Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: b8099ok, y_anjasrana, F 272, ginting, FRD, artoodetoo

Post Reply
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20166
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Motul join SNI :mky_02:

Image
*Colek Me if I'm Wrong

devin96
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by devin96 »

marmut wrote:
22 Jan 2020, 08:33
devin96 wrote:
21 Jan 2020, 23:08
Om turbo dan om2 yg lain mau tanya, kalo habis bongkar carter oli mesin jumlah oli mesin yg keluar otomatis jadi lebih banyak yaa dibandingkan kalo cuma buka baut tap oli?

di beberapa mesin memang betul seperti itu, tapi jumlahnya tidak sampai setengah liter.
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20166
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

devin96 wrote:
marmut wrote:
22 Jan 2020, 08:33
devin96 wrote:
21 Jan 2020, 23:08
Om turbo dan om2 yg lain mau tanya, kalo habis bongkar carter oli mesin jumlah oli mesin yg keluar otomatis jadi lebih banyak yaa dibandingkan kalo cuma buka baut tap oli?

di beberapa mesin memang betul seperti itu, tapi jumlahnya tidak sampai setengah liter.
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?
permukaan rata ?

devin96
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by devin96 »

Turboman wrote:
25 Jan 2020, 00:09
devin96 wrote:
marmut wrote:
22 Jan 2020, 08:33



di beberapa mesin memang betul seperti itu, tapi jumlahnya tidak sampai setengah liter.
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?
permukaan rata ?
Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1200
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

Suryaputra wrote:
24 Jan 2020, 22:58
Motul join SNI :mky_02:

Image
Motul tapi harganya bikin tepok jidat um :big_biglaugh:

Kecuali specific 913D masih oke lah harga 130-160rb / L
Image

lemonadelovers
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1130
Joined: 26 Apr 2014, 11:42

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by lemonadelovers »

Turboman wrote:
24 Jan 2020, 22:42
Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant
Tp klo kayak gini butuh biaya besar jg, butuh ICE + 2 electric motor (alternator dan dinamo penggerak) + baterai

Paling simple sih electric motor dan baterai aja tp tempat charging dibanyakin misalnya d Mall/ SPBU / Rest Area / bengkel resmi dan bengkel umum. Mereka kasih margin tertentu aja aja buat invest dan biaya listrik dr PLN. Misal dr PLN per kwh Rp 1452 mereka jual 2000/kwh pun masih masuk akal

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4756
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

Suryaputra wrote:
24 Jan 2020, 18:21
evanbngdor wrote:
24 Jan 2020, 15:52
Turboman wrote:
24 Jan 2020, 15:29
udah pake 0W20 stay W20 doongg

PTT 0W20 API SN+ ?

Yacco 0W20 ?
Nah paling PTT 0w-20 API SN+ sih, cuma ntar tunggu promo aja. Kalo ngga promo paling beli Q8 atau unyil lg
:mky_01:

Pengen coba 5w-30 soalnya ini mobil kan lumayan sering high RPM, meskipun ya ngga sampe di atas 5rb gitu sih, dan pengen incer long drain nya jg
mesin modern honda dah pk roller-rocker cam, less friction, aman klo masih main di kisaran RPM 4rb-an.
yg penting jgn oli acdc.
kelas unil, total, ptt, apalagi Q8, ok punya ituh.

kecuali om buat balap di sirkuit, baru deh pakai Motul 300V 0w20 hi rpm
ntap harganya, kemasan 2 liter dan ester base :mky_01:

yah pake prima xp aja oke punya...yang penting asli dan harga terjangkau....


pake motul 300 V.. jgn samain aventador

:ngacir:

kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4756
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

DOHC wrote:
24 Jan 2020, 19:28

Percuma

Mesin modern tp rpm d cekek, cruising di 1500an, bejeg pedal cuman naek ampe 3000an trus turun lg ke 2000

Pindah ke S jg ga bsa kena 4000

Ini honda settingan nya protect cvt gearbox

Jd kangen ama GE8 ane dl, d bejeg bsa melejit ampe 4000an lebih
mknya pake manual dong....sampe 6500 rpm endut2an tekan terus br pindah gigi....

real emen use tilu pedal...


tuh di hrv masih gw rasain redline...VTEC KIC IN U....


tapi tetap dilibas kijang...

udah tes.....

apalg tuningan skrg.....DIESEL POWAH eat vtek kik in u....

:ngacir:

User avatar
josomba
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1200
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

kompresorz wrote:
25 Jan 2020, 09:10

mknya pake manual dong....sampe 6500 rpm endut2an tekan terus br pindah gigi....

real emen use tilu pedal...


tuh di hrv masih gw rasain redline...VTEC KIC IN U....


tapi tetap dilibas kijang...

udah tes.....

apalg tuningan skrg.....DIESEL POWAH eat vtek kik in u....

:ngacir:
Ngakak baca beberapa kata terakhirnya

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20166
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Seru nih ASPELINDO VS AHM

Upaya mendobrak monopoli oli OEM di Bengkel2 resmi

https://kabar24.bisnis.com/read/2020012 ... uk-pelumas

akbrn
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: 26 Sep 2017, 14:38

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by akbrn »

Turboman wrote:Seru nih ASPELINDO VS AHM

Upaya mendobrak monopoli oli OEM di Bengkel2 resmi

https://kabar24.bisnis.com/read/2020012 ... uk-pelumas
Hrsnya H tegak jg kena, skrg di beres nya ngga jual produk oli lain selain merek oem nya (produced by ide****u, en**s, sh**l ??)

Padahal sekitar 2003 - 2008 ada berbagai pilihan oli yg ditawarin selain merek oem...

rendr
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 413
Joined: 19 Mar 2018, 13:47

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Turboman wrote:
25 Jan 2020, 12:28
Seru nih ASPELINDO VS AHM

Upaya mendobrak monopoli oli OEM di Bengkel2 resmi

https://kabar24.bisnis.com/read/2020012 ... uk-pelumas
Plis jgn AHM doang dong..

Jgn kan pengusaha.. konsumen jg capek di "paksa" buat beli produk dengan embel2 "masa warranty harus ini itu"

Iya kalo olinya bagus... Lha kalo ga sesuai manual book mereka sendiri?
European Enthusiasts
AJ-V6 / B6034S / M111 / M10 / M20 / M52 / M54

devin96
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: 06 Mar 2016, 02:00

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by devin96 »

devin96 wrote:
25 Jan 2020, 00:53
Turboman wrote:
25 Jan 2020, 00:09
devin96 wrote:
oo jadi bener ya om. oh iya sama mau tanya juga om, fortuner 2.7 saya oli gardannya menurut buku manual kapasitasnya 3.4 L, tapi pada saat saya ganti oli gardan kemaren baru diisi 2.5 L kok udh luber yaa olinya? Apa karena saat drain belum keluar semua oli gardannya?
permukaan rata ?
Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?
Mungkin ada rekan2 di sini yg bsa memberikan informasi atau pengalaman mengenai jumlah oli gardan fortuner yg di isi 2.5 L sdh luber padahal kapasitas di manual book 3.4 L, jujur jadi kepikiran jga nih. Takut montir yg ganti ga bener :big_cry:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20166
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

devin96 wrote:
devin96 wrote:
25 Jan 2020, 00:53
Turboman wrote:
25 Jan 2020, 00:09
permukaan rata ?
Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?
Mungkin ada rekan2 di sini yg bsa memberikan informasi atau pengalaman mengenai jumlah oli gardan fortuner yg di isi 2.5 L sdh luber padahal kapasitas di manual book 3.4 L, jujur jadi kepikiran jga nih. Takut montir yg ganti ga bener :big_cry:
Ganti oli gardan ya posisi mobil harus rata


User avatar
Fookyoo
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 276
Joined: 24 Sep 2017, 07:21
Location: Jakarta
Daily Vehicle: W205 EQ Boost + GRX130

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Fookyoo »

Suryaputra wrote:
24 Jan 2020, 08:11
Nemu MSDS Total q9000 future 5w30.
V40C nya mirip oli kelas 0w30.
V100C sekitar 9,8

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 9828188525

Image

Image
Nice Info, Om. :frm_tumbleft:
Jujur saya coba cari data lengkap TBN dll nya nih Oli, gak ketemu2. 😅
Selama ini pake di Yaris dan Mark X untuk ukuran harga 80-86 rebu per liter worth it banget, baru berasa berat di 7000an km.
Sebelum 7000 km, rasanya halus, enteng dan irit.

Sekedar sharing, di Yaris masih pake ini, bulan lalu juga baru ganti oli di 7500 km (penggunaan per tahun kebetulan emang segini), tumben2an nyonyah di rumah yang pake sehari2 pun ikutan berasa "kok mulai berat ya?" Ganti oli pake yang sama lagi karena best value menurut ane.

Di Mark X lagi pake Unil 0W-20 udah jalan 4000 km, halus irit, tp high rpm agak kasar.
Jadi plan mau balik 5W-30, mau cobain pake PTT, OK harusnya ya? Any experience? :ungg:
Mercedes-Benz C200 EQ Boost 2019
Toyota Mark X 2013

User avatar
marmut
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3185
Joined: 16 Oct 2013, 13:27
Location: Selatan Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

Turboman wrote:
26 Jan 2020, 05:12
devin96 wrote:
devin96 wrote:
25 Jan 2020, 00:53


Oh iya baru inget permukaannya sedikit nanjak om, nanjaknya bener2 sedikit. Apa pengaruh nanjak yg sedikit ini ya om jadi oli gardan lamanya ga keluar semua?
Mungkin ada rekan2 di sini yg bsa memberikan informasi atau pengalaman mengenai jumlah oli gardan fortuner yg di isi 2.5 L sdh luber padahal kapasitas di manual book 3.4 L, jujur jadi kepikiran jga nih. Takut montir yg ganti ga bener :big_cry:
Ganti oli gardan ya posisi mobil harus rata

harus ditunggingin, supaya oli yang masuk lebih banyak.
banyak oli masuk = banyak cuan.

:big_grin:
pipes - cigars - coffee

User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1071
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Jakarta - Bekasi

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Fookyoo wrote:
26 Jan 2020, 10:04
Suryaputra wrote:
24 Jan 2020, 08:11
Nemu MSDS Total q9000 future 5w30.
V40C nya mirip oli kelas 0w30.
V100C sekitar 9,8

https://www.google.com/url?sa=t&source= ... 9828188525

Image

Image
Nice Info, Om. :frm_tumbleft:
Jujur saya coba cari data lengkap TBN dll nya nih Oli, gak ketemu2. 😅
Selama ini pake di Yaris dan Mark X untuk ukuran harga 80-86 rebu per liter worth it banget, baru berasa berat di 7000an km.
Sebelum 7000 km, rasanya halus, enteng dan irit.

Sekedar sharing, di Yaris masih pake ini, bulan lalu juga baru ganti oli di 7500 km (penggunaan per tahun kebetulan emang segini), tumben2an nyonyah di rumah yang pake sehari2 pun ikutan berasa "kok mulai berat ya?" Ganti oli pake yang sama lagi karena best value menurut ane.

Di Mark X lagi pake Unil 0W-20 udah jalan 4000 km, halus irit, tp high rpm agak kasar.
Jadi plan mau balik 5W-30, mau cobain pake PTT, OK harusnya ya? Any experience? :ungg:
Di mesin lio L15Z1,
saya sblm pk total q9000 5w30, pakai PTT 5w30 SN A5/B5.

Rasa2nya lbh responsif dikit gasnya untuk si total ini.
kehalusan mesin dll sih sama ya.
mungkin krn V100 nya si total jg lbh encer dibanding PTT 5w30.

tapi gaktau deh klo di mesin mark-X kan lbh besar dan perkasa tenaganya, harusnya gak ngefek kali ya sesama 5w30.
asal jgn ACDC :upss:

but total q9000 5w30 ini emg best value untuk pemakaian semi long drain :ngacir:
*Colek Me if I'm Wrong

dhany760
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 16 Jan 2020, 21:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by dhany760 »

Turboman wrote:
24 Jan 2020, 22:42
Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant
Mau tanya om turbo, mohon maaf kalau OOT...

Oli gardan & transmisi itu masa pakainya mengikuti kilometer atau waktu atau dua2nya ya? Kendaraan saya innova diesel 2009 oli gardan & transmisinya masih jalan 5000km tapi udah dipakai sekitar 1th dgn kondisi berkendara di kota kecil yg jarang sekali macet & sesekali ke luar (PP sekitar 300km)

evanbngdor
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1294
Joined: 13 Sep 2015, 10:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

DOHC wrote:
24 Jan 2020, 19:28
Suryaputra wrote:
24 Jan 2020, 18:21

mesin modern honda dah pk roller-rocker cam, less friction, aman klo masih main di kisaran RPM 4rb-an.
yg penting jgn oli acdc.
kelas unil, total, ptt, apalagi Q8, ok punya ituh.

kecuali om buat balap di sirkuit, baru deh pakai Motul 300V 0w20 hi rpm
ntap harganya, kemasan 2 liter dan ester base :mky_01:
Percuma

Mesin modern tp rpm d cekek, cruising di 1500an, bejeg pedal cuman naek ampe 3000an trus turun lg ke 2000

Pindah ke S jg ga bsa kena 4000

Ini honda settingan nya protect cvt gearbox

Jd kangen ama GE8 ane dl, d bejeg bsa melejit ampe 4000an lebih
CRV saya manual om, kalo ngga terkontrol bisa tembus sampe 7000 itu, secara R20 di RPM tinggi itu baru keluar tenaganya
:mky_01:

Buat selap-selip agresif sih saya lebih megang CRV R20 manual ini dibanding CRV K24 matic. Rasio gir nya rapet pula.
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T

DOHC
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17157
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

evanbngdor wrote:
27 Jan 2020, 09:48
DOHC wrote:
24 Jan 2020, 19:28
Suryaputra wrote:
24 Jan 2020, 18:21

mesin modern honda dah pk roller-rocker cam, less friction, aman klo masih main di kisaran RPM 4rb-an.
yg penting jgn oli acdc.
kelas unil, total, ptt, apalagi Q8, ok punya ituh.

kecuali om buat balap di sirkuit, baru deh pakai Motul 300V 0w20 hi rpm
ntap harganya, kemasan 2 liter dan ester base :mky_01:
Percuma

Mesin modern tp rpm d cekek, cruising di 1500an, bejeg pedal cuman naek ampe 3000an trus turun lg ke 2000

Pindah ke S jg ga bsa kena 4000

Ini honda settingan nya protect cvt gearbox

Jd kangen ama GE8 ane dl, d bejeg bsa melejit ampe 4000an lebih
CRV saya manual om, kalo ngga terkontrol bisa tembus sampe 7000 itu, secara R20 di RPM tinggi itu baru keluar tenaganya
:mky_01:

Buat selap-selip agresif sih saya lebih megang CRV R20 manual ini dibanding CRV K24 matic. Rasio gir nya rapet pula.
Iya om, kl yg manual emg dilepas

Cman yg matic, palagi yg cvt, dcekek rpm nya ga bole tinggi2.. protect si gearbox nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 20166
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

dhany760 wrote:
Turboman wrote:
24 Jan 2020, 22:42
Mobil Dual Power feeling saya cukup pake mesin 660 - 700 cc Petrol

Kalo Genset 350 cc aja bisa tarik 5 KVA

mesin 660 cc NA bisa tarik 10 KVA ?

660 cc Turbo bisa tarik 15 KVA ?

Use all aluminium Petrol 660 cc Turbo, ringan dan gak makan tempat

OOT OFF

Back to Lubricant
Mau tanya om turbo, mohon maaf kalau OOT...

Oli gardan & transmisi itu masa pakainya mengikuti kilometer atau waktu atau dua2nya ya? Kendaraan saya innova diesel 2009 oli gardan & transmisinya masih jalan 5000km tapi udah dipakai sekitar 1th dgn kondisi berkendara di kota kecil yg jarang sekali macet & sesekali ke luar (PP sekitar 300km)
Oli Transmisi pake sampe gak enak kalo saya

Kalo oli gardan mineral saya ganti 18 - 24 bulan, tergantung Km juga

Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: 09 Nov 2018, 01:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

Petronas Urania 3000 15w40 api Ci-4 acea e7
IMG_20200127_181148.jpg
Produksi 2017 per galon 5 liter 200.000.. tulisan d belakang klaim nya full saps sisa nya gak ngerti , soal nya bahasa melayu dan bahasa mekanik..


Gak masalah kan stok lama om2 semua, nyetok banyak nih soal nya.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.

dhany760
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: 16 Jan 2020, 21:25
Location: Tulungagung
Daily Vehicle: Innova Diesel V MT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by dhany760 »

Turboman wrote:
27 Jan 2020, 10:54
Oli Transmisi pake sampe gak enak kalo saya

Kalo oli gardan mineral saya ganti 18 - 24 bulan, tergantung Km juga
Oh gitu ya...
Kalau oli transmisi gak ada batas waktu / km berapa harus diganti...
Misal oli gardan udah sampai 24bln tapi kilometer masih sekitar 10-15rb gitu perlu diganti atau nunggu kilometer berapa ya om?

qadrinur
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: 27 Jan 2020, 21:44
Location: Medan
Daily Vehicle: 2009 Corolla Altis 1800

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by qadrinur »

Misi numpang tanya om semuanya
saya pake altis gen 10 tahun 2009 1zz-fe
sy baru pegang mobil ini turunan dari ortu ke abang lalu ke sy
sebelumnya sy pake oli fastron 10w-30 olinya banyak berkurang padahal udah ganti paking tutup klep tetep banyak berkurang olinya selalu ganti setiap 6bulan/5000km
waktu di cek lagi masih ada bocor si di timing chain tensioner(itu search dari google gatau nama sebutannya apa) tp si cuman merembes ga bocor yg gimana kali masi belum jelas yg bikin cepet berkurang apa om semua.
apa karna gapake full synthetic ya? atau karna timing tensioner itu aja?
kalo emang olinya mohon pencerahan om semua oli yg rekomendasi apa yg bagus kalo bisa murah hehe
sementara ini sy pake oli mobil super 2000 yg 10w-40 menurut MID paling banyak daptnya 1:7-1:9.3 dalkot saya banyak stop&go dan kadang idle 1-2jam (nunggu dosen) jarang rpm tinggi
terimakasih om semua

Post Reply