Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

Sebentar2 kl gt yg sering jadi genset lbh baik 6 bulan / 5000 km kl full syn ya?
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9650
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: Tue May 18, 2021 12:43 Sebentar2 kl gt yg sering jadi genset lbh baik 6 bulan / 5000 km kl full syn ya?
tergantung om,
sy prnh pk PFG 0w20 4rb Km dah gak enak dan suara mesin lbh kasar, lgs sy buang.

Total 9000 0w20 (di sentra pelumas ada jual 100rb per liter),
hampir 6rb Km masih cukup enak loh surprisingly.

even better dibanding TQ 9000 5w30 nya & PTT fullsyn 5w30 A5/B5/C2 yg ber TBN 8.
ntah mungkin krn Hondut L15Z1 ini gak suka lendir W30
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 12:41
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:37
sintoni wrote: Tue May 18, 2021 11:39

Maaf mbah, tapi dulu baca di trit oli diesel, menurut om Turbo biar TBN ga terlalu tinggi, tapi kalau kadar kalsiumnya lumayan tinggi kayak misal diatas 2200 keatas, nanti penurunan TBN bisa pelan jg mbah..

CMIIW kalau salah mbahh..
mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja. :mky_03:

cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.

jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.


skip ke menit 8:25

iya setuju om, pilihannya klo pk oli keraton, gaspol sampai 7rb Km trus buang.

atau alon2 aliran siksa diri / jalan di tol konstan (jarang jd genset) tp pakai sampai 10rb Km / 1 Tahun (max banget)
itu kl diterusin di menit 9 mbah, mrk bilang kl pake biosol malah cuma 3-4k km.

memang surprising sih buat sebagian besar orang. krn ga semua pengen berurusan sering2 sm yg namanya car maintenance. ujung2nya buang wang sih.

belom aja kl tau even 2kd (atau 1kd) yg notabene bulletproof di ostrali sono yg namanya injector seal disaranin ganti tiap 40k km kl ga mau bocor n bikin sludge. injectornya sendiri tiap 100k km hrs cleaning n inspect. ganti jika perlu. disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable. :wkkk:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 12:41
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:37

mungkin juga kan ane bukan ahlinya, cuma ikut nimbrung aja. :mky_03:

cuma ane nyimak info dr proleevo cenel yg ngobrol sm bengkel PRM spesialis captiva/santafe kl mereka sarankan oci di 5k/3bln (semisyn) atau 5k/6bln (fullsyn). mrk jg pakai oli ber tbn 10-11 koma (merk bardahl kl ga salah) ngga tau Ca nya brp. terlepas mrk bengkel yg pengen repeat order tp mrk jg udah sering overhaul jd tau lah kira2nya kondisi oli apalagi sering kirim ke lab juga.

jd kl bicara ams ss diesel oci di 7k/8bln bisa dibilang udah beyond normal juga. ane terakhir gantol di 8k/5bln udah item pekat n tarikan rada berat. tadinya mau push ke 12k akhirnya ga jadi.


skip ke menit 8:25

iya setuju om, pilihannya klo pk oli keraton, gaspol sampai 7rb Km trus buang.

atau alon2 aliran siksa diri / jalan di tol konstan (jarang jd genset) tp pakai sampai 10rb Km / 1 Tahun (max banget)
itu kl diterusin di menit 9 mbah, mrk bilang kl pake biosol malah cuma 3-4k km.

memang surprising sih buat sebagian besar orang. krn ga semua pengen berurusan sering2 sm yg namanya car maintenance. ujung2nya buang wang sih.

belom aja kl tau even 2kd (atau 1kd) yg notabene bulletproof di ostrali sono yg namanya injector seal disaranin ganti tiap 40k km kl ga mau bocor n bikin sludge. injectornya sendiri tiap 100k km hrs cleaning n inspect. ganti jika perlu. disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable. :wkkk:
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.

Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.

Beda preferensi aja sih mbah.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable. :wkkk:

:mky_03:

mundur ke 1980an ketika charade turbo masuk sini.
apa kata orang sini?

produk gagal

:mky_03:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9650
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

marmut wrote: Tue May 18, 2021 13:14
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable. :wkkk:

:mky_03:

mundur ke 1980an ketika charade turbo masuk sini.
apa kata orang sini?

produk gagal

:mky_03:
mbah nganu..
anyway udh ada oktan min 92 thn segitu di sini?

sy blm lahir thn segitu.
wkwkwkwkw
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 13:16
marmut wrote: Tue May 18, 2021 13:14
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 12:57
disini ga ada yg kaya gitu, tutup mata semua, sampe akhirnya rusak n divonis bengkel suruh ganti ini itu baru dah nyalah2in mobilnya ga durable. :wkkk:

:mky_03:

mundur ke 1980an ketika charade turbo masuk sini.
apa kata orang sini?

produk gagal

:mky_03:
mbah nganu..
anyway udh ada oktan min 92 thn segitu di sini?

sy blm lahir thn segitu.
wkwkwkwkw
Setahu ane dr bokap dulu dah ada si pertamina "super" oktan 95 kalau ndak salah ya di 1980an om terus diganti jadi super TT (tanpa timbal).

Cmiiw
Image
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 13:16
mbah nganu..
anyway udh ada oktan min 92 thn segitu di sini?

sy blm lahir thn segitu.
wkwkwkwkw

tahun segitu di spbu cuma ada 3 nama,
solar (yang sekarang dikasih nama solbus).
premium (oktan 88).
super (oktan 98).
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5694
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by sintoni »

Taun segitu Premix belom ada ya mbah?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9650
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

gilee jomplang bener yaa mbah,
dr premium 88 ke super 98

premix mulai thn 90 an ya kayanya?
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

premix dan super TT baru setelah tahun 94 kalo nggak salah.
sempet ngalamin isi premix (oktan 92) sepuluh ribu rupiah dapet 7 liter sekian (tahun 96-97).
dan sempet ada 2 harga karena ada 2 yang suplai.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

dulu mobil kompresi aja kepala 8... di manual book baleno dx '00 aja mintanya bensin RON 85.. premium yg 88 aja udh berasa pertabo itu wkwkw
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.

Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.

Beda preferensi aja sih mbah.
oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.

cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.

ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.

outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg

ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg

ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg

maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang :big_biglaugh:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

rendr wrote: Tue May 18, 2021 13:55 dulu mobil kompresi aja kepala 8... di manual book baleno dx '00 aja mintanya bensin RON 85.. premium yg 88 aja udh berasa pertabo itu wkwkw

nggak semua kompresi rendah.
boleh googling datsun L16T engine berapa kompresinya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11024
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by marmut »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59
. lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg



:mky_03:
:mky_03:
:mky_03:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by josomba »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59
sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.

Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.

Beda preferensi aja sih mbah.
oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.

cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.

ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.

outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg


ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg


ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg


maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang :big_biglaugh:
Sekkk... Ini kinclong bener ruang mesinnya, perlu kita bahas detail di thread car detailing lounge ini mah


Sama ane bantuin mbah klep deh, nyatetin pending list: OCT

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Image
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

marmut wrote: Tue May 18, 2021 14:07
rendr wrote: Tue May 18, 2021 13:55 dulu mobil kompresi aja kepala 8... di manual book baleno dx '00 aja mintanya bensin RON 85.. premium yg 88 aja udh berasa pertabo itu wkwkw

nggak semua kompresi rendah.
boleh googling datsun L16T engine berapa kompresinya.
oiya betul mbah.... maklum...

milenials taunya datsun HR12DE mbah...

belom kenal itu twin barrel SU carb....



:ngacir:
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9650
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

rendr wrote: Tue May 18, 2021 14:19
marmut wrote: Tue May 18, 2021 14:07
rendr wrote: Tue May 18, 2021 13:55 dulu mobil kompresi aja kepala 8... di manual book baleno dx '00 aja mintanya bensin RON 85.. premium yg 88 aja udh berasa pertabo itu wkwkw

nggak semua kompresi rendah.
boleh googling datsun L16T engine berapa kompresinya.
oiya betul mbah.... maklum...

milenials taunya datsun HR12DE mbah...

belom kenal itu twin barrel SU carb....



:ngacir:
mbah.. mbah milennials generasi awal apa akhir ? :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59
sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.

Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.

Beda preferensi aja sih mbah.
oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.

cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.

ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.

outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg


ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg


ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg


maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang :big_biglaugh:
kl ujung2 nya OCI ga bsa panjang2

mending jij ikutin saya, pake the cheapest oil possible

ganti per 3000 km jg gapapa

lagian OCI panjang2, kasian itu trelek ama konci sok mahal2 pd ga kepake, debuan karatan ntar :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26915
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

josomba wrote: Tue May 18, 2021 14:10
Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59
Sekkk... Ini kinclong bener ruang mesinnya, perlu kita bahas detail di thread car detailing lounge ini mah


Sama ane bantuin mbah klep deh, nyatetin pending list: OCT

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
gmana ga kinclong mbah

odo nya aj masi irit bener


hoo, itu dicatetnya bukan di pending list mbah, tp to do list, percaya deh, ud beli dia tuh OCT , ga mau ngaku aj
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 848
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by well »

Omnibus wrote: Tue May 18, 2021 13:59
sintoni wrote: Tue May 18, 2021 13:03
Siap mbah, kalau ane pake PTT Commonrail 10W30 di 4D56, mungkin mau OCI di 8k aja.

Soalnya kemaren dah tes sama om Turbo masih aman sih sampe 10k.

Beda preferensi aja sih mbah.
oh iya mbah, no problemo. namanya topik oli di forum mana2 selalu ada silang pendapat. tiap orang berhak atas opininya. sy jg sama sekali ga memaksakan.

cuma kl boleh sy mau sharing aja temuan di anf sy, sy rasa di pasport juga terjadi sebab di santafe diesel terjadi juga. yaitu hawa oli yg keluar dr breather hose yg tersedot sm turbo (krn memang breather hose nya ke inlet compressor side turbo sebab disitu satu2nya kondisi vacuum di mesin tdi). sering kali bukan hanya hawanya tp juga sebagian olinya ikut kesedot terbawa ke intercooler dan balik ke intake. tanpa egr di block aja ini sdh merupakan sumber masalah tersendiri krn bisa bikin carbon build up di intake port n valves. apalagi kl olinya kotor krn oci yg terlalu panjang. jd oil degradation itu bukan cuma krisis tbn aja tp juga kebersihan oli secara umum krn sebagian ada yg ikut terbakar dan kl olinya kotor si residunya yg akan jd carbon build up.

ini foto borescope anf sy ttg adanya oli di compressor side turbo. banyak yg mengira itu krn seal turbo rembes pdhl bukan. umum anggapan begitu termasuk di proleevo cenel, ki gentong jg mention bahwa itu cuma dr breather enjin bukan seal turbo nya bocor.

outlet compressor side turbo yg meler oli (ungu). panah ijo itu breather hose nya dr valve cover masuk ke inlet turbo.
IMG_20210507_171709~4.jpg


ini foto dalemnya turbo. ada genangan oli yg tdk seharusnya ada disitu. tp msh dlm batas oil consumption yg wajar (ane ukur +/- 300ml per 4000km makan oli). lg mikir apa perlu pakai oil catch tank.
IMG_20210507_172036~4.jpg


ngintip lebih dalam ke impeller turbo dan hasil cek semua kering, sealnya jg ga rembes oli.
yg warna biru itu impeller blade turbo. yg warna ijo itu seal.
20210507171600504~2.jpg


maaf mbah kl kepanjangan, just sharing. makin tau makin baik kan. ga selalu sih, seringnya menuh2in pikiran doang :big_biglaugh:
Apakah artinya lbh baik selang breather di buang ke udara bebas atau di beri OCT br dibuang ke udara bebas om? Spy egr dan turbo tidak kotor?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue May 18, 2021 15:22
kl ujung2 nya OCI ga bsa panjang2

mending jij ikutin saya, pake the cheapest oil possible

ganti per 3000 km jg gapapa

lagian OCI panjang2, kasian itu trelek ama konci sok mahal2 pd ga kepake, debuan karatan ntar :big_weee: :big_weee:
dohc genuine oil dizel verzion udah launching mbah? :mky_03:


ogah ah ntar ga enteng lagi tarikannya kl pake yg kerehore. :weekk:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Tue May 18, 2021 15:34
gmana ga kinclong mbah

odo nya aj masi irit bener


hoo, itu dicatetnya bukan di pending list mbah, tp to do list, percaya deh, ud beli dia tuh OCT , ga mau ngaku aj
kinclong apanya sih. itu mah cuma dilap majun doang pake brake cleaner :big_slap:

oct belum nemu yg bagus mbah. *nyari nya kurang niat
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11326
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

well wrote: Tue May 18, 2021 15:38
Apakah artinya lbh baik selang breather di buang ke udara bebas atau di beri OCT br dibuang ke udara bebas om? Spy egr dan turbo tidak kotor?
dibuang ke udara bebas, yg dikuatirkan itu pas gaspol n blowby lg tinggi tp dia ga cukup cepat dikeluarkan dr crankcase nya. kl posisi skrg kan disedot sm si turbo.
kecuali dibikinin bolongan 1 lagi kali di valve covernya.

kl liat yg udah pasang, pake oct pun tetap abis dr oct disambungin ke turbo lagi tp skrg dgn harapan olinya ga ngikut.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by ViPerRed »

Suryaputra wrote: Tue May 18, 2021 12:19
Turboman wrote: Tue May 18, 2021 11:12
erwinign wrote:
UOA MAZDA 2.png

Mohon pencerahannya semua :big_smile]
Next boleh coba Q8 - 0W20 yg D1 G2
asik nih oli emang.
dan beneran certified D1 G2 di web GM.
mau bayar uang palak, beda sm amsoil :big_biglaugh:

Image

Image

di rpm tinggi tu suara mesinnya spt effortless, compare to PTT 5w30 A5/B5 APi SN.

sy blm compare sm ams sih, cmn emg Q8 formula one of the best dr sekian lendir yg disumpelin :mky_04:
ane prnh iseng buka itu web
si unil opal diskon 100rb jg beneran D1 G2 om
buka2 web unil TBN sm VI nya jg tinggi.
luar biasa kyknya klo cm untuk dipake di 1NZ tua.
Last edited by ViPerRed on Tue May 18, 2021 16:54, edited 2 times in total.