Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: 05 Apr 2020, 17:14
- Location: South Tangerang
- Daily Vehicle: Proton Exora
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kemarin baru gantol di pit autostore parung, beli PFG drum2an. Dapet harga 70rb perliter. Masih API SN, lumayan buat dipake 5000 KM/6 bulan aja. Pakai PFG ini berasa agak berat impresi pemakaian awal.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11676
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
oli curah mbahOmnibus wrote: ↑29 Nov 2024, 19:27yg 0.5L oli mahalnya sy bayarin seharga 0.5L oli mesran mbah. lumayan buat ngoli2in pneumatic tools, logok, n rel gerbang drpd dibuang2 gitu.Suryaputra wrote: ↑29 Nov 2024, 18:18 ......
Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- doko86
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 406
- Joined: 05 Jun 2020, 14:50
- Location: Tajurhalang - Bogor
- Daily Vehicle: 1KR-DE_Ayla-2014
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Pernah iseng, pakai oli diesel 5w30 bardhal dipakai di 1KR-DE, lumayan enteng.... pemakaian cuma 3000 km habis itu di buangSuryaputra wrote: ↑29 Nov 2024, 05:02Yg prng sy coba yaa..
0w20 yg bikin mesin halus?..
Q8 D1 FE
Itu Di mesin ipah pakai 15rb km juga ok klo lalin gak sering macet2an.
5w30 yg agak encer dan bs 10rb km + harga relatif terjangkau?..
Motul specific 913d 5w30 & Fastron Gold 5w30
Selain itu bisa coba2 sendiri.
Reborn sekalian hajar long drain setaun pk filter oli ptt fit auto.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 139
- Joined: 29 Jan 2020, 22:42
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Coba pake Q8 RN series yg 5W30, mantp ini oli. Sudh 3 kali pake oli dari angkut boil.
Tadi ganti oli motor butut di shell, eh nemu ada oli 5W30 jg yg bs buat 10K, next time coba shell ultra ini deh. Biar pas isi bensin seklian ganti oli, dapat point reward lagi. Sp tau lebih jos dr Q8 RN, harganya jg mirip2 si, made in Inodonesia lg itu oli. Itung2 ada sumbangsih buat perekonomian dalam negeri. Hehehe
Ada yg pengalaman pake ini oli (shell ultra)?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: 06 Jun 2016, 17:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Harusnya sih yg coolant 30/70ikanbawel wrote: ↑29 Nov 2024, 12:08Ok om
Lusa hr minggu mau ganti thermostat deh
Coolant top1 jadinya ga rekomen om?
Soal bensin nnti sy coba ya..
nah pcv dan sensor ga pernah bersiin, wkt itu minta bersiin malah di info.. kalo discan gpp dan ga ada gejala jgn dibersiin takut malah eror kata mekanik (sensor O2) pdhal sy minta di bersiin
Oh iya fuelpump maksud sy ke performa tarikan mesin
Btw, sy lg terlanjur beli Q8 special RN 5w-30 api SN/acea c3
Kalo baca kebelakang menurut om turbo ga rekomen buat mesin flat tapped kaya nissan march yah? Kalo misalkan udah terlanjur dan ttp tuang apakah aman om?
Kalau 50/50 bisa aja cuma kurang optimum utk mesin nissin yg panas
Topone setau saya 50/50 cmiiw. Tp ada yg bbrp jenis ga ditulis persisnya brapa
Ya pcv valve dibersihin, ama sensor o2 biasanya bengkel jarang bersihin
Slama masih asli sih klo saya gpp
Last edited by trebla88 on 30 Nov 2024, 06:30, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11676
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Prnh lihat hsl lab w20 ultra di mobil stock engine, kondisi msh belasan ribu km. Infonya no remap.Ivan123 wrote: ↑30 Nov 2024, 00:54Coba pake Q8 RN series yg 5W30, mantp ini oli. Sudh 3 kali pake oli dari angkut boil.
Tadi ganti oli motor butut di shell, eh nemu ada oli 5W30 jg yg bs buat 10K, next time coba shell ultra ini deh. Biar pas isi bensin seklian ganti oli, dapat point reward lagi. Sp tau lebih jos dr Q8 RN, harganya jg mirip2 si, made in Inodonesia lg itu oli. Itung2 ada sumbangsih buat perekonomian dalam negeri. Hehehe
Ada yg pengalaman pake ini oli (shell ultra)?
Prefer fastron gold w20 deh
Berat di marketing cost dan nama itu
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
- sahabatq8
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2271
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Udah ada tes labnya kalo yang 0w20 , kelas 7500 kmIvan123 wrote: ↑30 Nov 2024, 00:54Coba pake Q8 RN series yg 5W30, mantp ini oli. Sudh 3 kali pake oli dari angkut boil.
Tadi ganti oli motor butut di shell, eh nemu ada oli 5W30 jg yg bs buat 10K, next time coba shell ultra ini deh. Biar pas isi bensin seklian ganti oli, dapat point reward lagi. Sp tau lebih jos dr Q8 RN, harganya jg mirip2 si, made in Inodonesia lg itu oli. Itung2 ada sumbangsih buat perekonomian dalam negeri. Hehehe
Ada yg pengalaman pake ini oli (shell ultra)?
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 164
- Joined: 03 May 2017, 17:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
iya om mangkanya saya bilang bengkel secara umum (baik resmi , spesialis, maupun workshop) kalo lagi rame biasanya cenderung gitukenop wrote: ↑29 Nov 2024, 18:52Kelas bengkel resmi aja ngaco kokkayukayuthe5th wrote: ↑29 Nov 2024, 17:33
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Mesin 2nr-ve, di manual book 3.3 L dgn penggantian filter
Pas servis ane ga cek2 lagi, kirain kan uda paham ya nama nya bengkel resmi, td pagi iseng cek dipstick, lewat banyak dr batas atas
Ini mah 4 L dituang semua
Servis berikutnya hrs diwanti2 nih masukin 3 L aja, sisa oli nya taro mobil aja
wah kalo t0y0 gitu om saya frees service kelebihan pasti padahal cman 3.1 dengan filter biasanya diisi 3.4(mungkin ketuker ama 1.2lNA) , 3.5 bahkan pernah 4 liter *mana dikasih 5w30 ijo lagi wkwkwkw turbo dikasi 5w30 API SN
kalo saya biasnya kalo susut banyak baru ane tambahin , tapi susut pun biasanya sangat jarang banget sejauh ini ampe indikator Low pleng mentok yah tengah2 dipstik itupun kalo saya isi awal oli 80-90% kapasitas+filter oli, 1 krvet ane coba berbagai 0w20 isi 3liter dari 3.1 full plus filter oli masih diindaktor atas kok.
sama saya juga gitu hehe. isi 3 liter ntar tambah dewe.
Last edited by kayukayuthe5th on 30 Nov 2024, 10:30, edited 1 time in total.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 164
- Joined: 03 May 2017, 17:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.Suryaputra wrote: ↑29 Nov 2024, 18:18Iya di manual book bilangnya..kayukayuthe5th wrote: ↑29 Nov 2024, 17:33kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2inGreenhunter wrote: ↑29 Nov 2024, 13:51
iya, overfill oli bisa memperbesar tekanan ke seal2 oli. kalau saya sendiri olinya bawa sudah saya ukur 3.5 liter jadi di bengkel langsung tuang sampai habis karena pernah nemu tukang yang kerjanya nyebelin, disuruh tuang separo tapi masih aja salah isinya separo lebih. beli selang timbangan sesuaikan dengan kebutuhannya ya om, diukur sendiri 1 meter atau 1.5 meter. pompa sabun mesti yang botol gede, saya pernah pakai pompa sabun botol yang kecil gak kuat buat olinya sampai terangkat, atau waktu itu saya pasang selangnya masih kurang rapat ya bisa, jadi bocor olinya gak terangkat. kalau pakai botol gede sih selalu berhasil. selain buat oli mesin saya pakai alat ini buat fine tuning oli matic juga.
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.
Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.
Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.
Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan
mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F
waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11669
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11676
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kapan diresmiin bengkelnya mbah ?Omnibus wrote: ↑30 Nov 2024, 10:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11676
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Engine flush itu mostly bahan dasarnya kerosene.kayukayuthe5th wrote: ↑30 Nov 2024, 10:28yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.Suryaputra wrote: ↑29 Nov 2024, 18:18Iya di manual book bilangnya..kayukayuthe5th wrote: ↑29 Nov 2024, 17:33
kebiasaan apalagi kalo bengkel lagi rame biasanya. mangkanya biasanya kalo 3.1-3.3 ane selalu pas in 3 liter , kalo 3,6-3,7 gwa kasih 3.5. bener mending kurang sedikit daripada lebih sedikit. kalo kurang dikit selagi masih dibatas antara full and low gamsalah(even buku std honda yang terbaru tetep disuruh ngisi diantara f-l indicator, tidak disarankan full karena kata honda itu udah kategori kelebihan) dan kalo pun kurang cman nambah2in dibanding sedot2in
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.
Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.
Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.
Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan
mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F
waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh
Cek ingredients coba.
Tp jgn diicip
Itu bikin seal mesin cepet kaput.
Rembes oli dsb dsb.
Mesin honda klo cooling system fresh, jarang banget masalah varnish dan sludge, mesinnya clean.
Gak usah pk begituan.
Buang
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 164
- Joined: 03 May 2017, 17:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
dulu pernah 1nr ve, nyokap waktu itu sering telat ganti oli mesin kasar. akhirnya dicoba flush yah "sembuh" cman gatau lagi karena langsung djual yah wkwkwkwSuryaputra wrote: ↑30 Nov 2024, 12:28Engine flush itu mostly bahan dasarnya kerosene.kayukayuthe5th wrote: ↑30 Nov 2024, 10:28yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.Suryaputra wrote: ↑29 Nov 2024, 18:18
Iya di manual book bilangnya..
Ngeceknya jg harus nyalain mesin dulu.
Matikan dan tunggu sesaat.
Cabut dipstick dilap, masukin, dan dicek lg level nya.
Klo pk cara spt itu, lbh akurat, krn simulate kondisi operasional mesin jalan.
Klo mobilio 3.6 liter masih pas, ada di bawah garis F setelah mesin dinyalakan.
Klo sy sukanya beli 4 liter + 1 liter mesran.
- 1,5 liter buat dorong oli lama di oil pan
mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F
waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh
Cek ingredients coba.
Tp jgn diicip
Itu bikin seal mesin cepet kaput.
Rembes oli dsb dsb.
Mesin honda klo cooling system fresh, jarang banget masalah varnish dan sludge, mesinnya clean.
Gak usah pk begituan.
Buang
kalo skrg ane yah ganti 5000km/6bulan dah ato kalo emang udah gaenak di4000km mbah
kalo untuk beres sih sebenrnya biasanya dikasih kok sisanya. cman kadang bikin kaget kok sisanya dikit banget ato bahkan dikasih 4 botol kosong.Omnibus wrote: ↑30 Nov 2024, 10:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
overfill gamasalah sih dengan segala "reasoning" mereka mbah apalagi kalo 100-200ml , ini ampe hampir 1 liter wkwkwk pernah dulu boyok banget 100km langsung ambil jatah freeservices.
inilah gunanya KIE (konfirmasi, informasi, edukasi) mbah hehe.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11676
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Ganti oli teratur spt itukayukayuthe5th wrote: ↑30 Nov 2024, 12:51dulu pernah 1nr ve, nyokap waktu itu sering telat ganti oli mesin kasar. akhirnya dicoba flush yah "sembuh" cman gatau lagi karena langsung djual yah wkwkwkwSuryaputra wrote: ↑30 Nov 2024, 12:28Engine flush itu mostly bahan dasarnya kerosene.kayukayuthe5th wrote: ↑30 Nov 2024, 10:28
yoi mbah emang better yah sesuai full capacity.
mobilio sama hr-v RU kan sama mesinya l15z, ane kasih 3.5 udah pas juga kok di bawah F
waduh ini "ilmu mahal" suhu/senior SM sih hehe gwa sih mentok pake engine flush estepeh
Cek ingredients coba.
Tp jgn diicip
Itu bikin seal mesin cepet kaput.
Rembes oli dsb dsb.
Mesin honda klo cooling system fresh, jarang banget masalah varnish dan sludge, mesinnya clean.
Gak usah pk begituan.
Buang
kalo skrg ane yah ganti 5000km/6bulan dah ato kalo emang udah gaenak di4000km mbah
kalo untuk beres sih sebenrnya biasanya dikasih kok sisanya. cman kadang bikin kaget kok sisanya dikit banget ato bahkan dikasih 4 botol kosong.Omnibus wrote: ↑30 Nov 2024, 10:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
overfill gamasalah sih dengan segala "reasoning" mereka mbah apalagi kalo 100-200ml , ini ampe hampir 1 liter wkwkwk pernah dulu boyok banget 100km langsung ambil jatah freeservices.
inilah gunanya KIE (konfirmasi, informasi, edukasi) mbah hehe.
No need flush lendir
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1739
- Joined: 06 Jan 2019, 09:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Kadang mereka itu jg ga mantep product knowledgenya om...Omnibus wrote: ↑30 Nov 2024, 10:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
Awal bulan abis manggil home service..dia komen ini sebelumnya koq banyak amat isi oli-nya
Tp pas ngobrol2 soal ganti oli cvt ama sy...giliran dia ga paham avxen cvt ada dipsticknya...dah sy manggut2 aja lah
- Omnibus
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11669
- Joined: 08 Apr 2008, 17:12
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
lah itu .... gimana orgnya ujung2nya. bener mending manggut2 aja om.MSU wrote: ↑30 Nov 2024, 14:14Kadang mereka itu jg ga mantep product knowledgenya om...Omnibus wrote: ↑30 Nov 2024, 10:38 mrk sengaja overfill utk jaga2 drpd susut banyak oli sampai abis. kan pada pakenya sampe 10rb km bahkan lebih krn lupa dan mayoritas pada ga tau mesin jd ga ngecek level oli berkala. jd mending kelebihan drpd abis. mrk banyak nemuin kasus begini kayanya.
lagian kl disisain, bakal dituduh ngepool oli utk dijual diluaran buat tambah2 wang saku. kl disimpan di bagasi utk customer bawa pulang ntar tumpah kena karpet disalahin lagi.
susahnya nasip montir, depan kena belakang kena.
Awal bulan abis manggil home service..dia komen ini sebelumnya koq banyak amat isi oli-nya
Tp pas ngobrol2 soal ganti oli cvt ama sy...giliran dia ga paham avxen cvt ada dipsticknya...dah sy manggut2 aja lah
ngomongin home service, bbrp hari lalu baru ampir nabrak mobil home service yg lampu remnya mati semua. pdhl itu kan iklan buruk bagi mrk sendiri.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: 20 Mar 2022, 08:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Autostore ada juga yah di parung? saya kira di bekasi doang.
Harganya ga berubah dari jaman kopit, 70rb Gold, 55rb Techno, cocok bgt tuh dikala ekonomi sulit tapi mobil harus tetep gelinding, enaknya bisa bayar sesuai kapasitas oli.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1354
- Joined: 02 Aug 2018, 11:43
- Location: Jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1437
- Joined: 20 Mar 2022, 08:17
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Sienta itu 2NR kan? tetap pakai 0W20 aja om selama ga ada keluhan, yg penting level oli di pantau ga berkurang banyak, pcv rutin bersihkan biar ga mampet.krniawnhdr wrote: ↑30 Nov 2024, 16:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 115
- Joined: 05 Apr 2020, 17:14
- Location: South Tangerang
- Daily Vehicle: Proton Exora
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Iya, bengkelnya sebelum pasar parung kalo dari arah ciputat. Utk yg cari ekonomis lumayan dpt harga segitu.
- marmut
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11552
- Joined: 16 Oct 2013, 13:27
- Location: tangerang selatan
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
krniawnhdr wrote: ↑30 Nov 2024, 16:18
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
ketetapan dari mana kalo sudah 118rb KM musti naikin kekentalan?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11676
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
Mechanical Engineer faculty of Uasem Regismarmut wrote: ↑30 Nov 2024, 18:22krniawnhdr wrote: ↑30 Nov 2024, 16:18
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
ketetapan dari mana kalo sudah 118rb KM musti naikin kekentalan?
Disclaimer
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: 06 Jun 2016, 17:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
penghabisan nafas aspira 0w20 sblm diganti bsok, sdh jalan 5400km
di hr15de nissan march remap ron 95
masi mayan dpt 16km/ltr keluar kota avg speed 71km/jam. tadi waktu masi santai di 21km/ltt avg seped 62km/jma
tapi entah knp ga bsa mentok 180km/jma tadi,kmungkinan faktor jalanan basah jg
di hr15de nissan march remap ron 95
masi mayan dpt 16km/ltr keluar kota avg speed 71km/jam. tadi waktu masi santai di 21km/ltt avg seped 62km/jma
tapi entah knp ga bsa mentok 180km/jma tadi,kmungkinan faktor jalanan basah jg
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: 06 Jun 2016, 17:35
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
sienta dan yaris 2nr sukanya 0w20krniawnhdr wrote: ↑30 Nov 2024, 16:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
isi 3ltr jg cukup, walau manualbook 3.5
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 164
- Joined: 03 May 2017, 17:30
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 20
sienta bukane 3.3 *dulu paman ane pernah piara soalnya, kemarin ini saya tuang juga 3 liter aja, sama kapsitas wrv ane hehetrebla88 wrote: ↑30 Nov 2024, 19:23sienta dan yaris 2nr sukanya 0w20krniawnhdr wrote: ↑30 Nov 2024, 16:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
isi 3ltr jg cukup, walau manualbook 3.5
jaga2 beli 1 botol aja buat nuang2 kalo pengen nambahin sndiri
impressi di 5000km gimana om soal shel......aspira?trebla88 wrote: ↑30 Nov 2024, 19:22 penghabisan nafas aspira 0w20 sblm diganti bsok, sdh jalan 5400km
di hr15de nissan march remap ron 95
masi mayan dpt 16km/ltr keluar kota avg speed 71km/jam. tadi waktu masi santai di 21km/ltt avg seped 62km/jma
tapi entah knp ga bsa mentok 180km/jma tadi,kmungkinan faktor jalanan basah jg
vote for TQ9000 dibanding helix city 0w20 udah pernah coba ke2nyakrniawnhdr wrote: ↑30 Nov 2024, 16:18 Mau tanya untuk mobil istri pakai sienta matic, biasa pakai shell helix city 0W-20 dan selalu ganti di 5000 KM. KM di odo sekarang sudah jalan 118rb KM.
Kalau dibandingkan shell helix city 0W-20 dengan oli TotalEnergies - Quartz 9000 Future GF-6 5W-30, gimana ya om? apa sudah ada yang pernah coba kedua oli ini?
Jujur karena KM sudah 118rb jadi kepikiran untuk naikin kekentalan oli dari 0W ke 5W karena dari baca-baca di forum. Terima kasih
-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 2504 Replies
- 172443 Views
-
Last post by sh00t
-
- 39 Replies
- 14208 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 22 Replies
- 8517 Views
-
Last post by Greenhunter
-
- 10 Replies
- 2326 Views
-
Last post by silentIm2
-
- 26 Replies
- 12155 Views
-
Last post by ChZ
-
- 19 Replies
- 6100 Views
-
Last post by Opeakkk
-
- 89 Replies
- 16729 Views
-
Last post by ilhami
-
- 2 Replies
- 3008 Views
-
Last post by sahabatq8
-
- 144 Replies
- 20261 Views
-
Last post by Anaqie
-
- 386 Replies
- 25733 Views
-
Last post by Suryaputra