[Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

[Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

[media]https://www.google.com/url?sa=i&url=htt ... AdAAAAABAP[/media]

Liputan6.com, Jakarta - PT Chery Sales Indonesia (CSI) belum lama ini menginfokan bahwa mereka tengah menyiapkan model terbaru dari Omoda 5. Dalam pernyataannya, pabrikan asal Tiongkok itu memberikan petunjuk jika model baru Chery Omoda 5 menggunakan mesin dengan kapasitas lebih besar dari pendahulunya.

Berdasarkan informasi yang Liputan6.com peroleh, ubahan pada Chery Omoda 5 terbaru ini terdapat pada sektor mesin, kaki-kaki, dan beberapa sentuhan baru pada eksterior dan interior.

Mesin yang digunakan berkapasitas 1.600cc turbo dengan sistem transmisi Dual Clucth Transmission (DCT). Tentu ini berbeda dengan model sebelumnya yang mengandalkan mesin 1.500cc turbo yang dikawinkan dengan transmisi Continuously Variable Transmission (CVT).

Menariknya, pada model baru ini tersedia dalam dua penggerak roda, yakni front wheel drive (FWD) dan all wheel drive (AWD). Sebagai pembeda, model anyar ini disematkan inisial 'GT'.

"Untuk Omoda 5 ini nanti konsepnya Series, sama seperti Tiggo. Jadi ada varian Z, RZ, GT FWD dan GT AWD, baru EV," terang Rifkie Setiawan, General Manager Marketing PT Chery Sales Indonesia (CSI) baru-baru ini saat dijumpai di kawasan BSD, Tangerang Banten.

Pada sisi eksterior, terdapat beberapa perubahan seperti ada grille dan emblem yang disematkan. Aksen warna minimalis yang menghiasi bagian bawah bodi, spion dan pelek, juga dibedakan dengan Omoda 5 terdahulu. Yang baru pada eksterior Omoda 5 GT adalah adanya cover di bagian bawah yang menutupi bagian mesin hingga ke belakang. Pada model baru ini juga terdapat emblem 290T di pintu bagasi yang mana angka tersebut merupakan besaran torsi mesin yang dimiliki, yakni 290 Nm

Disebutkan, sistem suspensi juga mengalami ubahan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. "Suspensi berubah, dari sebelumnya torsion beam menjadi multi link. (Alasan diubah) karena ini menggunakan enjin 1.600cc, bisa dibilang performanya galak, jadi dibutuhkan penyesuaian suspensi supaya berimbang antara performa dan handling-nya," kata Rifkie.

Ia juga menyebut jika target konsumen Omoda 5 GT sedikit lebih berumur dibanding Omoda 5 sebelumnya yang menyasar pengguna berusia 25-45 tahun. "Targetnya (Omoda 5 GT) lebih kepada keluarga kecil, anak muda yang sudah mapan dengan rentang usia 30-50. Suka dengan performance mobil, suka traveling jarak jauh," ujarnya.

Terkait harga, ia tidak dapat merinci secara pasti karena banderol resmi baru diumumkan saat peluncuran yang diperkirakan berlangsung akhir bulan ini. "Estimasi harga start di Rp 480 juta untuk yang GT FWD," tutup Rifkie.

https://www.liputan6.com/otomotif/read/ ... nya?page=2

------------------------------------------------
Udah di test sama Autonetmagz, walaupun cuma di prooving ground :


------------------------------------------------

GILAK sih ini, speknya overkill banget. Target pasar HRV RS Turbo, dengan harga lebih murah, performanya sekalian bisa nampol kakaknya CRV Turbo & gerombolan AWD Subaru.
Spek Dewa, harga reasonable, plus udah bikin pabrik di Indo. Sepertinya Chery memang bakal all out untuk garap pasar Indonesia. Well Done & Good Luck Chery :off_good_job:
Last edited by Jose on 20 Sep 2023, 09:51, edited 1 time in total.
Increase speed = increase Risk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4376
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by b0ku »

DENGAN DCT bakalan lari ke HRV :big_biglaugh:

wong bmw aja DCTnya gak enak temen saya jual X1 sampe lari ke mazda belinya CX30 doank lagi :mky_07:
Last edited by b0ku on 20 Sep 2023, 09:52, edited 1 time in total.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

omoda ni kayaknya mau serius dikembangin jadi sub-brand buat hot hatch / SUV yah. DCTnya kalo wet harusnya ok dan kyknya kalo udah 197hp biasa pabrikan ga mau risiko pake dry.

cuma 1 yang dari dulu bikin ane males liat omoda

grillnya ga bisa gtu bikin grill yang gak nge trigger trypophobia :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

b0ku wrote: 20 Sep 2023, 09:51 DENGAN DCT bakalan lari ke HRV :big_biglaugh:

wong bmw aja DCTnya gak enak temen saya jual X1 sampe lari ke mazda belinya CX30 doank lagi :mky_07:
masalahnya HRV pun gak pake Torque Converter, dan di masyarakat awam udah mulai ada mindset bahwa CVT itu transmisi yang nggak enak secara driving & performance :upss:
Increase speed = increase Risk
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4376
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by b0ku »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 09:52 omoda ni kayaknya mau serius dikembangin jadi sub-brand buat hot hatch / SUV yah. DCTnya kalo wet harusnya ok dan kyknya kalo udah 197hp biasa pabrikan ga mau risiko pake dry.

cuma 1 yang dari dulu bikin ane males liat omoda

grillnya ga bisa gtu bikin grill yang gak nge trigger trypophobia :ungg:
kalo di china emang ud di pisah om brandnya omoda maen sendiri namanya omoda C5 logo chery ilang kalo gak salah :big_think:
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 09:52 omoda ni kayaknya mau serius dikembangin jadi sub-brand buat hot hatch / SUV yah. DCTnya kalo wet harusnya ok dan kyknya kalo udah 197hp biasa pabrikan ga mau risiko pake dry.

cuma 1 yang dari dulu bikin ane males liat omoda

grillnya ga bisa gtu bikin grill yang gak nge trigger trypophobia :ungg:
Betul bro, di versi GT, emblem penamaan Chery udah pada diganti ke OMODA.

Utk tranny, berdasarkan spek Tiggo 8 pro & konfrimasi dari salesnya, mereka pakai Wet Clutch, so dengan garansi 6 thn dan mesin 10 tahun / sejuta km sih harusnya less worry
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 09:55
b0ku wrote: 20 Sep 2023, 09:51 DENGAN DCT bakalan lari ke HRV :big_biglaugh:

wong bmw aja DCTnya gak enak temen saya jual X1 sampe lari ke mazda belinya CX30 doank lagi :mky_07:
masalahnya HRV pun gak pake Torque Converter, dan di masyarakat awam udah mulai ada mindset bahwa CVT itu transmisi yang nggak enak secara driving & performance :upss:
keknya banyakan CVT modern udah pake torcon mbah. honda punya pake torque converter

https://www.hondapartsnow.com/genuine/h ... c-305.html

nih ada part numbernya
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4376
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by b0ku »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 09:55
masalahnya HRV pun gak pake Torque Converter, dan di masyarakat awam udah mulai ada mindset bahwa CVT itu transmisi yang nggak enak secara driving & performance :upss:
at least masih lebih nyaman om creepingnya masih sama kek matic konvesional kalo sama2x kosong ya enakan omoda masalahnya berapa persen jalan gak macet wong itu temen saya aja gak betah sama dctnya bmw malah bela2xin turun kelas beli mazda :big_biglaugh:

itu bmw M sendiri aja dari DCT jd pake konvensional semua emang pada complain kan M2 sama 235 M sportnya enak enakan 235 kalo di jalan :mky_03:

BMW M sekarang muka jelek2x cuma berat di gearbox lebih nyaman di pake kalo yang sekarang :big_biglaugh:

saya dulu cobain TSI aja gak enak om kalo dah kena macet injek gasnya itu loh gak ada kopling buat nahan tenaganya soalnya :big_bored:

alesan saya dulu juga gak suka bawa F350 untung jatahnya 3200GT pake matic butut 5 speed twin turbo lagi :mky_03:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 09:59
Betul bro, di versi GT, emblem penamaan Chery udah pada diganti ke OMODA.

Utk tranny, berdasarkan spek Tiggo 8 pro & konfrimasi dari salesnya, mereka pakai Wet Clutch, so dengan garansi 6 thn dan mesin 10 tahun / sejuta km sih harusnya less worry
tp tiggo 2.0 turbo spek DCTnya sama yak :big_think:

yg susah ni engine 1.5t, 1.6t, 2.0t. gak sekalian pake 1.5t nya jadi base kyk honda :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

b0ku wrote: 20 Sep 2023, 10:01
at least masih lebih nyaman om creepingnya masih sama kek matic konvesional kalo sama2x kosong ya enakan omoda masalahnya berapa persen jalan gak macet wong itu temen saya aja gak betah sama dctnya bmw malah bela2xin turun kelas beli mazda :big_biglaugh:

itu bmw M sendiri aja dari DCT jd pake konvensional semua emang pada complain kan M2 sama 235 M sportnya enak enakan 235 kalo di jalan :mky_03:

BMW M sekarang muka jelek2x cuma berat di gearbox lebih nyaman di pake kalo yang sekarang :big_biglaugh:

saya dulu cobain TSI aja gak enak om kalo dah kena macet injek gasnya itu loh gak ada kopling buat nahan tenaganya soalnya :big_bored:

alesan saya dulu juga gak suka bawa F350 untung jatahnya 3200GT pake matic butut 5 speed twin turbo lagi :mky_03:
Seperti pada kasus smartphone, aim nya chinese brand pada fase awal adalah branding melalui overspecs, dan DCT itu ibarat Snapdragon versi top of the line. Performa kenceng tapi kalau gak didukung hardware lain bisa gampang panas. Perang specs ini matters banget di kelas middle segment.

Pabrikan European macam BMW, khususnya seri M yang pembelinya kebanyakan upmarket akhirnya balik ke TC karena tipikal konsumen kelas ini pengen mobil performa tinggi tapi masih quite comfortable driving, mereka no problem spek diturunin sedikit
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:11 Pabrikan European macam BMW, khususnya seri M yang pembelinya kebanyakan upmarket akhirnya balik ke TC karena tipikal konsumen kelas ini pengen mobil performa tinggi tapi maih quite comfortable driving, mereka no problem spek diturunin sedikit
masalahnya transmisi AT ZF 8HP gitu yang udah canggih, dapet semua kelebihan DCT yang bisa shifting cepat, without all the drawbacks spt jerking dan durability ampas.

BMW M suka eksperimen pake transmisi macem2 dari SMG DCT ujungnya ketika udah nemu formula tepat tetep lebih baik pake AT gigi banyak.

apalagi BMW M targetnya ingin jadi mobil performa yang dipake harian.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 10:03
Jose wrote: 20 Sep 2023, 09:59
Betul bro, di versi GT, emblem penamaan Chery udah pada diganti ke OMODA.

Utk tranny, berdasarkan spek Tiggo 8 pro & konfrimasi dari salesnya, mereka pakai Wet Clutch, so dengan garansi 6 thn dan mesin 10 tahun / sejuta km sih harusnya less worry
tp tiggo 2.0 turbo spek DCTnya sama yak :big_think:

yg susah ni engine 1.5t, 1.6t, 2.0t. gak sekalian pake 1.5t nya jadi base kyk honda :big_think:
Di global market, Omoda GT ini speknya plek ketiplek sama dengan Tiggo 8 versi 1.6 Turbo yang memang dikawinin sama DCT wet.
Mungkin daripada riset ulang utk nambah power mesin 1.5 mending sekalian ambil spek yang udah dipakai di model lain
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:15
Di global market, Omoda GT ini speknya plek ketiplek sama dengan Tiggo 8 versi 1.6 Turbo yang memang dikawinin sama DCT wet.
Mungkin daripada riset ulang utk nambah power mesin 1.5 mending sekalian ambil spek yang udah dipakai di model lain
hooo ada yak 1.6 nya kirain bikin khusus baru buat 1.6 :big_think:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 10:14
Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:11 Pabrikan European macam BMW, khususnya seri M yang pembelinya kebanyakan upmarket akhirnya balik ke TC karena tipikal konsumen kelas ini pengen mobil performa tinggi tapi maih quite comfortable driving, mereka no problem spek diturunin sedikit
masalahnya transmisi AT ZF 8HP gitu yang udah canggih, dapet semua kelebihan DCT yang bisa shifting cepat, without all the drawbacks spt jerking dan durability ampas.

BMW M suka eksperimen pake transmisi macem2 dari SMG DCT ujungnya ketika udah nemu formula tepat tetep lebih baik pake AT gigi banyak.

apalagi BMW M targetnya ingin jadi mobil performa yang dipake harian.
Yup, ZF8 itu ibarat "Prodigy" di dunia tranny & powertrain, dapet hampir semua kelebihan M-DCT plus kenyamanan TC. Makanya someday pengen banget punya mobil yang pake tranny ZF8 :big_blushing:
Increase speed = increase Risk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:18
Yup, ZF8 itu ibarat "Prodigy" di dunia tranny & powertrain, dapet hampir semua kelebihan M-DCT plus kenyamanan TC. Makanya someday pengen banget punya mobil yang pake tranny ZF8 :big_blushing:
mersedes keluarin 9G-Tronic jg tetep kalah seamless dibanding ZF8HP. dalam sejarah BMW transmisi paling badak wakakkakaka. awet dipake dr 2011 ampe hari ini gile awet bgt. ZFnya jg bingung kali ngembanginnya mau kemana saking ud sempurna itu transmisi :mky_03:

gih mbah itu trax tuker ma F30 B48 udah murah :mky_03:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Jose
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 496
Joined: 02 Jan 2008, 12:19
Location: Southern Batavia
Daily Vehicle: Toyota Camry V6 35Q Mitsubishi Xpander Chevrolet Trax
Contact:

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Jose »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 10:21
Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:18
Yup, ZF8 itu ibarat "Prodigy" di dunia tranny & powertrain, dapet hampir semua kelebihan M-DCT plus kenyamanan TC. Makanya someday pengen banget punya mobil yang pake tranny ZF8 :big_blushing:
mersedes keluarin 9G-Tronic jg tetep kalah seamless dibanding ZF8HP. dalam sejarah BMW transmisi paling badak wakakkakaka. awet dipake dr 2011 ampe hari ini gile awet bgt. ZFnya jg bingung kali ngembanginnya mau kemana saking ud sempurna itu transmisi :mky_03:

gih mbah itu trax tuker ma F30 B48 udah murah :mky_03:
masih rada horror mbah liat harga parts2 lainnya. Trax hampir semua parts udah ada versi AC-Delco nya, yang harganya setara parts aftermarket jepun :big_chicken:
Increase speed = increase Risk
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by Suryaputra »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:39
ChZ wrote: 20 Sep 2023, 10:21
Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:18
Yup, ZF8 itu ibarat "Prodigy" di dunia tranny & powertrain, dapet hampir semua kelebihan M-DCT plus kenyamanan TC. Makanya someday pengen banget punya mobil yang pake tranny ZF8 :big_blushing:
mersedes keluarin 9G-Tronic jg tetep kalah seamless dibanding ZF8HP. dalam sejarah BMW transmisi paling badak wakakkakaka. awet dipake dr 2011 ampe hari ini gile awet bgt. ZFnya jg bingung kali ngembanginnya mau kemana saking ud sempurna itu transmisi :mky_03:

gih mbah itu trax tuker ma F30 B48 udah murah :mky_03:
masih rada horror mbah liat harga parts2 lainnya. Trax hampir semua parts udah ada versi AC-Delco nya, yang harganya setara parts aftermarket jepun :big_chicken:
pantau aja mbah

siapa tau astra ke depan bikin aspira for biem series :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:39
masih rada horror mbah liat harga parts2 lainnya. Trax hampir semua parts udah ada versi AC-Delco nya, yang harganya setara parts aftermarket jepun :big_chicken:
lemforder andalanku :mky_03: .

beli 320i aja klo 330i up udah adaptive suspension dll makin ngeri. wakakakkaa.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
herp
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 09 Aug 2015, 07:58

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by herp »

b0ku wrote: 20 Sep 2023, 09:51 DENGAN DCT bakalan lari ke HRV :big_biglaugh:

wong bmw aja DCTnya gak enak temen saya jual X1 sampe lari ke mazda belinya CX30 doank lagi :mky_07:
Bmw yg fwd pake dct si emg ngejar efisien om dct nya jg gabisa handle torsi gede sampe di mini jcw yg baru keluar jg outputnya disunat biar bisa pake dct. yg lama pdhl varian yg output gede masi dikasi girbok 8 spid konvensional aisin
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4376
Joined: 12 Jul 2013, 11:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by b0ku »

Jose wrote: 20 Sep 2023, 10:11
Seperti pada kasus smartphone, aim nya chinese brand pada fase awal adalah branding melalui overspecs, dan DCT itu ibarat Snapdragon versi top of the line. Performa kenceng tapi kalau gak didukung hardware lain bisa gampang panas. Perang specs ini matters banget di kelas middle segment.

Pabrikan European macam BMW, khususnya seri M yang pembelinya kebanyakan upmarket akhirnya balik ke TC karena tipikal konsumen kelas ini pengen mobil performa tinggi tapi masih quite comfortable driving, mereka no problem spek diturunin sedikit
speknya kagak di turunin om emang gearboxnya aja yang ud berkembang :mky_03:

dct bertahun2x ngarep kek acura ILX pake torque conventer gak berkembang2x akhirnya sekarang mulai ditinggal performance car, yang ada sekarang jd gearbox mobil ekonomi :mky_03:

YA itu kek asus awal2x hpnya murah performa bagus cuma cepet panas batre boros makin kesini makin sempurna cuma harganya juga makin gak kebeli :big_biglaugh:

ya susah sih DCT VW aja babak belur sama tuh transmiisi sampe beberapa area sekarang balik ke konvensional mobilnya :big_bored:

ngomongin omoda sendiri di kandang sendiri aja jualannya babak belur sama HRV pantesan cherry kalo iklan di cungkwo demen banget nyerang HRV padahal gak ada juntrungannya :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3555
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 09:52 omoda ni kayaknya mau serius dikembangin jadi sub-brand buat hot hatch / SUV yah. DCTnya kalo wet harusnya ok dan kyknya kalo udah 197hp biasa pabrikan ga mau risiko pake dry.

cuma 1 yang dari dulu bikin ane males liat omoda

grillnya ga bisa gtu bikin grill yang gak nge trigger trypophobia :ungg:
Baru gw pgn ngomong yg sama. Masih ga bisa nerima grillnya aja, overall yg laen diatas specsheet sih sangat worth kalo masuk harga 480jt.

Mengenai transmisi susah ni kalo ngikutin netijen :mky_03:
Nanti dikasi cvt dengung doang ga jalan dihujat jg, liat aja noh yutub rev yg omoda di remap. Hp naek, cvtnya tp slip minta ampun. Dikasi torque konverter konvensional 6 speed dibilang ketinggalan jaman. Minta dijejelin zf8 harga nanti jd 600jt dibilang brand cungkuo gatau diri lg matok harga segitu :big_biglaugh:
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

kendibocor wrote: 20 Sep 2023, 11:49
Baru gw pgn ngomong yg sama. Masih ga bisa nerima grillnya aja, overall yg laen diatas specsheet sih sangat worth kalo masuk harga 480jt.
1. trypophobia inducing grille
2. velg + ban kurang lebar. masalahnya kalaupun mau lebarin, mo kasih profil berapa itu di fender aja sisa banyak :ungg:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1126
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by kenop »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 11:51
kendibocor wrote: 20 Sep 2023, 11:49
Baru gw pgn ngomong yg sama. Masih ga bisa nerima grillnya aja, overall yg laen diatas specsheet sih sangat worth kalo masuk harga 480jt.
1. trypophobia inducing grille
2. velg + ban kurang lebar. masalahnya kalaupun mau lebarin, mo kasih profil berapa itu di fender aja sisa banyak :ungg:
mobcin kenapa ya rata2 fitment ban nya kurang enak diliat, kurang keker gt
almaz, alvez jg berasanya kayak gt

eh tapi xpander cross (apa lagi yg lama) jg busuk sih :big_biglaugh:
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3555
Joined: 10 Aug 2015, 20:13
Location: Jakarta

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by kendibocor »

ChZ wrote: 20 Sep 2023, 11:51
kendibocor wrote: 20 Sep 2023, 11:49
Baru gw pgn ngomong yg sama. Masih ga bisa nerima grillnya aja, overall yg laen diatas specsheet sih sangat worth kalo masuk harga 480jt.
1. trypophobia inducing grille
2. velg + ban kurang lebar. masalahnya kalaupun mau lebarin, mo kasih profil berapa itu di fender aja sisa banyak :ungg:
Kalo mbl spec gini yg beli mungkin kebanyakan abege atau bapak2 labil yg suka maenan mbl. Yg kalah nanti Part aftermarketnya kalo dibandingin sama Haerpi segala. Kalo ganti velg + ban, harus dipendekin dikit, kayaknya susah nyari lowering kit aftermarketnya.
Butuh dana buat beli M4 :big_weee:
Tanah sentul : https://shorturl.at/fMmZx
Apt westmark : https://shorturl.at/3xlmI
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15810
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: [Spek Gila] Chery Omoda 5 GT, 1.6 Turbo, 197hp, DCT, Multilink & AWD

Post by ChZ »

kenop wrote: 20 Sep 2023, 11:54
mobcin kenapa ya rata2 fitment ban nya kurang enak diliat, kurang keker gt
almaz, alvez jg berasanya kayak gt

eh tapi xpander cross (apa lagi yg lama) jg busuk sih :big_biglaugh:
biasa rasio badan mobil ke wheel arch nya kurang dapet. Wuling cortez aja dikasih velg besar nggak bantu banyak. tetep wagu.

di case Chery omoda, malah keliatan wheel arch nya terlalu gede. itu ukuran velg standar ane cek di website udah 18inch loh. ban 215/55/18. mo dilebarin pake 235 kayaknya baru pas. velg pasang 19 apa 20. masalahnya mobil compact gini pasang 20 inch rasanya udah gak karuan pasti apalagi kalo bannya pake acc*lera profil tipis.

XPCross lama itu sama kayak zenix dan reborn, kurang keluar offsetnya. yang baru kan enakan tapi yah selain itu aslinya gak perlu kasih over fender heboh gitu mending kayak BRV/XL7.

tp untuk sekarang nurut ane yg paling susah didandanin itu zenix. wheel archnya gak pas bulet. jadi dipakein velg besar pun gak nolong.

diceperin jadi aneh karena mobilnya tinggi (bodynya tinggi kayak van, bukan ground clearancenya tinggi) udah gitu kalo tinggi clean kayak alphard gpp malah bagus, ini tinggi lekuk2. MPV bukan SUV bukan.
kendibocor wrote: 20 Sep 2023, 11:54
Kalo mbl spec gini yg beli mungkin kebanyakan abege atau bapak2 labil yg suka maenan mbl. Yg kalah nanti Part aftermarketnya kalo dibandingin sama Haerpi segala. Kalo ganti velg + ban, harus dipendekin dikit, kayaknya susah nyari lowering kit aftermarketnya.
betul itu kendalanya mbah. kalo ngincer pasar doyan utak atik biasanya di sini pabrikan lain kicep ketemu Honda yg didandanin paling mudah. wkwkwkwk.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post