Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Locked
User avatar
WiraSoenaryo
Administrator
Administrator
Posts: 2492
Joined: 08 Aug 2002, 16:07
Location: Surabaya
Daily Vehicle: Toyota Rush TRD
Contact:

Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by WiraSoenaryo »

Hallo,

Silakan dilanjutkan di sini ya..

Part 13: viewtopic.php?f=4&t=30148
Part 14: viewtopic.php?f=4&t=30701
Part 15: viewtopic.php?t=31093
Part 16: viewtopic.php?t=31525
Part 17: viewtopic.php?t=31892

Terima kasih.
Our other services
SerayaMotor - SerayaHost - SerayaShop - PakaiNota
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1501
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by AbdulHakim »

Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
trebla88
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 663
Joined: 06 Jun 2016, 17:35

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by trebla88 »

AbdulHakim wrote: 08 May 2023, 13:08 Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
5rb km kelas oem om :mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 08 May 2023, 13:08 Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
ya full sintetis jg ada kelas nya
kelas hemat, sampai kelas ningrat.
hahahaha.

klo dr beres toyota honda mitsu nissan suzuki dan kawan2nya
5rb km aja udah kurang ya rasa2nya

tp klo mbl hibrit, mungkin akan lbh ringan kerja oli mesin nya, karena kolaborasi bareng dinamo + batre :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
bangsaun
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 16 Apr 2017, 21:45
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Motorcycle

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by bangsaun »

Selamat sore,

Mohon rekomendasi oli 10w-40 full synthetic om, mobil Suzuki APV tahun 2007.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

bangsaun wrote: 08 May 2023, 14:41 Selamat sore,

Mohon rekomendasi oli 10w-40 full synthetic om, mobil Suzuki APV tahun 2007.
Klo 10w40 biasa semi syn.
Full mulai 5w40 dan 0w40 even better base oil nya.

Dan kastanya beda2

Klo 10w40 bisa coba ini
https://tokopedia.com/indoutamaotopart/ ... -api-sp-1l
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Pilatypus
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: 01 Jan 2022, 22:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Pilatypus »

bangsaun wrote: 08 May 2023, 14:41 Selamat sore,

Mohon rekomendasi oli 10w-40 full synthetic om, mobil Suzuki APV tahun 2007.
Mau coba Shell Helix Extend mbah? 0w-40 Full Syn A3/b4 ngakunya bisa 20.000 km itu :mky_03: Ganti filter aja di tengah.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22051
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Turboman »

AbdulHakim wrote:Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
yg bensin ?

8000 - 9000 km / 11 bulan bisa lah

asal mesin jangan sering jadi GenSet
* Bukan ajakan Beli *
Travellintas
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 04 Oct 2021, 10:39
Location: Pekanbaru
Daily Vehicle: Toyota raize

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Travellintas »

Turboman wrote: 08 May 2023, 18:29
AbdulHakim wrote:Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
yg bensin ?

8000 - 9000 km / 11 bulan bisa lah

asal mesin jangan sering jadi GenSet
Mau nanya om karna masa gratis servis mobil saya sudah habis saya mau berganti oli dari oli bawaan merek mobil ke yang lain untuk budget 100 ribuan oli apa saja yang cocok om , mobil saya toyota raize pengennya 5-30 aja :big_biglaugh:
Klo oli seperti bardahl s9 , shell helix ultra atau motul h tech gmn om Apakah sudah cukup ? :big_childish:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Travellintas wrote: 08 May 2023, 19:53
Turboman wrote: 08 May 2023, 18:29
AbdulHakim wrote:Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
yg bensin ?

8000 - 9000 km / 11 bulan bisa lah

asal mesin jangan sering jadi GenSet
Mau nanya om karna masa gratis servis mobil saya sudah habis saya mau berganti oli dari oli bawaan merek mobil ke yang lain untuk budget 100 ribuan oli apa saja yang cocok om , mobil saya toyota raize pengennya 5-30 aja :big_biglaugh:
Klo oli seperti bardahl s9 , shell helix ultra atau motul h tech gmn om Apakah sudah cukup ? :big_childish:
Raize std pabrik pakai W20 ajah
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Chr1stm1 »

Travellintas wrote: 08 May 2023, 19:53
Turboman wrote: 08 May 2023, 18:29
AbdulHakim wrote:Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
yg bensin ?

8000 - 9000 km / 11 bulan bisa lah

asal mesin jangan sering jadi GenSet
Mau nanya om karna masa gratis servis mobil saya sudah habis saya mau berganti oli dari oli bawaan merek mobil ke yang lain untuk budget 100 ribuan oli apa saja yang cocok om , mobil saya toyota raize pengennya 5-30 aja :big_biglaugh:
Klo oli seperti bardahl s9 , shell helix ultra atau motul h tech gmn om Apakah sudah cukup ? :big_childish:
Raize enak yg 0w20 om, beda signifikan ditarikan
Kalau tetap mau 5w30 prefer Motul Htech 5w30 atau oemnya aja TMO 5w30, udah lumayan enak
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by RezPrat »

AbdulHakim wrote: 08 May 2023, 13:08 Oli TMO 5W-30 dari beres itu fully synthetic beneran?
berani pake sampe brp KM om SM-ers kalo pake oli tsb?
KLO mobil rajin jalan hajar aja 10k km/ setahun om, Altis ortu saya 7 THN rawatan beres tmo 10w40, 8 tahun rawatan bengkel luar S&D/oliMart pake Fastron ijo 10w40, semuanya hajar 10k km, sampe 15 THN d jual mesin adem dan tarikan gak pernah berubah sejak baru. Padahal itu mobil sering nya repeated short distance, sesekali rute gunung lintas Sumatra, masuk dusun2. Yg penting oli asli, produk oli Pertamini ckp ok koq, yg penting ASLI.
Apalagi itu kasta tinggi tmo full synthetic (biasanya re brand si Pertamina Fastron gold)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Fastron Gold 5w30
Resmi asli

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-1ltr

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-4ltr

Comply ke
- API SN/CF
- ACEA C3-12
- MB 229.51
- BMW LL 04
- GM Dexos 2
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1501
Joined: 22 Mar 2021, 06:59
Location: Indonesia

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by AbdulHakim »

Suryaputra wrote: 09 May 2023, 05:34 Fastron Gold 5w30
Resmi asli

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-1ltr

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-4ltr

Comply ke
- API SN/CF
- ACEA C3-12
- MB 229.51
- BMW LL 04
- GM Dexos 2
cintailah produk-produk Indonesia, mbah :big_biglaugh:
base oil-nya pake crude oil Duri Heavy, Minas Light, Cepu atau mana nih?
RezPrat wrote: 09 May 2023, 01:05 KLO mobil rajin jalan hajar aja 10k km/ setahun om, Altis ortu saya 7 THN rawatan beres tmo 10w40, 8 tahun rawatan bengkel luar S&D/oliMart pake Fastron ijo 10w40, semuanya hajar 10k km, sampe 15 THN d jual mesin adem dan tarikan gak pernah berubah sejak baru. Padahal itu mobil sering nya repeated short distance, sesekali rute gunung lintas Sumatra, masuk dusun2. Yg penting oli asli, produk oli Pertamini ckp ok koq, yg penting ASLI.
Apalagi itu kasta tinggi tmo full synthetic (biasanya re brand si Pertamina Fastron gold)
oli ini yg diprovide sama beres untuk servis berkala yang per 6 bulan itu, om.
emang namanya kalo ganti olinya rutin berkala pake oli asli, daleman mesinnya ga bakal muncul varnished/sludge.
Suryaputra wrote: 08 May 2023, 13:56 ya full sintetis jg ada kelas nya
kelas hemat, sampai kelas ningrat.
hahahaha.

klo dr beres toyota honda mitsu nissan suzuki dan kawan2nya
5rb km aja udah kurang ya rasa2nya

tp klo mbl hibrit, mungkin akan lbh ringan kerja oli mesin nya, karena kolaborasi bareng dinamo + batre :big_biglaugh:
iya, 6 bulan untuk pemakaian moderate siy harusnya sufficient. Paling impactnya ke fuel consumption ya mbah?
Last edited by AbdulHakim on 09 May 2023, 07:49, edited 1 time in total.
YUDPRAY
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 21 Sep 2017, 10:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by YUDPRAY »

klo terios x th 2019 km 17.000 mau pake fastron ecogreen cocoknya 0w-20 atau 5w-30 ya?
sehari2 buat pp kerja kurleb 5km dan sebulan sekali pulkam jarak total pp 500km dg rute pegunungan 40%, rute jalan lintas data 60% kec. rata2 80kph...

sm mau tanya filter oli yg bagus dan affordable apa ya?
sy cek di official store daihatsu filter oli cm 26k itu udah cukup blm?
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2936
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by josomba »

YUDPRAY wrote: 09 May 2023, 07:33 klo terios x th 2019 km 17.000 mau pake fastron ecogreen cocoknya 0w-20 atau 5w-30 ya?
sehari2 buat pp kerja kurleb 5km dan sebulan sekali pulkam jarak total 500km dg rute pegunungan...

sm mau tanya filter oli yg bagus dan affordable apa ya?
sy cek di official store daihatsu filter oli cm 26k itu udah cukup blm?
Olinya kelas 5k km kudu ganti, pake filter oli harga segitu juga sudah sangat cukup om

:big_smile]
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: 09 May 2023, 07:29
Suryaputra wrote: 09 May 2023, 05:34 Fastron Gold 5w30
Resmi asli

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-1ltr

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-4ltr

Comply ke
- API SN/CF
- ACEA C3-12
- MB 229.51
- BMW LL 04
- GM Dexos 2
cintailah produk-produk Indonesia, mbah :big_biglaugh:
base oil-nya pake crude oil Duri Heavy, Minas Light, Cepu atau mana nih?
Mangga Besar heavy oil dong :mky_04:
Insya Allah thn dpn sy test lab @6-7rb km :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
YUDPRAY
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: 21 Sep 2017, 10:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by YUDPRAY »

josomba wrote: 09 May 2023, 07:35
YUDPRAY wrote: 09 May 2023, 07:33 klo terios x th 2019 km 17.000 mau pake fastron ecogreen cocoknya 0w-20 atau 5w-30 ya?
sehari2 buat pp kerja kurleb 5km dan sebulan sekali pulkam jarak total 500km dg rute pegunungan...

sm mau tanya filter oli yg bagus dan affordable apa ya?
sy cek di official store daihatsu filter oli cm 26k itu udah cukup blm?
Olinya kelas 5k km kudu ganti, pake filter oli harga segitu juga sudah sangat cukup om

:big_smile]
siap om makasih,, ane emg orgnya pengen cpt2 ganti oli, makanya nyari yg short drain aja dan yg murah..

Klo pertamina ecogreen sm dgo, secara value to money lbh worth it mana ya?
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by bimzbim »

Suryaputra wrote: 09 May 2023, 05:34 Fastron Gold 5w30
Resmi asli

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-1ltr

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-4ltr

Comply ke
- API SN/CF
- ACEA C3-12
- MB 229.51
- BMW LL 04
- GM Dexos 2
Ini seller yang saya pake buat beli fastron online juga :big_biglaugh:
so far pake fastron gold jauh lebih enak dari bawaan OEM nya honda.
bimzbim
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: 06 Dec 2017, 13:43
Location: surabaya
Daily Vehicle: ANF

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by bimzbim »

Suryaputra wrote: 09 May 2023, 05:34 Fastron Gold 5w30
Resmi asli

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-1ltr

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-4ltr

Comply ke
- API SN/CF
- ACEA C3-12
- MB 229.51
- BMW LL 04
- GM Dexos 2
Ini seller yang saya pake buat beli fastron online juga :big_biglaugh:
so far pake fastron gold jauh lebih enak dari bawaan OEM nya honda.
Btw beli online harganya lebih murah.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 12 Sep 2013, 08:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by RezPrat »

AbdulHakim wrote: 09 May 2023, 07:29
oli ini yg diprovide sama beres untuk servis berkala yang per 6 bulan itu, om.
emang namanya kalo ganti olinya rutin berkala pake oli asli, daleman mesinnya ga bakal muncul varnished/sludge.
Setahu ane, Gak semua oli beres bisa d pake 10k, oli SGO itu jelas2 mereka bilang max 5k km aja, jadi jgn dihajar 10k km. Nissan kek nya juga gitu. So far yg ane tahu oli FULL Synthetic TMO sama Honda bisa dan aman dipakai 10k km.
Dulu dijaman oli encer buntut 20 Masi jarang, ane pake 0w20 Honda buat Subaru non turbo, selalu 10k km, sampe d jual aman2 aja...gak ada aneh2.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

bimzbim wrote: 09 May 2023, 08:35
Suryaputra wrote: 09 May 2023, 05:34 Fastron Gold 5w30
Resmi asli

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-1ltr

https://tokopedia.com/sadikunwalang/fas ... a-lam-4ltr

Comply ke
- API SN/CF
- ACEA C3-12
- MB 229.51
- BMW LL 04
- GM Dexos 2
Ini seller yang saya pake buat beli fastron online juga :big_biglaugh:
so far pake fastron gold jauh lebih enak dari bawaan OEM nya honda.
Klo enaknya sama
Gak bisa cuan dong :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Chr1stm1
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: AN Veloz 2022 AN Rush 2018 K3VE 2012 Confero S ACT 2020 Mazda CX3

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Chr1stm1 »

Imo oli longdrain sekelas AMS SS, Mobil 1 EP atau Q8 D1FE pun saya ga berani sampai 10rb, amannya di 7500 - 8000km karena pakenya nyampur macet2, panas Jakarta dan jadi genset anak2 tdr dimobil ( maklum ada balita 2 )
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10034
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by Suryaputra »

Chr1stm1 wrote: 09 May 2023, 10:21 Imo oli longdrain sekelas AMS SS, Mobil 1 EP atau Q8 D1FE pun saya ga berani sampai 10rb, amannya di 7500 - 8000km karena pakenya nyampur macet2, panas Jakarta dan jadi genset anak2 tdr dimobil ( maklum ada balita 2 )
Nah apalagi ekonomis yg <100k seliter mbah :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
xsulimx13
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: 19 Apr 2021, 17:57

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 18

Post by xsulimx13 »

Ganti Motul TRD Diesel 5w40 sekitar 5rb KM ke Repsol GXR Euro 5w40 ud sekitar 2000km-an.

Dua-duanya spek C3. Bisa dibilang gleser di RPM atas dan suaranya lebih adem. Happy revving lah kalau mau bolos sekolah

Fuel Cons sepertinya g ada beda dengan 5w30. Bensin juga masih pakai pertalite. Keduanya pernah dites trip mudik total sekitar 5 jam per trip dan so far mantap.

Cuma bedanya di Motul TRD udah duakali check engine P0420, padahal sebelum2nya belum pernah
(memang sudah ganti header dan akali dudukan sensor, tapi di Motul TRD ini terjadi 2x, di awal2 ganti oli dan pertengahan interval).

Ketika ganti Repsol GXR ini sudah hampir 2000km g muncul.

Sekian review oli C3 kerhornya.

Gerobak duratec TI-VCT 1.5L.
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post