Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

feyon wrote: Sun Jan 17, 2021 9:42 ikutan nimbrung lagi nyari gantinya Enasave 195/60 R16, ngincer Primacy 4 tp naik ke 205/60, liat promo di Bquik (tadinya 1station) harganya kena 1,099rb tapi tersedianya Primacy 4 ST bedanya apa yang sama yang Primacy 4 tanpa embel2 ST, kualitasnya sama gak ya? kali aja ada yang ud pengalaman pakai juga.
sama aja om , cuma kalau yang profile tebel dia ada STnya. Yang tanpa ST itu cuma ada di ukuran r17 sama 18 , beda di ukuran ajaa kok sisanya sama.
User avatar
chaprizone
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 168
Joined: Mon Feb 15, 2016 2:18
Location: Jawa Timur - Nusa Tenggara Timur

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by chaprizone »

JukeJoken wrote: Sun Jan 17, 2021 9:39 Mau Sharing pengalaman Pake LM705 setelah 2 bulanan di Sienta. Bannya sedikit lebih empuk dari Ecopia yang ane pake sebelumnya. Untuk kedap jujur kuping ane sih gak nangkep jauh bedanya , tapi kalau di tol berasa sedikit lebih senyap.Tapi ane agak kurang yakin daya tahannya karena di tapaknya mulai banyak yang gompal dan kebaret dalem.Alur yang bentuk segitiga juga udah mulai samar. Pemakaian cuma sekitaran Gading Serpong - BSD aja selama dua bulan ini , baru 2-3 kali ke Jakarta.
untuk handling & grip waktu basah gimana Om rasanya?
:big_okay:
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

JukeJoken wrote: Sun Jan 17, 2021 9:39 Mau Sharing pengalaman Pake LM705 setelah 2 bulanan di Sienta. Bannya sedikit lebih empuk dari Ecopia yang ane pake sebelumnya. Untuk kedap jujur kuping ane sih gak nangkep jauh bedanya , tapi kalau di tol berasa sedikit lebih senyap.Tapi ane agak kurang yakin daya tahannya karena di tapaknya mulai banyak yang gompal dan kebaret dalem.Alur yang bentuk segitiga juga udah mulai samar. Pemakaian cuma sekitaran Gading Serpong - BSD aja selama dua bulan ini , baru 2-3 kali ke Jakarta.
Wow ... untung punya saya ga kek gitu nih.... lm705 lg pake di ban belakang aja, jalan 6000an KM kurleb dalam 4 bulan.
Image
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
selalu ban depan, ane jg sama. konon nih om ..... ban depan lebih cepet botak krn stress dikejar2 ban belakang melulu. tp untungnya ga pernah kena.

:mky_01:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Omnibus wrote: Thu Jan 21, 2021 5:43
selalu ban depan, ane jg sama. konon nih om ..... ban depan lebih cepet botak krn stress dikejar2 ban belakang melulu. tp untungnya ga pernah kena.

:mky_01:
Weh, masuk akal jg ya mbah penjelasan ilmiahnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
Tergantung mobil nya jg mbah

Dl saya ad isusu panter injeksyen, ban blakang nya malah sama cepet abisnya depan blakang
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Jan 21, 2021 5:43
sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
selalu ban depan, ane jg sama. konon nih om ..... ban depan lebih cepet botak krn stress dikejar2 ban belakang melulu. tp untungnya ga pernah kena.

:mky_01:
Kl cuman sekelas dueler HT mah cepet abis mbah

Minimal pirelli scorpion donk


#notepad ud siap
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

DOHC wrote: Thu Jan 21, 2021 5:57
Kl cuman sekelas dueler HT mah cepet abis mbah

Minimal pirelli scorpion donk


#notepad ud siap
Bilangnya mbah Omni mau ajak Fortie main lumpur pake Goodrich AT, mbah.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 6:00
DOHC wrote: Thu Jan 21, 2021 5:57
Kl cuman sekelas dueler HT mah cepet abis mbah

Minimal pirelli scorpion donk


#notepad ud siap
Bilangnya mbah Omni mau ajak Fortie main lumpur pake Goodrich AT, mbah.
Mungkin skalian beli 2 set mbah, trus beli 4 pelek OEM lg, mau ngelumpur ayo, transjawabahn ayo

Kangtaw banyak dia
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Thu Jan 21, 2021 6:22
sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 6:00
DOHC wrote: Thu Jan 21, 2021 5:57
Kl cuman sekelas dueler HT mah cepet abis mbah

Minimal pirelli scorpion donk


#notepad ud siap
Bilangnya mbah Omni mau ajak Fortie main lumpur pake Goodrich AT, mbah.
Mungkin skalian beli 2 set mbah, trus beli 4 pelek OEM lg, mau ngelumpur ayo, transjawabahn ayo

Kangtaw banyak dia
transjawabahn? wajib michi primacy suv itu .... :big_grin:

nunggu dueler bawaan pada botak dulu nih, ane udah sering2 rotasi biar pada stress tuh semua spy cepet botak. :big_weee:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
Di Innova saya jg ban depan yg pasti abis duluan Om, soalnya beban depan berat juga kan ada mesin, belom lg kerja nya ban depan itu lumayan berat, ngga cuma gelinding aja, tp gesekan jg kalo setir diputer
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

evanbngdor wrote: Thu Jan 21, 2021 7:29
sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
Di Innova saya jg ban depan yg pasti abis duluan Om, soalnya beban depan berat juga kan ada mesin, belom lg kerja nya ban depan itu lumayan berat, ngga cuma gelinding aja, tp gesekan jg kalo setir diputer
Oh, bukan karena stress dikejar ban belakang mulu om?

:big_slap:
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

chaprizone wrote: Thu Jan 21, 2021 4:44
JukeJoken wrote: Sun Jan 17, 2021 9:39 Mau Sharing pengalaman Pake LM705 setelah 2 bulanan di Sienta. Bannya sedikit lebih empuk dari Ecopia yang ane pake sebelumnya. Untuk kedap jujur kuping ane sih gak nangkep jauh bedanya , tapi kalau di tol berasa sedikit lebih senyap.Tapi ane agak kurang yakin daya tahannya karena di tapaknya mulai banyak yang gompal dan kebaret dalem.Alur yang bentuk segitiga juga udah mulai samar. Pemakaian cuma sekitaran Gading Serpong - BSD aja selama dua bulan ini , baru 2-3 kali ke Jakarta.
untuk handling & grip waktu basah gimana Om rasanya?
Kalau dibanding ecopia mending LM705 ini jauh. LM705 ini berasa lebih ngebuang air kalau saya ngehajar genangan pas ngebut di tol , setir juga tetep lurus. Untuk pindah pindah jalur pas hujan juga saya ngerasa ekor mobil lebih ngikut dan setir lebih sigap. Tapi tetep jauh enakan primacy 4 di xpander saya kalau pas ujan :mky_04:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Thu Jan 21, 2021 6:36
DOHC wrote: Thu Jan 21, 2021 6:22
sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 6:00

Bilangnya mbah Omni mau ajak Fortie main lumpur pake Goodrich AT, mbah.
Mungkin skalian beli 2 set mbah, trus beli 4 pelek OEM lg, mau ngelumpur ayo, transjawabahn ayo

Kangtaw banyak dia
transjawabahn? wajib michi primacy suv itu .... :big_grin:

nunggu dueler bawaan pada botak dulu nih, ane udah sering2 rotasi biar pada stress tuh semua spy cepet botak. :big_weee:
odo masi dibawah noban yah ??

yahhh kl dueler mahh masi lama banget dah botak nya, apalagi masi dibawah noban odo nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by azu »

JukeJoken wrote: Thu Jan 21, 2021 9:18
chaprizone wrote: Thu Jan 21, 2021 4:44
JukeJoken wrote: Sun Jan 17, 2021 9:39 Mau Sharing pengalaman Pake LM705 setelah 2 bulanan di Sienta. Bannya sedikit lebih empuk dari Ecopia yang ane pake sebelumnya. Untuk kedap jujur kuping ane sih gak nangkep jauh bedanya , tapi kalau di tol berasa sedikit lebih senyap.Tapi ane agak kurang yakin daya tahannya karena di tapaknya mulai banyak yang gompal dan kebaret dalem.Alur yang bentuk segitiga juga udah mulai samar. Pemakaian cuma sekitaran Gading Serpong - BSD aja selama dua bulan ini , baru 2-3 kali ke Jakarta.
untuk handling & grip waktu basah gimana Om rasanya?
Kalau dibanding ecopia mending LM705 ini jauh. LM705 ini berasa lebih ngebuang air kalau saya ngehajar genangan pas ngebut di tol , setir juga tetep lurus. Untuk pindah pindah jalur pas hujan juga saya ngerasa ekor mobil lebih ngikut dan setir lebih sigap. Tapi tetep jauh enakan primacy 4 di xpander saya kalau pas ujan :mky_04:
hahaha ini juga komen istri saya pas abis ganti ban dari Ecopiye ke LM 705

"yah sekarang kalau di tol ga cape soalnya setirnya lurus terus" (soalnya pas pake Ecopia kaya aga ngambang gripnya)
"yah enak ya sekarang parkir di tempat tanjakan ngga licin lagi" (soalnya pas pake Ecopia suka selip sampai bau karet kebakar)
"sekarang ga terlalu berisik ya kalo di tol"

padahal istri ga paham-paham banget tentang mobil :big_peace:

tapi kalo Primacy 4 beda kelas atuh oom :big_slap:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
Karena ban depan bebannya lebih berat om nopang mesin , belakang kan cenderung lebih ringan. Mungkin ya..
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by McLaren »

Sy hendak minta pendapat, mobil innova reborn, klo ditawarin velg ori copotan
Alphard 235/50 R18 Michel primacy
vs
Camry 235/45 R18 Bridges Turanza

Pilih mana ya?
Klo ukuran asli 205/65 R16 paling deket ukurannnya ama yg Camry si.
ApaKarya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Oct 17, 2018 17:04
Location: Banda Aceh
Daily Vehicle: E46

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ApaKarya »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 5:26 Kalau FWD kan ban depan lebih cepet abis, kalau RWD apa ban belakang lebih cepet abis?

Kok ane berapa x cek mobil RWD tetap ban depan yg cepet abis ya. Hahaha.
RWD kalau ga salah sih habisnya samaan depan belakang, karna tiap kali ngerem pasti ban depan yg kerjanya lebih banyak, cmiiw
ApaKarya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Oct 17, 2018 17:04
Location: Banda Aceh
Daily Vehicle: E46

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ApaKarya »

JukeJoken wrote: Thu Jan 21, 2021 9:18
chaprizone wrote: Thu Jan 21, 2021 4:44
JukeJoken wrote: Sun Jan 17, 2021 9:39 Mau Sharing pengalaman Pake LM705 setelah 2 bulanan di Sienta. Bannya sedikit lebih empuk dari Ecopia yang ane pake sebelumnya. Untuk kedap jujur kuping ane sih gak nangkep jauh bedanya , tapi kalau di tol berasa sedikit lebih senyap.Tapi ane agak kurang yakin daya tahannya karena di tapaknya mulai banyak yang gompal dan kebaret dalem.Alur yang bentuk segitiga juga udah mulai samar. Pemakaian cuma sekitaran Gading Serpong - BSD aja selama dua bulan ini , baru 2-3 kali ke Jakarta.
untuk handling & grip waktu basah gimana Om rasanya?
Kalau dibanding ecopia mending LM705 ini jauh. LM705 ini berasa lebih ngebuang air kalau saya ngehajar genangan pas ngebut di tol , setir juga tetep lurus. Untuk pindah pindah jalur pas hujan juga saya ngerasa ekor mobil lebih ngikut dan setir lebih sigap. Tapi tetep jauh enakan primacy 4 di xpander saya kalau pas ujan :mky_04:
Pr4 belinya brapa om? Saya kebetulan lagi milih2 kandidat buat ertiga ortu saya, tapi nyari ban agak bagusan di tempat saya susah euy. Jangankan primacy, turanza aja jarang ada yg nyetok :big_childish:
ApaKarya
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Oct 17, 2018 17:04
Location: Banda Aceh
Daily Vehicle: E46

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ApaKarya »

McLaren wrote: Thu Jan 21, 2021 15:34 Sy hendak minta pendapat, mobil innova reborn, klo ditawarin velg ori copotan
Alphard 235/50 R18 Michel primacy
vs
Camry 235/45 R18 Bridges Turanza

Pilih mana ya?
Klo ukuran asli 205/65 R16 paling deket ukurannnya ama yg Camry si.
Ngincer velgnya apa bannya om? :big_think:
Buat ipah kayaknya enakan profil 50 sih om, sukur2 dapat primacy 4 umur muda :big_exellent:
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Ane liat ada ban H/T (Dueler dll) sama SUV (Savero dll) apa bedanya ya?

Apa ban H/T kemampuan oprutnya masih lebih baik?

Kalau ga salah H/T 70% aspal 30% oprut kan?
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by evanbngdor »

sintoni wrote: Thu Jan 21, 2021 23:54 Ane liat ada ban H/T (Dueler dll) sama SUV (Savero dll) apa bedanya ya?

Apa ban H/T kemampuan oprutnya masih lebih baik?

Kalau ga salah H/T 70% aspal 30% oprut kan?
Sebenernya itu cuma penamaan aja sih untuk menunjang marketing, Tp H/T seharusnya lebih tahan disiksa dibanding yg embel2 nya SUV, karena biasa yg SUV itu cuma ban biasa dengan ukuran untuk kebanyakan crossover/SUV monokok yang beredar. Sedangkan H/T biasanya ukuran profilnya relatif banyak yg tebel2 untuk ladder frame SUV, tapak nya jg relatif lebih kasar
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5703
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

evanbngdor wrote: Fri Jan 22, 2021 1:44 Sebenernya itu cuma penamaan aja sih untuk menunjang marketing, Tp H/T seharusnya lebih tahan disiksa dibanding yg embel2 nya SUV, karena biasa yg SUV itu cuma ban biasa dengan ukuran untuk kebanyakan crossover/SUV monokok yang beredar. Sedangkan H/T biasanya ukuran profilnya relatif banyak yg tebel2 untuk ladder frame SUV, tapak nya jg relatif lebih kasar
Ane jg kepikiran kalau si H/T lebih heavy duty sih om. Haha.
farraaaassss
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Fri Oct 23, 2020 12:32
Location: Bandung
Daily Vehicle: Toyota Kijang Innova

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by farraaaassss »

numpang tanya om, kalo Dunlop LM704 apakah masih diproduksi barunya? atau sudah direplace sama LM705?
ane pake LM704, ada ban belakang 1 pcs sobek gara2 ngehajar trotoar.. mau ganti LM704 lagi tp takut dapet batch produksi lama :big_think:
penikmat triple elips warna hitam