Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

tohpati
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 18
Joined: Sun Oct 08, 2023 6:13
Location: Denpasar
Daily Vehicle: Honda Freed

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by tohpati »

Opeakkk wrote: Wed May 15, 2024 8:30
Turboman wrote: Wed May 15, 2024 4:24 Fastron Tekno rilis oli API SP / GF-6

5W30 & 0W20

mau perang puputan lawan Mobil Super kayaknya

cek aja di Sadikun retail

rame nih
Spek nya oke juga nih
5W-30 cuma 66 ribu
4Lnya pastinya bakal lebih murah lagi.
Menarik dicoba, masuk wishlist.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2014
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Turboman wrote: Wed May 15, 2024 13:29
sahabatq8 wrote: Wed May 15, 2024 10:19 [

Btw sebenernya yang di maksud spek ok itu darimananya ya?

Oli 5w30 bukanya on paper juga gitu gitu aja?
Ini doonggg

sayah dapet gak sampe Rp 110 rb / L (tapi cuman kebagian 7 L)

Image

Big sale dr toko serba ada yg cabang ada dimana mana.......wkwkwkkwwkkwkwkwk
Maksud saya Fastron Econya sesuai PDS yang di post om Opeakk. Itu kan tanpa approval kan.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Buat yg cari 0W20

ini masih aseli made in France

Cuman tahun produksi udah agak lama aja

Bisa lgs ke toko-nya atau di apps ACE / Rupa rupa

* Bukan endorse *

Image
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

tohpati wrote: Wed May 15, 2024 14:09

4Lnya pastinya bakal lebih murah lagi.
Menarik dicoba, masuk wishlist.
Spt nya Fastron Tecno yg API SP / GF-6 ini = pengganti Fastron ECO API SN / GF-5

Pastikan aseli, aman digunakan, krn oli tsb udah lolos SNI

Kalo soal enak / gak enak ya relatif tergantung expetasi masing2 user aja

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

Suryaputra wrote: Thu May 09, 2024 3:47
iwing wrote: Thu May 09, 2024 1:07
sahabatq8 wrote: Wed May 08, 2024 4:31

Fastron luar sama Lokal sama gak ya
klo saya, gak yakin sama. misal beneran fastron gold lokal tembus sertifikat mb, bmw dll (sama dgn luar), harusnya mesin mobil dirumah suaranya gak kasar :big_bored:
Mungkin belum terbiasa mbah :mky_03:
saya hanya gak mau menyangkal dengan rasa maupun indra pendengaran saya terhadap fastron gold karena memang itulah yang saya rasakan

contoh nyata, saya isi bbm di spbu A dan rasanya lbh enak dibanding spbu B. misal tanya di pihak pertamina, pasti mereka jawab bahwa gak mungkin terjadi karena perusahaan sudah mengantongi sertifikat iso A-Z dan 1-100000. misal pertamina punya spbu diluar indonesia (misal eropa), saya yakin rasa di spbu X dan Z akan sama karena regulasi disana pasti ketat


malah penasaran dengan oli pertamina diluar sana :mky_01:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

dray007 wrote: Wed May 15, 2024 6:49
azu wrote: Sat May 11, 2024 2:37
dray007 wrote: Fri May 10, 2024 17:28 om2 kuh. Newbie tentang merk oli terutama secara tier dan grade. Saya pakai harrier 2008 2.4 . Oli terakhir pakai Shell 10-40w lupa apa hx6 atau hx7. Nah kebetulan mobil udah km 174rban. Pemilik sebelumnya memang sangat terawat cuman dia pakai 10-40w dengan alesan mobil km tinggi dan tua takut tidak terlumasi mesinnya kalau pakai yang lebih encer. Sedangkan di buku pakai 5-30w dan tidak ada harus ganti oli apa di km berapa dan tahun berapa secara guidancenya. Saya terakhir ganti masih 10-40w mengikuti pemilik sebelumnya. Nah rencana mau balikin ke STD aj 5-30w. Kalau boleh tau yang paling cocok, paling bagus, atau overall price to performance bagus apa ya merk dan tipe olinya? kalau boleh dijabarkan tier tiernya
Mungkin bisa dibantu dulu om:
- Budget harga olinya berapa?
- Rencana interval penggantian olinya setiap berapa Km atau bulan?
- Sistem pendinginan, seperti radiator dan coolant, apakah dalam kondisi baik? Terakhir penggantian coolant kapan?
- Coba dicek dari lubang pengisian oli, apakah sudah muncul varnish atau sludge? Setahu saya mesin 2AZ ini cukup sering kasusnya muncul sludge

Kalau mesinnya dalam kondisi baik, harusnya maaih aman om pakai 5W-30. Biasanya nanti suhu-suhu disini akan bantu sesuai jawaban om :mky_02:
1. 1jutaan++. Menyesuaikan.
2. sesuai pada umumnya, 6 bulan atau per 5000.
3. Belum cek lagi, tapi sejauh ini temperatur aman cooling system no bocor.
3. cek terakhir masih cukup bersih.

kesimpulannya sih saya pemakaian mobil agak jarang. Jadi sudah 6 bulan duluan kena interval ganti oli, tidak menyentuh sampai 5000km.
oiya sempat lirik oli full sintetis, gimana ya untuk mobil tua km cukup tinggi ini apakah rekomen? kira2 habis berapa budjetnya?
klo saya, misal harga oli yang biasa dipakai 400 ribu utk 6 bulan, mending cari full sintetis yang harga sktr 600 ribu utk setahun. jatuh nya lebih ekonomis
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

baca2 di belakang, penggunaan additif bbm misal redline (seperti yang saya pakai), katanya meningkatkan kadar sulfur oli ya klo gak salah berdasarkan test uoa. iseng cari pds redline dan sepertinya gak ada kandungan sulfurnya atau memang ada kandungan sulfurnya..?? (harap maklum gak mudeng bahasa kimia)

jika memang benar meningkatkan kadar sulfur (jika additif tdk menggunakan sulfur), mungkin itu dari sulfur bbm yang 'nyantol' di ruang bakar trus dibersihkan oleh additif bbm dan akhirnya nyelip ke oli. seperti halnya solvent dye/pewarna bbm..??
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

iwing wrote: Thu May 16, 2024 0:58
dray007 wrote: Wed May 15, 2024 6:49
azu wrote: Sat May 11, 2024 2:37

Mungkin bisa dibantu dulu om:
- Budget harga olinya berapa?
- Rencana interval penggantian olinya setiap berapa Km atau bulan?
- Sistem pendinginan, seperti radiator dan coolant, apakah dalam kondisi baik? Terakhir penggantian coolant kapan?
- Coba dicek dari lubang pengisian oli, apakah sudah muncul varnish atau sludge? Setahu saya mesin 2AZ ini cukup sering kasusnya muncul sludge

Kalau mesinnya dalam kondisi baik, harusnya maaih aman om pakai 5W-30. Biasanya nanti suhu-suhu disini akan bantu sesuai jawaban om :mky_02:
1. 1jutaan++. Menyesuaikan.
2. sesuai pada umumnya, 6 bulan atau per 5000.
3. Belum cek lagi, tapi sejauh ini temperatur aman cooling system no bocor.
3. cek terakhir masih cukup bersih.

kesimpulannya sih saya pemakaian mobil agak jarang. Jadi sudah 6 bulan duluan kena interval ganti oli, tidak menyentuh sampai 5000km.
oiya sempat lirik oli full sintetis, gimana ya untuk mobil tua km cukup tinggi ini apakah rekomen? kira2 habis berapa budjetnya?
klo saya, misal harga oli yang biasa dipakai 400 ribu utk 6 bulan, mending cari full sintetis yang harga sktr 600 ribu utk setahun. jatuh nya lebih ekonomis
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: Wed Apr 21, 2021 9:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Chr1stm1 »

iwing wrote: Thu May 16, 2024 0:52
Suryaputra wrote: Thu May 09, 2024 3:47
iwing wrote: Thu May 09, 2024 1:07

klo saya, gak yakin sama. misal beneran fastron gold lokal tembus sertifikat mb, bmw dll (sama dgn luar), harusnya mesin mobil dirumah suaranya gak kasar :big_bored:
Mungkin belum terbiasa mbah :mky_03:
saya hanya gak mau menyangkal dengan rasa maupun indra pendengaran saya terhadap fastron gold karena memang itulah yang saya rasakan

contoh nyata, saya isi bbm di spbu A dan rasanya lbh enak dibanding spbu B. misal tanya di pihak pertamina, pasti mereka jawab bahwa gak mungkin terjadi karena perusahaan sudah mengantongi sertifikat iso A-Z dan 1-100000. misal pertamina punya spbu diluar indonesia (misal eropa), saya yakin rasa di spbu X dan Z akan sama karena regulasi disana pasti ketat


malah penasaran dengan oli pertamina diluar sana :mky_01:

Setuju, sama2 pertabo aja bisa beda feel koq
Saya isi pertabo di SPBU 31 Cipularang km 88a aja rasanya ga seenak pertabo di SPBU 31 nya Daan Mogot ( deket perempatan CL ), padahal udah sama2 COCO itu...apalagi yg 33, apalagi yang 34...wsalam
Oh iya Shell juga beda koq ( lebih ketakaran bukan rasa ) antara Shell PIK dengan Shell Kyai Tapa
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2014
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Chr1stm1 wrote: Thu May 16, 2024 1:18
iwing wrote: Thu May 16, 2024 0:52
Suryaputra wrote: Thu May 09, 2024 3:47

Mungkin belum terbiasa mbah :mky_03:
saya hanya gak mau menyangkal dengan rasa maupun indra pendengaran saya terhadap fastron gold karena memang itulah yang saya rasakan

contoh nyata, saya isi bbm di spbu A dan rasanya lbh enak dibanding spbu B. misal tanya di pihak pertamina, pasti mereka jawab bahwa gak mungkin terjadi karena perusahaan sudah mengantongi sertifikat iso A-Z dan 1-100000. misal pertamina punya spbu diluar indonesia (misal eropa), saya yakin rasa di spbu X dan Z akan sama karena regulasi disana pasti ketat


malah penasaran dengan oli pertamina diluar sana :mky_01:

Setuju, sama2 pertabo aja bisa beda feel koq
Saya isi pertabo di SPBU 31 Cipularang km 88a aja rasanya ga seenak pertabo di SPBU 31 nya Daan Mogot ( deket perempatan CL ), padahal udah sama2 COCO itu...apalagi yg 33, apalagi yang 34...wsalam
Oh iya Shell juga beda koq ( lebih ketakaran bukan rasa ) antara Shell PIK dengan Shell Kyai Tapa
Ini saya pernah baca penelitian dalam negri, kalo di daerah lebih variatif lagi. Perlite yang seharusnya gak ada timbal, banyak pomp bensin yang mengandung timbal.
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:12
iwing wrote: Thu May 16, 2024 0:58
dray007 wrote: Wed May 15, 2024 6:49

1. 1jutaan++. Menyesuaikan.
2. sesuai pada umumnya, 6 bulan atau per 5000.
3. Belum cek lagi, tapi sejauh ini temperatur aman cooling system no bocor.
3. cek terakhir masih cukup bersih.

kesimpulannya sih saya pemakaian mobil agak jarang. Jadi sudah 6 bulan duluan kena interval ganti oli, tidak menyentuh sampai 5000km.
oiya sempat lirik oli full sintetis, gimana ya untuk mobil tua km cukup tinggi ini apakah rekomen? kira2 habis berapa budjetnya?
klo saya, misal harga oli yang biasa dipakai 400 ribu utk 6 bulan, mending cari full sintetis yang harga sktr 600 ribu utk setahun. jatuh nya lebih ekonomis
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1527
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by AbdulHakim »

iwing wrote: Thu May 16, 2024 1:50
AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:12
iwing wrote: Thu May 16, 2024 0:58

klo saya, misal harga oli yang biasa dipakai 400 ribu utk 6 bulan, mending cari full sintetis yang harga sktr 600 ribu utk setahun. jatuh nya lebih ekonomis
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
my bad.. saya kira 0w-20, iya kalo 5w-30 harganya sangat bersahabat dan pilihannya sangat banyak.
saya juga sangat tertarik nyobain adnc vygr gold, tapi tolong jangan sering dibahas di sini om, kita pertahankan agar tetap ekonomis harganya ya :big_deal:
iwing
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Tue Feb 23, 2016 2:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by iwing »

AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:56
iwing wrote: Thu May 16, 2024 1:50
AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:12
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
my bad.. saya kira 0w-20, iya kalo 5w-30 harganya sangat bersahabat dan pilihannya sangat banyak.
saya juga sangat tertarik nyobain adnc vygr gold, tapi tolong jangan sering dibahas di sini om, kita pertahankan agar tetap ekonomis harganya ya :big_deal:
oiya lupa. siappp om :big_deal:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2014
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:56
iwing wrote: Thu May 16, 2024 1:50
AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:12
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
my bad.. saya kira 0w-20, iya kalo 5w-30 harganya sangat bersahabat dan pilihannya sangat banyak.
saya juga sangat tertarik nyobain adnc vygr gold, tapi tolong jangan sering dibahas di sini om, kita pertahankan agar tetap ekonomis harganya ya :big_deal:
Btw speknya kok lucu ya?
Aplikasi: Oli Mesin Bensin
Viskositas: 5W30
Base Oil: Fully Synthetic
Standarisasi:
API SN/CF
ACEA A3/B4
MB 229.51
BMW LL01
VW 502 00/505 01

Aplikasi :
dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin bensin dan diesel berkinerja tinggi, namun tidak cocok untuk digunakan pada mesin diesel ringan yang dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter). Dapat memberikan perlindungan optimal pada mesin modern maupun mesin lama, menjaga kinerja dan umur mesin selama penggunaan normal.

Dicopas dari official store

A3/b4 dan bmw LL-01 (fullsaps) tapi bisa MB 229.51 (lowsaps) kok bisa :big_think:
mkamil
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by mkamil »

sahabatq8 wrote: Thu May 16, 2024 2:05
AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:56
iwing wrote: Thu May 16, 2024 1:50

kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
my bad.. saya kira 0w-20, iya kalo 5w-30 harganya sangat bersahabat dan pilihannya sangat banyak.
saya juga sangat tertarik nyobain adnc vygr gold, tapi tolong jangan sering dibahas di sini om, kita pertahankan agar tetap ekonomis harganya ya :big_deal:
Btw speknya kok lucu ya?
Aplikasi: Oli Mesin Bensin
Viskositas: 5W30
Base Oil: Fully Synthetic
Standarisasi:
API SN/CF
ACEA A3/B4
MB 229.51
BMW LL01
VW 502 00/505 01

Aplikasi :
dirancang untuk memenuhi kebutuhan mesin bensin dan diesel berkinerja tinggi, namun tidak cocok untuk digunakan pada mesin diesel ringan yang dilengkapi dengan DPF (Diesel Particulate Filter). Dapat memberikan perlindungan optimal pada mesin modern maupun mesin lama, menjaga kinerja dan umur mesin selama penggunaan normal.

Dicopas dari official store

A3/b4 dan bmw LL-01 (fullsaps) tapi bisa MB 229.51 (lowsaps) kok bisa :big_think:
salah kayaknya om, yg terdaftar di web MB untuk 229.51 itu Voyager Gold 4700

kalau voyager gold itu terdaftar 229.5, di pdf Adnoc juga begitu
https://www.adnocdistribution.ae/-/medi ... active.pdf
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Tips utk membuat interval ganti oli lebih maksimal

- Warming up 20 detik aja, lanjut jalan pelan2 dengan Low Gear sampe jarum C naik dari setrip bawah C
- Mobil jangan jadi Genset alias saat menunggu matikan mesin & parkir tempat adem / ngadem di gedung ber AC aja
- Gaya menyetir Pulse n glide, alias tekan2 pedal gas toel2 aja / banyak2 meluncur / Deselerasi dengan pindah ke gigi rendah (Downshift)
- Hindari rute macet
- Filter udara selalu bersih
- Ban & velg ukuran standard
- Kondisi mesin prima & pembakaran optimal
- Beban mobil wajar (penumpang / barang)

Jadi interval ganti oli juga sangat dipengaruhi oleh jumlah BBM yg dibakar selama 1 jam, semakin banyak BBM yg dibakar per jam = oli terkontaminasi lebih besar

Jumlah BBM yg dibakar dalam 1 jam tergantung
- Beban yg diangkut
- Gaya nyetir (Eco drive VS pedal to metal)
- Kondisi jalan (Jalan Off Road = Fuel Cons lebih boros)

Suhu coolant mesin juga pengaruh ke usia pakai oli

Jadi dengan panduan ini, bagi budget user yg menggunakan oli kelas ekonomis, bisa maksimalkan OCI dengan panduan di atas

Semoga bermanfaat
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Krigger
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 165
Joined: Thu Jan 13, 2022 12:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Krigger »

AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:56
iwing wrote: Thu May 16, 2024 1:50
AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:12
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
my bad.. saya kira 0w-20, iya kalo 5w-30 harganya sangat bersahabat dan pilihannya sangat banyak.
saya juga sangat tertarik nyobain adnc vygr gold, tapi tolong jangan sering dibahas di sini om, kita pertahankan agar tetap ekonomis harganya ya :big_deal:
Kebetulan saya lg pake adn0c voyager star plus eco 0w 20 nih om di haerpi 1.5, kmrn dpt harga 1L di 130rb an, tp skr udah naik jadi 175rb per L di toko online sp33d servic3s, udah jalan 2500km lbh, rencana mau dipake sampe 7000km biar pas 95.000 di odometer trus mau test lab, mudah2an ga lupa nanti pas OCI sisain sample buat test lab 🤧🤧
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 427
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by daimler »

Turboman wrote: Thu May 16, 2024 2:48 Tips utk membuat interval ganti oli lebih maksimal

- Warming up 20 detik aja, lanjut jalan pelan2 dengan Low Gear sampe jarum C naik dari setrip bawah C
- Mobil jangan jadi Genset alias saat menunggu matikan mesin & parkir tempat adem / ngadem di gedung ber AC aja
- Gaya menyetir Pulse n glide, alias tekan2 pedal gas toel2 aja / banyak2 meluncur / Deselerasi dengan pindah ke gigi rendah (Downshift)
- Hindari rute macet
- Filter udara selalu bersih
- Ban & velg ukuran standard
- Kondisi mesin prima & pembakaran optimal
- Beban mobil wajar (penumpang / barang)

Jadi interval ganti oli juga sangat dipengaruhi oleh jumlah BBM yg dibakar selama 1 jam, semakin banyak BBM yg dibakar per jam = oli terkontaminasi lebih besar

Jumlah BBM yg dibakar dalam 1 jam tergantung
- Beban yg diangkut
- Gaya nyetir (Eco drive VS pedal to metal)
- Kondisi jalan (Jalan Off Road = Fuel Cons lebih boros)

Suhu coolant mesin juga pengaruh ke usia pakai oli

Jadi dengan panduan ini, bagi budget user yg menggunakan oli kelas ekonomis, bisa maksimalkan OCI dengan panduan di atas

Semoga bermanfaat
mbah kalo di beberapa mobil yg kalo start awal rpmnya lebih tinggi sampe 1500rpm (misalnya Mazdut 2) , trs baru turun setelah 1 menit ke 800-900 rpm, lebih baik tunggu rpmnya stabil 800-900 rpm atau kalau dirasa udah 20dtk meskipun rpmnya masih tinggi langsung dibawa jalan aja? sama di mobil2 yg ga dilengkapi indikator suhu, gimana mbah, pakai feeling aja?
thx pencerahannya mbah
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
i.ibb.co/JckhCM5/20220918-013303-gif.gif
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by t105erd »

AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:56
iwing wrote: Thu May 16, 2024 1:50
AbdulHakim wrote: Thu May 16, 2024 1:12
oli fully sintetis 1 tahun harganya per liter rata-rata 175rb - 260rb, mohon referensinya om yang 600rb bisa untuk setahun oli apa?

lalu kebiasaan oli mid tier OCI nya itu 6-7 bulan, sedangkan oli ningrat itu 11 bulan udah gatel mau ganti :big_biglaugh: lebih ke self satisfaction ketimbang faktor ekonomis, kalo yang ekonomis itu contohnya mobil capek kayak ojol dan mobil travel yang 1-2 bulan sekali ganti karena mileage tercapai IMHO
kayaknya banyak om oli yang tulisan nya full sintetis di rentang harga tsb. saya pribadi malah penasaran sama adnoc 5w-30 yang harga per liter 150 ribu (seller nya di page belakang udah di spill kayaknya). penasaran saya sama merk dari negara tsb (dan sekitarnya) karena di labelnya tertulis 100 persen virgin oil. tulisan ini bagus lho jika dimarketing

jgn2 oli yang selama ini saya pakai ada campuran oli daur ulang nya karena gak ada tulisan virgin oil nya kwkwkwk
my bad.. saya kira 0w-20, iya kalo 5w-30 harganya sangat bersahabat dan pilihannya sangat banyak.
saya juga sangat tertarik nyobain adnc vygr gold, tapi tolong jangan sering dibahas di sini om, kita pertahankan agar tetap ekonomis harganya ya :big_deal:
Saya lagi pakai merk negara tetangganya om Enoc tipe Protec Flex 5W30, terlihat juga aksara arab di botolnya, tanda emang made in arabian, dan tulisan 100% virgin oil, full sintetis dan sudah dexos1 gen2, harganya? cuma 95rb :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sekarang belum nongol/restok lagi tuh oli.

Cukuplah kita2 aja yg nikmatin oli ekonomis kaya gini, temen2 lain silahkan beli yg arabian kelas sultan aja, yuropian atau yang made in american supaya mereka bisa tetep jualan di Indonesia, dan yang ekonomis tetap ekonomis ga naik2 ke puncak gunung :big_peace:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11216
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by marmut »

daimler wrote: Thu May 16, 2024 6:04
mbah kalo di beberapa mobil yg kalo start awal rpmnya lebih tinggi sampe 1500rpm (misalnya Mazdut 2) , trs baru turun setelah 1 menit ke 800-900 rpm, lebih baik tunggu rpmnya stabil 800-900 rpm atau kalau dirasa udah 20dtk meskipun rpmnya masih tinggi langsung dibawa jalan aja? sama di mobil2 yg ga dilengkapi indikator suhu, gimana mbah, pakai feeling aja?
thx pencerahannya mbah


bukan mbah, cuma nubi wingi sore numpang nulis jgn dibuli.
semua mesin tanpa kecuali, saat cold start wajip tinggi rpm-nya dgn tujuan cepet sampe di operating temperature.

kalo mau jalan, 10 detik semenjak mesin nyala pun sudah boleh. toh oli sudah bersirkulasi.
asalkan jalannya perlahan, jangan kaya maling mobil....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

daimler wrote: Thu May 16, 2024 6:04
mbah kalo di beberapa mobil yg kalo start awal rpmnya lebih tinggi sampe 1500rpm (misalnya Mazdut 2) , trs baru turun setelah 1 menit ke 800-900 rpm, lebih baik tunggu rpmnya stabil 800-900 rpm atau kalau dirasa udah 20dtk meskipun rpmnya masih tinggi langsung dibawa jalan aja? sama di mobil2 yg ga dilengkapi indikator suhu, gimana mbah, pakai feeling aja?
thx pencerahannya mbah
gak masalah

yg penting oli-nya bagus

saat mesin masih dingin jalan pelan2 aja, injak gas tipis2. kalo mobil tanpa jarum coolant temp bisa pasang OBD2 reader yg ada bacaan suhu coolant jika ingin detail, udah murah2 skg

Warming up di tempat 2 menit hanya diperlukan apabila saat mulai jalan kita lgs hadapi tanjakan / jalan menanjak

IMO
* Bukan ajakan Beli *
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1573
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by MSU »

mbah kalo di beberapa mobil yg kalo start awal rpmnya lebih tinggi sampe 1500rpm (misalnya Mazdut 2) , trs baru turun setelah 1 menit ke 800-900 rpm, lebih baik tunggu rpmnya stabil 800-900 rpm atau kalau dirasa udah 20dtk meskipun rpmnya masih tinggi langsung dibawa jalan aja? sama di mobil2 yg ga dilengkapi indikator suhu, gimana mbah, pakai feeling aja?
thx pencerahannya mbah
[/quote]

kalo sy tunggu 1 menit dulu aja...1 menit ini kan pasang seat belt, update status, stel2 bangku, stel2 spion, nyalain tape...pas dah :big_peace:
krn kalo rpm 1500 pindahin tuas ke D koq berasa kurang sreg
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

t105erd wrote: Thu May 16, 2024 6:34

Saya lagi pakai merk negara tetangganya om Enoc tipe Protec Flex 5W30, terlihat juga aksara arab di botolnya, tanda emang made in arabian, dan tulisan 100% virgin oil, full sintetis dan sudah dexos1 gen2, harganya? cuma 95rb :big_biglaugh: :big_biglaugh:
sekarang belum nongol/restok lagi tuh oli.

Cukuplah kita2 aja yg nikmatin oli ekonomis kaya gini, temen2 lain silahkan beli yg arabian kelas sultan aja, yuropian atau yang made in american supaya mereka bisa tetep jualan di Indonesia, dan yang ekonomis tetap ekonomis ga naik2 ke puncak gunung :big_peace:
Jangan pernah takut mencoba oli merek apapun / type apapun, asalkan Aseli dan SAE nya sesuai di man book, API / ACEA nya sesuai dgn petunjuk di man book

Apalagi di saat skg "Ekonomi seret", akan banyak merek yang "diskon besar / banting harga".......tinggal tunggu aja.......karena oli disimpan lama ada shelf life 5 tahun

Disclemer
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by Turboman »

Berikut panduan persamaan std Long Life oli dari Automakers kalo kita mau cari substitusi yg ekonomis

1. Utk std DEXOS 2 / MB 229.51 or .52 / BMW LL-04....maka std2 tsb semua bersumber dari keluarga ACEA C3

Jadi oli dgn std2 LongLife tsb bisa disubstitusi dgn oli ACEA C3

The specification of ACEA C3 has allowed many OEMs to align their specifications with its performance requirements.

VW 50400 / 50700
VW 50500 / 50501
Porsche C30
BMW LL-04
MB 229.52
MB 229.51
MB 229.31
MB 226.52
Opel OV0401547
GM dexos2™
RN 17
PSA B71 2290

https://360.lubrizol.com/Specifications ... ACEA-C3-21


2. Utk std BMW LL-17 / MB 229.71 & .72......std2 tsb berasal dari keluarga ACEA C5

Jadi bisa gunakan oli yg std ACEA C5 thok.

The specification of ACEA C5 has allowed many OEMs to align their specifications with its performance requirements.

VW 50800 / 50900
Porsche C20
BMW LL-17 FE+
MB 229.71
MB 229.72
Opel OV0401547
JLR STJLR.03.5006
Volvo Cars VCC RBS0-SAE 0W-20
Ford WSS-M2C948-B
Ford WSS-M2C952-A
RN17 FE
PSA B71 2010

https://360.lubrizol.com/Specifications ... ACEA-C5-21


3. Utk std BMW LL-01 / MB 229.3 & .5....std2 tsb berasal dari keluarga ACEA A3 / B4

ACEA A3/B4 is usually coupled with a range of OEM specifications including:

SAE 10W-40/30

Daimler MB-Approval 229.1
Daimler MB-Approval 229.3
Volkswagen VW50101
Volkswagen VW50200
Volkswagen VW50500

SAE 5W-40

Daimler MB-Approval 229.3
Daimler MB-Approval 229.5
Volkswagen VW50200
Volkswagen VW50500
BMW Longlife 01
Porsche A40
PSA B71 2296
Renault RN0700/710
GM / Opel Longlife B (Obsolete)

SAE 5W-30

Daimler MB-Approval 229.3
Daimler MB-Approval 229.5
Volkswagen VW50200
Volkswagen VW50500
BMW Longlife 01
Renault RN0700/710
GM / Opel Longlife A (Obsolete)
GM / Opel Longlife B (Obsolete)

https://360.lubrizol.com/Specifications ... A-A3-B4-16


Catatan :

Hanya saja saat kita gunakan oli alternative yg lebih ekonomis, gaya nyetir juga sesuaikan dikit, kurangi frekuensi "Gas poll mentok lantai" dan juga interval ganti oli diperpendek dikit

Karena Kualitas seiring harga

Salam Solusi
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2014
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 19

Post by sahabatq8 »

Kalo mobil yurop mah udah paling bener pake oli yang approval aja. Mampu beli bmw/mercy masa gak mampu beli olinya.

Gak semua criteria dari BMW / Mercy terpenuhi sama oli standard. Memang basenya dari ACEA C3 ato C5 tapi yang dilakukan pengetesan beda.

Contohnya mercy 229.52 itu ada proteksi LSPInya untuk mesin DI mereka , walaupun tidak setinggi Api SP. C3 polosan mana ada

Kalo di spesifikasi oli biasanya VW yang paling ketat. Ini kebetulan ada perbandingan antara oli approved dan oli non approval. Specnya sama sama C3, kalo di liat V100nya aja mirip.

Produk Q8 Prestige V 5w30 untuk pendapatkan approval C3 itu cuma membutuhkan pengetesan sekitar 1200jam, untuk sampe jadi approval VW 504/507 Baumuster 2020 harus melakukan kurang lebih total 13 000 jam di 16 mesin yang berbeda, jauh lebih tested dan ketat.
Screenshot_20240516-151558_Showpad.jpg
Screenshot_20240516-151607_Showpad.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.