Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, y_anjasrana, ginting, FRD, artoodetoo, b8099ok

Post Reply
coipan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: 22 Feb 2015, 00:15

Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by coipan » 10 Jan 2020, 16:07

Sore suhu2 sekalian,

Saya ingin bertanya, saya punya anps 2019 dengan no pil 3 angka, misalkan rencana saya jual mobil itu trus mw beli mobil baru apakah bisa memindahkan plat no lama tersebut ke mobil baru? Apakah dikenakan biaya ? Atau hanya biaya administrasi yang ga terlalu besar? Soalnya klo besar hitungannya mending saya ambil no baru lagi

Fyi saya beli no itu pas baru seharga 12.5jt ,

bangrosi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by bangrosi » 11 Jan 2020, 14:52

Pasti ada biaya karena harus registrasi dan ganti bpkb lebih rincinya mending tanya biro jasa yg sdh berpengalaman.

Itu 3 angka kok mahal bgt 12,5jt kalo gk salah resminya cuma 7,5jt dan 10jt tanpa huruf belakang plus biaya2 lain

User avatar
Asfur
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 468
Joined: 24 Oct 2008, 11:19

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by Asfur » 14 Jan 2020, 15:29

yg pernah sy tanyain sama org yg biasa ngurus surat2 mobil, katanya biayanya hampir sama atau bahkan sama dgn beli nomor cantik tsb pada harga disamsat saat ini (asumsi nomor yg sama dgn yg saat ini dipake), krn kan istilahnya yg mobil baru yg milih nomor, bedanya kan nomornya udah pasti om dpt krn itu nomor udah pegangan si om. ntr yg mobil anps nya diksh nomor gratisan, cuman lupa nanya kena biaya lagi atau ngk krn akibat pindah nomor ini.

sapi12
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 26
Joined: 24 Aug 2019, 16:49
Location: Jawa
Daily Vehicle: Rush

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by sapi12 » 14 Jan 2020, 18:08

coipan wrote:
10 Jan 2020, 16:07
Sore suhu2 sekalian,

Saya ingin bertanya, saya punya anps 2019 dengan no pil 3 angka, misalkan rencana saya jual mobil itu trus mw beli mobil baru apakah bisa memindahkan plat no lama tersebut ke mobil baru? Apakah dikenakan biaya ? Atau hanya biaya administrasi yang ga terlalu besar? Soalnya klo besar hitungannya mending saya ambil no baru lagi

Fyi saya beli no itu pas baru seharga 12.5jt ,
Hmm..
Saya lebih tertarik, kenapa ANPS nya mau dijual?

sh00t
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by sh00t » 14 Jan 2020, 18:34

Musti tanya Om @F 272 nih. :big_exellent:

bangrosi
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 270
Joined: 20 Nov 2013, 12:53

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by bangrosi » 15 Jan 2020, 03:07

Mau tidak mau harus silang nomor kalo ingin pakai nomor yg sama, kalo tuh mobil dijual walaupun sdh di blokir nanti pas balik nama yg beli mobil itu akan di tanya mau pakai nopol yg lama di perpanjang (nopol pilihan) atau baru. kalo nopol yg lama di pakai lagi dan diperpanjang ya anda tidak bisa pakai kecuali yg beli itu mutasi atau pakai nopol baru.....

User avatar
F 272
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4175
Joined: 29 Apr 2013, 13:12
Location: Kota Bogor
Daily Vehicle: ANF 2016
Contact:

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by F 272 » 15 Jan 2020, 06:04

Hehehe...siaaap om.. !! Hadir ImageImageImageImage

Mudah itu om.. langkah2nya adalah sbb.

1. Nopil harus di cabut dahulu dari mobil lama... lalu ganti pake Nopol biasa, ngacak asal sedapatnya dari samsat lalu mobil lama silahkan jual atau stay..terserah.. sementara Nopil simpan dan bicara sama petugas Samsat bahwa Nopil akan dipakai di mobil baru. Ingat masa simpan ini tidak bisa lama2 yah.. yah anggap saja 1 sd 2 minggu karena kalo kelamaan nopil bakalan diambil orang yang incar dan siap beli dg membayar PNBP.

2. Saat mobil baru datang...bilang ke Dealer bahwa kita sudah punya Nopil simpanan dan ada di Samsat. Selanjut nya segera datang ke Samsat untuk bikin surat pengajuan permohonan Nopil untuk mobil baru, bayar PNPB baru lagi.. kalo kmaren katanya bayar 12jt an.. brarti skarang di mobil baru ini jg bayar sejumlah itu jg...hehehe boros yah.. itulah konsekwensi nya kalo mau pake Nopil.. dan itu harus berulang setiap 5 (lima) tahun saat ganti Plate, makanya yang paling hemat itu ganti mobil setiap 5 tahun saja..

Ada pertanyaan : kok bayar nya tidak sesuai dengan tarif PNPB ??

Saya jg sempat bertanya tentang hal itu... dan jawaban dari Samsat adalah : ada biaya Koordinasi komando dari Polda.. saya sempat hubungi teman yang ring 1 Polda, jawaban nya : itu kebijakan wilayah samsat masing2 berkoordinasi dengan Polda setempat, jika keberatan silahkan pakai saja nopol biasa spt saya Kang... sayang lho dana nya..gini hari harus bayar sekian hanya untuk sebuah nopol...lagian skarang itu jaman nya viral..apa2 viral...kalo dijalanan kita salah sedikit di video in orang dan di viarlkan lewat sosmed..sama sekali nga nyaman kalo Nopol nya Pilihan, mudah dikenal orang....gitu jawab teman saya hahahaha...

So.. terserah kita mau atau ngga ?
Walau akhir nya tetap saya pake Nopil di 1 mobil saya.
sh00t wrote:Musti tanya Om @F 272 nih. :big_exellent:

sh00t
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: 18 Jan 2019, 17:39

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by sh00t » 15 Jan 2020, 13:50

F 272 wrote:
15 Jan 2020, 06:04
Hehehe...siaaap om.. !! Hadir ImageImageImageImage

Mudah itu om.. langkah2nya adalah sbb.

1. Nopil harus di cabut dahulu dari mobil lama... lalu ganti pake Nopol biasa, ngacak asal sedapatnya dari samsat lalu mobil lama silahkan jual atau stay..terserah.. sementara Nopil simpan dan bicara sama petugas Samsat bahwa Nopil akan dipakai di mobil baru. Ingat masa simpan ini tidak bisa lama2 yah.. yah anggap saja 1 sd 2 minggu karena kalo kelamaan nopil bakalan diambil orang yang incar dan siap beli dg membayar PNBP.

2. Saat mobil baru datang...bilang ke Dealer bahwa kita sudah punya Nopil simpanan dan ada di Samsat. Selanjut nya segera datang ke Samsat untuk bikin surat pengajuan permohonan Nopil untuk mobil baru, bayar PNPB baru lagi.. kalo kmaren katanya bayar 12jt an.. brarti skarang di mobil baru ini jg bayar sejumlah itu jg...hehehe boros yah.. itulah konsekwensi nya kalo mau pake Nopil.. dan itu harus berulang setiap 5 (lima) tahun saat ganti Plate, makanya yang paling hemat itu ganti mobil setiap 5 tahun saja..

Ada pertanyaan : kok bayar nya tidak sesuai dengan tarif PNPB ??

Saya jg sempat bertanya tentang hal itu... dan jawaban dari Samsat adalah : ada biaya Koordinasi komando dari Polda.. saya sempat hubungi teman yang ring 1 Polda, jawaban nya : itu kebijakan wilayah samsat masing2 berkoordinasi dengan Polda setempat, jika keberatan silahkan pakai saja nopol biasa spt saya Kang... sayang lho dana nya..gini hari harus bayar sekian hanya untuk sebuah nopol...lagian skarang itu jaman nya viral..apa2 viral...kalo dijalanan kita salah sedikit di video in orang dan di viarlkan lewat sosmed..sama sekali nga nyaman kalo Nopol nya Pilihan, mudah dikenal orang....gitu jawab teman saya hahahaha...

So.. terserah kita mau atau ngga ?
Walau akhir nya tetap saya pake Nopil di 1 mobil saya.
sh00t wrote:Musti tanya Om @F 272 nih. :big_exellent:
Thanks yah om atas pencerahannya. :big_deal: :big_exellent:

tremonti
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 85
Joined: 21 Feb 2017, 10:56
Location: Jakarta

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by tremonti » 15 Jan 2020, 14:27

Awal 2018, saya cross nopol kena 9 juta... Prosedur nya cm sy serahkan ke Astrindo... Mereka yg urus semua, tapi sempat delay 3 minggu..
"Straight roads are for fast cars, turns are for fast drivers"
Colin McRae

Boeds
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 373
Joined: 01 Mar 2018, 13:39
Location: Jakarta
Daily Vehicle: SR3

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by Boeds » 15 Jan 2020, 15:00

om, misal begini, kita ada 2 mobil, A dan B

karena A yg tahun lama trus mau dijual.
tapi plat mereka mau diswap dulu sebelum dijual.
bakal kena berapa ya? (keduanya bukan nomor pilihan, kebetulan saja senang sama no.plat yg A)

User avatar
nyotnyet
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1523
Joined: 18 Aug 2009, 13:23
Location: surabaya
Daily Vehicle: Innova D4D

Re: Prosedur pindah plat no lama ke mobil baru

Post by nyotnyet » 16 Jan 2020, 11:33

Boeds wrote:
15 Jan 2020, 15:00
om, misal begini, kita ada 2 mobil, A dan B

karena A yg tahun lama trus mau dijual.
tapi plat mereka mau diswap dulu sebelum dijual.
bakal kena berapa ya? (keduanya bukan nomor pilihan, kebetulan saja senang sama no.plat yg A)
Ini pernah saya lakukan di brio dan innova saya,
kebetulan brio waktu beli dikasih nopil sama tante saya sebagai hadiah, innova nopol biasa, waktu jual brionya kok sayang nopolnya yah...saya suruh biro jasa urus untuk silang nomor...brio dapat nomer acak, nopil pindah ke innova saya..
waktu itu 2016 saya kena total 11jt (nopil 2angka dengan huruf belakang itu dulu bayar 5jt) lain2 buat bayar pajak dan jasanya…
kalo sekarang mungkin ya kena biaya sesuai tarif resmi kali ya belum lain2nya

stay calm and drive D4D

Post Reply