Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by sangudara »

Turboman wrote: Fri Jan 03, 2020 6:40 Program dari TAM

IMG-20200103-WA0039.jpeg
Mantep toyota
Semoga onda jg ada diskon
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by sangudara »

Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)

Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)

Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....

Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..

Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..

Lgsg pindahin ke P lg sm dia....

Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP :(
CM KELUAR AIR dari knalpot...

Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya

Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...

Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin

knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?

Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by kunaskun »

sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)

Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)

Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....

Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..

Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..

Lgsg pindahin ke P lg sm dia....

Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP :(
CM KELUAR AIR dari knalpot...

Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya

Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...

Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin

knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?

Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.

menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.

tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi? [emo-yesno]
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by thirdstar7 »

kunaskun wrote:
sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)

Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)

Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....

Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..

Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..

Lgsg pindahin ke P lg sm dia....

Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP :(
CM KELUAR AIR dari knalpot...

Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya

Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...

Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin

knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?

Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.

menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.

tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi? [emo-yesno]
Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by sangudara »

kunaskun wrote: Fri Jan 03, 2020 13:36
sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)

Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)

Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....

Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..

Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..

Lgsg pindahin ke P lg sm dia....

Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP :(
CM KELUAR AIR dari knalpot...

Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya

Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...

Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin

knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?

Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.

menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.

tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi? [emo-yesno]
Ga rekam om..
Ud maghrib pulak, jd lmyn gelap..
Anuu, itu speedo ga blank.. teteup ada bbrp warning light yg standar nyala ketika di posisi “on” tanpa mesin idup
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by sangudara »

thirdstar7 wrote: Fri Jan 03, 2020 13:53
kunaskun wrote:
sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 12:33 Jadi tadi teknisi/mekaniknya udah dateng.. pas adzan maghrib
Lah, dia malah nyaranin nyambungin accu.. karena butuh listrik buat buka epb dan buka setir.
Trus dia blg itu ud resiko nanti micu rusak.. apalagi kalo kena air
(Dalam hati, di manualnya aja drekomendasiin untuk pake flatbed towing buat narik hrv ini)
Karena kan setirnya jg kekunci, gmn cara nurunin dr garasi ke towing..
(Dalam hati: bener uga lau)

Dia jg ngmg kalo nanti rusak, selama masi garansi 3 tahun, bisa dganti cuma2..
(Dalam hati seneng banget tp jg bertanya2, ah yg boneng)

Yaudah akhirnya saya nurut aja, lha wong sy bukan anak mobil....

Saya ambil accu dr dlm rmh, disambungin ke accu lah...
Tanpa injek rem, (ada temennya jg, pake baju bebas) mencet tombol start/off, bisa kelepas lah EPB.. trus saya liat ga ada tombol tambahan lain (biasanya kalo dr off>acc>on kan ada tuh bbrp warning lights)..

Eh, sekonyong2 tuh org pindahin stick dari P ke N.. ya gelinding dikit lah... (garasi sy agak turun dikit)..

Lgsg pindahin ke P lg sm dia....

Eh sekonyong2 lg, dia pas mo matiin (ke off), DIA MASI INJEK REM SODARA2.
Alhasil mencoba start lah itu mobil itu... TAPI GA IDUP :(
CM KELUAR AIR dari knalpot...

Udah gitu, abis kejadian itu dia tetep nyaranin accu terpasang... gpp katanya

Tiba2, lampu rem blkg nyala... trus dia blg ah udah korslet..
Santai bgt..
Lgsg cabut kutub min accu deh...

Ah sedihlah saya..
Bayangin brp duid itu buat bongkar mesin

knp ga sesuai SOP aja sih..
Atau emg ga ada SOP nya?

Bingung ni besok gmn cara.. berarti harus ttp ke ACC baru bisa gerakin tuh mobil... Takut jg kalo nyala lampu2 ajaib
Arghhhh
apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.

menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.

tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi? [emo-yesno]
Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.
Mgkn karena kagok om..
Susah adaptasi emg kalo pake tombol start/stop begitu
Tp ya emg berpotensi bikin damage di area lain
thirdstar7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 316
Joined: Thu Sep 13, 2018 14:35
Daily Vehicle: Baleno

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by thirdstar7 »

sangudara wrote:
thirdstar7 wrote: Fri Jan 03, 2020 13:53
kunaskun wrote: apakah di videokan dari awal? kalau iya, lumayanlah ada "senjata" untuk komplain.

menurut saya si memang dari awal sudah electrical failure terlihat kan dari speedo yg blank. untuk EPB akan tetap jalan, karena prinsipnya sama seperti Airbag, ada jalur, computer dan assy tersendiri sebagai bagian dari safety.

tapi aneh juga ya itu mekanik, mungkin lelah jadi lupa atau apa? ngapain juga start mesin dan tetep pasang accu? lah sudah jelas electrical failure. apa sekalian rusakin semua biar ga perlu repot2 troubleshooting? dan gimana cara kerendam air akibat bencana bisa di klaim garansi? [emo-yesno]
Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.
Mgkn karena kagok om..
Susah adaptasi emg kalo pake tombol start/stop begitu
Tp ya emg berpotensi bikin damage di area lain
Semoga aja nggak kena modul2nya om(abs, airbag dll) yg letaknya dibawah jok kabelnya biasanya
iritpoll
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Mon Oct 02, 2017 5:43

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by iritpoll »

Klo mau aman, pertama adalah buka semua busi.
Electronic rusak, ya gimana lagi namanya juga kerendam air.
Buka busi sudah pasti terhindar water hammer pas sewaktu waktu piston gerak sperti kasus diatas. Menghindari mechanical rusak.
1K1FS-K14B-4AT-AISIN
T32-QR25DE-CVT-JATCO
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by kunaskun »

sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 13:59 Ga rekam om..
Ud maghrib pulak, jd lmyn gelap..
Anuu, itu speedo ga blank.. teteup ada bbrp warning light yg standar nyala ketika di posisi “on” tanpa mesin idup
thirdstar7 wrote: Fri Jan 03, 2020 13:53 Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.
ohh tadi saya baca saya kira speedo blank, mungkin mekanik pede karena melihat speedo indikator normal? kelewat pede? [emo-yesno] tapi ya menurut saya tetap saja aneh, mau pede juga, karena namanya kerendam air bisa jadi ada mechanical failure.
iritpoll wrote: Fri Jan 03, 2020 14:23 Klo mau aman, pertama adalah buka semua busi.
Electronic rusak, ya gimana lagi namanya juga kerendam air.
Buka busi sudah pasti terhindar water hammer pas sewaktu waktu piston gerak sperti kasus diatas. Menghindari mechanical rusak.
atau ada yang lebih mudah lagi: cabut fuse/relay IGN di fuse box. berlaku di semua jenis mesin bakar. dan ini semacam anti maling :mky_02:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26923
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by DOHC »

+1 utk buka busi

enjin aluminium plus kompresi tinggi, lumayan ngeri2 sedap tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by sangudara »

Kalo buka busi itu maksudnya apakah lepasin busi atau cukup lepasin kepala/connector di atas busi nya aja cukup?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Omnibus »

hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
User avatar
Slowslowglow
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 110
Joined: Tue Aug 13, 2019 3:55
Location: Jakarta
Daily Vehicle: K15B

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Slowslowglow »

LG nunggu di jemput derek nih...
Posisi sekring dan relay yg mana aja om...
Omnibus wrote:hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Turboman »

si D
IMG-20200104-WA0006.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Turboman »

P List A2000
FB_IMG_1578098743792.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
sangudara
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Tue Sep 05, 2017 11:33
Daily Vehicle: RU1 SE

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by sangudara »

Omnibus wrote: Fri Jan 03, 2020 16:27 hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
Kmrn ud saya sampein cara om, tp ga mau teknisinya
Katanya waktunya sedikit, nanti mo ke tempat org lain lagi...
Haha

Kalo lepasin sekring yg buat starter itu yg label yg mana ya om?
Kotak sekring yg d dalem atau yg d luar jg?
Saya baca2 manual malah bingung
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 750
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by doge »

sangudara wrote: Fri Jan 03, 2020 15:29 Kalo buka busi itu maksudnya apakah lepasin busi atau cukup lepasin kepala/connector di atas busi nya aja cukup?
Lepas busi... Biar klo smpe ada air di dlm ruang bkr g bikin jebol
:ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Omnibus »

Slowslowglow wrote: Sat Jan 04, 2020 0:41 LG nunggu di jemput derek nih...
Posisi sekring dan relay yg mana aja om...
Omnibus wrote:hehehe coba nurut kemaren lepasin sekring dan relay .... paling ga starter motor udah disabled
fuse box ada di ruang mesin (biasanya di dekat aki) dan jg di dalam kabin (didekat pedal gas). keterangannya ada dibalik tutup boxnya. tergantung mobilnya apa, cari yg utk motor starter. kl bisa yg utk ecu juga spy aman ga korslet. biasanya tulisan Starter atau IGN/ignition atau IG1 atau IG2 atau Main.

ok, kl susah sy ada trik lagi, khusus utk yg matic dgn tuas persneling biasa (bukan electronic macam mercy). caranya pakai shift lock release pindahkan ke D atau ke S atau L paling bawah. Dgn begini roda mobil bisa bebas tapi tdk bisa distarter secara tdk sengaja utk menghindari water hammer kl ada air di ruang bakar. Krn ada PNP switch sbg protection. memang betul busi sebaiknya dilepas tp bbrp mobil sulit aksesnya dan skill hrs yg lbh advanced. ini kan sekedar jaga2 kejadian konyol tukang derek tdk terjadi lagi. mrk juga fatigue jd kemungkinan itu pasti ada.

awas mobil gelinding pas di shift keluar dr P kl di jalan tanjakan atau turunan.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by pengendiesel »

Liat di youtubenya d*kt*rmob*l, disarankan kalo tau mobil bakal kerendam banjir, coba tiap roda didongkrak kemudian ganjal keempat roda setinggi mungkin...mungkin pake paving, murah meriah.
Tujuannya untuk naikkan gc beberapa puluh cm, mungkin bisa meminimalkan kerusakan.

Tapi ini kalo posisi mobil di rumah. Kalo di jalan agak susah, kecuali di mobil sedia paving, gak praktis banget.
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by pengendiesel »

https://youtu.be/Wuhp9IbA0pg

Share dari om turbo dos dan donts mobil kerendam banjir. Semoga bisa sedikit mencerahkan om ts
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Turboman »

H tegak
IMG-20200104-WA0022.jpeg
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by martinnn »

jadi ragu dengan mobil keyless dan epb :lol:
:big_biglaugh:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by kunaskun »

sangudara wrote: Sat Jan 04, 2020 1:32 Kmrn ud saya sampein cara om, tp ga mau teknisinya
Katanya waktunya sedikit, nanti mo ke tempat org lain lagi...
Haha

Kalo lepasin sekring yg buat starter itu yg label yg mana ya om?
Kotak sekring yg d dalem atau yg d luar jg?
Saya baca2 manual malah bingung
teknisi yang aneh... [emo-yesno]

fuse IGN/IG, biasanya ada di fusebox di ruang mesin. Relay juga disitu biasanya.
Omnibus wrote: Sat Jan 04, 2020 2:47 fuse box ada di ruang mesin (biasanya di dekat aki) dan jg di dalam kabin (didekat pedal gas). keterangannya ada dibalik tutup boxnya. tergantung mobilnya apa, cari yg utk motor starter. kl bisa yg utk ecu juga spy aman ga korslet. biasanya tulisan Starter atau IGN/ignition atau IG1 atau IG2 atau Main.

ok, kl susah sy ada trik lagi, khusus utk yg matic dgn tuas persneling biasa (bukan electronic macam mercy). caranya pakai shift lock release pindahkan ke D atau ke S atau L paling bawah. Dgn begini roda mobil bisa bebas tapi tdk bisa distarter secara tdk sengaja utk menghindari water hammer kl ada air di ruang bakar. Krn ada PNP switch sbg protection. memang betul busi sebaiknya dilepas tp bbrp mobil sulit aksesnya dan skill hrs yg lbh advanced. ini kan sekedar jaga2 kejadian konyol tukang derek tdk terjadi lagi. mrk juga fatigue jd kemungkinan itu pasti ada.

awas mobil gelinding pas di shift keluar dr P kl di jalan tanjakan atau turunan.
eh iya juga ya, selain ada beberapa mobil yg susah/ga bisa juga ya mesti flat parking area. supaya transmisi ga ada beban dari nahan bobot kendaran.
pengendiesel wrote: Sat Jan 04, 2020 3:05 Liat di youtubenya d*kt*rmob*l, disarankan kalo tau mobil bakal kerendam banjir, coba tiap roda didongkrak kemudian ganjal keempat roda setinggi mungkin...mungkin pake paving, murah meriah.
Tujuannya untuk naikkan gc beberapa puluh cm, mungkin bisa meminimalkan kerusakan.

Tapi ini kalo posisi mobil di rumah. Kalo di jalan agak susah, kecuali di mobil sedia paving, gak praktis banget.
bahayanya kalau air yang lewat itu ada arus deras/banjir bandang. rentan kepleset dari bata blok tsb.
User avatar
theansoracing
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Thu Jul 10, 2008 8:30
Location: Serang
Daily Vehicle: GUN165R

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by theansoracing »

"BURN RUBBER NOT YOUR SOUL"
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11328
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Apa yg harus dilakukan kalo terendam banjir

Post by Omnibus »

thirdstar7 wrote: Fri Jan 03, 2020 13:53 Emang aneh si itu om, knp dia starter jg.
sepertinya tukang derek ga sengaja .... menurut cerita kan pas pindahin dr P ke N mobil gelinding jd dia injak rem, pindahin ke P lagi, dan tekan start button maksudnya mau switch off tp lupa kl kaki masih injak rem ya jd start engine lah ....

itu critical moment bgt makanya sy strongly suggest cabut sendiri sekring dan relaynya sebelum derek datang. atau lepas kabel induk motor starter dr aki. banyak cara sebetulnya. mrk kerja siang malam orderan ga habis2 sdh cape ngurusin detailed requests.