clilentnya Win Lubricants jg ya?Turboman wrote: ↑27 Sep 2022, 16:38Barang aman ini (aman dari acdc)vanosz wrote:trit penomenom,mirip trit kijang reborn,selalu teratas,
diulang ulang,
trit mbah suhu suhu nakut2in bocah baru melek,
,pdhl si mbah mbah aliran mobil standar dan siksa diri alias pulse bonus glide,
nih cobain spek mahal lg promo,cepatan keburu habis,oficial store itu,STP sendiri yg jual,
begini main mobil,
mau dibuang amshoil signatur yg sudah jalan 8000 km,rekom teman sugesti aja,
buang2 duit aja mahal,untung mobil gak ada cicilan,
Screenshot_20220925-193129_Gallery.jpg
Screenshot_20220925-193134_Gallery.jpg
Screenshot_20220925-193139_Gallery.jpg
Screenshot_20220925-193406_Gallery.jpg
Blend by Baria
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Moderators: avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7079
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
*Colek me if I'm wrong
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 28 Sep 2022, 11:23
- Location: TangSel
- Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Salam kenal semua….ac235287 wrote: ↑23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau
Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/
Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".
Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?

- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7079
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Valid ajahShyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54Salam kenal semua….ac235287 wrote: ↑23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau
Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/
Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".
Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
Krn turbo itu panas olinya melebihi mesin mobil biasa.
Karena dia jg ikut melumasi bearing impeller turbonya jg, dmn impeller turbo ini muter krn dorongan gas panas dr exhaust knalpot.
Dan panas dr forced induction itu sendiri yg ada di dalam ruang piston untuk melumasi ring piston, dan linernya yg extra panass.
Jd disaranin klo mblnya turbo, even olinya sebagus amsoil, q8, royal purple, mobil 1, dkk juga harus dipertimbangin lg mau sampai 10rb Km atau setahun

Apalagi oli biasa, mbl turbo pk oli standard <6 bulan lgs buang

*Colek me if I'm wrong
- sahabatq8
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1125
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.Shyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54Salam kenal semua….ac235287 wrote: ↑23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau
Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/
Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".
Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: 12 Jan 2008, 19:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.sahabatq8 wrote:Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.Shyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54Salam kenal semua….ac235287 wrote: ↑23 Sep 2022, 16:01 Wadiuaaw, gmana nih mobil Korea, susut 0.4l/1k km d bilang normal, mana buku manual minta OCI 15k KM, d 10k KM oli dah habis duluan huehuehue kacaau
Liat class action nya d US, udah banyak states yg raise.
https://mycarvoice.com/news/lawsuit-hyu ... a-engines/
Hampir semua line up engine kena tuh. Sama kayak d indo, dealer US juga komen gini :
"Even with numerous consumer complaints received, Hyundai dealerships claim that excessive oil consumption is normal".
Sebaik nya yg pakai KIA/hyundai rajin2 cek level oli
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 28 Sep 2022, 11:23
- Location: TangSel
- Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Belum pernah punya 2gd saya om, next list mungkin nih buat bahan belajar lagi

Noted om, jadi apapun oli nya better ganti per 6 bulan yg penting sesuai spek ya om…Suryaputra wrote: ↑28 Sep 2022, 12:13
Valid ajah
Krn turbo itu panas olinya melebihi mesin mobil biasa.
Karena dia jg ikut melumasi bearing impeller turbonya jg, dmn impeller turbo ini muter krn dorongan gas panas dr exhaust knalpot.
Dan panas dr forced induction itu sendiri yg ada di dalam ruang piston untuk melumasi ring piston, dan linernya yg extra panass.
Jd disaranin klo mblnya turbo, even olinya sebagus amsoil, q8, royal purple, mobil 1, dkk juga harus dipertimbangin lg mau sampai 10rb Km atau setahun![]()
Apalagi oli biasa, mbl turbo pk oli standard <6 bulan lgs buang![]()
Kalau over spek efek ke dompet…

- sahabatq8
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1125
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Wah 13 jam , nyetir sendiri pak? Lumayan jg tuhiwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:03Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.sahabatq8 wrote:Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.Shyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: 12 Jan 2008, 19:45
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: ANKI 2GD-2019
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Ga kuat om sendirisahabatq8 wrote:Wah 13 jam , nyetir sendiri pak? Lumayan jg tuhiwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:03Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.sahabatq8 wrote: Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.

- sahabatq8
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1125
- Joined: 26 Sep 2021, 17:49
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Nissan Xtrail
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Kirainiwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:23Ga kuat om sendirisahabatq8 wrote:Wah 13 jam , nyetir sendiri pak? Lumayan jg tuhiwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:03 Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian., gantian dua driver.

IG: @sahabatq8
https://www.kyupartners.co.id/
https://www.kyupartners.co.id/
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 333
- Joined: 12 Sep 2013, 08:40
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Berarti cukup beruntung dapat engine Korea yg gak defect Om. Buat diesel turbo kalo ganti per 5k km harusnya gak masalah ya. Kalo ane penganut aliran long-drain sih Om, jd pake full sintetik up to 10k km/10-11 bln hehe, tiap bulan cek dipstick, so far pake oli Kuwait kurang 400ml d 8k km (dulu pake PeTeTe A5/B5, kurang cuma seujung kuku setelah 10k km). Mengenai penguapan oli diesel, ada baik nya coba oli lain, siapa tau oli brand lain penguapan nya bisa lebih sedikit. Kalo menurut ane Shell oli nya biasa aja sih ya, dulu sering pake d Subaru ane, nothing special, kalo skrg beli Shell d luaran takut palsu, kalo dulu masih d beres sih ok2 aja.Shyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54 Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
-
- Newbie
- Posts: 11
- Joined: 28 Sep 2022, 11:23
- Location: TangSel
- Daily Vehicle: Hyundai Santa Fe TM 18 CRDi
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Noted, izin dicatet om ilmu nya… mungkin setelah lepas dari beres mau dicoba long drain…ac235287 wrote: ↑28 Sep 2022, 13:55Berarti cukup beruntung dapat engine Korea yg gak defect Om. Buat diesel turbo kalo ganti per 5k km harusnya gak masalah ya. Kalo ane penganut aliran long-drain sih Om, jd pake full sintetik up to 10k km/10-11 bln hehe, tiap bulan cek dipstick, so far pake oli Kuwait kurang 400ml d 8k km (dulu pake PeTeTe A5/B5, kurang cuma seujung kuku setelah 10k km). Mengenai penguapan oli diesel, ada baik nya coba oli lain, siapa tau oli brand lain penguapan nya bisa lebih sedikit. Kalo menurut ane Shell oli nya biasa aja sih ya, dulu sering pake d Subaru ane, nothing special, kalo skrg beli Shell d luaran takut palsu, kalo dulu masih d beres sih ok2 aja.Shyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54 Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
Betul ga istimewa om, makanya saya rencana besok di beres bawa sendiri liqui moly oil additive mos2…
Sempet kepikiran mau pakai aditif liqui moly ceratec, cuma harganya lumayan, jadi kepikiran mending upgrade oli yg lebih baik.

- Duvebriliant0
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 753
- Joined: 07 Feb 2016, 16:03
- Daily Vehicle: 4 Banger
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
mbah, 1nz sy juga ternyata dah bervarnish nih. kalo rutin gantol per 5k km make oli disel tu maksimal brp lama ya? maap nubie
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow
NCP91R
TGN140R
NCP91R
TGN140R
- sintoni
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5429
- Joined: 05 Jun 2014, 20:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Oli diesel itu ada yg comply jg ke mesin bensin, jadi mau dipake terus2an jg gpp.Duvebriliant0 wrote: ↑28 Sep 2022, 18:03mbah, 1nz sy juga ternyata dah bervarnish nih. kalo rutin gantol per 5k km make oli disel tu maksimal brp lama ya? maap nubie
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: 22 Sep 2021, 13:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati.iwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:03Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.sahabatq8 wrote:Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.Shyn16 wrote: ↑28 Sep 2022, 11:54
Salam kenal semua….
Silent Reader baru join forum numpang belajar disini.
Saya pelihara 2 mobil Korea sekarang ini Sportage 2014 R Nu engine & Santa Fe 2018 2.2 CRDi.
Kedua mobil ambil 2nd, untuk Sportage semenjak ambil 3 tahun lalu sudah jalan 20rb+ Km dan sering ganti brand oli per 5rb, sekarang setia pakai amsoil dan masih belum ganti lagi, so far rajin check dipstick aman om…
Santa Fe ambil 3 bulan lalu dan sudah jalan 4,5rb+ Km, karena masih rawatan beres jadi masih pakai Rimula R5E w40, kemarin bawa road trip ke Jatim masih enak dibejek 210+ pakai Dex dan sebelum road trip tuang LiquiMoly common rail di fuel tank. Check dipstick memang oli berkurang, level oli di tengah dipstick dan tidak di topup karena sebentar lagi 5rb dan rencana servis rutin di beres. Manual book juga cuma ada rekomendasi kalau dipstick dibawah setengah baru topup. Rencana mau nambahin aditif oli liqui moly mos2 nanti pas masuk beres ganti oli.
Karena baru pertama kali belajar mobil turbo diesel, masih awam dan msh ada mindset mobil turbo emang “minum” oli.
Statement ini valid g sih om sbenernya?
![]()
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: 25 Aug 2022, 12:52
- Location: Karawang
- Daily Vehicle: Suzuki Ertiga GL 2016
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
oli 5w-30 atau 0w-20 buat ertiga yg lagi diskonan apaan ya ?
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7079
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
*Colek me if I'm wrong
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1273
- Joined: 06 Jan 2019, 09:51
- Location: INA
- Daily Vehicle: Diesel
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
dulu gosipnya taxi BB jg pake oli diesel ke armada vios mrksintoni wrote: ↑28 Sep 2022, 18:49Oli diesel itu ada yg comply jg ke mesin bensin, jadi mau dipake terus2an jg gpp.Duvebriliant0 wrote: ↑28 Sep 2022, 18:03mbah, 1nz sy juga ternyata dah bervarnish nih. kalo rutin gantol per 5k km make oli disel tu maksimal brp lama ya? maap nubie
- daimler
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 255
- Joined: 24 Aug 2022, 15:40
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: DE 2011
- Contact:
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Liat2 review DGO di official storenya toko ijo, kalo pas lg zonk was2 juga ya. Review bagusnya tetep banyak
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7079
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Hemat ongkos di botolnya tipis kayanya

*Colek me if I'm wrong
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4502
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulusemarnanjak wrote: ↑28 Sep 2022, 19:02Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati.iwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:03Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.sahabatq8 wrote:
Tergantung mobil apa sih, 2gd biasa gak minum oli. Tapi memang mobil turbo = oli lebih kerja keras.Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
- Suryaputra
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7079
- Joined: 30 Apr 2013, 14:10
- Location: Bandung
- Daily Vehicle: L15Z1
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
TetePe ini jagonya oli diesel emang.Profith83 wrote: ↑29 Sep 2022, 08:58Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulusemarnanjak wrote: ↑28 Sep 2022, 19:02Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati.iwansiagian wrote: ↑28 Sep 2022, 13:03 Banyak faktor sihhh penguapan Oli. Saya di 2GD pake 5w30 berkurang 750 ml sesudah pake 6000an km dan setelah di pake nonstop 13 jam Cikarang-Banyuwangi. Maka nya sekarang mau coba pake 5w40 aja next penggantian.Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak

apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
*Colek me if I'm wrong
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4502
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
Termos masih bawaan pabrik.Suryaputra wrote: ↑29 Sep 2022, 09:07TetePe ini jagonya oli diesel emang.Profith83 wrote: ↑29 Sep 2022, 08:58Saya pakai masoil 5w40 turbo truck harga 125 rb an dulusemarnanjak wrote: ↑28 Sep 2022, 19:02
Saya lagi pake ni om 5w40 di 2gd. Dari segi tarikan & stop n go, enakan 5w30, lebih kerasa entengnya, konsumsi bbmnya lebih bagus dikit. Kalau 5w40 suara mesin lebih alus dikit dan buat luar kota/ jarak jauh lebih bikin tenang hati.Btw oli yg saya pake merknya sama (oli thailand)
Banding dengan TTP 5w30 a5/b5 harga 110rb an dulu.
Feel nya lebih enak TTP 5w30 a5/b5
Terasa lebih adem suaranya di mesin 2GD matic thn 2017 KM 41rb
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak![]()
apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: 22 Sep 2021, 13:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, heheProfith83 wrote: ↑29 Sep 2022, 09:57Termos masih bawaan pabrik.Suryaputra wrote: ↑29 Sep 2022, 09:07TetePe ini jagonya oli diesel emang.
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak![]()
apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4502
- Joined: 14 Jul 2008, 09:54
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
5w30 ttp gak perlu additif sdh pakai sekitar 2rb KMsemarnanjak wrote: ↑29 Sep 2022, 10:18next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, heheProfith83 wrote: ↑29 Sep 2022, 09:57Termos masih bawaan pabrik.Suryaputra wrote: ↑29 Sep 2022, 09:07
TetePe ini jagonya oli diesel emang.
klo sy pun punya 2GD, udh pasti stok ni oli yg banyak![]()
apalagi 2GD kapasitas gentong dgn visco fan radiator + thermos anget" kuku, jadi long drain relatif aman lah pk oli TetePe A5/B5 sekalipun.
apalagi yg super CRD nya seri keraton nya doi. Makin joss.
Karena kalau pakai termos yang adem, kalau pas di luar kota cuaca dingin kok kebayang temperature kerja gak optimal
Tapi kalau pakai termos asli nya di Perkotaan akan panas
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 65
- Joined: 22 Sep 2021, 13:08
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 17
sebelum 5w40 saya sudah pake yg 5w30 om 2 kali, overall oke kinerja olinya. cuman penasaran aja kalo ditambah aditif oli yg lagi ngehits, siapa tau bisa ngurangi oli nguapProfith83 wrote: ↑29 Sep 2022, 10:285w30 ttp gak perlu additif sdh pakai sekitar 2rb KMsemarnanjak wrote: ↑29 Sep 2022, 10:18next ganti oli pengen coba 5w30 nya + aditif macem inul /hotshot, penasaran kira kira lebih mantep apa ngga ya, hehe

-
- Similar Topics
- Replies
- Views
- Last post
-
- 2499 Replies
- 127472 Views
-
Last post by Ryan Steele
-
- 118 Replies
- 7164 Views
-
Last post by Ezar
-
- 164 Replies
- 9426 Views
-
Last post by daimler
-
- 3 Replies
- 390 Views
-
Last post by epinjose
-
- 81 Replies
- 5913 Views
-
Last post by ctopher7
-
- 30 Replies
- 2128 Views
-
Last post by Suryaputra
-
- 84 Replies
- 4537 Views
-
Last post by Sonzz
-
- 30 Replies
- 2012 Views
-
Last post by evanbngdor
-
- 46 Replies
- 2371 Views
-
Last post by Venturtle
-
- 14 Replies
- 894 Views
-
Last post by paidjho