Share: Efek B20 ke Masa Pakai Filter Solar di 2GD
Posted: Sat Nov 09, 2019 14:27
As subject:
Sudah umum diketahui kandungan B20 akan memperpendek masa pakai filsol karena sifat detergen fame yg mengangkat kotoran.
Nah berikut komparasi real di innova reborn setelah pemakaian B20 jangka panjang (7-8 bln) vs sebelumnya solar AKR:
1. Selama 0-20.000 km (ditempuh dlm 1 thn) pemakaian 95% AKR, sisanya gado2 semua jenis solar yg dijual mulai dex, dexlite, B10, shell. Diputuskan ganti filsol di 20k km krn kuatir kotor, meskipun ga ada warning, ternyata masih kinclong: Setelah itu berpikir harusnya bisa 30-40k km nih baru ganti berikutnya.
2. 20.000km - 30.000 an km masih pake AKR (8-9 bln), setelah AKR naik harga, pindah lah ke bisol B20. Selalu isi di spbu 31 atau 34 yg dekat bimoli pluit. Oya, tambahan, sejak 0km selalu pake ratjun solar, mayoritas psdk.
Saat km 45.000, tiba2 muncul pesan cinta dari ecu 2GD: Kondisi mesin saat nyala itu normal, tenaga ok, suara halus kyk biasa aja. Tp langsunglah meluncur ke beres langganan daaan setelah dibongkar beginilah penampakan si filsol: So kesimpulan saya adalah jika full pakai B20 mungkin umur filsol 2GD hanya 20k km. Nanti saya masih observasi di vrz yg saat ini jln 13k km.
Walaupun belum tentu jg filsol kotor semata2 karena B20 nya. Bisa saja akumulasi kotoran dari sebelum nya atau ground handling spbu yg kurang baik.
Sudah umum diketahui kandungan B20 akan memperpendek masa pakai filsol karena sifat detergen fame yg mengangkat kotoran.
Nah berikut komparasi real di innova reborn setelah pemakaian B20 jangka panjang (7-8 bln) vs sebelumnya solar AKR:
1. Selama 0-20.000 km (ditempuh dlm 1 thn) pemakaian 95% AKR, sisanya gado2 semua jenis solar yg dijual mulai dex, dexlite, B10, shell. Diputuskan ganti filsol di 20k km krn kuatir kotor, meskipun ga ada warning, ternyata masih kinclong: Setelah itu berpikir harusnya bisa 30-40k km nih baru ganti berikutnya.
2. 20.000km - 30.000 an km masih pake AKR (8-9 bln), setelah AKR naik harga, pindah lah ke bisol B20. Selalu isi di spbu 31 atau 34 yg dekat bimoli pluit. Oya, tambahan, sejak 0km selalu pake ratjun solar, mayoritas psdk.
Saat km 45.000, tiba2 muncul pesan cinta dari ecu 2GD: Kondisi mesin saat nyala itu normal, tenaga ok, suara halus kyk biasa aja. Tp langsunglah meluncur ke beres langganan daaan setelah dibongkar beginilah penampakan si filsol: So kesimpulan saya adalah jika full pakai B20 mungkin umur filsol 2GD hanya 20k km. Nanti saya masih observasi di vrz yg saat ini jln 13k km.
Walaupun belum tentu jg filsol kotor semata2 karena B20 nya. Bisa saja akumulasi kotoran dari sebelum nya atau ground handling spbu yg kurang baik.