Page 24 of 124

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Wed Jan 13, 2021 15:58
by a2agarage
marmut wrote:
Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49
free2d wrote: Wed Jan 13, 2021 12:18 Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.

cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.

suhu, saya mau ganti oli caranya gimana? mohon petunjuk suhu....
suhu... ijinkan saya memanggil suhu dengan sebutan suhu [emoji846]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Wed Jan 13, 2021 16:12
by Omnibus
Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 15:37
marmut wrote: Wed Jan 13, 2021 15:09
suhu, saya mau ganti oli caranya gimana? mohon petunjuk suhu....
:upss: :upss:

mbah suhu teriak suhu
ati2 mbah suhu .... konon kl ngajarin bisa ikutan nanggung dosa kl salah. :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 1:48
by DOHC
Jambangan wrote: Wed Jan 13, 2021 2:35
DOHC wrote: Wed Jan 13, 2021 1:01
Omnibus wrote: Tue Jan 12, 2021 6:04

kl maf wajib pake maf cleaner. merk CRC ada.

kl TB banyak, CRC jg ada. kl sy nyemprotnya ke kain lap dulu baru kainnya dilap ke TB nya.
Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TB

Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB

Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya mod
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksud

Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran

Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 1:58
by vshiva
Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49
free2d wrote: Wed Jan 13, 2021 12:18 Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.

cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
oli murahnya merk DGO ya? :D

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 2:12
by Suryaputra
vshiva wrote: Thu Jan 14, 2021 1:58
Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49
free2d wrote: Wed Jan 13, 2021 12:18 Itu PTT Flushing pake nya gimana? Kurang ngerti. 1 botol 4 liter tuang semua?
ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.

cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
oli murahnya merk DGO ya? :D
mesran super aja om :big_biglaugh:
beli di spbu pas lewat jg murah.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 2:20
by Suryaputra
DOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 1:48
Jambangan wrote: Wed Jan 13, 2021 2:35
DOHC wrote: Wed Jan 13, 2021 1:01

Nahh ini cara yg bener.. saya jg lakuin kaya gini koq kl otak lg bener.. kl korslet, bersihin nya pake minyak cajuput sliter, guyur lgs ke TB

Semprot ke kain majun, baru de lap ke TB

Btw ini saya ad lakuin experimen ttg bersihin TB, kl dilakuin reguler tiap 2000 km, maka pas d bersihin, rpm idle cenderung stabil, naek sikit banget atau nyaris ga bruba.. tp kl per 7 rebu apalagi 10 rebu, ga enak banget jadinya, idle re learning nya rada lama dan kadang malah CE nyala
Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya mod
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksud

Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran

Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu
klo mesin udh panas dan masih / makin kenceng bunyi tek tek atau klek klek dan sejenis.. siap2in mental dan dompet :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 2:31
by free2d
tuang oli biasa pake SAE brp?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 3:04
by Suryaputra
free2d wrote: Thu Jan 14, 2021 2:31 tuang oli biasa pake SAE brp?
SAE brp pun gakda masalah.
yg ptg oli beneran buat buang ampas di oil pan.
1-2 liter cukup (tergantung kapasitas oil pan nya)

memang gak semuanya / 100% bersih,
tp setidaknya ampas oli yg dibuang lbh banyak.

ibarat buang "sesuatu" klo setengah2 kan msh bikin mules. :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 5:57
by tompy25
Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 3:48
masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:13
Suryaputra wrote: Mon Jan 11, 2021 14:01

- PTT Eco API SP 0w20
- Aisin GreenTech+ 0w20
ganti per 5rb Km / 6 bln (mana yg sampai lbh dulu)

Klo kadang2 suka nge-toll dan jalan jauh
- Amsoil OE 0w20

Suka ngebut
- Q8 Formula Special D1 FE 0w20
- Amsoil Signature 0w20

met coba 0w20 mas :big_peace:
Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas) :big_biglaugh:

masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.

*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,

positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat

negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)

tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.

Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.

dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 6:03
by Suryaputra
tompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 5:57
Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 3:48
masaudie wrote: Tue Jan 12, 2021 3:13

Wah lengkap infonya, tengkyu om. Btw 0w20 jauh lebih encer ya, sisi positif dan negatifnya apa yah? maklum nubie banget..
gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas) :big_biglaugh:

masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.

*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,

positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat

negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)

tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.

Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.

dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...
Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditif :big_grin:

dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.

kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 7:17
by well
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 6:03
tompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 5:57
Suryaputra wrote: Tue Jan 12, 2021 3:48

gak jauh om, coba aj beli, trus diraba-raba dlm kondisi room temp, & coba direbus di atas wajan w40 vs w20,
klo dah panas, encernya mirip2 klo diaduk2 (udh spt minyak goreng panas) :big_biglaugh:

masing2 mobil beda2 hasilnya.
yg pasti klo di manual book diijinkan pakai 0w20, go for it ajah om.

*based on pengalaman pribadi miara Brio dan Lio pakai 0w20,

positif nya:
- mesin lbh ringan dan less ngelitik (apalagi klo dah certified API SN plus ke atas)
- cold start lbh senyap, karena oli dalam keadaan dingin masih kentel, namun klo pakai buntut 20, kentelnya gak terlalu kentel, sehingga bisa masuk celah klep, bearing crankshaft, noken as, dan celah2 sempit lbh cepat

negatif nya:
- 0w20 kelas ekonomis, suara mesin sedikit lbh nyaring klo hi rpm
(solusi: pakai oli 0w20 minimal kelas Amsoil OE atau di atasnya)

tambahan, selain dr yg mbah omni sebut di atas untuk kuras tangki bbm, cek juga filter BBM, klo perlu ganti ya ganti aja, biar sirkulasi bensin lbh lancar dan lbh joss.

Untuk ipah, Ketika mau isi bensin full-tank,
Tuang Redline SI-1 CFSC = 3/4 botol ke dalam tangki BBM (setelah dibersihin & sblm isi bbm full-tank),
aditif PEA nya ampuh ngurangin kerak di kepala piston dan memperlancar injector.

dosis maintenance selanjutnya, cukup 2ml per 1 liter BBM pertamax.
no brebet2 insya Allah ke depan nya.
Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...
Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditif :big_grin:

dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.

kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan :big_biglaugh:
Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkw

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 7:29
by Suryaputra
well wrote: Thu Jan 14, 2021 7:17
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 6:03
tompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 5:57
Om kalo mesin 1TR dual VVTI sejak dr awal di tuangin Vpower / pertamax turbo apa pertu diracunin si Redline atau treatmen per brp KM...biar mesin tetap sehat dan optimal larinya si gerobak IPAH...
Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditif :big_grin:

dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.

kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan :big_biglaugh:
Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkw
stabilizer emang mejik
klo di petrol bs irit bbm dan resing loh om
apalagi yg warna merah makin terasa nambah powah :big_weee:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 9:29
by tompy25
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 7:29
well wrote: Thu Jan 14, 2021 7:17
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 6:03

Klo sy pribadi.. selama bbm NKRI blm euro 6, tetap perlu aditif :big_grin:

dan terkait khusus aditif cleaner, ini tetap perlu karena even BBM paling bagus pun akan ninggalin carb build up.
fungsinya aditif dgn PEA untuk eliminate carbon buildup tsb tanpa ninggalin residu.

kecuali jika udah pakai tesla, gak usah pusing sm aditif bbm, oli dsb.. paling gear oil, sm coolant dan mumet cr colokan >10rb watts doang klo low batt di jalan :big_biglaugh:
Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkw
stabilizer emang mejik
klo di petrol bs irit bbm dan resing loh om
apalagi yg warna merah makin terasa nambah powah :big_weee:
Nanti akan pusing lagi om.....akan banyak yg produksi power bank om :mky_01:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 9:45
by Suryaputra
tompy25 wrote: Thu Jan 14, 2021 9:29
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 7:29
well wrote: Thu Jan 14, 2021 7:17

Nanti kalau pakai tesla pusingnya jg beda, mgkn perlu stabilizer listrik supaya listrik stabil, batrei tidak cepat drop. wkwkkw
stabilizer emang mejik
klo di petrol bs irit bbm dan resing loh om
apalagi yg warna merah makin terasa nambah powah :big_weee:
Nanti akan pusing lagi om.....akan banyak yg produksi power bank om :mky_01:
Genset mini aja om.. ber-bbm diesel :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 10:44
by DOHC
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:20
DOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 1:48
Jambangan wrote: Wed Jan 13, 2021 2:35

Ga pernah lebih dari 5000 KM gantinya mod
Selalu ganti di beres atau shop n drive
Tapi kalo mesin udah panas ga notice tuh suara klek2nya
Pernah bawa ke beres SA nya aja ga denger
Takut suara metal eh SAnya ketawa katanya "kalo metal2 bunyi sih dari jauh jg udah kedengeran mas"
Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksud

Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran

Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu
klo mesin udh panas dan masih / makin kenceng bunyi tek tek atau klek klek dan sejenis.. siap2in mental dan dompet :ngacir:
belom tentu mbah

siapa tau cuman gara2 pake DGO doank


#membabi buta paska lepas kongsi

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 11:03
by Suryaputra
DOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 10:44
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:20
DOHC wrote: Thu Jan 14, 2021 1:48

Hoo kayanya saya tau nehh suara yg om maksud

Tp kuping om berarti tajem banget neh, krn klek2 di inofa lg cold start kl pake oli 40 itu aj, musti buka kap mesin baru lmayan kedengeran

Ohh bener om, suara metal ud kena mah mantep itu, mesin bensin rasa mesin diesel isusu elf atau canter itu
klo mesin udh panas dan masih / makin kenceng bunyi tek tek atau klek klek dan sejenis.. siap2in mental dan dompet :ngacir:
belom tentu mbah

siapa tau cuman gara2 pake DGO doank


#membabi buta paska lepas kongsi

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
ok then.. as said by suhu kelep
avoid DGO at all cost :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Thu Jan 14, 2021 12:08
by Omnibus
ha ha ha ha

lesson learned: " ....... you don't wanna go too cheap." (scotty kilmer)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 5:31
by adri31
Om double klep,
Saya pakai dgo di gna. Setelah ganti, konsumsi bensin 1:17. Tetapi setelah jalan 500 km, konsumsi bensin cuma 1:16.
Apakah memang dgo ini oli racing yg kandungan ether tinggi, tapi pendek umurnya?
Kalau harus ganti tiap 500 km, lebih murah beli amsoil ganti tiap 5000 km dong

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 6:11
by chrisha
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:12
vshiva wrote: Thu Jan 14, 2021 1:58
Suryaputra wrote: Wed Jan 13, 2021 14:49

ada varnish atau sampai sludge ?
klo bersih2 aja, gak perlu flushing oil.

cukup tuang oli murah 1 liter ketika oli lama tinggal netes.
oli murahnya merk DGO ya? :D
mesran super aja om :big_biglaugh:
beli di spbu pas lewat jg murah.
ikutan nimbrung tanya juga dong,

ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?

Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah? :big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 6:34
by benzz89
chrisha wrote:
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:12
vshiva wrote: Thu Jan 14, 2021 1:58 oli murahnya merk DGO ya? :D
mesran super aja om :big_biglaugh:
beli di spbu pas lewat jg murah.
ikutan nimbrung tanya juga dong,

ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?

Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah? :big_grin:
Tergantung nanyanya ke siapa dulu nih om... kalau kata mbah suhu Omnibus sih gak perlu pake acara guyur2 oli murah. Beliau pake Amsoil Signature Series tapi OCI diperpendek dari seharusnya bisa 10 ribu/12 bulan jadi 5 ribu/6 bulan aja.

Oli lama selalu masih wangi waktu OCI, mesin selalu bersih kinclong, carter oli gak bakalan ada endapan2 kotoran. Langsung tuang lagi Amsoil Signature Series yang fresh tanpa acara guyur2 oli murah (DGO/DOHC Genuine Oli).

Malah takut diguyur2 DGO gitu kontaminasi engine nya ama oli kere hore nanti gak kinclong lagi, lagian sisa2 Amsoil Signature series yang masih nempel di engine itu additive2 jauh lebih berharga daripada DGO kere hore... jadi anti di guyur2 gitu... masup akal juga sih yah [emoji4]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 6:49
by Omnibus
benzz89 wrote: Fri Jan 15, 2021 6:34

ikutan nimbrung tanya juga dong,

ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?

Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah? :big_grin:
Tergantung nanyanya ke siapa dulu nih om... kalau kata mbah suhu Omnibus sih gak perlu pake acara guyur2 oli murah. Beliau pake Amsoil Signature Series tapi OCI diperpendek dari seharusnya bisa 10 ribu/12 bulan jadi 5 ribu/6 bulan aja.

Oli lama selalu masih wangi waktu OCI, mesin selalu bersih kinclong, carter oli gak bakalan ada endapan2 kotoran. Langsung tuang lagi Amsoil Signature Series yang fresh tanpa acara guyur2 oli murah (DGO/DOHC Genuine Oli).

Malah takut diguyur2 DGO gitu kontaminasi engine nya ama oli kere hore nanti gak kinclong lagi, lagian sisa2 Amsoil Signature series yang masih nempel di engine itu additive2 jauh lebih berharga daripada DGO kere hore... jadi anti di guyur2 gitu... masup akal juga sih yah [emoji4]
betuull :big_grin:

n sedikit nambahin, konon seal rembes (atau bocor) salah satu faktornya krn suka gonta ganti oli mineral ke fulsyn. jd kl guyurnya pake oli kelas sudra kl ane sih ogah, kecuali guyurnya pake keraton lagi :weekk:

ibarat botol biasa diisi martel udah kosong jg msh ada wanginya (aditip yg udah nempel krn pemakaian rutin) masa mau diisi miras oplosan.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 7:22
by Suryaputra
chrisha wrote: Fri Jan 15, 2021 6:11
Suryaputra wrote: Thu Jan 14, 2021 2:12
vshiva wrote: Thu Jan 14, 2021 1:58

oli murahnya merk DGO ya? :D
mesran super aja om :big_biglaugh:
beli di spbu pas lewat jg murah.
ikutan nimbrung tanya juga dong,

ini gelontorin oli murah nya, tiap x ganti oli atau cukup 1x aja diawal nya?

Secara misalnya olinya sdh pakai Amsoil XL, perlu di guyur oli murah (lagi) kah? :big_grin:
klo amsoil XL nya dipakai sampai mentok 1 tahun, pasti ada endapan, jadi perlu diguyur oli baru even kelas kere hore ya gpp,
karena klo diguyur gtu (mesin gak nyala), itu cuman numpang lewat doang ngebantu buang endapan oli lama di oil pan,
dan hanya sedikit sekali yg ikut nyampur di oil pan nya.

biar dikata oli keraton, bahan mentah nya kan sama2 dari perut bumi, bukan dari planet mars :upss:

kecuali... klo diguyur 4 liter, dan mesin dinyalain, baru nyampur semua itu aditif oli keraton yg dah nempel, dgn oli mineral kelas rakyat :big_biglaugh:

yah apapun caranya bebas aja sih & balik lg ke pilihan masing2,

yg ptg hindari pakai aditif engine flush, karena resiko seal rembes besar sekali itu.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 7:24
by marmut
Omnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 6:49
ibarat botol biasa diisi martel udah kosong jg msh ada wanginya (aditip yg udah nempel krn pemakaian rutin) masa mau diisi miras oplosan.

masaaaa..... :big_think:
bukannya biasa kamput atau tomi?


















:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 7:29
by Omnibus
Suryaputra wrote: Fri Jan 15, 2021 7:22
klo amsoil XL nya dipakai sampai mentok 1 tahun, pasti ada endapan, jadi perlu diguyur oli baru even kelas kere hore ya gpp,
karena klo diguyur gtu (mesin gak nyala), itu cuman numpang lewat doang, dan hanya sedikit sekali yg ikut nyampur di oil pan nya.
dan biar dikata oli keraton, bahan mentah nya kan sama2 dari perut bumi, bukan dari planet mars :upss:

kecuali... klo diguyur 4 liter, dan mesin dinyalain, baru nyampur semua itu aditif oli keraton yg dah nempel, dgn oli mineral kelas rakyat :big_biglaugh:

yah apapun caranya bebas aja sih & balik lg ke pilihan masing2,
yg ptg hindari pakai aditif engine flush, karena resiko seal rembes besar sekali itu.
hiiiyyy oli kere hore kena2 timing chain n ngambang di valvetrain. jijayy ....

:big_biglaugh:

ampuuunnn mbah suhu ...... bcanda mbah. :big_biglaugh: :big_peace:

om benz, tuh denger begitu penjelasannya, bahan oli bukan dr mars.



:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Posted: Fri Jan 15, 2021 7:32
by Suryaputra
Omnibus wrote: Fri Jan 15, 2021 7:29
Suryaputra wrote: Fri Jan 15, 2021 7:22
klo amsoil XL nya dipakai sampai mentok 1 tahun, pasti ada endapan, jadi perlu diguyur oli baru even kelas kere hore ya gpp,
karena klo diguyur gtu (mesin gak nyala), itu cuman numpang lewat doang, dan hanya sedikit sekali yg ikut nyampur di oil pan nya.
dan biar dikata oli keraton, bahan mentah nya kan sama2 dari perut bumi, bukan dari planet mars :upss:

kecuali... klo diguyur 4 liter, dan mesin dinyalain, baru nyampur semua itu aditif oli keraton yg dah nempel, dgn oli mineral kelas rakyat :big_biglaugh:

yah apapun caranya bebas aja sih & balik lg ke pilihan masing2,
yg ptg hindari pakai aditif engine flush, karena resiko seal rembes besar sekali itu.
hiiiyyy oli kere hore kena2 timing chain n ngambang di valvetrain. jijayy ....

:big_biglaugh:

ampuuunnn mbah suhu ...... bcanda mbah. :big_biglaugh: :big_peace:

om benz, tuh denger begitu penjelasannya, bahan oli bukan dr mars.



:ngacir:
nunggu om elon musk bikin spacecraft ke mars,
mungkin nemu bahan mentah oli super special dari sono :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: