Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5668
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

bangsaun wrote: 30 Oct 2022, 19:50
sahabatq8 wrote: 30 Oct 2022, 14:38
bangsaun wrote: 30 Oct 2022, 13:55 Sore semuanya,

Mau tanya utk Oli Transmisi & Oli Gardan untuk Suzuki APV 2007 yang rekomen apa ya?

Saya cek dibuku manual spek nya;
Oli Transmisi: 80w-90 API GL4
Oli Gardan : 80w-90 API GL5

Apa bisa oli gardan pakai punya oli transmisi nya walaupun beda spek di API GL nya? Rencana ganti di TODA.

Terimakasih.
GL5 ada aditif EPnya dan di design khusus untuk gardan. Kalo oli GL4 dipakeiin di gardan bakal cepet aus. Sebaliknya, GL5 juga belum tentu bisa untuk transmisi manual karena aditif tersebut sifatnya korosif terhadam logam kuningan yang biasanya ditemukan di syncromeshnya.

Kalo budget masuk buat gardan boleh coba Q8 T55 80w90 om (GL5) , di toda ada jual.
Terimakasih om pencerahannya, tapi untuk Q8 T55 ga masuk budgetnya om :big_peace:
Cari aja yg murah, 20rb atau 2 taun ganti.
User avatar
Krigger
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 13 Jan 2022, 19:37
Daily Vehicle: L15zf - HRV E 2018

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Krigger »

Om suhu minta rekomendasi oli cvt buat gantiin HCF-2 di hrv ane donk...makasi hu..
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Krigger wrote: 06 Nov 2022, 07:59 Om suhu minta rekomendasi oli cvt buat gantiin HCF-2 di hrv ane donk...makasi hu..
Mangga dicoba mbah :mky_01:

Siapkan 4-5 liter

- Q8 CVT Evo
https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-cv ... ransmision

- Amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... -fluid-1lt

Isi 4 liter semua:
1. Buang yg lama sampai habis tetesan nya
2. Isi yg baru
3. Mesin dinyalakan dan pindah2kan tuas transmisi...

Metode level checknya:
- setelah mesin dinyalakan bbrp menit, pindah" tuas transmisi
- mesin dimatikan
- check level ATF nya sampai gak tumpah dr lubang indikator

*pastikan ada cairan ATF yg keluar ketika ngecek
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Lendir Gear Skutik Yamaha
Makloon by Idemitsu

Image

Image
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
Krigger
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 101
Joined: 13 Jan 2022, 19:37
Daily Vehicle: L15zf - HRV E 2018

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Krigger »

Suryaputra wrote: 06 Nov 2022, 08:27
Krigger wrote: 06 Nov 2022, 07:59 Om suhu minta rekomendasi oli cvt buat gantiin HCF-2 di hrv ane donk...makasi hu..
Mangga dicoba mbah :mky_01:

Siapkan 4-5 liter

- Q8 CVT Evo
https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-cv ... ransmision

- Amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... -fluid-1lt

Isi 4 liter semua:
1. Buang yg lama sampai habis tetesan nya
2. Isi yg baru
3. Mesin dinyalakan dan pindah2kan tuas transmisi...

Metode level checknya:
- setelah mesin dinyalakan bbrp menit, pindah" tuas transmisi
- mesin dimatikan
- check level ATF nya sampai gak tumpah dr lubang indikator

*pastikan ada cairan ATF yg keluar ketika ngecek
Kapasitas oli cvt nya erpi bukannya 3.5 liter om? Diisi 4 liter ga masalah yak,makasi om
Susah liat teman senang, senang liat teman susah.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

Krigger wrote: 06 Nov 2022, 17:13
Suryaputra wrote: 06 Nov 2022, 08:27
Krigger wrote: 06 Nov 2022, 07:59 Om suhu minta rekomendasi oli cvt buat gantiin HCF-2 di hrv ane donk...makasi hu..
Mangga dicoba mbah :mky_01:

Siapkan 4-5 liter

- Q8 CVT Evo
https://www.tokopedia.com/oli7438/q8-cv ... ransmision

- Amsoil CVTF
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... -fluid-1lt

Isi 4 liter semua:
1. Buang yg lama sampai habis tetesan nya
2. Isi yg baru
3. Mesin dinyalakan dan pindah2kan tuas transmisi...

Metode level checknya:
- setelah mesin dinyalakan bbrp menit, pindah" tuas transmisi
- mesin dimatikan
- check level ATF nya sampai gak tumpah dr lubang indikator

*pastikan ada cairan ATF yg keluar ketika ngecek
Kapasitas oli cvt nya erpi bukannya 3.5 liter om? Diisi 4 liter ga masalah yak,makasi om
Gpp
Krn itu kapasitas di oil pan (belum kondisi mesin kerja yg udh sirkulasi ke daleman girboks)

Kan dibuang lebihnya di lubang check level nya (dibuka dulu baut nya)
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 18 Dec 2012, 14:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by bapakne_satya »

Para suhu SM, kalau Motul HD-X 80W-90 GL5 apakah cocok utk digunakan di gardan fortuner yg 2GD?
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1661
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

bapakne_satya wrote: 11 Nov 2022, 06:53 Para suhu SM, kalau Motul HD-X 80W-90 GL5 apakah cocok utk digunakan di gardan fortuner yg 2GD?
75w90 ato 80w90 apa aja bebas asal GL-5
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: 18 Dec 2012, 14:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by bapakne_satya »

sahabatq8 wrote: 11 Nov 2022, 10:37
bapakne_satya wrote: 11 Nov 2022, 06:53 Para suhu SM, kalau Motul HD-X 80W-90 GL5 apakah cocok utk digunakan di gardan fortuner yg 2GD?
75w90 ato 80w90 apa aja bebas asal GL-5
Terima kasih suhu @sahabatq8
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marzoochi »

Hyundai SP4M-1.jpg
Hyundai SP4M-1.jpg (25.17 KiB) Viewed 880 times
Oom, minta tolong informasi oli ATF yang spek setara atau lebih baik dari Hyundai SP4M-1
coba nyari PDS nya ga ketemu, seperti ini full synthetic, perbaikan dari SP4

Terima kasih
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1661
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

marzoochi wrote: 17 Nov 2022, 11:02 Hyundai SP4M-1.jpg

Oom, minta tolong informasi oli ATF yang spek setara atau lebih baik dari Hyundai SP4M-1
coba nyari PDS nya ga ketemu, seperti ini full synthetic, perbaikan dari SP4

Terima kasih
Untuk hyundai apa om?
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

marzoochi wrote: 17 Nov 2022, 11:02 Hyundai SP4M-1.jpg

Oom, minta tolong informasi oli ATF yang spek setara atau lebih baik dari Hyundai SP4M-1
coba nyari PDS nya ga ketemu, seperti ini full synthetic, perbaikan dari SP4

Terima kasih
Di PDSnya aisin afw-vi sih comply hyundai sp-4 dan sp-4m om,
Saya coba cari2 pds di merk lain rata2 baru comply sp4 aja
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marzoochi wrote: 17 Nov 2022, 11:02 Hyundai SP4M-1.jpg

Oom, minta tolong informasi oli ATF yang spek setara atau lebih baik dari Hyundai SP4M-1
coba nyari PDS nya ga ketemu, seperti ini full synthetic, perbaikan dari SP4

Terima kasih
https://www.tokopedia.com/cakramotor11/ ... ent-ws-1lt

Amsoil ATF Fuel Efficient
V100 di 6,3 cSt
Cek PDS, comply ke SP4M
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
User avatar
marzoochi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 575
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by marzoochi »

Wah terima kasih Oom @Suryaputra, Oom @ariswp dan Oom @sahabatq8
Untuk gear reduction Ioniq5 ☺️
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by zzzprince »

Mau tanya
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1661
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

zzzprince wrote: 17 Nov 2022, 23:18 Mau tanya
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9233
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: 12 and 117 HP

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by Suryaputra »

marzoochi wrote: 17 Nov 2022, 20:56 Wah terima kasih Oom @Suryaputra, Oom @ariswp dan Oom @sahabatq8
Untuk gear reduction Ioniq5 ☺️
Wowh reduction gearnya yoniq pk ATF low visco :mky_02:
Disclaimer

*Colek me if I'm wrong
zzzprince
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 435
Joined: 05 Dec 2016, 01:38

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by zzzprince »

sahabatq8 wrote:
zzzprince wrote: 17 Nov 2022, 23:18 Mau tanya
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
Sekarang mobil saya pakai toyota lv75 mtf om
Apakah viskositasnya lv75 dan dct evo setingkat? Kalau setingkat kayanya masih aman om

Spek mtf di owners manual gna dan gnki kalo gak salah minta sae 80w, tapi toyota sendiri gak jual 80w single grade.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1661
Joined: 26 Sep 2021, 17:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail
Contact:

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sahabatq8 »

zzzprince wrote: 18 Nov 2022, 11:20
sahabatq8 wrote:
zzzprince wrote: 17 Nov 2022, 23:18 Mau tanya
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
Sekarang mobil saya pakai toyota lv75 mtf om
Apakah viskositasnya lv75 dan dct evo setingkat? Kalau setingkat kayanya masih aman om

Spek mtf di owners manual gna dan gnki kalo gak salah minta sae 80w, tapi toyota sendiri gak jual 80w single grade.
Oh, baru tau saya om toyota ada oli LV75 mtf. Dulu pernah masuk dari toyota jepang yang botol emas tapi gak banyak beredar. Kalo dia 75w dipake di GNKI dan GNA aman brati pake DCT EVO bisa bisa aja karena secara kekentalan seharusnya sama kalo 75W. PDSnya punya gak om si LV75 , saya nyari gak nemu.

Btw kalo mau coba make sure yang DCT EVO ya, kalo yang auto dct (dulu sempet ada pail, tapi udah discontinue sih. Itu hanya untuk DCT wet clutch).
semarnanjak
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 69
Joined: 22 Sep 2021, 13:08

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by semarnanjak »

zzzprince wrote: 18 Nov 2022, 11:20
sahabatq8 wrote:
zzzprince wrote: 17 Nov 2022, 23:18 Mau tanya
Kalau oli dct dipakai di manual apa boleh? Tertarik coba oli q8 dct ke manualnya gnki dan gna
Kalo oli DCT dengan additive package lebih baru seperti Q8 DCT EVO boleh karena sebenernya comply dengan GL-4 jg dan BMW LT-5, asal viskositasnya sesuai. Masalahnya spek tersebut encer bgt, equivalent dengan 75w , v100 aja cuma di 6.9
Kalo untuk mobil om kyknya terlalu encer...
Sekarang mobil saya pakai toyota lv75 mtf om
Apakah viskositasnya lv75 dan dct evo setingkat? Kalau setingkat kayanya masih aman om

Spek mtf di owners manual gna dan gnki kalo gak salah minta sae 80w, tapi toyota sendiri gak jual 80w single grade.
Oli trans single grade 80w bisa pake shell spirax s3 om, yang botol hitam. Kalo diliat pdsnya lumayan lebih encer dibanding 80w90.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua :big_childish:

Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali :big_think:

Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm) :upss:

Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual :big_grin:
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus :big_grin:
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin, :big_exellent:

Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb :big_slap:
Attachments
3 botol dulu
3 botol dulu
Eneos 0w20 buat menggantikan Lupromax 0w20
Eneos 0w20 buat menggantikan Lupromax 0w20
4A69F494-96A5-4C77-8204-9CAFBF7C2777.jpeg
ATF PTT LV1 yang masih segar
ATF PTT LV1 yang masih segar
Kondisi ATF DW1 setelah 15rb km
Kondisi ATF DW1 setelah 15rb km
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: 17 Apr 2017, 13:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by jnkr »

ariswp wrote:Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua :big_childish:

Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali :big_think:

Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm) :upss:

Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual :big_grin:
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus :big_grin:
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin, :big_exellent:

Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb :big_slap:
Wow encer ya LV1 ini. Mirip kyk vavoline maxlife botol merah
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

jnkr wrote: 19 Nov 2022, 03:13
ariswp wrote:Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua :big_childish:

Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali :big_think:

Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm) :upss:

Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual :big_grin:
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus :big_grin:
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin, :big_exellent:

Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb :big_slap:
Wow encer ya LV1 ini. Mirip kyk vavoline maxlife botol merah
Iya om, lebih encer maxlife merah dikit malah, kelebihan lainnya di temperatur dingin (40derajat), maxlife lebih mendekati karakteristik dw1 yg cstnya maen di 25 derajat,
Tapi yah karena disini gak ada jual offline jadi pake ptt saja
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5668
Joined: 05 Jun 2014, 20:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by sintoni »

ariswp wrote: 18 Nov 2022, 17:00 Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua :big_childish:

Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali :big_think:

Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm) :upss:

Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual :big_grin:
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus :big_grin:
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin, :big_exellent:

Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb :big_slap:
Mobil apa ini om? Freed kah?

Jadi ini itungannya setengah DW setengah PTT dong ya. Haha.
ariswp
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 518
Joined: 19 Dec 2016, 15:39

Re: Oli Gardan dan Transmisi - Part 02

Post by ariswp »

sintoni wrote: 19 Nov 2022, 10:22
ariswp wrote: 18 Nov 2022, 17:00 Mencicipi PTT Automat LV1, sebelumnya Honda DW1 which means 6.8cst (DW1) vs 5.9cst (PTT LV1)
Tapi baru 3 liter aja sih, takut aja perbedaan viscosity ternyata berefek buruk di matic 5AT tua :big_childish:

Buat jalan nyantai tidak berasa beda dengan DW1, matic menjaga agar selalu menggunakan gigi tinggi (rpm rendah), atau mungkin memang ECU (TCU) membaca pemakaian saya sehari hari seperti ini kali :big_think:

Beda kalau kaki kanan mulai tidak tertib, lebih cepet turun gigi, dan perpindahannya lebih kerasa "nyentak"
Bukan "nyentak" yang kasar, tapi lebih berasa sporty (firm) :upss:

Selip juga minim, gas 1/5-1/4, rpm naik pelan tapi kecepatan naik terus secara gradual :big_grin:
Gas 1/2, gigi langsung turun satu tingkat dengan perpindahan yang lebih terasa sporty (firm), rpm naik terus :big_grin:
Kickdown full, ada jeda 1/3 detik, gigi langsung turun ke posisi terendah mungkin, :big_exellent:

Damage cost :
PTT LV1 125rb per liter
Eneos 0w20 420rb per galon 4 liter
Filter oli honda 60rb
Jasa mesin ATF 25rb :big_slap:
Mobil apa ini om? Freed kah?

Jadi ini itungannya setengah DW setengah PTT dong ya. Haha.
CRV RE1 om, iya ini sepertinya 40% PTT 60% DW :upss:
Rencana sebulan lagi mau drain and refill lagi PTT, targetnya 70-80% PTT (3x 3liter drain and refill dengan PTT)
Present
R20A 5AT 08 / Shell Helix City SP 0w20 / Aisin AFW VI
R18Z CVT 17 / Mobil Super SP 0w20 / HCF2
L12B CVT 17 / Shell Helix Eco SN 0w20 / HCF2

Past
G15B 5MT 00
K20A 5MT 03
J20A 5MT 08
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post