Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Locked
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

sh00t wrote: 14 May 2021, 07:48
DOHC wrote: 13 May 2021, 14:18
benzz89 wrote: 13 May 2021, 14:10 Kurang apdol nih, blom pernah liat Om Klep pas lg pedal to kampret jarum speedo mentok kanan + RPM lg di redline... no pic = hoax... katanya [emoji1787]

API SP sdh lbh kentel dikit Om Klep, jd perasaan lbh tenang aja kl lg di bejek pedal to kampret, SN+ kayanya tifisss bener itu oli, makanya pake yg keraton aja lah, maaf... blom berani DOHC Genuine Oil [emoji5]
Sebenernya ad koq mbah

Jaman baru awal2 join SM, masi alay abg labil, post poto lipindut saya lg 160 atau 170 d tret top spit :upss:

Skrg sehh susah, inofa saya cuman bensin standard, bukan kaya om kompre punya yg ud monmek, upgrade turbo dll.. boro2 spido bsa mentok 200 kaya om kompre

Lohh knapa takut ama Dohc Genuine Oil, itu terbuat dr peresan pertama kringet paus ama hiu loh.. just fill n forget :big_weee:
Lho Dohc Genuine Oil itu bukannya dari peresan FRD yah om? :big_think:
Huss

Itu paten nya mbah bebonk, ud terdaptar hak cipta tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Jambangan wrote: 14 May 2021, 06:55
DOHC wrote: 13 May 2021, 13:19
Jambangan wrote: 13 May 2021, 12:46 Masih belum berani pake 0W20
Soalnya di buku manual ga ada. Sama suka ugal rpm tinggi kalo di tol :mky_01:
Sekarang masihs setia buntut 30
kalo buntut 40 ogah ga mau lagi :upss:
Jangan takut

Saya jg sering cobain 0-20, padahal nyetir slalu aliran om kompre, anti siksa diri yg injek gas takut2... pokoknya pedal to kampret always

:mky_03:
Masih setia aliran 5W30/0W30 mod :big_grin:
Foto spido HRV pas pedal to carpet dong mod :upss:
Kan no pic hoax kyk kata om benz :upss:
Hrv ada nya poto lari 90 Kph, mau ?? :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

Jambangan wrote: 14 May 2021, 06:55
DOHC wrote: 13 May 2021, 13:19
Jambangan wrote: 13 May 2021, 12:46 Masih belum berani pake 0W20
Soalnya di buku manual ga ada. Sama suka ugal rpm tinggi kalo di tol :mky_01:
Sekarang masihs setia buntut 30
kalo buntut 40 ogah ga mau lagi :upss:
Jangan takut

Saya jg sering cobain 0-20, padahal nyetir slalu aliran om kompre, anti siksa diri yg injek gas takut2... pokoknya pedal to kampret always

:mky_03:
Masih setia aliran 5W30/0W30 mod :big_grin:
Foto spido HRV pas pedal to carpet dong mod :upss:
Kan no pic hoax kyk kata om benz :upss:
coba 0w20 pakai 5rb Km,
trus test lab, klo wear metal msh di bawah 50 ppm, lanjuttt.
apalagi klo di bawah 20 ppm, baguss bangett.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
bensinsolar
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 734
Joined: 27 Sep 2016, 15:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by bensinsolar »

Ud pake PTT 0w30 SP di 4B11 (ini mesin flat tapped atau roller rocker ya?). Hasilnya bwt sentakan akselerasi mengecewakan dibanding MMO 0W20. Ini akselerasi jd lebih subdued & suara mesin lebih halus sepertinya, tp saya lebih prefer suara yg raspy sebelum ini. Yg lebih aneh lagi, apa karena ini olinya kentel & akselerasi lbh berat, CVT jadi kedengeran suara khasnya kalau abis kickdown & downshift. Sptnya ini oli mau cepet2 diganti aja d <6 bulan. Selagi nunggu mau kuras CVT matic pake Amsoil yg reviewnya bagus, taun lalu minta kuras sama beres malah cm diganti 6L pdhl bwt flush infonya 9L. Waktu MMO 0W20 SN saya sering pedal to carpet, dipake hampir 10 bulan, gmn nasib TBNnya ya kalau PTT aja jadi begitu di test :big_dunno:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

bensinsolar wrote: 14 May 2021, 10:26 Ud pake PTT 0w30 SP di 4B11 (ini mesin flat tapped atau roller rocker ya?). Hasilnya bwt sentakan akselerasi mengecewakan dibanding MMO 0W20. Ini akselerasi jd lebih subdued & suara mesin lebih halus sepertinya, tp saya lebih prefer suara yg raspy sebelum ini. Yg lebih aneh lagi, apa karena ini olinya kentel & akselerasi lbh berat, CVT jadi kedengeran suara khasnya kalau abis kickdown & downshift. Sptnya ini oli mau cepet2 diganti aja d <6 bulan. Selagi nunggu mau kuras CVT matic pake Amsoil yg reviewnya bagus, taun lalu minta kuras sama beres malah cm diganti 6L pdhl bwt flush infonya 9L. Waktu MMO 0W20 SN saya sering pedal to carpet, dipake hampir 10 bulan, gmn nasib TBNnya ya kalau PTT aja jadi begitu di test :big_dunno:
4b11 kl ga sala masi flat tappet om

Btw 4b11 bukannya mustinya cocok ama api sp yah, buat rante keteng protection nya.. kl sembarang pake oli encer rentan kena rante kteng melar
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

bensinsolar wrote: 14 May 2021, 10:26 Ud pake PTT 0w30 SP di 4B11 (ini mesin flat tapped atau roller rocker ya?). Hasilnya bwt sentakan akselerasi mengecewakan dibanding MMO 0W20. Ini akselerasi jd lebih subdued & suara mesin lebih halus sepertinya, tp saya lebih prefer suara yg raspy sebelum ini. Yg lebih aneh lagi, apa karena ini olinya kentel & akselerasi lbh berat, CVT jadi kedengeran suara khasnya kalau abis kickdown & downshift. Sptnya ini oli mau cepet2 diganti aja d <6 bulan. Selagi nunggu mau kuras CVT matic pake Amsoil yg reviewnya bagus, taun lalu minta kuras sama beres malah cm diganti 6L pdhl bwt flush infonya 9L. Waktu MMO 0W20 SN saya sering pedal to carpet, dipake hampir 10 bulan, gmn nasib TBNnya ya kalau PTT aja jadi begitu di test :big_dunno:
klo mau pakai hampir setahun mah yg pasti2 ajah.

Amsoil Signature 0W-20
https://tokopedia.link/eQzcdb57egb

Q8 Formula D1 FE 0w20
https://tokopedia.link/Jeoxork8egb

atau the legend DGO :mky_04:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
adri31
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 305
Joined: 24 Feb 2016, 16:01

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by adri31 »

Suryaputra wrote:
rendr wrote: 13 May 2021, 16:53 kalo dari ane si benefit dari API SP ini aman buat mesin2 yg wear level sudah tinggi tetep bisa pake oli SAE yg rendah....

dan bisa push SAE serendah mungkin yg diizinkan manual book...


cuman kalo buat ane si tetep nyari mana yg punya V100 rendah + antiwear additive yg paling banyak



:mky_03:
klo pk oli Q8 / Ams Sign, gak usah pusingin anti wear,
udh surpass kebutuhan GM Dexos, Ford dan API SP.. jaminan mutuu

apalagi the legendary DGO, semua lewat :ngacir:
Gak mungkin kualitasnya bisa melewati oli dgo. Sekali ganti oli ini, gak perlu ganti oli lagi sampai waktunya turun mesin.
Makanya oli dgo dijual murah, soalnya yg udah beli, ganti olinya 10 tahun lagi. Jadi yg beli dikit, makanya banting harga
hafizh
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 210
Joined: 27 Jun 2008, 13:36

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by hafizh »

xsulimx13 wrote: 22 Apr 2021, 12:55 Halo om2. Ada yg pernah nyoba Repsol Elite Neo 5w30?

Saya terakhir coba di Ecosport lumayan sih enak enteng juga.

Kurleb 5000rb km masih bagus kalau liat di dipstick.

Muncul lagi yg harganya 60rban. Mungkin bisa jadi alternatif vs. DGOScreenshot_20210422-125325_Gallery.jpgIMG-20210223-WA0014.jpg
emang mantap ini oli, ngelitik di gb3 saya berkurang, hampir gak kedengeran dibanding oli 2 sebelumnya pdhl pakai campuran pertamax dan pertalite, sebelumnya bahkan campur pertabo jg ngelitik klo pas injak gas agak dalam, halus jg rasanya, cuma sayangnya konon dah diskontinyu beli krn rekomen om turbo...
severmaya
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 236
Joined: 27 Mar 2017, 08:38
Location: bekasi
Daily Vehicle: vroom

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by severmaya »

Suryaputra wrote: 13 May 2021, 16:58
rendr wrote: 13 May 2021, 16:53 kalo dari ane si benefit dari API SP ini aman buat mesin2 yg wear level sudah tinggi tetep bisa pake oli SAE yg rendah....

dan bisa push SAE serendah mungkin yg diizinkan manual book...


cuman kalo buat ane si tetep nyari mana yg punya V100 rendah + antiwear additive yg paling banyak



:mky_03:
klo pk oli Q8 / Ams Sign, gak usah pusingin anti wear,
udh surpass kebutuhan GM Dexos, Ford dan API SP.. jaminan mutuu

apalagi the legendary DGO, semua lewat :ngacir:
Om kalau q8 sama ams dah ada aspalnya blm?
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

severmaya wrote: 14 May 2021, 15:44
Suryaputra wrote: 13 May 2021, 16:58
rendr wrote: 13 May 2021, 16:53 kalo dari ane si benefit dari API SP ini aman buat mesin2 yg wear level sudah tinggi tetep bisa pake oli SAE yg rendah....

dan bisa push SAE serendah mungkin yg diizinkan manual book...


cuman kalo buat ane si tetep nyari mana yg punya V100 rendah + antiwear additive yg paling banyak



:mky_03:
klo pk oli Q8 / Ams Sign, gak usah pusingin anti wear,
udh surpass kebutuhan GM Dexos, Ford dan API SP.. jaminan mutuu

apalagi the legendary DGO, semua lewat :ngacir:
Om kalau q8 sama ams dah ada aspalnya blm?
cb kita colek mbah DOHC. :mky_01:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Omnibus »

aduh aduh aduh

jangan jangan jangan diterusin

probono probono probono

naik harga naik harga naik harga

:mky_02: :mky_02: :mky_02:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: 09 Feb 2008, 21:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by benzz89 »

Pakai oli yg umum2 aja... TGMO, DGO, SGO, MMO, NMO, HGO, TOPONE, MESRAN, MEDITERAN, FASTRON, SHELL... gitu2 aja deh, mau probono jg harga segitu2 aja... amannn

Lg sensi nih nyebut2 si Q ama si A
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

Suryaputra wrote: 14 May 2021, 16:08
severmaya wrote: 14 May 2021, 15:44
Suryaputra wrote: 13 May 2021, 16:58

klo pk oli Q8 / Ams Sign, gak usah pusingin anti wear,
udh surpass kebutuhan GM Dexos, Ford dan API SP.. jaminan mutuu

apalagi the legendary DGO, semua lewat :ngacir:
Om kalau q8 sama ams dah ada aspalnya blm?
cb kita colek mbah DOHC. :mky_01:
kl eneos aj ud ad versi olmes yg tutup merah sehhh


masa q8 atau ams kaga ada, orang kita sini kan kreatip banget :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by DOHC »

benzz89 wrote: 14 May 2021, 17:45 Pakai oli yg umum2 aja... TGMO, DGO, SGO, MMO, NMO, HGO, TOPONE, MESRAN, MEDITERAN, FASTRON, SHELL... gitu2 aja deh, mau probono jg harga segitu2 aja... amannn

Lg sensi nih nyebut2 si Q ama si A
mbah

siapa blg merek2 tsb harganya gitu2 aj

ntuh liat aj DGO, sblom doi terkenal dsini (d probo in mulu), doi tuh dulu nyaris tiap bulan ada diskon 40-55 % d shopee

skrg ?? belagunya minta ampun padahal oli kualitet ampas gt aj, jarangggg pake banget ngasi diskon gede lagi

satu lagi si ptt ama aisin, diem2 ud mulai naek harga nehh sikit2
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

udah udah amsoil curah aja masih ada se drum tuh wkwkwkwk


btw ada yg udh meluncur ke mentari ban? ada kendall gt1 max full syn 5w30 tuh konon... sisa 100 botol
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: 24 Nov 2019, 13:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by McLaren »

DOHC wrote: 14 May 2021, 18:07
Suryaputra wrote: 14 May 2021, 16:08
severmaya wrote: 14 May 2021, 15:44

Om kalau q8 sama ams dah ada aspalnya blm?
cb kita colek mbah DOHC. :mky_01:
kl eneos aj ud ad versi olmes yg tutup merah sehhh


masa q8 atau ams kaga ada, orang kita sini kan kreatip banget :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
Saya saking bingungnya pilih toko yg mana di toped, masing2 toko saya beli 2 liter wkwk, dpt 4 toko
tompy25
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 95
Joined: 13 Jan 2020, 07:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova reborn G 2019 manual bensin

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by tompy25 »

Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: 19 Apr 2014, 10:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by maastricht889 »

tompy25 wrote: 15 May 2021, 07:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
Saya juga nih om, di mazda 2 lama pake ptt evotec 0w20 non eco jadi cukup berat. Dulu pake ptt botol emas 5w30 y sama aja beratnya. The best pake ams ss 0w20
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Turboman »

bensinsolar wrote:Ud pake PTT 0w30 SP di 4B11 (ini mesin flat tapped atau roller rocker ya?). Hasilnya bwt sentakan akselerasi mengecewakan dibanding MMO 0W20. Ini akselerasi jd lebih subdued & suara mesin lebih halus sepertinya, tp saya lebih prefer suara yg raspy sebelum ini. Yg lebih aneh lagi, apa karena ini olinya kentel & akselerasi lbh berat, CVT jadi kedengeran suara khasnya kalau abis kickdown & downshift. Sptnya ini oli mau cepet2 diganti aja d <6 bulan. Selagi nunggu mau kuras CVT matic pake Amsoil yg reviewnya bagus, taun lalu minta kuras sama beres malah cm diganti 6L pdhl bwt flush infonya 9L. Waktu MMO 0W20 SN saya sering pedal to carpet, dipake hampir 10 bulan, gmn nasib TBNnya ya kalau PTT aja jadi begitu di test :big_dunno:
dari 0W20 ke 0W30 ya udah pasti akan lebih berat

kalo dah cocok 0W20 ya teruskan pake 0W20.......pilihan merek & type bebas
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: 19 Mar 2018, 13:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by rendr »

tompy25 wrote: 15 May 2021, 07:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
chrisha
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: 03 Sep 2020, 09:32
Location: JAKARTA
Daily Vehicle: Nissan X-Trail T31 CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by chrisha »

Turboman wrote: 15 May 2021, 08:41
bensinsolar wrote:Ud pake PTT 0w30 SP di 4B11 (ini mesin flat tapped atau roller rocker ya?). Hasilnya bwt sentakan akselerasi mengecewakan dibanding MMO 0W20. Ini akselerasi jd lebih subdued & suara mesin lebih halus sepertinya, tp saya lebih prefer suara yg raspy sebelum ini. Yg lebih aneh lagi, apa karena ini olinya kentel & akselerasi lbh berat, CVT jadi kedengeran suara khasnya kalau abis kickdown & downshift. Sptnya ini oli mau cepet2 diganti aja d <6 bulan. Selagi nunggu mau kuras CVT matic pake Amsoil yg reviewnya bagus, taun lalu minta kuras sama beres malah cm diganti 6L pdhl bwt flush infonya 9L. Waktu MMO 0W20 SN saya sering pedal to carpet, dipake hampir 10 bulan, gmn nasib TBNnya ya kalau PTT aja jadi begitu di test :big_dunno:
dari 0W20 ke 0W30 ya udah pasti akan lebih berat

kalo dah cocok 0W20 ya teruskan pake 0W20.......pilihan merek & type bebas

om Turboman, tanya dong
kalo dari 5w30 ke 10w30 berasa gak ya beda nya? :big_smile]
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

rendr wrote: 15 May 2021, 09:07
tompy25 wrote: 15 May 2021, 07:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Apa lagi itu Om Forced Induction? :big_think:
nubie in all things - still need to learn
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by blloewy »

tompy25 wrote: 15 May 2021, 07:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
Bedanya dimana om performanya?
Lari lbh berat, FC lbh boros atau gmn?
nubie in all things - still need to learn
tukangbajakcd
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: 24 Dec 2019, 11:38
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nav1

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by tukangbajakcd »

Om mau nanya ni.kl buat voxy mending unil opal opalub premium 0w-20 atau ptt evotec 0w-20?thx
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9519
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 13

Post by Suryaputra »

blloewy wrote: 15 May 2021, 09:54
rendr wrote: 15 May 2021, 09:07
tompy25 wrote: 15 May 2021, 07:41 Stelah coba PTT 0W20 Super Synteting dr API SN, AP SN+ sampe API SP pd mesin 1TR Ipah Rebon 2019 Km br 14K. Dr ketiga oli tsb kok PTT 0W20 API SP Super syntetic rada lebih kentel ya, scara performa lebih enak yg API SN ato API SN+. Yg API SP awal Cold start terdengar bunyi tek..tek sesaat. Dan lari tdk seenteng API SN atao API SN+. Dr para suhu SM apakah API SP tuk PTT seperti itu khusisnya tuk mesin bensin....
wah untuk case 0w20 ini sih paling jauh bedanya, kalo kita bandingin V40 PDS PTT 0w20 SN sama yg SP nya dari 41,6 cSt ke 48,0 cSt.... ga heran kalo emg jadi begitu cold startnya... walaupun V100 nya dari 9,13 ke 8,9..

sampe telat naik oli begitu ya... ganti 0w20 macem unyil / Q8 / amsoil deh om... bahkan eneos / idemitsu full syn 0w20 API SN lebih enak saya rasa dari 0w20 SP buat 1TR N/A...

API SP ini akan lebih terasa manfaatnya buat mesin2 forced induction deh...
Apa lagi itu Om Forced Induction? :big_think:
turbo
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Locked
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post