Aki Ampere VS CCA

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Aki Ampere VS CCA

Post by Profith83 »

Pengalaman check aki di bengkel resmi.
Aki Innova reborn diesel setelah 2 thn 4 bulan akhirnya saya ganti karena starter semakin lama semakin panjang. Ganti di Jan 2020

Krologinya:
2019 April CCA masih 380. Kalau beli baru gak salah type aki ORI nya Innova Maintenance Free CC aslinya 490.
2019 December test CCA sudah 190.

Infonya orang yg pernah test CCA hasil 190, tidak sampai 2 minggu kemudian mobil tidak bisa start

Pertanyaannya :
Aki ori Innova kan GS LN3, 65 Ampere CCA 490
Saya ganti dengan Aki GS 580-24C, 80 Ampere CCA …. (tidak ada datanya)

Nah kira kira lebih kuat mana? secara kasat mata jelas kuat yang 80 ampere.
Tapi untuk starter harus CCA gede … minim CCA 190
Apakah dengan 80 Ampere CCA nya gak gampang drop dibanding 65 Ampere ?
bakal
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 56
Joined: Mon Dec 07, 2015 8:45

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by bakal »

Profith83 wrote: Thu Jan 23, 2020 4:14 Pengalaman check aki di bengkel resmi.
Aki Innova reborn diesel setelah 2 thn 4 bulan akhirnya saya ganti karena starter semakin lama semakin panjang. Ganti di Jan 2020

Krologinya:
2019 April CCA masih 380. Kalau beli baru gak salah type aki ORI nya Innova Maintenance Free CC aslinya 490.
2019 December test CCA sudah 190.

Infonya orang yg pernah test CCA hasil 190, tidak sampai 2 minggu kemudian mobil tidak bisa start

Pertanyaannya :
Aki ori Innova kan GS LN3, 65 Ampere CCA 490
Saya ganti dengan Aki GS 580-24C, 80 Ampere CCA …. (tidak ada datanya)

Nah kira kira lebih kuat mana? secara kasat mata jelas kuat yang 80 ampere.
Tapi untuk starter harus CCA gede … minim CCA 190
Apakah dengan 80 Ampere CCA nya gak gampang drop dibanding 65 Ampere ?
Menyimak, problemnya sama.
Setelah 3 tahun tanda2 ketekoran aki mulai nampak. Kalo start pagi agak berat
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by MSU »

pendapat nubie ya om...rasa-nya pake yg 80A ga usah kuatir ttg CCA
gampang drop atau tidak..susah tau-nya..paling ngga aki itu harusnya ga bakal mati dalam 1 thn kan
cuma kebiasaan sy supaya aki ga cpt mati :
- ga banyak on off mesin, kalo cuma nunggu sbntr mending idle aja dah
- air-nya dijaga & ga pake aksesoris apapun...std aja
- aki selalu pake tipe basah, baru diisi air waktu mau dipasang
- untuk resep keempat masih kontroversial, sy kasi paracetamol pas umur aki >2thn..separo tablet per cell setiap 2 bulan
dengan resep di atas...di kuda diesel aki diganti pas 5thn, di kijang efi 4thn, masing2 pas diganti belum mati, masih bisa stater..cm sy ganti krn hindari repot cari2 jumper aja
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by supriyadi »

Kata penjual aki ditempat saya, kalo aki basah setelah dituang air aki jangan langsung dipake. Diamkan agak 24 jam baru dipasang. Dilivina saya yang terkenal rakus aki udsh bertahan 2 thn 3 bulan belum ada tanda2 aki drop
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by albertusac »

Profith83 wrote: Thu Jan 23, 2020 4:14 Pengalaman check aki di bengkel resmi.
Aki Innova reborn diesel setelah 2 thn 4 bulan akhirnya saya ganti karena starter semakin lama semakin panjang. Ganti di Jan 2020

Krologinya:
2019 April CCA masih 380. Kalau beli baru gak salah type aki ORI nya Innova Maintenance Free CC aslinya 490.
2019 December test CCA sudah 190.

Infonya orang yg pernah test CCA hasil 190, tidak sampai 2 minggu kemudian mobil tidak bisa start

Pertanyaannya :
Aki ori Innova kan GS LN3, 65 Ampere CCA 490
Saya ganti dengan Aki GS 580-24C, 80 Ampere CCA …. (tidak ada datanya)

Nah kira kira lebih kuat mana? secara kasat mata jelas kuat yang 80 ampere.
Tapi untuk starter harus CCA gede … minim CCA 190
Apakah dengan 80 Ampere CCA nya gak gampang drop dibanding 65 Ampere ?
setahu saya 580-24c aki basah ya? cca nya kecil kayaknya.
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 156
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by mkamil »

GS 580-24C tidak dapat informasi nilai CCA nya sih di internet , tapi kalau merk lain yang kayaknya satu group (Astra) yaitu INCOE baterai basah dengan tipe yang sama (580-24C) nilai CCA nya 300. Jadi nilai CCA nya cukup lah ya.
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by jakanjc »

Kalo saya sih ganti aki jarang perhatiin ccanya, karena info dari toko langganan aki cca besar itu dibutuhkan apabila mobil sering start/stop engine atau mobil yang punya fitur istop. Saya sih kalau ganti aki cari yang dimensinya sama dan ampere nya minimal sama dengan bawaan std.
Btw saya pake ANKI diesel juga seumuran om (bulan 11 2017) sampe sekarang oke dan gaada tanda2 tekor. Terakhir 2 minggu yll cek aki saat service berkala di beres semua masih oke, saya gatau juga aki bawaan ANKI di mobil saya aki basah/bukan.😅
Tips dari saya sih biar aki awet:
1. Sebelum matiin mesin, biarkan dulu idle 45 detik-1 menit agar alternator terisi full dan katanya ini juga memperawet turbo, makannya ada yg mobil turbonya dikasih turbo timer
2. Sebelum matiin mesin, ac dan audio selalu dimatikan. Begitu juga saat menghidupkan mesin , ac selalu dalam keadaan mati agar tidak perlu daya listrik yang lebih berat saat start mesin. Ini juga dapat memperpanjang umur kompresor ac mobil.
3. Sebelum matiin mesin, pastikan lampu2 kabin&lampu luar selalu sudah dalam kondisi off.
Alhamdulillah sih, selama jalanin 3 point diatas mobil2 saya akinya awet2(paling cepet tekor 3 tahun 3 bulan), mudah2an ANKI saya juga awet.
'You can go fast, But I can go anywhere'
albertusac
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 89
Joined: Mon Feb 26, 2018 22:50
Daily Vehicle: RU1

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by albertusac »

mkamil wrote: Thu Jan 23, 2020 8:48 GS 580-24C tidak dapat informasi nilai CCA nya sih di internet , tapi kalau merk lain yang kayaknya satu group (Astra) yaitu INCOE baterai basah dengan tipe yang sama (580-24C) nilai CCA nya 300. Jadi nilai CCA nya cukup lah ya.
tapi 300 itu kecil sekali.. mobil saya yg jg sama2 pakai 580-24 kalo cca udah di bawah 300 udah berat starternya.
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Profith83 »

jakanjc wrote: Thu Jan 23, 2020 9:00 Kalo saya sih ganti aki jarang perhatiin ccanya, karena info dari toko langganan aki cca besar itu dibutuhkan apabila mobil sering start/stop engine atau mobil yang punya fitur istop. Saya sih kalau ganti aki cari yang dimensinya sama dan ampere nya minimal sama dengan bawaan std.
Btw saya pake ANKI diesel juga seumuran om (bulan 11 2017) sampe sekarang oke dan gaada tanda2 tekor. Terakhir 2 minggu yll cek aki saat service berkala di beres semua masih oke, saya gatau juga aki bawaan ANKI di mobil saya aki basah/bukan.😅
Tips dari saya sih biar aki awet:
1. Sebelum matiin mesin, biarkan dulu idle 45 detik-1 menit agar alternator terisi full dan katanya ini juga memperawet turbo, makannya ada yg mobil turbonya dikasih turbo timer
2. Sebelum matiin mesin, ac dan audio selalu dimatikan. Begitu juga saat menghidupkan mesin , ac selalu dalam keadaan mati agar tidak perlu daya listrik yang lebih berat saat start mesin. Ini juga dapat memperpanjang umur kompresor ac mobil.
3. Sebelum matiin mesin, pastikan lampu2 kabin&lampu luar selalu sudah dalam kondisi off.
Alhamdulillah sih, selama jalanin 3 point diatas mobil2 saya akinya awet2(paling cepet tekor 3 tahun 3 bulan), mudah2an ANKI saya juga awet.
Punya saya Innova Agustus 2017 diesel matic. Tapi karena CCA sudah tinggal 190 dan starter semakin berat jadinya takut kalau pas mati di jalan malah ribet. Check di S&D juga sudah harus ganti katanya, gak lama.

Nah akhirnya saya beli yang 580-24C aki basah 80 ampere
jakanjc
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 394
Joined: Tue May 20, 2014 11:41

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by jakanjc »

Profith83 wrote: Thu Jan 23, 2020 9:51
jakanjc wrote: Thu Jan 23, 2020 9:00 Kalo saya sih ganti aki jarang perhatiin ccanya, karena info dari toko langganan aki cca besar itu dibutuhkan apabila mobil sering start/stop engine atau mobil yang punya fitur istop. Saya sih kalau ganti aki cari yang dimensinya sama dan ampere nya minimal sama dengan bawaan std.
Btw saya pake ANKI diesel juga seumuran om (bulan 11 2017) sampe sekarang oke dan gaada tanda2 tekor. Terakhir 2 minggu yll cek aki saat service berkala di beres semua masih oke, saya gatau juga aki bawaan ANKI di mobil saya aki basah/bukan.😅
Tips dari saya sih biar aki awet:
1. Sebelum matiin mesin, biarkan dulu idle 45 detik-1 menit agar alternator terisi full dan katanya ini juga memperawet turbo, makannya ada yg mobil turbonya dikasih turbo timer
2. Sebelum matiin mesin, ac dan audio selalu dimatikan. Begitu juga saat menghidupkan mesin , ac selalu dalam keadaan mati agar tidak perlu daya listrik yang lebih berat saat start mesin. Ini juga dapat memperpanjang umur kompresor ac mobil.
3. Sebelum matiin mesin, pastikan lampu2 kabin&lampu luar selalu sudah dalam kondisi off.
Alhamdulillah sih, selama jalanin 3 point diatas mobil2 saya akinya awet2(paling cepet tekor 3 tahun 3 bulan), mudah2an ANKI saya juga awet.
Punya saya Innova Agustus 2017 diesel matic. Tapi karena CCA sudah tinggal 190 dan starter semakin berat jadinya takut kalau pas mati di jalan malah ribet. Check di S&D juga sudah harus ganti katanya, gak lama.

Nah akhirnya saya beli yang 580-24C aki basah 80 ampere
GS ya om? Kena berapa kl boleh tau?
Saya sih udah cari2 info aki ANKI yg oke dari komunitas lapak sebelah pada pake aki kering Amaron katanya oke. Cuman gatau jugaya, seumur hidup saya baru ganti aki mobil2 sy 2x pake delkor.. Yang lainnya alhamdulillah sampe dijual masih sehat akinya😁
'You can go fast, But I can go anywhere'
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by DOHC »

Resep aki biar awet yah jgn ampe kepanasan

Apalagi buat mobil2 dgn mesin panas macam L15, HR nya batu makam, plus enjin bay imut2.. umurnya susah panjang

Atau kl ga beliin sarung aki, lipindut aj trakir2 dipakein
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by marmut »

DOHC wrote: Thu Jan 23, 2020 11:03 Resep aki biar awet yah jgn ampe kepanasan

Apalagi buat mobil2 dgn mesin panas macam L15, HR nya batu makam, plus enjin bay imut2.. umurnya susah panjang

Atau kl ga beliin sarung aki, lipindut aj trakir2 dipakein

pasang kulkas di mobil trus akinya masukin kulkas boleh mbah? sekalian buat bikin es mambo....



:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Omnibus »

hmmm ada bagusnya jg ala jerman aki ditaruh di bagasi ya. panas ga kepanasan, winter ga kedinginan. selain bobot jd merata.
thestoneroses
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 541
Joined: Thu Jan 22, 2015 11:45
Location: +62 / +65

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by thestoneroses »

Omnibus wrote: Thu Jan 23, 2020 13:02 hmmm ada bagusnya jg ala jerman aki ditaruh di bagasi ya. panas ga kepanasan, winter ga kedinginan. selain bobot jd merata.
sy pakai varta, Oktober 2015, sampai Januari 2020 masih hidup, di S320 aki di bagasi mobil dipake; bahkan periode jan-jul 2019 malah diabuse, lumayan awet juga
Ron Asheton Forever
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by sm4 »

DOHC wrote: Thu Jan 23, 2020 11:03 Resep aki biar awet yah jgn ampe kepanasan

Apalagi buat mobil2 dgn mesin panas macam L15, HR nya batu makam, plus enjin bay imut2.. umurnya susah panjang

Atau kl ga beliin sarung aki, lipindut aj trakir2 dipakein
GNA dah ada bawaan sarung plus spons sekitar nya gitu..entah dari TAM apa dari dealer (Nasmoco).

Sekarang umur 3 tahun 4 bulan. Aki masi tokcer. Terakhir cek beres awal bulan ini. SA klaim itu karena perawatan di mereka (entah bener entah engga). Saya nda pernah nge cek aki, di cek ya 6 bulanan pas service rutin aja :big_biglaugh:

mungkin pas dapat aki bagus. :big_peace:

cuma sekarang dah siap2 simpan nomor SnD terdekat dari lokasi2 yg sering didatangi. plus nomor ERA beres2 T
sm4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Thu Jan 21, 2016 13:57
Location: Surakarta
Daily Vehicle: Toyota F653RM

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by sm4 »

Omnibus wrote: Thu Jan 23, 2020 13:02 hmmm ada bagusnya jg ala jerman aki ditaruh di bagasi ya. panas ga kepanasan, winter ga kedinginan. selain bobot jd merata.
kalau bukan sedan. rasanya susah, karena bagasi ndak terpisah sama kabin.

soal bobot, kayaknya engga gitu ngaruh. tapi soal panas nya itu bener2 ngaruh banyak. musuh aki kan panas
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Jagonyaaki »

sm4 wrote: Thu Jan 23, 2020 13:54
Omnibus wrote: Thu Jan 23, 2020 13:02 hmmm ada bagusnya jg ala jerman aki ditaruh di bagasi ya. panas ga kepanasan, winter ga kedinginan. selain bobot jd merata.
kalau bukan sedan. rasanya susah, karena bagasi ndak terpisah sama kabin.

soal bobot, kayaknya engga gitu ngaruh. tapi soal panas nya itu bener2 ngaruh banyak. musuh aki kan panas
Bmw X5 akinya d belakang om... mobil eropa rata2 kl ngg d blkng d bawah jok tengah. Contohnya E class w210. Mbl eropa Kl pun posisi aki d dpn/d kap mesin rata2 tidak langsung bersebelahan dg mesin. Pasti d batasi oleh plat body yg tebal. Contoh w124, w203,w204, audi, mini cooper dll.

Musuh utama aki ad 2 panas dan getaran. Makanya harus terikat kencang d di dudukannya
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Mon Jan 11, 2016 2:08
Location: Bandung

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Jagonyaaki »

Alternatif utk anki diesel ato anf kl ganti aki betul bs pakai tipe 58024 krn lbh murah dr pd tipe std nya LN3.

Rata2 Makin besar amper makin bsr jg cca nya. Tp tergantung merk akinya jg. Tiap merk aki walupun tipe/amper nya sama blm tentu cca sama. Merk2 kelas 2 seperti incoe,massiv dll cca pasti lbh kecil dr pada merk kelas 1 seperti delkor,amaron hi life, yuasa gs astra dll. Karena aki kelas 2 memeliki plat yg lbh tipis dan pendek. Terlihat dr bobot nya yg lbh ringan bila d bandingkan antara amper yg sama dg aki2 merk kelas 1.

Setau sy cca semakin besar stater semakin ringan dan aki semakin awet umur nya. Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.

Pengalaman sy d lapangan skrng rata2 merk aki yg beredar d indo umurnya krng lbh 2 tahun..

Cmiiw..
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by benzz89 »

@om jagonyaaki mau tanya kalau pakai Na4-EDTA (Tetrasodium EDTA) ini bisa membuat accu menjadi segar kembali gak om?

Katanya jika rutin menggunakan Na4-EDTA setiap bulannya, dapat membuat masa pakai accu bisa mencapai 2-3 kali lebih lama.. atau sekitar hingga 4 tahun.

Harganya juga murah, cuman ane masih blom sempat coba aja, mau tanya ama yang jagonyaaki dulu. Nuhun om [emoji120]
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by MSU »

Jagonyaaki wrote: Thu Jan 23, 2020 21:09 Alternatif utk anki diesel ato anf kl ganti aki betul bs pakai tipe 58024 krn lbh murah dr pd tipe std nya LN3.

Rata2 Makin besar amper makin bsr jg cca nya. Tp tergantung merk akinya jg. Tiap merk aki walupun tipe/amper nya sama blm tentu cca sama. Merk2 kelas 2 seperti incoe,massiv dll cca pasti lbh kecil dr pada merk kelas 1 seperti delkor,amaron hi life, yuasa gs astra dll. Karena aki kelas 2 memeliki plat yg lbh tipis dan pendek. Terlihat dr bobot nya yg lbh ringan bila d bandingkan antara amper yg sama dg aki2 merk kelas 1.

Setau sy cca semakin besar stater semakin ringan dan aki semakin awet umur nya. Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.

Pengalaman sy d lapangan skrng rata2 merk aki yg beredar d indo umurnya krng lbh 2 tahun..

Cmiiw..
berarti sy termasuk kaum hoki...2 mobil dgn cara pemakaian berbeda masih bisa minimal 4 thn haha...
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Omnibus »

Jagonyaaki wrote: Thu Jan 23, 2020 21:09 ............
Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.

........
mobil sy sering dipakai antar anak sekolah kaya gini kondisi pemakaiannya.... makanya skrg tiap bbrp minggu sy sering recharge pakai trickle charger di rumah.

cca sih masih 330 aki oem 34b19l .... cuma yg bikin was2 pas diukur voltage nya pakai multimeter min/max ketika cranking bisa drop sampai 8.4V. normalnya kan cuma sampai 9.6V. baca2 sih motor starter didesign bisa minimal operation di 8V, tp itu udah mepet bgt ya. standby voltage normal 12.6V
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by coklatMetalik »

Aki2 jaman skrg sy pake di Kisul sih ga ada yg di atas 3 taun

Jaman dulu sih pernah nyampe 5 taun pake GS basah yg warna ijo
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Profith83 »

DOHC wrote: Thu Jan 23, 2020 11:03 Resep aki biar awet yah jgn ampe kepanasan

Apalagi buat mobil2 dgn mesin panas macam L15, HR nya batu makam, plus enjin bay imut2.. umurnya susah panjang

Atau kl ga beliin sarung aki, lipindut aj trakir2 dipakein
Nah Innova diesel reborn engine bay nya panas.
1. Panther jadul thn 2005 paling tidak panas.
2. Innova diesel 2008 atau 2012 agak panas dikit.
3. Innova reborn thn 2017 lebih panas lagi.

Siap laksanakan beli sarung aki … beli dimana yah di Surabaya?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by Profith83 »

Jagonyaaki wrote: Thu Jan 23, 2020 21:09 Alternatif utk anki diesel ato anf kl ganti aki betul bs pakai tipe 58024 krn lbh murah dr pd tipe std nya LN3.

Rata2 Makin besar amper makin bsr jg cca nya. Tp tergantung merk akinya jg. Tiap merk aki walupun tipe/amper nya sama blm tentu cca sama. Merk2 kelas 2 seperti incoe,massiv dll cca pasti lbh kecil dr pada merk kelas 1 seperti delkor,amaron hi life, yuasa gs astra dll. Karena aki kelas 2 memeliki plat yg lbh tipis dan pendek. Terlihat dr bobot nya yg lbh ringan bila d bandingkan antara amper yg sama dg aki2 merk kelas 1.

Setau sy cca semakin besar stater semakin ringan dan aki semakin awet umur nya. Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.

Pengalaman sy d lapangan skrng rata2 merk aki yg beredar d indo umurnya krng lbh 2 tahun..

Cmiiw..
Saya juga setuju semakin besar CCA akan makin enteng starter.
Kira kira lebih tahan jangka Panjang yang mana yah?
Aki basah 80A type 580-24C CCA sptnya antara 300-400
Aki maintenance free(tetap basah, bukan kering) 65A type L3 CCA 490
Nah kuat yang mana?

Pemakaian Senin-Jumat cuma 2 kali starter. PP rumah - kantor, jarak 10 KM
Sabtu-Minggu 2-4 kali starter. tidak selalu dipakai, kadang luar kota, kadang cuma dalam complex ke saudara
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Aki Ampere VS CCA

Post by adityabp »

Omnibus wrote: Fri Jan 24, 2020 0:33
Jagonyaaki wrote: Thu Jan 23, 2020 21:09 ............
Teorinya Semakin sering d pakai stater cca aki semakin cpt turun. Makanya mbl yg sering d pakai jarak pendek2 dan stater berulang2 pasti umur akinya rata2 lbh pendek.

........
mobil sy sering dipakai antar anak sekolah kaya gini kondisi pemakaiannya.... makanya skrg tiap bbrp minggu sy sering recharge pakai trickle charger di rumah.

cca sih masih 330 aki oem 34b19l .... cuma yg bikin was2 pas diukur voltage nya pakai multimeter min/max ketika cranking bisa drop sampai 8.4V. normalnya kan cuma sampai 9.6V. baca2 sih motor starter didesign bisa minimal operation di 8V, tp itu udah mepet bgt ya. standby voltage normal 12.6V
Wah, itu sih tinggal nunggu waktu aja om.
Aki timbal utk mobil tegangannya gak boleh kurang dari 10v krn elektrodanya tipis (plat).
Kalo aki timbal yg buat UPS, nah itu boleh sampai 9v krn elektrodanya tebal (silinder).