adityabp wrote: ↑04 Sep 2024, 15:36
Suryaputra wrote: ↑04 Sep 2024, 14:53
adityabp wrote: ↑04 Sep 2024, 14:29
Mungkin gak om API-nya ketinggian? Ini API SP. Kalo saya turun ke API SN gimana?
Justru sertifikasi api sp itu better than api sn
Udah mbah, harga klo gak beda jauh, hijrah aja ke
Fastron Gold 5w30
(untuk mobil jepang non turbo)
Bisa itu pakai lbh lama, dan proven di mobil yg dah remap.
Hehehe, soalnya saya liat2x di marketplace, yg spek mepet sultan beberapa masih API SN om. Termasuk yg ACEA.
Klo dah acea
Itu beda lagi, krn acea untuk spek mobil eropa dan lbh robust.
Ada bbrp klausul yg melengkapi kekurangan sertifikasi API (acea berbeda dgn API).
Tergantung kebutuhan mesin mobilnya juga.
Jd klo apple to apple,
bandinginnya oli yg hanya ada sertifikasi sesama API saja dan harus 1 merk dan tipe yg sama (gak ada sertifikasi tambahan lainnya)
Misal:
- Oli Brand X tipe Y: API SN / GF5
- Oli Brand X tipe Z: API SP / GF6
Gak ada sertifikasi lain.
Nah itu jelas lbh ok yg ke dua.
Sesama brand dan tipe, krn sertifikasi lbh tinggi.
Contoh konkritnya ya TQ9000 0w20
Itu ada versi API SN keluaran lama
dan API SP keluaran baru.
Ya tentu lbh baik keluaran baru.
Lbh update aditifnya.
Klo mobil jepang bensin pemakaian 5rb km doang,
gak usah pusing yg paling penting:
- asli
- keluaran plg fresh (masa simpan segel <5 thn)
- cooling system fresh dan ok