Re: Serba Serbi Ban Part 4

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Post Reply
kenop
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1117
Joined: 24 Aug 2015, 12:06

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by kenop »

MSU wrote: 14 May 2024, 20:05
yogaecho wrote: 13 May 2024, 18:23 Malam om,
Mau minta pendapat utk ganti 2 ban depan GT bxt pro yg udah benjol dengan ukuran 195/60 r15, best buy nya merk apa ya? Yg ada stock ban di kota ini, cuma ini (gak masukin dunlop r1 dan BS techno)

- GT champiro ecotec, produksi 2023 akhir / 2024 awal
- falken sincera, produksi 0722

Kondisi 2 ban belakang udah di pakai falken sincera ini dan diliat dari spek falken yg tradewear nya 500 dan udah 2 ply dan review dimari yg cukup bagus. sbnarnya bakalan milih falken tapi karena stock yg ada tahun nya awal 2022 itu. Btw, falken sincera ini kategori ban eco atau bukan ya? Dan apa champiro ecotec bener ada improve dari versi sblmnya terutama di noise dan keawetan?

Mohon pendapatnya om, trims :big_smile]
Ini menurut sy ya om...
GT ecotec : so far menurut sy nyaman2 aja..cuma banyak yg bilang ban ini rawan tapaknya tercabik2...seperti kurang tahan lama
BS techno : dulu mobil sy sblmnya pake BS ecopia...feel sy enak2 aja, begitu ganti ban sy downgrade ke techno...berasanya dgn tekanan angin yg sama techno kayak lebih keras & ntah kenapa lebih nyaman ecopia sbtlnya
Yg ecotec msh gampang bopak2 juga??
Blm tobat ini dr champiro eco ternyata ya :big_childish:
Greenhunter
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 550
Joined: 25 Aug 2014, 21:12

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Greenhunter »

Supersedan wrote: 14 May 2024, 21:42 Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata. :big_biglaugh:

Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Supersedan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: 15 Jun 2022, 16:37
Daily Vehicle: Mobilio

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Supersedan »

Greenhunter wrote: 14 May 2024, 21:51
Supersedan wrote: 14 May 2024, 21:42 Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata. :big_biglaugh:

Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Maaf om, maksudnya saya gimana biar gak habis bagian dalemnya aja.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
Jadi ini ban semuanya agak lebih abis bagian dalam, ketauan pas kemarin saya cuci kolong lepas roda, begitu di berdirin rodanya mau jatoh ke bagian dalem.

Kalau rotasi kanan ke kiri, pernah cobain sekali. Pas bagian outside di pasang di bagian inside ketemu hujan feelnya gak enak.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11086
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by marmut »

Supersedan wrote: 14 May 2024, 22:09

.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.


mobil apa? mayoritas mobil memang camber tidak bisa disetel. hanya toe saja yg adjustable.

camber yg skr berapa? bandingkan dgn setelan semestinya, penyimpangan brp banyak?
camber berubah bisa pengaruh dr kondisi ball joint sudah oblak, atau pernah ganti control arm assy yg panjangnya beda (aftermarket).
atau bisa juga kondisi support shock nggak bener sudah waktunya ganti. atau kalo support masih sehat, coba digeser* sedikit posisinya lalu kencengin lagi baut/mur-nya sesuai spek trus liat perubahannya berapa bnyk.


*musti dikerjain sambil liat di monitor saat spooring.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1188
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

marmut wrote: 14 May 2024, 22:29
Supersedan wrote: 14 May 2024, 22:09

.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.


mobil apa? mayoritas mobil memang camber tidak bisa disetel. hanya toe saja yg adjustable.

camber yg skr berapa? bandingkan dgn setelan semestinya, penyimpangan brp banyak?
camber berubah bisa pengaruh dr kondisi ball joint sudah oblak, atau pernah ganti control arm assy yg panjangnya beda (aftermarket).
atau bisa juga kondisi support shock nggak bener sudah waktunya ganti. atau kalo support masih sehat, coba digeser* sedikit posisinya lalu kencengin lagi baut/mur-nya sesuai spek trus liat perubahannya berapa bnyk.


*musti dikerjain sambil liat di monitor saat spooring.
kalo ban belakang yg agak chamber itu biasanya kenapa pak? apa yg harus di perbaiki?
saturday
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 460
Joined: 28 Sep 2018, 08:31

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by saturday »

Supersedan wrote: 14 May 2024, 22:09
Greenhunter wrote: 14 May 2024, 21:51
Supersedan wrote: 14 May 2024, 21:42 Ngabisin ban asymmetric biar rata gimana ya. Rotasinya kan cuma bisa depan ke belakang, belakang ke depan. Bannya gak bisa di balik karena ada inside outside.
Saya bener kalau abisnya gak rata. :big_biglaugh:

Kondisi sekarang udah jalan 25.000
Rotasi udah 2x tiap 10.000 km.
Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Maaf om, maksudnya saya gimana biar gak habis bagian dalemnya aja.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
Jadi ini ban semuanya agak lebih abis bagian dalam, ketauan pas kemarin saya cuci kolong lepas roda, begitu di berdirin rodanya mau jatoh ke bagian dalem.

Kalau rotasi kanan ke kiri, pernah cobain sekali. Pas bagian outside di pasang di bagian inside ketemu hujan feelnya gak enak.
Saya juga mengalami kasus ban belakang termakan lebih banyak pada bagian dalam pada Civic FD. Komponen kaki-kaki sehat, memang bawaannya saja cukup banyak negative cambernya. Terpantau -1.3 rear camber di mesin spooring.

Solusinya: Rear adjustable upper arm alias rear camber kit alias rear camber arm
IMG_20240515_060847.jpg
(Kalau nyari di marketplace malah kadang ketemu dengan keyword CHAMBER 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣. Giliran ditulis dengan keyword yang bener camber, malah tidak ketemu)

Karena ini upper arm entah buatan mana, biar aman bushing langsung saya ganti dengan yang replacement original merk RBI dan satu lagi terpaksa custom polyurethane karena camber arm murahan aftermarket ini dimensi salah satu bushingnya beda dengan original.

Dari camber -1.3, saya minta teknisi spooring adjust ke -0.35.

Seharusnya problem ban termakan bagian dalam akan fixed. Sisi negatifnya adalah mobil kalau parkir ditempat datar jadi terlihat culun karena ban yang biasanya agak negative camber berubah jadi agak tegak.

Lalu ada perubahan handling. Mobil jadi gampang belok/berubah arah/"twitchy" karena camber makin ke arah netral/positif. Apalagi saya sudah upgrade rear sway bar dan ada pasang rear arm brace. Secara teknis grip cornering bagian belakang akan berkurang meski sejauh ini sih aman-aman saja.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11086
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by marmut »

t105erd wrote: 15 May 2024, 04:43

kalo ban belakang yg agak chamber itu biasanya kenapa pak? apa yg harus di perbaiki?


kalo hubungannya dengan geometri suspensi mobil, namanya CAMBER pak, bukan chamber.
sudah main di seraya motor lebih dari setaun jangan malah terbelakang bahasa dan ilmunya.

yg kasus ban blakang, positif apa negatif?
solid axle apa multi link?
kalo solid axle, pernah nabrak/kebentur sesuatu?
kalo multi link, bisa dr bawaan pabrik spt kasus pak
saturday
di civic beliau.
atau kalo memang adjustable, ya dari setelannya.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1188
Joined: 20 Mar 2022, 08:17

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by t105erd »

marmut wrote: 15 May 2024, 11:46
t105erd wrote: 15 May 2024, 04:43

kalo ban belakang yg agak chamber itu biasanya kenapa pak? apa yg harus di perbaiki?


kalo hubungannya dengan geometri suspensi mobil, namanya CAMBER pak, bukan chamber.
sudah main di seraya motor lebih dari setaun jangan malah terbelakang bahasa dan ilmunya.

yg kasus ban blakang, positif apa negatif?
solid axle apa multi link?
kalo solid axle, pernah nabrak/kebentur sesuatu?
kalo multi link, bisa dr bawaan pabrik spt kasus pak
saturday
di civic beliau.
atau kalo memang adjustable, ya dari setelannya.
Maaf pak saya salah.

solid axle kayanya di mobil saya, sedikit camber negatif sekilas kasat mata
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9842
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

saturday wrote: 15 May 2024, 06:20
Supersedan wrote: 14 May 2024, 22:09
Greenhunter wrote: 14 May 2024, 21:51

Yang masih tebel taruh depan aja, yang di depan biasanya lebih cepet abis dibanding belakang. Rotasinya ganti kanan kiri, posisi depan belakangnya jgn diubah, depan kanan pindah depan kiri.
Maaf om, maksudnya saya gimana biar gak habis bagian dalemnya aja.
Sudah minta pas spooring bikin camber se 0 mungkin kata mekaniknya gak bisa, yg belakang juga gak bisa di stel cambernya.
Jadi ini ban semuanya agak lebih abis bagian dalam, ketauan pas kemarin saya cuci kolong lepas roda, begitu di berdirin rodanya mau jatoh ke bagian dalem.

Kalau rotasi kanan ke kiri, pernah cobain sekali. Pas bagian outside di pasang di bagian inside ketemu hujan feelnya gak enak.
Saya juga mengalami kasus ban belakang termakan lebih banyak pada bagian dalam pada Civic FD. Komponen kaki-kaki sehat, memang bawaannya saja cukup banyak negative cambernya. Terpantau -1.3 rear camber di mesin spooring.

Solusinya: Rear adjustable upper arm alias rear camber kit alias rear camber arm
IMG_20240515_060847.jpg
(Kalau nyari di marketplace malah kadang ketemu dengan keyword CHAMBER 🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣. Giliran ditulis dengan keyword yang bener camber, malah tidak ketemu)

Karena ini upper arm entah buatan mana, biar aman bushing langsung saya ganti dengan yang replacement original merk RBI dan satu lagi terpaksa custom polyurethane karena camber arm murahan aftermarket ini dimensi salah satu bushingnya beda dengan original.

Dari camber -1.3, saya minta teknisi spooring adjust ke -0.35.

Seharusnya problem ban termakan bagian dalam akan fixed. Sisi negatifnya adalah mobil kalau parkir ditempat datar jadi terlihat culun karena ban yang biasanya agak negative camber berubah jadi agak tegak.

Lalu ada perubahan handling. Mobil jadi gampang belok/berubah arah/"twitchy" karena camber makin ke arah netral/positif. Apalagi saya sudah upgrade rear sway bar dan ada pasang rear arm brace. Secara teknis grip cornering bagian belakang akan berkurang meski sejauh ini sih aman-aman saja.
nah ini lah mbah.
selama bergelut mewakili pedagang online.
kadang untuk optimize keyword search, kita tulis juga nama produknya yg salah dan benar

contoh:

- Chamber Camber Kit Civic bla bla bla

klo diketiknya bener CAMBER, ya dagangan kita bisa muncul,
tapi klo diketik salah "chamber"... juga muncul.

jadi walaupun salah penamaan produk, terpaksa dibenarkan juga, demi kebutuhan revenue perusahaan
wkwkwkwkwk

:ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11086
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by marmut »

t105erd wrote: 15 May 2024, 11:57

solid axle kayanya di mobil saya, sedikit camber negatif sekilas kasat mata


pandangan mata sering nipu, coba tes pake waterpas atau benang lot.

kalo mau yg lebih akurat ya ke bengkel spooring, minta print hasil ahir, bandingkan dgn spek pabrik. ada selisih apa enggak?
CB200RR
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: 04 Oct 2019, 20:11

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by CB200RR »

Numpang diskusi,

Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: 22 Feb 2012, 17:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by classicrock »

Halo om om, mau tanya bengkel ban yang recommended di Surabaya. Rencananya November/Desember 2024 nanti mau ganti ban si Avanza sebelum mudik ke Jakarta.

Saya search via Gmaps, ada beberapa toko, tapi yang sreg di hati ada AutoBahn sama Dunia Ban (based on review). Ada yang pernah punya pengalaman belanja di sana?
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11086
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by marmut »

CB200RR wrote: 15 May 2024, 16:25 Numpang diskusi,

Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?


kalo mau dipikir dgn akal sehat secara umum, ada alasan knp pabrik mencantumkan besaran dan satuan saat mengencangkan roda. pun pola pengencangan mur roda digambarkan dgn jelas.

kalo bertanya "aman apa enggak", tergantung dr setelan si impek gun tsb.
kalo disetel paling rendah, besar kemungkinan mur roda kendor.
disetel paling tinggi, antara dratnya dol, atau baut putus, atau velg pecah, atau gabungan ketiganya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9842
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

marmut wrote: 15 May 2024, 21:17
CB200RR wrote: 15 May 2024, 16:25 Numpang diskusi,

Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?


kalo mau dipikir dgn akal sehat secara umum, ada alasan knp pabrik mencantumkan besaran dan satuan saat mengencangkan roda. pun pola pengencangan mur roda digambarkan dgn jelas.

kalo bertanya "aman apa enggak", tergantung dr setelan si impek gun tsb.
kalo disetel paling rendah, besar kemungkinan mur roda kendor.
disetel paling tinggi, antara dratnya dol, atau baut putus, atau velg pecah, atau gabungan ketiganya.
Jadinya malah diperbudak mobil :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11086
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: tangerang selatan

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by marmut »

Suryaputra wrote: 15 May 2024, 21:42
Jadinya malah diperbudak mobil :big_biglaugh:


sama halnya dgn berumah tangga.

mau beli mobil, ijin istri dulu.
mau upgrade ban, ijin istri dulu.
mau beli oli yg mahalan, ijin istri dulu.
mau pergi mancing sm temen², ijin istri dulu
mau apa², ijin istri.

kok mau diperbudak istri? :mky_03:
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1533
Joined: 06 Jan 2019, 09:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by MSU »

CB200RR wrote: 15 May 2024, 16:25 Numpang diskusi,

Setahu saya untuk baut roda masing2 mobil kan ada standart kekencangan nya tuh.
Nah, di kota ane bengkel ban tuh pada ngencengin baut roda tanpa kunci torsi.
Bahkan bengkel gede pun kaya gitu, kadang pake impact wrench.
Sebenernya apakah aman ga ya ngencengin baut roda pake impact wrench gitu tanpa kunci torsi?
ngencengin pake impact tu ga bener...krn tergantung dari input angin ke alat tsb jd ga akurat
tetep harus endingnya kalibrasi pake otot (minimal)
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9842
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

marmut wrote: 15 May 2024, 22:47
Suryaputra wrote: 15 May 2024, 21:42
Jadinya malah diperbudak mobil :big_biglaugh:


sama halnya dgn berumah tangga.

mau beli mobil, ijin istri dulu.
mau upgrade ban, ijin istri dulu.
mau beli oli yg mahalan, ijin istri dulu.
mau pergi mancing sm temen², ijin istri dulu
mau apa², ijin istri.

kok mau diperbudak istri? :mky_03:
makanya jgn ijin.
FYI ajah.

Yg penting istri dah (terpaksa) paham
"masih bagus habisnya ke hiling dan hobby, bukan ke masas" :upss: :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

maren batu makam genset punya cewe ane udah minta ganti ban 4 biji ehnasep bawaan...

krn ane gak tega kasih saran lucknut macem ehnasep jadi dari toko ban dapat opsi falken ze310r. harganya surprisingly sama kayak ehnasep yg grade nya bawaan.

sempat bingung ane jelasin eco-tyre, touring tyre, sport tyre. sampe toko ban dikira touring tyre itu dunlop sp touring, katanya kalo ze310 itu eco tyre (ada logo ecorun nya :big_biglaugh: ) trs ane jelasin ntu istilah toko ban beda ma istilah teknikal. kl falken yg seri eco pan sn832i :upss:

1.050 x 4 biji didiskon 200 rebu :upss:

impresi sekilas ride dan damping qualitynya lebih enak, kebetulan lewat jalur laknat ngaliyan - BSB semarang yang rutenya aduhai. dibanding pake ehnasep bawaan feelnya langsung berasa gak ngejedak jedak. krn electric motor juga kali ya jadi rolling resistance ze310r yang cukup kuat itu gak terlalu berasa. ane fikir ya udahlah mobil bawaan ud irit juga kalo kota kota :upss: safer juga daripada ban eko ekoan apalagi doi suka ngeluh tampilan ehnasep kayak sering kurang angin pdhl udah diisi sesuai rekomendasi.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9842
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 16 May 2024, 11:11 maren batu makam genset punya cewe ane udah minta ganti ban 4 biji ehnasep bawaan...

krn ane gak tega kasih saran lucknut macem ehnasep jadi dari toko ban dapat opsi falken ze310r. harganya surprisingly sama kayak ehnasep yg grade nya bawaan.

sempat bingung ane jelasin eco-tyre, touring tyre, sport tyre. sampe toko ban dikira touring tyre itu dunlop sp touring, katanya kalo ze310 itu eco tyre (ada logo ecorun nya :big_biglaugh: ) trs ane jelasin ntu istilah toko ban beda ma istilah teknikal. kl falken yg seri eco pan sn832i :upss:

1.050 x 4 biji didiskon 200 rebu :upss:

impresi sekilas ride dan damping qualitynya lebih enak, kebetulan lewat jalur laknat ngaliyan - BSB semarang yang rutenya aduhai. dibanding pake ehnasep bawaan feelnya langsung berasa gak ngejedak jedak. krn electric motor juga kali ya jadi rolling resistance ze310r yang cukup kuat itu gak terlalu berasa. ane fikir ya udahlah mobil bawaan ud irit juga kalo kota kota :upss: safer juga daripada ban eko ekoan apalagi doi suka ngeluh tampilan ehnasep kayak sering kurang angin pdhl udah diisi sesuai rekomendasi.
apapun ban nya, fine tuning instalasinya pk Kunci torsi. :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
lexnic
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: 30 Mar 2022, 19:00
Location: Jakarta

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by lexnic »

ChZ wrote: 16 May 2024, 11:11 maren batu makam genset punya cewe ane udah minta ganti ban 4 biji ehnasep bawaan...

krn ane gak tega kasih saran lucknut macem ehnasep jadi dari toko ban dapat opsi falken ze310r. harganya surprisingly sama kayak ehnasep yg grade nya bawaan.

sempat bingung ane jelasin eco-tyre, touring tyre, sport tyre. sampe toko ban dikira touring tyre itu dunlop sp touring, katanya kalo ze310 itu eco tyre (ada logo ecorun nya :big_biglaugh: ) trs ane jelasin ntu istilah toko ban beda ma istilah teknikal. kl falken yg seri eco pan sn832i :upss:

1.050 x 4 biji didiskon 200 rebu :upss:

impresi sekilas ride dan damping qualitynya lebih enak, kebetulan lewat jalur laknat ngaliyan - BSB semarang yang rutenya aduhai. dibanding pake ehnasep bawaan feelnya langsung berasa gak ngejedak jedak. krn electric motor juga kali ya jadi rolling resistance ze310r yang cukup kuat itu gak terlalu berasa. ane fikir ya udahlah mobil bawaan ud irit juga kalo kota kota :upss: safer juga daripada ban eko ekoan apalagi doi suka ngeluh tampilan ehnasep kayak sering kurang angin pdhl udah diisi sesuai rekomendasi.
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb). :big_smile]
4 wheels:
Toyota KUN40 [2013 - now]
Nissan ND1W [2019 - now]

2 wheels:
Yamaha V100 [1988 - now]
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2923
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by josomba »

lexnic wrote: 16 May 2024, 11:59
skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb). :big_smile]
Kalau bisa margin setebal mungkin dan konsumen indo pada umumnya (mungkin) tidak terlalu peduli ban, dipasangi lah ban paling lowest grade om

:big_smile]
Image
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

lexnic wrote: 16 May 2024, 11:59 skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb). :big_smile]
Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.

Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.

Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.

Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.

Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.

Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.

Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban :big_peace:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9842
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Suryaputra »

ChZ wrote: 16 May 2024, 12:24
lexnic wrote: 16 May 2024, 11:59 skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb). :big_smile]
Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.

Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.

Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.

Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.

Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.

Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.

Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban :big_peace:
Buktinya EV dr pabrikan ternama aja jg pakai Ehnasep.
Berarti bagus dong :big_exellent:

Image

1 unit EV nya aj bisa dpt 2 biji BYD seal ituh
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15687
Joined: 08 Oct 2013, 21:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by ChZ »

Suryaputra wrote: 16 May 2024, 12:51

Buktinya EV dr pabrikan ternama aja jg pakai Ehnasep.
Berarti bagus dong :big_exellent:

Image

1 unit EV nya aj bisa dpt 2 biji BYD seal ituh
ban kecintaan kita semua lah, buktinya dipake bmw nya jepang ampe suv full sizednya.

biarpun suv enem silinder terbarunya pake proxes sport :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Chr1stm1
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 545
Joined: 21 Apr 2021, 16:07
Location: Bandung & Jakarta
Daily Vehicle: All New Veloz 2022 ANR 2018 Avanza K3VE 2011 Wuling Confero S ACT 2020

Re: Re: Serba Serbi Ban Part 4

Post by Chr1stm1 »

ChZ wrote: 16 May 2024, 12:24
lexnic wrote: 16 May 2024, 11:59 skrg kok ban bawaan mobil kebanyakan dikasih ban eco2 ya? pdhl ban eco2 bginian gk enak (mnurut butt-o-meter saya) karena keras trus akhirnya lama klamaan jdi keras skaligus berisik ahahaha. :big_biglaugh: :big_biglaugh:

klo niatnya supaya irit BBM karena rolling resistance rendah, IMO logikanya kurang masuk akal. karena irit BBM itu faktornya bnyk (cara nyetir, beban yg dibawa, kondisi mesin, BBM yg dipake, oli2, dsb). :big_smile]
Hack paling mudah pabrikan mobil buat dapet EPA rating bagus itu lower rolling resistance. Kalau di scientific standard testing selisih 1% mpg aja rolling resistance jadi penting.

Mainnya di thinner oil (0w-20 or less), lower rolling resistance, lower shifting point, overdrive gear yg panjang, dll. Dan sialnya ban itu buat 80% pembeli jadi less of a concern kecuali mobilnya berat.

Makanya test2 gini, sebenernya gak relevan. Trik ngakalinnya banyak. Gak mencerminkan real world usage. Buktinya test emisi aja bisa diakalin.

Di sisi produsen ban jadi enak dan murah produksi inventorynya krn nggak perlu bikin oem khusus yang lower grade dari retail lineup. Krn basically eco tyre itu pengganti lower grade oem tyre macem turanza ar/er series skrg ga ada kan? Diganti turanza ya t005a langsung. Dunlop sp sport 2030 ya skrg diganti dunlop enasave.

Biaya riset eco tyre sih mahal, bannya sendiri mahal ga ada yg bilang ecopitak atau ehnasep murah, tp karena banyak yg pake jadi enak. Harga suka suka aja toh buyer kan banyakan ikutin spec factory.

Ban itu komponen yang mudah diakali ketika mau cost cutting, krn most buyers ga liatin merek ban ketika liat mobilnya. Pada mikirnya karet bunder doang apa ngaruhnya, potenza semi slick dan ecopia di mata most pembeli lcgc itu sama sama karet bunder.

Bagi hobbyist, ga masalah bahkan habisin 10juta beli michelin pilot sport series. Jd it's a win win buat pabrikan ban :big_peace:
Setuju Om,
Sekelas gerobak AN Rush saya aja, dari ban bawaanya Savero SUV upgrade ke dunlop LM 705 dengan ukuran ban sama ( 215 65 R16 ) dan tekanan ban yg sama pula, udah beda banget ride qualitynya, berasa naek kelas dari gerobak kayu ke gerobak sepeda :big_biglaugh:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post