Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

loh kok di isi API SM?
suzuki ane ga pernah dimasukin API SM
dlu aerio di isi SL, trakhir SX4 ane di kasih SN sm mereka
rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 7:29 Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
Bayuright
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Bayuright »

rendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...
1582356273861.jpg
:big_dunno:
Mantep dah flat tape dikasi oli API SM
Paling salah ketik api SN kali
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by B 0 YZ »

@ om surya n on turbo

Thank you advicenya, 1000 lagi cekokin si total deh, coba hajar sampe mendekati 10ribu kalo masih enak
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 9:17 loh kok di isi API SM?
suzuki ane ga pernah dimasukin API SM
dlu aerio di isi SL, trakhir SX4 ane di kasih SN sm mereka
rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 7:29 Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
Bayuright wrote: Sat Feb 22, 2020 9:20
rendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
Mantep dah flat tape dikasi oli API SM
Paling salah ketik api SN kali
Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru

Ecstar 0w20 baru SN...
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Bayuright
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Wed Oct 28, 2015 4:48

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Bayuright »

rendr wrote:
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 9:17 loh kok di isi API SM?
suzuki ane ga pernah dimasukin API SM
dlu aerio di isi SL, trakhir SX4 ane di kasih SN sm mereka
rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 7:29 Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
rendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
Mantep dah flat tape dikasi oli API SM
Paling salah ketik api SN kali
Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru

Ecstar 0w20 baru SN...[/quote]Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

Bayuright wrote: Sat Feb 22, 2020 10:53
rendr wrote:
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 9:17 loh kok di isi API SM?
suzuki ane ga pernah dimasukin API SM
dlu aerio di isi SL, trakhir SX4 ane di kasih SN sm mereka

rendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...

Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...

1582356273861.jpg

:big_dunno:
Mantep dah flat tape dikasi oli API SM
Paling salah ketik api SN kali
Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru

Ecstar 0w20 baru SN...
Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
[/quote]

Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12
Bayuright wrote: Sat Feb 22, 2020 10:53
rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 9:56

Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru

Ecstar 0w20 baru SN...
Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...

Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12
Bayuright wrote: Sat Feb 22, 2020 10:53
rendr wrote:Mantep dah flat tape dikasi oli API SM
Paling salah ketik api SN kali
Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru

Ecstar 0w20 baru SN...
Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
[/quote]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 12:24
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12
Bayuright wrote: Sat Feb 22, 2020 10:53
Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...

Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.

Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12
Bayuright wrote: Sat Feb 22, 2020 10:53

Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru

Ecstar 0w20 baru SN...
Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
[/quote]

Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12 Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketik
Tp herannya mobilnya sehat sehat aja
Mungkin ga kerasa, tau tau dirawat dibengkel [emoji24][emoji24]
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
[/quote]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic



Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
[/quote]

Spek oli matic ndak bs ditawar om, spt yang saya alamin dulu. Di karter pas 40rb ganti yg 3317, habis itu kl akselerasi/gigi4 ngedengung sama jd kasar suaranya (ini kondisi ATF sebagian kecampur sama yg beda spek). Kaya gini saya ngalamin selama 18rb km om (jangka waktu 2th) sampe tenaga ertiga saya rasanya leleeeet banget. akhirnya di KM 58rb saya kuras pakai Q8 Auto JK, itu comply ke AW1. Mobil rasanya lsg kaya baru, tarikan enak dan halus banget. Nah, cuma ada tapinya nih. Stl ganti suara ngedengung ttp ada walaupun nggak separah sblm kuras, dugaan saya krn salah spek itu mulai ngaruh ke kondisi komponen daleman (sedikit mulai aus, tau lah kalo AT udah kena servisnya berapa dan saya nggak mau itu terjadi).

Om bener pake SX4 lama kan ya?
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by kompresorz »

tadi mampir lupa cek toda masih promo gak tuh PTT 0-20 SN+...

buat alpad 1000 km lagi ganti oli kilometer 90.000....


besok telpon dah...biar lgsg ganti....semoga di kartu oli toda ada no telpon... :upss:


:ngacir:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ngedengung gmn bunyinya?
sudah dipastikan dr gearbox om?
coba bersihin valve body, mgkn membantu
pas mau ganti Q8 apa sudah di flush?
iya ane pake SX4 lama, masih 4 speed.
transmisi sih masih enak skrg cm oli nya hanya setengah di range HOT. dan 3317 susah bgt di suzuki kota ane
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 13:31
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
Spek oli matic ndak bs ditawar om, spt yang saya alamin dulu. Di karter pas 40rb ganti yg 3317, habis itu kl akselerasi/gigi4 ngedengung sama jd kasar suaranya (ini kondisi ATF sebagian kecampur sama yg beda spek). Kaya gini saya ngalamin selama 18rb km om (jangka waktu 2th) sampe tenaga ertiga saya rasanya leleeeet banget. akhirnya di KM 58rb saya kuras pakai Q8 Auto JK, itu comply ke AW1. Mobil rasanya lsg kaya baru, tarikan enak dan halus banget. Nah, cuma ada tapinya nih. Stl ganti suara ngedengung ttp ada walaupun nggak separah sblm kuras, dugaan saya krn salah spek itu mulai ngaruh ke kondisi komponen daleman (sedikit mulai aus, tau lah kalo AT udah kena servisnya berapa dan saya nggak mau itu terjadi).

Om bener pake SX4 lama kan ya?
[/quote]
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 14:12 ngedengung gmn bunyinya?
sudah dipastikan dr gearbox om?
coba bersihin valve body, mgkn membantu
pas mau ganti Q8 apa sudah di flush?
iya ane pake SX4 lama, masih 4 speed.
transmisi sih masih enak skrg cm oli nya hanya setengah di range HOT. dan 3317 susah bgt di suzuki kota ane
Spek oli matic ndak bs ditawar om, spt yang saya alamin dulu. Di karter pas 40rb ganti yg 3317, habis itu kl akselerasi/gigi4 ngedengung sama jd kasar suaranya (ini kondisi ATF sebagian kecampur sama yg beda spek). Kaya gini saya ngalamin selama 18rb km om (jangka waktu 2th) sampe tenaga ertiga saya rasanya leleeeet banget. akhirnya di KM 58rb saya kuras pakai Q8 Auto JK, itu comply ke AW1. Mobil rasanya lsg kaya baru, tarikan enak dan halus banget. Nah, cuma ada tapinya nih. Stl ganti suara ngedengung ttp ada walaupun nggak separah sblm kuras, dugaan saya krn salah spek itu mulai ngaruh ke kondisi komponen daleman (sedikit mulai aus, tau lah kalo AT udah kena servisnya berapa dan saya nggak mau itu terjadi).

Om bener pake SX4 lama kan ya?
[/quote]
[/quote]

Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.

Oh maap lupa om, betul yg Q8 itu saya pake unt flushing di ertiga habisnya 5lt (sesuai di buku panduan) sekalian bersihin filter ATF dan wadah karternya (pesen paking karter transmisi dulu di suzuki, dibersihkan pakai bensin). Bersihin valve body menurut saya kl sdh kilometer tinggi om, krn bakal ribet dan lama wkt sy lihat fisiknya. Dan beresiko kl salah masang nggak karuan. Wkt itu masi jalan 58rb nggak dibersihin dulu.

SX4nya udah km berapa dan riwayat maintenance ganti/flushing ATFnya gimana om? Kdg 2 hal itu pengaruh juga krn spt maintain

Coba consider ke PTT automat A1 aja om, sy sdh flush di mazda 2 non sky saya enak, minim slip pas oper2 giginya sesuai review disini. Beli via blibli

ATF yg direkomen disini rata2 udah fullsynth om, jadi lbh oke scr kualitas. Kl yg oem beres suzuki setau saya blm full synth
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ane terakhir flush abis 9 liter
filter ATF ane blm pernah bersihin slama ini
ane sih ganti ATF setiap kelipatan 20rb
dlu beli second ini mobil jd ga tau gmn history nya pas di tangan owner dlu.. wah klo PTT masti beli online donk. kira2 pengaruh ga klo oli matic ga full? secara masih 13rb KM lg untuk flush selanjutnya

oh iya sx4 ga bisa pake gigi 4 klo blm diatas 60km/h

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 14:25
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 14:12
Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.

Oh maap lupa om, betul yg Q8 itu saya pake unt flushing di ertiga habisnya 5lt (sesuai di buku panduan) sekalian bersihin filter ATF dan wadah karternya (pesen paking karter transmisi dulu di suzuki, dibersihkan pakai bensin). Bersihin valve body menurut saya kl sdh kilometer tinggi om, krn bakal ribet dan lama wkt sy lihat fisiknya. Dan beresiko kl salah masang nggak karuan. Wkt itu masi jalan 58rb nggak dibersihin dulu.

SX4nya udah km berapa dan riwayat maintenance ganti/flushing ATFnya gimana om? Kdg 2 hal itu pengaruh juga krn spt maintain

Coba consider ke PTT automat A1 aja om, sy sdh flush di mazda 2 non sky saya enak, minim slip pas oper2 giginya sesuai review disini. Beli via blibli

ATF yg direkomen disini rata2 udah fullsynth om, jadi lbh oke scr kualitas. Kl yg oem beres suzuki setau saya blm full synth
[/quote]
bintangsimbolonrim
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Feb 22, 2020 14:41
Location: Sumatra utara
Daily Vehicle: Captiva

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by bintangsimbolonrim »

Slam kenal dari sumatra (samosir) buat para master2 turboman
Saya baru ambil chevrolet captiva 2015 fl
Saya bingung mau pake oli mesin tuk captiva yg bagus dgn bajet 500rb an
Mohon petunjuk para suhu2 master turbo
Sekalian tuk bbm katany pake aditif y?
Trimakasih buat smuany
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by maastricht889 »

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 14:45 ane terakhir flush abis 9 liter
filter ATF ane blm pernah bersihin slama ini
ane sih ganti ATF setiap kelipatan 20rb
dlu beli second ini mobil jd ga tau gmn history nya pas di tangan owner dlu.. wah klo PTT masti beli online donk. kira2 pengaruh ga klo oli matic ga full? secara masih 13rb KM lg untuk flush selanjutnya

oh iya sx4 ga bisa pake gigi 4 klo blm diatas 60km/h

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 14:25
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 14:12
Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.

Oh maap lupa om, betul yg Q8 itu saya pake unt flushing di ertiga habisnya 5lt (sesuai di buku panduan) sekalian bersihin filter ATF dan wadah karternya (pesen paking karter transmisi dulu di suzuki, dibersihkan pakai bensin). Bersihin valve body menurut saya kl sdh kilometer tinggi om, krn bakal ribet dan lama wkt sy lihat fisiknya. Dan beresiko kl salah masang nggak karuan. Wkt itu masi jalan 58rb nggak dibersihin dulu.

SX4nya udah km berapa dan riwayat maintenance ganti/flushing ATFnya gimana om? Kdg 2 hal itu pengaruh juga krn spt maintain

Coba consider ke PTT automat A1 aja om, sy sdh flush di mazda 2 non sky saya enak, minim slip pas oper2 giginya sesuai review disini. Beli via blibli

ATF yg direkomen disini rata2 udah fullsynth om, jadi lbh oke scr kualitas. Kl yg oem beres suzuki setau saya blm full synth
[/quote]

Kl saya yg penting dapet yg bagus dan sesuai spek om, daripada nyari di lokalan (apalg luar bengkel resmi) meragukan barangnya, mgkn kl SnD bisa dan pasti asli. Cuma kdg harganya krg bersahabat dibanding beli online (misal PTT) yang bs dari official storenya. Itu terakir flush pake ATF apa dan ODOmeter sekarang berapa om?
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:41
rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 12:24
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 11:12

Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...

Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.

Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...


Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
rendr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1101
Joined: Mon Mar 19, 2018 6:47
Daily Vehicle: Apa aja yg penting reliable

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by rendr »

Oom Viper boleh tau domisili dimana?

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic



Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
Jangan diperbudak sama mobil.
Jangan habis duit untuk mengembalikan mobil ke kondisi 0, keluar uang untuk upgrade ok.
Luther
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 88
Joined: Sun Sep 01, 2019 15:42
Location: Medan
Daily Vehicle: ANGL CVT

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Luther »

Oms mau tanya, di kondisi mana kah yg lebih "menyiksa" oli, di KM 3000 / 2 bulan atau di KM 3000 / 6 bulan ? :big_think: :ungg:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by Jambangan »

rendr wrote: Sun Feb 23, 2020 5:16
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:41
rendr wrote: Sat Feb 22, 2020 12:24
Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...

Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.

Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...


Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Di kantor ane ada yg punya scross tahun awal
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih :upss:
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

ane sih selalu pakai ATF 3317 dari suzuki
cuma ya sering banget ga ready
oli aja mesti pesen dulu
bingung mau cari subtitusi, di SnD juga cuma ada castrol yang dexron 3. odo skrg udah 105rb KM
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 15:46
ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 14:45 ane terakhir flush abis 9 liter
filter ATF ane blm pernah bersihin slama ini
ane sih ganti ATF setiap kelipatan 20rb
dlu beli second ini mobil jd ga tau gmn history nya pas di tangan owner dlu.. wah klo PTT masti beli online donk. kira2 pengaruh ga klo oli matic ga full? secara masih 13rb KM lg untuk flush selanjutnya

oh iya sx4 ga bisa pake gigi 4 klo blm diatas 60km/h

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 14:25
Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.

Oh maap lupa om, betul yg Q8 itu saya pake unt flushing di ertiga habisnya 5lt (sesuai di buku panduan) sekalian bersihin filter ATF dan wadah karternya (pesen paking karter transmisi dulu di suzuki, dibersihkan pakai bensin). Bersihin valve body menurut saya kl sdh kilometer tinggi om, krn bakal ribet dan lama wkt sy lihat fisiknya. Dan beresiko kl salah masang nggak karuan. Wkt itu masi jalan 58rb nggak dibersihin dulu.

SX4nya udah km berapa dan riwayat maintenance ganti/flushing ATFnya gimana om? Kdg 2 hal itu pengaruh juga krn spt maintain

Coba consider ke PTT automat A1 aja om, sy sdh flush di mazda 2 non sky saya enak, minim slip pas oper2 giginya sesuai review disini. Beli via blibli

ATF yg direkomen disini rata2 udah fullsynth om, jadi lbh oke scr kualitas. Kl yg oem beres suzuki setau saya blm full synth
Kl saya yg penting dapet yg bagus dan sesuai spek om, daripada nyari di lokalan (apalg luar bengkel resmi) meragukan barangnya, mgkn kl SnD bisa dan pasti asli. Cuma kdg harganya krg bersahabat dibanding beli online (misal PTT) yang bs dari official storenya. Itu terakir flush pake ATF apa dan ODOmeter sekarang berapa om?
[/quote]
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

domisili di lampung om.
oli disini sulit, mesin atau ATF sama2 susah carinya
rendr wrote: Sun Feb 23, 2020 5:18 Oom Viper boleh tau domisili dimana?

ViPerRed wrote: Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.

erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:43

Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.

Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
ViPerRed
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Thu Dec 19, 2019 4:00
Location: Lampung
Daily Vehicle: Suzuki SX4 - 2011

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 11

Post by ViPerRed »

emg gitu om bunyi M15A, 2x ane punya mobil M15A
ada suara kluk kluk kluk tp masih lebih halus dibanding HR15 dan 1nzfe. dan klo masih dingin, RPM M15a cenderung rendah sekitar 600rpm
Jambangan wrote: Sun Feb 23, 2020 12:51
rendr wrote: Sun Feb 23, 2020 5:16
erwinign wrote: Sat Feb 22, 2020 12:41

Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.

Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...


Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Di kantor ane ada yg punya scross tahun awal
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih :upss: