(ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Post Reply
gorihatejazz
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 20 Nov 2012, 09:44

(ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by gorihatejazz »

Malam Suhu sm semua.

Sesuai topik diatas, masih adakah? Saya penikmat manual soalnya. Menurut saya sensasi shifting tidak tergantikan. Biarpun realita nya tetep sih enakan matic buat harian :big_childish:

Manual, menurut saya, pasti menang di tarikan awal vs matic mobil harian normal (jangan bandingin sama matic dual clutch canggih), 0-100 rata rata lebih cepat dibanding mobil versi matic nya. Tapi, dibalik performa yang rata rata unggul, versi matic mobil jaman sekarang rata rata bisa lebih irit, terutama yang matic nya dah pada cvt. rpm bisa dijaga rendah terus.

Contoh : Sienta, versi mt dalkot lebih irit dari pada cvt, tapi lukot cvt bisa jauh lebih irit daripada mt nya (ada di review fitra eri dan juga pengalaman pribadi pernah pegang Sienta). Sienta di 100 kmh kalo cvt bisa 2000 rpm kalo mt di 2800 ke 3000
Altis, 2011 5 sp 1800 cc, mt di 100 kmh 3000 rpm di cvt nya bisa 2000an rpm

Adakah manual modern sekarang yang unggul disemua aspek vs versi matic nya? :big_think:
zonepublic
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 494
Joined: 21 Feb 2014, 02:08

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by zonepublic »

Kalau ambil contoh diatas sebenernya tergantung gear ratio untuk iritnya dan jumlah giginya,makin banyak makin irit

Civic type R ,GR yaris,toyota GR Corolla

Seperti kata john cena
https://trenoto.katadata.co.id/mobil/ho ... -cena-5046
nyotsaeba
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 423
Joined: 04 May 2017, 21:22
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by nyotsaeba »

gorihatejazz wrote:Malam Suhu sm semua.

Sesuai topik diatas, masih adakah? Saya penikmat manual soalnya. Menurut saya sensasi shifting tidak tergantikan. Biarpun realita nya tetep sih enakan matic buat harian :big_childish:

Manual, menurut saya, pasti menang di tarikan awal vs matic mobil harian normal (jangan bandingin sama matic dual clutch canggih), 0-100 rata rata lebih cepat dibanding mobil versi matic nya. Tapi, dibalik performa yang rata rata unggul, versi matic mobil jaman sekarang rata rata bisa lebih irit, terutama yang matic nya dah pada cvt. rpm bisa dijaga rendah terus.

Contoh : Sienta, versi mt dalkot lebih irit dari pada cvt, tapi lukot cvt bisa jauh lebih irit daripada mt nya (ada di review fitra eri dan juga pengalaman pribadi pernah pegang Sienta). Sienta di 100 kmh kalo cvt bisa 2000 rpm kalo mt di 2800 ke 3000
Altis, 2011 5 sp 1800 cc, mt di 100 kmh 3000 rpm di cvt nya bisa 2000an rpm

Adakah manual modern sekarang yang unggul disemua aspek vs versi matic nya? :big_think:
Rebon disel manual, macet se sinting2 nya ga bakal dibawah 11km/l. Kerja dr jakbar ke thamrin peak hour rata2 12,x -13,x km/l.

Tarikan joss ga usah ditanya vs matic nya, apalg power mode.
Jeleknya napas nya pendek, mesti sering ganti gigi 1-2-3, gigi 4nya sih panjang, antara 60-120 masih ok.
User avatar
levofloxacine
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 199
Joined: 25 Jan 2017, 08:30
Location: Palembang
Daily Vehicle: FD1 2011 FC 2017 GN2 2022

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by levofloxacine »

gorihatejazz wrote: 19 Nov 2023, 20:56 Malam Suhu sm semua.

Sesuai topik diatas, masih adakah? Saya penikmat manual soalnya. Menurut saya sensasi shifting tidak tergantikan. Biarpun realita nya tetep sih enakan matic buat harian :big_childish:

Manual, menurut saya, pasti menang di tarikan awal vs matic mobil harian normal (jangan bandingin sama matic dual clutch canggih), 0-100 rata rata lebih cepat dibanding mobil versi matic nya. Tapi, dibalik performa yang rata rata unggul, versi matic mobil jaman sekarang rata rata bisa lebih irit, terutama yang matic nya dah pada cvt. rpm bisa dijaga rendah terus.

Contoh : Sienta, versi mt dalkot lebih irit dari pada cvt, tapi lukot cvt bisa jauh lebih irit daripada mt nya (ada di review fitra eri dan juga pengalaman pribadi pernah pegang Sienta). Sienta di 100 kmh kalo cvt bisa 2000 rpm kalo mt di 2800 ke 3000
Altis, 2011 5 sp 1800 cc, mt di 100 kmh 3000 rpm di cvt nya bisa 2000an rpm

Adakah manual modern sekarang yang unggul disemua aspek vs versi matic nya? :big_think:
Civic FD1 2011 1.8 MT vs 1.8 AT
sensasi shifting (+)
tarikan (+)
fuel Cons (=)
0-100 (+)
Ibet
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 218
Joined: 23 Mar 2015, 07:25
Location: Bekasi, Jawa Barat

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by Ibet »

City HB sih om, 6 sp M/T.
entah kenapa lebih sigap mesinnya daripada yg CVT.
Mungkin by design CVT nya minta turun terus ke gear ratio paling rendah, jadinya biar irit .. tapi jadinya ya gitu wkwk

current Honda yg 6 sp M/T sih enak menurut saya ..
mau dari WR-V sampe City HB.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3776
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by b0ku »

SEMUA honda manualnya enak om saya dulu pake mobilio S aja enak banget shiftingnya presisi dan pasti masuk gearnya gak ada tuh grinding2x kek naek mobilnya daihatsu toyota atau chevrolet :mky_07:
idlamahilang
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 337
Joined: 01 Jul 2016, 17:16

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by idlamahilang »

Swift sport enak om, Shifting nya presisi dan ringan. Redline di 7100rpm. Konsumsi bbm 1:13,5-14km/L. Utk tenaga sih gak spektakuler, soalnya cuma 136hp. Kalau maticnya swift sport cvt, dan sy belum pernah nyoba. Harusnya sih lebih enak manualnya.
carlzeiss
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 568
Joined: 04 Jul 2016, 23:27
Daily Vehicle: Reborn Bensin

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by carlzeiss »

Honda slalu best klo trans manual, HRV 6 M/T, City HB 6 M/T jg presisi banget.

Andaikannn jakartaaa tdk semacettt ini, naksir banget shifting manual
Now : Reborn Bensin Musuh SMers
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15062
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by ChZ »

any econo car yang versi matic nya masih mengandalkan 4-speed auto, pasti versi manualnya hampir unggul di semua aspek.

2010 up ya masih banyak. GE8 RS, yaris manual, swift manual, FD1 manual, avanza lama manual, ertiga lama manual, etc. bahkan xpander manual saya rasa berbanding yang 4AT masih unggul.

kalau 2020 up baru susah. rata2 sudah CVT dan CVTnya sudah seamless performanya sudah menyamai versi manual bahkan lebih baik. cth honda civic FK4 manual di luar ditest malah kencengan versi CVTnya sedikit.

mobilio/BRV/brio CVT manualnya udah kalah urusan irit iritan dan performa cuma beda tipis karena manual pun rationya dibuat halus.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1540
Joined: 22 May 2016, 11:20

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by pengendiesel »

nyotsaeba wrote: 19 Nov 2023, 21:48 Rebon disel manual, macet se sinting2 nya ga bakal dibawah 11km/l. Kerja dr jakbar ke thamrin peak hour rata2 12,x -13,x km/l.

Tarikan joss ga usah ditanya vs matic nya, apalg power mode.
Jeleknya napas nya pendek, mesti sering ganti gigi 1-2-3, gigi 4nya sih panjang, antara 60-120 masih ok.
Rebon disel manual di power mode = sensasi jambakan setan yang sebenarnya. Gak perlu remap dll, tenaga sudah berlebihan. Bonus fc irit mampus.
Shiftingnya kurang presisi sih,meskipun jauh membaik daripada 2kd mt,tapi spontanitas respon mesinnya itu sulit dilupakan.
Minusnya kalo di tol jalan cepek,rpm di sekitar 2000. Mirip 2kd vnt matic.

Solusinya buat om ts? Cobain anf mt 6 speed. Kalo gak salah,ada yang bilang jalan 100 rpm 1600an. Mantep bener tuh. Respon mesin instan,fc tetep irit,cruising di tol mesin gak meraung. Cuma pasti lebih lemot dan boros sedikit dibanding rebon
User avatar
touchme
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: 11 Jun 2015, 20:50

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by touchme »

pengendiesel wrote: 20 Nov 2023, 15:21
nyotsaeba wrote: 19 Nov 2023, 21:48 Rebon disel manual, macet se sinting2 nya ga bakal dibawah 11km/l. Kerja dr jakbar ke thamrin peak hour rata2 12,x -13,x km/l.

Tarikan joss ga usah ditanya vs matic nya, apalg power mode.
Jeleknya napas nya pendek, mesti sering ganti gigi 1-2-3, gigi 4nya sih panjang, antara 60-120 masih ok.
Rebon disel manual di power mode = sensasi jambakan setan yang sebenarnya. Gak perlu remap dll, tenaga sudah berlebihan. Bonus fc irit mampus.
Shiftingnya kurang presisi sih,meskipun jauh membaik daripada 2kd mt,tapi spontanitas respon mesinnya itu sulit dilupakan.
Minusnya kalo di tol jalan cepek,rpm di sekitar 2000. Mirip 2kd vnt matic.

Solusinya buat om ts? Cobain anf mt 6 speed. Kalo gak salah,ada yang bilang jalan 100 rpm 1600an. Mantep bener tuh. Respon mesin instan,fc tetep irit,cruising di tol mesin gak meraung. Cuma pasti lebih lemot dan boros sedikit dibanding rebon
+1 reborn manual.
buat dalkot relaxing banget ini mobil. ane kalo pas lewat jalan agak padet avg speed 10-30kmh, pantengin gigi 3 uda berasa nyetir matic ga oper" gigi... bahkan waktu rpm uda turun sampe 1000an pun masi ngga keilangan momentum buat keep up sama traffic. start dari full stop di jalan datar cukup angkat kopling dari gigi 2 ga perlu gas sama sekali. gigi1 malah jarang ane pake kecuali untuk start di jalan yang agak incline atau ngerayap yang lambat banget. kopling awet, solar irit, ganti oli mt murah.

buat ngetol, karna kebetulan driving style dan rute ane jarang bisa lebih dari 80kmh, jadi nggak ada keluhan rpm tinggi. tapi emang pamor at ga ada lawan si... seenak enaknya mt tetep aja ketemu macet lama bumper to bumper ya pegel juga.
Dogies
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 640
Joined: 27 Dec 2007, 09:16

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by Dogies »

Hadir MT lover :big_smoking:
Michaelktp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: 02 Nov 2013, 15:00

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by Michaelktp »

Chevy SpinDies 1.3 D walau hanya ada transmisi M/T 5 speed tetap jauh lebih unggul dari Chevy Spin bensin 1.2L dan 1.5L A/T.
Untuk mesin displacement 1.0L - 1.8L better tetap memakai M/T 5 atau 6 speed tetap secara power to weight ratio jelas jauh lebih baik daripada yang versi A/T.
vanosz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 839
Joined: 31 Aug 2013, 11:20

Re: (ASK) Masih adakah mobil ICE modern 2010 up, manual gearbox, yang unggul disemua aspek dibanding versi matic nya???

Post by vanosz »

b0ku wrote: 20 Nov 2023, 08:42 SEMUA honda manualnya enak om saya dulu pake mobilio S aja enak banget shiftingnya presisi dan pasti masuk gearnya gak ada tuh grinding2x kek naek mobilnya daihatsu toyota atau chevrolet :mky_07:

apalg kena mesin yang skrg disini modifnya hampir 500 hp tuh gans,sekali tekan pedal gas bisa mendadak olahraga jantung gans,


yah tau sendiri dah sensasi honda bukan yang oonda,


manual enteng tinggal dorong 1 jari jg masuk gans,

istilahnya driver yg dihibur mobil,

bukan driver yang menghibur diri,


sikat blehhhhh gans,



ahhhh ngopiiiu sunmori dulu dah ah,
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post