Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

MSU wrote: Mon Sep 26, 2022 8:56
jgn dicabut om...better ganti aja...termostat kan mestinya ga sampe jutaan jg
plus tambahin extra fan kan kl ga salah soket udh ada tinggal pasang + relay
mendingan di cabut om qualitynya kacrut ngerinya pas mampet bikin overheat itu biang kerok pajero saya turun mesin dan mungkin banyak OPS kena turun mesin dengan kasus serupa karena di bengkel kenalan temen saya ada beberapa kena biasanya lsg bubar pas hari H saya untungnya masih selamat pas hari h karena ngerti cara dinginin mesin pake angin, kalo kipas ud pasang om :mky_03:

cuma emang efek sampingnya ya warming upnya jadi lama karena gak ada thermostart yang nahan aer dingin masuk :mky_01:
Shyn16
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 58
Joined: Wed Sep 28, 2022 4:23
Location: TangSel
Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Shyn16 »

Just my 2 cents…
Selama infrastruktur belum memadai, juga EV masih terkesan eksklusif dan belum banyak yang bisa troubleshoot kalau ada problem, masih mengutamakan petrol & diesel…
:big_think:
Iriawans
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 263
Joined: Thu Nov 22, 2018 14:39
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Iriawans »

wisnutomo15 wrote: Sun Sep 25, 2022 11:05 Kalau sudah waktunya ganti/upgrade, Kira kira kalau dari sisi mesin, mending ambil yang mana kah ?

Sebetulnya pengen mulai ambil yang non fosil, tapi ragu dengan masa pakai nya dsb

Mohon pencerahan
saya jg sedang pertimbangkan beli mobil hybrid untuk next purchase, dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Bukan untuk dapet iritnya, tapi lebih ke experience aja :mky_03:
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1726
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by sahabatq8 »

Kalo butuh mobil buat ganjil genap. Mobil listrik make sense sih, tapi kyknya perkembangan 5 tahun kedepan akan beda jauh teknologi mobil listriknya. Gak tau deh kalo generasi baru udah ada, yang lama lama harga jualnya gimana... Itu yang saya takutkan kalo ngambil mobil listrik sekarang.
NestlePureLife
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 106
Joined: Tue Sep 13, 2016 5:27

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by NestlePureLife »

Mau ganti crv hybrid tapi blom sanggup hati lepas innivi diesil
Last gen euro 2 mimik solbus 😆
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by kunaskun »

sahabatq8 wrote: Thu Sep 29, 2022 5:59 Kalo butuh mobil buat ganjil genap. Mobil listrik make sense sih, tapi kyknya perkembangan 5 tahun kedepan akan beda jauh teknologi mobil listriknya. Gak tau deh kalo generasi baru udah ada, yang lama lama harga jualnya gimana... Itu yang saya takutkan kalo ngambil mobil listrik sekarang.
5 tahun paling berasa di range bisa makin jauh, entah itu teknologi baterai yang makin "dense" atau makin "tahan banting" atau akibat kecanggihan module power unit atau motor penggerak. nah soal resale value, anggep saja anjlok karena market-nya juga masih ngambang. :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by darrelund »

mobil banyak um, coba di spesifik nyari kelas ukuran gimana, kebutuhan apa........

klo EV sih ya mending go big or go home aja, mahal ya dapet proper. murah ya dapet wuling air ev :big_biglaugh:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by darrelund »

b0ku wrote: Mon Sep 26, 2022 4:28
ChZ wrote: Mon Sep 26, 2022 4:02 ya minimal lesser evil nya sih klo mau coba-coba doank. nissan punya lebih konyol soalnya 20rebu udah rewel.

CRZ kan batrenya cuma buat boost torsi ya semi-semi mild hybrid gitu lah. gak bisa full EV mode.
nah ini om yang saya gak suka dari batre cuma tuhan yang tahu kapan tewasnya bisa aja kejadian di toyota kasus kek gitu :mky_03:

emang si garansi cuma in cased garansinya angus macem kasus ATPM cabs tiba2x kan bonyok :big_bored:

cuma satu faktor lagi yang bikin batre rontok juga faktor U kalo ud ini biangnya mau km baru 10rb pun juga tewas om :big_biglaugh:

makannya satu hal yang saya pelajari dari mobil batre terutama EV kalo gak mau rugi pakenya kejar setoran aja munkin dalam 5-10 thn hajar 500.000km baru gak rugi :mky_03:

soalnya banyak cases tesla taon muda km 300.000 miles baek2x aja tuh batre cuma banyak juga taon tua km belom 100.000miles ud pada rontok jd ya itu mobil ya kek kejar sentoran jadi pakenya pake sebanyak mungkin sebelom masa garansi abis :mky_03:
lah um, itu tesla model S aja yg 400rb miles ++, battery healthnya masi 90%. padahal yg model jadul lho :big_biglaugh:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

darrelund wrote: Thu Sep 29, 2022 19:40
lah um, itu tesla model S aja yg 400rb miles ++, battery healthnya masi 90%. padahal yg model jadul lho :big_biglaugh:
yaaa om tahun berapa 2014-2015 mah masih 8-9thn loh kan saya bilang abuse pake kalo dari yang ud 1juta mile sih 500rb motor listriknya rontok itu aja dia abis ganti motor tiap 200rb mile jebol terus motor sampe 8x ganti :big_biglaugh: batre sih 3x ganti

dan lagian banyak cased kek gini juga warranty abis batre lsg rontok padahal LOW km

Image

28000CAD = 310jt

value mobilnya katanya 37.000cad = 410jt

ya ud pretelin aja buang ke crusher :wkkk:

makannya saya bilang makenya kejar setoran kalo mau gak rugi cuma indo susah apalagi di jakarta :big_biglaugh:
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Venturtle »

sementara pertahankan mobil yang ada saja.. sembari menunggu perkembangan mesin yg dipakai di next gen Innova, Fortuner, Pajero Sport, dll :ungg:
Pboyz97
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
Location: East Jakarta
Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Pboyz97 »

saya bakal tetep ambil diesel or bensin, selama hybrid or EV infrastrukturnya masih blm memadai (masih lebih condong di jabodetabek saja) & harganya masih tinggi (diatas 550 jt)
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
User avatar
adrevolution
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1220
Joined: Tue Nov 15, 2016 5:22
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 2

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by adrevolution »

Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
P5-VPS | L15Z5 | MR20DD | 2AR-FE
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by RezPrat »

Buat di indo ane sih masih yakin buat 10-15 tahun kedepan stick to petrol/diesel (preferebly petrol, Krn diesel dexlite/dex lebih mahal d banding bensin).

Intermezzo buat Tesla yg terbakar abis kena banjir, jaman dulu klo mobil kena banjir mogok kalo skrg mobil kena banjir kebakar wakakakak :

https://www.foxnews.com/politics/electr ... DwX6udROsU
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ac235287 wrote: Fri Oct 07, 2022 4:18 Buat di indo ane sih masih yakin buat 10-15 tahun kedepan stick to petrol/diesel (preferebly petrol, Krn diesel dexlite/dex lebih mahal d banding bensin).

Intermezzo buat Tesla yg terbakar abis kena banjir, jaman dulu klo mobil kena banjir mogok kalo skrg mobil kena banjir kebakar wakakakak :

https://www.foxnews.com/politics/electr ... DwX6udROsU
masalah gini mau sampe kapapun gak bakalan bisa beres karena batrenya itu nyimpen listrik bukan generate kalo generate kita tinggal bikin sesuatu yang bisa bikin cut off ini karena dia nyimpen energi dalam bentuk plasma ya hasilnya jd kek gitu :big_bored:

makannya saya selalu bilang salah banget fokusnya ke pengembangan batre bukan ke generatornya :big_bored:
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Bpurna »

Saat ini paling bener itu mobil hybrid menurut saya, bahkan harusnya dari 10 thn lalu. Tapi karena sekarang hybrid harganya sudah “murah” jadi sangat masuk akal. Kicks, corcross, altis hybrid harga 400-500an dapet.

Kelebihan hybrid:
- irit sdh pasti (1:17 plus kondisi semacet apapun) mobil biasa yg irit2 kena macet parah jg jd boros.
- akselerasi lebih baik karena ada bantuan motor listrik (apalg kicks, tarikan nya mantep)
- sekali isi bensin full bisa 700-800km, spbu skrg makin antri. Jd semakin jarang ke spbu semakin baik.
- batre di garansi 5thn or lebih. Ga usah terlalu worry, harusnya 5 thn yg akan datang juga harga batre bisa turun atau jauh membaik kualitasnya.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

Bpurna wrote: Fri Oct 07, 2022 6:21 Saat ini paling bener itu mobil hybrid menurut saya, bahkan harusnya dari 10 thn lalu. Tapi karena sekarang hybrid harganya sudah “murah” jadi sangat masuk akal. Kicks, corcross, altis hybrid harga 400-500an dapet.

Kelebihan hybrid:
- irit sdh pasti (1:17 plus kondisi semacet apapun) mobil biasa yg irit2 kena macet parah jg jd boros.
- akselerasi lebih baik karena ada bantuan motor listrik (apalg kicks, tarikan nya mantep)
- sekali isi bensin full bisa 700-800km, spbu skrg makin antri. Jd semakin jarang ke spbu semakin baik.
- batre di garansi 5thn or lebih. Ga usah terlalu worry, harusnya 5 thn yg akan datang juga harga batre bisa turun atau jauh membaik kualitasnya.
kalo kita selama itu ada batre gede SKIP aja laah....... :big_biglaugh:
Bpurna
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat Apr 22, 2017 5:47
Location: Indonesia

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by Bpurna »

b0ku wrote: Fri Oct 07, 2022 6:25
Bpurna wrote: Fri Oct 07, 2022 6:21 Saat ini paling bener itu mobil hybrid menurut saya, bahkan harusnya dari 10 thn lalu. Tapi karena sekarang hybrid harganya sudah “murah” jadi sangat masuk akal. Kicks, corcross, altis hybrid harga 400-500an dapet.

Kelebihan hybrid:
- irit sdh pasti (1:17 plus kondisi semacet apapun) mobil biasa yg irit2 kena macet parah jg jd boros.
- akselerasi lebih baik karena ada bantuan motor listrik (apalg kicks, tarikan nya mantep)
- sekali isi bensin full bisa 700-800km, spbu skrg makin antri. Jd semakin jarang ke spbu semakin baik.
- batre di garansi 5thn or lebih. Ga usah terlalu worry, harusnya 5 thn yg akan datang juga harga batre bisa turun atau jauh membaik kualitasnya.
kalo kita selama itu ada batre gede SKIP aja laah....... :big_biglaugh:
Biasanya utk hybrid itu batrenya kecil om. Hanya 1.5-2 kwh saja. Bandingkan dgn full ev (wuling 20an kwh, ioniq 5 77kwh). Jd logikanya batre kecil itu harusnya ga terlalu mahal nantinya. Mgkn sekarang atpm mau ambil profit besar. Apalagi nanti akan banyak yg bisa rekondisi batre, jd drpd ganti 1 set batre 30jt, dicari aja cell atau modul yg rusak, mgkn 10jt beres.

Setau saya batre ev atau hybrid itu di set supaya hanya memakai 35-85% dari capacity aslinya. Tujuan supaya bisa ribuan cycle instead hanya ratusan kalau di set 20-100% capacity. Jd range ev memang terbatas, tapi mendapatkan cycle dan umur yg panjang utk batrenya.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

adrevolution wrote: Tue Oct 04, 2022 12:48 Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini :big_bored:

ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane. :big_bored:
Last edited by ChZ on Fri Oct 07, 2022 6:56, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

Bpurna wrote: Fri Oct 07, 2022 6:31 Biasanya utk hybrid itu batrenya kecil om. Hanya 1.5-2 kwh saja. Bandingkan dgn full ev (wuling 20an kwh, ioniq 5 77kwh). Jd logikanya batre kecil itu harusnya ga terlalu mahal nantinya. Mgkn sekarang atpm mau ambil profit besar. Apalagi nanti akan banyak yg bisa rekondisi batre, jd drpd ganti 1 set batre 30jt, dicari aja cell atau modul yg rusak, mgkn 10jt beres.

Setau saya batre ev atau hybrid itu di set supaya hanya memakai 35-85% dari capacity aslinya. Tujuan supaya bisa ribuan cycle instead hanya ratusan kalau di set 20-100% capacity. Jd range ev memang terbatas, tapi mendapatkan cycle dan umur yg panjang utk batrenya.
om batre mau diapain aja itu ada umurnya mau rekondisi itu dgn syarat abis rekondisi jual, kalo dipake terus rekondisi abis itu pake lagi itu sebenernya cuma nambah2xin cost doank yang ada bengkak di labour cost di lapak sebelah saya ud diskusi ujung2xnya gak jauh beda malah pake packnya ATPM sekalian dapet casenya

ini saya kasih quotenya dari lapak sebelah deh :mky_03:
b0ku wrote: Wed Sep 28, 2022 16:09
Bibieight wrote: Wed Sep 28, 2022 15:23
Baru diangan2 ada spesialis ya, ternyata sudah ada spesialis hybrid betulan tuh,

https://cintamobil.com/perawatan-dan-se ... mi-aid8389



Ini kayaknya dia buka toko di Tokped (kayaknya sama, no HPnya sama):

https://www.tokopedia.com/synergihybrid ... mry-hybrid

dari 50 juta turun 15 juta, ya selevel lah ongkosnya sama ongkos di bengkel spesialis macam Anugerah. Modal balance charger kayaknya… :big_think: :big_think: :big_think:
cocok ni buat pedagang atau abis bawa ke dia mobilnya lsg lembiru :big_biglaugh:

seperti biasa om infonya biased lagi

sebenernya kalo benerin sama dia longtermnya bisa lebih babak belur :big_biglaugh:

CELLNYA 34 1 cell 1,2jt = 40.800.000

katanya ongkos kerja dia 1jt

kalo itu buat rusak sampe semua cell digilir terus manggil dia bisa mungkin 5-10 kali ongkos kerja ud 5-10jt :mky_03:

belom kalo beli baru sama toyota 46jt itu sama casenya sama dia 40jt telanjang cuma batrenya tok :mky_03:

dia cuma ganti cell yang rusak cuma namanya batre baru ganti 2 cell besok kumat lagi cell yang laen 1jt lagi plus parts :big_biglaugh:

makannya kenapa toyota ngerjainnya pack biar gak banyak bolak balik customernya cuma kalo hyundai sama tesla evolusi dari pack ke module biar bisa nyicil kalo batre jebol cuma ya jatohnya sama aja malah lebih bonyok di labour :big_biglaugh:
balik lagi om propaganda batre itu biased banget kalo gak teliti bakalan kena OOOH Murah padahal

kayak EV buat nebus carbon footprint dibawah mobil bensin aja musti jalan 70.000KM itu belom kalo kena penggantian batre akan nambah lagi carbonnya karena ya manufacturing batrenya kena footprint lagi

terus emang murah pake EV/HYBRID cuma buat nutup cost batre jebolnya itu mobil musti kejar setoran kayak EV ya mungkin hajar 300-600rb km dalem 10thn baru jatohnya untung pake EV kalo cuma 10th jalan 100rb terus batrenya rontok ya lupain aja mendingan pake mobil bensin om :big_biglaugh:

karena faktor paling bikin batre rusak itu umur jd kalo dipake jauh2x selama umurnya belom uzur dijamin emang lebih untung di banding bensin :ngacir:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Fri Oct 07, 2022 6:55
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini :big_bored:

ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane. :big_bored:
kemaren saya nemu video influencer dari UK omongin EV bener kayak saya ngomong dulu mendingan kei car aja 660cc turbo low emision dan bensin irit :mky_03:
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 497
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by RezPrat »

ChZ wrote: Fri Oct 07, 2022 6:55
adrevolution wrote: Tue Oct 04, 2022 12:48 Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini :big_bored:

ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane. :big_bored:
Haha bener Om, dulu ane pikir punya turbo gasoline (apalgi direct injection) bakal repot maintenance nya, oli bagus lah, bensin yg top tier lah, kalo panas ngelitik bla bla pengalaman liat turbo Subaru. Tp sejak ada hybrid dan EV maintenance turbo GDI engine jadi terlihat biasa2 aja. Apalgi EV ritual nya banyak hahaha belum lagi kalo malam mikir tu mobil ev d garasi meleduk gak ya. Maap ane parno an liat banyak case mobil EV di Cina/US terbakar secara spontan baik lagi charging atau lg idle
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ctopher7 »

ac235287 wrote:
ChZ wrote: Fri Oct 07, 2022 6:55
adrevolution wrote: Tue Oct 04, 2022 12:48 Full EV saya bisa berani katakan tidak. Karena prinsip saya beli mobil mesti bisa kepake both jarak dekat dan jauh. Sangat tidak praktis jarak jauh pake EV meski infrastrukturnya mendukung.
Sebisa mungkin stay di Gasoline/Diesel keduanya oke. Hybrid kalau mild hybrid oke bagus, best of both worlds. Selain mild hybrid ya kalau terpaksa model mobil itu hanya ada hybrid nya aja (misal Prius, CR-Z)
bahkan hybrid aja ane masih big no sejak ngurusin kicks. ini sudah ke bengkel 3x tidak ketemu penyelesaian dan bengkel berani bilang batre ngedrop normal. mikir mikir lagi mau coba teknologi kayak gini kalau bengkel resmi aja trouble shootingnya kacrut gini :big_bored:

ngerawat gasoline turbo jadi terdengar sangat sangat mudah. lebih kenceng lagi. berani taruhan full on performance kicks sama hatchback gasoline turbo ane jauh lebih kenceng mobil ane. :big_bored:
Haha bener Om, dulu ane pikir punya turbo gasoline (apalgi direct injection) bakal repot maintenance nya, oli bagus lah, bensin yg top tier lah, kalo panas ngelitik bla bla pengalaman liat turbo Subaru. Tp sejak ada hybrid dan EV maintenance turbo GDI engine jadi terlihat biasa2 aja. Apalgi EV ritual nya banyak hahaha belum lagi kalo malam mikir tu mobil ev d garasi meleduk gak ya. Maap ane parno an liat banyak case mobil EV di Cina/US terbakar secara spontan baik lagi charging atau lg idle
saya abis ngeliat ioniq ritualnya susah, kalo salah bisa bikin aki drop sampe 2v, jadi lemes

ini sangat ga praktis kalo ritualnya harus dijalanin melulu, kadang kalo keluar negri atau kota mobilnya ditinggal, masa pas balik ketar ketir nyala ga ya mobilnya

stick to solbus dulu sampe ada yang lebih hemat tapi praktisnya at least mirip mirip. saya sejauh ini 23 rebu km, maintenance cuman gantol dan filternya aja. stiap isi solar cukup tambah aditif pembersih aja
pecinta bio solar
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by ChZ »

ctopher7 wrote: Sat Oct 08, 2022 6:31
ac235287 wrote:
Haha bener Om, dulu ane pikir punya turbo gasoline (apalgi direct injection) bakal repot maintenance nya, oli bagus lah, bensin yg top tier lah, kalo panas ngelitik bla bla pengalaman liat turbo Subaru. Tp sejak ada hybrid dan EV maintenance turbo GDI engine jadi terlihat biasa2 aja. Apalgi EV ritual nya banyak hahaha belum lagi kalo malam mikir tu mobil ev d garasi meleduk gak ya. Maap ane parno an liat banyak case mobil EV di Cina/US terbakar secara spontan baik lagi charging atau lg idle
saya abis ngeliat ioniq ritualnya susah, kalo salah bisa bikin aki drop sampe 2v, jadi lemes

ini sangat ga praktis kalo ritualnya harus dijalanin melulu, kadang kalo keluar negri atau kota mobilnya ditinggal, masa pas balik ketar ketir nyala ga ya mobilnya

stick to solbus dulu sampe ada yang lebih hemat tapi praktisnya at least mirip mirip. saya sejauh ini 23 rebu km, maintenance cuman gantol dan filternya aja. stiap isi solar cukup tambah aditif pembersih aja
nah iya om akhirnya kan emang lagi-lagi banyak sekali bukti kalo EV bukan solusi one size fits all. untuk banyak skenario ICE masih dan akan terus jadi pilihan paling masuk akal.

ok EV bakal jadi mobil kota-kota aja, pertanyaannya kalau bisa beli 1 mobil aja untuk segala kegunaan ngapain beli 2 mobil :mky_03: dari daihatsu ayla terus orang disuruh beli mobil mini EV mah lawak.

pada akhirnya market jg akan terbentuk organik sendiri dan EV cuma jadi satu dari sekian banyak pilihan penggerak, ngga akan menyingkirkan ICE juga.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4153
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by b0ku »

ChZ wrote: Mon Oct 10, 2022 2:43 nah iya om akhirnya kan emang lagi-lagi banyak sekali bukti kalo EV bukan solusi one size fits all. untuk banyak skenario ICE masih dan akan terus jadi pilihan paling masuk akal.

ok EV bakal jadi mobil kota-kota aja, pertanyaannya kalau bisa beli 1 mobil aja untuk segala kegunaan ngapain beli 2 mobil :mky_03: dari daihatsu ayla terus orang disuruh beli mobil mini EV mah lawak.

pada akhirnya market jg akan terbentuk organik sendiri dan EV cuma jadi satu dari sekian banyak pilihan penggerak, ngga akan menyingkirkan ICE juga.
Image

kalo kata orang bule sih itu :ngacir:
sapifr22
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 171
Joined: Sun Sep 11, 2016 17:37

Re: Ganti mobil: Diesel, bensin, Hybrid or Full EV

Post by sapifr22 »

Bisa jadi saat ini yg masih masuk akal mild hybrid, selama memang terbukti ada pengurangan kons bbm.

Tapi lihat reviewnya Erti** di luar, dibandingkan dgn mobil sekelas yg non hybrid, ternyata masih kalah irit :big_dunno: