suzuki ane ga pernah dimasukin API SM
dlu aerio di isi SL, trakhir SX4 ane di kasih SN sm mereka
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Mantep dah flat tape dikasi oli API SMrendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...
Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...
Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..Bayuright wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 9:20Mantep dah flat tape dikasi oli API SMrendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...
Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...
1582356273861.jpg
Paling salah ketik api SN kali
Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..rendr wrote:Mantep dah flat tape dikasi oli API SMrendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...
Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...
1582356273861.jpg
Paling salah ketik api SN kali
Pantesan di grub R3 ada yg posting pake oli beres api SM, kirain salah ketikBayuright wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 10:53Boleh cek SGO 0w20 itu API Servicenya apa..rendr wrote:Mantep dah flat tape dikasi oli API SMrendr wrote:Barusan claim shim tappet, dan pas liat kondisi cam lobe di titik yg kena mie tektek ternyata pada aus begini...
Oli pake bawaan beres sijuki 20rb km pertama 0w20 SM, sampe jalan 50rb km skrg pake 5w30 SN nya mereka...
1582356273861.jpg
Paling salah ketik api SN kali
Hampir semua scross baru dijejelin nya SGO 0w20 SM..
Kudu request dulu baru dikasih 5w30 SN botol biru
Ecstar 0w20 baru SN...
Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 11:12Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.rendr wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:24Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...
Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
[/quote]ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:43ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
[/quote]ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:43ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
Spek oli matic ndak bs ditawar om, spt yang saya alamin dulu. Di karter pas 40rb ganti yg 3317, habis itu kl akselerasi/gigi4 ngedengung sama jd kasar suaranya (ini kondisi ATF sebagian kecampur sama yg beda spek). Kaya gini saya ngalamin selama 18rb km om (jangka waktu 2th) sampe tenaga ertiga saya rasanya leleeeet banget. akhirnya di KM 58rb saya kuras pakai Q8 Auto JK, itu comply ke AW1. Mobil rasanya lsg kaya baru, tarikan enak dan halus banget. Nah, cuma ada tapinya nih. Stl ganti suara ngedengung ttp ada walaupun nggak separah sblm kuras, dugaan saya krn salah spek itu mulai ngaruh ke kondisi komponen daleman (sedikit mulai aus, tau lah kalo AT udah kena servisnya berapa dan saya nggak mau itu terjadi).erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 13:31ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
Spek oli matic ndak bs ditawar om, spt yang saya alamin dulu. Di karter pas 40rb ganti yg 3317, habis itu kl akselerasi/gigi4 ngedengung sama jd kasar suaranya (ini kondisi ATF sebagian kecampur sama yg beda spek). Kaya gini saya ngalamin selama 18rb km om (jangka waktu 2th) sampe tenaga ertiga saya rasanya leleeeet banget. akhirnya di KM 58rb saya kuras pakai Q8 Auto JK, itu comply ke AW1. Mobil rasanya lsg kaya baru, tarikan enak dan halus banget. Nah, cuma ada tapinya nih. Stl ganti suara ngedengung ttp ada walaupun nggak separah sblm kuras, dugaan saya krn salah spek itu mulai ngaruh ke kondisi komponen daleman (sedikit mulai aus, tau lah kalo AT udah kena servisnya berapa dan saya nggak mau itu terjadi).ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 14:12 ngedengung gmn bunyinya?
sudah dipastikan dr gearbox om?
coba bersihin valve body, mgkn membantu
pas mau ganti Q8 apa sudah di flush?
iya ane pake SX4 lama, masih 4 speed.
transmisi sih masih enak skrg cm oli nya hanya setengah di range HOT. dan 3317 susah bgt di suzuki kota ane
Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.
[/quote]ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 14:45 ane terakhir flush abis 9 liter
filter ATF ane blm pernah bersihin slama ini
ane sih ganti ATF setiap kelipatan 20rb
dlu beli second ini mobil jd ga tau gmn history nya pas di tangan owner dlu.. wah klo PTT masti beli online donk. kira2 pengaruh ga klo oli matic ga full? secara masih 13rb KM lg untuk flush selanjutnya
oh iya sx4 ga bisa pake gigi 4 klo blm diatas 60km/h
Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.
Oh maap lupa om, betul yg Q8 itu saya pake unt flushing di ertiga habisnya 5lt (sesuai di buku panduan) sekalian bersihin filter ATF dan wadah karternya (pesen paking karter transmisi dulu di suzuki, dibersihkan pakai bensin). Bersihin valve body menurut saya kl sdh kilometer tinggi om, krn bakal ribet dan lama wkt sy lihat fisiknya. Dan beresiko kl salah masang nggak karuan. Wkt itu masi jalan 58rb nggak dibersihin dulu.
SX4nya udah km berapa dan riwayat maintenance ganti/flushing ATFnya gimana om? Kdg 2 hal itu pengaruh juga krn spt maintain
Coba consider ke PTT automat A1 aja om, sy sdh flush di mazda 2 non sky saya enak, minim slip pas oper2 giginya sesuai review disini. Beli via blibli
ATF yg direkomen disini rata2 udah fullsynth om, jadi lbh oke scr kualitas. Kl yg oem beres suzuki setau saya blm full synth
Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:41Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.rendr wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:24Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...
Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.
erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:43Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:40 ngawur gimana nih maksudnya?
di kota ane susah bgt klo mau beli ATF 3317
sering ga ready. ane ga tau subtitusinya untuk oli ini apaan, ada yg bilang wajib 3317 ada jg yg blg bebas asal dexron 3.. secara oli matic ane sisa setengah saat HOT, pgn ane tambah tapi kata mekanik nya ga perlu. btw ane rada kesulitan baca dipstik matic
Hahahahaha itu kayanya hmpr semua beres suzuki gitu om, buat yg keluaran baru kasihin 0w20 SM. Kadangpun saya bw oli sendiri dijulidin sama SAnya, saya bodo amat dah. Juga sama oli maticnya sering ngawur itu suzuki, disamping pengerjaannya oke dan murah
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
Di kantor ane ada yg punya scross tahun awalrendr wrote: ↑Sun Feb 23, 2020 5:16Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:41Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.rendr wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:24
Org dikiranya mereka API SM itu backward compatible dgn API SL...
Oiya soal oli matic ini juga, udh bbrp case scross di grup yg ganti oli matic di interval svc 40k dijejelin ATF 3317 10 Liter.... Di manual book aja jelas2 minta AW-1 untung mereka disodorin manual book mau ganti lg ke AW-1
Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Kl saya yg penting dapet yg bagus dan sesuai spek om, daripada nyari di lokalan (apalg luar bengkel resmi) meragukan barangnya, mgkn kl SnD bisa dan pasti asli. Cuma kdg harganya krg bersahabat dibanding beli online (misal PTT) yang bs dari official storenya. Itu terakir flush pake ATF apa dan ODOmeter sekarang berapa om?erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 15:46ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 14:45 ane terakhir flush abis 9 liter
filter ATF ane blm pernah bersihin slama ini
ane sih ganti ATF setiap kelipatan 20rb
dlu beli second ini mobil jd ga tau gmn history nya pas di tangan owner dlu.. wah klo PTT masti beli online donk. kira2 pengaruh ga klo oli matic ga full? secara masih 13rb KM lg untuk flush selanjutnya
oh iya sx4 ga bisa pake gigi 4 klo blm diatas 60km/h
Di gigi 4 om biasa, suara ngungngunguknguknguknguknguk ngikutin kecepatanya brp, kl tmbh tinggi temponya tambah cepet. Iya confirmed dari gearbox om, krn stl flush bunyinya bener2 minimal dan oper2annya enak.
Oh maap lupa om, betul yg Q8 itu saya pake unt flushing di ertiga habisnya 5lt (sesuai di buku panduan) sekalian bersihin filter ATF dan wadah karternya (pesen paking karter transmisi dulu di suzuki, dibersihkan pakai bensin). Bersihin valve body menurut saya kl sdh kilometer tinggi om, krn bakal ribet dan lama wkt sy lihat fisiknya. Dan beresiko kl salah masang nggak karuan. Wkt itu masi jalan 58rb nggak dibersihin dulu.
SX4nya udah km berapa dan riwayat maintenance ganti/flushing ATFnya gimana om? Kdg 2 hal itu pengaruh juga krn spt maintain
Coba consider ke PTT automat A1 aja om, sy sdh flush di mazda 2 non sky saya enak, minim slip pas oper2 giginya sesuai review disini. Beli via blibli
ATF yg direkomen disini rata2 udah fullsynth om, jadi lbh oke scr kualitas. Kl yg oem beres suzuki setau saya blm full synth
rendr wrote: ↑Sun Feb 23, 2020 5:18 Oom Viper boleh tau domisili dimana?
ViPerRed wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 13:00 oh iya betul, setau ane 6 speed ga pake 3317 lg
R3 juga ga pake 3317 lg. masti ati2 emg.
ane skrg pgn nambah 3317 krn sisa stengah di HOT, terakhir flush 7000km yg lalu. klo ane pake toyota T4 atau castrol dexron 3 apa bisa ya?? di kota ane jarang pilihan oli.
erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:43
Speknya ngawur om, suzuki yg k14b/k15b kaya ertiga/ANE/swift terakhir/baleno + scross 6speed itu minta spek ATFnya AW1. Tapi sama bengkel resmi main dimasukkinnya ATF 3317, padahal jelas banget mereka nyetok yg AW1.
Justru kl sx4nya om yg model lama 4speed gampang om, rata2 ATF comply ke 3317
Jambangan wrote: ↑Sun Feb 23, 2020 12:51Di kantor ane ada yg punya scross tahun awalrendr wrote: ↑Sun Feb 23, 2020 5:16Ga heran deh cam lobe M15A gw aus begini... ini sengaja mereka kasih treatment gini apa emg lack of knowledge ya? Dan ini pun di "paksa" selama warranty period.. bukannya ini jadi "monopoli" ya... Kecuali memang produk mereka sudah yg terbaik dari segala sisi...erwinign wrote: ↑Sat Feb 22, 2020 12:41
Hadeh2, kl SL setau saya malah backward compatible to API SN sih om. Ya kan, di scross kejadian jg, swift terakhir iya (ini dr postingan berita otomotifnet soal perawatan swift k14b). Kesambet apa itu bagian training mekaniknya, padahal di tutup dipstick udah ketulis gede "SUZUKI AW-1" sama di buku panduan juga. Siap2 aja itu user yg pada ndak tau ngerasain dengung2 aneh pas jalan. 3317 padahal buat swift sama sx4 yang M15A setau saya.
Pernah sy tanyain (sy pura2 jd orang awam) ke org sparepart "bedanya 3317 sama AW1 apa pak?" Jawabnya "Kl yang AW1 buat yg ikut program kontrak servis pak, 3317 buat yg umum biasa". Mandor mekaniknya pernah sy tanyain juga "spek apa yg cocok pak buat ATF ertiga?" Jwbnya "Asal udah dexron 3 nggak masalah" = banyakan yg dexron 3 pd comply ke 3317, tp dexron 3 (rata2 meet spec ini si ATF sekarang) yg comply ke 3317 sama AW1 jarang. Sampe level SnD pun saya tanyain jawabannya ya sami mawon, cuma bilang "biasanya pake castrol transmax, udah pernah ada yg kuras nggak masalah".
Yg saya tau ATF yg comply 3317 dan AW-1 secara bersamaan cuman Aisin AFW+.. itupun di PDS terbarunya baru mereka cantumin AW-1 comply.. tp emang lbh kentel dibanding Q8 Auto JK/PTT LV-1 sih..
Tiap dia datang parkir di samping mobil ane suaranya kasar bgt tek tek tek gitu
Curiga gara2 dicekokin SGO 0W20 SM
Yg pake emak2 sih