Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by classicrock »

bramray wrote:
classicrock wrote: Sat May 30, 2020 7:56
bramray wrote:om om seklian
mau tnay donk,

oli meditran SX yg botol merah, itu tahan berapa KM / Bulan ya?
oli itu mineral ya om ?
trims
Botol merah setau saya Meditran S sama Meditran SC deh om.

Dulu banget 1999 sd 2009 saya pake SC dan SX di Taft F70, ganti rutin per 5.000 km, pas belah mesin kaget, kerak oli di mana mana, di karter penuh endapan. Ring piston juga kalah, km 230.000an lubang breather udah banyak keluar asap.

Kapok euy...akhirnya di Taft satunya yang F73 saya ngikutin previous owner, ngelanjutin pakai Mobil Delvac MX, mesin bersih cling, padahal udah kilometer 255.000.

iya OM,,
botol merah tulisan SX tapi API Nya CH
klo g salah baca,

di internet tyta SX nya botol abu2 ya, Beda API CI juga,
teryata berkerak ya om klo di mesin?
apakh yg merah ini om?
atau yg abu2 yg bkin mesin taft nya bnyak endapan?
Sebelum SX keluar saya pakenya SC om, lalu setelah itu lumayan lama pake SX, ada kalo 5 tahunan. Tapi ya hasilnya begitu di saya.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by classicrock »

MSU wrote:
bramray wrote: Sat May 30, 2020 9:29
classicrock wrote: Sat May 30, 2020 7:56 Botol merah setau saya Meditran S sama Meditran SC deh om.

Dulu banget 1999 sd 2009 saya pake SC dan SX di Taft F70, ganti rutin per 5.000 km, pas belah mesin kaget, kerak oli di mana mana, di karter penuh endapan. Ring piston juga kalah, km 230.000an lubang breather udah banyak keluar asap.

Kapok euy...akhirnya di Taft satunya yang F73 saya ngikutin previous owner, ngelanjutin pakai Mobil Delvac MX, mesin bersih cling, padahal udah kilometer 255.000.

iya OM,,
botol merah tulisan SX tapi API Nya CH
klo g salah baca,

di internet tyta SX nya botol abu2 ya, Beda API CI juga,
teryata berkerak ya om klo di mesin?
apakh yg merah ini om?
atau yg abu2 yg bkin mesin taft nya bnyak endapan?
Kayaknya med sx sekarang botol merah semua deh...cmiiw
Btw dulu med sc & sx yg dibeli yakinkah asli? Interval ganti gimana?
Di diesel bokap rutin pake med sx aman sampe sekarang sih
Yakin asli om. Ganti juga ga pernah lebih dari 5.000 km. Tapi hasilnya di saya ga memuaskan. Akhirnya buat Taft yang satunya saya ga pernah lepas dari Mobil Delvac MX 15W40, lalu Panther Touring dulu juga saya isi Mobil Delvac MX.

Cuma sekarang udah ga miara diesel lagi...hehehe...di Avanza sekarang dari baru pake TMO 5W30 (ganti tiap 5.000 km), cuma belakangan ini udah tiga kali saya pake DGO 5W30 (ganti tiap 5.000 km juga), dari lubang isi oli keliatan masih kinclong...kilometer sekarang jelang 45.000.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

classicrock wrote: Sat May 30, 2020 12:56
MSU wrote:
bramray wrote: Sat May 30, 2020 9:29


iya OM,,
botol merah tulisan SX tapi API Nya CH
klo g salah baca,

di internet tyta SX nya botol abu2 ya, Beda API CI juga,
teryata berkerak ya om klo di mesin?
apakh yg merah ini om?
atau yg abu2 yg bkin mesin taft nya bnyak endapan?
Kayaknya med sx sekarang botol merah semua deh...cmiiw
Btw dulu med sc & sx yg dibeli yakinkah asli? Interval ganti gimana?
Di diesel bokap rutin pake med sx aman sampe sekarang sih
Yakin asli om. Ganti juga ga pernah lebih dari 5.000 km. Tapi hasilnya di saya ga memuaskan. Akhirnya buat Taft yang satunya saya ga pernah lepas dari Mobil Delvac MX 15W40, lalu Panther Touring dulu juga saya isi Mobil Delvac MX.

Cuma sekarang udah ga miara diesel lagi...hehehe...di Avanza sekarang dari baru pake TMO 5W30 (ganti tiap 5.000 km), cuma belakangan ini udah tiga kali saya pake DGO 5W30 (ganti tiap 5.000 km juga), dari lubang isi oli keliatan masih kinclong...kilometer sekarang jelang 45.000.
Impression pake TMO sama DGO gimana om selama pemakaian?
mcdelivery
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Mon Jan 25, 2016 7:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by mcdelivery »

Iyah penasaran nih sm impresi dgo
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

DGO itu confirm buatan pertamina koq, d tulis d botol nya, mustinya gapapa sehh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Profith83 »

rendr wrote: Fri May 29, 2020 10:46
Suryaputra wrote: Fri May 29, 2020 7:37
rendr wrote: Fri May 29, 2020 6:57

saya udh coba si TQ9000 nya ganti di toko lgsg... saya abuse sampe 14rb km kmrn... hahahaha




consider bensin dan traffic di dalem kota mungkin 9000 km sih nyampe nih oli...

zinc nya kurang nampol buat mesin flat tappet btw..
gmn rasanya TQ9000 nyampe 14rb ? :upss: :upss:
caur bener.... ga karuan, mesin berisik, ngelitik tiap saat... hahahahaha

surprisingly belom jadi sludge....
14 rb berapa lama om? 1 thn?
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4588
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Profith83 »

Turboman wrote: Sat May 30, 2020 7:55
bramray wrote:om om seklian
mau tnay donk,

oli meditran SX yg botol merah, itu tahan berapa KM / Bulan ya?
oli itu mineral ya om ?
trims
jangan lebih dr 4000 - 5000 km / 6 bulan Max

mana yg duluan

btw kenapa gak pake Fastron Diesel atau Schaeffer 15W40 aja ?

Schaeffer 15W40 cuman 65 rb / L bisa 10.000 km / 11 bulan Max, dia udah Semi Syn - PAO

Test di Triton di KalBar jalan 9000 km TBN masi 8,3 mg KOH (batas kritis 2,5 mg KOH)
Wah menarik banget schaeffer 15w40. Beli dimana om? Saya di Surabaya toko online mana di JKT yg jual? Yg penting asli, ongkir dibagi 8 liter hitungannya per liter cuma tambah 6/7 ribu
Escaflowne
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 212
Joined: Fri Jul 22, 2016 2:23

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Escaflowne »

Halo om, mau tanya, sekarang ini oli kendall utk motor kok jarang yang jual ya baik di blib*i ato online shop lainnya. Kalau di toko ijo kebanyakan untuk mobil adanya. Ada update info mengenai oli ini, apa sudah diskontinyu di Indonesia?
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 697
Joined: Tue Apr 07, 2015 12:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by supriyadi »

pengendiesel wrote: Sat May 30, 2020 9:04
supriyadi wrote: Sat May 30, 2020 8:48
pengendiesel wrote: Sat May 30, 2020 6:50

Ptt yang mana om? Ane cek di blibli yang bensin kok gak ada diskonnya, padahal om2 di sini pada ngomong ptt diskon
Diskon PTT gak tiap hari. Biasanya hari Jumat jam 1-5 sore, kata Om Turboman. Saya termasuk beruntung bisa dapet diskonan PTT, 1 lusin saya ambil
Woke, reminder sudah diset buat jumat depan :big_biglaugh:
Ambil ptt 1 lusin oli apa om, harga berapa?
PTT Perfomance 5w30, lupa pastinya berapa. Ntah 1.25 jt ntah 1,35 jt. Include ongkir. Harga normal waktu itu 125rb/l
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9689
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Fookyoo wrote: Sat May 30, 2020 10:48
Suryaputra wrote: Sat May 30, 2020 8:53
snoepje wrote: Sat May 30, 2020 7:49

Tadi pagi saya lihat yang Performa 5W30 seliter 90 ribu, cuma waktunya tinggal 2 jam lagi.

sekarang harganya sudah balik normal lagi.
Buat mbl bensin mending TQ9000 5w30.
di duniaoli 320rb per 4 liter.

pernah coba 2-2nya
Saya lagi pake PTT 5W-30, juga kayaknya mau balik pake Total Q9000 5W-30 aja :big_think:
Ga berasa beda jauh kok ya menurut nubie, lalu si TQ jauuuhhhh lebih murah dari PTT, dan udah proven enak sampe 7000 km lah max.
Yg bener2 enteng berasa bedanya waktu pake Unil 0W-20 sih :big_peace:
Tp Unil dipake High RPM agak kasar suaranya. 😪
lg nyobain Q8 0w20 om.
mantulll.

buat rpm tinggi jg tetep halus, cold start jg enteng dan lbh halus dibanding 5w30 :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
classicrock
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 372
Joined: Wed Feb 22, 2012 10:36
Location: Jakarta
Daily Vehicle: GNA G 1300 AT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by classicrock »

erwinign wrote:
classicrock wrote: Sat May 30, 2020 12:56
MSU wrote: Kayaknya med sx sekarang botol merah semua deh...cmiiw
Btw dulu med sc & sx yg dibeli yakinkah asli? Interval ganti gimana?
Di diesel bokap rutin pake med sx aman sampe sekarang sih
Yakin asli om. Ganti juga ga pernah lebih dari 5.000 km. Tapi hasilnya di saya ga memuaskan. Akhirnya buat Taft yang satunya saya ga pernah lepas dari Mobil Delvac MX 15W40, lalu Panther Touring dulu juga saya isi Mobil Delvac MX.

Cuma sekarang udah ga miara diesel lagi...hehehe...di Avanza sekarang dari baru pake TMO 5W30 (ganti tiap 5.000 km), cuma belakangan ini udah tiga kali saya pake DGO 5W30 (ganti tiap 5.000 km juga), dari lubang isi oli keliatan masih kinclong...kilometer sekarang jelang 45.000.
Impression pake TMO sama DGO gimana om selama pemakaian?
Impresinya gimana ya...hmm saya jujur aja kurang sensitif sama mesin bensin, mungkin efek kelamaan pakai diesel yang suaranya gratakan, jadi jelas terasa kalau ada perubahan suara dan getaran utamanya di rpm tinggi saat hi speed cruising.

Cuma yang bisa saya bagi mungkin beberapa hal kalo di Avanza selama pake TMO dan DGO, cold start pagi jam 5.30an ya halus aja, ga ada suara kasar, tik tik tik atau apa lah. Hi speed cruising di tol siang hari juga enak enak aja, kalau keluar kota saat dan harus nyalip saya kickdown rpm bisa sampai 5.000 lebih ya smooth aja. Sejauh ini diintip dari lubang isi oli ya kinclong, ga ada warna kuning, km masih pendek sih, baru jelang 45.000. Yang menarik dari DGO sih harganya ya, beli di official store, murah.

Pernah suatu hari mesinnya rajin ngelitik, tapi isunya lebih ke bahan bakar, rasanya isi pertamax di tempat yang kurang bagus. Begitu pengisian berikutnya di tempat lain sembuh.
Dulu 12345R + 2H4HN4L - Sekarang PRND32L
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

popolapo wrote: Sat May 30, 2020 4:48
rendr wrote: Fri May 29, 2020 10:46
Suryaputra wrote: Fri May 29, 2020 7:37

gmn rasanya TQ9000 nyampe 14rb ? :upss: :upss:
caur bener.... ga karuan, mesin berisik, ngelitik tiap saat... hahahahaha

surprisingly belom jadi sludge....
halo om rendr, kalo penguapan oli TQ 9000 byk atau sdikit? btw ini 5w30 atau 0w20 ya?
5w30 om, penguapan.. emm ga gitu merhatiin penguapannya


Profith83 wrote: Sat May 30, 2020 14:31
rendr wrote: Fri May 29, 2020 10:46
Suryaputra wrote: Fri May 29, 2020 7:37

gmn rasanya TQ9000 nyampe 14rb ? :upss: :upss:
caur bener.... ga karuan, mesin berisik, ngelitik tiap saat... hahahahaha

surprisingly belom jadi sludge....
14 rb berapa lama om? 1 thn?
Ga sampe 6 bulan om..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Profith83 wrote:
Turboman wrote: Sat May 30, 2020 7:55
bramray wrote:om om seklian
mau tnay donk,

oli meditran SX yg botol merah, itu tahan berapa KM / Bulan ya?
oli itu mineral ya om ?
trims
jangan lebih dr 4000 - 5000 km / 6 bulan Max

mana yg duluan

btw kenapa gak pake Fastron Diesel atau Schaeffer 15W40 aja ?

Schaeffer 15W40 cuman 65 rb / L bisa 10.000 km / 11 bulan Max, dia udah Semi Syn - PAO

Test di Triton di KalBar jalan 9000 km TBN masi 8,3 mg KOH (batas kritis 2,5 mg KOH)
Wah menarik banget schaeffer 15w40. Beli dimana om? Saya di Surabaya toko online mana di JKT yg jual? Yg penting asli, ongkir dibagi 8 liter hitungannya per liter cuma tambah 6/7 ribu
Schaeffer

Toped = PAPASARI

Schaeffer Supreme 7000 15W-40 engine oil (Curah dari Drum)
https://tokopedia.link/dJpaIxeKe6 di toko PT PAPASARI Rp650.000 di Tokopedia

Saya sendiri lagi pake ini, feel nya mirip oli 10W40

isi 80 - 90% F aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

Escaflowne wrote:Halo om, mau tanya, sekarang ini oli kendall utk motor kok jarang yang jual ya baik di blib*i ato online shop lainnya. Kalau di toko ijo kebanyakan untuk mobil adanya. Ada update info mengenai oli ini, apa sudah diskontinyu di Indonesia?
Udah The End......gak ikut SNI

kalo ada seller yg punya stok, beli aja
* Bukan ajakan Beli *
Peter10
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 57
Joined: Sat Apr 07, 2018 3:06
Location: Tangerang
Daily Vehicle: L15Z

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Peter10 »

#oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Givrun
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 259
Joined: Thu Nov 08, 2018 18:39

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Givrun »

Peter10 wrote: Sun May 31, 2020 6:07 #oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Rored 90 gl 5
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

Peter10 wrote: Sun May 31, 2020 6:07 #oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Ohh pastilah dengung, kan gigi nya ud pada aus

Ganti aj pake gl5 secepetnya, mau yg murah pake pertamina rored
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
coklatMetalik
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2030
Joined: Fri Jun 24, 2016 11:26
Daily Vehicle: LGX

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by coklatMetalik »

Peter10 wrote: Sun May 31, 2020 6:07 #oot
Om-om mo tanya saat ini oli gardan pake gl-4 dan mulai ada suara dengung di kecepatan 60an. Untuk mengurangi suara dengung apa perlu ganti yg gl-5?
Untuk oli gl-5 yg murmer dan gampang diperoleh apa ya?
Terima kasih
Pertamina Rored HDA, yg jerigen warna abu, itu GL5. Di SPBU kayanya ada

Jangan ketuker dgn Rored EPA yg jerigen merah, yg itu GL4, sama juga bohong :upss:
1979 Datsun GN620
1992 Toyota KF40
2000 Toyota KF82
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
nubie in all things - still need to learn
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Herman7103 »

Kalau dilihat dari foto daleman Engine HR15DE nya di foto tsb clean no sludge. Sudah benar cara ownernya ganti oli mesinnya selama ini. Pakai oli mesin sesuai anjuran buku manualnya buntut W30 dan saya yakin itu mesin selama ini pakai oli synthetic. Good job.
:glodak:
HR15DE 2014
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2916
Joined: Sat Aug 05, 2017 12:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by josomba »

blloewy wrote: Sun May 31, 2020 7:49 Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
Maksudnya, varnish kali ya?

Imho, kalau jeroan mobil saya kek gitu, akan pake oli diesel dulu sih..

tp kalau dr diskusi di BITOG, varnish seh.....tidak se-menyeramkan sludge ya...bahkan ada yg ngmg, kalau gamau ada varnish....gausah buku tuh valve cover n liat. :big_biglaugh:
Image
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26934
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by DOHC »

benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13
blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Anuu, kapasitas nya cuman 3 liter ud penuh om, 3.5 liter ntar beleber kmana2

Btw, dl saya pake oli 5-30 gonta ganti merek aj ga ampe varnish kaya gt.. 10rebu klamaan itu, 7000an aj

Pliara mobil resing harus brani kuar duit lebih
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by benzz89 »

DOHC wrote:
benzz89 wrote: Sun May 31, 2020 9:13
blloewy wrote:Om...om.semua terutama om turbo.
Ini ada share mesin HR15DE di grup Galiloli yg pake Liqui Moly 5W-30.
Interval ganti oli per 10k km dgn durasi ngga tentu bisa 12 bln atau lebih.
Infonya top up maksimal 500ml sejak 2000km, sayangnya beliau ngga test UOA.
Saya jg ngga tau test UOA dmn dan harga berapa :big_peace:
Apakah itu sdh mulai terbentuk lapisan furnish?
Kl sdh terbentuk solusinya bagaimana Om? :big_think:
Sudah terbentuk lapisan varnish itu Om... Olinya ganti aja ama yang Fully Synthetic kelas keraton beneran (bukan yang ngaku2nya kelas keraton).

Liqui Moly ini klaimnya "diatas semi synthetic tapi di bawah fully syntehtic"... bahasa marketing kelas dewa. Yang kaya gini terus terang sih ane ngerikkk. Btw ane juga ex user OGL si raja ngelitik.

Kata Om kelep, ini mesin racing maka harus pakai oli kelas keraton, sudah panas mendidih, makan oli pulak & rajanya ngelitik, kapasitas oli seuprit 3,5 liter + filter. Jadi lengkap sudah penderitaan [emoji1]
Anuu, kapasitas nya cuman 3 liter ud penuh om, 3.5 liter ntar beleber kmana2

Btw, dl saya pake oli 5-30 gonta ganti merek aj ga ampe varnish kaya gt.. 10rebu klamaan itu, 7000an aj

Pliara mobil resing harus brani kuar duit lebih
Maaf Om Kelep, sudah lupa ane ama kapasitas oli si raja ngelitik. 3 liter ama filter yah, pantes dulu kaga pernah nenteng oli lebih dari beres kalau ganti oli.

Solusi varnish ini bijimane Om Kelep? Kasih Amsoil SS Diesel 5W -30 pake 10 ribu KM langsung bersih kali yah itu varnish?

Harga per liter 185 ribu x 3 liter gak sampe 600 ribu masih oke lah yah buat mesin racing, sing penting varnish lenyap... asal jangan nguapnya 1 liter itu mesin racing [emoji38]
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1924
Joined: Mon Nov 18, 2019 1:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by blloewy »

Herman7103 wrote: Sun May 31, 2020 8:40 Kalau dilihat dari foto daleman Engine HR15DE nya di foto tsb clean no sludge. Sudah benar cara ownernya ganti oli mesinnya selama ini. Pakai oli mesin sesuai anjuran buku manualnya buntut W30 dan saya yakin itu mesin selama ini pakai oli synthetic. Good job.
Justru itu Om...sebelumnya dia pakainya ngawur olinya.
Dan skrg jg msh ngawur itu LM pakenya tp ya gt, interval ganti sesuka hati jd pas dibuka sdh ada bentuk lapisan kuning itu varnish ya namanya :big_biglaugh:
nubie in all things - still need to learn