Serba Serbi Ban Part 3

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

dervroom
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Aug 14, 2020 5:54

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dervroom »

Halo SM, mau tanya dong.

Ban bawaan mobil saya Bridgestone Turanza T005A 215/45/18. Bbrp hari lalu 1 kena musibah robek kena lubang di jalan malam2. Habis cari2 telpon2 ke puluhan toko ban, sepertinya ban ukuran ini sangat langka krn tidak ada satu pun yg punya, bahkan mau order pun ga ada yg bisa. SM punya sih, tp copotan bekas orang dan dijual dgn harga ga masuk akal. Dan pikir2 juga nanti kalo harus ganti lagi, bakal bingung lagi.

Kebanyakan toko rekomendasi ganti ke ukuran 225/45/18. Kira2 apakah cocok dgn velg bawaan saya (18x7 ET35)? Takut terlalu lebar nanti malah lebih mudah pecah.

Lalu apakah ada dampak buruk kalau pake ukuran beda depan dan belakang? Rasanya sayang kalo harus ganti 4 sekaligus pdahal masih bagus yg 3 lainnya (baru 3000an km)

Turanza T005A ngga keluarin ukuran 225/45/18, ada rekomendasi lain yg kira2 setara dgn itu? Saya cari yg empuk tidak berisik tapi juga ngga lemah, berhubung kondisi jalan kita yg you know lah. Baru ketemu Potenza RE003 di harga 1.3an yg sepertinya di atasnya Turanza, tapi ini lebih keras dan berisik dan umur lbh pendek krn seri performance, apa betul? Mohon rekomendasinya, ngga harus BS merk lain juga oke.

Trimakasih.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

Ada yang udah coba pake LM705 ? Itu ban emang selalu keliatan kurang angin ya ? Sienta saya pake 195 60 r16 , saya isi mau sampe 36 psi juga keliatannya kayak kurang angin.
akhirnya isi angin 33 psi , eh baru 6 bulanan tiba tiba dah ada benjol kecil.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

dervroom wrote: Fri Mar 26, 2021 3:16 Halo SM, mau tanya dong.

Ban bawaan mobil saya Bridgestone Turanza T005A 215/45/18. Bbrp hari lalu 1 kena musibah robek kena lubang di jalan malam2. Habis cari2 telpon2 ke puluhan toko ban, sepertinya ban ukuran ini sangat langka krn tidak ada satu pun yg punya, bahkan mau order pun ga ada yg bisa. SM punya sih, tp copotan bekas orang dan dijual dgn harga ga masuk akal. Dan pikir2 juga nanti kalo harus ganti lagi, bakal bingung lagi.

Kebanyakan toko rekomendasi ganti ke ukuran 225/45/18. Kira2 apakah cocok dgn velg bawaan saya (18x7 ET35)? Takut terlalu lebar nanti malah lebih mudah pecah.

Lalu apakah ada dampak buruk kalau pake ukuran beda depan dan belakang? Rasanya sayang kalo harus ganti 4 sekaligus pdahal masih bagus yg 3 lainnya (baru 3000an km)

Turanza T005A ngga keluarin ukuran 225/45/18, ada rekomendasi lain yg kira2 setara dgn itu? Saya cari yg empuk tidak berisik tapi juga ngga lemah, berhubung kondisi jalan kita yg you know lah. Baru ketemu Potenza RE003 di harga 1.3an yg sepertinya di atasnya Turanza, tapi ini lebih keras dan berisik dan umur lbh pendek krn seri performance, apa betul? Mohon rekomendasinya, ngga harus BS merk lain juga oke.

Trimakasih.
Mobilnya camry hybrid ya Om ? Ukuran segitu kalau gak salah sih Michelin punya deh.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15532
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ChZ »

btw mau sedikit review ban... baru aj ngelakuin beberapa refreshment ke toyota sienta nyokap... salah satunya ban.

jadi krn nyokap komplain betapa "keras" nya Sienta tipe V yang bannya amit-amit dikasih ukuran 195/50 sama ky mobil balap... lucu jg ngeliat ini mobil tiap tipe size ban tidak ada yang sama.

akhirnya diputuskan utk mengganti ukuran ban dengan size lebih tebal. patokan ukuran ban tipe Q (195/55/16).

pilihan awalnya dikasih hankook, falken, atau duo A (gak specify tipe apa yang jual, hanya sebut merk)... tp 2 pilihan pertama dicoret krn ternyata stok lama udah mau 3 taun. walaupun ane msh gak sreg juga ya bener sih ganti lebih tebal cuma kok harus duo A... cuma ya udahlah yang ngurusin bokap pake duit dia krn kalo pake duit ane pasti cari toko ban lain cari merk agak mendingan :big_biglaugh:

eh ternyata wkt sampe sana bokap ditawarin GoodYear Assurance Triplemax dengan harga yang mirip (krn doi lumayan cheapskate soal ban jd yakin doi mau beralih krn harganya mirip-mirip).

merk yang cukup kurang populer di sini belakangan falken malah lbh populer... tp surprisingly good. pertama ini bukan ban eco ecoan yang artinya performance tidak terkompromi, mgkn kalo di bridgestun ini setara turanza series (CMIIW).

bantingan sangat forgiving di jalan jelek, especially skrg kota semarang rasanya tiap ruas jalan makin banyak lobang pasca banjir besar 2 kali bulan lalu... yah kebantu jg profil lebih tebalnya. tp dengan perbandingan mits xpander dengan dunlop enash*t ... sienta jadi terasa jauh lebih pas dan dewasa bantingannya.

noise berkurang cukup signifikan dibanding dulu (bridgestone techno sports 195/50/16) ...

hanya dry gripnya sedikit kurang. yah ini MPV lagipula sienta udah cukup acceptable handlingnya...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dervroom
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Fri Aug 14, 2020 5:54

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dervroom »

JukeJoken wrote: Fri Mar 26, 2021 8:01
dervroom wrote: Fri Mar 26, 2021 3:16 Halo SM, mau tanya dong.

Ban bawaan mobil saya Bridgestone Turanza T005A 215/45/18. Bbrp hari lalu 1 kena musibah robek kena lubang di jalan malam2. Habis cari2 telpon2 ke puluhan toko ban, sepertinya ban ukuran ini sangat langka krn tidak ada satu pun yg punya, bahkan mau order pun ga ada yg bisa. SM punya sih, tp copotan bekas orang dan dijual dgn harga ga masuk akal. Dan pikir2 juga nanti kalo harus ganti lagi, bakal bingung lagi.

Kebanyakan toko rekomendasi ganti ke ukuran 225/45/18. Kira2 apakah cocok dgn velg bawaan saya (18x7 ET35)? Takut terlalu lebar nanti malah lebih mudah pecah.

Lalu apakah ada dampak buruk kalau pake ukuran beda depan dan belakang? Rasanya sayang kalo harus ganti 4 sekaligus pdahal masih bagus yg 3 lainnya (baru 3000an km)

Turanza T005A ngga keluarin ukuran 225/45/18, ada rekomendasi lain yg kira2 setara dgn itu? Saya cari yg empuk tidak berisik tapi juga ngga lemah, berhubung kondisi jalan kita yg you know lah. Baru ketemu Potenza RE003 di harga 1.3an yg sepertinya di atasnya Turanza, tapi ini lebih keras dan berisik dan umur lbh pendek krn seri performance, apa betul? Mohon rekomendasinya, ngga harus BS merk lain juga oke.

Trimakasih.
Mobilnya camry hybrid ya Om ? Ukuran segitu kalau gak salah sih Michelin punya deh.
Bukan om, Mazda3 nih.
Michelin harga di atas BS berarti yah? Saya mikirnya kalo beda kelir sendiri juga nggak bagus... nanti kalo kena musibah lagi juga bakal susah lagi cari gantinya... jadi kalo nggak dapet yg persis sama mending ganti ukuran yg lebih umum sekalian hehehe

Ada yg pengalaman pakai Dunlop Direzza DZ101? Reviewnya gimana yah? Saya liat itu dia kategorikan jadi ban performance tapi kok harga jauh di bawah ya, cuma 850rb an. Hampir separuhnya Potenza RE003.
JukeJoken
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 274
Joined: Sat Jan 09, 2016 8:03
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mitsubishi Xpander

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by JukeJoken »

dervroom wrote: Fri Mar 26, 2021 9:19
Bukan om, Mazda3 nih.
Michelin harga di atas BS berarti yah? Saya mikirnya kalo beda kelir sendiri juga nggak bagus... nanti kalo kena musibah lagi juga bakal susah lagi cari gantinya... jadi kalo nggak dapet yg persis sama mending ganti ukuran yg lebih umum sekalian hehehe

Ada yg pengalaman pakai Dunlop Direzza DZ101? Reviewnya gimana yah? Saya liat itu dia kategorikan jadi ban performance tapi kok harga jauh di bawah ya, cuma 850rb an. Hampir separuhnya Potenza RE003.
Mirip mirip sih sama T005 harganya Michelin Primacy 4. Nah kalau naik ke ukuran 225 50 R18 pilihannya banyak Om
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

ChZ wrote: Fri Mar 26, 2021 8:30 btw mau sedikit review ban... baru aj ngelakuin beberapa refreshment ke toyota sienta nyokap... salah satunya ban.

jadi krn nyokap komplain betapa "keras" nya Sienta tipe V yang bannya amit-amit dikasih ukuran 195/50 sama ky mobil balap... lucu jg ngeliat ini mobil tiap tipe size ban tidak ada yang sama.

akhirnya diputuskan utk mengganti ukuran ban dengan size lebih tebal. patokan ukuran ban tipe Q (195/55/16).

pilihan awalnya dikasih hankook, falken, atau duo A (gak specify tipe apa yang jual, hanya sebut merk)... tp 2 pilihan pertama dicoret krn ternyata stok lama udah mau 3 taun. walaupun ane msh gak sreg juga ya bener sih ganti lebih tebal cuma kok harus duo A... cuma ya udahlah yang ngurusin bokap pake duit dia krn kalo pake duit ane pasti cari toko ban lain cari merk agak mendingan :big_biglaugh:

eh ternyata wkt sampe sana bokap ditawarin GoodYear Assurance Triplemax dengan harga yang mirip (krn doi lumayan cheapskate soal ban jd yakin doi mau beralih krn harganya mirip-mirip).

merk yang cukup kurang populer di sini belakangan falken malah lbh populer... tp surprisingly good. pertama ini bukan ban eco ecoan yang artinya performance tidak terkompromi, mgkn kalo di bridgestun ini setara turanza series (CMIIW).

bantingan sangat forgiving di jalan jelek, especially skrg kota semarang rasanya tiap ruas jalan makin banyak lobang pasca banjir besar 2 kali bulan lalu... yah kebantu jg profil lebih tebalnya. tp dengan perbandingan mits xpander dengan dunlop enash*t ... sienta jadi terasa jauh lebih pas dan dewasa bantingannya.

noise berkurang cukup signifikan dibanding dulu (bridgestone techno sports 195/50/16) ...

hanya dry gripnya sedikit kurang. yah ini MPV lagipula sienta udah cukup acceptable handlingnya...
si goodyear asuransi itu agak keras loh tapak nya mods

d inofa kantor saya dulu sempet pake itu, gilee, kl dipake jalan bunyi nya ckup brisik, tapi lmayan awet, 80an rebu baru diganti, itu pun masi nyisa circa 1 mili kembang nya

btw kayanya si asuransi ini jg masi masuk kelas eko2 nya si goodyear deh :big_think:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
hackers11
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 692
Joined: Tue Nov 24, 2015 5:53

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by hackers11 »

DOHC wrote:
ChZ wrote: Fri Mar 26, 2021 8:30 btw mau sedikit review ban... baru aj ngelakuin beberapa refreshment ke toyota sienta nyokap... salah satunya ban.

jadi krn nyokap komplain betapa "keras" nya Sienta tipe V yang bannya amit-amit dikasih ukuran 195/50 sama ky mobil balap... lucu jg ngeliat ini mobil tiap tipe size ban tidak ada yang sama.

akhirnya diputuskan utk mengganti ukuran ban dengan size lebih tebal. patokan ukuran ban tipe Q (195/55/16).

pilihan awalnya dikasih hankook, falken, atau duo A (gak specify tipe apa yang jual, hanya sebut merk)... tp 2 pilihan pertama dicoret krn ternyata stok lama udah mau 3 taun. walaupun ane msh gak sreg juga ya bener sih ganti lebih tebal cuma kok harus duo A... cuma ya udahlah yang ngurusin bokap pake duit dia krn kalo pake duit ane pasti cari toko ban lain cari merk agak mendingan :big_biglaugh:

eh ternyata wkt sampe sana bokap ditawarin GoodYear Assurance Triplemax dengan harga yang mirip (krn doi lumayan cheapskate soal ban jd yakin doi mau beralih krn harganya mirip-mirip).

merk yang cukup kurang populer di sini belakangan falken malah lbh populer... tp surprisingly good. pertama ini bukan ban eco ecoan yang artinya performance tidak terkompromi, mgkn kalo di bridgestun ini setara turanza series (CMIIW).

bantingan sangat forgiving di jalan jelek, especially skrg kota semarang rasanya tiap ruas jalan makin banyak lobang pasca banjir besar 2 kali bulan lalu... yah kebantu jg profil lebih tebalnya. tp dengan perbandingan mits xpander dengan dunlop enash*t ... sienta jadi terasa jauh lebih pas dan dewasa bantingannya.

noise berkurang cukup signifikan dibanding dulu (bridgestone techno sports 195/50/16) ...

hanya dry gripnya sedikit kurang. yah ini MPV lagipula sienta udah cukup acceptable handlingnya...
si goodyear asuransi itu agak keras loh tapak nya mods

d inofa kantor saya dulu sempet pake itu, gilee, kl dipake jalan bunyi nya ckup brisik, tapi lmayan awet, 80an rebu baru diganti, itu pun masi nyisa circa 1 mili kembang nya

btw kayanya si asuransi ini jg masi masuk kelas eko2 nya si goodyear deh :big_think:
Nambahin komen bwt goodyear assurance. Saya setuju bgt. Grip basah rasanya kok bagus bgt. Pas dry biasa aja.
Berisik iya bgt. Beda material aspal bunyinya wah gile. Udah pasang peredam masih aja ga ilang2.
Cuma liat harganya di tokped yg 800rban, sayang kal9 ganti di km under 5rb.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15532
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by ChZ »

hackers11 wrote: Fri Mar 26, 2021 12:06
DOHC wrote: si goodyear asuransi itu agak keras loh tapak nya mods

d inofa kantor saya dulu sempet pake itu, gilee, kl dipake jalan bunyi nya ckup brisik, tapi lmayan awet, 80an rebu baru diganti, itu pun masi nyisa circa 1 mili kembang nya

btw kayanya si asuransi ini jg masi masuk kelas eko2 nya si goodyear deh :big_think:
Nambahin komen bwt goodyear assurance. Saya setuju bgt. Grip basah rasanya kok bagus bgt. Pas dry biasa aja.
Berisik iya bgt. Beda material aspal bunyinya wah gile. Udah pasang peredam masih aja ga ilang2.
Cuma liat harganya di tokped yg 800rban, sayang kal9 ganti di km under 5rb.
Klo liat pola tapaknya kyknya bukan seri eko ekoan... model kembangannya lebar lebar. Gatau yahh. Yg eko ekoan ada 1 lg assurance fuel max. Mgkn yang tapaknya keras yang fuel max mbah, macem enash1t gitu lah.

Ada lg assurance triplemax2. Kurang ngerti bedanya lineup goodyear. Taunya assurance ama eagle... Eagle aja ada NCT ama F1 :mky_01:

Beda ama bs kalo eko ekoan pasti ekopeyang, comfort turanza, performance potenza.

Mengenai wet grip brarti sesuai marketingnya yah. Mereka kan promosi teknologi hydro apa gitu
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
dori2802
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 253
Joined: Fri Mar 11, 2016 3:15

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by dori2802 »

dori2802 wrote: Mon Mar 15, 2021 3:52 update
akhirnya beli Turanza 195 60R16 utk menggantikan ecopia yg sobek. Toko ban dekat rumah hanya ready stok turanza,ecopia, ec300. kalau mau Xm2 harus pesan dl dan harga selisih 70rb lebih mahal vs turanza (1050rb), harga ecopia 850rb
beli Sabtu jam 11 siang, jam 2 siang langsung bawa transjawabahn Cikupa - Pemalang
pasang 2 pcs di depan, ban belakang masih bawaan (Ecopia tahun 2016). di Tol Cipali-Brebes timur hujan deras.
kecepatan di transjawa 100-130 km/jam. pas hujan deras tetap 100km/jam ke atas.
mobil C26 2016

Plus :
- handling mantap, minim aqua planing, jadi Pede aja bawa agak kencang di kondisi hujan
- termasuk empuk seperti karakter Xm2

Minus :
- menurut saya masih sedikit lebih berisik vs XM2. terutama saat lewat jalan beton dalam kecepatan tinggi. ane pakai XM2 sebelumnya di Innova dan sienta.
- Bentukan ban pas dipakai dimobil, ga enak dilihat terutama yg menyentuh aspal, terkesan kempes. agak mirip XM2, tapi menurut ane lebih parah turanza sedikit. malah lebih enak dilihat yg ecopia (dengan tekanan ban yg sama 35psi)
Update...
Setelah pakai bbrp kali. Turanza 195/60R16 ini menurut kuping std saya tidak lebih senyap dibanding ecopia. Malah menurut saya lebih senyap ecopia sedikit. Bentukan juga ga asik. Tekanan ban udah 36 tapi masih kayak kempes aja..lebih enak dilihat yg Eco. Lebih empuk jg sepertinya sama spt eco, mgkn karena mobilnya C26 jadi ga terasa perbedaan empuknya.
Semoga dinding lebih bagus vs ecopia dan lebih awet.
Kesimpulan secara pemakaian hasil upgrade ecopia ke Turanza kurang greget. Semoga ada harga ada rupa (lebih kuat dan lebih awet dari Eco)..
Mazda FE 1998 - D13B4 - 3SZ-VE - 1TR-FE - 2NR-FE - MR20DD - 2GD-FTV - R80
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Valach »

suhu minta tolong saya mau tanya... saya punya ban merknya Bridgestone Dueler HT D684 265/60 R18 110H kebetulan itu ban ANPS bawaan beres.. yang saya mau tanyakan kuat berapa Psi ban tsb? dan lagi apa kekurangan jika menaikkan tekanan angin ban diatas anjuran beres tapi masih dalam range aman...

saya ucapkan matur tengkyu suhu
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Valach wrote: Sun Mar 28, 2021 14:01 suhu minta tolong saya mau tanya... saya punya ban merknya Bridgestone Dueler HT D684 265/60 R18 110H kebetulan itu ban ANPS bawaan beres.. yang saya mau tanyakan kuat berapa Psi ban tsb? dan lagi apa kekurangan jika menaikkan tekanan angin ban diatas anjuran beres tapi masih dalam range aman...

saya ucapkan matur tengkyu suhu
Ngapain mau dipompa kencang2 om?

Emang mau beban super berat?

Kenapa ga ikutin petunjuk di pintu pengemudi?
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Valach »

sintoni wrote: Sun Mar 28, 2021 14:46
Valach wrote: Sun Mar 28, 2021 14:01 suhu minta tolong saya mau tanya... saya punya ban merknya Bridgestone Dueler HT D684 265/60 R18 110H kebetulan itu ban ANPS bawaan beres.. yang saya mau tanyakan kuat berapa Psi ban tsb? dan lagi apa kekurangan jika menaikkan tekanan angin ban diatas anjuran beres tapi masih dalam range aman...

saya ucapkan matur tengkyu suhu
Ngapain mau dipompa kencang2 om?

Emang mau beban super berat?

Kenapa ga ikutin petunjuk di pintu pengemudi?
Terakhir saya keluar kota kata suhu dimari kalo keluar kota bagusan dinaikin dinaikin sedikit tekanannya..

Dan setelah saya naikin tekanannya jadi lebih enak rasa berkendaranya tarikan jadi lebih enteng tapi gripnya sepertinya kurang gigut heheheh
Mkresnap
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 260
Joined: Mon Dec 04, 2017 13:57

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Mkresnap »

Suhu suhu mau tanya, untuk ban standar mazda kan 185/60 r16, kalau diganti ke 195/55 r16 kan turun 7mm overall diameter, kira kira pembacaan odo sama speednya ikutan error nggak ya? :big_childish:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

Mkresnap wrote: Sun Mar 28, 2021 22:57 Suhu suhu mau tanya, untuk ban standar mazda kan 185/60 r16, kalau diganti ke 195/55 r16 kan turun 7mm overall diameter, kira kira pembacaan odo sama speednya ikutan error nggak ya? :big_childish:
klo diameter totalnya berubah, ya pasti ada perbedaan.
klo di mobil om, bedanya dikit ajah.

ini calculatornya https://tiresize.com/speedometer-calibration/
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

Valach wrote: Sun Mar 28, 2021 22:49
sintoni wrote: Sun Mar 28, 2021 14:46
Valach wrote: Sun Mar 28, 2021 14:01 suhu minta tolong saya mau tanya... saya punya ban merknya Bridgestone Dueler HT D684 265/60 R18 110H kebetulan itu ban ANPS bawaan beres.. yang saya mau tanyakan kuat berapa Psi ban tsb? dan lagi apa kekurangan jika menaikkan tekanan angin ban diatas anjuran beres tapi masih dalam range aman...

saya ucapkan matur tengkyu suhu
Ngapain mau dipompa kencang2 om?

Emang mau beban super berat?

Kenapa ga ikutin petunjuk di pintu pengemudi?
Terakhir saya keluar kota kata suhu dimari kalo keluar kota bagusan dinaikin dinaikin sedikit tekanannya..

Dan setelah saya naikin tekanannya jadi lebih enak rasa berkendaranya tarikan jadi lebih enteng tapi gripnya sepertinya kurang gigut heheheh
Ya naikin 2-3 psi dari biasa aja sudah cukup.

Kalau mau ukur pas dingin pagi hari, atau baru jalan 1-2 km aja.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

klo masih pompa ban pakai air compressor, hati2,
dulu pengalaman saya:
- klo panas, apalagi jalan di tol, udaranya bisa berbunga, naik 10-20% dari tekanan awal
- cukup banyak mengandung uap air (krn humidity di RI 70-an %) setelah dipakai
- ketika tekanan mulai berkurang, akrena pemakaian, tekanan ban nya gak rata

paling bagus emang pompa nitro yg ada di spbu,
sebetulnya pk kompresor juga, tapi karena ada perangkat oksigen trap, jadi kandungan airnya minim.
sehingga tekanan nya jg stabil, gak naik klo lg jalan di tol suhu panas.
+ ketika tekanan berkurang karena pemakaian, semua ban sama psi nya, mantap.

yg bahaya klo naikin tekanan dari std, & masih pakai pompa kompresor biasa, resiko tinggi :mky_03:

pabrikan mengatur tekanan standard, karena untuk antisipasi,
jika ada user yg isi pakai pompa kompresor biasa, jadi range naik tekanannya masih di rentang 10-20 %
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11006
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by marmut »

Valach wrote: Sun Mar 28, 2021 14:01 suhu minta tolong saya mau tanya... saya punya ban merknya Bridgestone Dueler HT D684 265/60 R18 110H kebetulan itu ban ANPS bawaan beres.. yang saya mau tanyakan kuat berapa Psi ban tsb? dan lagi apa kekurangan jika menaikkan tekanan angin ban diatas anjuran beres tapi masih dalam range aman...

saya ucapkan matur tengkyu suhu

coba jongkok disamping ban sebentar, cari tulisan maximum press. di dinding ban. kalo ngga ada, nanti saya kasih tau.
User avatar
riizv89
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 175
Joined: Wed Apr 12, 2017 5:52
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Tokinov

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by riizv89 »

Suryaputra wrote:klo masih pompa ban pakai air compressor, hati2,
dulu pengalaman saya:
- klo panas, apalagi jalan di tol, udaranya bisa berbunga, naik 10-20% dari tekanan awal
- cukup banyak mengandung uap air (krn humidity di RI 70-an %) setelah dipakai
- ketika tekanan mulai berkurang, akrena pemakaian, tekanan ban nya gak rata

paling bagus emang pompa nitro yg ada di spbu,
sebetulnya pk kompresor juga, tapi karena ada perangkat oksigen trap, jadi kandungan airnya minim.
sehingga tekanan nya jg stabil, gak naik klo lg jalan di tol suhu panas.
+ ketika tekanan berkurang karena pemakaian, semua ban sama psi nya, mantap.

yg bahaya klo naikin tekanan dari std, & masih pakai pompa kompresor biasa, resiko tinggi :mky_03:

pabrikan mengatur tekanan standard, karena untuk antisipasi,
jika ada user yg isi pakai pompa kompresor biasa, jadi range naik tekanannya masih di rentang 10-20 %
Om, klo saya pakai pompa injek begini buat isi angin dan diukur pakai pressure gauge model pencetan.. tiap 2/3 hari dilakukan pagi hari jika pressure gauge menunjukkan tekanan psi nya turun..
Apakah ada uap air juga, sebab saya amati relatif stabil tekanan di ban.. mungkin ada selisih jika lebih dari 3 minggu.. baru saya isi angin..
Screenshot_20210329-091356_Samsung%20Internet.jpg
Screenshot_20210329-092022_Samsung%20Internet.jpg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by josomba »

marmut wrote: Mon Mar 29, 2021 2:10
coba jongkok disamping ban sebentar, cari tulisan maximum press. di dinding ban. kalo ngga ada, nanti saya kasih tau.
Saya ikutan deh sambil bawah kuas + minyak tanah





*Mental Doorsmeer*
:ngacir: :ngacir:
Image
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9625
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Suryaputra »

riizv89 wrote: Mon Mar 29, 2021 2:20
Suryaputra wrote:klo masih pompa ban pakai air compressor, hati2,
dulu pengalaman saya:
- klo panas, apalagi jalan di tol, udaranya bisa berbunga, naik 10-20% dari tekanan awal
- cukup banyak mengandung uap air (krn humidity di RI 70-an %) setelah dipakai
- ketika tekanan mulai berkurang, akrena pemakaian, tekanan ban nya gak rata

paling bagus emang pompa nitro yg ada di spbu,
sebetulnya pk kompresor juga, tapi karena ada perangkat oksigen trap, jadi kandungan airnya minim.
sehingga tekanan nya jg stabil, gak naik klo lg jalan di tol suhu panas.
+ ketika tekanan berkurang karena pemakaian, semua ban sama psi nya, mantap.

yg bahaya klo naikin tekanan dari std, & masih pakai pompa kompresor biasa, resiko tinggi :mky_03:

pabrikan mengatur tekanan standard, karena untuk antisipasi,
jika ada user yg isi pakai pompa kompresor biasa, jadi range naik tekanannya masih di rentang 10-20 %
Om, klo saya pakai pompa injek begini buat isi angin dan diukur pakai pressure gauge model pencetan.. tiap 2/3 hari dilakukan pagi hari jika pressure gauge menunjukkan tekanan psi nya turun..
Apakah ada uap air juga, sebab saya amati relatif stabil tekanan di ban.. mungkin ada selisih jika lebih dari 3 minggu.. baru saya isi angin..

Screenshot_20210329-091356_Samsung%20Internet.jpgScreenshot_20210329-092022_Samsung%20Internet.jpg
dengan tingkat kelembaban udara >70% udh pasti mengandung uap air.

coba ajah, rasain di tangan ketika ngeluarin udara dr ban.
klo berasa adem semriwing, itu uap airnya tinggi.
tapi klo terasa anget dan kering, udh aman (nitro karakternya spt ini)

untuk kebutuhan darurat is ok.
klo buat jangka panjang atau sering nge-toll, better pakai nitro, krn di alatnya dipasang water trap, jd hasil udara yg dicompressed udh minim uap air.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by DOHC »

josomba wrote: Mon Mar 29, 2021 2:23
marmut wrote: Mon Mar 29, 2021 2:10
coba jongkok disamping ban sebentar, cari tulisan maximum press. di dinding ban. kalo ngga ada, nanti saya kasih tau.
Saya ikutan deh sambil bawah kuas + minyak tanah


*Mental Doorsmeer*
:ngacir: :ngacir:
Mitan mahal

Mending pake solar sliter di aduk ama kiwi poles spatu

Biasa kta2 d asemregez bgt
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
xohovos
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Mar 30, 2021 9:40

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by xohovos »

Halo semua, mau mnt Saran Ban untuk Sonet donk ukuran 215/60 R16, Soalnya rasanya keras bgt nih ban APOLLO..

Budget sekitar 800/ban

terimakasih
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5687
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by sintoni »

xohovos wrote: Tue Mar 30, 2021 9:45 Halo semua, mau mnt Saran Ban untuk Sonet donk ukuran 215/60 R16, Soalnya rasanya keras bgt nih ban APOLLO..

Budget sekitar 800/ban

terimakasih
Dunlop LM705?
Valach
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Wed Mar 03, 2021 4:51
Location: Jawa tengah
Daily Vehicle: Dakkar 2019

Re: Serba Serbi Ban Part 3

Post by Valach »

marmut wrote: Mon Mar 29, 2021 2:10
Valach wrote: Sun Mar 28, 2021 14:01 suhu minta tolong saya mau tanya... saya punya ban merknya Bridgestone Dueler HT D684 265/60 R18 110H kebetulan itu ban ANPS bawaan beres.. yang saya mau tanyakan kuat berapa Psi ban tsb? dan lagi apa kekurangan jika menaikkan tekanan angin ban diatas anjuran beres tapi masih dalam range aman...

saya ucapkan matur tengkyu suhu

coba jongkok disamping ban sebentar, cari tulisan maximum press. di dinding ban. kalo ngga ada, nanti saya kasih tau.
saya liat kalo gak salah ya 40 psi om... tapi bener gak ya? bisa kuat mpe 40 psi serem om