Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:26 emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk. klo pakai 5w30 lbh kedenger.. tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe sih. dan RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm dlm kondisi AC on. klo panas2an siang2 baru idle+AC nya jdi 800rpm
Jambangan wrote: Sun Feb 23, 2020 12:51
rendr wrote: Sun Feb 23, 2020 5:16

Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...


Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Di kantor ane ada yg punya scross tahun awal
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih :upss:
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by arfs »

ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:28
ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:26 emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk. klo pakai 5w30 lbh kedenger.. tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe sih. dan RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm dlm kondisi AC on. klo panas2an siang2 baru idle+AC nya jdi 800rpm
Jambangan wrote: Sun Feb 23, 2020 12:51
Di kantor ane ada yg punya scross tahun awal
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih :upss:
Coba deh kalau RPM Idle M15A rendah, dibersihkan throttle body nya, kotoran yang nempel di butterfly valve itu penyebab rpm nya rendah.
Langsung pasti naik ke sekitar 900-1100 RPM idle nya otomatis AC jadi dingin kalau macet2an dan kalau creeping di kemacetan dengan posisi perseneling di D langsung lebih ada laju nya.

Cara paling gampang, buka selang dari air filter box yang ke throttle body, lalu kunci kontak on saja, ganjel pedal gas sampe mentok agar throttle body nya ke posisi full open. Lalu (kalau cara saya) ambil kain perca atau lap yg di olesin solar dikit lalu di lap sekitaran butterfly valve nya.

#Pengalaman ngerawat SX4 dari akhir 2011-sekarang. #CMIIW
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?

soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.

sorry oot sedikit

arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 3:21
ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:28
ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 2:26 emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk. klo pakai 5w30 lbh kedenger.. tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe sih. dan RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm dlm kondisi AC on. klo panas2an siang2 baru idle+AC nya jdi 800rpm

Coba deh kalau RPM Idle M15A rendah, dibersihkan throttle body nya, kotoran yang nempel di butterfly valve itu penyebab rpm nya rendah.
Langsung pasti naik ke sekitar 900-1100 RPM idle nya otomatis AC jadi dingin kalau macet2an dan kalau creeping di kemacetan dengan posisi perseneling di D langsung lebih ada laju nya.

Cara paling gampang, buka selang dari air filter box yang ke throttle body, lalu kunci kontak on saja, ganjel pedal gas sampe mentok agar throttle body nya ke posisi full open. Lalu (kalau cara saya) ambil kain perca atau lap yg di olesin solar dikit lalu di lap sekitaran butterfly valve nya.

#Pengalaman ngerawat SX4 dari akhir 2011-sekarang. #CMIIW
arfs
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1344
Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
Location: Jakarta

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by arfs »

ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?

soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.

sorry oot sedikit
Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.

Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47
ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?

soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.

sorry oot sedikit
Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.

Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.

anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.

PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19

Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.

Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.

Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu :ngacir:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by evanbngdor »

Suryaputra wrote: Mon Feb 24, 2020 8:13
arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47 Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.

Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.

anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.

PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19

Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.

Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.

Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu :ngacir:
Somehow, SBT yang di puri indah itu pelayanannya termasuk oke sih, dan ngga susah buat klaim garansi.

Waktu itu pernah nemenin temen klaim garansi ertiga nya. Dan prosesnya cepet, ngga bertele-tele. Begitu diliat ada penyimpangan langsung ada keputusan buat penggantian part, dan langsung diorderin jg part nya saat itu jg.

Jujur aja ada beberapa pelayanan yang saya rasa lebih bagus drpd Auto2000 nya Toyota
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

oke coba ane tes tipsnya nanti. terima kasih
semoga selesai permasalahan RPM
krn kl di livina sama mazda, itu throttle body disentuh2 pakai apapun lgsg error, rpm naik turun. harus di reset2 segala dan ane ga paham caranya
arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47
ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?

soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.

sorry oot sedikit
Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.

Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ane di domisili di lampung
disini pemegang suzuki PT. PLR.
org nya emg ramah2 hanya skill nya kacau, byk permasalahan yg ane selesain sendiri di banding di selesaikan BeRes. tp klo oli bisa kok bawa dari luar
Suryaputra wrote: Mon Feb 24, 2020 8:13
arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47
ViPerRed wrote: Mon Feb 24, 2020 3:35 ga ada hub nya dgn ISS ya gan?
dan apa bermasalah klo bersihin throttle body dgn di olesin bensin/solar? butterfly valve nya sekalian di lap juga?

soalnya kl AC on, mobil lagi jalan dan di rem hinggal berhenti total, RPM akan drop ke 550 kemudian naik lagi ke 600-700 pas mobil udh berhenti.

sorry oot sedikit
Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.

Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.

anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.

PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19

Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.

Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.

Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu :ngacir:
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

evanbngdor wrote: Mon Feb 24, 2020 9:45
Suryaputra wrote: Mon Feb 24, 2020 8:13
arfs wrote: Mon Feb 24, 2020 7:47 Bukan throttle body nya di olesin bensin/solar, tapi lap/kain yang untuk membersihkan nya yang dikasi bensin/solar/cairan cleaner untuk membersihkan kerak kotoran di butterfly valve nya.

Selama ini saya membersihkan dengan cara tsb gk ada masalah sih.
Iya, tiap servis berkala di bengkel honda or suzuki jg saya perhatiin caranya spt ini.

anyway klo suzuki dan domisili di jakarta/bekasi, bisa coba ketika servis berkala ke bengkel resmi di dealer pusat Suzuki Pulogadung,
tempatnya agak ke dalam, tapi service dan kualitasnya terbaik.
Karena ini main dealer terbesar di Indonesia.

PT. Sejahtera Buana Trada
Jl. Raya Bekasi No.KM.19

Saya pernah miara baleno, next-g, aerio dan suip, selalu servis di sana, karena diagnosa penyakit cukup akurat dan parts juga murah.
selama servis di sana, masih boleh bawa parts dan cairan lendir merk lain dari luar, selama spesifikasi masuk kriteria.

Pernah juga power window suip saya, dulu agak macet dan bunyi motornya,
servis di situ diakalin dgn dibongkar jeroan motor power window nya, dan ditambahin lendir biar licin,
hasilnya power window lancar dan motor halus sampai mobil dijual lagi.

Servis2 minor gtu, dan ngilangin bunyi2 rattle interior gak ada tambahan biaya, karena masuk paket jasa servis berkala.
memuaskan lah di sana servis nya waktu itu :ngacir:
Somehow, SBT yang di puri indah itu pelayanannya termasuk oke sih, dan ngga susah buat klaim garansi.

Waktu itu pernah nemenin temen klaim garansi ertiga nya. Dan prosesnya cepet, ngga bertele-tele. Begitu diliat ada penyimpangan langsung ada keputusan buat penggantian part, dan langsung diorderin jg part nya saat itu jg.

Jujur aja ada beberapa pelayanan yang saya rasa lebih bagus drpd Auto2000 nya Toyota
:mky_01:
Nah SBT ini emang lgs di bawah naungan ATPM nya suzuki.

Jaringan SBT baru di area jabodetabek ya,
http://www.suzuki-mobil.co.id/jaringan-jabodetabek/
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
Leonhart
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 527
Joined: Wed Sep 26, 2012 21:17
Location: South Sumatera
Daily Vehicle: Honda_HR-V_1,8

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Leonhart »

Minta saran dong

Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20

Masing2 ada 4 botol

Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda

Skrg sich masih pake kendall
Jman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Fri Sep 14, 2012 9:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Jman »

rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 7:29 Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
masih garansi ya om? kan udh 50ribu km itu..
itu shim tappet aus begitu dikasih tw sama teknisinya kah? apa ngecek sendiri ya?
soalnya punya gw awal” juga dikasih oli 0w-20 sm 😂
User avatar
omenRoo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 762
Joined: Sun Apr 26, 2009 16:30

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by omenRoo »

ada yang pernah pake shell helix hx7 5w-40 sn plus?
harganya menarik..
Jman
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Fri Sep 14, 2012 9:37

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Jman »

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12 Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317

all new jimny kok pake “SUZUKI ATF 3317 or Mobil ATF3309 atau setara
DEXRON® -III” keterangan di manual booknya? padahal kan pake k15b juga..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

Jman wrote: Tue Feb 25, 2020 3:49
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic



Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317

all new jimny kok pake “SUZUKI ATF 3317 or Mobil ATF3309 atau setara
DEXRON® -III” keterangan di manual booknya? padahal kan pake k15b juga..
Apa gara2 4WD jd tipe gearbox sama rasionya beda ya om? Sama2 4speed juga tapi, mgkn ambil dr jimny sblmnya
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

k15b kan engine nya.
mgkn transmisinya masih pakai yg lama
sama yg di pakai swift dan sx4 lama yg minta ATF 3317
Jman wrote: Tue Feb 25, 2020 3:49
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic



Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317

all new jimny kok pake “SUZUKI ATF 3317 or Mobil ATF3309 atau setara
DEXRON® -III” keterangan di manual booknya? padahal kan pake k15b juga..
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9523
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Suryaputra »

Leonhart wrote: Mon Feb 24, 2020 20:33 Minta saran dong

Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20

Masing2 ada 4 botol

Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda

Skrg sich masih pake kendall
bebas ajah om bro.
Klo lihat datasheet produsen, Q8 0w20 lebih kentel dikit dibanding PTT 0w20 SN+

yg penting tiap ganti oli, ganti filter ajah,
dan tuang oli murah baru 1-2 liter, pas ketika oli lama udh selesai netes (dlm keadaan baut oil pan + filter dibuka),
agar sisa daki oli lama yg ada di oil pan, ntar ikut kebuang juga.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by marmut »

Leonhart wrote: Mon Feb 24, 2020 20:33 Minta saran dong

Ane di rmh ada ptt 0w-20
Sama q8 0w-20

Masing2 ada 4 botol

Enakan pake yg mana dulu ya buat tuang ke mesin r18 Honda

Skrg sich masih pake kendall

Mesran Super 20w50 API SG.

:big_okay:
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 788
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Duvebriliant0 »

Di manual book mintanya 4.2L tp diisi 4L doang gpp ga ya?
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Jambangan »

Duvebriliant0 wrote: Tue Feb 25, 2020 7:52 Di manual book mintanya 4.2L tp diisi 4L doang gpp ga ya?
Cek dipstick aja om
Kalo udah di FULL atau dibawah FULL dikit aman
Dulu jaman pake xtrail mesin MR20DE mintanya 4,4 L pas diisi 4 L udah penuh
Soalnya liat spek di US mesin yg sama jg minta 4 L doang
Bayuright
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Bayuright »

Jambangan wrote:
Duvebriliant0 wrote: Tue Feb 25, 2020 7:52 Di manual book mintanya 4.2L tp diisi 4L doang gpp ga ya?
Cek dipstick aja om
Kalo udah di FULL atau dibawah FULL dikit aman
Dulu jaman pake xtrail mesin MR20DE mintanya 4,4 L pas diisi 4 L udah penuh
Soalnya liat spek di US mesin yg sama jg minta 4 L doang
Saya dirumah piara kia rio
Manual book tertulis 3,3 L kalo ganti oli plus filter
Diisi cma 3L dipstik udah mepet batas max padahal filter juga ganti
Pokoknya ga dibawah batas min aja
Dimesin Lebih enteng juga [emoji1787][emoji1787]
bocahelek
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 22, 2019 2:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2GD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by bocahelek »

Om Om , subtitusi Castrol Edge 5W40 ini apa aja ya ? biasa bengkel VW pakai oli itu untuk ganti oli , mau coba ganti oli bukan ke beres tapi agak susah cari oli Castrol Edge .
Thank you
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21986
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Turboman »

bocahelek wrote:Om Om , subtitusi Castrol Edge 5W40 ini apa aja ya ? biasa bengkel VW pakai oli itu untuk ganti oli , mau coba ganti oli bukan ke beres tapi agak susah cari oli Castrol Edge .
Thank you
5W40 API SN

PTT NGV 5W40

TBN cuman 8 an

https://www.blibli.com/p/ptt-lubricants ... nding=true

atau 5W40 API SN lain yg TBN di bawah 10 kalo bisa & type High Perf dimana antiwear cuukup utk melumasi camshaft krn ada pompa High Press GDI

bocahelek
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 22, 2019 2:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2GD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by bocahelek »

Mobil 5W40 https://www.mobil.com/en-FR/Passenger-V ... bil-1-5W40 ...... cocok ndak ya Om ..... tapi koq TBN 11 lebih :(
bocahelek
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Thu Aug 22, 2019 2:13
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2GD

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by bocahelek »

nemu postingan lama viewtopic.php?p=772087#p772087 bandingin Castrol 5W40 vs M1 0W40 ... ini masih valid gak ya Om ... kebetulan ready nich barang M1 0W40
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by sandal »

marmut wrote: Tue Feb 25, 2020 4:59 Mesran Super 20w50 API SG.

:big_okay:


Tiap 15rb km ganti oli 20w50, Mobilio 2016


:ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement