Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Mon May 06, 2024 12:16
DOHC wrote: Mon May 06, 2024 11:50
plaque89 wrote: Sun May 05, 2024 14:47 Suhu2 mohon pencerahan dong sy baru angkat Veloz 3SZ-VE 2012, sebulan lalu. Odometer 125ribuan. Begitu dapet langsung ganti oli dan mulai baca2 forum ini yg banyak banget ilmunya :big_smile] . Dan pas saya buka tutup oli begini penampakannya :big_cry:
Kondisi sludge sperti ini kira2 bisa di flushing aja atau perlu overhaul ya. Rencana mau coba pake PTT flushing oil kalo bisa flushing aja

Terima kasih suhu2 semuanya
buka tutup deksel, ama buka oil pan dari bawah, serok kerak2 nya pelan2 pake stik kayu eskrim

modalin kuas dan solar buat usap2 komponen

trakir, masupin oli mesran dan jalanin mesin sekira 100 km


cara d atas ga berlaku kl kerak ud kena ring bilas piston
wkwkwk DIYer cara murmer. cuma kuar wang buat beli gasket valve cover. kuncinya teliti jangan ampe kerokan komedo malah jatoh nyumbat lubang olinya :mky_01:
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah

jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli

tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11071
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

DOHC wrote: Mon May 06, 2024 11:50

buka tutup deksel, ama buka oil pan dari bawah, serok kerak2 nya pelan2 pake stik kayu eskrim

modalin kuas dan solar buat usap2 komponen

trakir, masupin oli mesran dan jalanin mesin sekira 100 km


cara d atas ga berlaku kl kerak ud kena ring bilas piston


overhaul sekalian lah, jangan kaya org susah.....

ongkos jg murah, cuma 6 juta. masa duit segitu ga punya?
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MarYuko »

Supersedan wrote: Sat May 04, 2024 11:22 Baru nyampe filternya, tapi masih bingung pake oli apa. Tadinya mau ambil LM special tech AA 0-20 tapi gak jadi padahal udah di keranjang :ngacir:
Udah berapa kali pake ptt filter ini puas liat build qualitynya
izin nanya mbah, kalo buat suzuki grand vitara 2.0 pake kode seri yang brp ya?
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Greenhunter »

plaque89 wrote: Sun May 05, 2024 14:47 Suhu2 mohon pencerahan dong sy baru angkat Veloz 3SZ-VE 2012, sebulan lalu. Odometer 125ribuan. Begitu dapet langsung ganti oli dan mulai baca2 forum ini yg banyak banget ilmunya :big_smile] . Dan pas saya buka tutup oli begini penampakannya :big_cry:
Kondisi sludge sperti ini kira2 bisa di flushing aja atau perlu overhaul ya. Rencana mau coba pake PTT flushing oil kalo bisa flushing aja

Terima kasih suhu2 semuanya
Coba dari yang termurah dahulu :
1. Pakai PTT flushing oil, jangan lupa ganti filter oli setelahnya.
2. Seperti yang om gwsecretc sarankan,
gwsecretc wrote: pake oli diesel yg jg ada sertifikasi utk mobil bensin, misal ptt dyn commonrail 10w30 api ci4/sl, bardahl c7 5w30 dsb.. olinya pakai aja 2-3 rb km setelah itu intip dari lubang oli, kalo masi banyak sludge ya ulangi lagi.. filter oli jg jgn lupa ganti pas ganti oli..
Saran yg turun mesin dan lain lain itu terakhir saja kalau cara paling murah itu tdk bisa dan mesin ada gejala tidak normal
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

MarYuko wrote: Tue May 07, 2024 0:27
Supersedan wrote: Sat May 04, 2024 11:22 Baru nyampe filternya, tapi masih bingung pake oli apa. Tadinya mau ambil LM special tech AA 0-20 tapi gak jadi padahal udah di keranjang :ngacir:
Udah berapa kali pake ptt filter ini puas liat build qualitynya
izin nanya mbah, kalo buat suzuki grand vitara 2.0 pake kode seri yang brp ya?
5w30
0w30

pas buat GV RWD
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1569
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by lemonadelovers »

DOHC wrote: Mon May 06, 2024 12:34
Omnibus wrote: Mon May 06, 2024 12:16
DOHC wrote: Mon May 06, 2024 11:50

buka tutup deksel, ama buka oil pan dari bawah, serok kerak2 nya pelan2 pake stik kayu eskrim

modalin kuas dan solar buat usap2 komponen

trakir, masupin oli mesran dan jalanin mesin sekira 100 km


cara d atas ga berlaku kl kerak ud kena ring bilas piston
wkwkwk DIYer cara murmer. cuma kuar wang buat beli gasket valve cover. kuncinya teliti jangan ampe kerokan komedo malah jatoh nyumbat lubang olinya :mky_01:
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah

jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli

tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya :mky_03: :mky_03:
pernah dikasihtau supir angkot yg pake panther lama tp mesinnya alus n larinya masih jos, caranya masukin solar sesuai kapasitas oli mesin nyalain 1 menitan dilakukan 2x buat ngelunturin kotoran2 d dlm mesin :weekk:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 720
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by azu »

bryanguppiez wrote: Sun May 05, 2024 6:04 Ada yg udh coba kah?
Murah banget :big_grin:
https://tokopedia.link/Ep60aOhnlJb
pernah beli disitu, untuk batch number dan tanggal produksi sih seragam dan lihat kemasan dan labelnya bisa dibilang sama dengan produk Q8 yg pernah saya beli di toko lain. cuman waktu itu kalau lihat tanggal produksinya sih sekitar 1 tahun dari tanggal saya beli.

Apakah asli? saya ga bisa jawab itu asli atau ngga karena tidak saya cek lab, beneran iseng aja beli karena harga murah :mky_01:

kalau mau beli juga do it at your own risk :mky_03:

terakhir sih saya beralih ke Kixx 5W30 aja biar lebih murah untuk 1NZ saya yg sudah varnish itu, budget Q8nya saya alihin beli Q8 0W-20 untuk 3ZR aja :big_childish:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by DOHC »

marmut wrote: Mon May 06, 2024 16:48
DOHC wrote: Mon May 06, 2024 11:50

buka tutup deksel, ama buka oil pan dari bawah, serok kerak2 nya pelan2 pake stik kayu eskrim

modalin kuas dan solar buat usap2 komponen

trakir, masupin oli mesran dan jalanin mesin sekira 100 km


cara d atas ga berlaku kl kerak ud kena ring bilas piston


overhaul sekalian lah, jangan kaya org susah.....

ongkos jg murah, cuma 6 juta. masa duit segitu ga punya?
ngana jgn lgs tembak suru overhaul

tau sendiri orang sini haram ngedenger turun mesin

biarin suru dia orang coba yg cara simpel pelit medit dulu

ntar pelan kl gagal, ring piston ngejim, boring baret

baru ngana takutin suru turun meisn
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by DOHC »

lemonadelovers wrote: Tue May 07, 2024 6:25
DOHC wrote: Mon May 06, 2024 12:34
Omnibus wrote: Mon May 06, 2024 12:16

wkwkwk DIYer cara murmer. cuma kuar wang buat beli gasket valve cover. kuncinya teliti jangan ampe kerokan komedo malah jatoh nyumbat lubang olinya :mky_01:
nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah

jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli

tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya :mky_03: :mky_03:
pernah dikasihtau supir angkot yg pake panther lama tp mesinnya alus n larinya masih jos, caranya masukin solar sesuai kapasitas oli mesin nyalain 1 menitan dilakukan 2x buat ngelunturin kotoran2 d dlm mesin :weekk:
bgitulah

pantesan aliran migor jd olmes tumbuh subur di konoha sini :mky_03: :mky_03:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

DOHC wrote: Tue May 07, 2024 10:03
lemonadelovers wrote: Tue May 07, 2024 6:25
DOHC wrote: Mon May 06, 2024 12:34

nah itu koentji nya mbah, makanya wajip buka oil pan bawah

jd pas selsai korek2 komedo, bisa sirem oli dari lobang2 oli di deksel, nah ntar komedo2 pd luruh ke bak oli

tp bengkel2 dokter dokteran sepit sepit enjinering enjinering resing resing an mana mau ngerjain gtuan, ga enak buat ngecuan ngibulin kastemer nya :mky_03: :mky_03:
pernah dikasihtau supir angkot yg pake panther lama tp mesinnya alus n larinya masih jos, caranya masukin solar sesuai kapasitas oli mesin nyalain 1 menitan dilakukan 2x buat ngelunturin kotoran2 d dlm mesin :weekk:
bgitulah

pantesan aliran migor jd olmes tumbuh subur di konoha sini :mky_03: :mky_03:
nanggung mbah, sekalian aja bensin :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22038
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Pengamatan ATF TMO T-4 dikasi Doping, di 2KD

Lumayan jauh bedanya, jadi serasa pake ATF mahal

Efek2 yg dirasakan :
- Tarikan sedikit lebiih enteng (Stop & Go jadi lebih enak)

- Selip kopling berkurang (sgt membantu saat mobil full penumpang dan di jalanan nanjak panjang )

- Penyaluran daya mesin lebih optimal

Doping ini sgt berguna bagi user2 pengguna ATF TMO T-4 / T-WS atau ATF lain kelas ekonomis semisal Aisin AFW+ / KIXX ATF Multi / KIXX D-VI dan yg sekelas

Pastikan ATF TMO nya ASELI ! (saya beli ATF TMO di Shop N Drive)

Lalu dari 1 botol doping, kasi 2 Oz ke Power steer, dan setir jadi sedikit lebih enteng.
14 Oz nya tuang semua ke matik.

Demikian report

* Bukan ajakan beli *
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Numpang nanya BMW users disini, sekarang oli 5w30 kalo di beres dikasihnya apa ya?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22038
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02 Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.

Kalo oli2 Low SAPS biasanya syarat kualitas Base Oil nya lebih tinggi drpd oli Full SAPS sebagai kompensasi kadar Zn yg dikurangi

Contoh std ACEA C3 syarat base oil lebih tinggi drpd oli ACEA B4

juga oli utk API CK-4 syarat Base oil lebih tinggi drpd CJ-4 krn std CK-4 ada test thd Oxidasi oli yg lebih extreme drpd std CJ-4

pernah baca ya spt itu

IMO & CMIIW

*Btw bisnis automotive lubricant ini menjelang sunset dgn naiknya trend EV, di Thailand sbg kiblat otomotif Indo, masy nya udah cukup byk yg beralih ke EV, terutama EV merek Cina.

PTT sebagai operator SPBU terbesar di sana skg rencana mau bangun SPKLU secara massif / besar2-an

Bersiap utk Disrups / perubahan
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Turboman wrote: Tue May 07, 2024 14:51
*Btw bisnis automotive lubricant ini menjelang sunset dgn naiknya trend EV, di Thailand sbg kiblat otomotif Indo, masy nya udah cukup byk yg beralih ke EV, terutama EV merek Cina.

PTT sebagai operator SPBU terbesar di sana skg rencana mau bangun SPKLU secara massif / besar2-an

Bersiap utk Disrups / perubahan
Di Indo kok kyknya masih lama ya transisi ke listriknya. Kykyna 15 tahun lagi juga belum tentu cukup banyak SPKLU yang dibangun.
Di amerika sama Eropa sekarang penjualan EV udah berkurang growthnya, pada nunggu teknologi yang lebih matang dan harga yang lebih murah lagi, Segmen atas udah mulai tersaturasi.

So far setelah liat beberapa mobcin EV setelah tabrakan, ane jadi tambah ragu sih reliability kalo dipakai 10-15 tahun kedepan gimana. Sweetspotnya sepertinya Plug in Hybrid/Hybrid biar gak usah bawa² batere berat kemana mana dan overall lebih praktis.
melson
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 36
Joined: Sat Oct 08, 2016 20:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by melson »

ijin nanya barangkali ada yg pernah pake oli adnoc yg gold 5w30? atau ada uoa nya kah? soalnya cari2 gak ketemu...
MarYuko
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Thu Oct 16, 2014 9:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MarYuko »

Suryaputra wrote: Tue May 07, 2024 2:22
5w30
0w30

pas buat GV RWD
maksud saya kode filter oli PTT nya mbah 😅😅
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

melson wrote: Tue May 07, 2024 18:25 ijin nanya barangkali ada yg pernah pake oli adnoc yg gold 5w30? atau ada uoa nya kah? soalnya cari2 gak ketemu...
Ga pernah pakai yang gold, tapi yang silver 10W40 pernah, gass pol aja om kalo mau pakai itu.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02 Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.

intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya :big_biglaugh:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9807
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Suryaputra »

t105erd wrote: Wed May 08, 2024 1:03
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02 Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.

intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya :big_biglaugh:
Iya
Terbukti dr hasil uoa saya di Q8 dan mbah saturday di oli mainstream.

aditif oli Buang duit dan no efek.
Di case saya malah bikin q8 jd short drain :big_biglaugh:

Mending buat isi pertamax or makan pagi sore

:upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1870
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Wed May 08, 2024 1:03
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02 Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.

intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya :big_biglaugh:
Yoi, kalo olinya perlu ditambah tambahin sesuatu baru jadi mendingan, berarti salah pilih :big_biglaugh:

Ane sih tetep paling percaya oli yang ada official approval tapi harus melakukan engine testing karena itu susah, mahal, dan membutuhkan effort luar biasa. Kalo cuma bikin oli sekedar pas pasan pasti gak berani mengajukan untuk approval karena kalo gagal ya sia sia. Makanya paling anti kalo liat oli botolnya cuma API SN / SP dan Ilsac gf5/gf6.

BMW, VW, sama Mercy itu makin lama makin susah pengujiannya. Contoh spek oli BMW LL-04 2004 itu berjibun, Spek BMW LL-04 2018 cuma ada 5 yang lulus (di Indonesia) dan 2 diantaranya produk baru kita Q8 Special RN 5w30 dan Q8 Prestige V 5w30.

Contoh apa yang harus dilewatin oli untuk dapet approval jerman
Contoh Q8:
Screenshot_20240508_091350.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by sahabatq8 on Wed May 08, 2024 2:19, edited 2 times in total.
tatando
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Wed Sep 23, 2020 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: XJ 97

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by tatando »

melson wrote: Tue May 07, 2024 18:25 ijin nanya barangkali ada yg pernah pake oli adnoc yg gold 5w30? atau ada uoa nya kah? soalnya cari2 gak ketemu...
Pernah dan masih pakai gold w30 & w40
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22038
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

sahabatq8 wrote: Wed May 08, 2024 2:11

Yoi, kalo olinya perlu ditambah tambahin sesuatu baru jadi mendingan, berarti salah pilih :big_biglaugh:

Ane sih tetep paling percaya oli yang ada official approval tapi harus melakukan engine testing karena itu susah, mahal, dan membutuhkan effort luar biasa. Kalo cuma bikin oli sekedar pas pasan pasti gak berani mengajukan untuk approval karena kalo gagal ya sia sia. Makanya paling anti kalo liat oli botolnya cuma API SN / SP dan Ilsac gf5/gf6.

BMW, VW, sama Mercy itu makin lama makin susah pengujiannya. Contoh spek oli BMW LL-04 2004 itu berjibun, Spek BMW LL-04 2018 cuma ada 5 yang lulus (di Indonesia) dan 2 diantaranya produk baru kita Q8 Special RN 5w30 dan Q8 Prestige V 5w30.

Contoh apa yang harus dilewatin oli untuk dapet approval jerman
Contoh Q8:

Screenshot_20240508_091350.jpg
Trend ke depannya

Interval oli lebih panjang, skg rata2 pabrikan dah set OCI 15 rb km dgn oli OEM pula (oli mesin)

HEV / PHEV mesin cc nya kecil2 jadi ukuran karter nya juga mengecil

Trend ini juga terjadi pada mesin2 industri, mesin2 industri yg high tech jaman now dibanding yg 30 tahun lalu, yg jaman now pake oli-nya lebih dikit / jauh lebih dikit, tapi spek oli tinggi jadi OCI nya bisa panjang2 (base on Hour)

ini semua terkait dgn program pengurangan emisi karbon, karena oli termasuk dr sumber non renewable dan ujung2 nya jadi limbah, jadi seiring dgn penerapan ESG penggunaan oli ditekan secara volume

kalo skg BBM aja "dipaksa" utk menggunakan sumber yg renewable (Avtur aja dipaksa utk pake HVO Avtur), bisa jadi oli ke depannya "dipaksa" menggunakan bahan2 renewable, either dari Daur ulang atau Plant based spt Castrol ada bikin oli yg mengandung 25% plant based base oil

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1175
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Wed May 08, 2024 2:11
t105erd wrote: Wed May 08, 2024 1:03
sahabatq8 wrote: Tue May 07, 2024 14:02 Video yang sangat bagus, makanya liat additive buat bandingin itu gak cukup dari bandingin banyakan mana. Paling penting dan valid tetep engine test yang dilakukan manufacturer seperti GM, Mercedes, VW, BMW, dll.

intinya ga usah di tambahin additif macem2 yah, buang2 duit, percaya aja sama racikan nya produsen oli yg terpercaya :big_biglaugh:
Yoi, kalo olinya perlu ditambah tambahin sesuatu baru jadi mendingan, berarti salah pilih :big_biglaugh:

Ane sih tetep paling percaya oli yang ada official approval tapi harus melakukan engine testing karena itu susah, mahal, dan membutuhkan effort luar biasa. Kalo cuma bikin oli sekedar pas pasan pasti gak berani mengajukan untuk approval karena kalo gagal ya sia sia. Makanya paling anti kalo liat oli botolnya cuma API SN / SP dan Ilsac gf5/gf6.

BMW, VW, sama Mercy itu makin lama makin susah pengujiannya. Contoh spek oli BMW LL-04 2004 itu berjibun, Spek BMW LL-04 2018 cuma ada 5 yang lulus (di Indonesia) dan 2 diantaranya produk baru kita Q8 Special RN 5w30 dan Q8 Prestige V 5w30.

Contoh apa yang harus dilewatin oli untuk dapet approval jerman
Contoh Q8:

Screenshot_20240508_091350.jpg
kalo BMW dan MB approval gitu liat list nya dimana om? kalo dexos kan ada tuh.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22038
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Btw

pemburu harga oli yg diskon gak cuman di Indo aja

di USA juga, kalo ada bahasan oli yg diskon selalu rame & saling infokan sumber nya

https://bobistheoilguy.com/forums/threa ... es.357784/

harga2 oli di wallmart
https://www.walmart.com/browse/auto-tir ... 84_6349344

Di Costco juga oli harga miring2, cuman spt nya web Costco hrs akses pake VPN utk user dri Indo

yah ini sekedar gambaran aja

yg foto di bawah ini harga Wallmart cuman USD 24 per 5 quart di wallmart
(cuman di sana ongkos ganti oli bisa seharga oli-nya / lebih mahal..... ha ha)

Pennz = milik Shell
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *