannya ban enasep ukuran 205/55 r17 kalo gak salah
Kalau ingin ganti ke merk ban atau tipe lain yang lebih bagus, banyakan size 205/60 atau 215/55 untuk size r17
Kalau seperti itu case nya baiknya gimana om? Lebih baik size 205/60 atau 215/55 untuk r17?
Apa dulu tujuannya ?
205/60 tapak ban = standart tapi dinding ban lebih tebal efeknya akan berasa lebih empuk dan sedikit lebih tinggi dari ban standart.
215/55 tapak ban lebih lebar dari standart dan sedikit lebih tinggi dari standart. efeknya akan lebih nempel ke aspal, handling akan lebih baik dari standart tapi rolling resistance akan lebih berat, bbm mungkin akan lebih boros, kaki kaki mungkin akan lebih pendek umurnya. Sebelum pasang ukur dahulu apakah setir diputar mentok rodanya nabrak fender samping atau tidak.
vshiva
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 09 Oct 2018, 12:06

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vshiva »

michelin primacy 4 skrg harganya uda naik aja ya? dulu pas promo beli 4 di bquick masih murah, skrg harganya uda naik hampir 50%-70%
vignette
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: 27 Mar 2019, 14:25

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by vignette »

Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 21:25
vignette wrote: 14 Oct 2024, 19:59
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 17:22

just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
wah, baru tau kalo ternyata ada efek samping kesana.
oke deh noted om, saya urungkan dulu niat buat upsizenya.
saat ini ban inceran ada falken ze310r, GY maxguard, BS turanza (less preferable karena paling mahal), sama BFG Adv Touring (kalo nemu barangnya). kalo ada inputan mengenai ban2 tersebut, atau kalo ada saran lain juga boleh banget
:big_deal: :big_deal:
Gy maxguard cocok buat ertiga yg karakternya cenderung empuk yah.
Tp selera sih.

Bfg adv touring jg bisa jd pilihan menarik.
siip, noted, tinggal eksekusi aja. makasih wejangan dan ilmunya om :big_exellent:
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2956
Joined: 10 Nov 2015, 09:40
Daily Vehicle: Volvo XC60 T5 246 Jaguar XE 25t X760

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by farizfsa »

BronKarbunov wrote: 14 Oct 2024, 10:33
farizfsa wrote: 09 Oct 2024, 12:38
BronKarbunov wrote: 09 Oct 2024, 10:41


Thanks jawabannya Gan

Kalau Hankook Ventus Prime 3 bagaimana ya Gan? Apa cukup empuk dan senyap?
hankook ventus prime 3 ban udh agak lama om. mendingan beli goodyear f1 sport aja buat f10 standaran karena suspensi udh empuk itu mbl.

ventus prime 4 ada kok itu 245 45 18, di SM tokoijo. saya jg pakai ventus prime 4 ini di 218i f45 ban enak dan murmer
Saya juga kira SM Tokoijo ada Gan karena di etalase nya ada, tapi setelah tanya, bolak balik jawabannya, awalnya bilang ada terus gada, terus ada tp hrs indent terus ud mau bayar dblg gada, sedih di php

Saya tanya sampai ke Hankook Tire Indo, dijwb jg awalnya ada terus dblg ukuran tsb gda, adanya Prime 3, cape ati

Prime 3 saya lihat review di luar maupun di sini plus minus nya byk, kalo prime 4 fix bagus jadi bingung

Jadi pilihan saya paling dari murah ke mahal urutannya begini
- Hankook Ventus Prime 3
- Goodyear F1 Eagle Sport
- Goodyear Assurance ComfortTred
- Michelin Primacy 4

Menurut pengalaman dan ilmu agan2 sekalian paling empuk dan senyap yang mana ya?

Ban bawaan dari owner sebelumnya GT Radial Champiro HPY tahun 2018 dan 2020, ud keras dan byk retak2 juga, dibanding ban tsb semua lebih empuk ya?
kalo ada budget michelin primacy 4 sih ya itu aja om. udah pasti empuk dan silent. no contest lah.
BronKarbunov
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 10 Feb 2018, 09:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: CamryXV40

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by BronKarbunov »

farizfsa wrote: 15 Oct 2024, 11:24
BronKarbunov wrote: 14 Oct 2024, 10:33
farizfsa wrote: 09 Oct 2024, 12:38

hankook ventus prime 3 ban udh agak lama om. mendingan beli goodyear f1 sport aja buat f10 standaran karena suspensi udh empuk itu mbl.

ventus prime 4 ada kok itu 245 45 18, di SM tokoijo. saya jg pakai ventus prime 4 ini di 218i f45 ban enak dan murmer
Saya juga kira SM Tokoijo ada Gan karena di etalase nya ada, tapi setelah tanya, bolak balik jawabannya, awalnya bilang ada terus gada, terus ada tp hrs indent terus ud mau bayar dblg gada, sedih di php

Saya tanya sampai ke Hankook Tire Indo, dijwb jg awalnya ada terus dblg ukuran tsb gda, adanya Prime 3, cape ati

Prime 3 saya lihat review di luar maupun di sini plus minus nya byk, kalo prime 4 fix bagus jadi bingung

Jadi pilihan saya paling dari murah ke mahal urutannya begini
- Hankook Ventus Prime 3
- Goodyear F1 Eagle Sport
- Goodyear Assurance ComfortTred
- Michelin Primacy 4

Menurut pengalaman dan ilmu agan2 sekalian paling empuk dan senyap yang mana ya?

Ban bawaan dari owner sebelumnya GT Radial Champiro HPY tahun 2018 dan 2020, ud keras dan byk retak2 juga, dibanding ban tsb semua lebih empuk ya?
kalo ada budget michelin primacy 4 sih ya itu aja om. udah pasti empuk dan silent. no contest lah.
Nah itu masalahnya gan, budget lol, Goodyear Assurance ComfortTred paling ya, lebih murah dan harusnya sih empuk dan senyap ga beda jauh dari Michelin Primacy 4 ya?
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 792
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Dat510 »

Lagi siap2 cari pengganti Michelin PS4 yang udah mau abis di 30k km. Liat2 harga nya sekarang kok serem ya sampe 2jt lebih (205/50 R17), padahal tahun 2021 masih 1.4jt..
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

BronKarbunov wrote: 15 Oct 2024, 12:28

Nah itu masalahnya gan, budget lol, Goodyear Assurance ComfortTred paling ya, lebih murah dan harusnya sih empuk dan senyap ga beda jauh dari Michelin Primacy 4 ya?
Dat510 wrote: 15 Oct 2024, 15:38 Lagi siap2 cari pengganti Michelin PS4 yang udah mau abis di 30k km. Liat2 harga nya sekarang kok serem ya sampe 2jt lebih (205/50 R17), padahal tahun 2021 masih 1.4jt..
Serayamicin.. eh GY ComfortTred menarik dicoba
ada garansi 1 thn / 20rb km juga.

Alternatif Hankook Ventus Prime 4 best value juga
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bayp4amd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 11 May 2024, 21:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by bayp4amd »

Greenhunter wrote: 14 Oct 2024, 21:29
bayp4amd wrote: 14 Oct 2024, 21:08 Misalnya untuk case xpander cross om, bawaannya ban enasep ukuran 205/55 r17 kalo gak salah
Kalau ingin ganti ke merk ban atau tipe lain yang lebih bagus, banyakan size 205/60 atau 215/55 untuk size r17
Kalau seperti itu case nya baiknya gimana om? Lebih baik size 205/60 atau 215/55 untuk r17?
Apa dulu tujuannya ?
205/60 tapak ban = standart tapi dinding ban lebih tebal efeknya akan berasa lebih empuk dan sedikit lebih tinggi dari ban standart.
215/55 tapak ban lebih lebar dari standart dan sedikit lebih tinggi dari standart. efeknya akan lebih nempel ke aspal, handling akan lebih baik dari standart tapi rolling resistance akan lebih berat, bbm mungkin akan lebih boros, kaki kaki mungkin akan lebih pendek umurnya. Sebelum pasang ukur dahulu apakah setir diputar mentok rodanya nabrak fender samping atau tidak.
Tujuannya saya nyari ban yg lebih nyaman dan senyap, minim road noise diperkotaan jakarta, sesekali setahun 2x dibawa ke lukot
Ternyata turanza t005a ada ukuran 205/60 r17, di luar merk itu kayaknya langka size itu, banyak pilihan yg 215/55
Tapi kayaknya ukuran 215/55 lebih banyak minusnya ya ketimbang 205/60, cuman handling lebih bagus
Kalo bisa memang gak terlalu berefek ke bbm & kaki2
bayp4amd
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: 11 May 2024, 21:07
Daily Vehicle: Xpander Cross CVT 2021

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by bayp4amd »

Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 21:22
bayp4amd wrote: 14 Oct 2024, 21:08
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 17:22

just my opinion, tapi pilihan balik ke masing2 yaa.
sy agak sensitif dgn perubahan handling
prnh pengalaman kurang memuaskan ketika upsize ban tp velg oem dan tipe merk ban sama.

klo upsize pakai velg oem, itu mengorbankan responsivitas handling.
ada sedikit nambah delay ketika belokin setir dan respon mobil bergerak.
nyamannya jg gak nambah berasa signifikan.

karena setelah sy cek dan riset dr bbrp artikel dan pendapat..
- makin lebar atau tinggi sidewall ban, makin kenyal dan nambah massa karetnya
- ujungnya handling makin dikorbankan
- buat saya ini mudharatnya lbh banyak

Klo mau tahan lama dan stabil?
- tekanan ban nya bikin di atas std manual guide pinggir pintu.
jadi jangan sampai kurang tekanan ban.

but the choice is yours :big_peace:
Misalnya untuk case xpander cross om, bawaannya ban enasep ukuran 205/55 r17 kalo gak salah
Kalau ingin ganti ke merk ban atau tipe lain yang lebih bagus, banyakan size 205/60 atau 215/55 untuk size r17
Kalau seperti itu case nya baiknya gimana om? Lebih baik size 205/60 atau 215/55 untuk r17?
Klo spt itu no choice, gpp.

Krn bs diakali aja dgn ban yg sidewallnya lbh strong dr ehnasep.
Klo sy pribadi both ok, cari yg lbh bnyk pilihan.
Sepertinya 215/55 lebih banyak pilihan ya, tapi takut berefek fuel consumption & kaki kaki
Ban yang sidewall nya lebih strong dr enasep tipe yg mana om?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2392
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: 15 Oct 2024, 16:01
BronKarbunov wrote: 15 Oct 2024, 12:28

Nah itu masalahnya gan, budget lol, Goodyear Assurance ComfortTred paling ya, lebih murah dan harusnya sih empuk dan senyap ga beda jauh dari Michelin Primacy 4 ya?
Dat510 wrote: 15 Oct 2024, 15:38 Lagi siap2 cari pengganti Michelin PS4 yang udah mau abis di 30k km. Liat2 harga nya sekarang kok serem ya sampe 2jt lebih (205/50 R17), padahal tahun 2021 masih 1.4jt..
Serayamicin.. eh GY ComfortTred menarik dicoba
ada garansi 1 thn / 20rb km juga.

Alternatif Hankook Ventus Prime 4 best value juga
Kata Sodara (punya toko ban) GY ComfortTred sih enaknya gak kalah sama Micin 4
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: 15 Oct 2024, 16:36
Suryaputra wrote: 15 Oct 2024, 16:01
BronKarbunov wrote: 15 Oct 2024, 12:28

Nah itu masalahnya gan, budget lol, Goodyear Assurance ComfortTred paling ya, lebih murah dan harusnya sih empuk dan senyap ga beda jauh dari Michelin Primacy 4 ya?
Dat510 wrote: 15 Oct 2024, 15:38 Lagi siap2 cari pengganti Michelin PS4 yang udah mau abis di 30k km. Liat2 harga nya sekarang kok serem ya sampe 2jt lebih (205/50 R17), padahal tahun 2021 masih 1.4jt..
Serayamicin.. eh GY ComfortTred menarik dicoba
ada garansi 1 thn / 20rb km juga.

Alternatif Hankook Ventus Prime 4 best value juga
Kata Sodara (punya toko ban) GY ComfortTred sih enaknya gak kalah sama Micin 4
wow.... nice infoh :big_deal:

ok mbah jangan bnyk disebut
ntar naik harga :ngacir:
Last edited by Suryaputra on 15 Oct 2024, 17:01, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12258
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Suryaputra »

bayp4amd wrote: 15 Oct 2024, 16:22
Suryaputra wrote: 14 Oct 2024, 21:22
bayp4amd wrote: 14 Oct 2024, 21:08
Misalnya untuk case xpander cross om, bawaannya ban enasep ukuran 205/55 r17 kalo gak salah
Kalau ingin ganti ke merk ban atau tipe lain yang lebih bagus, banyakan size 205/60 atau 215/55 untuk size r17
Kalau seperti itu case nya baiknya gimana om? Lebih baik size 205/60 atau 215/55 untuk r17?
Klo spt itu no choice, gpp.

Krn bs diakali aja dgn ban yg sidewallnya lbh strong dr ehnasep.
Klo sy pribadi both ok, cari yg lbh bnyk pilihan.
Sepertinya 215/55 lebih banyak pilihan ya, tapi takut berefek fuel consumption & kaki kaki
Ban yang sidewall nya lebih strong dr enasep tipe yg mana om?
BFG touring, GY comfortred, hankook ventus 4..
itu ban non eco, dan supposedly sidewallnya relatif lbh kuat ya

yg penting jgn kurang tekanan aja,
biar konsumsi bbm optimal dan grip ok.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Dat510
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 792
Joined: 03 Jan 2015, 19:58

Re: Serba Serbi Ban Part 5

Post by Dat510 »

Suryaputra wrote: 15 Oct 2024, 16:01
BronKarbunov wrote: 15 Oct 2024, 12:28

Nah itu masalahnya gan, budget lol, Goodyear Assurance ComfortTred paling ya, lebih murah dan harusnya sih empuk dan senyap ga beda jauh dari Michelin Primacy 4 ya?
Dat510 wrote: 15 Oct 2024, 15:38 Lagi siap2 cari pengganti Michelin PS4 yang udah mau abis di 30k km. Liat2 harga nya sekarang kok serem ya sampe 2jt lebih (205/50 R17), padahal tahun 2021 masih 1.4jt..
Serayamicin.. eh GY ComfortTred menarik dicoba
ada garansi 1 thn / 20rb km juga.

Alternatif Hankook Ventus Prime 4 best value juga
Baru denger ada GY Comforttred, selama ini taunya cuma triplemax aja, hehe
GY Eagle F1 kayanya menarik juga ya, cuma nyari2 ukuran 205/50 R17 agak susah.
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post