Page 3 of 107

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Fri Jan 24, 2020 15:42
by Turboman
Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Fri Jan 24, 2020 15:58
by Suryaputra
Motul join SNI :mky_02:

Image

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Fri Jan 24, 2020 16:18
by devin96
marmut wrote: Wed Jan 22, 2020 1:33
devin96 wrote: Tue Jan 21, 2020 16:08 Om turbo dan om2 yg lain mau tanya, kalo habis bongkar carter oli mesin jumlah oli mesin yg keluar otomatis jadi lebih banyak yaa dibandingkan kalo cuma buka baut tap oli?

di beberapa mesin memang betul seperti itu, tapi jumlahnya tidak sampai setengah liter.
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Fri Jan 24, 2020 17:09
by Turboman
devin96 wrote:
marmut wrote: Wed Jan 22, 2020 1:33
devin96 wrote: Tue Jan 21, 2020 16:08 Om turbo dan om2 yg lain mau tanya, kalo habis bongkar carter oli mesin jumlah oli mesin yg keluar otomatis jadi lebih banyak yaa dibandingkan kalo cuma buka baut tap oli?

di beberapa mesin memang betul seperti itu, tapi jumlahnya tidak sampai setengah liter.
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?
permukaan rata ?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Fri Jan 24, 2020 17:53
by devin96
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 17:09
devin96 wrote:
marmut wrote: Wed Jan 22, 2020 1:33


di beberapa mesin memang betul seperti itu, tapi jumlahnya tidak sampai setengah liter.
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?
permukaan rata ?
Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Fri Jan 24, 2020 23:57
by josomba
Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2020 15:58 Motul join SNI :mky_02:

Image
Motul tapi harganya bikin tepok jidat um :big_biglaugh:

Kecuali specific 913D masih oke lah harga 130-160rb / L

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 0:37
by lemonadelovers
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 15:42 Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant
Tp klo kayak gini butuh biaya besar jg, butuh ICE + 2 electric motor (alternator dan dinamo penggerak) + baterai

Paling simple sih electric motor dan baterai aja tp tempat charging dibanyakin misalnya d Mall/ SPBU / Rest Area / bengkel resmi dan bengkel umum. Mereka kasih margin tertentu aja aja buat invest dan biaya listrik dr PLN. Misal dr PLN per kwh Rp 1452 mereka jual 2000/kwh pun masih masuk akal

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 2:01
by kompresorz
Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2020 11:21
evanbngdor wrote: Fri Jan 24, 2020 8:52
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 8:29 udah pake 0W20 stay W20 doongg

PTT 0W20 API SN+ ?

Yacco 0W20 ?
Nah paling PTT 0w-20 API SN+ sih, cuma ntar tunggu promo aja. Kalo ngga promo paling beli Q8 atau unyil lg
:mky_01:

Pengen coba 5w-30 soalnya ini mobil kan lumayan sering high RPM, meskipun ya ngga sampe di atas 5rb gitu sih, dan pengen incer long drain nya jg
mesin modern honda dah pk roller-rocker cam, less friction, aman klo masih main di kisaran RPM 4rb-an.
yg penting jgn oli acdc.
kelas unil, total, ptt, apalagi Q8, ok punya ituh.

kecuali om buat balap di sirkuit, baru deh pakai Motul 300V 0w20 hi rpm
ntap harganya, kemasan 2 liter dan ester base :mky_01:

yah pake prima xp aja oke punya...yang penting asli dan harga terjangkau....


pake motul 300 V.. jgn samain aventador

:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 2:10
by kompresorz
DOHC wrote: Fri Jan 24, 2020 12:28
Percuma

Mesin modern tp rpm d cekek, cruising di 1500an, bejeg pedal cuman naek ampe 3000an trus turun lg ke 2000

Pindah ke S jg ga bsa kena 4000

Ini honda settingan nya protect cvt gearbox

Jd kangen ama GE8 ane dl, d bejeg bsa melejit ampe 4000an lebih
mknya pake manual dong....sampe 6500 rpm endut2an tekan terus br pindah gigi....

real emen use tilu pedal...


tuh di hrv masih gw rasain redline...VTEC KIC IN U....


tapi tetap dilibas kijang...

udah tes.....

apalg tuningan skrg.....DIESEL POWAH eat vtek kik in u....

:ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 2:12
by josomba
kompresorz wrote: Sat Jan 25, 2020 2:10
mknya pake manual dong....sampe 6500 rpm endut2an tekan terus br pindah gigi....

real emen use tilu pedal...


tuh di hrv masih gw rasain redline...VTEC KIC IN U....


tapi tetap dilibas kijang...

udah tes.....

apalg tuningan skrg.....DIESEL POWAH eat vtek kik in u....

:ngacir:
Ngakak baca beberapa kata terakhirnya

:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 5:28
by Turboman
Seru nih ASPELINDO VS AHM

Upaya mendobrak monopoli oli OEM di Bengkel2 resmi

https://kabar24.bisnis.com/read/2020012 ... uk-pelumas

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 6:02
by akbrn
Turboman wrote:Seru nih ASPELINDO VS AHM

Upaya mendobrak monopoli oli OEM di Bengkel2 resmi

https://kabar24.bisnis.com/read/2020012 ... uk-pelumas
Hrsnya H tegak jg kena, skrg di beres nya ngga jual produk oli lain selain merek oem nya (produced by ide****u, en**s, sh**l ??)

Padahal sekitar 2003 - 2008 ada berbagai pilihan oli yg ditawarin selain merek oem...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 15:18
by rendr
Turboman wrote: Sat Jan 25, 2020 5:28 Seru nih ASPELINDO VS AHM

Upaya mendobrak monopoli oli OEM di Bengkel2 resmi

https://kabar24.bisnis.com/read/2020012 ... uk-pelumas
Plis jgn AHM doang dong..

Jgn kan pengusaha.. konsumen jg capek di "paksa" buat beli produk dengan embel2 "masa warranty harus ini itu"

Iya kalo olinya bagus... Lha kalo ga sesuai manual book mereka sendiri?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 20:10
by devin96
devin96 wrote: Fri Jan 24, 2020 17:53
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 17:09
devin96 wrote:
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?
permukaan rata ?
Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?
Mungkin ada rekan2 di sini yg bsa memberikan informasi atau pengalaman mengenai jumlah oli gardan fortuner yg di isi 2.5 L sdh luber padahal kapasitas di manual book 3.4 L, jujur jadi kepikiran jga nih. Takut montir yg ganti ga bener :big_cry:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sat Jan 25, 2020 22:12
by Turboman
devin96 wrote:
devin96 wrote: Fri Jan 24, 2020 17:53
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 17:09 permukaan rata ?
Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?
Mungkin ada rekan2 di sini yg bsa memberikan informasi atau pengalaman mengenai jumlah oli gardan fortuner yg di isi 2.5 L sdh luber padahal kapasitas di manual book 3.4 L, jujur jadi kepikiran jga nih. Takut montir yg ganti ga bener :big_cry:
Ganti oli gardan ya posisi mobil harus rata


Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sun Jan 26, 2020 3:04
by Fookyoo
Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2020 1:11 Nemu MSDS Total q9000 future 5w30.
V40C nya mirip oli kelas 0w30.
V100C sekitar 9,8

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 9828188525

Image

Image
Nice Info, Om. :frm_tumbleft:
Jujur saya coba cari data lengkap TBN dll nya nih Oli, gak ketemu2. 😅
Selama ini pake di Yaris dan Mark X untuk ukuran harga 80-86 rebu per liter worth it banget, baru berasa berat di 7000an km.
Sebelum 7000 km, rasanya halus, enteng dan irit.

Sekedar sharing, di Yaris masih pake ini, bulan lalu juga baru ganti oli di 7500 km (penggunaan per tahun kebetulan emang segini), tumben2an nyonyah di rumah yang pake sehari2 pun ikutan berasa "kok mulai berat ya?" Ganti oli pake yang sama lagi karena best value menurut ane.

Di Mark X lagi pake Unil 0W-20 udah jalan 4000 km, halus irit, tp high rpm agak kasar.
Jadi plan mau balik 5W-30, mau cobain pake PTT, OK harusnya ya? Any experience? :ungg:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sun Jan 26, 2020 4:17
by marmut
Turboman wrote: Sat Jan 25, 2020 22:12
devin96 wrote:
devin96 wrote: Fri Jan 24, 2020 17:53

Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?
Mungkin ada rekan2 di sini yg bsa memberikan informasi atau pengalaman mengenai jumlah oli gardan fortuner yg di isi 2.5 L sdh luber padahal kapasitas di manual book 3.4 L, jujur jadi kepikiran jga nih. Takut montir yg ganti ga bener :big_cry:
Ganti oli gardan ya posisi mobil harus rata

harus ditunggingin, supaya oli yang masuk lebih banyak.
banyak oli masuk = banyak cuan.

:big_grin:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sun Jan 26, 2020 4:26
by Suryaputra
Fookyoo wrote: Sun Jan 26, 2020 3:04
Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2020 1:11 Nemu MSDS Total q9000 future 5w30.
V40C nya mirip oli kelas 0w30.
V100C sekitar 9,8

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 9828188525

Image

Image
Nice Info, Om. :frm_tumbleft:
Jujur saya coba cari data lengkap TBN dll nya nih Oli, gak ketemu2. 😅
Selama ini pake di Yaris dan Mark X untuk ukuran harga 80-86 rebu per liter worth it banget, baru berasa berat di 7000an km.
Sebelum 7000 km, rasanya halus, enteng dan irit.

Sekedar sharing, di Yaris masih pake ini, bulan lalu juga baru ganti oli di 7500 km (penggunaan per tahun kebetulan emang segini), tumben2an nyonyah di rumah yang pake sehari2 pun ikutan berasa "kok mulai berat ya?" Ganti oli pake yang sama lagi karena best value menurut ane.

Di Mark X lagi pake Unil 0W-20 udah jalan 4000 km, halus irit, tp high rpm agak kasar.
Jadi plan mau balik 5W-30, mau cobain pake PTT, OK harusnya ya? Any experience? :ungg:
Di mesin lio L15Z1,
saya sblm pk total q9000 5w30, pakai PTT 5w30 SN A5/B5.

Rasa2nya lbh responsif dikit gasnya untuk si total ini.
kehalusan mesin dll sih sama ya.
mungkin krn V100 nya si total jg lbh encer dibanding PTT 5w30.

tapi gaktau deh klo di mesin mark-X kan lbh besar dan perkasa tenaganya, harusnya gak ngefek kali ya sesama 5w30.
asal jgn ACDC :upss:

but total q9000 5w30 ini emg best value untuk pemakaian semi long drain :ngacir:

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Sun Jan 26, 2020 12:10
by dhany760
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 15:42 Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant
Mau tanya om turbo, mohon maaf kalau OOT...

Oli gardan & transmisi itu masa pakainya mengikuti kilometer atau waktu atau dua2nya ya? Kendaraan saya innova diesel 2009 oli gardan & transmisinya masih jalan 5000km tapi udah dipakai sekitar 1th dgn kondisi berkendara di kota kecil yg jarang sekali macet & sesekali ke luar (PP sekitar 300km)

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Mon Jan 27, 2020 2:48
by evanbngdor
DOHC wrote: Fri Jan 24, 2020 12:28
Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2020 11:21
mesin modern honda dah pk roller-rocker cam, less friction, aman klo masih main di kisaran RPM 4rb-an.
yg penting jgn oli acdc.
kelas unil, total, ptt, apalagi Q8, ok punya ituh.

kecuali om buat balap di sirkuit, baru deh pakai Motul 300V 0w20 hi rpm
ntap harganya, kemasan 2 liter dan ester base :mky_01:
Percuma

Mesin modern tp rpm d cekek, cruising di 1500an, bejeg pedal cuman naek ampe 3000an trus turun lg ke 2000

Pindah ke S jg ga bsa kena 4000

Ini honda settingan nya protect cvt gearbox

Jd kangen ama GE8 ane dl, d bejeg bsa melejit ampe 4000an lebih
CRV saya manual om, kalo ngga terkontrol bisa tembus sampe 7000 itu, secara R20 di RPM tinggi itu baru keluar tenaganya
:mky_01:

Buat selap-selip agresif sih saya lebih megang CRV R20 manual ini dibanding CRV K24 matic. Rasio gir nya rapet pula.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Mon Jan 27, 2020 3:15
by DOHC
evanbngdor wrote: Mon Jan 27, 2020 2:48
DOHC wrote: Fri Jan 24, 2020 12:28
Suryaputra wrote: Fri Jan 24, 2020 11:21
mesin modern honda dah pk roller-rocker cam, less friction, aman klo masih main di kisaran RPM 4rb-an.
yg penting jgn oli acdc.
kelas unil, total, ptt, apalagi Q8, ok punya ituh.

kecuali om buat balap di sirkuit, baru deh pakai Motul 300V 0w20 hi rpm
ntap harganya, kemasan 2 liter dan ester base :mky_01:
Percuma

Mesin modern tp rpm d cekek, cruising di 1500an, bejeg pedal cuman naek ampe 3000an trus turun lg ke 2000

Pindah ke S jg ga bsa kena 4000

Ini honda settingan nya protect cvt gearbox

Jd kangen ama GE8 ane dl, d bejeg bsa melejit ampe 4000an lebih
CRV saya manual om, kalo ngga terkontrol bisa tembus sampe 7000 itu, secara R20 di RPM tinggi itu baru keluar tenaganya
:mky_01:

Buat selap-selip agresif sih saya lebih megang CRV R20 manual ini dibanding CRV K24 matic. Rasio gir nya rapet pula.
Iya om, kl yg manual emg dilepas

Cman yg matic, palagi yg cvt, dcekek rpm nya ga bole tinggi2.. protect si gearbox nya

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Mon Jan 27, 2020 3:54
by Turboman
dhany760 wrote:
Turboman wrote: Fri Jan 24, 2020 15:42 Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant
Mau tanya om turbo, mohon maaf kalau OOT...

Oli gardan & transmisi itu masa pakainya mengikuti kilometer atau waktu atau dua2nya ya? Kendaraan saya innova diesel 2009 oli gardan & transmisinya masih jalan 5000km tapi udah dipakai sekitar 1th dgn kondisi berkendara di kota kecil yg jarang sekali macet & sesekali ke luar (PP sekitar 300km)
Oli Transmisi pake sampe gak enak kalo saya

Kalo oli gardan mineral saya ganti 18 - 24 bulan, tergantung Km juga

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Mon Jan 27, 2020 12:08
by Givrun
Petronas Urania 3000 15w40 api Ci-4 acea e7
IMG_20200127_181148.jpg
Produksi 2017 per galon 5 liter 200.000.. tulisan d belakang klaim nya full saps sisa nya gak ngerti , soal nya bahasa melayu dan bahasa mekanik..


Gak masalah kan stok lama om2 semua, nyetok banyak nih soal nya.

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Mon Jan 27, 2020 14:41
by dhany760
Turboman wrote: Mon Jan 27, 2020 3:54 Oli Transmisi pake sampe gak enak kalo saya

Kalo oli gardan mineral saya ganti 18 - 24 bulan, tergantung Km juga
Oh gitu ya...
Kalau oli transmisi gak ada batas waktu / km berapa harus diganti...
Misal oli gardan udah sampai 24bln tapi kilometer masih sekitar 10-15rb gitu perlu diganti atau nunggu kilometer berapa ya om?

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Posted: Mon Jan 27, 2020 20:13
by qadrinur
Misi numpang tanya om semuanya
saya pake altis gen 10 tahun 2009 1zz-fe
sy baru pegang mobil ini turunan dari ortu ke abang lalu ke sy
sebelumnya sy pake oli fastron 10w-30 olinya banyak berkurang padahal udah ganti paking tutup klep tetep banyak berkurang olinya selalu ganti setiap 6bulan/5000km
waktu di cek lagi masih ada bocor si di timing chain tensioner(itu search dari google gatau nama sebutannya apa) tp si cuman merembes ga bocor yg gimana kali masi belum jelas yg bikin cepet berkurang apa om semua.
apa karna gapake full synthetic ya? atau karna timing tensioner itu aja?
kalo emang olinya mohon pencerahan om semua oli yg rekomendasi apa yg bagus kalo bisa murah hehe
sementara ini sy pake oli mobil super 2000 yg 10w-40 menurut MID paling banyak daptnya 1:7-1:9.3 dalkot saya banyak stop&go dan kadang idle 1-2jam (nunggu dosen) jarang rpm tinggi
terimakasih om semua