Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Felixsuryajaya
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Jan 07, 2020 10:29
Location: Indonesia
Daily Vehicle: Toyota agya

Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by Felixsuryajaya »

Mari om qta bahas mengenai pengalaman mengganti knalpot racing dan resonator dalam keadaan mesin standart..

Sy mau ganti knalpot racing buatan purbalingga..tp msh bingung apakah ganti knalpoy wajib ganti resonator jg?
Kendaraan sy agya matic 1.0

Mohon pencerahannya buat yg paham..
g36
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Sat Jan 28, 2017 9:13

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by g36 »

Resonator ngga wajib ganti om. Kecuali (1) pengen ganti tone suara, dan (2) ada penggantian pipa jadi lebih besar dan reson std kurang besar diameter in-out nya.

Kalo suara biasanya jadi lebih garing/keras dengan reson yg lebih pendek dibandingkan yg panjang. Ini sih selera ya om, barangkali suka yang adem ya biarin aja std or tambahin yg panjang macem scott m4300

Soal tarikan menurut saya pribadi kurang ngefek om klo reson mah. Seinget saya dr pêngalaman riset sih....untuk tarikan bawah pasang yg model ulir dan/atau dkat arah mesin, sebaliknya untuk tarikan atas ke belakang (sesuai reson std mentok arah muffler) pake model lurus.

Tapi yaaa ga ngaruh banyak amat, paling 10% (pake feeling 😅). Masih mending main downpipe, frontpipe sm betulin pipa tengah aja om bikin yg minim lekukan dr stainless steel. Itu lebih worth the money untuk performa
[*]2012 ZY-VE DE
2013 HR15DE L11
2014 K14B ZC82S
2013 2ZR-FE ZRE141
2018 K14B 1K1FS (current)
2021 K15B NC22S (current)
jemenee
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Tue Nov 12, 2019 7:00
Location: Bogor
Daily Vehicle: Daihatsu Sirion

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by jemenee »

Felixsuryajaya wrote: Tue Jan 07, 2020 19:06 Mari om qta bahas mengenai pengalaman mengganti knalpot racing dan resonator dalam keadaan mesin standart..

Sy mau ganti knalpot racing buatan purbalingga..tp msh bingung apakah ganti knalpoy wajib ganti resonator jg?
Kendaraan sy agya matic 1.0

Mohon pencerahannya buat yg paham..
Ini berdasarkan pengalaman pribadi ane om, untuk ganti kenalpot wajib ganti apa gaknya resonator itu pilihan aja om, yang penting tabung elpiji 3kg nya dicopot om, klo gak dicopot suaranya masih gak maskimal, kalau mau lebih keluar lagi, suaranya ganti headernya om, suara garang sama tarikan juga lumayan enteng (secara catalic converternya dilepas) hehehe..
Rasuano
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Thu Jan 31, 2019 14:18
Location: Jkt

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by Rasuano »

Om mau tarikan nambah atau sekedar gedein suara aja?
Reson ngaruh ke suara om.. Menurut saya kalo muffler ganti reson wajib ganti, karena gaakan keluar suaranya kalo reson gak diganti. Pake reson plong custom/aftermarket cukup

Kalo om ngincer tarikan dan mau adem, header ganti dan lepas katalis.

Yang kompit, header ganti, reson ganti, sama muffler juga. Tarikan dapet, suara dapet.

Lebih mantep lagi kalo resonnya dilepas, bikin straight pipe sampe muffler. Tapi saya gatau di agya jadinya ngempos apa malah makin mantep, yang pasti siap2 kuping bolot dan dimaki orang karena sangat2222 berisik
Lajur paling kanan HANYA UNTUK MENDAHULUI
farizfsa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2580
Joined: Tue Nov 10, 2015 2:40
Daily Vehicle: Ford Ranger T7

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by farizfsa »

dulu pas masih zaman alay duit pas pas an

pake escudo 1.6 knalpot racing tw resonator copot 1, suara mendem di tengah, kaya dibawah kursi suaranya bukan di belakang.

terus punya duit main knalpot ori branded eropa, suara knalpot bener2 di belakang, mulai dari remus, sebring, supersprint terakhir eisenmann, rata2 bolt on plug and play.

tenaga mah ga nambah rasanya. makin pgn bejek iya gara2 ada suaranya.

sekarang udah tobat, makin hening makin enak.
BMW 520d F10 14 (HRE P40 20" + Yoko Advan Sport + Stage 2 261hp 560nm)
VW Tiguan AS 1.4 21 (Rav 20' + Pirelli Dragon Sport + Stage 2 225 hp 300nm)
User avatar
kemuningauto
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 522
Joined: Sun Jun 23, 2019 7:18
Location: Harapan Indah Bekasi
Daily Vehicle: Mirage Exceed AT 2013 - Innova G AT 2014

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by kemuningauto »

Tergantung mobilnya apa dulu sebenernya. Kalo Kijang Super knalpot cuma 1 tabung, ya ga ada reson. Kalo Yaris 2016+ ada total 4 tabung (Muffler, Reson, 2 Catalytic).

Penggantian Resonator pun juga ga semua sama, yg transmisi matic butuh resonator yg khusus matic, ngga bisa pake Scott.

Penggantian Resonator ngaruh ke suara dan tarikan, tergantung balik lagi ke mobil apa, posisi instalasinya di mana, dan struktur knalpotnya gimana.

Contoh mobil Avanza 2010 kebawah dan transmisi manual, cukup ganti muffler belakang kalo mau sekedar suara lembut. Kalo berasa kurang, resonator gantiin tabung tengahnya (bisa pake Scott).
IG: @kemuningauto
WEB: www.kemuningauto.id
devin96
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 240
Joined: Sat Mar 05, 2016 19:00

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by devin96 »

Ganti muffler tidak harus ganti resonator om. Kalo mau lebih ngefek ke tenaga bisa coba ganti downpipe nya juga om, karena catalytic converternya ad a di downpipe. Cuma ukuran downpipe, muffler harus pas, kalo ngga pas malah ngempos mobilnya apalagi matic.
User avatar
Duvebriliant0
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 789
Joined: Sun Feb 07, 2016 9:03
Daily Vehicle: 4 Banger

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by Duvebriliant0 »

Sy altis 2.0 make reson ir*ncr*ft sama muffler delete, suaranya mantep bikin panas orang wkw
It's better to drive a slow car fast than a fast car slow

NCP91R
TGN140R
Or4cle
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1297
Joined: Wed Nov 02, 2016 1:59

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by Or4cle »

Ganti muffler tdk wajib ganti resonator.
Kecuali ingin suara keras resonator bisa diganti resonator yang lebih pendek

Untuk aman pilih resonator perforated (lubang), kalau yang ulir (louvered) lebih tricky karena bisa dipasang dua arah : ulir menghadap ke header atau ulir menghadap ke muffler.
Flymix
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Mon Aug 10, 2020 10:52
Location: Jakarta

Re: Sharing pengalaman mengenai knalpot racing dan resonator di mesin standart

Post by Flymix »

saran sya lbh baik gak usa ganti resonator krna sy sndiri uda ganti full exhaust dan dengung ampe ke kabin , klo di tol slalu bnyk musuhna. Sakin berisikna cocokna buat cari musuh. Akhrna skrng reson sya balikan standart dan suara hening tetap ngebas bulat pd rpm 3000 tp tdk memancing musuh. Apalg klo pmain audio djamin sngat nyesal jika ganti reson